Sunday 29 November 2015

Hubungan Hormon Dopamin, Guilty Pleasure dan Diet

Pernah dengar dong istilah hormon  bahagia?  Hayo jadi inget sama apa?  Hormon endorfin dan serotonin saja?  Emm... sebenernya sih  nih, hormon  pencetus bahagia itu bukan cuma dua  hormon  ini aja. Selain memang kedua hormon  ini,  masih ada hormon  oksitosin dan hormon dopamin.  Masih belum familiar? Oke, kita bahas, ya.  


Kalau hormon oksitosin  ini bekerja  pada wanita  yang mengalami proses  persalinan sampai pada  tahap mengeluarkan plasenta. Oke,ini juga kita skip. Saya pengen bahas tentang hormon dopamin. Saya baru  mudeng sih sebenarnya tentang  hormon yang satu  ini. Ih kemana aja,  ya?  Hihihi... Eh tapi pasti  saya punya temen  yang baru ngeh juga. So, acungin tangan dong!
Permalink - /2015/11/hubungan-hormon-dopamin-guilty-pleasure-dan-diet.html
Cantik, sehat dan langsing.Mau dong!
Oke, cukup. Turunin lagi tangannya, meski saya  tahu   kok mbaknya  atau masnya ini pake deodorant. Tapi kelamaan  ngacungin tangan  kan bikin pegel, ya?

Share:

Cara Nonton Video Youtube Tanpa Kuota

It's weekend.  Punya acara  jalan-jalan keluar? Eh tapi  kan ya  ini akhir  bulan.  Buat sebagian orang  ini  waktunya diet  jajan, nahan diri  buat  enggak jalan-jalan demi  menyelamatkan   dompet  sampai  gajian  nanti  *puk puk puk* Sabar, ya. Tanggal 1 bentar lagi.

Libur  gini ga harus  bikin kita gloomy,  kok. Masih bisa  leyeh-leyeh  menikmati  me time seharian,  ngemil dengan cemilan  buatan  rumah  atau nonton  koleksi  film  dari dvd  yang ada di rumah.  
Jangan galau  kalau lagi bokek :)  me time  ga harus  pake mahal
By the way, ngomongin soal nonton  film,  kita juga  bisa memanfaatkan  youtube  buat nonton beberapa  film  secara full.  Misalnya ada  film Smurf  atau Pride and Prejudice  yang  klasik dan fenomenal  itu.  Malah  bisa kita menyimpanya  secara full. Jadi  kalau enggak bisa  move  on da pengen  re-run filmnya lagi,  ga ngeborosin  kuota internetan. Palingan  pas  ngesave itu aja yang rada nyedot kuota. 
Share:

Saturday 28 November 2015

Ritual Sebelum Tidur Yang Biasa Dilakukan

Waktu saya lagi ngetik  ini, jam  di dinding sudah menunjukkan jam 21.00.  Dulu  waktu  kecil, jam segini identik dengan waktunya tidur.  Orang tua saya biasanya  bakal nyuruh saya  segera tidur setelah sebelumya disuruh  gosok gigi. 

Mulai SMP kelas 3 seinget saya  jam  biologis saya   mulai berubah. Mulai suka melek lebih lama, apalagi  pas SMA kelas 3. Kalau ga karena  banyak tugas  (karena siangnya ga dipake belajar, tapi mae atau les hhehehe)  ya  ga ngantuk aja. Malah waktu kuliah,  pas ujian saya ini termasuk penganut SKS, sistem kebut semalam.  Lagi ujian tengah semester atau ujian akhir semester  kuat  melek sampai lewat mid night, atau  kejat tugas  makalah dan semacamnya itu.  Giliran clueless atau  jenuh? 

Bisanya  suka ada radio anak muda (pas sma-kuliah dulu kalau lewat tengah malam masih melek, saya  suka nyimak radio Oz, Ardan atau 99ers) yang penyiarnya membuka line  untuk ngobrol on air. Buahaha....  pernah tuh  tagihan telepon rumah sedikit  bengkak.  Ternyata  yang ngalong  banyak juga. Karena susah masuknya, yasud  malah ngobrol sama operatornya  :D
Share:

Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Kalau  pernah merhatin  beberapa resep  smoothie yang saya buat,  pasti  pernah deh lihat penampakan  Chia Seed  atau  kalau ga keliatan,  bakal membaca saya memasukannya ke dalam  komposisi  bahan yang dihancurkan bersama buah atau sayuran dalam blender.

Chia seed  yang  sudah dikenal sebagai salah satu  bahan  makanan  buat para pelaku  healthy lifestyle alias gaya hidup sehat, tenyata  sudah dikenal sejak lamaaaa sekali.  Tapi sekarang emang lagi  jadi sesuatu  yang lagi  ngehive  atau kekinian alias  ngehits. 


Biji chia seed sudah  jadi makanan  penting buat  bangsa Maya dan Aztec, makanya nama ilmiah dari biji  ini adalah Salvia Hispanica.  Dikasih  nama hispanik emang karena  bangsa ini dulu tinggal  di selatan benua Amerika.  Bukan cuma makanan  penting aja lho,  malah kalau diterjemahkan, chia ini artinya 'kuat'. Mungkin statusnya sama kayak ginseng  yang penting bagi orang-orang Korea sana  sebagai doping alami. Hmmm,cmiiw! 


Eh tapi  beneran lho, pernah dibuat penelitian  pada responden  yang berolahraga.  Olahraganya juga  bukan  yang cetek.  Berolahraga selama 1 jam dengan threadmill terus  dilanjutkan dengan lari 10 km. Kelompok responden  ini dibagi dua. Yang satu, minum minuman penambah energi dan kelompok  lainnya mengganti minum  minuman penambah energi dengan chia seed. Hasilnya?  Ga ada  bedanya, alias  kelompok  yang dikasih chia seed  tetap  stay strong, ga lemes.

Sekilas,  biji-bijian yang juga dikenal juga sebagai superfood  ini kelihatan  mirip dengan selasih, cuma warnanya ga sepekat selasih  yang suka dicampurkan ke dalam minuman atau es campur.  Duh, maafkan  siang gini  ngomongin es campur  *nelen ludah*

Kalau dikemil chia seed  ini ga ada rasanya, alias  plain. dan kecil-kecil gini dengan takaran sebanyak 2 sendok  makan (setara 28 gram  atau 1 ons)  ini punya manfaat  yang bagus buat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mensuplai kebutuhan serat  (11 gram), tidak memicu kenaikan gula darah dan juga tidak membutuhkan insulin untuk diproses dalam tubuh.  Konsumsi  serat yang cukup  juga membantu penyerapan air dan membantu menahan hasrat ngemil. Meskipun sampai saat  ini pengaruhnya ga terlalu signifikan kalau konsumsi  chia seed ditujukan untuk membantu menurunkan berat badan.
  • Protein  (4 gram), termasuk di dalamnya asam amino  esensial. Protein  dari Chia sed juga baik untuk dikonsumsi oleh vegetarian  atau  jarang makan daging untuk memenuhi kebutuhan protein  bagi tubuh
  • Lemak 9 gram,  lebih dari setengahnya mengandung omega 3. Nah  balik  lagi soal program diet, meski  memang  tidak terlalu berpengaruh  untuk menurunkan berat badan,  tapi hasil penelitian selama 10 minggu  menunjukan kalau konsumsi  chia seeed pada responden  62 wanita  berhasil meningkatkan jumlah omega 3 dalam darahnya. Setidaknya,  kadar  kolestrol  bisa ditekan dengan mengonsumsi biji chia seed ini. 
  • Beberapa bahan mineral  terutama Kalsium, Mangan, Magnesium dan Fosfor, Zinc dan Poatsium 
  • Mengandung Vitamin B1 dan B2
  • Mengandung antioksidan  yang tinggi, which is  bagus banget  buat menghambat penuaan dini. 
Nah  kalau  bahas  soal penuaan dini, biasanya  perempuan   yang lebih alert soal  ini.  Katanya  kalau udah merit  dengan laki-laki sebaya atau lebih  muda,  perempuan cenderung lebih cepaat kelihatan tua. Hmm  entah lah,  soal ini.  Mau tua,  muda, single  atau  doble,  di mana-mana mah  udah naluri alami kalau perempuan  pengen kelihatan tetep cantik. Usia boleh nambah tapi  kalau bisa stay  beauty di usianya (syukur-syukur  awet  muda). Ya,  gak?  :)

Kalau ekspektasinya  pengen langsing  dengan  mengonsumsi  chia seeed, siap-siap deh kuciwa. Seperti  yang pernah saya bilang di atas,  kalau  secara ilmiah  belum terbukti secara signifikan  bisa membuat  badan jadi langsing.  Tapi...  kalau  sedang memulai gaya hidup sehat,  boleh deh  jadikan chia seed sebagai salah satu adisional untuk membuat  makanan atau minuman kesehatan. Selain dicampurkan dengan  smoothie atau  jus, sereal  dan yogurt,  chia seed  juga  bisa dimasukan ke dalam nasi, lho. Jangan heran kalau setelah tercampur air,  biji-bijian  ini bakal terlihat  menggumpal, wajar aja, kok.


referensi:  authoritynutrition.com
Share:

Friday 27 November 2015

Cerita Random: Hujan, Gojek dan Rejeki

It's  November rain!  Indeed. Hampir setiap  hari  Bandung terus diguyur  hujan. Malah ada  kalanya dalam satu  hari hujannya awet.  Cuma rinai kecil  tapi  durasinya lama,  atau kadang-kadang cukup deras  juga  dan waktunya juga ga sebentar.  So,  tagline sedia  payung sebelum hujan  kembali  berlaku. Eh tapi  pernah tuh, saya ngalamin kalau  bawa payung  enggak  hujan, giliran lupa bawa payung, malah hujan. Gede lagi.  Moral storynya? Jangan ngegrundel. Salah saya sendiri, kenapa  ninggalin  payung di rumah.  

Kayak  kemarin nih, saya menghadiri acara  gathering komunitas  untuk user nomer  dari sebuah provider seluler yang berlokasi di jalan Naripan.  Biasanya kalau  setelah hujan, suka  diikuti dengan kemacetan.  Akses  kendaraan umum  yang langsung ke sana dari rumah saya  sih  palingan juga bus kota, meski  ga berhenti langsung di depannya. Anggap apa olahraga. Cuma masalahnya,  Bus  kota  suka ngetem juga, belum lagi kalau  kalah cepat harus  rela  dapet  jatah kelas festival dengan tiket  yang sama.
Share:

Thursday 26 November 2015

Story About Sausage, Kenalan Sama Casing Sosis

 Sosis!
Duh  hari gini  siapa  sih yang ga kenal makanan  yang satu ini?  Bisanya kita menjumpai sosis pada jenis makanan pizza,  hotdog, sayur  sop dan makanan  lainnya.  Meski  identik dengan makanan cepat saji, sebenarnya  umur  sosis   udah lama banget, bahkan dibanding  Tutankhamun, Firaun yang  fenomenal itu. 

Oke, sebelum omonngan saya semakin OOT, sebaiknya  saya kembali ke topik,  bahas lagi soal sosis, ya.  Kalau  dirunut ke belakang, sosis sudah ada sekitar 3.500 tahun yang lalu, dibuat oleh  bangsa Sumeria (sekarang  Irak). Meski sekarang kita mengenal jenis sosis dari asalnya  (Frankfurter dari Jerman, atau Bologna dari Italia,  jaman dulu ga ada sosis  yang dikasih nama  Sumeria atau Babilonia  (generasi selanjutnya setelah bangsa Sumeria yang tinggal di kawasan yang sama).
http://www.catatan-efi.com/2015/11/story-about-sausage-kenalan-sama-casing-sosis.html
Maafkeun kalau gambar ini bikin lapar
Ga heran juga kalau  bangsa  yang satu ini  menemukan  teknik pembuatan sosis. Coba inget lagi deh pelajaran sejarahnya dulu. Bangsa Sumeria ini termasuk  bangsa  yang peradabannya sudah advance,  maju.   Sosis  yang dibuat  pada masa itu  juga ternyata disukai  oleh orang Yunani dan Romawi  lalu negara-negara lainnya  di Eropa, termasuk para meneer Belanda  yang memperkenalkan sosis  ke Indonesia.

Share:

Gahering Netizen MPR: Menggali Aspirasi Untuk Indonesia

Menjelang akhir Oktober kemarin, tepatnya pas hari Sumpah Pemuda, saya ditag  Mira Sahid  dalam sebuah foto untuk  mendaftar  di acara gathering Netizen yang diselenggarakan oleh MPR.  Well, saya tertarik  buat ikutan mendaftar.  Ya sudah saya ikutin  mendaftar  lewat  email, sent!

Sambil harap-harap cemas, mengingat  kuota yang tersedia  tidak bisa memenuhi  antusias para blogger  yang  mendaftar, saya  menunggu  kabar berikutnya dari seleksi acara ini.  Dan... respon berikutnya secara  berturut-turut  saya terima  di awal bulan November.  Buat saya, ini jadi kayak semacam  hadiah ulang tahun  karena terpilih  sebagai  salah satu peserta dari 5  kota yang diundang, Bandung,  Surabaya, Semarang, Yogya dan Makasar.

Dari  email  yang saya terima juga akhirnya saya tahu siapa saja yang terpilih dari Bandung untuk ikutan acara  keren ini.  Selain kami bertujuh (saya,  Evi Sri Rezeki,  Kang Ali Muakhir, Dedi Setiawan, Parmadi Budi Setyo, Oktapianus Pasaribu, Andi Agus) masih ada dua pendaftar  perempuan lainnya. Sayangnya, karena sesuatu  hal jadi urung  ikutan.  
Share:

Wednesday 25 November 2015

Pilh Mana, E-commerce atau Forum Jual Beli?

Hari gini, yang serba kekinian  dengan teknologi  yang serba simple, sekali colek dengan jari, apa sih yang  susah?  Mungkin masih ada  yang punya HP jadul yang layarnya masih monokrom dengan ringtonenya yang kayak jangkrik itu. Eh, jangan ketawa. Masih ada,  lho!  Ya sih, sebagian kecil itu mah. Tapi  mostly,  terutama di perkotaan, rata-rata  HPnya udah pada canggih, kan?  Dengan sistem operasi berbasis  android dengan fitur-fitur mesenger atau sosmednya, kamera dengan ketajaman yang keren dan  fiturlainnya yang dijejalin.  

Pastinya, di HP  pinternya itu  ada dong, aplikasi  browser yang  memudahkan kita untuk menyalurkan hasrat kepo buat  kitik-kitikin Om Google.  Salah satunya kalau  lagi  mupeng pengen belanja online. Hohoho.... jangan ngaku generasi X  kalau belum  pernah shoping online.

Terus, tau ga sih,  kalau belanja  secara online itu  ternyata  punya jenis  yang berbeda?  Ada yang namanya e-commerce dan forum jual beli. Tau kan apa bedanya  e-commerce dengan forum jual beli
Share:

Tuesday 24 November 2015

Promo Belanja Lenovo A6010 Berhadiah Gadget

Kalau  ngomongin  gadget, biasanya  kita  bakal  punya selera  berbeda untuk spesifikasi yang dibutuhkan. Ada yang lebih suka  dengan  fitur  cameranya yang canggih (umumnya  pengen punya kamera belakang dan depan dengan resolusi tajam), atau yang pengen  punya storage internal yang luas  buat  menyimpan  berbagai data  (umumnya sih file foto buat yang doyan selfie) dan pastinya sih  casing  yang super duper kece.  Duh,  enggak banget kan ya,  kalau punya  HP jadul. Bikin tengsin aja.  

Punya HP keren biasanya  identik dengan banderol mahal juga. Tapi nih,  ternyata ga selalu kok HP yang  bisa memenuhi  kebutuhan  kita adalah  HP  yang mahal. Contohnya  nih buat yang lebih prefer dengan HP yang lebih entertaining.  Hmmm... kepikiran ga, ada HP  kelas  midddle  gitu  yang know us so well?  

Share:

Monday 23 November 2015

Cyberbully: Move on Melawan Bullying

Saya mau bahas  hobi saya  yang suka  ngunduh  video kontribusi gratisan di youtube  ah hehehe. Tapi  yang sekarang dibahas adalah sebuah film  yang ditayangkan di tv Amerika (kalau di sini semacam FTV gitu lah) di channelnya ABC tv.  Meski cuma setara acara tv, tapi film ini  meraih rating yang tinggi untuk acara tv yang tayang di prime time,  lho. Bukan cuma  ditonton 3,4  juta penonton pas tayang tapi  juga terpilih sebagai  The week's number 1 TV film, dan  The 2nd  most viewed TV film of the 2010 and 2011 season. Wiih keren, kan?


Nah, film yang ini judulnya adalah Cyberbully.  Waktu perjalanan  dari Bandung  ke Solo kemarin, saya nyelingin tontonan video musik yang ditonton dengan film ini. Durasinya sekitar  1,5 jam. Ga ada  terjemahan resminya ke dalam bahasa  Indonesia, tapi bisa dimengerti  alurnya dan moral stroynya keren  banget, lho.  Manfaatin fitur  translate  dari youtubenya? Dijamin puyeng karena tata  bahasanya  makin ngaco. 
http://www.catatan-efi.com/2015/11/cyberbully-move-on-melawan-bullying.html
Trio Sahabat, Taylor,  Samantha dan Cheyenne.  
Jadi gini ceritanya. Tokoh utama dalam film ini adalah Taylor Hillridge,  seorang gadis  pelajar  SMA yang punya sahabat  Samantha  Caldon  dan Cheyenne.  Taylor  juga punya adik  yang masih SMP, Eric. Keduanya tinggal bersama  ibunya, Kris Hillridge  yang single  parent. Di sini  ga dijelasin  kenapa  ortunya Samantha bercerai.  Alur cerita  lebih fokus ke kesehariannya  Taylor di sekolah.
Share:

Nonton Konser Michael Buble Pake Bonus Kuota

Dikasih  bonus? Siapa sih yang ga seneng?  Saya juga seneng,  kok. Apalagi kalau bonusnya  itu beneran  tanpa  syarat  dan kondisi. Wohooo... sedaaap.

Tapi... Kadang saya suka  ngerasa bingung gimana manfaatin bonusnya  buat diapain.  Contohnya kayak  salah satu operator seluler  yang saya pake sekarang, ngasih tambahan kuota  12  GB selama sebulan dari jam 00-07 pagi selama  masa aktif kuota.  Bisa sih saya  pake selepas solat  shubuh buat online. Tapi kadang suka lupa  buka lappy  atau ada kepentingan lainnya.  

Sebenernya  dipake donlot  film juga bisa. Ada kok chanel  youtube  yang ngasih  atribusi boleh didonlot, meski ga semua  judul. Yowis,  jangan  protes kalau film  yang disuka  ga ada. Tinggal beli aja versi dvdnya. Gampang, meski bisa bikin langsing dompet.  Soal donlot film saya  jarang manfaatin. Sesekali aja, sih. Alasannya simpel aja, karena belum tentu  bisa saya tonton.  Jadinya menuhin storage hp aja, kan? Beberapa koleksi dvd atau film unduhan di laptop  juga ada  yang belum saya tonton  muahahaha. Terus  bonusnya dipake  buat apa, dong?
Siapa yang  ga seneng dengerin musik?

Share:

Thursday 19 November 2015

Have Fun Nonton Film Bersama Break Time

Coba cek deh kalendernya. Sudah tanggal berapa sekarang? Enggak kerasa  ya, November  yang rainy dan suka bikin  melow  gimana gitu  udah mau udahan, terus masuk deh  bulan desember, penghujung tahun dan... dan....   break time dulu atuh. Masih punya  jatah  cuti?  Abisin!  Sayang ih, ga bisa dirapel dengan jatah  tahun depan atau dikonversi jadi rupiah  muahahaha...  You wish!  Gitu kali ya kata pak bos atau bu bos.

Biasanya sih, liburan akhir tahun identik dengan acara halan-halan atau  pelesiran.  Mau  ke tempat liburan  yang  deket-deket  aja  atau  kalau  punya budget gede dan bonus akhir tahun melimpah mungkin bisa pelesiran  interlokal  eh internasional. Ya kali aja bisa liat pesta fireworks di Singapure, Aussie, Hongkong atau somewhere  (lho?).
Orlando Bloom dalam Trilogi The Hobbits. Salah satu film yang ngehits. Credit:photobucket.com
Tapi jangan bete  dulu atuh kalau  ternyata  bonus akhir tahunnya seuprit,  atau ternyata  merasa  jadi tahanan  dalam kota  karena tersandera  oleh pekerjaan atau alasan lain.  Masih bisa kok kalau mau have fun. Misalnya  pas weekend gitu. Daripada kruntelan dibalik selimut atau menggalau ga jelas, mendingan come out and play. Hayu  ih, kemon kita nonton!
Share:

Brand Ambassador: Cara Ngelaba Aman dan Asik

Ngelaba yuuuuk!

Eits,  tenang  jangan negative thinking  dulu. Ngelaba yang ini  konotasinya  bukan yang negatif  semacam  buka cabang atau nambah gebeten (halah).  Ngelaba yang satu ini banyak  kok  yang menjalani.

Serius?  Kayak gimana?

As we know,  yang namanya  manusia, suka  banyak maunya gitu, kan? Maunya gede, tapi  faktor  x sebagai  pendukungnya  lemah, powerless  alias ga berdaya.  Pengen  halan-halan, tapi ga  bisa seenaknya  kalau ga mau dipecat bos. Pengen beli gadget yang baru tapi cicilan motor, utang ini dan itu belum  lunas.  Pengen  beli dress  kece  tapi dompet  mulai  langsing. Mupeng pengen nonton tapi kalau maksain,   beberapa hari ke depan makannya sama mie instan terus.  kan nonton perginya ngongkos  (kecuali  mall  yang ada theatrenya  ada di belakang rumah), belum beli minum atau camilan.
http://www.catatan-efi.com/2015/11/brand-ambassador-cara-ngelaba-aman-dan-asik.html
credit: Zalora

"Kalau  kata Meja (baca: meha)  mah it's all about money"
Share:

Wednesday 18 November 2015

Belajar Dandan dan Make Over

Sebenarnya saya  udah 3 kali ketemu sama Yasinta,  lho.  Cuma pertemuan yang pertama, saya ga ngeh karena belum kenal  aja hahaha...Waktu itu ada acara di resto Mozaik Trans Mall  Bandung.  Lalu setelah  Yas  bergabung di KEB,  kami jadi suka ngobrol  di  Messenger dan ngajak ketemuan. Jadi deh ketemuan di booth pamerannya pas  ada gelaran Wedding Expo di Pusdai.  Waktu itu  juga  saya ga bisa lama-lama karena udah  ada janji di tempat lain *deuh sok sibuk*.  Cuma ngobrol sebentar  dan foto bareng  di booth bareng Zahra.

Suka blogwalk dan baca postingannya, akhirnya saya juga tahu  kalau Yas  jago dandan. Ya iyalah, secara  punya binis  foto  prewed  dan foto wedding,   ya otomatis  harus  bisa dandanin kliennya sebelum difoto  biar tampak kece badai, kan?
http://www.catatan-efi.com/2015/11/belajar-dandan-dan-make-over.html
ini kosmetik yang saya punya, itu pun ga semuanya dipake
Makanya saya juga  pede aja (meski aslinya saya ini  kalem dan pemalu :D)  minta diajarin buat dandan.  Sehari-harinya saya ini cuek dan dandannya juga minimalis banget. Cuma  pelembab bedak tabur dan polesan lipstik. That's it.  Bahkan buat ke kondangan sekalipun saya dandannya  kayak  gitu  hehehe.  Malah  ada temen SMP yang bilang kalau inget saya, imejnya itu seorang Efi  yang... ce u el u dan n alias CULUN.  Kyaaaaa.... saya nyengir  aja. Ga bisa protes. Emang gitu. Makanya dulu saya suka ga mau difoto. Ga pede.
Share:

Ternyata Ed Sheeran itu...

Beberapa   hari terakhir  ini  rasanya sering  banget  saya denger  suaranya  Ed Sheeran    diputar  di radio. Selai Thinking out loud,  lagu lainnya  kayak Photographnya emang  enakeun  pisan  buat didengerin.

Saya  sempat kepoin youtube  buat cari link  yang bisa ditonton secara offline.  Yes, dapet! Asik dong, gratis  dan legal, hihihi... kan lumayan kalau lagi di jalan bisa nyimak  lagu atau video  ga pake worry alias  cemas nyedot kuota. Yang jelas mah  saya perlu mastiin  batrenya  terisi penuh  atau ada power  bank  buat  'ngasih makan'  HP  dan pastinya  earphone  dong biar  saya tetep  asik nyimak  tanpa mengganggu orang  lain.
http://www.catatan-efi.com/2015/11/ternyata-ed-sheeran-itu.html
Lebih suka Ed Sheeran bersih gini daripada brewokan :D
Share:

Tuesday 17 November 2015

Eksis Dengan Sinyal Kencang 4G LTE XL

Yang  namanya gadget  kayaknya sudah jadi kebutuhan  pokok   nomor 6. Jadi  kalau bisa dibikin quotenya  4 sehat,  5 sempurna,  6 eksis.Yup, EKSIS.  Cetak capslock, bold dan italic!  Coba, gimana ga sebel dan bete  sebete-betenya  kalau tiba-tiba sinyal di gadget kita  tiba-tiba lemah, berubah dari  H+ berubah jadi 3G atau  tiba-tiba  penunjuk sinyal  di layar HP tidak berwarna sama sekali, blank!  Kesel, kan? 
http://www.catatan-efi.com/2015/11/eksis-dengan-sinyal-kencang-4g-lte-xl.html
kebutuhan pokok ke-6 :)

Padahal mungkin kita sedang ngetik live twit,  janjian dengan teman di mall  yang entah posisinya di mana dan susah  ngubekin seantero  mall buat menemukan batang hidungnya. Atau buat para blogger sedang berpacu dengan melodi JKT 48 eh  dead line, mengejar batas waktu submit postingan lomba. Makanya, percuma juga kalau gadgetnya canggih  tapi  sinyalnya  slowly  dan enggak sure.

Ngomongin soal sinyal  nih, iya sih, kalau soal kebut-kebutan di dunia maya  kita masih  kalah ngebut dengan kecepatan  MBPS  di negara lain, minimal di Asia lah.  Korea, Hongkong dan Jepang adalah surganya kecepatan internetan  (masing-masing 22,2 MBPS, 16,8 MBPS dan 15,2 MBPS). Jadi  nih, saran saya, kalau   pas lagi  di sana, puas-puasin  donlot hihihi.... Duh tapi mahal kali ah buat beli tiket dan aneka perintilan  ngurus dokumen dan uang  jajannya selama di sana kalau cuma bela-belain gitu mah.

Ga usah segitu rempongnya, deh.  Meski  masih kalah kenceng di sana, kalau  didukung provider selular  yang handal, masalah GEGANA (Gelisah, Galau dan merana) sebagai internet  users  ga akan dialami.  Contohnya  nih,  kayak di Bandung yang dicanangkan sebagai kota teknopolis oleh walikotanya  yang keren  itu, Kang Emil. 

Beberapa program pendukungnya  itu pernah diceritakan akang yang mirip presiden perdana RI  itu di acara uji coba teknologi 4G LTE di Paris van Java  bulan Maret 2015  lalu.  Mengingat  tahun 2015  hampir berlalu, which  is kita akan memasuki era MEA, suka atau tidak, sebel  atau kesel, tetep aja harus berbenah kalau tidak mau kena libas tetangga sesama ASEAN.  Makanya, XL  termasuk  operator  seluler yang membantu merealisasikan pembenahan  kecepatan internetan ini, sebagai salah satu pendukung  Indonesia biar bisa bersaing dunia e-commerce. Mau tau kecepatan internetan  di 

Selain  di Paris van Java, XL juga mengajak para blogger Bandung menguji  kecepatan internetannya keliling Bandung dengan fasilitas Street Gourmet dan menguji kamera  360nya itu. Keren, deh!  
http://www.catatan-efi.com/2015/11/eksis-dengan-sinyal-kencang-4g-lte-xl.html
Ini rutenya Yamaha Racing. Cukup Menantang, kan? Berani, ga?
http://www.catatan-efi.com/2015/11/eksis-dengan-sinyal-kencang-4g-lte-xl.html
Teriak-teriak seru di wahana Yamaha Racing
Lalu,  minggu kemarin saya dan beberapa teman blogger  Bandung dan awak media serta  undangan dari gerai  ponsel diundang lagi  oleh XL untuk menghadiri  commercial launchingnya di Trans Studio Bandung. Saya datang ke lokasi jam 16.00an, lumayan deh  masih ada waktu sekitar  2 jam sebelum puncak acara. Menjajal nyali dan melepaskan adrenalin dengan naik wahana Yamaha Racing  dan Giant Swing. Sukses  membuat smaug kecil yang ngekos di perut saya protes  minta diisi  :)
http://www.catatan-efi.com/2015/11/eksis-dengan-sinyal-kencang-4g-lte-xl.html
Launching commecial XL 
Selesai  makan malam,  acara pun dibuka dengan menghadirkan pembicara seperti Kang Ajie, alumni SBM ITB yang mengelola bisnis  kuliner di bandung dan juga salah satu pelaku e-commerce,  Gibran Huzaifah  (CEO Cybreed) serta ada mbak  Anggita Vela Lidya dari perwaiklan Elevania. Dari acara  ini juga saya 'ngeh' kalau ternyata  dunia  digital  bukan melulu soal  e-commerce dan  game freak yang rata-rata menjangkau  usia  produktif 20-35. 

Pemanfaatan teknologi internet  yang bisa menjangkau daerah rural  pun bisa  meningkatkan daya saing  Indoneia di dunia marketing  yang sudah terhubung dengan akses  internet.

Enggak kebayang?  Salah satunya nih, ada  salah satu bisnis start up yang mendesain aplikasi penghitungan pakan  ikan yang lebih akurat dengan internet. Setiap jenis ikan punya kebutuhan pakan yang berbeda, mulai dari jenis dan jumlahnya yang tepat. Dengan aplikasi  yang terhubung ke internet ini bisa biaya produksi dan panen ikan bisa dihitung lebih akurat.  Dan.... yang  mengembangkan sistem aplikasi  ini urang Bandung, bukan bule  atau  ekspatriat luar yang disewa gitu.  

Bangga atuh! Nah, perlu dong internetan yang canggih dan cepat biar  gak ada buffer yang bisa bikin baper itu.
http://www.catatan-efi.com/2015/11/eksis-dengan-sinyal-kencang-4g-lte-xl.html
Duo ini juga keren  nyanyinya
http://www.catatan-efi.com/2015/11/eksis-dengan-sinyal-kencang-4g-lte-xl.html
The Titans yang menghibur didukung efek  cahaya yang keren
Puncak acara ditutup dengan penampilan band The Titans  yang digawangi vokalis Rizky  yang bikin para penonton termasuk para emak-emak blogger  Bandung kumat hasrat narsisnya, termasuk saya hehehe. Biar seharian  udah kelayapan, pede aja muka lecek  foto bareng beliau.  Tata cahaya panggungnya keren, dan duet penyanyi  pembuka  yang asik, meski  volume di panggng sana membuat saya dan teman-teman seperti  tarzan wanna be yang harus ngomong lebih kencang.
http://www.catatan-efi.com/2015/11/eksis-dengan-sinyal-kencang-4g-lte-xl.html
Foto: Nchie Hanie
Kalau nge-mall di Trans Studio Bandungga usah khawatir baper nyari teman yang posisinya entah di mana.XL  alert banget dengan kebutuhan pengunjung mall. Malam itu,  kebetulan banget Aa Gojek yang nganterin saya pulang adalah karyawan di sana.  XLmemasang  BTS  yang  full  support  sampai  ke arena parkiran yang nota bene area rawan sinyal payah.  HPnya belum support 4G pun  masih aman  dan lancar jaya untuk akses internetan di  mall ini dan di kawasan Bandung pastinya. 
Share:

Sehat dan Cantik Bareng DF Clinic

"Hayo, kamu makan apa?" dokter David menunjuk  jerawat  di sudut  bibir  saya.  Saya  nyengir  dan mengakui  kalau saya cheating.  Perasaan ga seberapa sih menurut  saya, tapi  munculnya jerawat itu  emang  ga bisa dibantah.  Ceritanya, beberapa hari sebelum kontrol saya  makan buntil.  Agak pedes sedikit dan hal  lain yang saya abaikan waktu itu adalah adanya ikan teri  di balik buntil itu. Yes, teri  juga termasuk pencetus alergi saya. Indikasinya  ya itu dia,  jerawat  yang muncul di muka.

Parameter  lainnya  yang  membuat saya  alert  kalau salah makan adalah terasa gatal di  tangan,  kaki  atau punggung.  Soal  alergi  apa saja  yang saya alami, sudah pernah diceritakan di  sini,  sini  juga  hasil tesnya di sini.  Padahalnya lagi, perjalanan terapi ini ga sebentar, lho (sekitar 1,5 tahun). Dokter  cuma membantu aja, kalau sayanya ga disiplin, kapan atuh mau sembuhnya?  

Lagi-lagi saya  inget  omongan  Dr David  yang mirip  Delon itu,  kalau pola makan kita sehat, kulit  sehat dan cantik  itu bakal ngikutin. Semacam bonus.  Bonus  yang asik pastinya.
http://www.catatan-efi.com/2015/11/sehat-dan-cantik-bareng-df-clinic.html
Ruang perawatan DF Clinic yang nyaman
Sebelum menjalani perawatan mikrodermabrasi  yang rutin dijalani sebulan sekali  di DF Clinic, kulit wajah saya diperiksa dulu  oleh dr David. Ternyata kulit saya juga  perlu perawatan lain  jadilah hari itu menjalani  dua perawatan, Mikrodermabrasi dan Ionthosporesis.
Share:

Monday 16 November 2015

Tentang Sang Mantan: Friend or Foe?

Ceritanya  nih, beberapa  hari  yang lalu, saya dan beberapa emak blogger lagi ngobrol seru di  grup whatsapp.  Daaaan  obrolan  yang  selalu jadi topik seru  di manapun dan kapanpun adalah  tentang....

Sang Mantan!

Kyaaa...,  setelah sekian lama melakukan   gerakan  tutup mulut, akhirnya saya nyerah dikitikin. Lalu bocor  juga, akhirnya ceritain  salah satu dari sekian orang  yang pernah  bikin hati saya kaya naik wahana  roller  coaster. Kesel, kangen,  gondok bahkan pengen noyorin kepalanya  :D. Ya di WA  itu aja lah. Enggak usah di sini. Bayangin aja sensasinya seperti itu. Soal  perasaan  saya  sama beliau itu,  biarin aja deh, It's  over.  Kalau  kata Usher  mah, separated, masing-masing aja hidup sama dunianya sendiri, deh. Sesama  bus kota jangan saling ganggu  (lho).

Namanya  juga masa lalu, kalau nyebelin  pengennya  kita  kubur dalam-dalam.  Pengennya lupain aja. Eh tapi semakin berusaha kita  melupakan,  biasanya susah lupanya, lho. Eaaaa...  Diinget-inget? Si cuplis makan lodeh,  Plis deh.  belum tentu  dia  lagi inget  kita. Siapa tau dia lagi mikirin utangnya, kek atau apalah (ga ada pilihan lain apa ya mikirin utang? :D). Kalau ngutip quotenya Kang Emil, buanglah mantan pada tempatnya hihihi sampah kali ah.

Tapi  kadang ada sesuatu  juga  yang  dari sudah lewat  itu  bikin saya ngikik dan senyum sendiri.  Ya  kalau di rumah atau di kamar  aja. Jangan di tempat umum, lah.  Nanti dikira orang sutres  hehehe.  

Lintasan yang muncul sesekali  mah anggap  aja commercial break alias iklan.  Biarin aja  lewat. Tapi jangan dipiara,  meski  mungkin jauh di dalam hati  ada sedikit ruang rindu (uhuk). Tapi saya salut  deh sama mereka yang sudah merit trus  antara dia, suami dan mantannya  itu masih berhubungan baik dan masih temenan. Sementara  yang lain memilih  untuk memutus kontak, daripada  war-waran  atau malah jadi reunian lagi di ruang hati tapi  malah ada yang dibikin  gerah. Well,  ini  mah pilihan personal, sih.  Tiap orang punya kadar cemburu dan cuek  yang beda-beda. Sama-sama udah gede.

Ngomongin soal  ruang rindu,  Masih inget  ga sih  sama lagunya Leto itu, ga? Iya,  lagu ini identik  dengan serial  sinetron  yang dibintangi Dude Herlino. Jujur,  ini termasuk salah satu sinetron yang saya jabanin meski sempet  bikin saya bosen.  Dude  yang meranin cowok charming (hayo siapa yang patah hati pas dia merit??  Naysila yang polos tapi lucu dan saya suka penghayatan Tante Meriam Belina.  Gilingan, deh.  Udah senior gini, selain masih oke  aktingnya, masih  cantik juga.  Bikin envy aja ih :) 

Pernah juga nyimak salah satu  wawancaranya di tv  soal rahasianya menjaga kecantikannya itu. Salah satunya yang saya inget  itu tidur  yang cukup.  Duh, ini  mah penyakit saya tidur  yang kurang. Sekarang sih saya berusaha  buru-buru  bocan alias  bobo cantik. Sebelum jam 11  udah nempel sama  bantal dan matiin lampu  kamar  biar cepet  ngantuk.  Meski  kadang-kadang  tangan suka gatel  pengen maenin gadget dan baca notif di obrolan WA atau BBM hihihi...  Atuhlah, kapan tidurnya, ini? 


Balik lagi ngomongin soal rindu,  boleh dong  nyanyi lagi lalu  Ruang Rindu.  Tapi  yang ini versi Jepangnya, yang dinyanyiin sama Hiroaki Kato.  Cowok Jepang  yang jatuh cinta sama bahasa Indonesia dan sudah menyanyikan beberapa lagu-lagu bahasa  Indonesia ke dalam bahasa Jepang.  Pengucapan bahasa Indonesianya keren, deh. 


Maklumin aja kalau aksennya masih terdengar  rada Japanese.  Sama maklumnya kita sama masa lalu  yang sudah lewat.  Lagunya cukup dinikmati, aja, ya.



  


Share:

Friday 13 November 2015

Tetap Update Dengan Jadwal Konser Artis Idola

Pernah ga  ngalamin  ketemu pesohor  di sebuah  acara lalu  dapat  kesempatan  buat foto  bareng?   Jangan ditanya deh  gimana rasanya.  Seneng,  iya.  Mau pingsan?  Duh, jangan atuh.  Gimana mau ngerasain excitingnya ketemu  idola kalau  baru ketemu  aja  atau dengan jarak yang cuma  beberapa  meter  aja udah  kelepek-kelepek. Masih  mending  kalau  berasa  freezing,  semacam  tombol waktu  yang terhenti  tiba-tiba, lalu  kita tidak tahu  mesti ngapain. Speechles. Powerless  alias lemes.  

Itu  yang  momennya  cuma sebentar, yang rasanya kepengen mencet  tombol  rewind.  Pengen lebih lamaaa  aja. Gimana kalau  semisal  kita mengidolai  penyanyi  yang lagi ngehits lalu dapat kabar doi atau bandnya mau konser? Aaaah..... tidak!  eh maksudnya  iyaaa... kapan lagi  bisa nonton? Kalau  bisa cari tiket  yang VIP. Lebih nyaman, lebih dekat juga pastinya  dengan panggung. Mau  atuh lah nonton. Kayak saya nih, ya ngefans sama Abang Maher dan masih belum kesampaian nonton konsernya.  Hiks....
http://www.catatan-efi.com/2015/11/tetap-update-dengan-jadwal-konser-artis-idola.html
sumber gambar: idbookmyshow.com
Trus apa  saja yang kira-kira diperlukan atau disiapkan kalau mau  nonton?
Share:

Thursday 12 November 2015

Selamat Hari Ayah, Selamat Jadi Pahlawan

Kalau saja teh Meti, salah satu teman blogger Bandung saya tidak mengirim  video  tausiyah singkat  dari  ustadz Bachtiar  Nasir di  aplikasi Whatsapp,  saya  ga kan mudeng lho, kalau  hari ini diperingati sebagai hari  ayah. Yup! Finally, pemerintah  menetapkan hari ini sebagai hari ayah.  Tentu saja  tidak  libur seperti juga peringatan hari  ibu. Masih  punya ayah? Atau ayahnya sudah  lama meninggal?  Yuk cerita sedikit tentang ayah.

Selamat Hari Ayah
Dalam beberapa cerita  atau film, ayah sering identik dengan sosok mereka  yang sibuk bekerja, pergi pagi  dan pulang malam, tidak sempat  ketemu anak-anaknya  yang sudah tidur dan keburu pergi sebelum anak-anaknya  bangun.

Di cerita lain, kadang digambarkan sosok ayah itu seseorang kepala keluarga  yang otoriter,  titahnya  adalah hukum 2 pasal. Pasal 1, Ayah tak pernah salah. Pasal 2,  kalau  ayah salah lihat pasal 1.  Atau ayah yang tidak bertanggung jawab,  hubungan ayah dan anak  yang menyebalkan seperti  di serial tv Dawson's   Creek, atau pengalaman lainnya cerita ayah yang kurang gigih  mencari  nafkah  untuk anak-anaknya.

Share:

Monday 9 November 2015

Mengunjungi Geopark Ciletuh Expo di TSM

Hujan deras  yang mengguyur  Bandung minggu  kemarin membuat  Bandung semakin dingin.  Kerinduan saya dengan hujan terbayar. Enggak boleh  ngeluh  setelah  keinginan itu terjawab. Meski  langkah saya  tertahan karena harus menunggu  hujan reda. Dua kali  memesan Gojek, dua kali dicancel. Yang pertama  drivernya lupa  menyimpan kunci lalu mengirim pesan singkat.  Silahkan cancel kalau buru-buru.  Oke, fix. Yang kedua  datang  ketika hujan semakin deras.  Masalah berikutnya  driver  ini  ga bawa  jas hujan. Enggak  mungkin juga saya  dibonceng  dan melindungi diri dengan payung. Tetap  kuyup dan konyol, kan? Akhirnya,  gojek ketiga datang. Well prepared. Jas hujan berikut celana  kedap air  tersedia di dashboard.  Nice.  Saya gak jadi  kuyup waktu datang ke arena festival  Geo Park di Ciletuh.  Hari terakhir, sih. Makanya saya  bela-belain datang  meski haru menembus hujan yang dingin  dan sedikit drama  pesanan  ojek aplikasi  itu.

Sampai dilokasi,  sejumlah anak-anak usia TK  dengan pakaian yang nyunda banget terlihat hilir  mudik di arena acara. Lokasinya  berhadapan dengan Masjid raya di komplek Trans Studio Mall alias TSM.  Beberapa  pria berpakaian serba hitam dan iket sunda  sedang memainkan  alat  musik khas sunda.  Rasanya seperti  balik  lagi ke jaman saya remaja dulu. Hujan yang baru saja  beranjak meninggalkan jejak suasana seperti Bandung dulu, dan suasana alami  yang terasa dengan dekorasi dan beberapa display  yang dipajang di sana. Salah satunya adalah display  yang memajang  dua boboko  alais bakul  yang memamerkan  nasi merah dan nasi  hitam.   Iya, baru kemarin ini sih, saya ngebahas  tentang beras merah. 
Share:

Saturday 7 November 2015

Kenapa Nasi Merah Lebih Baik?

"Nasinya  mau yang putih  atau merah, teh?"  

Itu pertanyaan seorang pramusaji ketika saya memesan makan siang di sebuah restoan. Selain memang  jarang  makan nasih merah,  pertimbangan  kesehatan  juga  yang membuat saya lekas  menjawab, "nasi merah."  Serat  yang lebih banyak dan kadar  gula  yang rendah membuat  nasi  yang satu  ini lebih aman dimakan.  

http://www.catatan-efi.com/2015/11/kenapa-nasi-merah-lebih-baik.html
dokumen pribadi
Iyes,  usia  ga bisa  boong meski secara postur  saya  masih imut  (tiarap sebelum dihujani cubitan), tapi  kan, saya  kudu lebih alert soal kesehatan.   Bukan dalam rangka diet, kok.  Percayalah, saya tuh  makannya kuat dan bisa makan banyak  hahaha....  tapi  riwayat medis  bapak saya yang punya diabetes  membuat saya  kurang suka sama yang manis  karena saya sudah manis   dan jarang makan nasi putih.   

Udah, jangan protes  dan bilang saya susah gede. Masa pertumbuhan  yang ke atas  buat saya  udah lewat. Sementara  buat melebar  ke samping? Errr...., selain  bawaan alami  perempuan  yang suka  parno kalau jarum timbangan  ngibrit ke kanan,  dan intro di atas, alasan  lainnya silahkan ubek-ubek  lagi di postingan sebelumnya, ya.  Selamat  ngdek-ngudekin  dan stay tune  and lovely  di blog  saya  (berasa  siaran radio :D).

Nah,  kembali ke topik.  Selain  rendah gula dan  banyak seratnya, ternyata  masih  ada manfaat lainnya lho dari nasih merah.  
Share:

Friday 6 November 2015

T-Shirt Design Custom Kelas Distro Dengan Harga Murah

Kalau  pergi-pergian  terutama untuk acara yang sifatnya kasual, saya  lebih suka pake  t-shirt. Meski sesekali saya  suka juga pake  dress  yang rada  anggun *kibasin hijab*  Tapi  to be honest, saya tetap nyaman dengan mengenakan t-shirt  atau  kaos.  Bisa  dibilang  kalau  baju model gini adalah jenis pakaian sejuta umat. Yakin seyakin-yakinnya  deh kalau  ada inspeksi lemari pakaian (halah  bahasanya), pasti deh bakal ditemukan minimal 1  t-shirt (saya yakin banyak, lebih dari satu).  Dari yang gratisan dari acara atau sponsor,  beli sendiri  di toko  atau beli dengan desain custom.
http://www.catatan-efi.com/2015/11/t-shirt-design-custom-kelas-distro-dengan-harga-murah.html
dokumen pribadi
Wait, design  custom?
Iya,  dong.  Kenapa enggak? Kesannya kan jadi  ga  pasaran.  Unik dan eksklusif.  Cuma kita aja  yang  pake. Ga usah nutup muka  karena tetiba ketemu kembaran  di mall atau tempat umum lainnya.  Hayo, sudah punya belum? Bikin atuh lah....
Share:

Wednesday 4 November 2015

Bijak Menyiapkan Masa Depan

Mari  kita  jujur  sama diri  sendiri, kalau dikasih lihat  gambar  ini. Apa  reaksi kita? 

sumber foto: Sun Life
Nyengir asem sambil malu-malu harimau?  Sok jaim atau merasa  biasa saja?  Kalau  saya  sih  bakal  merapat ke  kelompok pertama. (kan jujur). Istilah  keren (apa ngeles)  yang suka  ngalamin gini adalah kelompok  bergaji   15  koma. Maksudnya  tanggal  15 sudah koma. Lalu keukeupin  balon eh dompet erat-erat  biar  enggak tergoda  rayuan  diskon   
Eh tapi  kalau yang merasa  biasa  saja  ga berarti saya  suuzhan,  lho.  Mungkin manajemen keuangannya udah  oke. Tapi kan, peribahasa  masih ada kesempatan  untuk memperbaiki  kali ini  berlaku, deh.  Makanya  pas diajakin untuk gathering  bareng  Sun Life soal  bincang keuangan, saya  bilang iyes  tanpa  harus  nunggu persetujuan  Mas Anang  :D

Jadi  ngomongin  soal  orang  kaya  dan tidak  kaya, apa bener  selalu identik dengan mereka  yang gajinya  gede?  Atau  profesional   yang kebanjiran  order  yang deras? Atau pengusaha  yang banyak cabangnya? Enggak juga. Tergantung, bagaimana  attitudenya mengelola  keuangan  yang didapatkannya.  Mari  kita bahas  beberapa  high light  yang dibahas  Safir Senduk sebagai  nara  sumber  acara  bincang keuangan tanggal 3 Oktober  2015  di Mozaik and Co Restaurant, Trans Studio, Bandung.
Share:

Monday 2 November 2015

Curcol Awal Bulan, Kangen Hujan

Mestinya  November  identik  dengan  musim hujan, ya. Dan lagu lawas Guns and Roses  biasanya  jadi  theme  song  bulan ini.  Dulu...  sejak SD  juga pelajaran IPA  yang paling ngelotok  di kepala  soal  ilmu bumi adalah  pelajaran soal  pergantian  musim.  Cuma  dua  musim saja  yang berlaku  eh ada di  Indonesia.  Musim  Hujan  yang biasanya  jatuh di bulan  yang ber-beran  (Oktober - Maret)  dan musim kemarau  yang  datang sesudahnya  (April -  September).  Gampang  lah ngapalinnya. Yang  musim duren,  musim rambutan,  musim  manggis dan musim-musim  lainya  ga diitung (ya iyalah).
http://www.catatan-efi.com/2015/11/curcol-awal-bulan-kangen-hujan.html
gambarnya dari wronislawa.deviantart.com
Kadang musim  hujan datang lebih awal,  bahkan di bulan puasa yang  masuk di kalender  yang  jatahnya  musim  kemarau  pun  hujan  kerap datang.  Masih inget ga, kalau pas soal  Idul fitri  atau idul adha  biasanya  diiringi  pagi  yang  mendung dan  tanah  lapang  yang basah  oleh embun? Seingat  saya,  lebaran  kali  ini, baik lebaran  idhul  fitri  atau  lebaran  idhul adha, terasa  kering, meski  ga mengurangi kekhusyuan.
Share: