Top Social

Bring world into Words

Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sabtu, 28 November 2015
Kalau  pernah merhatin  beberapa resep  smoothie yang saya buat,  pasti  pernah deh lihat penampakan  Chia Seed  atau  kalau ga keliatan,  bakal membaca saya memasukannya ke dalam  komposisi  bahan yang dihancurkan bersama buah atau sayuran dalam blender.

Chia seed  yang  sudah dikenal sebagai salah satu  bahan  makanan  buat para pelaku  healthy lifestyle alias gaya hidup sehat, tenyata  sudah dikenal sejak lamaaaa sekali.  Tapi sekarang emang lagi  jadi sesuatu  yang lagi  ngehive  atau kekinian alias  ngehits. 

Biji chia seed sudah  jadi makanan  penting buat  bangsa Maya dan Aztec, makanya nama ilmiah dari biji  ini adalah Salvia Hispanica.  Dikasih  nama hispanik emang karena  bangsa ini dulu tinggal  di selatan benua Amerika.  Bukan cuma makanan  penting aja lho,  malah kalau diterjemahkan, chia ini artinya 'kuat'. Mungkin statusnya sama kayak ginseng  yang penting bagi orang-orang Korea sana  sebagai doping alami. Hmmm,cmiiw! 

Eh tapi  beneran lho, pernah dibuat penelitian  pada responden  yang berolahraga.  Olahraganya juga  bukan  yang cetek.  Berolahraga selama 1 jam dengan threadmill terus  dilanjutkan dengan lari 10 km. Kelompok responden  ini dibagi dua. Yang satu, minum minuman penambah energi dan kelompok  lainnya mengganti minum  minuman penambah energi dengan chia seed. Hasilnya?  Ga ada  bedanya, alias  kelompok  yang dikasih chia seed  tetap  stay strong, ga lemes.

Sekilas,  biji-bijian yang juga dikenal juga sebagai superfood  ini kelihatan  mirip dengan selasih, cuma warnanya ga sepekat selasih  yang suka dicampurkan ke dalam minuman atau es campur.  Duh, maafkan  siang gini  ngomongin es campur  *nelen ludah*

Kalau dikemil chia seed  ini ga ada rasanya, alias  plain. dan kecil-kecil gini dengan takaran sebanyak 2 sendok  makan (setara 28 gram  atau 1 ons)  ini punya manfaat  yang bagus buat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah:

  • Mensuplai kebutuhan serat  (11 gram), tidak memicu kenaikan gula darah dan juga tidak membutuhkan insulin untuk diproses dalam tubuh.  Konsumsi  serat yang cukup  juga membantu penyerapan air dan membantu menahan hasrat ngemil. Meskipun sampai saat  ini pengaruhnya ga terlalu signifikan kalau konsumsi  chia seed ditujukan untuk membantu menurunkan berat badan.
  • Protein  (4 gram), termasuk di dalamnya asam amino  esensial. Protein  dari Chia sed juga baik untuk dikonsumsi oleh vegetarian  atau  jarang makan daging untuk memenuhi kebutuhan protein  bagi tubuh
  • Lemak 9 gram,  lebih dari setengahnya mengandung omega 3. Nah  balik  lagi soal program diet, meski  memang  tidak terlalu berpengaruh  untuk menurunkan berat badan,  tapi hasil penelitian selama 10 minggu  menunjukan kalau konsumsi  chia seeed pada responden  62 wanita  berhasil meningkatkan jumlah omega 3 dalam darahnya. Setidaknya,  kadar  kolestrol  bisa ditekan dengan mengonsumsi biji chia seed ini. 
  • Beberapa bahan mineral  terutama Kalsium, Mangan, Magnesium dan Fosfor, Zinc dan Poatsium 
  • Mengandung Vitamin B1 dan B2
  • Mengandung antioksidan  yang tinggi, which is  bagus banget  buat menghambat penuaan dini. Nah  kalau  bahas  soal penuaan dini, biasanya  perempuan   yang lebih alert soal  ini.  Katanya  kalau udah merit  dengan laki-laki sebaya atau lebih  muda,  perempuan cenderung lebih cepaat kelihatan tua. Hmm  entah lah,  soal ini.  Mau tua,  muda, single  atau  doble,  di mana-mana mah  udah naluri alami kalau perempuan  pengen kelihatan tetep cantik. Usia boleh nambah tapi  kalau bisa stay  beauty di usianya (syukur-syukur  awet  muda). Ya,  gak?  :)

Kalau ekspektasinya  pengen langsing  dengan  mengonsumsi  chia seeed, siap-siap deh kuciwa. Seperti  yang pernah saya bilang di atas,  kalau  secara ilmiah  belum terbukti secara signifikan  bisa membuat  badan jadi langsing.  Tapi...  kalau  sedang memulai gaya hidup sehat,  boleh deh  jadikan chia seed sebagai salah satu adisional untuk membuat  makanan atau minuman kesehatan. Selain dicampurkan dengan  smoothie atau  jus, sereal  dan yogurt,  chia seed  juga  bisa dimasukan ke dalam nasi, lho. Jangan heran kalau setelah tercampur air,  biji-bijian  ini bakal terlihat  menggumpal, wajar aja, kok.


referensi:  authoritynutrition.com
16 komentar on "Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan dan Kecantikan"
  1. Boleh nih, tapi kira2 nyarinya susah apa gak ya? Dimana bisa dapetin Chia seed? .
    Tapi makasih udah share :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang kok, mbak. Bisa beli di toko yang menjual makanan organik atau belanja online di tokopedia.

      Hapus
  2. Baru tau bentuk chia seed. Kalo udah jadi produk (kayak The Face Shop), secepuk mositurizer aja harganya 300 ribuan T__T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah masa? Mahal banget? Aku beli mentahannya aja,masih di bawah 100 ribu

      Hapus
  3. wahhh cucokk banget ni teh...buat meratakan perut bisa ga yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi mudah-mudahan bisa, say. Ih masa drimu gendut?

      Hapus
  4. baru pengen cobain chia seed kira kira rasanya gimana ya mba? enak ga? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya plain sih, mbak. Ini lebih ke funngsinya sebagai makanan kesehatan, terutama buatku kandungan fibernya itu.

      Hapus
  5. Kok aku masih belum tahu ya chia seed ini...maklum kurang mengerti biji bijan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini makanan organik, Mas. Memang banyak yang belum ngeh, kok. :)

      Hapus
  6. Balasan
    1. Bukaaan, beda. Chia seed ga sama dengan wijen

      Hapus
  7. Masih ada nih chia seed di rumah, suka lupa naburinnya kalau minum jus :D, tapi ditaburin ke air putih juga oke

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau ditaburin ke air putih aku belum pernah coba tuh, Tian.

      Hapus
  8. baru tahu namanya chia seed,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,mbak. Yuk cobain Chia Seednya :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.