Top Social

Bring world into Words

Pilh Mana, E-commerce atau Forum Jual Beli?

Rabu, 25 November 2015
Hari gini, yang serba kekinian  dengan teknologi  yang serba simple, sekali colek dengan jari, apa sih yang  susah?  Mungkin masih ada  yang punya HP jadul yang layarnya masih monokrom dengan ringtonenya yang kayak jangkrik itu. Eh, jangan ketawa. Masih ada,  lho!  Ya sih, sebagian kecil itu mah. Tapi  mostly,  terutama di perkotaan, rata-rata  HPnya udah pada canggih, kan?  Dengan sistem operasi berbasis  android dengan fitur-fitur mesenger atau sosmednya, kamera dengan ketajaman yang keren dan  fiturlainnya yang dijejalin.  

Pastinya, di HP  pinternya itu  ada dong, aplikasi  browser yang  memudahkan kita untuk menyalurkan hasrat kepo buat  kitik-kitikin Om Google.  Salah satunya kalau  lagi  mupeng pengen belanja online. Hohoho.... jangan ngaku generasi X  kalau belum  pernah shoping online.

Terus, tau ga sih,  kalau belanja  secara online itu  ternyata  punya jenis  yang berbeda?  Ada yang namanya e-commerce dan forum jual beli. Tau kan apa bedanya  e-commerce dengan forum jual beli

Ga tau? Kitikin gih Om Googlenya  *evil  green*  Ga, ding. Stay tune  di sini aja. Ga usah  buka tab baru. Sabar, ya. Ntar saya  jelasin. Orang sabar  rejekinya  lebar, lho  (aamiin).

Sebenarnya  ada banyak  lho jenis platform bisnis jual online. Masing-masing dari platform bisnis  itu  punya kelebihannya masing-masing. Ada yang  lebih suka  melakukan jual beli dengan platform forum jual beli  atau  ada  yang nyaman dengan bisnis e-commercenya. Oke, Kita bahas dulu kelebihannya  bisnis  e-commerce, ya.  

"Bisnis e-commerce  Itu Sistematis dan Gampang Diakses"
Ada  banyak  toko  online  yang wara-wiri  di  Indonesia  dengan  berbagai  sistem yang ditawarkannya itu. Dari sistem dan akses  yang bisa kita lakukan secara ga langsung membuat kita sebagai konsumen jadi  lebih cerdas  untuk berbelanja.  Bukan cuma mikirin soal murah dan nyamannya saja. Kalau aturannya ribet, bisa bikin  kita males  (baik sebagai penjual atau pembeli). Iya, ga? 
Salah satu pelaku  bisnis  e-commerce dengan sistem  yang gress dan pelaku anyar di Indonesia adalah MatahariMall.com.  Kepo  ga, kenapa MatahariMall adalah salah satu bisnis e-commerce terbaik di Indonesia?  Ini alasannya: 


  • Coba buka https://www.mataharimall.com,  di sini kita  bisa dengan nyaman untuk  mencari berbagai barang atau produk uang dibutuhkan berdasarkan kategori yang ada di dalamnya. Dengan sistem login yang diberlakukan  oleh MatahariMall membuat  verifikasi identitas jadi lebih mudah. 
  • Ga mau ada eror atau salah  kirim barang?  Males ya, kalau harus komplain atau nunggu  retur atau nukar barang.  Nah, karena sudah didesain dengan sistematis,  akan meminimalkan kekeliruan yang mungkin bakalan terjadi.
  •  Takut ditipu atau penjualnya  ga mau ngaku kita udah  udah transfer trus barangnya ga dikirim juga? Tenang,  Mataharimall sudah mengantisipasinya. Makanya, Cuma penjual terpercaya saja yang bisa bergabung di Mataharimall yang punya sistem keamanan yang baik. Jadinya bebas tuh dari  kekhawatiran bakal terkena penipuan. 

Itu kelebihannya berbelanja dengan sistem e-commerce. Trus apa dong  kelebihan yang  dimiliki oleh Forum Jual Beli?

  • Kasih highlight  FORUMnya. Kalau bisa  dibold,  underline dan cetak kapital.  Karena sistemnya berbentuk forum,  komunikasi antara penjual dan pembeli bisa berinteraksi lebih cair dan akrab.  
  • Karena  namanya juga forum,  kita bisa mendapatkan informasi produk lebih detail. Seorang penjual  yang membuka lapaknya di sini juga umumnya punya satu produk sejenis  yang bervariasi.  Makanya  harga  bisa  berbeda tergantung bahan atau kualitas  yang ditawarkannya itu. Bisa kita sesuaikan sesuai selera atau anggaran yang dimiliki  untuk deal-dealan belanja di sini. 
  • Asiknya lagi berbelanja di forum jual beli,  kita  ga putus komunikasi. Bukan buat ngemodusin, lho (apaan sih?). Misalnya kalau ada  yang ga ngerti dengan cara  penggunaan atau perintilan  lainnya  yang belum dimengerti, bisa tuh ditanya. Nantinya  Mbak Sis atau Mas Bro  yang produknya kita beli bakal melayani pertanyaan kita. 


So,  kira-kira menurut  kalian enakan belanja dengan sistem mana? Saya udah pernah coba kedua-duanya, lho.  Ada  yang belum dijajal? Cobain deh dan dapatkan  experience-nya biar kita semakin pintar sebagai  pembeli. 

22 komentar on "Pilh Mana, E-commerce atau Forum Jual Beli?"
  1. Iyah, yang khas dari online shopping adalah experiencenya yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, beda onlline shop beda sistem, ya.

      Hapus
  2. belum nyoba mataharimall.com. kemarin sempat buka, tapi ngintip doang. kayanya kepotong telepon masuk. *skip

    kalau tokopedia itu masuknya forum donk ya. kita bisa interaksi langsung sama penjual. udah sering belanja disana, nyaman euy.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tokopedia masuknya e-commerce juga. kalau forum mah kayak kaskus gitu, mbak.

      Hapus
  3. aku mah di mana aja yang lebih murah. ecommerce hayu, beli di forum kaya kaskus gitu juga masih sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di forum aku beli yang murah aja sih, Cha :)

      Hapus
  4. Saya rasanya lbh yakin dengan e commerce jam. Forum rasanya agak ngeri hiiiiiy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah belanja di dua-duanya, dan alhamdulillah aman. Mungkin sistem e-commerce yang bikin kita merasa lebih secure, ya.

      Hapus
  5. Aku lebih suka yang ecommerce, bisa berbelanja dalam kesunyian. *halah
    Forum bagi aku terlalu riuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heuheu kalau forum ga riuh aneh malah :)

      Hapus
  6. belum pernah nyoba ecommerce...buru2 ngintip mataharimall.com

    BalasHapus
  7. I am sure this paragraph has touched all the internet users, its
    really really good post on building up new website.

    Also visit my site :: fast money (hentaitb.net)

    BalasHapus
  8. pilih e-commerce karena biasanya lebih terjamin dan sistem pembayarannya lebih mudah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun lebih banyak belanja online di e-commerce

      Hapus
  9. Aku pilih ecommerce mbak karena lebih mudah dan nyaman. Ke forum jubel kalau cari informasi produk sama liat-liat barang second, mungkin kalau belanja di forum jubel mesti lebih hati-hati ya, selektif banget gitu jangan asal beli.. hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe iya Yas, tetep kudu selektif. Jadi konsumen harus cermat dan cerdas.

      Hapus
  10. Kalau onstore.co.id termasuk e-comers belanja langsung klik ada affiliatenya juga cek bit.ly/belibeli atau bit.ly/belanjaceria

    BalasHapus
  11. Cari infonya di fjb, trus belinya pake e-commers hehhe.

    Tp sy emg blm pernah beli dr fjb sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pernah, beli simcard perdana internetan yang murah banget hehehe

      Hapus
    2. Aku pernah, beli simcard perdana internetan yang murah banget hehehe

      Hapus
  12. Aku pilih ecommerce mbak karena lebih mudah dan nyaman. Ke forum jubel kalau cari informasi produk sama liat-liat barang second, mungkin kalau belanja di forum jubel mesti lebih hati-hati ya, selektif banget gitu jangan asal beli.. hehhee

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.