Top Social

Bring world into Words

Ritual Sebelum Tidur Yang Biasa Dilakukan

Sabtu, 28 November 2015
Waktu saya lagi ngetik  ini, jam  di dinding sudah menunjukkan jam 21.00.  Dulu  waktu  kecil, jam segini identik dengan waktunya tidur.  Orang tua saya biasanya  bakal nyuruh saya  segera tidur setelah sebelumya disuruh  gosok gigi. 

Mulai SMP kelas 3 seinget saya  jam  biologis saya   mulai berubah. Mulai suka melek lebih lama, apalagi  pas SMA kelas 3. Kalau ga karena  banyak tugas  (karena siangnya ga dipake belajar, tapi mae atau les hhehehe)  ya  ga ngantuk aja. Malah waktu kuliah,  pas ujian saya ini termasuk penganut SKS, sistem kebut semalam.  Lagi ujian tengah semester atau ujian akhir semester  kuat  melek sampai lewat mid night, atau  kejat tugas  makalah dan semacamnya itu.  Giliran clueless atau  jenuh? 

Bisanya  suka ada radio anak muda (pas sma-kuliah dulu kalau lewat tengah malam masih melek, saya  suka nyimak radio Oz, Ardan atau 99ers) yang penyiarnya membuka line  untuk ngobrol on air. Buahaha....  pernah tuh  tagihan telepon rumah sedikit  bengkak.  Ternyata  yang ngalong  banyak juga. Karena susah masuknya, yasud  malah ngobrol sama operatornya  :D
Kadang kalau wiken gini, saya juga suk begadang nonton bola.  Apalagi pas  jaman-jamannya penggila bola dimanjakan siaran live  liga Inggris  5 match di akhir pekan, liga Italia,liga Spanyol dan liga Jermannya, saya belain deh kalau Liverpool atau  Juventus  tayang atau ada big match lainnya.

Itu sih dulu, beberapa tahun belakangan, setelah tv-tv  di sini  ngirit siaran jagoan saya atau beberapa big matchnya,  mulai deh saya  ga kuat begadang sampai jam 3. Faktor  umur juga,  ini.  Meski kadang-kadang sih  menjelang dead line jatah  ngaburnya Cinderella  saya masih melek.Biasanya  itu gara-gara  minum  kopi sore  atau kecapean.  Aneh juga,  harusnya kalau cape bikin  pules tidur, ini malah  melek. Eh tapi males  juga dipake mikir  hahahaha... Pelariannya kalau  ga baca  novel yang bacaanya  ringan, ngobrol di aplikasi mesenger sama teman  yang masih melek juga.

Belakangan ini  saya lagi nurut sama dokter, harus  tidur lebih awal. Bisa tidur  jam 11 malam aja udah bagus, tuh. Rata-rata saya baru ngantuk jam 12 malam. Kata dokter David  yang memberi terapi antiaging  buat saya,  jam tidur saya  ga boleh ga cukup. Ini  juga senada sama yang dibilang dokter Indra  -yang praktik di sebuah rumah sakit besar di Bandung -  pas siaran di radio tadi pagi.  Ga boleh enggak,  tidur kita harus cukup. Kalau kurang dari 6 jam bisa berpotensi  mendatangkan masalah kesehatan, misalnya gangguan pencernaan  atau  mengundang penyakit kanker. Sudah ada penelitiannya, lho.  Nanti saya share  rekaman siarannya, deh, ya. 

Oke, dok. Saya lagi nurut  kok sama anjuran ini.  Belakangan ini  saya maksain diri  ga buka lappy  lagi setelah lewat  jam 22.30an. Jam segitu  saya  lagi asyik dengan ritual malam sebelum tidur. Cuci muka dan gosok gigi,  aplikasiin  krim malam dan setel radio buat nina  boboin saya dalam keadaan lampu  kamar sudah dimatikan.

Ngomongin soal ritual sebelum tidur  yang biasa dilakukan, kadang  masih ada aktivitas  lain yang kita lakukan sampai beneran merem dan terbang ke alam mimpi. Misalnya kayak gini.
  • Suka maskeran? kalau  masker wajah yang peel of gitu ih masih mending. Coba kalau yang serbuk atau model lainnya yang pas diteplokin ke muka jadi keliatan putih. Deuh, spooky deh. Kasian temen sekamarnya  adik atau suaminya.  Bisa-bisa mereka beneran kena insom karena aplikasi masker yang  ga tepat waktunya itu. 
  • Baca novel atau majalah.  Bisa jadi karena penasaran pengen tahu endingnya,  atau pengen tahu apa sih trend yang lagi nge-hive mulai dari kulineran fesyen sampai  dandan  kece.  Kalau  mau cepet  ngantuk, baca deh bacaan  yang kontennya berat  hihihi... Lalu  kalau lagi tanggal  tua, jangan baca buku tabungan. Selain g rame  malah bisa bikin susah tidur  
  • Nonton TV!  Ada  yang  malah melek terus  atau beneran tidur terus  gantian, tvnya nonton orang karena lupa ga dimatiin. Ada juga  yang manfaatin bonus kuota  buat ngunduh film gratisan. hayo siapa yang suka gitu? 
  • Browsing dari  HP, buka sosmed  atau ngobrol di messenger. Ada yang curhat,  ngobrol  ngalor ngidul  atau masih lembur ngerjain kerjaan yang udah deadline?
  • Cek  kunci  pintu dan jendela. Hayo, sudah cek kunci jendela atau pintu rumah dan pagarnya belum? Kalau belum turun dulu sana.
  • Kalau punya rencana besok paginya  terutama keluar kota,  biasanya  menjelang tidur  cek dulu list yang harus dibawa atau dikerjain biar pas pergi ga panik.  Dompet, tiket,  baju ganti,  power  bank dan remeh temeh lainnya harus ready. Jangan lupa stel alarm di HP  atau weker biar ga kesiangan. Eh hari gini masih musim ga sih punya weker? Ngomongin soal alarm yang diseting, kalau beneran besok paginya  ada acara atau keperluan biasanya  kita bangun duluan sebelum wekernya bunyi.  Kalau ga ada acara atau rencana pergi, biasanya  tuh alarm di matiin lagi lalu  lanjutin tidur  (itu mah saya).
  • Buat para emak sebelum tidur, kalau pas weekday  kadang suka ada juga yang  nyetrikaan baju  buat pak suami atau anak-anaknya  biar drama paginya ga terlalu  heboh karena  banyak yang rikues ini itu yang bisa bikin panik.


Hmm... kira-kira apalagi ritual  malam  yang  biasa  dikerjain? Silahkan nambahin, Ingat  apa kata Bang Rhoma,  jangan begadang kalau tiada artinya.  Boleh begadang  kalau dapet tugas ngeronda hehehe....  
20 komentar on "Ritual Sebelum Tidur Yang Biasa Dilakukan"
  1. Hehehe, kalau begadang keluarga kami jagonya. Suami terkenal dari dulu jadi pegadang sejadi (panggilan buat yg suka begadang) klw saya begadang karena ada tugas atw lagi asik aja sama laptop. Anak ikut begadang kalau tidurnya awal banget.
    Ia bener banget, klw begadang tubuh jadi lemas dan kurang konsentrasi besoknya dan jd masalah ke pencernaan juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, aku juga suka merasa kliyengan paginya kalau kurang tidur atau begadang. Padahal dulu mah enggak

      Hapus
  2. Lha ini emak kok masih melek? hihihi. Nambahin apalagi ya? Sepertinya udah ditulis semua sama emak. Lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis posting ini terus tutup laptop dan tidur :)

      Hapus
  3. Mbak aku suka banget tuh maskeran seminggu 3 kali kalau pas malem ternyata emang membantu untuk bisa tidur cepat dan tidur nyenyak. Ayo kalau mau coba kesini yuk kerumah ehehhehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku mau coba dong maskernya, Yas. Pengen ngilangin mata panda ini.

      Hapus
  4. Kalo saya dulu mak, pas kuliah, pagi nya suka mual-mual, kepala puyeng, ampe kena gejala batu ginjal. Skrg dah kapok, kalo pun terpaksa begadang pokoknya siangnya harus tidur, kalo sakit saya kasian sama anak gak ada yg ngurus mak.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama Mak. Kalau kurang tidur malam, pas siangnya harus tidur :) Hihihi

      Hapus
  5. Kalau saya ritualnya main Hp dan menggambar. Tapi sebulan terakhir ini, main Hp-nya sementara gak lagi karena Hp masuk ruang perawatan alias di service.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti kalau hpnya udah sembuh bisa maen hp lagi sebelum tidur ya, Mas? Hehehe

      Hapus
  6. pipis, cuci kaki, berdoa, bobok. standar. hehe

    BalasHapus
  7. Kok ritualya kalau diterapkan sama saya malah ga bisa tidur tuh. Kalau saya asalkan jangan lewat jam ngantuk gampang tidurnya, tapi kalau sudah lewat bakal begadang semalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha jangan dipraktikan, Saya cuma kasih contoh aja.

      Hapus
  8. Kalo aku sih, stel alarm itu wajib banget hukumnyah! Soalnya gak ada yang bersedia bangunin pagi-pagi sih hueheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi gawat ya kalau ga ada yang bangunin. Itu pasang alarmnya cukup satu aja, mbak?Saya kalau satu doang mah banyakan dicuekin

      Hapus
  9. Standar aja, palingan gosok gigi, wudhu, cek kunci-kunci, cek kompor trus bobo deh... hehehe... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. O iya bener, jangan lupa cek kompor. Jangan sampai ada yang masih nyala.

      Hapus
  10. Cuci kaki, cuci muka, templokin krim malem :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, krim malam. Jangan sampai lupa hehehe

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.