Thursday 28 January 2016

Learning Point Menikmati Kopi

"Fiii, santai, kan?  Ngopi-ngopi, yuk!" sapa Nchie  kemarin siang di WA.

Saya inget-inget  jadwal saya (cieee  jadwal? sok sibuk)  hari Rabu kemarin ga terlalu  hectic. Beberapaa  PR juga tinggal  sedikit lagi, dan bisa  diselesaikan sebelum  deadline. Ya  udah atuh,  saya bilang, "hayu!"

Lokasi  yang kami pilih adalah  kafe  ngopi yang ada di  jalan Dago, Kopi Panggang.  Bulan September 2015 kemarin sebenarnya saya dan teman-teman blogger  Bandung  udah pernah main ke sini  juga, diundang  sama ownernya, Kang Irvan). 


Sekarang sih saya ke sana sama Nchie  ya pengen aja datang ke sana atau kemauan kami. 
Suka kopi  varian apa?
Waktu  itu  juga sebenarnya sempat ngobrol sama ownernya  Kang Irvan, tapi  berhubung beliau sibuk dan banyak blogger yang  kepo nanya ini dan itu, jadi waktu kami ngobrol cuma bentar aja.Ibarat sesi tanya jawab dalam diskusi,  kan semua orang punya limit  buat nanya, biar semua kebagian.
Share:

Wednesday 27 January 2016

Good News, Boosting Mood For The Reds

Jadi  gini, nih. Pagi-pagi ini saya lagi  menatap lappy  dengan nanar.  Udah lemesin  jari  buat update blog.  Errr  tapi blank melanda.  Mendadak  speechless.  Bukan karena  ada yang cakep di depan saya  hahaha (apaan sih).  Ya, pernah dong mengalami situasi  kayak gini. Mendadak blank,  karena Mas  Ide  tiba-tiba ngilang. Aduh Mas, jangan  ngabur, napa.

Lalu, biasa  deh,  ya. Kalau yang namanya  gadget  bernama handphone  itu  suka  jadi distraktor  favorit  (eh?).  Ada chat  baru di WA. Oke,  intip,bales bentar.  Terus  BBM  juga berisik, eh bc dari  olshop. Hmmm,  oke, read aja :). Instagram. Ah,  akun sosmed  ini selalu  menarik perhatian saya.  Entah saya upload foto dengan niche yang random, atau  kasih lope-lope gitu, atau kasih komen di foto-foto yang  berseliweran di timeline saya.  Pas kebetulan penyiar  radio yang lagi saya dengerin melempar topik pagi ini dengan tema instagram.


Makanya  saya jeda sebentar, tap  icon instagram dan  tap  home.  Eh, what? ini  kok tiba-tiba  akun yang berbau Liverpool, klub  kesayangan dengan jersey bola warna merah  kebanggaannya itu  lagi pada rame.  mihu_SG8, salah satu  mbak-mbak  The  Kopites, sebutan buat fans  Liverpool yang saya following ini,  malah unggah semacam  foto komik yang  keren gitu.

Share:

Monday 25 January 2016

Helen Keller: Insiprasi Dalam Keterbatasan

Pernah memerhatikan  ga  beberapa waktu tahun yang lalu  kalau ada siaran berita, di pojok bawah layar tv kita akan melihat  inset, seorang laki-laki atau perempuan menggerak-gerakan tangan, kadang mengepal, mengacungkan beberapa  jari kadang ke atas,  ke samipng   atau bulatan  yang dibentuk dengan menghubungkan jari tangan?

Iya, itu bahasa isyarat. Semua  juga tau atuh,  ya.  

Bagi yang  mengalami masalah penglihatan tapi masih bisa mendengar atau tidak bisa mendengar tapi bisa mellihat mungkin masih bisa menyaksikan acara tv  atu berinteraksi  dengan orang-orang di sekitarnya. Tapi lain ceritanya  kalau mengalami kedua masalah, tunanetra dan tunarungu.  perlu kesabaran yang ekstra untuk bisa bercakap-cakap dengan orang-orang di sekitarnya.

Coba inget deh  pas aliran listrik di komplek  rumah mati berjam-jam. Dunia  gulita, seperti dihempaskan ke masa  ratusan sebelum peradaban.  Ga ada siaran tv, atau radio. Makin merana kalau pas kebetulan  lappy dan  gadget  kehabisan batre. Duh....
sumber: examiner.com
Tapi kalau dibandingkan dengan seseorang  yang mau saya ceritain, terputus dengan dunia luar sesaat buat kita itu  ga ada apa-apanya. Ya anggap aja itu  cara lain buat kita berempati. Merasakan  kalau di daerah terpencil sana,  yang belum tersentuh  putaran waktu yang sudah modern. Atau tidak bisa merasakan seutuhnya  jaman yang sudah  segitunya modern.

Share:

Sunday 24 January 2016

Tentang Mitos Memperbaiki Keturunan

Ehm,  judulnya cukup menggoda, ga?  Ahaha...  Gini deh, saya sederhanakan bahasanya, lebih simple. Kan suka ada tuh, anekdot  yang bilang kalau kita punya rencana  merit   (ini berlaku  buat yang masih 100% lajang, bukan  yang udah doouble  lho, ya). Mostly  alasan klasik  kepengen punya pasangan suami atau istri  yang cakep itu alasannya salah satunya ini,  perbaikan keturunan.

mitos perbaikan keturunan, masih banyak yang harus diluruskan
Faktanya  tampang yang cakep  ga cakep itu bukan soal turunan atau tanjakan (lho). Tapi bisa diusahakan, kok.  Jadi kalau ada yang bilang cakep  ga cakep  (meski yang begini ini relatif  juga sih ukurannya) itu tikudrat, dari sononya, bibitnya atau apalah,  ga jaminan 100% bener. Tergantung usaha dari orang tua, emak sama  bapaknya.  Bisa  jadi ortunya pada cakep trus emang  anaknya lucu menggemaskan, dan ya  bisa jadi  pas-pasan. Ga tega saya bilang ga cakep karena ya itu tadi, soal ini relatif :)
Share:

Thursday 21 January 2016

Yang Terkenang dari Lagunya KLa Project

Kemarin malam itu  saya  sebenarnya udah mau tidur  jam 23.   Kebiasaan saya menjelang tidur  matiin lampu,  dan  biarin radio  di kamar tetep  nyala.  Biasanya radio  yang saya setel  itu  radio K-Lite.  Pillihan lagu dari music  directornya pas banget  buat saya, buat pengantar tidur  hahaha. Iya lah daripada  lagu Nina Bobo  jaman kecil dulu.Nyuruh tidur kok  ngancem?  Simak aja liriknya, "Kalau tidak bobo digigit  nyamuk"

Faktanya, kalau kita lupa ga pake selimut atau  baju tidur  yang ga meng-cover  tangan sama kaki, tetep aja  mereka,para vampir betina ini dengan semena-mena  malakin darah  kita.  Ya, kan?  O,  ya kenapa vampir betina karena setahu saya cuma nyamuk betina  aja yang ngisap darah  mangsanya. Yang jantan? Mereka ga butuh. Malahan mereka lebih doyan madu, lho. serius.  Nah yang betina itu ngisap darah atas nama regenerasi, mempertahankan 'bangsanya' biar ga punah.

FYI, sebenarnya  mangsa utama mereka  itu adalah  kebo  atau tikus. Yang satu doyan berkubang di sawah,  satu lagi? Comberan, dong!  Jorse, alias jorok sekali, ya? Entah kenapa  lalu  mereka berpikir 'why not' lilhat manusia, mungkin packagingnya  lebih higienis  hahaaha... Deuh emang apaan?  Tetep aja ya orang mah  ada aja yang jorok :D
sumebr gambarnya KLa dari https://krishn4.files.wordpress.com
Share:

Wednesday 20 January 2016

Manfaat Minum Teh Chamomile Untuk Tubuh dan Kulit

Pernah merhatiin  ga beberapa iklan teh seduh yang wara-wiri di tv?  Pengamatan saya nih, biasanya iklan teh ini selalu bernuansa  yang santai,  rileks dan  bisanya ga jauh-jauh  dari suasana keluarga.  Kalau ditanya, sebenarnya buat saya  sensasi  ngeteh itu lebih dapet  feelnya ketika kita nyeduh teh (baik yang  serbuk atau sudah dikemas dalam tea bag) dibanding teh instan   dalam kemasan tetra pack atau botol  gitu.  Rasa orsinilnya lebih dapat,  meski ga pake pemanis.     

Ngomongin soal  manis  sebenarnya gampang, kok.  kalau ga berasa  ya tinggal bawa cermin aja trus minum tehnya sambil ngaca  hahaha  *narsis amat*

Nah beberapa waktu yang  lalu saya sempat  mengikuti  demo  peyajian teh  dari expertnya. Asik banget deh doi menyampaikannya sambil  menunjukkan alat-alat tea maker  yang ternyata banyak yang murah, lho. Mbak Ratna bukan cuma smart  berbagi cerita seputar tehnya itu, tapi juga dia sangat mencintai teh.  No wonder, udah cantik  kulitnya terlihat sehat. Bikin envy. Hasil yang  sepadan untuk hobi sehatnya itu.  Kalau  kepo cerita tentang beliau,  coba baca ini, ya

ngeteh yuk:)
Dibanding minum kopi, kebiasaan minum teh ini jauh lebih sehat. Sayangnya, kafe yang mengkhusukan menu teh juga susah nemunya. Kalau kafe  buat ngupi-ngupi cantik sih banyak. Gampang lah nyarinya. Masih banyak yang  nganggap kebiasaan  minum teh  ini ga ada gengsinya. 
Share:

Tuesday 19 January 2016

Lifull.id: Penyedia Informasi Properti Paling Lengkap di Indonesia

Masih  inget ga, pelajaran jaman  SD  atau SMP  dulu? Apa sih, tiga kebutuhan  pokok  yang  utama?  Sandang? Iyes, insya Allah terpenuhi, ya.  Pangan?  Ini juga  alhamdulillah,  kita makan tiap hari, kan?  Papan?  Ini juga sebenarnya tepenuhi,  terlepas dari apakah kita masih  nebeng sama ortu   buat para lajang, atau tinggal di Puri Mertua Indah bagi yang sudah menikah, atau bisa juga   ngontrak,  ngekos  atau  yang  udah mapan, tinggal di rumah sendiri, yeay, asik. Senangnya!

Di antara  tiga kebutuhan pokok  utama tadi,  urusan rumah  emang  yang termasuk ribet  dan  ehm, mihil.  Coba deh,  kalau ditanya kriteria  rumah yang dibutuhkan,  mostly kita semua pengen  dong punya rumah  yang strategis, jalannya di hotmix,  akses  yang mudah ke pusat kota, deket  ke pasar, sekolah, dan bebas  banjir. Masalahnya,  kebanyakan di soal budgetnya ga nyampe lah,  administrasinya  yang rempong    atau lokasinya  ga sesuai harapan. Fiuh!  Ini  yang  kebanyakan bikin nyesek. Lokasinya euy,  kok kayaknya jauh dari peradaban gitu.    Lama di jalan menuju rumah  itu bikin cape.
rumah model minimalis lagi  banyak peminatnya. credit:lifull.id
Share:

Monday 18 January 2016

Mencegah Bahaya Kecanduan Games Pada Anak

Engkau  kah itu anakku? Buah hatiku?

Kalimat  ini  kerap  diulang berkali-kali oleh Bunda Elly Risman dalam acara seminar Kiat-kiat  Memahami dan Melindungi Anak Dari Bahaya Dibalik  Kecanduan Games  yang diselenggarakan   oleh Kakatu tanggal 14  Januari 2015 di auditorium FK Unpad jalan Eyckman, Bandung.

Sebentar. Kamu kan, belum jadi parent, Fi?

Nah, itu,  karena saya  belum jadi parent, ilmu ini  penting  juga pake banget  buat saya yang masih lajang.  Ya,  bukan berarti  saya abai dong soal beginian. Ya, kan?  Tantangan dan masalah pengasuhan anak jaman saya kecil dulu dengan sekarang dan nanti  tentunya punya karakter  berbeda.  Kalau jaman kecil  dulu saya cuma kenal maen semacam bikin kue-kuean dari lumpur, maen boneka, petak umpek, gala asin dan permainan  lainnya. Sekarang?  Mainan yang umumnya dijumpai  digunakan oleh anak-anak  pasti enggak jauh-jauh dari gadget.
kenapa anak amin games?
Yaelah, Fi. Emang sebahaya apa sih gadget? Biasa  aja kali,  tuntutan  jaman sekarang kan  emang kudu melek gadget dan teknologi.  Ya, ga aneh  dong kalau anak-anak main games.

Share:

Saturday 16 January 2016

Menikmati Musik Jazzynya Maliq & D'Essential

Saya lagi pengen  bahas  musik lagi, nih.  Yuk ngobrol  di sini.    Sebenarnya  saya  ga punya preferensi  yang fanatik sama satu  penyanyi atau satu  band  yang dominan, karena setiap penyanyi yang kita suka pada dasarnya punya  karakter dan keunikannya masing-masing. Setuju? Tossss

Contohnya Maliq & D'Essential,nih.  Hayo, siapa  yang ga familiar sama band  yang personelnya mengusung unsur  jazz  ini? Saya yakin  banyak yang ngeh dan kalau ada yang ga mudeng, keterlaluan menurut  saya hehehe. 

Beneran deh, Angga cs ini asik banget bawain lagu-lagunya dengan unsur  jazz  yang   kental dan berasa banget di setiap lagunya. Apalagi  tiupan saxophonenya itu.  Eh kan, kalau ngomongin jazz , alirannya itu banyak  banget, ya?
Share:

Wednesday 13 January 2016

Resolusi 2016: Sehat dan Bebas Jerawat

Resolusi?  Errr bulan Januari di tahun 2016  ini sudah setengah jalan. Basi ga sih, kalau masih bahas resolusi?  Dipikir-pikir  resolusi  buat saya kok suka ga seindah rencana hehehe. Makanya suka bingung kalau ditanya apa resolusi. Duh,  apa atuh, ya?  Keinginan  mah banyak. Tapi cukup saya yang tau aja. Kalau kasih tau satu aja mah,  boleh deh.
" Salah satu resolusi   yang pengen dicapai  di tahun ini,  satu kata aja.  SEHAT".
Sebenarnya saya udah berusaha menjalani  pola hidup sehat  ini sejak pertengahan tahun kemarin ini. Cuma ya gitu, godaan yang datang kadang suka merayu saya  buat cheating.  Daaan godaan terbesar saya  adalah  makan makanan  yang masih mengandung MSG.  kalau di rumah sih iya, saya bisa tahan  ga pake  penyedap.  Paling bumbu masak cuma garam sama gula selain rempah-rempa semacam lengkuas, serai dan sebagainya.  Kalau di luar? Ya, gitu deh hehehe Eh tapi saya  jarang jajan di luar.  
contoh menu sehat. raw food is even more better
Share:

Sejasa.com Market Placenya Kebutuhan Jasa Terlengkap

Januari, bukan cuma bulan galaunya  ala Glen atau Gigi  yang ngehits dengan lagu masing-masing  mereka.  Coba deh kalau nyalain radio,  biasanya  dua lagu ini  banyak rikuesin buat diputer. Baper? Ya, jangan dong. Tapi kalau Januari gini  baper karena hujan, gimana?


Sedia payung sebelum hujan sih udah pasti. Biar baju ga basah saat terjebak hujan di jalan, minimal ga terlalu kuyp lah, ya. Masalahnya,  kalau  baju di rumah basah melulu karena susah kering, bisa bikin  senewen.  Jangan complain sama hujannya kalau ternyata  mesin cucinya yang  ngadat dan ternyata ga bisa ngeringinn baju secara maksimal.  



Nah, kalau yang gini  emang ngeselin, padahal  budget  buat beli  mesin baru belum sampai.  Solusinya  ya dibenerin dulu dong mesinnya. Ya, ga?

Sebenarnya  ada banyak pilihan jasa service mesin cuci  yang bisa kita cari di buku telepon. Cuma kayak cari jarum di jerami. Ya, ga sih?  Udah kesel lama nunggu karena  ga diangkat atau nomornya sibuk, tarif yang dikenakan kemahalan atau kitanya ga yakin.  Ini beneran bagus hasilnya? Gimana kalau ngadat lagi? Dilema deh.
Apa kebutuhanmu?


EVERYONE DESERVE THE BEST

Eits, yang ngeselin lagi ternyata setelah  nelfon ke sana ke mari,  abis pulsa dan abis waktu, ga deal soal harga,  ka-zet-el alias kzl eh keseeel.  Padahal time is money. 

Sebagai generasi  yang smart yang melek internet,   mestinya  urusan beginian  ga bikin kita  jadi baper (lagi). Rekomedasi jasa perbaikan mesin cuci  atau  sejenisnya  bisa kita cari dengan mengakses. Sejasa.com yang memberi referensi  untuk mendapatkan  penyedia jasa profesional sesuai kebutuhan.  Hmmm, menarik, kan?



TEMUKAN PENYEDIA JASA TERBAIK LEBIH MUDAH DI  SEJASA.COM 



Makanya, seperti yang udah saya bilang untuk menghemat waktu dan biaya, kitik-kitikin Om Google  jadi pilihan  lebih mudah untuk urusan seperti ini.  Sejasa.com adalah marketplace khusus jasa, yang nantinya akan membantu kita mencari penyedia jasa terpercaya dan profesional di Indonesia. Selain referensi  jasa yang profesional, kita juga bisa mendapatkan informasi lainnya untuk budget yang diperlukan misalnya. Jadi ga berasa sperti dirampok karena  ternyata fee yang diminta kemihilan  :D 



Pssst...  bukan urusan  mesin cuci atau service barang rusak lainnya. Dengan membuka marketplacenya sejasa.com  kita juga bisa menemukan layanan jasa lainnya seperti renovasi rumah,  mencari jagonya desain interior,  ke mana cari katering yang enak dan ehm... murah, jasa fotografi pernikahan yang super kece dan bikin kenangan hari bahagia semakin  dalem #eaaa, dan masih banyak lagi jasa lainnya.  Tuh,  bisa dibilang onestop service all in  here.  



Coba deh jasa apa sih, yang sekarang lagi dibutuhkan? Kunjungi Sejasa.com, cari penyedia jasa sesuai kebutuhan di kategori yang tersedia. Nantinya kita akan mendapatkan list berisi  rekomendasi penyedia jasa profesional  yang pastinya terdekat dengn posisi kita berada. Ada di Bandung dan cari jasa perbaikan rumah? Ya berarti  sistem akan menginformasikan penyedia jasa yang ada di Bandung.


Setelah itu  jangan lupa untuk mengisi  form yang sudah disediakan. Isi deh data-data yang diminta dan detil masalah yang pengen dibereskan, alamat rumah  atau kantor, dan asiknya kita bisa janjian lho, kapan  si penyedia jasa datang ke rumah.  Kalau mau lebih komplit keterangannya, bisa tuh kita unggah foto. Misalnya sudut rumah atau peralatn yang rusak.  Tunggu sebentar. Selang beberapa jam kemudian, kita bakal notifikasi  yang berisi respon dan  perkiraan biaya yang diperlukan untuk perbaikan yang kita ajukan tadi dari beberapa penyedia jasa. Tinggal pilih  mana yang penwarannya paling klik atau kita sukai. Asik, ya lebih rapi dan terencana. Dari segi waktu sampai budget. 

isi  formnya buat detil pengerjaan

Eh sebentar, murah sih murah. Tapi gimana soal kualitas hasil pengerjaan mereka? Hohoho... kalem. Vendor jasa  yang tergabung di sejasa.com  juga punya semacam portofolionya di akun mereka.  Sok mangga,  kepoin contoh hasil pengerjaan mereka, review dari klien yang udah merasakan hasil sampai ngobrol-ngobrol dulu pengerjaan di halaman profilnya mereka. Kalau udah oke, langsung deh pilih tombol penawaran, nantinya kita akan ditelpon  oleh penyedia jasa atau kita  yang yang duluan memesan. 



Setiap pemesanan jasa, hasilnya bisa kita lihat  di dashboard Sejasa.com. Untuk respon yang berhasil, nantinya  juga dikirmkan pemberitahuannya  via email



JANGAN LUPA RATENYA 

Nah, setelah penyedia jasa datangke rumah dan membereskan masalah yang kita keluhkan,  jangan lupa ya untuk ngasih rate atau review.   Berikan review  untuk kualitas pelayanan,  ketepatan waktu  dan poin lainnya yang tersedia form yang sudah disediakan. Seperti ini tampilannya. 



Review dengan memberi bintang 5  diberikan untuk rate terbaik.  Ga harus sama persis, kok. Misalnya ketepatan waktunya  kita kasih 5 bintang,  pelayanannyaa  4 bintang, harganya 5 bintang dan untuk kualitasnya  4 bintang saja.

review pelanggan sejasa.com memberi referensi layanan terbaik


Selain untuk pencari jasa perbaikan, Sejasa.com juga membantu  penyedia jasa profesional, untuk mendapatkan pelanggan baru, menyampaikan penawaran harga  dengan cepat dan mudah agar penyedia jasa semakin femes dan nambah pelanggannya.



So, sebagai user atau provider jasa, situs Sejasa.com emang partner yang cocok untuk mempertemukan dua pihak yang saling membutuhkan. Eaaaa  ^-^

Share:

Sunday 10 January 2016

Mona Lisa dan Rahasia Senyum

Pernah liat  lukisan Monalisa yang katanya lagi senyum? Dan pasti pernah juga dong  lihat poster filmnya  Julia Roberts  buat filmnya  Monalisa  Smile.  Sekarang saya tanya dong,  senyum siapa yang paling cantik?
Siapa yang lebih Cantik?
Kalau menurut saya sih cantikkan Julia Roberts. Setuju, ga? Siang tadi, penyiar  radio  yang lagi saya dengerin  muterin  lagunya band klasik, Bad English. When I See you smile.  Makanya saya jadi pengen bahas soal ini.

Share:

Friday 8 January 2016

7 Wonders OPPO R7s: 7 Alasan Kenapa R7s Keren

Tahun 2016 ini  sudah punya resolusi belum?   Belum? Masa sih? Ah,  jangan dibawa  susah,  resolusinya yang gampang aja Misalnya punya gadget  baru  hehehe....     Ya sih,  gadget  lama masih oke, masih  perform  well. Tapi  to be honest,  suka envy ga sih kalau liat  iklan gadget baru  yang spesifikasinya kece sekece-kecenya.  


Kayak HP OPPO  ini.  Baru aja  menjelang akhir tahun kemarin saya dikasih kesempatan  test  drive  (cuma on the spot, ga boleh dibawa balik hiks hiks) OPPO  Neo  7  di 90 kafe  Gourmet. Ponsel pintar  yang punya brand ambassador  cantik Isyana Sarasvati  ini  dengan  nyebelinnya ngeluarin  produk anyarnya,  R7s  yang keren itu. Gimana ga sebel coba? Saya jadi naksir berat soalnya.
7 Wonders Oppo 
Belum terkumpul  budget  buat memiliki (halah bahasanya itu), saya kepoin reviewnya di internet. Ah belum puas kalau belum sempat megang. Makanya saya samperin aja tuh showroomnya OPPO yang ada di BEC, jalan Purnawarman Bandung. Aa/teteh yang ada di sana ngijinin buat colekin-colekin  R7s  yang ternyata  udah nungguin saya  *ih geer*
Share:

Wednesday 6 January 2016

Ide Ngeblog Ketika Blank atau Gagal Fokus

Postingan  ini sih sebenarnya  ditujukan  buat  saya.  Suka ada aja deh  ngalamin ketika  semangat mau posting  atau update  blog  lalu begitu  layar terkembang  eh terpampang  tiba-tiba.... BLANK!  Cuma menatap  bengong dia  yang ada di depan mata  (layar maksudnya). What can I write?
Pernah ngalamin kan?
"Padahal  tab  sosmed sudah klik silang. Posisi HP udah dibalikin, Notif  BBM, dan WA di-silent.  Tetep  aja clueless"
Pernah ngalamin  ini?  Ah pernah lah... cari teman niiih  :D.

Share:

Monday 4 January 2016

Fakta dan Mitos Seputar Menstruasi

Pernah denger ada  yang  ngomong gini, gak?

Ada  yang  percaya  sama 'gosip' eh mitos  kayak  gitu, ga? Saya  enggak. Simple  aja sih, semisal aturan jangan  keramas pas lagi mens. Duh, iya  kalau mensnya cuma 5  hari, misalnya. Masih woles  ga keramas. Secara tuh,  setiap orang itu kan beda banget  durasi menstruasinya. Kalau udah seminggu  mensnya belum  beres,  apa iya  keramasnya kudu ditunda? Kebayang ga sih itu ketombe  semakin merajalela  di kepala?  Hiiiy, gatel!

Dan mitos  yang bilang  kalau  mensnya telat  itu injek aja yang lagi mens  juga menyesatkan.  Saya pernah  tuh kakinya diinjekin sama temen yang mensnya telat, katanya  dia telat dan nginjek  kaki saya biar nular. Untungnya waktu itu  saya diinjek pake  sepatu flat, bukan high heel :D Sakitnya itu  di sini Jendral!  *nunjuk  kaki*

Errr....  mata kuliah yang saya pelajari waktu kuliah dulu  emang jurusan ekonomi, jauh banget deh sama urusan beginian. Tapi saya mikirnya cetek, itu nyambung di sebelah mananya? 


Jangan Lupa Dicatet
Setau saya, yang namanya siklus mens  setiap  orang beda-beda. Ada  yang  jarak mens  sekarang ke ke mens berikutnya pas  30 hari  atau  25 hari.  Jadi jangan panik dulu  kalau jadwal  kita ga sama. Biarr ga pusing, better  kapan kita mens dan kapan selesai  dicatet aja. Bisa nandain tanggal di kalender , tapi ini ribet  sih menurut  saya.  

Coba deh manfaatin gadgetnya. Cari aplikasi  untuk menghitung jadwal  mens kayak  yang saya install  ini.  Jadi setiap kita mens, tandain aja tanggal hari pertama dan hari terakhir. Nanti, si aplikasinya akan memprediksi bulan depan, kira-kira kapan kita dapat  mens?  Dulu  saya suka ngandelin ingatan  dan sukses  terlupakan hehehe. Makanya pas adik saya  udah mens  dan saya belum, suka panik. Tapi  itu dulu, sih. Sekarang saya  woles aja, tinggal lirik aplikasi dan emang beneran pas waktunya  dapet ya dapet.
ilustrasi  prediksi  periode menstruasi
Pertanyaan berikutnya kalau ditanya  kenapa mens bisa telat? ada faktor lain yang memicunya. Bisa karena stress, faktor hormonal, cape atau sakit.  Saya pernah tuh ngalamin telat sebulan dan bikin saya stres.  Kalau udah merit mah itu kan salah satu kemungkinan  punya  junior di dalam rahimnya. Lah,  buat yang belum merit, kan ga gitu. Panik dong, saya.  Jangan-jangan, ada indikasi  lagi sakit atau gangguan apa, gitu. Sempat gentar mau curhat ke Mama Dedeh, eh bukan  ke dokter.  FYI, sebelumnya saya pernah mengalami  kista dan sudah dinyatakan bersih.  Kok bisa ya , mensnya terganggu lagi?  

Dari penjelasan dokter, bisa juga ini diakibatkan  masalah anti aging.  Iya, catet, anti aging itu bukan cuma kulit keriput yang datang sebelum waktunya, kusam  dan masalah lainnya.  

Baca  deh soal anti aging  di postingan saya :  Kita Semua Adalah Korban Iklan 

Akhirnya  saya emang periode  bulanan saya lancar lagi,  itu pun saya tetap menjaga pola makan yang sehat. Meskipun belum sepenuhnya  makan yang sehat, kadang masih suka makan gorengan, misalnya  :D   

Masih seperti  yang dibilang dokter  tempat saya curhat soal kesehatan itu. Cantik  mah bonus.  Yang penting, perhatikan dulu kesehatan. 


So, beberapa  hal yang harus diperhatikan kalau sedang masanya  menstruasi adalah beberapa  hal berikut:
  • Rajin mengganti pembalut
  • Selalu membawa pembalut cadangan kalau berpergian atau simpan di di laci meja kerja  biar ga panik. Repot kan kalau tiba-tiba 'dapet' pas di kantor dan harus ke luar dulu  nyari ke warung atau supermarket terdekat.    
  • Tetep rajin minum  meski  konsekuensinya  kalau banyak  minum bawaannya jadi sering bolak balik  ke toilet. Biasanya  pas mens kita tuh paling males  buat pipis, ya. Eh tapi  nahan pipis  itu ga sehat, lho.
  • Tidur cukup itu perlu.  Jadi kalau  malamnya kurang tidur, ya jangan merasa bersalah buat mengompensasikannya dengan tidur  siang, asal  jangan kebablasan dan catet  ini, jangan tidur siang di kantor  kalau ga mau kena SP  :)
  • Selama mens  sebenarnya ga masalah buat berolahraga. Setiap orang punya  batasan sekuat apa dia berolahraga. Jadi ga bisa disama-rasa dan disamaratakan  kayak yang dianut kaum sosialis (deuh ini  quote  temen kerja saya dulu yang selalu terngiang).  Eh tapi jujur, saya itu paling pemalas  kalau disuruh olahraga  :D 

Swing Mood : Fakta atau Mitos
Ga tau  juga sih ini sebenarnya fakta atau mitos.  Ada pro  kontra soal ini.  Kalau pengalaman saya, bad mood  ga cuma dialami pas lagi kedatanga tamu bulanan  ini.  Kadang  pas masanya, saya happy-happy aja.  Kadang  juga saya bisa uring-uringan.  Bisa ya, bisa enggak.  Entahlah.  Tapi saya pernah tuh pas  lagi kebetulan dapat dan ada yang bikin saya kesel.  Mama saya  heran, "Kamu kenapa jadi moody,  gini?"

Dan karena males  cerita,  saya dengan entengnya  bilang "Duh, Mama, please ngerti dong,   lagi 'dapet', nih."

Tau ga, apa jawaban  mama saya?  

"Enggak ah, Mama ga percaya."

Hehehe...   Tapi  mama  waktu itu ga maksa buat cerita.  Akhirnya  emang mood saya balik lagi seperti biasa, sih. 

Kalau  lagi  bete atau ujug-ujug  ga puguh perasaan dan bawaannya pengen ngambek, coba deh  ambil jeda sebentar. Berhubung  kalau  yang muslim ga bisa salat  pas lagi mens,  coba ngaji  (ada juga yang berpendapat  ga boleh ngaji kalau lagi mens),  dzikir, ngambil makanan  atau minuman  yang bisa nge-boost mood jadi happy seperti cokelat, misalnya. Atau  cari sesuatu  yang bisa bikin kita  ketawa,  atau minimal senyum. Liat meme lucu di IG,  becanda sama temen atau nonton video stand-up comedy di youtube  misalnya.




Share:

Friday 1 January 2016

Kuliner Kedai Ketan Susu Cilandak, Durennya Beda

"Mbak,  dirimu santai,  kan?"  tanya Mbak  Avy  waktu ber-WA  ria dengan saya.    
"Kenapa emang, Mbak?"
"Anu,  habis  Kompasianival nanti kita kulineran,  yuk?"

Nah,catet.  Kalau orang  Jakarta  banyak  yang kulineran  di Bandung pas akhir pekan atau liburan seperti sekarang,  ajakan   Mbak Avy bisa  dibilang  anti mainstream  juga.  Selain emang santai, kapan lagi coba? Apalagi ada Mbak Ika  yang bersedia  jadi guide  buat saya  dan Bang Aswi  Kompasianer  Bandung  serta  Mbak Avy, Mas Nuzulul, Mas Arif dan istrinya  Mbak Afifah  buat jalan-jalan di Jakarta.  Macetnya Jakarta di  hari weekday  apalagi senin  kami abaikan.  

Setelah melepas lelah di hotel Nite and Day di kawasan Roxy, sekitar  jam 10 pagi  kami dijemput oleh Mbak Kartina Ika Sari  untuk memulai petualangan kuliner hari itu. Sebenarnya  hari itu  kami punya 2 destinasi  kulineran saja (saja?).  Macet  dan jarak dari satu tempat ke tempat lain yang cukup jauh ditambah padatnya jalanan, dua tujuan wiskul  kami sudah cukup. Lagipula   menu yang  kami nikmati  hari  itu lebih dari  cukup  untuk  membatalkan rencana diet. Itu belum dihitung  dengan sarapn kami pagi itu di hotel, lho.  Camkan ini,  Kalau mau kulineran, abaikan rencana diet  :D
Halaman luar  Ketan Susu  yang hommy 
Share: