Monday 29 February 2016

Yang Terjadi di Tanggal 29 Februari

Ada  yang lagi ultah di tanggal  29  Februari?  Meski momennya langka, cuma  kejadian  4 tahun sekali tetep ya umur mah nambah.  Penanggalan  kalender dengan sistem  Gregorian  yang mengacu pada perputaran bumi mengelilingi matahari dalam setahun sebenarnya enggak benar-benar  genap 365 hari dalam  setahun. Ternyata ada buntutnya, Ada lebih sekian jam dan baru pas  diitung satu hari kalau sudah diakumulasikan selama  4 tahun mendatang.

Sebenarnya  enggak pas 24  jam. Ada kurang sekitar  45 menit  gitu.  But anyway, akhirnya  setiap 4 tahun ini, penanggalan kalender  dapat  'bonus' 1 hari.   Masih inget lah ya,  meski rada samar.  Soal  ini pernah diajarkan di pelajaran IPA jaman SD atau SMP dulu.

http://www.catatan-efi.com/2016/02/yang-terjadi-di-tanggal-29-februari.html
ada yang ultah di tanggal ini? hepi besdey, yak!
Share:

Sunday 28 February 2016

Menikmati Daging Domba Muda Ala Porto Resto

Biasanya  menjelang waktu makan siang,  jalanan Bandung  di akhir pekan lumayan ramai lancar. Kalau lagi rada apes ya agak tersendat. Iya, saya bilang apes  kalau lagi buru-buru  dan ternyata  terjebak kemacetan.  Ya, mau gimana lagi?  Nikmati aja lah, ya.  Toh misuh-misuh, ngegrundel  atau mencet klakson selama mungkin juga ga bakal membuat  kemacetan jadi cair. Yang ada malah dileletin sambil dipelototin  kanan kiri, depan, belakang dengan tatapan sesebal-sebalnya.  Blessing in disguise  sih menurut saya. Ada  berkah  buat para  pebisnis kuliner, factory outlet  atau pengelola  wahana wisata  kalau Bandung lagi rame-ramenya dijejali  wisatawan, terutama pas long weekend. 

Tapi siang tadi,  Bandung yang mendadak romantis setelah  tanahnya membasah diguyur hujan membuat arus jalanan tidak semacet  biasanya.  Jalan Setiabudi  yang biasanya cukup  padat ga terasa  seperti  lagi weekend.  Mungkin dinginya  hujan membuat para turis lokal dan interlokal  lebih senang kruntelan dulu sampai  terik  matahari sedikit  menghangatkan  Bandung.  
http://www.catatan-efi.com/2016/02/menikmati-daging-domba-muda-ala-porto.html
Wefie  dulu sambil nunggu  pesanan. Anyway, we  were work  at  the same place 
Makanya pas sampai  ke Porto Resto  siang tadi pun, saya bareng temen saya, teh Imas cuma perlu sekitar 5 menit saja dari Gegerkalong.  Dari dulu saya ngajakin  belio maen ke sini  baru kesampaian sekarang.  Abis, masing-masing sibuk.  Giliran  dua-duanya bisa, ada aja keperluan lain  yang bikin rencana tertunda.  So, this is the time :)  

Share:

Thursday 25 February 2016

5 Hal Pengaturan Finansial Untuk Freelancer

Buat  sebagian orang,  bekerja terikat  apalagi  dengan  ritme kerja atau aturan  perusahaan  yang terasa ribet  bisa bikin ga betah atau ga produktif.  Ga berarti semua  yang  kerja lepas  atau freelancer punya alasan ini, sih. Faktor  usia karena   batasan umur  juga bisa jadi salah satu aalsannya. Banyak kok, ibu  rumah tangga  yang masih bekerja dengan cara ini.   Yang penting laporan beres sebelum deadline yang sudah ditentukan.   Ga sedikit  freelancer yang mulai menggarap pekerjaannya  di malam hari.  Semacam mahluk nocturnal kah? Hehehe...  Saya kadang gitu,  beresin kerjaan pada saat sore atau malam  hari.  

Namanya juga freelancer. Dia bisa milih pekerjaan  yang ditawarkan kepadanya.  Ada yang memang  mendapatkannya secara reguler  atau berkala.  Tapi yang paling kentara dari seorang freelancer   biasanya adalah dari  besaran angka pendapatan yang didapatkannya. Bisa jadi bulan ini dapat fee  lebih besar dari bulan sebelumnya karena kebanjiran (((banjir)))  proyek. Eh tapi  nih, ga jarang  juga kalau pendapatan yang  diterimanya  lebih kecil.   Selain memang  pendapatannya naik turun,  dia juga  bakal dapat  bayaran kalau bayarannya udah beres.  Sebenarnya  sih yang ini  juga sama kayak karyawan kantoran, ya? Coba  deh,  yang  baru masuk kerja, dia kan baru dapat  bayaran  setelah satu bulan kerja. Cuma enaknya  sih - sepanjang pengalaman saya  jadi freelancer -  hubungan dengan  pemberi job seperti klien  jadi ga seperti  bos/atasan dengan karyawan.   Lebih enak.  Soal fee dari proyek  yang ditawarkan bisa  dinegosiasikan. 
Share:

Tuesday 23 February 2016

Jangan Lewatkan 7 Langkah Ini Setelah Update Blog

Berapa kali sih,  frekuensi kalian ngeblog dalam seminggu? Setiap hari? Seminggu dua kali  seminggu tiga kali atau seminggu sekali saja?
http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html
Jangan Lewatkan 7 Langkah Ini Setelah Update Blog
Well, berapa kali pun  ngeblog dalam seminggu, pastinya bukan cuma klik publish, lalu shut down laptop/komputer atau gadget lainnya yang dipakai  kan? Ya, kecuali batrenya keburu abis dan lupa ga bawa adaptor laptop alias charger. Kan bisa tuh, sebenarnya ngeblog dari hp. Ga harus panjang kali lebar  sih. Pegel  soalnya  :D
Share:

Monday 22 February 2016

Belanja di Akhir Bulan?

Tanggal berapa sekarang? Ah, iya. 22.  Tanggal tua  hehehe.  Ya buat sebagian orang sih, mungkin ga ngaruh.  Bisa jadi  emang  uangnya banyak  (((banyak)))  atau  emang tanggal gajiannya beda dari yang lain.  Yang lain tanggal  1 atau akhir  bulan,  ini mah gajiannya tanggal  belasan, misalnya. Atau  bisa jadi  sebenarnya dapat  jadwal gajian di tanggal yang standar itu  eh tapi pertengahan bulan kemarin dapat  arisan atau pencairan hadiah, misalnya.  Wohooo asiiik, ya!
http://www.catatan-efi.com/2016/02/belanja-di-akhir-bulan.html
tanggal tua = bokek??
Eh pernah ngalamin  dong tanggal-tanggal cekak, alias  bokek.  Buat bertahan sampai  gajian nanti salah satunya harus ngirit. Sebisa mungkin  sih  ga ngutang  biar  nanti terima  uangnya utuh.  Ya, ga? Rasanya sukagimana gitu  gajinya ga terima utuh.  Eh tapih utang mah  kudu dibayar, atuh.

Share:

Friday 19 February 2016

Ini Dia 5 Kelebihan Belanja Secara Online

Belanja  online? Ah siapa sih, yang  yang  ga pernah?  Pastinya pernah dong. Minimal sekali  aja.

Dulu nih, ya, biasanya tuh  kita belanja produk   atau barang tertentu secara online di mbaknya satau mbak sis  di akun FB.  Iya kalau kita beneran butuh, lah kalau ujug-ujug ditag  dan bejibun kan kzl, alias kesel. Sekarang  mayoritas  dari  olshoper  sih udah pada hijrah ke akun  instagram. Yang masih nyepam ujug-ujug promo  jualannya  juga  masih ada. Tapi  bisanya yang kena itu akun seleb.  Yang bukan seleb bersyukurlah, ga direcokin spam  jualan gitu muehehe... See? selalu ada sisi baiknya dari sesuatu  hal, kan? Eh tapi sebenarnya kalau butuh bakalan tetep dicari, kok.  
Ini Dia 5 Kelebihan Belanja Secara Online 

Share:

Rabu Review: Blog Duo R Blogger Bandung

Ada yang baru dari programnya  Blogger Bdg, nih.  Tentu saja bukan  blogger  yang dikemas dalam botol yang udah jadi ekstrak  gitu  :D.   *Naon sih?*

Jadi gini 
Mulai Februari  2016  ini ada program  Rabu Review.  Jangan heran  kalau nantinya lihat  postingan para blogger  Bandung yang ngereview blog anggota  Blogger  Bdg.  Ga usah ragu lagi itu pasti lagi ikutan program ini.  Dalam rentang waktu  2 minggu sekali atau sebulan sekali akan dipilih  2 blog yang akan direview.  Reviewnya  suka-suka,  mau dari sisi  apa aja asal  jangan dari sisi  jalan apa lagi sambil  buka gadget  :D.  

http://www.catatan-efi.com/2016/02/rabu-review-blog-duo-r-blogger-bandung.html
rabu review di blogger Bandung
Daaan  jeng  jeng  jeng.... ini dia  dua  blog terpilih  yang direview.
Share:

Wednesday 17 February 2016

Moral Story dari Film The Pursuit of Happyness

Saya lagi pengen ngomongin film lagi. Film barat dan sayangnya  udah  jadul hehehe. Eh tapi jangan langsung cuss aja. Saya yakin film ini banyak yang sepakat  punya moral story yang keren. Lebih kerennya lagi bersih dari sisipan adegan  dewasa.  Keren, lah. Ga bikin risih atau siap-siap tombol FF buat skip  scene tertentu.
Jadi nih saya  pengen ngobrolin film The Pursuit of Happyness.  Kita sepakati dulu kalau tulisan saya ini  bukan review seperti film lainnya yang pernah saya tulis. Pertama karena udah jadul (rilis tahun 2006-2007) dan bakal banyak spoilnya  (boleh dong, ya hehehe). Yang kedua, saya bakal lebih ngebahas  pesan film itu. Ya,  sudut pandang saya yang simpel aja. sih. Ga terlalu berat.  Apalagi saya  belum pengalaman  jadi orangtua (((orangtua))).  Lebih banyak  yang berkompeten buat ngebahas soal ini. But anyway,  once more, ini sudut pandang saya yang sederhana. Mari  berdiskusi dengan santai, ya.
http://www.catatan-efi.com/2016/02/moral-story-dari-film-the-pursuit-of-happyness.html
credit: sonypictures.com
Share:

Monday 15 February 2016

Berbagi Ilmu dan Ceria di Ur Flavor Market

Ngomongin Bandung  emang ga pernah jauh-jauh dari yang namanya  kulineran.  Enggak di pusat kota sampai  pelosok,  yang  di tengah kota  atau yang nyempil, di mall,  pujasera  atau  pinggir jalan sekali pun, gampang banget nemuin jajanan khas Bandung yang rasanya bisa ngalahin mantan, susah dilupakan! Hahaha.. Coba aja,  deh pasti pengen datengin lagi dan nyicipin lagi. Sama mantan kan belum tentu, Bisa jadi malah ada yang gedek  (ini ngomong apaan, sih?).
http://www.catatan-efi.com/2016/02/berbagi-ilmu-dan-ceria-di-ur-flavormarket.html
free entry masuknya nah cicipin makanannya mah bayar, ya 
Kayak event kemarin yang baru aja udahan, nih. Ada event Ur Flavor Market  yang digelar di halaman luar Trans Studio Mall.
http://www.catatan-efi.com/2016/02/berbagi-ilmu-dan-ceria-di-ur-flavormarket.html
kemeriahan acara lainnya
Event yang melibatkan  40an tenant selama 5  hari - dimulai tanggal 10 sampai dengan 14 Februari  2016 - ini ternyata menyedot banyak animo pengunjung. Bukan hanya diramaikan  oleh tenant-tenant  yang menyajikan berbagai  menu andalannya saja, lho.  
Share:

Saturday 13 February 2016

Yang Unik dan Menarik dari Kaos Gurita

Sumpah, Aku Blogger.

Ah pasti udah familiar  kalau sama kata-kata ini.  Hayooo, pernah lihat  atau baca di mana? 

Di dadamuuu  kakak!  *mulai lebay*

Eh tapi  ga salah-salah amat  kok. Emang kaos ini ngehits  banget  buat kalangan  blogger. Semacam jersey wajib. Kayaknya  jangan ngaku jadi blogger  kalau ga punya kaos  ini  huehehehe....   *ini promosi kok kayak maksa?*
http://www.catatan-efi.com/2016/02/yang-unik-dan-menarik-dari-kaosgurita.html
Narsis di spot yang kece. foto:Nchie Hanie
Soalnya  kalau ketemu temen-temen blogger  hampir semuanya pernah pake kaos  ini dan ujung-ujungnya  yang belum punya bakal nanya.  "Beli di mana?"

Kaos Gurita
Share:

Thursday 11 February 2016

Wednesday 10 February 2016

Mencicipi Smoothie dan Pesto di Pasar Sehat

Kalau tidak ditag Aliya  di  akun instagram, mungkin saya ga ngeh ada acara  Pasar Sehat ini.  Anak-anak Bandung yang kreatif  selalu punya banyak acara yang digelar,  entah di weekday atau weekend.  Kadang sayannya sibuk (((sibuk)))  atau memang ga tau ada acara  seru  yang digelar.  

Lucky me, pas  akhir pekan kemarin itu saya lagi free  dan asiknya lagi acara ini menarik minat.  Jadilah hari itu pergi ke TKP. nebeng  bapak saya  yang mau nengok saudara , kebetulan satu arah pula.  
Suasana stand di acara Pasar Sehat

Share:

Monday 8 February 2016

Mitos Diet Yang Menyesatkan

Tanda-tanda  kegemukan buat sebagian orang memang bikin  siaga. Ada yang memang karena fakor pertimbangan penampilan atau medis. Setau saya,  yang namanya masalah gizi itu  cuma satu, kurang gizi.  Ga ada itu yang namanya  kelebihan gizi, kecuali  overweight atau obesitas.  Nah, masalah ini jadi pintu masuknya penyakit. Let say gula  atau kolesterol. Eh tapi  ga berarti yang kurus  itu ga bermasalah dengan kolesterol, lho.


Beberapa hal tanda-tanda fisik yang membuat kita  merasa risi dengan penampilan,  kadang bikin kita gemes atau minder adalah tanda-tanda kalau kita ga langsing. Pipi chubby lah, perut mancung lah, lingkar pinggang  yang lebar lah,  dan paha yang semakin berisi. Pernah atau lagi ngalamin ini?  Saya suka rada  panik kalau pas ngaca lihat pipi jadi berisi, meski kata orang bagusan sekarang lebih seger.  Eh tapi  jujur saja, saya pengen pipinya rada tirusan hihihi...   
Share:

Friday 5 February 2016

Tips Desain Rumah Bergaya Minimalis

Ngomongin soal rumah minimalis, sebenarnya  bukan soal tren atau pertimbangan harga saja. Rumah yang desainnya simple ini  juga cocok buat orang  yang ga suka ribet (atau males bres-beres? Kayak saya hehehe). Rumah dengan gaya ini  memang ga perlu banyak perabotan. Bahkan sekat antar ruang pun tidak harus dibatasi dengan tembok yang malah memberi kesan sempit. Justru ciri khas dari rumah minimalis  adalah ruangan  yang tidak penuh sesak dengan tumpukan  furnitur atau itu tadi, pembatas ruang.

Apalagi nih, buat yang tinggal di kota-kota besar, rumah  minimalis adalah pilihan yang cocok. Menghabiskan lebih banyak waktu di luar, sampai ke rumah, kan, pengennya istirahat dengan ngobrol cantik bersama keluarga, nonto tv atau tarik selimut saat mata terasa mulai kriyep-kriyep. That simple, ga perlu ruang  di dalam rumah yang terlalu luas, selama masih terasa nyaman.
Rumah minimalis pun tetap terlihat apik kalau tahu trik desainnya
Banyak lho  rumah dijual di Jakarta bergaya minimalis yang ditawarkan.  Tapi kalau tidak tinggal di Jakarta sih ga usah repot-repot datang kalau cuma buat dapat contekan gimana sih baiknya mendesain  eksterior atau interior rumah  yang  pas dan nyaman. Ya udah, di sini aja, tetep di blog saya (kok kayak nyontek quotenya Sule di acara tv itu, ya? :D)
Share:

Aach Aku Jatuh Cinta : Rumi Gokil Versi Retro

"Yulia, perpisahan itu biasa. Menjadi sendiri itu juga biasa, mati juga sendiri.  Nanti kalau kamu dewasa kamu akan mengerti."
 Itu yang dibilang oleh ibunya Yulia  (Annisa Hetami) saat  berusaha menguatkan  puteri semata wayangnya Yulia  (PevitaPearce) yang terlihat rapuh.  Ditinggal ayahnya yang seorang bule Belanda, hidup semakin terasa sulit  arena perubahan jaman yang semakin modern. Suka atau tidak, mereka  harus  berusaha tetap bertahan.  Yuk ah, bahas film lagi, film  Indonesia pula.

Judul Film : Aach Aku Jatuh Cinta
Sutradara  : Garin Nugroho
Produksi    : Multision Plus 
Premier     : 4 Februari 2016
Casting     : Chicco Jerikho, Pevita Pearce, Annisa Hertami,Nova Eliza
Genre        : Komedi  Romantis
credit:tabloidvova.com
Share:

Thursday 4 February 2016

Tips Merenovasi Rumah Dengan Biaya Irit

Pernah dengar istilah depresiasi? Ah bukan depresi beda, lho.   Kalau pernah kuliah di  fakultas ekonomi  atau  pernah belajar akuntansi,  mestinya istilah ini sedikitnya rada samar-samar inget.  Hayo, pernah belajar akuntansi? Kecuali tanah, biasanya  nilai aset itu akan mengalami  penurunan nilai.  Meskipun  yang namanya properti seperti  rumah nilainya secara umum meningkat dari tahun ke tahun, kalau enggak dirawat mah, ya penampakannya jad ga asik.  Ga akan ada yang lirik atau naksir kalau dijual, lho. atau kalau pun laku,  nilainya akan turun. Lah, emang cuma orang aja yang perlu perawatan?  Rumah juga, dong.
jangan tunggu renovasi rumah sampai parah seperti ini
Kalau rumah udah lama  ga dirawat, selain jadi terlihat spooky karena banyak debu, jadi rumahnya spiderman  eh maksudnya sarang laba-laba :D,  juga kerusakan lain seperti kebocoran. Duh, siapa juga sih, yang nyaman tidur  kalau tiba-tiba ada tampias air  yang netes di atas tempat tidur kita? Gimana mau nyenyak tidur atau minimal leyeh-leyeh meski air yang jatuh meskipun itu cuma tetes-tetes kecil? Gegana deh jadinya, gelisah galau dan merana *mulai lebay*.  Kalau dibiarkan bisa-bisa tambah parah kerusakannya.  Padahal  rumah yang nyaman itu kan harusnya membuat kita merasa nyaman terlindung dari cuaca  luar. Terasa sejuk dan adem saat terik menyengat atau hangat  saat jarum-jarum bening semakin menderas di luar sana.   

Share:

Launching Buku Sang Pewaris Hujan

Menunggu itu .... emmm memang perlu kesabaran.  Sejam? Dua jam?  Gimana  kalau nunggunya 4-5 tahun? 

Eh ini tentang apaan sih?

Hehehe.... selow. Bukan tentang  sang kekasih hati, kok  *uhuk*  Ya meski  memang yang saya tunggu  ini  memang membuat saya cinta. Tapi ga sembaran cinta juga.  Plis deh, jangan  mikir kemana-mana,  di sini  aja  *makin ngawur*

Saya mau cerita launching buku  Muhammad 3, Sang Pewaris Hujan. Nah,  mudeng, kan? Hayooo, siapa lagi yang lagi nungguin sequelnya?  Kan nunggunya  5 tahunan ini. Ada yang nungguin lanjutan novel bergenre sejarah  ini dari  masa  bocah SD  sampai mau lulus SMA, lho.   What a time!
biar tebel gini cepet lho dibacanya
To be honest,  kalau ditanya tentang sejarah itu saya paling males banget lah. Paling sebel kalau ditanya kronologi, detil perjanjian ini dan itu, apa, siapa, di mana dan apalah yang  bikin males belajar sejarah  kalau ditanya soal  kayak gitu, ya? Lah ulang tahun teman sekelas  aja ga inget.  Ultah saudara juga belum tentu hafal semua. Ya,kan? Padahal  belajar sejarah kalau cuma soal angka-angka cuma  bikin bosen.
Share:

Tuesday 2 February 2016

Investasi Rumah Untuk Masa Depan

Rumah.  Siapa  coba yang tidak punya cita-cita untuk memilikinya.  Saya juga kepengin dong, punya rumah. Yes,  meski sekarang ini masih tinggal sama orangtua hehehe.  Ngomongin soal rumah sih, tiap orang  punya selera dan kriteria yang berbeda satu sama lain. Saya sendiri lebih suka punya rumah yang minimalis.  Bukan apa-apa, soalnya saya tipe orang yang ga suka ribet dan  males beres-beres rumah kalau gede banget jiahaha.... 

Eh tapi, penting dong punya rumah bukan hanya berfungsi sebagai tempat tinggal.  Harus jadi tempat yang nyaman untuk berisitrahat, merasa  lebih hommy gitu. Beda lho antara house dan home. House itu lebih ke fisik  bangunannya. Sedangkan home itu chemistry, suasana yang kita dapatkan.   Jelas, kan? Ga mesti rumah mewah sih buat merasa hommy.
Siapa yang ga pengen  punya rumah coba?

Share:

Monday 1 February 2016

Lebih Dekat Dengan Trail Adventure

Kalau ditanya apa sih itu Trail Advanture , mungkin banyak yang belum  familiar, ya.  Tapi coba kalau saya nanya gini, “Eh, tau ga motorcross?”

Nah, udah mudeng dan dapat gambaran kan apa sih itu Trail adventure?  

Yes,  olahraga yang satu ini emang bisa kita masukkan ke alam kategori olahraga yang ekstrim. Kalau punya nyali ciut, kagetan dan mudah gugup  dan ga berani ngambil risiko, ya sudah jangan nekat atau coba-coba menjajal olahraga  yang satu  ini.  
sumber: taringa.net
Coba aja perhatikan wahana yang akan kita jajal, dijamin jantung jadi mencelos kayak mau copot. Selain memang membutuhkan nyali yang super duper gede, emang  juga  perlu memiliki  kemampuan refleksi yang baik dan segera mengambil keputusan, harus ngapain dalam waktu yang tepat.  Makanya,  olahraga yang ini juga perlu konsentrasi  yang tinggi dan perhitungan yang matang. Lagi galau? Buang jauh-jauh deh kalau ga mau terjadi insiden yang berbahaya.
Share:

Jadi Prioritas Dengan Cara Yang Simpel

Entah  ya, kalau  inget Dian Sastro, saya selalu  teringat  film  AADC  yang pernah ngehits tahun 2000an dulu.    Imej yang  kuat  melekat sejak aktris  cantik  ini masih SMA - dan sekarang  menyandang status sebagai seorang ibu. What a time!
Dian Sastro, figur  yang cocok jadi brand ambassadornya XL Prioritas
Jaman  demamnya  film  AADC dulu emang udah banyak  yang ngeh sama internet dan gadget, tapi masih  eksklusif. Ga semua orang  bisa mengakses internet  di rumah dan punya HP,  meski  handsetnya segede  batu bata  yang bisa dipake nimpuk  anjing  galak yang ngejar  atau  orang jahat misalnya.  Yeeee, kalau dipake nimpuk  orang  jahat  mah merekanya  kesenangan  kali ditimpuk  gadget  gitu, mah, Tinggal dipungut aja. Eh tapi  tetep aja benjut kali, ya?  :D

Dulu  kan, biar masih layar  monokrom dan tampilan  layarnya masih imut,  HP  yang masih beroperasi di jaringan  GSM  (belum 3G pula)  tetep  aja  punya gengsi tersendiri buat  pemakaianya.  Tahun segitu juga  nomer  perdana  selain emang mahal,  nomornya  juga pendek, 10 digit. Keren deh  kalau masih setia  sama nomer perdananya  yang udah, ehm...  belasan tahun! Wkwkwkwk...  ketauan tuanya.
Share: