Jangan Lewatkan 7 Langkah Ini Setelah Update Blog

Berapa kali sih,  frekuensi kalian ngeblog dalam seminggu? Setiap hari? Seminggu dua kali  seminggu tiga kali atau seminggu sekali saja?
http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html
Jangan Lewatkan 7 Langkah Ini Setelah Update Blog
Well, berapa kali pun  ngeblog dalam seminggu, pastinya bukan cuma klik publish, lalu shut down laptop/komputer atau gadget lainnya yang dipakai  kan? Ya, kecuali batrenya keburu abis dan lupa ga bawa adaptor laptop alias charger. Kan bisa tuh, sebenarnya ngeblog dari hp. Ga harus panjang kali lebar  sih. Pegel  soalnya  :D
Biasanya artikel  yang singkat dan ga perlu banyak printilan ini itu bisa kok update dari hp. Sedikit bocoran, kadang saya suka bikin postingan dari hape atau sekadar ngedraft hihi. Lumayan biar ga lupa atau nanti bisa diterusin pas buka laptop. Selesai bikin tulisan maunya kita postingan terbarunya ada yang baca, dong. Ga ada yang baca iu ibarat berteman dwngan jangkrik. Krik... Krik... Goes goes eh itu mah kring kring sepeda :D.

1. Cek Permalink
Caranya biar banyak yang baca,  dishare dong. Sebelum dishare, jangan lupa pastikan link yang kita share itu udah bener atau belum. Coba cek di sudut kanan draft blog kita. Judul yang kelewat panjang biasanya akan otomatis dipangkas.  Eh tapi,  bisa kok kita edit. Misalnya seperti ini (buat blog dengan platform blogpost).


2. Buat Shorten Link
Oke, permalink udah oke. Eh tapi kalau kepanjangan kadang ga efektif. Apalagi kalau dishare di twitter yang karakternya terbatas. Bisa sih pake uber twitter yang lebih toleran. Tapi kalau bisa, kenapa enggak? Ya, kan? Lagian kalau klik share di blog biasanya otomatis terhubung ke akun twitter yang  biasa. Untuk membuat link blogpost kita jadi lebih ringkas coba deh manfaatkan situs shortenlink. Misalnya goo.gl atau bit.ly. asiknya kalau pake bit.ly short linknya bisa kita customize, selama belum ada yang pake, lho. Kalau udah ada, coba kombinasi lain. Pemilihan huruf kapital dan tanda baca bisa ngaruh, lho.  Masih   bingung?  Gini  misalnya,  Untuk  postingan ini kan linknya puanjang, ya.  http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html Kalau  bikin short link di bit.ly bisa  kita buat jadi  kayak gini misalnya: http://bit.ly/setelahupdateblog  Atau  juga bisa di  goo.gl. Cuma  ga bisa dicustomize.  Kabar bagusnya  kalau bikin short link di  bit.ly , data klik dari FB yang diakses dari android juga bakal dihitung. Ini sesuai dengan kebijakan  baru dari FB soal  outbound  link dari android. Yeah! 
  
3. Share di Medsos dan G+
Punya  akun apa  aja? FB, twitter,  IG, atau   interest? Ayo share. kalau kebetulan tulisan kita berhubungan dengan hastag yang lagi trending coba cantumkan juga tagarnya. Nah, penggunaan short link tadi bakal kasih space tambahan buat nyantumin tagar. Misalnya berita Joey Alexander yang  dapat standing applause di acara Grammy Award, atau pembalap Rio Harianto yang akhirnya bisa pentas di F1.

Kadang akun komunitas blogger juga akan bersenang hati ngeretweet postingan kita. Misalnya KEB dengan tagar #updateemak, Warung Blogger atau akun twiter @updateblog dengan tagar #updateblog.
Yang ini biasanya ga pada lupa :)
Kalau di instagram  memang linknya  ga akan terhubung alias  jadi link mati. Bisa diakalin dengan mencantumkannya di bio  instagram.  Bisa tuh kalau diklik jadi terhubung.  kalau punya resep, tips  atau postingan blog yang cakep dengan infografis  share deh di Pinterest.  Saya naksir berat dengan postingan di sana.  Bagus-bagus.  Atau kalau suka masak bisa share di  Cookpanda.

Buat para blogger, wajib bin kudu punya akun G+. Selain share di akun pribadi G+ dengan seting publik, coba juga kirim ke grup yang ada di sini. Tapi inget ya, harus nyambung.

Kalau mau share tentang kuliner ya share lah di komunitas kuliner. Postingan tentang perjalanan yang share  di  komunitas travel, dan review buku di komunitas pembaca buku.

Jangan sampai share tulisan tentang kosmetik terbaru di komunitas olahraga misalnya. Ini mah ngajak ribut sama anggotanya. Selain emang  ga nyambung, bisa jadi dianggap  mengganggu aja karena ga sesuai dengan minat grup. Kecuali  ada  hubungannya. Misalnya tips memilih makeup yang tidak mudah luntur saat berolahraga  outdoor. 

4. Kirim link ke Google Web Master
Share di sosmed aja? Jangan atuh. Share juga tulisan kita di google web master.  Link yang kita daftarkan di google webmaster  akan dirayapi robot pencari  google dan peluang terindeks google lebih besar.

5.Ping di Social Boomark
Paling gampang sih, ping di  pingomatic.com dan di googleping.org Ga ada syarat harus login atau daftar. Tinggal daftarkan link, tunggu sebentar.  Selesai.  Sisanya kebanyakan mengharuskan  kita unuk daftar atau login dulu.  Kadang malesin alias ribet hehe. Sebelumnya juga sempat ada lintas.me.  Yang ini juga sebenarnya gampang banget cara daftarin link posting terbaru kita.  Tapi udah ganti jadi beritagar.id dan udah ga nyedian lagi  kolom nitip link' ini.  Hiks, sayang.

Mau ngeboost biar viral dan banyak  yang ngunjungin? Bisa  submit juga ke vivalog. Beberapa blogger medapat trafik kunjungan yang ramai alias viral setelah tayang di sini. Perhatikan gaya bahasa, dan topik yang kita share.  Syaratnya lumayan susah dan butuh perjuangan biar bisa nembus.

6. Balas Komentar
Oke,  setelah kita posting, dan share ternyata ga lama ada yang komen. Wohooo.  Asik, dong.  Ibaratnya kita lagi jaga stand di sebuah pameran dan ada pengunjung datang terus nanya ini dan itu.  Gimana, tuh? Dilayani, dong.
http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html
Jangan Lupa Balas Komentar
So, jangan lupa untuk membalas  komentar  yang sudah masuk. Saran saya permudah juga pengunjung untuk meninggalkan komentar. Meski  kadang saya ga ngerti  juga kenapa beberapa blog menerapkan captcha dengan puzle  gambar.

Kebanyakan sih, gampang buat mencocokkan  gambar dengan kata kunci yang diminta.  Tapi  kadang-kadang saya dapet zonk karena siwer alias kurang fokus hehehe. Ada yang fine-fine aja dengan sistem  ini tapi ada  juga yang baper, lalu males berkomentar.

Kalau mau menyaring komentar  yang masuk, coba seting denan moderasi.  Biasanya  ga akan dihadang teka-teki  atau tebak-tebakan gitu.  Cuma harus sabar aja menanti jawaban  eh  menanti komentar ditayangkan. Selama sopan dan ga aneh-aneh, sama pemilik  blognya akan ditayangkan, kok.   Kalau platform blognya menggunakan template dari blogspot, permudah juga dengan fitur  komentar yang bisa memfasilitasi  komentar  blog dari berbagai platform. Biasanya seperti  ini.
sediakan kolom komentar yang friendly

7. Blog Walking
Bahasa lainnya silaturahmi. Selain membalas  komentar, sempatkan juga untuk berkunjung balik  ke blog  yang sudah memberi  komentar. Semakin  ramai yang komentar semakin banyak  list yang sebaiknya kita kunjungi balik. Eh tapi, sesuaikan dengan waktu kita, ya.  Jangan sampai  kena tegur bos di tempat kerja  karena keasikan bw alias  blogwalk.  Atau anak  istri/suami mutung karena merasa dikacangin alias dicuekin.
http://www.catatan-efi.com/2016/02/jangan-lewatkan-7-langkah-ini-setelah-update-blog.html
Sempetin bw, biar lebih akrab
Yang udah komen dan belum dikunjungi balik, ya jangan cediih. Mungkin mbaknya atau masnya lagi sibuk atau alasan lainnya.  Kalau ada  yang belum saya kunjungi balik,  maafkeun juga ya hehehe. Sebisa mungkin saya bakal bw alias  ngunjungin balik.  Jangan lupa sediain camilannya  bua ngobrol cantik  :)

117 Comments

  1. Untuk membuat short link saya suka lupa haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mulai sekarang jangan lupa ya, Tian :) inga... Inga... Ting! #modeiklanjadul

      Delete
  2. Baru tau yg poin 4 dan 5, informatif banget nih postnya. Makasih sudah share Mak Efi ;)

    ReplyDelete
  3. Ahhh... nomer 4,5,6 sering kelewat. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar ga lupa, bikin sticky notenya depan lappy atau komputer terus praktekin ya, Mak :)

      Delete
  4. baru tau tips no 5. Kirain ping sebatas hompage aja, ternyata per post juga bisa toh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa banget, sampai 500 submit link per bulannya.

      Delete
  5. Thank you sharingnya Mbak.. Sangat bermanfaat nih, bisa langsung dipraktekking.. Hehe..
    Salam kenal.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mas Huda. Terimakasih suah mampipr ke blog saya. Selamat mempraktikan :)

      Delete
  6. Ma kasih Mbak Efi,...:D

    ReplyDelete
  7. aplikasikan ahh.. thanks sharingnya ya mb.. :)

    ReplyDelete
  8. nah itu dia mbak yang (kadang) suka bikin malas komentar cz ada captcha nya. kalau capcay sich enak ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi yang punya blognya ga nyadar dia pasang captchanya gitu, mbak. Ah aku pun lapar juga, pengen capcay nih, Nadira :) Yuk beli aja biar cepet makan :)

      Delete
  9. Kadang lupa bales komentar, thanks udah diingetin teh Efi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena sibuk atau banyak yang komen. Atau postingan lama baru ada yang komen lagi, ya. Sama-sama Mbak Prima. :)

      Delete
  10. Hehee berguna bgt buat newbie kaya saya teh.. Thanks ya...

    ReplyDelete
  11. Nomor 4 ngdaftarin k google webmaster itu gimana caranya mak? Hihi kuno bener saya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus punya akun dulu di sana. Gampang kok. Fungsinya bukan cuma submit link, aja. Nanti deh aku bikin postingan tentang ini, ya. :)

      Delete
  12. Duh beberapa hari ini koneksi lelet jadi gak bisa share dan bw. Jadi galau.
    Daftar ke webmaster juga belum. Huhuhu pantesan pengunjungnya dikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luamyan sih, ada pengaruhnya. Apalagi kalau pas kontennya banyak yang cari ditambah jago bikin kata kunci.

      Delete
  13. Noted ^^ sodorin camilan utk ngobrol cantik hehe..
    Nuhun teh epi, mau nyoba yg sering kelewat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pengen camilan yang real. Jangan ngambil dari captcha, ya :D *mendadak lapar*

      Delete
  14. Artikelnya sangat bermanfaat
    kalau boleh point no 2, bgm ya cara bikin shortlink
    dan point no 4 kirim ke google master bgm caranya
    trimakasih matursuwun :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin short link tinggal masuk ke webnya. bit dot ly atau goo dot gl itu. Trus salin link yang mau dishort di sana. kalau di bit dot ly itu di sisi kanan ada kolom buat mengubah linknya dengan keyword atau judul pendek yang ingin kita buat. Nanti kalau sudah muncul linknya, itu yang dishare ke medsos. Gampang, kok. Untuk Google webmasternya nanti saya bikinin potingannya, ya.

      Delete
  15. kalau adik, share google plus, ngomentar blog orang, balas komen pengunjung, sama kayak BW kayak gini ne :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah udah hampir semuanya dijalanin, ya. Ada cara lain yang Fajar lakukan selain yang udah dibahas di sini?

      Delete
  16. sayangnya saya kadang melewatkan itu semua mbak :D
    paling sering cuma blogwalking dan share link aja
    selebihnya kebanyakan kelewat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah sekarang jangan skip lagi, Mas. Biar makin banyak yang baca blognya.

      Delete
  17. Wah kalau saya ke 7 langka ini a pernah terlupakan, selalu jadi kewajiban abis update blog :D

    ReplyDelete
  18. Wah yang poin 4 dan 5 ini baru tahu saya...

    Kudu belajar lagi... Thanks for sharing yah Maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mempraktikkan, Neng Nunung. Yuk sama-sama belajar lagi.

      Delete
  19. nah no 6 eta.. kadang bingung mau balas komennya dengan kalimat apa. hahaha. Kalo masalah share enak pake aplikasi sharing otomatis sambil tutup muka lihat postingan sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau komennya cuma nice post, Gan. kayak gitu, ya? Hehehe... Lah, kenapa mesti tutup muka, Rani? :D

      Delete
  20. sama kek yg lain ternyata, poin 5 baru tau saya.. makasih sharingnya mak..

    ReplyDelete
  21. Makasih banyak, Mbak Efi. Jadi tambah ilmu lagi nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Semoga ga puas biar terus ngulik dan cari tau dari yang lain ya, Mbak.

      Delete
  22. Semua langkah sepertinya udah aku lakukan.....

    boleh dong saling follow blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip, Mas Ronaldi. Saya udah follow G+nya. Ga ada widget follower blognya, ya?

      Delete
  23. Googlewebmaster itu, kita masukkan link ya, terus udah gitu aja mba, ga ada langkah lain lagi kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Gampang kok. Kalau masih bingung tunggu postingan saya soal ini, ya.

      Delete
  24. ping di sox bookmark saya velum pernah,nyoba ah...makaish mak sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayoo Mak,cobaiiiin :) Sama-sama, kembali kasih.

      Delete
  25. wes mantap ini, tambahan lagi mba jangan lupa share ke sosial bookmark :D semoga bisa membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi.Lagi nyari laman sosbook yang friendly dan ga ribet. Penennya kayak si lilntas dot me gitu :)

      Delete
  26. nice share nih :D
    semua nya penting untuk meningkatkan traffic
    hehehe..
    cobain ahhh..

    mampir ya ke blog saya
    http://www.infolaten.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Demi. Sip, nanti saya bw ke blognya, ya.

      Delete
  27. 4 & 5 akan segera kucoba, Mak. Terimakasihhhhh :'D

    ReplyDelete
  28. Mau nyobain yg googlewebmaster ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cobain dan praktikan dengan kontinyu ya, Pit :)

      Delete
  29. yang shorten link belom pernah nyoba :D

    ReplyDelete
  30. Masih banyak yang belum dilakukan. Googgleweb master gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo praktikkan, Mbak. Yang Google Webmaster nanti saya ceritain di postingan terpisah, ya.

      Delete
  31. utk blogwalking ini saya masih kewalahan... Utk yg permalink saya malah baru tau... duduls... Thanks ya mak ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, Mak. Buat blogwalk ini saya biasanya nyicil. Sama-sama. Nah yang pemalink bisa diedit biar ga kepotong lagi tuh, Mak.

      Delete
  32. Gunanya edit permalink berpengaruh banget ke visitor ya teh? Aku biasanys males edit n pake link apa adanya huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar ga kepotong dan terindeks dengan baik pas kita share, Nit. Ayo, ceki-cekilagi linknya biar ga kepotong :)

      Delete
  33. nice tips...baru ngelakuan 7,8 hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah,tinggal tambah yang 6 langkah sebelumnya, Bun :)

      Delete
  34. No. 5 yg belum kulakukan, no7. Jarang banget dilakukan karna gak ada waktu. Mumpung sekarang ada waktu jadi mampir ke sini. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihir :) Semoga setelah ini jadi bisa cari waktu buat apply langkah lainnya, terutama bwnya ya, Mbak :)

      Delete
  35. Baru tau harus ke google webmaster. Tfs makkk jadi nambah nih wawasannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mak Ruffie. Semoga bermanfaat dan bikin postingan blognya makin rame, ya.

      Delete
  36. Nomer 2 nya dobel Mbak #eh kenapa jadi bahas nomer yak :)

    Semua udah mulai di coba dan sukses bikin Alexa langsing. Dari 7jeti 3 mingguan jadi dibawah 2 jeti. Thanks sharingnyaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. iya, aku baru nyadar Tarry. Eh tapi udah dibenerin. Makasih ya, koreksinya. Cieeee, semoga nembus sampai dibawah 1 juta dan seterusnya, ya.

      Delete
  37. Kadang-kadang ada yang ketinggalan, untung diingetin begini. Thanks mba Efi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Mudah-mudahan abis ini ga ketinggalan lagi ya, Mbak.

      Delete
  38. Mantab informasinya, kakak... terima kasih banyak buat ilmunya...

    Salam....

    ReplyDelete
  39. nge test ah, Mba Efi konsekuen dg tips ke 6 & 7 gak?
    hehehe
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... langsung nodong ini, Hari. Ini buktinya dibalas. Tunggu kunjungan saya ke blognya. Jangan lupa sedian camilan yang enak, ya. *lho*

      Delete
  40. belum pernah coba ynag daftar di google webmaster, terima kasih sharingnya yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, blopost berikutnya jangan lupa sbutmit ke webmaster ya, Irai.

      Delete
  41. aku kok susah ya.. kalo mau ubah permalink, ada kesalahannya gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa, sih? gampang, kok. Perhatikan, jangan anda tanda baca di permalinknya.

      Delete
  42. wah bagus nih infonya..tambah lagi artikelnya mba

    ReplyDelete
  43. Makasih tips nya mbak... cukup membantu buat naikin traffic :) oiya saya sedang blogwalking nih :) salam kenal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mas Freddy. Salam kenal juga. Yuk praktekin tipsnya, ya.

      Delete
  44. asekk..ade udah pinter deh..

    yuk ikutin terus langkah2 diatas

    ReplyDelete
  45. Tipsnya bagus banget tapi kada blogwalking itu terkendala waktu dan kesibukan. Oh ya ada tipsnya ga nge-publish pada jam-jam tertentu dimana lbh banyak orang yang punya waktu untuk buka internet?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa disiasatin sih buat blogwalknya. Kalau lagi nunggu temen, lagi di kendaraan umum ngantri di bank atau nunggu ngantuk bisa tuh blogwalk dari hp. Biasanya jam-jam makan siang atau sore menjelang bubar kantor banyak yang lagi buka internet. Kadang malam setelah jam makan malam. Meski ga sebanyak yang siang, sih.

      Delete
  46. Soal vivalog...minggu lalu aku sharw pertama di sana. Besokannya lgsg di reshare..alhamdulillah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, asik banget Innayah. Aku belum bisa nembus vivalog euy.

      Delete
  47. Amazing sharingnya kakaaaa ok ok thanks ya cyynn, wah ada share masakan juga ya baru tau neh kebetulan skg kan eyke lg seneng ngblog cemilan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada beberapa sosmednya. Yang aku inget yang cookpanda itu. Bagi-bagi camilannya dong eike.

      Delete
  48. Wahaha ok kaka mari mampir sini ngemil - ngemil cantik hehe

    ReplyDelete
  49. nuhun teteh.. ini mangfaat bangets buat akuh.. :D

    ReplyDelete
  50. 4-6 aku ngga pernah praktekin. Wkwkwk
    Tip yang oke, Teh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idaaah, nakal, yaaaa. #cubitIdah
      Ayo, kudu dipraktekin sekarang.

      Delete
  51. bberapa udh aku jalanin, tp ada jg yg belum :).. google webmaster yg blm ngerti caranya gmn :D..

    ReplyDelete
  52. Praktekin yang belum ya, Fanny. Yang google webmaster nanti aku bikinin postingnya

    ReplyDelete
  53. Terdampar di blog ini, dan nemu postingan yang bermanfaat.

    Salam kenal, Mbak
    Saya yang baru belajar ngeblog. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak. Salam kenal juga. Yuk, belajar sama-sama :)

      Delete
  54. cihuy dapet ilmu lagi walaupun telat mampir hehe. balas komentar kadang suka lupa hehe. baru tahu judulnya bisa di edit di pemalink *duh. makasih teh ilmunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cihuuy Gilang mampir ke sini hehehe. Nah sekarang bisa dong permaalinknya ga keputus :)

      Delete
  55. Mak Efi ditunggu y postingan ttg webmaster hehehe. Salam kenal mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Udah kok, ada bahasannya di postingan tanggal 16 Maret, mak :)

      Delete
  56. Wah baru tahu ada yang beginian mbak. Biasanya abis ngeblog langsung tutup, lalu berharap uda dibaca sama jutaan orang. Wkwkkwk

    ReplyDelete
  57. Bkn cuma info baru, tp jg ilmu baru ni. Biasa saya cm share d medsos aja mbak.

    ReplyDelete
  58. Yang paling gampang dari semua tips di atas adalah: blogwalking. Hihi.... (emak2 pemalas)

    ReplyDelete
  59. Noted. Yang no. 4 Dan 5 masih kudu belajar nih. Makasih ya sharingnya.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.