Rabu Review: Blog Duo R Blogger Bandung

Ada yang baru dari programnya  Blogger Bdg, nih.  Tentu saja bukan  blogger  yang dikemas dalam botol yang udah jadi ekstrak  gitu  :D.   *Naon sih?*

Jadi gini 
Mulai Februari  2016  ini ada program  Rabu Review.  Jangan heran  kalau nantinya lihat  postingan para blogger  Bandung yang ngereview blog anggota  Blogger  Bdg.  Ga usah ragu lagi itu pasti lagi ikutan program ini.  Dalam rentang waktu  2 minggu sekali atau sebulan sekali akan dipilih  2 blog yang akan direview.  Reviewnya  suka-suka,  mau dari sisi  apa aja asal  jangan dari sisi  jalan apa lagi sambil  buka gadget  :D.  

http://www.catatan-efi.com/2016/02/rabu-review-blog-duo-r-blogger-bandung.html
rabu review di blogger Bandung
Daaan  jeng  jeng  jeng.... ini dia  dua  blog terpilih  yang direview.

Raja Lubis
Raja  yang punya blog dengan alamat  https://rajablackwhite.wordpress.com  ini emang identik dengan blogger  film.  Reviewnya tentang  film Indonesia  asik-asik, deh.  Bikin saya manggut-manggut. Oh gitu, ya? Eh iya ya, ga kepikiran ke sana dan sebagainya.  Kalau lagi belajar ngereview  film,  blognya Raja ini  bisa jadi salah satu referensi.  
http://www.catatan-efi.com/2016/02/rabu-review-blog-duo-r-blogger-bandung.html
Cieee  Raja sama Acha
Eh tapi,  selain itu  - Raja yang punya bakat  terpendam jadi  MC  seru - di blognya juga suka  menulis  topik lain yaitu musik dan gadget.  Tipikal blog cowok banget  yang  ga punya postingan curcol apalagi endorse  kosmetik  wkwkwk...  *just kidding*.  Eh tapi kalau punya kembaran namanya Ratu, kayaknya bakal nemu postingan berbau kecantikan sih *LOL*

Soal template udah oke. Simple. Pemilihan warna putih untuk dasar template udah pas, ga bikin sakit mata. Tampilan muka blognya juga  ga ribet. Ga ada widget aneh-aneh  yang bikin pusing atau bikin kita pengen cus buru-buru.

But anyway saya punya saran nih buar Raja, menu side barnya digeser ke sebelah kanan aja.  Biar  pas robot  google  mampir  buat  ngerayapin  gitu yang terbaca  adalah artikelnya dulu,   bukan menu sidebarnya  itu. Seperti  cara kita membaca,  begitu juga dengan mesin pencari google,  dia akan mambaca duluan yang ada di sebelah kiri.  Sayang lho artikel-artikel  tentang film yang keren itu jadi kurang  optimal terindeks di google. Siapa coba yang ga seneng kalau  URL  tulisannya jadi pejwan di google? 

O, ya, by the way  ga kepikiran migrasi domain jadi self hosting  gitu, Ja? Biar kekinian  hahaha... Enggak ding. Soalnya nih, Dengan tulisannya yang ciamik gini mestinya  banyak tawaran nulis  berbayar  alias  endorse. Blog dengan domain sendiri  itu lagi disukai  para agensi atau brand  buat diajak kerjasama  nulis artikel. 

Jangan lupa juga  buat menghapus  banner  lomba blog  yang udah lewat  dan  keluar pemenangnya. Ini juga akan membantu  tampilan blog jadi lebih simple dan ga kelewat  rame. Beberapa  masukan lainnya udah dikasih sama blogger Bandung yang lain, jadi ga usah saya  ulang lagi di sini, ya. 

Rinrin Irma
Nah, kalau  inget Orin a.k.a Rinrin  saya ingetnya Rinrin  dengan tagline blogger golernya itu hehehe. Coba stalking ke akun FBnya, deh. Nuansa  celotehan dengan kosa kata  dan bodor  khas urang sunda  bisa kita rasakan di sana. 
http://www.catatan-efi.com/2016/02/rabu-review-blog-duo-r-blogger-bandung.html
Rinrin dan blognya
Sementara itu blognya beralamat di http://orin.supriatna.web.id/. Well done, sudah  oke buat salah satu kriteria monetize blog. Saran saya sih di halaman utama blognya coba deh kasih menu label/kategori. Misalnya untuk postingan daily, advertise, tips & trick dan sebagainya. Jadi kalau saya  nih misalnya mau cari tulisan Orin khusus tentang tips  ga usah  cape -cape  lagi klik older post atau scroll ke bawah.  

Hmmm...apa lagi ya? 
Saran  yang senada  sih udah dikasih oleh Bang Edo, kalau saya dari agensi atau brand dan pas lagi mampir  ke blognya  Orin bakal bingung gimana mau colekin  kerjasama.  So, jangan lupa buat menampilkan  alamat email  buat japrian atau siapa tau pengen temenan di medsos. 

Bagiin juga deh  link medsosnya di FB, twitter atau instagram.  Ini  juga bisa jadi semacam kode (((kode)))  buat bilang gini, "eh follower saya di IG/twitter ada sekian lho!  Yakin ga mau saya endorse?" :D


Last but not least, Kalau saya sih  lebih seneng pas  mampir blogwalking ada  thumbnail dari foto penunjang artikelnya. Ada beberapa artikel yang disisipi foto/gambar  penunjang tapi di beberapa artikel lainnya polos alias hanya berisi  artikel/tulisan saja.  Bisa jadi sih, pertimbangan Orin  untuk tampilan artikelnya ini karena soal selera.  


22 Comments

  1. Aku jg klo template suka yg putih teh, enakeun di mata

    ReplyDelete
  2. aku baru tahu nma mak orin hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ada 2 Orin di KEB,ya. Sama-sama urang sunda cuma beda domisili aja.

      Delete
  3. semoga besok saya terpilih direview juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah daftar ke blogger bandung di Facebook? :D

      Delete
    2. Jadi orang Bandung atau jawa barat dulu Bang Day, trus gabung di grup baru diendorsin. Hehehe

      Delete
  4. Masukkannya keren nik mak Ef, bisa jadi pembelajaran saya juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau ternyata bermanfaat buat dirimu, mak. :)

      Delete
  5. teh rinrin emang bodor :)) kalo raja lubis pernah main ke blognya pas dia bahas acha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh kok main lagi, sekarang ada edisi Joko Anwar sama Tara Basro, xixixi

      Delete
    2. Ila: Nah kalau gitu sekarang waktunya main ke blognya Raja :D

      Raja: Nah, nambah lagi daftar wish list :D

      Delete
  6. baca-baca review begini selain nambah kenalan, juga bisa belajar.., jadi bandingin dengan blog sendiri

    terima kasih teh Efi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mak Monda. Mudah-mudahan ilmu juga selain nambah temen. Sharing and connecting, ya.

      Delete
  7. "Kalau lagi belajar ngereview film, blognya Raja ini bisa jadi salah satu referensi." - Terimakasih

    ReplyDelete
  8. "Raja yang punya bakat terpendam jadi MC seru" - yg butuh MC mangga contact me, xixiix

    "Tipikal blog cowok banget yang ga punya postingan curcol apalagi endorse kosmetik wkwkwk... " - iya atuh klo curcol ma di sajadah saja, xixixi

    "But anyway saya punya saran nih buar Raja, menu side barnya digeser ke sebelah kanan aja." - sumpah teh yg ini gimana caranya ya?

    "O, ya, by the way ga kepikiran migrasi domain jadi self hosting gitu, Ja? Biar kekinian hahaha... Enggak ding. Soalnya nih, Dengan tulisannya yang ciamik gini mestinya banyak tawaran nulis berbayar alias endorse. Blog dengan domain sendiri itu lagi disukai para agensi atau brand buat diajak kerjasama nulis artikel. " - pingin banget sekali-kali dapet job dr ngeblog, tp g tahu gimana

    "Jangan lupa juga buat menghapus banner lomba blog yang udah lewat dan keluar pemenangnya." - sudah dihapus





    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok jadi inget lagu almarhum Darso, ya? :D

      Duh aku ga begitu ngerti kalo WP mah, Ja. Coba googling atau cari do list yang udah disediain WP. Nah kalo job panjang ceritanya kayak kereta hehe. Salah satunya sih dengan rajin update.

      Delete
  9. Teh efi salam kenal, hehe
    saya juga mau ikutan review tapi belum nulis aja malah liat2 dulu review temen-temen blogger yang udah pada nulis. Maklum deh newbie. Hahaha

    Tapi kayaknya saya belum pantas ngomentarin paling ya cuma kagum aja baca tulisan temen-temen blogger, karena belum mampu seperti mereka. Istilah2 seperti sidebar atau tata letak juga ga ngerti tapi sekarang jadi tau :D
    InsyaAlloh nambah ilmu, nambah relasi juga ya teh. Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga. Ala bisa karena biasa. Rajin-rajin beraltih dengan update blog dan blogwalking, aja:)

      Delete
  10. Nah bisa sekalian kenal dengan blogger Bandung ya!

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.