Top Social

Bring world into Words

Diet Juga Ada Aturannya

Selasa, 29 September 2015
Masih  banyak  yang  salah kaprah soal  diet. Ga sedikit yang masih mengidentikan diet adalah cara  untuk  menurunkan  berat  badan atau nurunin berat badan. Salah?  Enggak  juga.  Enggak  ada ceritanya  mereka  yang  punya  berat  tubuh di atas  toleransi  adalah  mereka  yang kelebihan  gizi. Kalau  kelebihan  lemak  atau kolesterol, mungkin,ya. Mungkin, lho. Karena  yang  namanya  kelebihan  kolesterol  ga selalu  dialami  oleh yang tubuhnya  gemuk saja. Yang kurus  juga  bisa saja  mengalami kelebihan  kolesterol. Coba deh  ambil tes  kolesterol. Syukur-syukur  kalau  kolesterolnya normal.

banyak kolestrolnya  emang, tapi sesekali mah gapapa
Baru aja nih, semalam saya lihat  di tv  contoh kasus  kematian  yang diakibatkan diet  yang salah. Gila, konyol! Itu  yang pengen saya  bilang.  Beberapa  cerita  yang ditayangkan di tv bikin saya bengong.  Ada yang  diet  sinar  matahari,  maksudnya  bertahun-tahun  ga makan dan minum, hanya 'makan' sinar  matahari. What?  Itu mah bukan diet, tapi  sun-bathing, cocoknya kalau yang pengin punya kulit  tanning (baca: eksotis).  Malang  sekali, pelaku diet  ini  meninggal.  Iya lah,  ga ada  nutrisi  yang masuk ke tubuhnya. Ga lemes apa, ya bertahun-tahun ga makan atau minum gitu? 
Ada  juga  yang meninggal karena  diet  'mutih'. Maksudnya  cuma minum air putih  saja, enggak ada makanan  yang masuk  ke tubuhnya.  Lalu ada juga  yang yang  meninggal karena  diet  ekstrim  lainnya, alias  aneoreksia.  Kalau menurut saya sih ini  mah bukan diet, tapi  eating disorder.  Terlalu terobsesi dengan tubuh yang tipis.

By the way,  kamu  kan kelihatan kurus, Fi. Ga anoreksia  kan?

Enggak, saya ga kena anoreksia. Duh amit-amit.  Jangan sampai....
Kalau  sering pergi bareng  dan merhatiin, saya  makannya kuat. Banyak, kok!  Serius.  :) Dulu waktu masih kuliah  saya  termasuk yang sedikit  gemuk, meski ga terlalu. Tapi  bukan karena anoreksia kalau sekarang saya jadi rada kurusan.  Kalau rajin  baca postingan blog di sini, pasti tau deh dan bisa menyimpulkan kenapa sekarang saya terlihat  mungil. Hihihi... kode  banget  ya  biar baca postingan blog  lainnya.

Mau  menjalani diet  apapun, entah itu Food Combining, diet  Mayo,  atau  diet  yang jadul  banget  nan legend alias diet  Paleo (konon diet  ini adalah diet paling  tua,sudah ada sejak  jaman  kuno),  Pastiin deh  nutrisi tubuhnya terpenuhi.  

FYI, Saya punya seorang teman  seorang vegetarian. Meski vegetarian, tubuhnya berisi dan beliau masih bisa  makan telur  dan minum  susu sapi.

Kelebihan berat  memang harus dikendalikan, tapi harus dengan cara  yang masuk akal.  Jangan menyiksa  diri, alias self abuse.  Jangan atuh, lah. Allah aja ga suka hambanya yang menyiksa diri. Makanya ga ada tuh  dalam agama Islam  puasa  penuh  sepanjang  hari. Bahkan  yang lagi sakit  aja  ga diwajibkan  puasa. Bisa  diganti  di hari lain alias qadha  atau  dibayar dengan fidyah.
Percayalah, “being beautiful  is  doesn’t matter  with size”.  
sop  buntut, favoritnya hidangan idul adha
Dan ngomongin soal  makanan, berhubung  aroma idul adha  kemarin masih  terasa,  jangan lupa banyakin  makan sayur atau buah-buahan, agar ususnya ga cape  karena  harus  menggilas  daging atau lemak. Makan sayurannya bisa dibuat salad, biar  kekinian.
Paling suka dari salad  ini: black olivenya
 Atau, kalau makan buah, bisa  secara langsung, dibuat  jus,  smoothies, atau  infused water lagi trend, lho. banyak resep-resep  yang  bisa kita kepoin di  instagram dan  pinterest  dengan tampilan  yang menarik.
green smoothie yang seger  banget

sudah makan buah hari  ini?
Sekarang ingat-ingat deh, sudah  makan buah atau sayuran  belum hari  ini? Belum?  Ah masa siiih? 

6 komentar on "Diet Juga Ada Aturannya"
  1. Setuju Mbak, diet juga ada aturannya. Kalau gak mengikuti aturan bisa menyebabkan masalah baru kedepannya, entah itu malah kena penyakit atau yang paling fatal adalah keok alias dead.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mas Timur. Woles aja ya dietnya, slow but sure :)

      Hapus
  2. Kalau diet emang suka di artikan jadi jarang makan ya padahal belum tentu sehat.
    Kalau saya pribadi sih udah sering banget gagal diet :( sekarang lebih ke makan sehat aja sih kalau misal berat badan jadi turun itu mah bonus aja hihi
    Nice post sist, salam blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu juga saya suka diet, tapi gagal melulu. Giliran nyerah malah jadi kurus :)
      Iya mbak, pola makan yang sehat aja dulu. Kalau bener, berat badan akan ideal sendirinya, ya.

      Hapus
  3. Makan mangga! Btw emang kalo diet mesti sesuai takaran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga suka makn mangga, mbak. Iya dietnya jangan kalap, ya :)

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.