Saturday 25 May 2024

Belajar dari Gasperini & Xabi Alonso

Mantan Terindah!

Mungkin begitu julukan yang pas buat Xabi Alonso, eks gelandang Liverpool yang tahun ini sukses mengantarkan Bayer Leverkusen menjuarai Bundesliga untuk yang pertama kalinya sepanjang usia berdirnya klub yang sudah pada bulan Juli nanti berusia 120 tahun.

What? Baru pertama

Betul. Ga salah.  sebelum ini Leverkusen  di bawah besutannya Mario Gomez pada musim 2010-2011 hampir juara tapi terpeleset menjelang akhir musim dan harus merelakan trof piring besar Bundesliga jatuh ke tangan kompetitornya, Borussia Dortmund.

Karir Alonso Sebagai Pemain

Mari kita bahas dulu tentang Xabi Alonso.

Jauh sebelum menjadi pelatih, karir Alonso sebagai pemain juga cukup cemerlang. Data pasa gambar di bawah ini belum termasuk karirnya sebagai pemain timnas Spanyol yang menjuarai Piala Dunia (2010) dan Piala Eropa (2012) juga pencapainnya sebagai Footballer of the year. pada tahun 2013.

Sebagai pemain bola Alonso punya segalanya. Semua gelar sudah didapatnya, baik sebagai individu, pemain klub dan pemain timnas. Lengkap! 

Selain urusan cuan dengan nilai jual alonso yang tinggi entah apa yang membuat Rafael Benitez malah melepas Alonso ke Real Madrid. Mungkin bakal lain ceritanya kalau Alonso pensiun di Liverpool. Tapi mungkin juga nih, kita ga bakal melihat Leverkusen secemerlang ini, kan?

So, seperti kata Hamlet, what ever will be will be.

Menariknya karir cemerlang Alonso sebagai pemain Bayern Munich selalu mendapatkan gelar di bawah besutan pelatih Pep Guardiola. 

Pada tahun 2017, Alonso memutuskan untuk pensiun dan kembali ke lapang hijau setahun kemudian sebagai pelatih Bayer Leverkusen, klub yang belum pernah dibelanya sama sekali saat masih bermain. 


Alonso dan Leverkusen

Selain Munich yang dominan sebagai jawara Bundesliga, raihan prestasi Leverkusen di liga Jerman ini memang ga ada apa-apanya dibanding rival terdekat seperti Dortmund, Schalke 04 atau VFB Stuttgart atau Borussia Mönchengladbach misalnya.

Kondisi Leverkusen saat mendatangan Xabi Alonso pada Oktober tahun 2022 ke Bay Arena pada saat itu pun sedang tidak meyakinkan. Perlahan tapi pasti pada akhir musim 2022/2023 berhasil finish di peringkat 6.

Cuma perlu satu musim saja bagi Alonso untuk. menyulap Leverkusen meraih rekor 51 kali unbeaten di semua kompetisi (28 pertandingan dan 6 kali seri di Bundesliga) sekaligus mencatat sejarah baru untuk Leverkusen sebagai jawaranya Bundesliga

Kejutan Final UEL

Tidak ada yang menyangka justru pada final UEL, Leverkusen malah mengalami kekalahan pertama kalinya setelah 51 pertandingan beruntun yang dijalani.

Atalanta langsung menggebrak lewat gol Ademola Lookman pada menit ke 12. Alih-alih membalas, anak asuh Alonso malah kebobolan lagi 2 kali berturut oleh pemain yang sama di menit 26 dan 75.  

How come?

Gasperini lah orang yang pertama kali memutuskan rekor fantastis Alonso dan anak-anak asuhnya. Pertanyaannya, who is Gasperini?

Karir dan Pencapaian Gasperini

Mari kita kenalan dulu dengan coach yang satu ini.

Gian Piero Gasperini memulai karirnya sebagai pemain pada 1 Juli 1977 bersama Juventus U19 sampai akhir Juni 1978, itu pun oernah dipinjamkan ke klub Regina. Palermo, Cavese,Pistoiese, Pescara, Salernitara dan memutuskan untuk pensiun pada  Juli1993 setelah membela klub Vis Pesaro. 

Tidak ada yang spesial dengan prestasinya sebagai pemain. Bahkan  Juventus baru kembali juara bersama Michele Platini  pada musim 1983-1984 ketika Gasperini sudah tidak berstatus sebagai punggawa "Si Nyonya Tua" itu.

Gasperini masih melanjutkan karirnya sebagai pelatih dengan debutnya bersama mantan klubnya, Juventus sebagai pelatih tim junior dengan durasi cukup lama mulai tahun 1994-2003. selanjutnya Gasperini pindah menjadi manager di klub lainnya mulai dari FC Crotone sampai Genoa sebelum melatih klub Atalanta yang ditukanginya sejak 2016.

Lesson Learn

Sebelum bertemu Leverkusen di final,  Atalanta sebetulnya sudah mematahkan prediksi. Setelah menumbangkan jawara Liga Portugal, Liverpool juga djbuat ga berkutik. Permainan Liverpoolnga berkembang dan jadi bulan-bulanan gempuran Atalanta. 

Keajaiban seperti di Istanbul saart melawan AC Milan tahun 2005 atau membalikan keadaan ketika menjamu Barcelona di semifinal Champions 2019 tidak terjadi kali ini. 

Sebuah kebetulan juga, setelah kalah dari Atalanta, performa Liverpool terus merosot dan terlempar dari rally perburuan gelar juara Premier League. Sedih deh kalau inget ini 😄

Skuad Atalanta yang diracik Gasperini memang tidak se-wah Liverpool misalnya dan dibandingkan dengan Leverkusen, Atalanta bukanlah favorit juara. 

Tapi Alonso tidak melakukan hal yang sama oleh Gasperini. 

Gasperini serius mempelajari kelebihan dan kekurangan timnya juga tim lawan. Strategi Gasperini berhasil meredam 3 klub besar Eropa; Sporting Lisbon, Liverpool dan Leverkusen.

Secara prestasi Gasperini memang jadi seorang  pelatih yang under rate tapi dengan jam terbangnya ia bisa memaksimalkan strategi dan skuadnya dengan racikan yang pas saat lawan-lawannya lengah. 

Itu dari sisi teknis.

Bukan cuma keberuntungan sih menurut saya tapi Gasperini punya kerja keras yang tak ksat mata. Mungkin ini saat yang tepat bagi Tuhan membalas kerja kerasnya. 

Kalau membandingkan statistik prestasi memang ga masuk akal seorang Gasperini bisa membuat keajaiban. Tapi kita tidak pernah tahu invisble hand yang membuatnya menciptakan. keajaiban. 

So, kalau kita membandingkan pencapaian kita dengan orang lain yang terlihat wah dan jomplang banget memang bisa bikin stress. Itu juga yang dilakukan Gasperini. Dia ga peduli dengan luar biasanya prestasi lawan yang dihadapi. Dengan 'sumber daya seadanya', Gasperini mendapatkan ganjaran dari kerja kerasnya. 

Begitu juga dengan kita. Apa yang kita capai hari ini menjadi lebih baik dari kemarin adalah sebuah prestasi tanpa harus puyeng memikirkan hasil orang lain.

Rumput tetangga memang biasanya lebih hijau tapi rumput di depan rumah kita juga tidak akan pernah menghijau kalau kita sibuk mengintip halaman tetangga dan lupa merapikan rumput di halaman sendiri. 

Bukan begitu? 

Share:

Wednesday 22 May 2024

Step by Step Membuat Biolink di Canva

Pernah ga teman-teman pengen banget mencantumkan satu informasi sekaligus dalam entuk tautan tapi bingung gimana sih cara mengolahnya?

Kalau suka memperhatikan akun-akun sosial media, pasti ga asing lagi sama yang namanya Canva. Ya, kan?

Nah pada profil ig teman kita ga sedikit yang mencantumkan biolink yang kalau diklik, akan menampilkan halaman baru berupa tautan-tautan yang menuju link tertentu sesuai dengan kata kunci yang ditampilkan. 

Misalnya kalau kata kunci yang muncul adalah blog, maka ketika diklik akan mengarahkan kita pada blog, atau akun tiktok dan sebagainya.

Udah kebayang, kan?

 Ada banyak platform yang menyediakan biolink yang bisa kita gunakan. Mulai dari yang gratis sampai yang berbayar dengan berbagai fitur dan layanannya.  

Nah, gimana nih kalau kita bikin sendiri saja biolinknya? Gampang, dan ga pakai lama. kabar bagusnya, biolink uatan kita ini bakal original, unik dan ga pasaran. Ya karena kita sendiri yang bikin. Mau tau caranya?

Yuk, kita mulai sekarang.

Siapkan Slide/Canvas

Seperti biasa, kita uka Canva dulu dan pilih ukuran Yourstory.  Nanti kita akan diantarkan pada canvas/slide yang akan digunakan.  kalau lihat tampilan seperti ini, Canva memang menyediakan template yang bisa kita edit. Kita abaikan saja dulu bagia template ini, ya. Kita akan mengsi slide kosong dulu dengan latar yang akan kita tentukan.


Tentukan Konsep dan Warna 

Misalnya nih persona yang akan kita buat adalah seorang perempuan dewasa yang aktif di media sosial dan punya bisnis fashion store. Let's say namanya Alura Asterila. Mari kita panggil dia dengan nama kecil Ula.  

Hai Ula.... hihihihi

Ula lagi bingung gimana bikin biolink yang bakal dipakainya untuk branding dan promosiin bisnis toko fashionnya yang jualin produk-produk pakaian dan aksesoris buat perempuan. 

Nah, Ula ini fans berat warna ungu. Untuk itu dia memilih latar pada biolink yang akan dibuat dengan nuansa ungu. Untuk pemilihan latar kita pakai saja elemen yang sudah jadi. Misalnya begini.


Kalau sudah sreg, mari kita lanjut memilih elemen frame untuk membingkai foto profil dari Ula. Biar ga mainstream, saya pilih frame yang penjol-penjol (bukan pinjol, ya). Soalnya udah bosen sama frame bulat atau kotak hehehe

Untuk framenya saya salin jadi dua. Satunya untuk memeri efek bayangan pada frame Ula. Setelah menambahkan informasi yang kira-kira diperlukan (misalnya link blog, web, tiktok dan nomor kontak), seperti ini hasilnya.

Tentukan Informasi yang Akan Disajikan
Untuk informasi yang akan disajikan cukup ketik satu kali saja, nanti tinggal kita copy paste dan ubah dikit pada bagian teksnya. Kalau Semua informasi dan elemen tambahan lainnya yang dibutuhkan sudah cukup kita lanjut ke tahap berikutnya, ya.

Agar informasi pada box/kotak yang tersaji bisa diklik dan mengarahkan pada link tertentu, kita edit pada bagian teks. Pada kotak dialog yang ada magic write itu kan ada tanda titik tiga. Klik dulu di situ agar kita diantarakan pada instruksi selanjutnya untuk menyematkan link yang dituju. Lakukan hal yang sama untuk teks lainnya.

Khusus untuk informasi kontak, seperti ini cara menyematkan linknya (misalnya nomor WA). By the way ini nomor WA-nya saya buat asal aja, ya. 
Jadi ga akan nyambung ke nomor saya dan ga usah juga nyoba iseng ngontak nomor yang saya pakai sebagai contoh hahahaha.


Hampir selessai nih.   Kalau sudah oke dan siap untuk dishare kita akan buat desain di atas ini jadi sebuah biolink siap pakai. Gimana, deg-degan ga? 

Siap Dishare!
Kita klik tombol share di sudut kanan atas, nanti akan tampil seperti ini. Klik more.


Untuk bagin ini kita pilih saja opsi live web. 
Sebelum tampilan webnya tayang, kita bisa mengkustom nama tampilan webnya seperti ini. Tapi hati-hati ya jangan sampai typo. Soalnya susah untuk mengubah dengan nama kustomisasi lainnya. 

Teman-teman bisa coba cek di sini https://aluraasterila.my.canva.site/

Ini versi phone mobilenya:

Bakal hilang ga, linknya? Selama masih ada di akun Canva kita linknya bakal aman-aman saja. Saran saya untuk desain penting seperti ini, biar ga kesapu pas bersih-bersih kita simpan dalam folder terpisah dengan label PENTING, JANGAN DIHAPUS atau reminder lainnya yang mudah kita ingat.

Dengan biolink yang sudah dibuat seperti ini banyak banget benefit yang bisa kita dapatkan. Misalnya nih: 
  • Lebih efisien dalam membagikan informasi bisnis atau branding kit di sosial media dengan satu link saja
  • Media promosi bisnis yang sewaktu-waktu bisa kita edit pada bagian tertentu yang diperlukan
  • Sebagai media branding yang menarik dan profesional untuk membangun citra merek yang kuat dan kredibel
Sekarang giliran kamu buat mencoba versimu sendiri. Eh tapi kalau dirasa ribet dan males bikin sendiri, saya buka PO untuk kustom desain ini, ya. Feel free untuk kontak saya di efi.f62@gmail.com untuk diskusi

See you
Share:

Monday 20 May 2024

Danke, Terima Kasih Klopp

 Awal musim 2023-2024 ini, saya sama saja dengan fans Liverpool lainnya. Optimis menatap akhir musim dengan quadraple, hahahaha.

Iya, seperti yang kita saksikan. Liverpool malah jadi tim yang duluan  turun mesin. Setelah memenangkan piala Carabao yang suka diplesetin Piala Kebo atau Piala Ciki (Jadi ini ada Ciki rasa kaldu kebo? :D).

Mungkin juga faktor beban mental pasca pengumuman  Klopp beberapa waktu lalu yang bilang mau resign akhir musim ini. 

Ah, sudahlah. Life goes on.  Setidaknya saat partai pertandingan penutupan musim ini Liverpool udah ga othing to expect. Ga sengenes Arsenal misalnya yang poinnya cuma elisih satu dan masih berharap  'something turn back'. Jujur, dengan skuad Pep kayak gitu rasanya emang mustihil eh mustahil wkwkwkwk. Maafkan saya, Gooners.

So, marilah kita bahas acara farewell-annya Jurge Klopp setelag menunntaskan pekan ke-38 ini di kandang dengan menundukan West Bromwich Albion. Taruhan,  gank WBA lebih enjoy lihat ini daripada saudaranya  sesama (West)  Ham  United yang musti nyaksiin selebrasi juaraya Mpok Siti alias Machester City.  Muahahaha apaan, sih? Gariiiing!

Salut saya sama tim kreatifnya Liverpool yang menyiapkan acara penutup malam tadi. Sampai-sampai Klopp dan tim pelatihnya pake hoodie merah spesial buat menandai farewell-an itu. Cakep banget sih hoodienya? Ini yang punya instink bisnis ga akan bikin replikanya apa gitu buat dijual? :D


Selain selebrasi khas eaaa eaaa-nya Klopp, momen tergokil semalam adalah ketika Klopp ngajakin fans chanting buat calon penerusnya, Arne Slot. Hey, bahkan tim manajemen sendri belum meresmikan, Klopp udah bikinin chanting duluan.

Klopp udah bikin acara farewellan semalam jauh dari acara nangis-nangisan.  Entah ini acara apaan, sih, ya? Pokoknya homey, hangat dan bikin betah. Sepagian tadi saya teru nyariin vivdeo-video yang menceritakan farewellan-nya Klopp semalam.

Everybody Loves Klopp

Kalau dibilang ga ada yang nangis sebenernya enggak juga, sih. Trent Alexander Arnold dan Virgl Van Dijk tertangkap kamera , mata mereka berkaca-kaca. Klopp memang bukan cuma jadi sosok pelatih tapi juga sosok ayah di dalam dan di luar lapang terlepas dari keras kepala dan konflik yang pernah terjadi dengan pemainnya seperti Salah, misalnya.

Klopp juga dicintai oleh rival bahkan seorang Pep Guardiola masih sempat-sempatnya memuji Klopp sebagai rival terbaiknya disela-sela presskon juaranya Manchester City malam tadi. 

Bersinar Bersama Klopp

Manajemen Liverpool memang terkenal pelit dalam urusan belanja pemain. Tapi dengan ngorbitnya anak-anak muda produk akademi seperti Stefan Bajcetic, Hervey Elliot, Jarell Quansah, atau Connor Bradley adalah salah satu contoh polesan tangan midasnya Klopp. Ya walau saya masih gemes banget sih yak, kenapa sih Sang Pangeran C17 masih aja dimainkan walau tidak sesuai ekspektasi?

Rangkaian Titel Liverpool Bersama Klopp

Sempat menjadi impresi tersendiri dengan gaya gegen pressingnya, Di bawah kepemimpinannya, Liverpool meraih gelar Premier League yang telah lama ditunggu-tunggu pada tahun 2020. Ya walaupun sempet diledek itu piala covid katanya, ya. Tapi tidak mengubah fakta kalau Livepool adalah tim yang berhasil melalui badai wabah ini dan keluar menjadi juara sekaligus mememecahkan telur. Ya, kan?

Nah, anggap deh itu piala kberuntungan. Tapi  terlalu cetek kalau rangakaian piala lainnya berupa Liga Champions UEFA, 1 gelar Piala Dunia Antarklub FIFA, 1 gelar Piala Super UEFA, 1 gelar Piala FA, 1 gelar Carabao Cup, dan 1 gelar Community Shield adalah sebuah kebetulan. 

Danke, Kopp. Welcome Slot. Mudah-mudahan mati listriknya ga lama-lama, ya. Menyala terus Liverpoolku 
Share:

Thursday 9 May 2024

6 Peran Penting Perbankan Untuk Perdagangan Internasional

Siapa sih yang nggak suka belanja barang-barang keren dari luar negeri? Nah, perdagangan internasional nih yang bikin semua itu bisa terjadi. Bayangkan aja, kayak jembatan yang menghubungkan negara-negara di seluruh dunia, memungkinkan kita untuk saling bertukar barang, jasa, dan ide.

Seiring waktu, perdagangan internasional makin berkembang pesat. Layaknya  jaringan internet. Makin lama makin rumit dan canggih. Bukan cuma barang fisik lho, yang diperdagangkan. Jasa, investasi, dan teknologi juga jadi bagian penting.



Pernah dengar liberalisasi perdagangan? Nah, ini nih yang bikin perdagangan internasional makin bebas dan rame. Aturan dan hambatan antar negara dikurangi, jadi makin gampang buat jual beli barang dan jasa ke mana aja.

Ada banyak perjanjian yang bikin liberalisasi ini, kayak WTO, perjanjian regional, dan bilateral. Ditambah lagi, teknologi canggih kayak internet dan pesawat bikin semua makin mudah. Perusahaan dari seluruh dunia bisa lebih gampang masuk ke pasar global, jualan barangnya, dan berkolaborasi.

Tapi, di balik semua kemudahan itu, ada juga tantangannya. Risiko ekonomi dan politik, masalah lingkungan, dan sosial harus dihadapi. Di sinilah peran penting perbankan.

Perbankan menyediakan berbagai layanan keuangan dan solusi untuk membantu perusahaan menghadapi tantangan ini. Contohnya, membantu mengelola risiko, memperluas akses pasar, dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

So, perdagangan internasional tuh kayak jalan tol global yang menghubungkan ekonomi seluruh dunia. Makin bebas, makin rame, dan makin banyak peluang. Tapi, tetap harus hati-hati sama rambu-rambunya biar perjalanannya lancar dan aman.

Untungnya, ada perbankan yang berperan bagaikan jembatan di balik layar, menghubungkan para pelaku bisnis di berbagai negara dan melancarkan arus barang dan jasa.


Apa saja yang dilakukan perbankan?

1. Memudahkan Transaksi
Transfer dana antar negara jadi cepat dan mudah. Selain pembiayaan dan layanan pembayaran, perbankan juga menawarkan berbagai produk dan layanan lainnya yang mendukung transaksi perdagangan internasional.

Misalnya nih, layanan pengelolaan risiko valuta asing, di mana bank membantu pelaku perdagangan untuk melindungi diri dari fluktuasi nilai tukar mata uang asing yang dapat mempengaruhi harga barang dan layanan yang diperdagangkan.


2. Melindungi dari Risiko dalam Perdagangan Internasional


Pernah bayangin ga, pas  mau beli barang dari luar negeri, tapi bingung cara bayarnya? Nah, di sinilah peran penting pembiayaan perdagangan internasional.

Agar  transaksi tetap aman dan lancar, bank punya layanan khusus yang disebut trade finance. Salah satu yang paling terkenal adalah letter of credit (LC). Bayangkan LC ini kayak jaminan dari bank, jadi kita  (sebagai eksportir) pasti dibayar setelah barang dikirim, dan pembeli (importir) pun tenang karena barangnya pasti diterima sebelum bayar.

Bank juga membantu mengelola risiko nilai tukar mata uang dan asuransi perdagangan. Jadi, nggak perlu khawatir rugi gara-gara nilai tukar berubah atau ada masalah saat pengiriman.


3. Menangani Risiko Perdagangan Internasional 

Tau gak sih, salah satu kendala terbesar dalam perdagangan internasional adalah nilai tukar mata uang yang suka naik turun? Bayangin aja mau beli barang dari luar negeri, eh pas mau bayar, harganya jadi jauh lebih mahal karena nilai tukarnya berubah.

Tenang aja, bank punya solusinya! Ada layanan pengelolaan risiko valuta asing, di mana bank membantu untuk mengunci nilai tukar di waktu tertentu. Jadi, gak perlu khawatir harga barang jadi mahal gara-gara nilai tukar berubah.

Selain itu, bank juga menawarkan asuransi perdagangan internasional. Asuransi ini melindungi pemilik dana dari berbagai risiko, seperti kegagalan pembayaran, kerusakan barang, bahkan risiko politik di negara tujuan.

Dengan layanan-layanan ini, kita bisa berdagang internasional dengan lebih tenang dan bebas hambatan. Gak perlu was-was lagi deh.

4. Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan SDM
Tau, ga? bank bukan cuma tempat nabung dan pinjam uang? Bank juga punya peran penting dalam membantu yang ingin berdagang internasional.

Gimana caranya? Bank sering mengadakan seminar, workshop, dan pelatihan khusus tentang perdagangan internasional. Di sini, siapa saja bisa belajar banyak hal tentang kebijakan perdagangan, keamanan perdagangan, dan negosiasi lintas budaya.

Lebih kerennya lagi, bank juga bisa membantu  kita juga lho untuk kuliah di bidang perdagangan internasional. Bank bekerja sama dengan universitas untuk menyediakan program sarjana dan magister yang fokus pada ekonomi global, hukum perdagangan internasional, dan strategi bisnis internasional.



5. Mendukung Pertumbuhan Ekonomi Global

Pernah bayangin mau berdagang ke luar negeri tapi modalnya terbatas? Nah, di sinilah bank hadir sebagai jembatan modal untuk bisnismu!

Bank menyediakan berbagai fasilitas pembiayaan seperti letter of credit (LC) dan pembiayaan ekspor-impor. Dengan fasilitas ini, kita bisa mendapatkan dana yang diperlukan untuk melakukan perdagangan lintas batas.

Gimana caranya? Bank akan menjamin dana kita kepada pihak lain, sehingga kita bisa membeli barang dari luar negeri dengan lebih mudah dan aman.

Contohnya nih, kalau ingin bertransaksi impor barang dari China. Seperti yang kita tahu, kalau negara ini adalah salah satu negara tujuan perdagangan utama banyak negara. Nah, dengan pembiayaan perdagangan dari bank, kita bisa membeli barang dari China dengan lebih efisien dan lancar.

Dengan begitu,  aliran barang dan jasa di pasar global semakin lancar, produktivitas meningkat, dan ekonomi pun bertumbuh.

6. Menjaga Stabilitas Keuangan:

Sebagai penyedia layanan keuangan terpercaya, bank punya banyak cara untuk membantu  pelaku usaha yang ingin berdagang internasional.

Bank menyediakan berbagai layanan yang bisa membantu untuk meningkatkan pengetahuan dan skill di bidang perdagangan internasional, mendapatkan modal, mengamankan dana, dan mengelola risiko. Dengan memanfaatkan layanan bank,  membuat berdagang dengan lebih mudah, aman, dan lancar.

Yuk, kembangkan bisnismu ke luar negeri bareng bank!

Jangan lupa untuk selalu ikuti perkembangan terbaru dalam dunia perdagangan internasional.
Share:

Wednesday 8 May 2024

5 Band Rock Ballad 80-90an Favorit Pada Masanya

Beberapa waktu yang lalu di lini masa sosmed saya tiba-tiba diramaikan oleh postingan lagu-lagunya FireHouse. There must be something. Begitu yang saya pikirin. Entah ada sesuatu dengan salah satu personilnya atau rencana tur konsernya.

Ga perlu waktu lama untuk tahu ternyata dibalik ramainya postingan lagu-lagu FireHouse yang tiba-tiba meramaikan lini masa adalah meninggalnya sang vokalis, CJ Snaire.

Time flies. 

Tiba-tiba aja saya teringat kenangan saya di tahun 94an. Pas SMA kelas 1 dan lagi doyan-doyannya dengerin radio, rikues lagu plus ini nih, jadi anak nongkrong di MTV. Hayo, siapa yang sama kayak saya?

Nah, waktu itu lagu-lagu FireHouse termasuk yang lagi hype terutama yang judulnya I Live Life for You.

Tahun segitu, band-band cowok emang identik dengan rambut-rambut gondrong atau panjangnya kayak perempuan sekaligus bikin minder karena kok ya, mereka rambutnya tampak sehat terawat dan shining shimering gitu? .

Misalnya Nuno Bettencourt yang senyumnya bikin para ciwik-ciwik ngehayal lagu dilamar dengan lagu More Than Worldnya itu.  Kalau kata Rose, "I am flying, Jack" 😅🤣 

FireHouse

Balik lagi sama FireHouse,  selain I Live My Life for You, beberapa lagu dari FireHouse yang juga sempat ngehits antara lain nih: Here for You (swear deh, di video ini CJ tampak cakep dan charming dengan rambut klimisnya yang diikat ke belakang), When I Look into your Eyes (ini cocok buat jadi lagu wajib cowok-cowok ngegombal pada masa itu), Love of Lifetime dan lagu-lagu lainnya.

CJ Snare punya bestie di band ini yang masing-masing piawai dengan alat musing pegangannya. Sebagai gitaris ada Bill Leverty, drummer Michael Foster, dan bassist Perry Richardson yang sudah nge-band bareng sejak jaman dulu. Kecuali Perry, yang keluar dari band ini pada tahun 2000.FireHouse  sempet bingung nyari bassist baru sampe akhirnya dapet Allen McKenzie di tahun 2004.

Selain musik pop, di tahun 90an lagu-lagu rock ballad lainnya jadi primadona pada tahun itu. Sebenernya ada banyak band 90an dengan genre musik ini. Tapi marilah kita fokus pada 4 band lainnya saja, ya. Kalau semuanya dibahas bisa jadi buku hehehe

Mr Big

Inget Mr Big saya ingetnya sama Erick Martin yang relatif awet muda dan si kalem drummernya mendiang Pat Torpey. Band ini pernah tur ke Indonesia di tahun 90an. Waktu pre tournya sempat jadi bahan liputan di majalah Hai dengan edisi khusus. Bahkan ada buklet khusus yang bahasin diskografinya mereka.

Saya sampai bela-belain beli majalahnya dan it's oke ga jajan hahaha. Jangan tanya di mana keberadaan majalah itu sekarang. Hiks, sayang banget, ya?

Beberapa lagu favorit dari mereka versi saya antara lain Wild Wild Word, Going Where the Wind Blow (duh ini  lagu dari band-band luar dengan versi akustikan  yang masuk list  saya suka). Selanjutnya masih ada  To be With You (ah ini sih emang lagu kojonya mereka, ya?) serta masih ada Just Take My Heart dan lagu-lagu lainnya. Gokil sih band ini.

Erick juga pernah punya  beberapa single  seperti I Love the Way You Love Me (OST Mad About You yang juga dinyanyiin kembali sama Boyzone) serta beberapa cover version dari lagu-lagu populer lainnya  seperti Hero-nya Mariah Carey, First Love dar Utada Hikaru, dan Eternal Flame dari The Bangles.

Awalnya personel band ini diisi oleh Eric Martin sebagai vokals lalu ada Billy Sheehan (bas), Paul Gilbert (gitar) dan Pat Torpey (drum).Pat Torpey meninggal dunia pada 2018 akibat komplikasi penyakit parkinson. Dalam beberapa tur mr Big di kemduian hari, Matt Starr yang juga fans berat Torpey menggantikan posisinya. Cuma belum diketahui statusnya Matt di sini apakah sebagai personil tambahan secara temporer atau sudah resmi sebagai personil tetap. 

Dibanding tim Mr Big lainnya, Matt adalah pemain yang paling mua, usianya baru 53 tahun. Baru? Iya, karena personil lainnya usianya udah sangat senior. Eric sudah berusia 63 tahun, Billy Sheehan 71 tahun dan Paul Gilbert yang usianya paling dekat dengan Matt, 58 tahun.

Btw kalau lihat fotonya Matt ini saya kok jadi nget sama karakter Dr Strange, ya? :)

Def Leppard

Inget band inipasti ngeklik sama hitsnya mereka yang sempat booming pada waktu itu. When Love and Hate Collide.

Dengan Joe Elliot sebagai vokalis, cowok-cowk asal Yorkshire Inggris ini digawingi personel lainnya yang membuat suguhan musik mereka jadi kolab yang apik. Rick Savage (bass), , Phil Collen (gitaris) dan Vivian Campbell (gitaris) dan Rick Allen (drum). 

Special note buat saya di sini adalah Rick Allen yang menabuh drum dengan satu tangan saja. Ia kehilangan satu tangannya setelah sebuah kecelakaan menimpanya pada tahun 1984. Tapi hal itu tidak membuatnya menyerah. Drum set yang dimainkannya dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ia tetap bisa menabuh drum dengan performa terbaiknya. Keren, ya?

White Lion

Nah inget band ini emang jadi inget sama Ayu Azhari hahaha. Sang vokalis yaitu Mike Tramp menikah dengan Ayu Azhari pada tahun 2010.

Salah satu lagu White Lion yang jadi hits pada masanya "You're all I Need diremake dengan versi lokalitasnya Indonesia. Ga nyangka kolabnya jadi seindah ini :)


Selain Tramp, masih ada personil lainnya yang membuat lagu-lagu White Lion disukai para fansnya di dunia. Mereka adalah Vito Bratta (gitar) Nicki Capozzi (drum) dan Felix Robinson pada bassist. 

Selain You're all I nedd lagu lainnya dari white lion yang populer adalah When The Children Cry. Punya lagu favorit lainnya ga dari band ini?

Bon Jovi

Ngomongin musim rock 80-90an eang ga bisa lepas dari man band yang satu ini. Band rock legendaris Bon Jovi, dipimpin oleh Jon Bon Jovi (yang jago nyanyi dan main gitar), Richie Sambora (gitaris keren), Tico Torres (jagoan drum), David Bryan (maestro keyboard), dan Hugh McDonald (bassist handal). Nggak lupa, ada juga Alec John Such, yang dulu pernah jadi anggota band ini.

Buat anak 90an, siapa sih yang ga famliar dengan  "Livin' on a Prayer" dan "You Give Love a Bad Name"? Auto ikut nyanyi deh kalau deger launya diputer. 

Buat mood booster,  "It's My Life" dan "Wanted Dead or Alive" kayaknya lumayan jadi trigger  bikin kita loncat-loncat. Tapi tau diri aja ya kalau sekarang mah, jangan sampai encok-encoknya kumat atau pingganganya kayak keplintir hahaha.


Share:

Tuesday 7 May 2024

Membuka Kantor Cabang Baru: 6 Tips Sukses untuk Acara Pembukaan yang Berkesan

Membuka kantor cabang baru adalah langkah besar bagi sebuah perusahaan. Biasanya ini dilakukan sebagai usaha untuk ekspansi, pertumbuhan, serta komitmen untuk lebih dekat dengan pelanggan. 
Acara pembukaan kantor cabang baru juga jadi  kesempatan emas untuk memperkenalkan diri kepada komunitas lokal, membangun jaringan, dan meninggalkan kesan pertama yang positif. Inget kan ya sama tagline ini: 

The Grand Entrance Starts Here

Selain itu tau ga sih kalau ternyata dengan membuka kantor cabang baru juga bakalan membuka peluang untuk mengakses sumber daya dan pasar lokal yang unik. Soalnya, dengan mendekatkan diri dengan pasar yang berbeda secara geografis, perusahaan jadi bisa mudah menyesuaikan produk, layanan, dan strategi pemasaran mereka dengan kebutuhan dan preferensi lokal.

Untuk menyelenggarakan acara yang sukses membutuhkan perencanaan dan persiapan matang.  Berikut 6 tips untuk membantu Anda mengadakan acara pembukaan kantor cabang baru yang berkesan dan tak terlupakan:

1. Tetapkan Tujuan dan Susunan Acara yang Jelas

Apa saja sih yang ingin  dicapai dengan acara ini? Misalnya nih, apakah untuk menarik pelanggan baru? Menjalin hubungan dengan komunitas lokal, atau barangkali mempromosikan produk dan layanan dari perusahaan?
Jangan lupa juga tentukan siapa saja yang jadi  target audiens acara dan apa yang mereka harapkan dari acara ini.
Kalau semuanya sudah terpetakan, Buat deh  susunan acara yang menarik dan informatif. Pastikan juga perencanaan  waktu, tempat, dan logistik yang pas antara kesiapan pihak perusahaan dan situasi di lapang, ya.

2. Pilih Lokasi yang Tepat

Ini adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Lokasi harus mudah diakses oleh tamu undangan dan mencerminkan citra perusahaan Anda. Jika lokasinya sulit dijangkau, audiens yang disasar malah jadi batal untuk hadir.  Lakukan juga survey on the spot alias survey lapangan untuk mengetahui kapasitas venue acara dan fasilitas yang bisa diberikan untuk mereka selama acara berlangsung. 

Penting juga nih untuk memperhatikan aspek-aspek logistik seperti waktu, tempat, dan kebutuhan teknis.
Selain itu, mempertimbangkan audiens yang akan hadir dan kebutuhan mereka juga krusial. Misalnya, acara nanti akan dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dalam industri atau komunitas lokal, susunan acara harus dirancang sedemikian rupa agar dapat memenuhi harapan dan kebutuhan mereka. Semakin memadai dan atraktif tentunya mereka akan bersemangat untuk hadir. 

Oiya, siapkan juga tim kreatif kantor untuk memberi sentuhan dekorasi acara yang estetis, ya. 


3. Siapkan Souvenir yang Berkesan
Simple memang tapi ini juga ga bisa asal milih. Dengan souvenir yang berkesan akan memberikan kesan positif bagi para audiens yang hadir.  Pilihlah souvenir acara kantor  yang berkualitas, relevan dengan jeis produk dan niche/segmen pasar serta memiliki nilai praktis. Misalnya  pulpen, kalender, atau tas jinjing yang dapat digunakan sehari-hari.

Souvenir semacam itu akan lebih cenderung dipertahankan oleh para tamu dan dapat terus mengingatkan mereka akan keberadaan kantor cabang baru dan hubungannya dengan perusahaan.Agar lebih unik, personalisasikan souvenir dengan logo dan nama perusahaan. 


4. Siapkan Tenaga Kerja yang Cukup
Buatlah estimasi  jumlah tenaga kerja yang  mendukung acara  ini bisa berjalan  dengan lancar.
Kalau perlu buatlah serangkai latihan untuk kru acara tentang protokol dan prosedur yang berlaku serta product knowledge yang mumpuni. 

Kecakapan mereka saat melayani pertanyaan audiens akan semakin menambah kesan positif bagi perusahan.  Kecakapan yang dibutuhkan misalnya cara berinteraksi dengan tamu undangan, kemampuan komunikasi yang efektif, atau pengetahuan tentang produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan. 


5. Siapkan Area Khusus untuk Karangan Bunga
Karangan bunga adalah simbol penghormatan dan selamat datang bagi tamu yang datang.Siapkan area khusus untuk menempatkan karangan bunga dengan estetika yang menarik. Pastikan area tersebut terlihat oleh tamu undangan.

Untuk mempermudah persiapan acara, kita  bisa menggunakan jasa toko bunga. Dengan memanfaatkan jasa profesional dari toko bunga, misalnya yang berlokasi di Jakarta.
Perusahaan dapat memastikan bahwa karangan bunga yang dipesan memiliki kualitas yang prima dan sesuai dengan tema serta preferensi yang diinginkan Biasanya,  toko bunga Jakarta umumnya menawarkan berbagai pilihan desain dan variasi karangan bunga yang dapat disesuaikan dengan gaya dan konsep acara. Perusahaan punya banyak opsi untuk memilih karangan bunga yang paling sesuai dengan citra dan pesan yang ingin disampaikan.


6. Manfaatkan Media Sosial
Saat ini media sosial punya peran penting untuk awareness dan menjangkau lebih banyak orang, tereutama bagi mereka yang  jauh dari jangkauan perusahaan  namun punya sisi potensial yang belum terjangkau. Dengan menggunakan media sosial jadi tool yang sangat membantu  mempromosikan acara perusahaan dan menarik minat calon undangan. 

Selain itu, tim media sosial pun bisa membagikan foto dan video dari acara tersebut secara real-time.
Jangan sampai kelewat ini untuk menggunakan hashtagh yang relevan untuk acara.

Tips-tips di atas tadi akan sangat membantumu lho untuk  menyelenggarakan acara pembukaan kantor cabang baru yang sukses dan berkesan. Seperti yang sudah dibahas di atas tadi, acara ini akan menjadi kesempatan emas untuk membangun hubungan yang kuat dengan komunitas lokal dan meningkatkan brand awareness perusahaan.

O, iya. ada beberapa tips tambahan untuk mensukseskan acara ini: Promosikan juga acara ke media lokal. Jika perlu, libatkan juga para  influencer. 

Last but not least, Berikan ucapan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu Anda menyelenggarakan acara tersebut.

 Good luck, ya. 

Share:

Sunday 5 May 2024

Bisnis Maklon: Cara Jitu Kembangin Usahamu Tanpa Repot!

Di era serba cepat ini, tidak sedikit pengusaha yang pengen cepet-cepet cuan. Tapi, kendalanya apa sih? Modal terbatas. Mau bikin pabrik ga ada lahan. Kalau pun mau membangun gedungnya banyak yang harus dipikirin Ya lahan, ya perizinan membangun, membayar jasa konstruksi dan sebagainya. Itu pun masih lanjut mikiri mesin-mesin produksi dan printilan lainnya. Ah, ribet, ya. Pening? ..

Jangan dog kan mau cuan hehehe. Short cut alias jalan pintas yang bisa diambil adalah dengan menggunakan jasa maklon!

Apa sih, Jasa Maklon Itu?

Mari bayangkan. Kita udah punya ide produk keren. Dah perfect deh setelah bikin riset ini itu. CUma ya itu, mentok sama yang namanya produksi. Nah, di sinilah jasa maklon hadir.  
Jasa maklon adalah layanan dari perusahaan yang siap membantu untuk memproduksi barang sesuai dengan desain dan spesifikasi yang kamu inginkan. Tinggal kasih tau mereka, kita tuh  mau bikin apa. Nanti mereka yang urus semuanya, mulai dari bahan baku, proses produksi, sampe packaging. Asik, kan?

Kenapa sih harus pake jasa maklon?

Banyak banget keuntungannya lho! 
Pertama, kita bisa hemat waktu dan biaya. Seperti yang udah kita bahas di atas. Ga perlu capek-capek bangun pabrik, beli mesin, dan rekrut karyawan. Tinggal duduk manis, ide kamu langsung jadi produk, for real 
Kedua, lebih fleksibel dalam perencanaan. Mau ubah desain atau nambah produk baru? Gampang banget! 
Ketiga, kita juga bisa fokus ke hal lain. Ga perlu pusing mikirin produksi, kamu bisa fokus ke marketing, branding, dan pengembangan bisnis.

Peluang usaha apa aja sih yang bisa pake jasa maklon?

Banyak banget! Nih, contoh-contohnya.

Fashion: 
Pakaian, tas, sepatu, aksesoris. Cocok banget buat  yang punya bakat desain tapi ga punya modal bikin pabrik sendiri. Industri fashion adalah salah sektor usaha yang punya kecenderungan trend yang cepat berubah. Sambil tetap mempertahankan kontrol kualitas dan merek, dengan adanya jasa maklon fashion, pemilik brand bisa mempercepat time-to-market produk. Tidak perlu menunggu pembangunan atau pengoptimalan fasilitas produksi internal.

Kosmetik: 
Skincare, makeup, parfum. Buat  yang pengen punya brand kosmetik sendiri tanpa ribet ngurusin izin dan regulasi. Kebantu banget deh dengan adanya jasa maklon kosmetik
Dengan menggunakan jasa maklon, merek kosmetik juga bisa mengurangi risiko terkait dengan produksi. Soalnya pihak maklon biasanya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam memproduksi produk kosmetik yang sesuai dengan standar keamanan dan regulasi yang berlaku.

Makanan & Minuman: 
Camilan, minuman kekinian, catering. Pas nih, buat  yang punya resep rahasia tapi ga punya dapur produksi yang memadai. 

Pihak maklon biasanya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam memproduksi cemilan dengan kualitas yang konsisten dan sesuai dengan standar keamanan pangan yang berlaku.

Tas: 
Punya ide seabrek untuk desain tas tangan, tas ransel, tas selempang? Ga usah puyeng mikirin membangun pabrik tas.  No worry lagi dengan jasa maklon. Bisa terwujud segera.  
Salah satu keuntungan utama dari menggunakan jasa maklon untuk produksi tas adalah kemampuan penyedia untuk memperluas lini produk dengan cepat. Mereka lebih aman dari risiko  mengalami penundaan yang terkait dengan pengembangan fasilitas produksi internal. Dengan bantuan jasa maklon, emilik brand  bisa lebih responsif terhadap tren mode yang berubah dengan cepat dan permintaan pasar yang fluktuatif.


Oke, oke. Ngerti deh. Lalu gimana sih cara memulai bisnis maklon?

Gampang kok! Pertama, cari tau dulu jenis produk yang akan dibuat. Kedua, cari penyedia jasa maklon yang terpercaya. Pastikan mereka punya reputasi yang baik dan pengalaman di bidangnya.  Ketiga, diskusikan desain dan spesifikasi produk dengan penyedia jasa maklon. Keempat, buat kontrak perjanjian yang jelas. Kelima, monitor proses produksi secara berkala. Keenam, pasarkan produk  dengan kreatif.

Kesimpulannya nih, jasa maklon adalah solusi tepat buat kamu yang pengen punya bisnis sendiri tanpa ribet. Dengan memanfaatkan jasa maklon, kamu bisa fokus ke hal-hal yang lebih penting dan dapat cuan lebih cepat! So, tunggu apa lagi? Yuk, mulai bisnis maklonmu sekarang!
Share:

Saturday 4 May 2024

Ide Bikin Desain Undangan Pernikahan di Canva

 Biasanya setelah Syawal, undangan resepsi pernikahan bakal ramai-ramai kita terima. Momen pasca lebaran atau Syawal memang jadi salah satu 'season favorit untuk melaksanakan resepsi pernikahan terutama bagi masyarakat muslim di Indonesia.

Ada beberapa alasan kenapa bulan ini jadi waktu yang dianggap paling pas. Antara lain:

Waktu yang Pas Buat Ngumpulin keluarga

Momen lebaran yang jadi waktunya silaturahmi keluarga besar jadi ajang ya udah sekalian aja kita hajatan. Buat sebagian orang memang ga gampang buat ngumpulin semua sanak saudara terhimpun dalam satu momen.  

Waktu almarhum Apa (ayah saya) masih ada, pernah tuh kami sekeluarga menyengaja pergi ke Tasik kampung halamannya Mama untuk berlebaran pada hari pertama. Di perjalanan ada beberapa janur kuning yang terpancang di depan gang masuk.  Saya belike wow, kepikiran ya, nikah di hari lebaran. Pasti riweuh tuh malam harinya disambung pagi hari abis shlat ied lanjut dengan akad nikah. 

Tapi mungkin buat mempelainya jadi momen yang ga bisa dilupakan. Satu hari mereka bakal cerita sama anak cucunya

 "Tau ga, sih Mama/Papa atau eyang nikahnya pas hari lebaran. Orang lain abis ied makan opor kami malah riweuh dandan buat persiapan akad."

 Libur Lebaran Pas buat Cuti

Nah, kalau ambil cuti nikah cuma buat seminggu, kira-kira bisa ga ya dirapel jadi dua minggu gitu  sekalian nikahan? Hahaha. Bisa ya bisa juga enggak. Tapi semisal kerja di sekolah yang biasanya ngikut libur murid-murid ya momen ini pas banget.

 Kondisi Budget Menundukung 

Lebaran identik dengan banyak uang. Entah itu dengan THR atau panen dari pelaku usaha karena jualannya laris manis. Namun dalam beberapa hal, harga-harga pasca lebaran juga lumayan merangkak naik, terkecuali kalau sudah DP.  Sementara buat undangan juga bisa sedikit royal ngasih angpaw. Ya, kan? 

Bikin Undangan Digital

Nah ngomong-ngomong soal undangan mungkin nih  ada yang lagi riweuh nyiapin persiapan resepsi pernikahannya? Hey, selamat, ya. Semoga lancar sampai hari H. Meski bulan Syawal udah hampir lebaran, tapi hawa-hawanya masih terasa, ya.

Ngomongin soal undangan pernikahan, selain dalam bentuk fisik ga jarang kita juga menerima undangan pernikahan dalam bentuk digital. Cara ini lebih simpel dan hemat waktu, biaya dan tenaga karena ga harus ke sana kemari nganterin undangan. Ya, kan?

Buat temen-temen yang lagi nyiapin resepsi pernikahan dan kepikiran bikin undangan digitalnya, bisa banget nih bikin sendriri undangannya pake Canva.

Klasik & Modern

Padukan nuansa tradisional dan modern dalam undanganmu. Batik atau kaligrafi Arab berpadu dengan font minimalis bakal bikin desain undangan tetap terlihat elegan dan keren. 

Bunga-bunga Manis

Pecinta bunga wajib banget coba desain floral chic. Bunganya yang cantik bakal jadi simbol cinta di pernikahanmu. Warnanya yang cerah bakal semarakkan suasana.

Nuansa Bohemian

Kalo suka gaya bohemian, desain dengan sentuhan boho bakal bikin undanganmu unik dan menarik. Motif dengan sentuhan hijau dan gold menciptakan nuansa natural dan earthy.

Minimalis & Modern

Gaya simpel dan elegan? Minimalis modern jawaranya! Gunakan font bersih dengan warna netral biar terlihat classy, plus tambahkan sentuhan personal yang bikin spesial.

Biar makin istimewa,  kita bisa menambahkan sentuhan personal berupa foto mempelai  atau ilustrasi kisah sampai menuju jenjang pernikahan. Hampir lupa. Kutipan atau lagu cinta favorit bisa memberi sentuhan romantis dan menyentuh, lho. 

Gimana? Sudah punya ide untuk desain wedding invitationnya? 

Kamu juga bisa nunjukkin beberapa desain undangan yang jadi referensi terus rikues jasa desain custom dengan sedikit. modifikasi sesuai imajinasimu.

Selamat berbahagia, ya. 





Share: