Thursday 20 June 2024

5 Fans TimnasTerbesar di Euro 2024

 "Oranje! orange! "

Ada yang udah pernah lihat video yang nunjukin kekompakan suporter Belanda meneriakan yel-yel alias chanting buat timnasnya? Saya dibuat amaze waktu lihat videonya. Diambil dari angle eagle eye (dah pasti pake drone ini mah) massa yang berkumpul itu banyaaaak  banget. Dan bisa-bisanya mereka kompak teratur gitu. 

Di tengah euforia penyelenggaraan Euro 2024, peran penting para suporter emang ga bisa dilewatkan begitu saja.  Bisa dibilang kalau mereka adalah pemain ke-12 dalam setiap pertandingan. Makanya waktu wabah covid melanda dan pertandingan bola yang diselenggarakan minus penonton itu rasanya garing banget. Ga seru. 

Para Tetangga

Sebuah kebetulan dalam penyelanggaraan Euro kali ini hampir semua negara-negara yang berbatasan dengan Jerman lolos untuk tampil dalam babak penyisihan grup yang terbagi dalam 6 grup. 

Dari kesembilan negara-negara. berikut, hanya Luxemburg saja yang absen. Kedekatan wilayah secara geografis membuat para pendukungnya jadi lebih mudah untuk datang dan memberikan dukungan bagi tim nasionalnya. 

Untuk sampai ke Jermam dari 8 negara ini bisa ditempuh dengan jalur darat atau udara. Via darat bisa ditempuh juga dengan kereta, bus dan taksi. Semisal dari Amsterdam ke Berlin bisa ditempuh dengan durasi 6 jam kurang sedikit atau sekitar 1 jam dengan pesawat. 

Sebenarnya suporter timnas di Eropa yang dikenal paling militan adalah timnas Inggris. Namun aksi para Het Orange Legioen alias fans timnas Belanda beberapa waktu lalu paling  menyita perhatian. Mereka emang gokil banget. 


Mari kenalan dengan para fans biar lebih akrab. 

5 Negara Eropa dengan Dukungan suporter Terbesar

1. Inggris

Seperti yang udah saya bilang sebelumnya, para holigan (julukan suporternya) menempati urutan pertama yang fanatismenya tinggi. Dalam setiap pertandingan di liganya, tingkat keterisin kursi di stadionnya bisa mencapai 99% persen. 

Posisi tribun yang dekat dengan tepian lapang juga jadi sisi lain yang menarik dari pertandingan di liganya. Jangan khawatir, walaupun jarak penonton dengan lapang sangat dekat, para penontonnya sangat anteng dan tertib. 

Sedekat ini batas tribun dan tepian lapang

Baca juga https://www.catatan-efi.com/2024/01/5-hal-tentang-jurgen-klopp-yang-bakal-dikenang-fans.html

Basis suporter terbesar dari timnas ini ada di Liverpool dan Manchester yang merah alias Menchester United. 

2. Italia

Setelah Inggris, menyusul di peringkat kedua adalah Italia. Kalau timnasnya mendapat jululan Gli Azzuri, maka Ultras adalah sebutan yang lekat dengan para pendukungnya.  

Jadi pengen nyeduh Capucino ga nih?

Fans dari timnas ini sebagian besar terkonsentrasi di klub-klub besar seperti AS Roma, Juventus dan Milan. Tingkat keterisian kursi penonton dalam setiap pertandingan di liganya adalah 93%.

3. Belanda

Jika timnasnya mempunyai julukan Oranje dan Het Nederlands Eftal (Dutch Eleven) para fansnya disebut dengan Net Orange Legioen. Wih, namanya kayak barisan tentara kompeni atau VOC ya? 😄

Menyala gaes

Para meneer-meneer fans setia dari tim berkaus orange ini paling banyak berasal dari klub Ajax Amsterdam. Sementara itu dalam setiap pertandingan di liganya, persentase keterisian bangku penontonya sekitar 89%.

4. Spanyol

Kalau inget Spanyol bayangan kita adalah atraksi matador dengan bantengnya yang fenomenal. itu, ya. Seperti atraksi bantengnya yang identik. dengan warna merah, timnas Spanyol ini punya julukan La Furia Roja alias Si Murka Merah. Julukan lainnya adalahLa Furia Espanola. 

Cewek-cewek Spanyol di tribun penonton

Spanyol adalah rajanya turnamen sepak bola internasional! Bayangin aja, Spanyol berhasil menjuarai  Euro 2008, Piala Dunia FIFA 2010, dan Euro Euro 2012. Bayangin! 3 turnamen dimenangkan secara berturut-turut. Keren ga, sih?

Sampai saat ini belum ada timnas lain yang bisa menyamai rekornya Spanyol.  Sebuah kebanggaan bagi para fansnya. Oiya, basis massa suporter terbanyaknya ada di klub Real Madrid, Atletico Madrid, Barcelona serta Valencia. 

5. Jerman

Sebagai tuan rumah penyelenggaran Euro kali ini, Jerman juga punya basis fans yang tidak kalah militan.  Ada sekitar 85% bangku yang terisi dalam pertandingan di liganya. Timnas yang punya julukan Die Manschaft  & Der Panzer ini punya basis massa suporter terbanyak berasal dari Bayer Munich, Borusia. Dortmund. serta Hertha Berlin. 

Jerman, makin lama makin panas

Selain kelima negara di atas, ada juga timnas Perancis berjuluk Les Bleus ini pun tak kalah militannya dalam hal dukungan penonton. Rasisme dan sentimen etnis yang tinggi tidak. mengurangi kecintaan suporternya meski para pemainnya banyak yang berasal dari latar etnis yang beragam. 


Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.