Monday 1 July 2024

5 Kuliner Ini Mudah dijumpai di Kota-kota Besar

Waktu lagi nulis ini saya lagi merasa lapar dan mikir enaknya makan apa ya? Mau masak males mana air di rumah lagi seret. Harus dihemat san salah satunya ngurangin pemakaian air dari perkakas dapur yang dipakai masak. Muehehe 

Kalau lagi lapar gini biasanya ga jauh dari bakso atau nasi padang. Ya ga, sih? Trus kalau makan bakso kayaknya ga afdol atau kurang kenyang kalau ga ditambahin sama nasi. Ini kayaknya terpengaruhi omongan ortu kita kalau mau makan bakso harus sama nasi. 

Indonesia banget ya, ga makan nasi ya sama aja belum makan. Walau udah ngemil gorengan 3 biji plus 2 buras hahaha Buset dah (kata yang komen). 

Bukan cuma nasi padang aja yang setia (setiap tikungan ada) tapi juga makanan-makanan ini mudsah ditemui di setiap kota. 

Kupat Tahu Singaparna

Kupat atau ketupat ya sama aja. Kosa kata bahasa sunda menyebut ketupat ya jadi kupat. Bukan di Bandung aja, tapi juga di kota-kota lainnya kalau mau makan kupat ini yang paling mudah ditemui ya kupat tahu singaparna. 

Unik ya, padahal kan wilayah Tasikmalaya bukan Singaparna aja. Kupat tahu Singaparna berasal dari daerah Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. 

Di sinilah resep dan tradisi penyajian kupat tahu ini berkembang dan menjadi ciri khas daerah tersebut. Ditambah lagi jiwa dagang orang Tasik yang senang mengembara seperti halnya orang- orang Padang membuat kupat tahu jadi dikenal di banyak wilayah di Indonesia. Mana lagi rasanya emang enaaaak banget. Klop. Jadi deh kupat tahu ya identik sama kupat tahu singaparna. 

Gudeg Jogja
Ini juga banyak ditemui di berbagai daerah. Waktu saya kuliah di Unisba dulu ada mobil dagang khusus yang menjual gudeg. 

Tempat mangkalnya di depan  pos menwa, deket persimpangan yang menuju jalan Sawung Galing (ke kanan) dan ke kiri yang menuju Balubur. Hehehe jadi kayak geografi mini alias g map, ya? 

Ada yang udah pernah nyicipin gudeg Jogjanya Unisba ini? Kalau lagi jam makan siang tempatnya bisa ramai dan penuh. Emang enak sih gudegnya. Kalau maen-maen ke Bandung sempetin deh cicipin gudegnya Babeh ini. 

Pempek Palembang
Rasa cukonya yng khas bikin pempek jadi salah satu pengusir ngantuk. Seger dan pedas. Para ciwik-ciwik doyan banget. Banyak brand yang mengusung kuliner Palembang yang satu ini. Tapi juga ga sedikit lapak-lapak yang jualan atau produksi rumahan. 

Kalau versi rumahan, salah dua dari temen saya jago nih bikin pempeknya. Enak dan recomended banget. Made by order jadi fresh pas sampe ke tangan. Pengepakannya juga higienis. Aaah suka deh. Siapa nih yang air liurnya terbit demi membayangkan semangkok pempek palembang plus kuah cukonya itu? 

Sate Madura
Masih misteri buat saya, kenapa tukang sate yang keliling komplek jualannya mulai dari sore aja? Padahal lapak-lapak yang jualan  sate di siang hari juga ada tuh. Trus ga takut apa ya ketemu penampakan atau bandit yang keliaran malam?
Duh mulai ngaco saya🤣
Tapi mungkin ya dengan tool sederhana itu kayaknya gerah pol ngipas-ngipasin arang pembakarannya. Mana siang udaranya panas banget. 

Panas? 
Wait, mungkin pengaruh sinar matahari juga bisa bikin  daging dari satenya cepet rusak, ditambah lagi etalase mamang satenya sederhana banget. Ga mungkin bawa chiller atau sejenisnya. Ribet hahahaha

Soto Betawi
Ada banyak jenis olahan soto dari berbagai daerah. Misalnya ada soto bandung, soto banjar,  soto lamongan dan lainnya. Kurang lebih ada 20 macam. 

Kalau soto betawi merupakan perpaduan citarasa gurih, creamy, dan pedas dari kuah santan pekat, jeroan, dan rempah-rempah.  Pelengkapnya seperti emping, jeruk nipis, sambal, dan kerupuk khas Betawi, bikin soto Betawi jadi makin nikmat buat santap siang. 

Selain itu masih ada kuliner lokal seperti batagor bandung, bakso malang, atau lumpia semarang. Paling enak emang langsung  menjajal rasanya di kota asal makanan ini. 

Tapi olahan dari tangan mereka yang berasal dari kuliner ini juga jadi penggantinya. Ga kalah enak juga, kok. Apalagi kalau pembuatnya emang udah punya brand yang lekat dengan dunia kuliner. Udah deh, ga usah mikir lama. Peseeeeen

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.