Friday 14 June 2024

Skuad Liverpool di Euro 2024

 Euro 2024 sudah di depan mata. Kali ininpesta bola 4 tahunan tim-tim nasional di Eropa akan diselenggarakan di Jerman. 

Dibuka pada tanggal 14 Juni, dengan partai pembuka grup A di mana Jerman sang tuan rumah akan berhadapan dengan Skotlandia. 



Sebelum  acara digelar, yuk kita kenalan dulu dengan para punggawa Liverpool yang akan membela timnasnya. 

Kiper: Vítězslav Jaroš 

Wajar kalau kebanyakan dari kita ga familiar dengan kiper yang satu ini. Persaingan di starting XI terfokus pada Alisson dan Caoimhin Kelleher. 

Belakangan Kelleher seakan mengirim sinyal ingin hengkang jika tidak mendapat tempat utama di tim. Ga mudah memang dan dilematis. Kalaupun Kelleher sampai hengkang, masih ada Adrian dan Pitaluga yang jadi back up untuk Ali. 

Saat ini status Vitezslav adalah sebagai pemain pinjaman di klub SK Sturm Graz (Bundesliga Austria) dan memainkan 14 pertandingan. 

Posisinya di timnas juga belum mendapatkan pemain utama dan masih 0 caps. Walau ikut serta dalam daftar pemain timnaa Ceko, Vitezslav masih harus bersaing dengan Jindrich Stanek.  

Kiper The Reds untuk kategori U21 ini akan mengakhiri masa pinjamannya di Sturm Graz dan kembali berlatih lagi di ground campnya Liverpool setelah putaran Euro 2024 berakhir. 

Bek (Pemain Belakang) 

Nah di posisi belakang lumayan seru. Ada 6 pemain yang dipanggil untuk membela timnasnya.  Mereka adalah Virgil Van Dijk   (Belanda), Ibrahima Konate (Perancis),  Andy Robertson (Skotlandia), Joe Gomez dan dan Jarell Quansah (Inggris). 

Kolega-kolega mereka di timnas? Dah deh jangan ditanya. Timnas Inggris, Belanda dan Perancis punya tradisi kuat di ajang Euro ini. Meski begitu, timnasnya Robbo alias Skotlandia juga ga bisa diremehkan.  Apalagi grup A yang dihuni Jerman, Hungaria, Skotlandia dan Swiss. Kalau Jerman jadi primadona jadi juara grup, posisi runner up bisa jadi rebutan ketiga timnas lainnya. Eh tapi gimana kalau Jerman flop? Nah, seru juga kan persaingan grup. Ini? 

Terus Arnold ke mana? Ada, kok. Dia juga dipanggil  arsitek timnas, Paman Gerbang Selatan alias Gareth Southgate. 

Pemain Tengah (Mid Field) 

Ada pemain  juga yang dipanggil untuk membela timnasnya, yakni Ryan Gravenbergh (Belanda) lalu ada Dominik Soboszlai (Hungaria) serta Trent Alexander Arnold dan Curtis Jones (Inggris).  

Kalau di klub Arnold diplot sebagai bek kanan, Southgate lebih suka menempatkan Arnold sebagai mid fielder. Lebih aman di sini kayaknya karena Arnold. adalah tipe pemain yang naluri menyerangnya kuat. Kalau udah merangsek nyerang pertahanan laman, ia bakal keteteran untuk kembali ke posnya untuk membantu pertahanan. Lihat sendiri kan gimana final Champions 2023 waktu lawan Madrid kemarin? 

Pemain Depan (Striker) 

Untuk posisi penyerang ada Diogo Jota  yang dipanggil timnasnya (Portugal) dan Claudio Gakpo (Belanda). 

Sementara rekan lainnya  sesama striker kebetulan berasal dari benua Amerika (Luis Diaz & Darwin Nunez) serta Mo Salah (Afrika - Mesir). 

Peluang Juara

Secara timnas saya ga punya dukungan tetap sekalipun jadi fans Liverpool. Kejutan kuda hitam seperti yang dilakukan Yunani di Euro 2004.

Prestasi terbaik Inggris adalah ketika lolos ke final tapi sayang, asa untuk merengkuh trofi juara Euro pertam kandas di tangan timnas Italia.

Meskipun para pemain asuhan Southgate digembleng kerasnya persaingan di liga Inggris, tapi materi pemainnya belum cukup mumpuni untuk jadi favorit juara. Jelek enggak bagus banget enggak.. Hayo bingung ga, tuh? 

Mungkin seru juga nih kalau Belanda yang sudah lama puasa gelar (terakhir juata. 1998 saat mengalahkan Uni Soviet) jadi juar pada kejuaraan kali ini. Who knows? 

Tapi lagi-lagi sensasi kuda hitam tetap paling bikin exciting buat dinikmati. Apalagi sebagai penonton yang nothing to loose. Bebasin aja. 

Siapapun yang Juara semoga pemain-pemain ini nantinya waktu balik ke klub kembali utuh alias ada yang bawa oleh-oleh cedera. No, baik-baik ya kalian semua. 




Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.