Friday 30 November 2018

Soto Ma*one yang Menggugah Selera

"Hah, kamu jauh-jauh dari Bandung, terus di sini pesennya makan soto? Ga salah?"

Saya nyengir waktu ditanya gitu sama temen pas makan siang. Ceritanya saya lagi maen ke Jakarta, dan pas milih menu makan siang, ya saya  rikues Soto Bandung.   Padahal waktu itu ada menu lainnya yang ga kalah enak.  Ya abis gimana, kalau emang lagi pengen?  Lagian makan dengan nais dan lauk pauk berkuah itu paling mantul alias mantap betul.Seger pula. Yekan?

Ngomong-ngomong soal soto, ada tempat makan soto di Bandung yang bisa bikin galau. Kenapa saya bilang bikin galau, sih? Soalnya Pilihannya banyak banget, dan bikin ngiler. Jadinya pengen cobain semua hahahaha.... Ih maruk.
soto murah dan enak di bandung

Emang di mana, tuh?
Tempat makan soto yang mau saya ceritain kali ini adalah Soto Ma*one atau dibaca Soto Mas Tarwan.  Lokasinya ada di jalan Windu, nomor 15, Bandung, deket Masjid Al Lathiif. Dari namanya udah, unik. 

Soal rasa, saya udah buktiin kalau rasanya emang juara. Makanya ga aneh kalau tempat ini ramai dikunjungi, terutama pas jam-jam makan, terutama jam makan siang.  Soal harga pun cincai. Untuk menu utama berkisar 15 ribuan sampai 50 ribuan. Worth it lah, ya.
soto murah dan enak di bandung

Yang unik dari Mastarone Dapur ini adalah dari cara pengolahannya. Selain kaya dengan rempah-rempah, sajiannya juga sehat. Selain mengganti  santan dengan susu untuk kuahnya, lemak dari dagingnya juga sudah dibuang. Cocok nih buat yang  parno sama makanan berkolesterol.
soto murah dan enak di bandung

Sebenarnya Mas Tarwan, pemilik Soto Ma*one ini sudah lama lho merintis bisnis kulinernya. Tepatnya 14 tahun yang lalu atau sejak tahun 2004. Dulu masih mengusung brand Soto Mas Abdul, lapaknya masih mangkal di Jalan Cendana nomor 11, Bandung.  

Mas Tarwan juga pernah bekerja di sebuah  hotel  di Bandung. Namun beliau ini merasa lebih nyaman mengelola senediri usahanya. Makanya, pada bulan Oktober 2018 dibukalah gerai Soto Mas*one di jalan Windu ini. Walau baru dua bulan jalan, pengunjungnya rame banget, karena memang  para pecinta kuliner sudah familiar sejak dulu sih, ya.

soto murah dan enak di bandung

Walau identik dengan kuliner nusantaranya, Soto Ma*one ini juga bisa dibilang kreatif dengan sajiannya. Salah satunya adalah Soto Taichan. FYI Taichan ini adalah sate khas Jepang yang disajikan tanpa bumbu kacang.  Namanya juga Soto kan, ya. Jadinya ga disajikan dengan tusuk seperti yang biasa kita makan. Udah dimudahka, ga usah nyusahin diri minta disajikan pake tusuk. Kecuali kalau mau balapan makan sama Suzzanna *lho?*

soto murah dan enak di bandung
Sate Goreng ala Ma*one

Dari beberapa sajian yang sudah saya cicipi, selain soto taichannya, saya ngefans (((ngefans))) sama sate goreng, sop bakso  dan soto osengnya.  Mas tarwan  ga pelit buat menaburkan rempah-rempah dalam olahan masakannya. Kalau suka yang pedes, boleh banget tuh nyicipin soo jeletotnya. hati-hati ya, nanti lidahnya berasa kegigit, karena emang pedesnya pol.

soto murah dan enak di bandung
aneka minuman di Soto Ma*one

soto murah dan enak di bandung
Sop Iga Bakso ala Ma*One
soto murah dan enak di bandung
Sate Goreng olahan ala Ma*One
Soto Ma*One buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai 10 malam. Mau duduk di bangku atau lesehan dengan alas rumput sintetis pun sama nyamannya. Atau mungkin kalau penasaran gimana dengan  pesanan kita diolah, bisa banget liat langsung karena dapurnya  Soto Ma*one ini terbuka.

soto murah dan enak di bandung


Share:

Monday 26 November 2018

Rosemary Hair Treatment, Solusi Rambut Hijaber yang Bermasalah

Berhijab bukan berarti melewatkan yang namanya perawatan rambut, lho. Malah kudu lebih ekstra.  Sekilas karena tertutup malah ga perlu dirawat. But anyway, ternyata anggapan itu salah. Salah banget kalau cuek.

Ketombean, rontok, rambut lepek atau bau?

Dulu saya pernah ngalamin rambut rontok. Suka parno dan shock kalau lihat helaian rambut yang terserak di lantai kamar. Apalagi saya tuh ga saban hari rajin nyapuin kamar. Jijay? Ilfeel? Maafkan. tapi kamar saya ga kotor, kok. Cuma berantakan aja hahaha....  Sebelum makin ngalor ngidul, mari fokus bahas rambut lagi, yes.

Rontok itu wajar, kok. Tapi....

Sebenernya rambut rontok itu wajar. Selama ga lebih dari 50 helai.  Secara alami, rambut kita itu akan beregenerasi.  Jadinya kayak bayangan gebetan atau mantan, ada yang datang dan pergi *halah*  Ya pokoknya gitu, deh. Kalau ga lebay alias berlebihan ga usah worry.  

Dulu sih, helaian rambut saya yang memilih untuk udahan menemani lumayan banyak, walau ga sampai 50 lembar. Kalau ternyata abis keramas langsung sisiran ya derita elu.Kan emang kondisi rambut lagi basah. Jadinya lagi rapuh. dan mudah patah Kalau  dipaksain nyisir, karena bakal lebih mudah ketarik, Seperti itu kurang lebihnya. Makanya, kalau abis keramas itu saya nunggu rambut rada kering, baru sisiran.

Kadang nih, karena ga sabaran atau buru-buru, saya maksa rambut kering lebih cepat dengan hair dryer. Ya udahlah, nambah masalah baru. Rambut jadi kering,  kusam dan kemerahan. Pdahal dulu waktu masih bocah hitam mengkilat, lho. Yaelah, bocah? Jaman kapan itu? Kalau masih belum kering dam buru-buru pergi, mau ga mau saya nutup rambut pake ciput ninja *coba bacanya kayak jingle kura-kura ninja gitu*

Masalah Rambut Berhijab

Nambah lagi masalah rambut yang ketiga. Bau dan lepek. Deuh, Fi, rambut bermasalah gitu kok bangga, sih? Jadi kalau dibuat list seperti ini masalah rambut saya:
  • Ketombe
  • Kering
  • Lepek/bau

FYI, helaian rambut saya itu tebal, ngembang. Entah kenapa saya, suka sebel kalau ada tagline shampoo yang nyebut-nyebut rambut sehat itu indah mengembang. Indah di sebelah mananya? Sedih saya tuh. Rambut saya ngembangnya ga kira-kira. Bisa bikin Medusa kesel, merasa punya kompetitor.

Itu dia yang bikin saya ga mau manjangin rambut, dan kalau udah panjangan pun diiket. Bukan biar keliatan ada cempolan di hijab. Ya karena kalau digerai, bikin setelan hijab jadi ga karuan gara-gara rambut ngembangnya ga kira-kira itu.

Ditantangin Buat Treatment

Lalu kemudian.....
Saya dapet tantangan, gengs!

Ada perawatan rambut untuk hijaber, Rosemary Hair Treatment di Lineation Salon yang beralamat di jalan lemah Neundeut No. 10, Bandung.  Untuk perawatan ini saya diplot menjalaninya sebulan, dengan frekuensi kedatangan sekali dalam seminggu.  

Hmmm... dipikir-pikir udah lama juga ga ngerawat rambut. Salon langganan saya yang deket rumah udah hiatus. Ownernya pindah jauh ke Tangerang, berikut memboyong tools salon dan kapsternya ke sana. ya iyalah, masa ditinggal? Ih  ngarang kamu mah, Fi.

Treatment pertama saya di Lineation Salon adalah pada tanggal 9 November 2018.  Step pertama yang saya jalanin tuh ga jauh beda sama salon-salon rambut lainnya. Rambut saya dicuci dulu. Bedanya, shampoo yang dipake buat nyuci rambut saya itu adalah Rosemary Shampoo. Sama dengan nama treatmentnya, nih.   


Setelah dibasuh degan air hangat, mulai deh rambut saya dikasih shampoo. Yang paling dulu kecium adalah wangi kayak mentol. Plus emang kerasa kulit kepala terasa hangat dan rada cekit-cekit.  

"Itu artinya shampoonya lagi kerja," Teh Euis, kapster yang kebagian ngerawat rambut saya ngasih tau. Kurang lebih 5 menitan deh saya harus nunggu  sampai rambut saya dibilas dan lanjut ke step berikutnya. 

Sesi Pijatan yang Bikin Nagih

Selesai dicuci, saya pindah ke ruangan lain buat menjalani perawatan berikutnya. Mulai disisirin pake sisir elektrik (kalem, ga akan nyetrum dan bikin rambut jingkrak kayak di iklan-iklan). Sisir elektrik ini ampuh bangte buat membuka pori-pori kulit kepala dan mengangkat  ketombe yang bandel. Setelah tu, helai demi helai rambut saya  dikasih masker, lanjut dengan  steamer-an alias diuapin, lalu dipijit, cuci rambut lagi dan step akhir dikeringkan.  

Yang paling saya suka di natara rangkaian teratment ini adalah waktu dipijit sambil nunggu rambut siap buat dicuci lagi.  

Jadi nih waktu itu, saya cape, banget.  Rasanya badan  udah ringsek. Padahal masih banyak kesibukan lain yang nunggu. Duh, jangan sakit dong.  Pas jari-jari Teh Euis mulai mijitn bahu, punggung sampai pinggul dan lengan, josss banget deh. Otot-otot yang tadinya tegang jdai rileks. Nyaman banget.  Sambil ngobrol dan nanya ini itu, tau-tau sesi pijatannya udahan. Rasanya saya jadi pengen nynayi lagunya lawas yang dinyanyiin Audi. Jangan berakhiiiir..... *lebay*

Tapi Kayaknya Ada yang Kurang....

Eh, kok bisa? Kenapa?
Ya, kayak saya bilang tadi. Rambut saya itu udah kayak kompetitornya Medusa. Tebel dan krise. Kriting sebel.  Rasanya bakal kurang maksimal nih penyerapan obatnya.  DIingat-ingat saya, erakhir kali smoothing-in rambut itu udah setahun lewat.  Ya udah pas kunjungan kedua saya ngambil smoothing dulu. Untuk Rosemary treatmentnya saya tunda 3 hari kemudian. Karena harus nunggu obat smoothingnya bekerja dengan optimal.

Terus, gimana hasilnya?
Hasil smoothingnya juga cumey, alias cucok meong. Tapi sori dori, ya.  Ga ada brang bukti yang bakal saya jembrengin di sini. Pokoknya setelah smootihing-an dan Rosemary Treatment kedua itu,bawaannya pengen kibasin-kibasin rambut. Ringaaaan banget dan aplikasi Rosemary treatment ini udah terasa. Padahal baru setengah jalan, lho. Belum sampai sebulan dari target yang udah diplot.

Perawatan di Rumah

Untuk perawatan di rumah, saya keramas menggunakan shampoo Rosemary ini dengan frekuensi 2 hari sekali. Tonicnya cukup dipakai setelaj keramas aja. Jadi nih, kalau misal hari ini keramas, stelah rambut agak kering, baru deh tuh tonic saya apilkasikan. Ga usah banyak-banyak, asal cukup aja. Berhubung rambut saya udah dipotong lebih pendek, dan lebih lurus (((lurus))) penggunaan tonicnya juga ga boros amat. Beda waktu dulu rambut saya masih galing ngeselin itu. Rasanya boros amat :D
Besoknya saya ga usah pake tonic lagi. rambut saya masih wangi dan lembut. Trus kalau kibas-kibasin rambut juga udah berkurang tuh ketombe yang berguguran. Aih, syenengyaaaa....

Tips Perawatan Rambut Berhijab

  • Jangan buru-buru pake ciput kalau rambut masih basah


Makanya jaga jarak antara keramas rambut dengan waktu berangkat. kalau terlalu mepet, mending pas mandi sore aja.

  • Jangan sering-sering pake hair dryer kalau ga urgent


Ya sih, rambut jadi lebih cepet kering. Tapi risikonya jadi lebih cepet kering dan mudah patah.  Bukan patah hati aja yang ga enak. Patah rambut pun bikin ga nyaman.

  • Jangan mengikat ciput dan  rambut terlalu kencang 


Pernah merasa pusing atau berasa pusing/migren? Mungkin ikatan ciput dan atau rambutnya terlalu kuat. Selain bitu ikatan rambut yang terlalu kencang bisa merusak keindahan rambut. Untuk sebagian orang, ikatan rambut bisa meninggalkan jejak jadi mengubah bentuk rambut. Trus jangan sampai ngiket rambutnya pake karet gelang, lho. Jangaaan. Itu mah buat ngiket nasi bungkus atau yang lainnya, ya.

Ada yang mau menambahkan?

Untuk kali ini segini dulu cerita saya. Progressnya bakal saya ceritain lagi setelah treatmentnya genap satu bulan. Kapan? Ga lama lagi, kok. Makanya, sering-sering aja maen ke blog saya, ya. :D


Lineation Salon

Jalan Lemah Neundeut No. 10 Bandung
Buka setiap hari jam 09.00-17.00
IG: @lineation.salon
Reservasi: 081218063298
Share:

Tuesday 20 November 2018

Computer Assisted Test Yang Bikin Bangga Indonesia

November akan berakhir dan ga lama lagi, dalam hitungan sebulan lebih dikit, kita akan memasuki tahun baru 2019. Gimana resolusi-resolusinya? Sudah banyak yang terkejar? (((terkejar)))

Jangan sedih, masih ada kesempatan untuk mewujudkannya, kok. Kesempaan itu datang buat yang mau mewujudkannya. Misalnya saja yang tahun-tahun-tahun kemarin belum kesampaian diterima dalam tes Calon Pegawai Negeri Sipil alias CPNS, ya siapa tau seleksi kali ini bakalan lolos. Yekan?

Saya jadi inget nih, dulu banget tes cpns itu mulai dari alur sampai pengumuman, alurnya konvensional banget. Bahkan saya sampai bela-belain datang ke Balai Kota, rajin beli koran demi untuk mendapatkan informasi rekrutmen seleksi CPNS alias Aparatur Sipil Negara (ASN). Ya iyalah ya. dulu , itu. Sekarang mah, di jaman serba digital, akses informasinya gampang banget. Semuanya ada di ujung jari, tingal colek mbah google dan voilaaa, semua infonya bisa kita dapatkan dalam satu kedipan mata. *tiba-tiba aja jadi inger serial Jenny oh Jenny itu*

Nah ngomong-ngomong soal kecanggihan di jamannya 4.0 kayak gini, saat mengerjakan tes CPNS sekarang pun ga manual kayak dulu. Ya kali kalau masih ada kayak gitu, bukan di Indonesia pastinya. Di Timbuktu mungkin? *hus, kok nuduh?*

Sebuah kebanggaan sendiri lho kalau ternyata Computer Assisted Test alias CAT yang menjadi sarana pendukung pelaksanaan tes CPNS ini adalah produk Indonesia. Udah gitu sudah diakui oleh Bank Dunia. Wohoooo, Bank Dunia, cuy. Catet itu. Gimana ga bangga, coba?

Nih saya kasih liat kutipan dari summarynya Bank Dunia:
In Indonesia, the Civil Service Agency (BKN) succeeded in introducing a computer-assisted testing system (CAT) to disrupt the previously long-standing manual testing system that created rampant opportunities for corruption in civil service recruitment by line ministry officials. Now the database of questions is tightly controlled, and the results are posted in real time outside the testing center. Since its launch in 2013, CAT has become the defacto standard for more than 62 ministries and agencies. Global Report: Public Sector Performance - World Bank Oktober 2018

Dulu-dulu kalau sudah keluar pengumuman tes CPNS selalu aja ada kasak-kusuk soal ga transparannya perekrutan para calon ASN ini. Pas seleksinya aja banyak praktek kecurangan, lah gimana kalau udah beneran menjalankan tugas dan fungsinya? Apa nantinya bakal jadi jaminan bakal tetep jujur dan bersih dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme itu, ya?

Menurut Edwin Ariadharma yang juga perwakilan Bank Dunia, CAT punya peranan besar membuat mereka yang bener-bener kompeten di bidangnya, lolos dalam tes seleksi CPNS. Secara ga langsung juga jadi modal penting untuk menguatkan jajaran aparatur sipil negara. Ya Syukur lah, ya. 

Lalu apa sih, dasarnya CAT  ini dipilih oleh Bank Dunia sebagai produk unggulan Indonesia? Kan, ga mungkin ujug-ujug dipilih kalau ga ada alasannya. Ada dong. Ini dia, nih

Aspek leadership

Pada tahun 2010, Kepala BKN menginisasi pengawasan proses rekrutmen CPNS, disusul pada tahun 2014, Jusuf Kalla, wakil presiden Indonesia pada waktu itu menetapkan rekrutmen CNPS di semua instansi pemerintah pusat menggunakan sistem CAT ini.

Aspek Teknologi

BKN sebagai instansi pemerintah yang paling depan dalam proses ini memanfaatkan dan mengembangan teknologi secara mandiri, sebagai upaya reformasi dalam melakukan perekrutan calon pengawai negeri sipil. Untuk merealisasikannya, BKN bekerja sama dengan instansi terkait, terutama yang terkait langsung pada bidang teknologi dan cyber security.

Aspek Transparansi

Sementara itu dari sisi transparansi, dengan danya CAT ini membuat sistem prekrutan menjadi proses yang terbukan, transparan dan akuntabel. Semua orang selain peserta dan panitia juga bisa memanaunya kapan saja dan di mana saja. Mau nyogok sekian juta rupiah agar diterima dan lolos tes? Percuma deh. 

Aspek Kapasitas Institusi

Last but not least, untuk aspek kapasitas institusi, secara konsisten juga BKN selalu memastikan sistem CAT ini siap untuk diaplikasikan. Ya dari sisi infrastrukturnya juga skema mekanisme tesnya sebelum benar-benar diaplikasikan secara nasional. Nasional, lho. Bukan cuma untuk instansi pusat aja. So, pelaksanaan tes di daerah juga bakal sama sistemnya seperti ini.

Jadi kalau ada teman-teman atau keluarganya yang mau ikut seleksi tes PNS tahun ini, ga usah wory lagi bakal tersisih duluan karena ada 'permainan'. No, jangan. Yang perlu dilakukan sekarang adalah mempersiapkan semuanya. Ya syarat-syarat administrasinya, ya teknisnya sesuai dengan latar pendidikan dan bidang yang akan dilamar. Jangan lupa juga untuk berdoa. Do the best and let's God do the rest. Kalau udah haknya mah ga akan ketuker, kok. Iya apa, iya?

Good luck, ya!




Share:

Wednesday 14 November 2018

Paxel, Hero Yang Mengantarkan kebaikan

"Fi, udah ditanyain belum alamat rumah Teh Eneng?"

Pertanyaan Mamah ini bukan untuk pertama kalinya. Lupa saya, heuheu.... Gini deh saat lagi riweuh-riweuhnya, selalu aja ada hal yang miss.  Kadang saya tuh suka ngandelin ingatan. Ya namanya juga manusia, tempatnya khilaf, lupa dan salah, ya kan?  *kok malah curhat*

Begitu diingatkan lagi soal nanya alamat Teh Eneng - saudara sepupu saya -  saya buru-buru nge-WA  dan minta alamat rumahnya. Saat pulang ibadah haji beberapa waktu yang lalu, Mamah sudah mempersiapkan daftar nama-nama yang akan diberi sedikit oleh-oleh haji.  Sebenernya sih bisa saja saya minta diantar kakak atau adik untuk mengantarkan oleh-oleh titipan Mamah ini. Tapi yaaa, karena kesibukan masing-masing dari kami, susah nemu waktu yang sinkron. Makanya pilihan yang paling praktis yang memanfaatkan jasa ekspedisi alias jasa pengiriman.

Berhubung karena rada kelamaan, saya memutuskan untuk memilih jasa ekspedisi yang bisa kasih garansi sampai dalam waktu sehari.  Pas ngukur jarak tempuh dari rumah saya ke rumah Teh Eneng dan Bu Khadijah sahabatnya Mamah,  ternyata lumayan juga charge yang ahrus dibayar hihihi. Prinsip ekonominya lagi on, nih.

Anyway, please note, prinsip ekonomi yang sekarang udah terlanjur dipahami adalah dengan modal sekecil-kecilnya bisa dapat untung sebesar-besarnya. Huuu, pemikiran macam apa itu? Emang ga ada faktor risiko yang dipertimbangkan, gitu? 

Dalam kasus pengiriman barang yang mau saya kirim ini contohnya. Nilainya ga seberapa mungkin, tapi kalau ada apa-apa, repot ngurusnya. Sementara semua paket oleh-oleh haji sudah sampai ke tangan yang berhak.  Iya, iya ini emang sayanya yang kelupaan buat ngurusin alamat, sih.
paxel hero yang mengantarkan kebaikan

Tapi ya udahlah, akhirnya saya nemuin solusi. Paxel jadi pilihan saya buat ngirim oleh-oleh ini. Sistem pengiriman barangnya unik. Ini semacam merger sistem dari sistem kurir/ekspedisi dengan jasa kirim barang yang berbasis aplikasi lewat ojek online.  Bedanya di mana? Simak dulu cerita saya, ya.

Karena berbasis aplikasi, hal yang pertama kali saya lakukan adalah mengunduh aplikasinya via Playstore. Setelah selesai menginstal, saya ditanyai sama aplikasinya. Punya kode referal, ga? Lumayan lho kaena setiap instal perdana, secara otomatis kita akan mendapatkan saldo sebesar 100.000. Lumayan banget, kan? Bisa buat beberapa kali ngirim barang nih. Yuhuuu..... ini baru cara ekonomis yang bener. Kalau temen-temen mau  dapat saldo gratis senilai 100.000 juga bisa masukin kode efi_thea saat mengaktifkan aplikasinya, ya.


Gimana cara ngirimnya?
Nah, ini yang sempet jadi drama.  Kalau diinget-inget, rasanya pengen noyor bayangan saya di cermin. Iya, saya aja yang noyor. Ga usah menawarkan diri jadi relawan buat noyor saya ,  makasih :D

Jadi tuh, beberapa kali pas rikues ngirim barang kok eror lagi eror lagi. Bingung saya. Padahal data yang saya masukan sebagai pengirim dan data penerima barang rasanya udah bener. Salah saya, ngirim pake perasaan  wkwkwk...  

Kesalahan saya tuh pas masukin alamat, semua detilnya saya cantumkan di kolom. Ternyata sama si aplikasinya ga kebaca. Makanya dia bingung. Harusnya saya masukin alamat yang dituju secara general aja. Semisal alamat sepupu saya itu di Komplek Cipaganti Rahayu Regency. Ya udah, itu aja yang saya masukin di kolom destinasi/tujuan. Detil nomor rumah, rt, rw sampai kode pos baru diisikan di kolom info tambahan alias additional info.  
paxel hero yang mengantarkan kebaikan

Enggak pake lama, setelah semua kolom di aplikasi sudah terisi, saya mendapat notifikasi kalau pengiriman barang sedang diproses. Berbeda dengan jasa ekspedisi biasanya, kurir dari Paxel yang bakal nyamperin ke rumah, menjemput paket yang akan kita kirimkan.  Ga heran kalau akhirnya mereka dikasih julukan Hero.  Coba kalau lagi musim hujan seperti sekarang, suka jadi alasan kan, buat menunda-nunda pergi ke counter nganterin paket?

Dari estimasi yang muncul di layar aplikai, ternyata sosok hero datang lebih awal 1 jam. Yuhuuu... keren. Saya yang lagi dandan siap-siap mau pergi dikasih tau Kakak ada kurir dari Paxel yang menjemput paket. Waktu itu baru pake ciput ninja aja dan belum sempet pake pashmina. Saya turun ke bawa sebentar dan nyerahin paket yang dimaksud.

"Teh, minta foto sama tandatangannya, ya?" kata Hero-nya. 
"Oh, sebentar, saya rapihin dulu kerudungna, ya?" Saya nyengir lalu ngeloyor sebentar.
paxel hero yang mengantarkan kebaikan

Jangan geer lho kalau ditanya gitu. Karena nih teknis kerjaannya alias SOPnya dia emang gitu. Setiap pengirim paket atau penerima paket akan diminta foto digital (di layar touch screen hpnya) dan foto kita sedang memegang paket.   Cuma buat foto laporan aja, sih. Bukan buat publikasi. Tapi ya dasar preempuan, bawaannya pengen rapi demi pencitraan hahaha.....

Notifikasi foto dan tanda tangan ini akan muncul di aplikasi kita sebagai pengirim. Kalau sesama pengguna aplikasi Paxel berkirim barang, notifikasi pengiriman barang ini juga akan muncul di aplikasi kita.  Wih, keren, yak?
paxel hero yang mengantarkan kebaikan

Kalau untuk jasa ekspedisi biasanya membebankan biaya pengiriman barang berdasarkan satuan berat barang, di Paxel ini men-charge biaya berdasarkan dimensi barangnya.

Jadi mau ukurannya berapa pun tarifnya sama saja selama ga melebihi berat maksimal. Sementara kalau dimensi barangnya lebih besar dari pilihan yang ada, tinggal tap aja opsi custom. Nanti akan muncul berapa biaya yang harus dibayar.

Ssst....Paxel ini menjamin pengiriman barang akan sampai di hari yang sama, bahkan untuk pengiriman Bandung - Jakarta, lho.  

Di hari jumat kemarin, tepatnya tanggal 9 November 2017 saya mendapatkan insight lebih banyak lagi mengenai Paxel ini. Bertempat di Lo.Ka.Si Coffee and Space,  yang beralamat di Jalan Dago no 92, bersama teman-teman Blogger Bandung, saya mengikuti gathering yang juga dihadiri oleh Johri Zein, pendiri Paxel yang dulunya pernah jadi CEO di layanan paket JNE.

Dalam acara sharing yang bernuansa tausiyah sore itu, saya kemudian memahami kenapa Paxel mengusung misi "Mengantarkan Kebaikan" dalam melayani para pengguna jasanya.   Sederhananya sih begini kalau kita memudahkan urusan orang lain, yakin deh urusan kita juga bakal dimudahkan oleh Allah. Segala kebaikan yang kita buat bakal balik lagi sama kita entah dengan cara apa, dari siapa dan kapan bakal mendapatkan balasannya. Pokoknya kalau udah berbuat kebikan udah deh, lupakan. Ga usah ngitung atau nunggu. 
paxel hero yang mengantarkan kebaikan

Hal yang menarik dari prinsip yang dijalankan saat beliau masih berada di JNE adalah ketika petama bisnis kurir ini baru berjalan di tahun 1998. Saat itu Indonesia sedang dilanda krisis moneter.  Banyak usaha yang gulung tikar, atau paling tidak berusaha bertahan dengan cara melakukan efisiensi.  Mengurangi jumlah karyawannya lah, menaikan harga untuk mengejar selisih biaya produksi dengna keuntungan atau cara lainnya.

Nah, cara yang unik dilakukan oleh JNE saat itu adalah dengan membuat kemitraan. Buat orang lain mungkin bakal mikir gini: 

"Giling, ya? Ga salah tuh?  Orang lain lain cekak ini malah ngajak usaha bareng. Duitnya dari mana?"

Eh, tau sendiri, kan dengan mengajak bermitra dan membuka jalan rejeki bagi banyak orang orang malah memudahkan para pelaku online shop atau pengguna jasa pengiriman barang dari sektor lainnya yang merasakan kemudahan dengan adanya jasa  kurir ini.  Imbasnya tau sendiri lah, banyak aktivitas ekonomi yang pengaruhnya gede banget dengan pendapatan domestik bruto atau GDP.  Makanya, biar ribut-ribut nilai tukar rupiah sedang melemah,  kalau di dunia virtual mah transaksi tetep jalan terus. Kadang saya suka mikir lho, ini katanya lagi inflasi, tapi aktivitas yang belanja mah tetep ramai lancar. Pada punya duit dari mana, sih? 
paxel hero yang mengantarkan kebaikan

paxel hero yang mengantarkan kebaikan


Nah, prinsip menebar kebaikan itu juga yang kemudian dijalankan oleh beliau bersama timnya di Paxel sekarang. Secara teknis, meskipun terhitung baru dengan coverage yang masih terbatas, Paxel  sudah punya sistem profesional, lho. Semisal barang yang saya mau kirim ternyata ga bisa diterima karena ga ada siapa-siapa saat didatangi oleh para Hero, nantinya akan 'dititipkan' di  loker khusus agar tidak tercecer atau tertukar. Misal nih, sepupu saya yang dituju ga ada di tempat, setelah disimpan di loker khusus,  bakal dapt kabar juga lewat pesan singkat kalau barang kirimannya sedang 'nginep' di loker khusus itu tadi.   

Saking niatnya memudahkan urusan (kan siapa tau tuh ya, paket yang mau diantarkan itu lagi dibutuhkan segera sama penerimanya), seorang Hero Paxel yang udah punya jam terbang yang mumpuni sanggup mengirimkan 100 paket dalam sehari. Sementara para  Hero yang masih newbie, setidaknya dia sudah bisa mengirimkan 20 paket per harinya. Perlu dukungan navigasai dan kecerdasan  spasial ini mah agar bisa memenuhi itu. Kebayang kan ya, pas hujan, macet  pula mreka tetap barpacu dengan waktu untuk mengantarkan paket yang sudah dititipkan?

Udah profesional, amanah pula. Keren, ya? Insya Allah berkah buat semuanya ini mah. 


Share:

Friday 2 November 2018

Tabungan Online Berhadiah Ratusan Juta Rupiah dan Paket Umrah

Kalau sudah awal bulan gini, mutasi rekening buat kebanyakan kita lumayan rame, rame dan lancar hahaha.... Ya ga, sih? Ya gajian, ya belanja, ya bayar tagihan, (dan emmmm utang? :D).  

Untuk bayar tagihan listrik, ledeng dan TV kabel, mamah nyuruh saya yang ngurusin pembayarannya. Well, it's ok. Dengan adanya teknologi di ujung jari, saya ga usah bete nunggu lama-lama ngantri di loket. 

Masalahnya nih, buat mengganti bayaran ini itu yang udah saya saya talangin, Mama ngasihnya dalam bentuk hard cash, alias uang tunai.  Selain males punya atm, rekening tabungan saya dan Mama itu beda bank. Tau sendiri dong, kalau transfer beda bank itu kena biaya adm. Ga banyak, cuma 6.500an, tapi kalau sering-sering ya lumayan bikin lu manyun. 

Trus nih,  saya tuh suka males pegang uang tunai dalam jumlah banyak.  Ngambil seperlunya aja di atm buat pembayaran yang memang caranya masih konvensional banget.  Kalau lagi moodnya bagus, sambil jalan saya niatin mampir ke bank buat setorin uang tunai yang saya pegang. Meskipun itungan  1-2 hari bisa saya gesek atau tarik lagi hahaha... Bukan sombong, tapi pilihan cashless karena pertimbangan keamanan. Yekan?

Sebelnya, kalau setor tunai ke bank itu ada aja yang bikin mager. Ya  antrinya lah, atau waktunya ga pas. Di hari biasa, mau setor tunai itu antrian di Bank suka mengharukan. Gimana kalau weekend? Ga semua bank punya layanan ini.

Sampai kemudian saya baru tau, ada lho tabungan online yang mana kita bisa nyetor di Alfamart. Mini market yang satu ini mengingatkan saya sama lagu dangdut Pacar 5 langkah. Saking deketnya, dan ada di mana-mana (lah, maksudnya punya banyak pacar? jangan atuh). Ke mana kita melangkah, mudah sekali nemuin  Alfamart. 

Balik lagi soal kemudahan setor tunai di Alfamart, Ini beneran, lho. Bukan hanya top up e wallet yang biasa kita gunakan untuk bayar aplikasi kayak  ojek online gitu. Produk tabungan ini adalah Sobatku. Atau kependekan dari atau “Simpanan OnlineSahabatku”. 

Selain memberikan banyak kemudahan, setiap bulannya juga setiap penabung punya kesempatan sama untuk memenangkan hadiah. Kali ini menang, undian berikutnya masih boleh ikutan. Gimana ga asik, tuh?

Dari penjelasan saya di awal tadi, udah ngeh dong kalau tabungan ini adalah simpanan online berbasis aplikasi. Ga usah datang ke Bank juga buat buka rekening. Tinggal unduh aplikasinya di Play Store atau iOS. Nomor HP yang terdaftar otomatis jadi nomor rekening kita di sana.

 Berikut ini adalah kolom yang harus diisi saat kita meregistrasikan rekening di aplikasi Sobatku yang sudah diunduh. Secara administrasi,  sama saja dengan persyaratan administrasi yang dibutuhkan saat kita membuka rekening secara konvensional.  

By the way, yang harus diinget, Sobatku ini berada dibawah otoritas Kementerian Koperasi, bukan LPS seperti produk tabungan lainnya. Meski begitu tetep aman, kok karena didukung penuh oleh Bank Sampoerna. Sejak dirilis pertengahan tahun 2017 lalu, saat ini tercatat sudah ada 70.000 penggunanya yang tersebar di Indonesia.

Nah, kalau udah banyak gitu penggunanya, apa saja sih keunggulan yang dimiliki oleh Sobatku? Kayak gini, nih:

Praktis

Kayak saya bilang tadi, ga usah cape-cape ke Bank.  Tinggal unduh aplikasinya dan install di smartphone kita.  Untuk menghapal noor rekening pun mudah, karena sama dengan nomer hp kita. Hayoo, ada yang masih suka lupa kalau ada yang ditanya berapa nomor rekeningnya? Kalau nomor hp sendiri lupa sih keterlaluan. Ya masa, lupa?

Minim Biaya

Selain bebas biaya administrasi,  saldo di Sobatku bisa kita habiskan sampai 0. Ya kali aja pas lagi beneran kepepet dan emang uangnya harus ditarik atau digunakan semuanya, kan? Untuk transfer antar bank, biaya yang dikenakan pun lebih murah.

Setor & Tarik Tunai Non ATM  di Alfa

Jadi gimana caranya kalau mau setor tunai tabungan Sobatku via Alfamart? Nih caranya.



Suka kesel kan kalau nyari atm, eh pas disamperin lagi rusak atau ga bisa dipake buat transaksi tarik tunai. Sedih ga, tuh? Kayak udah jauh-jauh nyamperin gebetan eh dianya mah lagi jalan sama yang lain hahaha *kok ke situ sih bandingannya?* 

Transfer dan Transaksi Lainnya Yang Mudah

Selain untuk transfer sesama pengguna, antar bank atau top up Gopay, kita juga bisa membayar berbagai tagihan atau aplikasi pembayarana online lainnya. Untuk bayar ledeng, listrik, tv kabel, internet, dan isi pulsa. Tinggal tap-tap fitur pembayaran yang ada di Sobatku. 

Undian Bulanan 

Tanpa kecuali, semua pemilik rekening sobatku berkesempatan memenangkan hadiah dengan total milyaran rupiah plus grand prize berupa uang tunai dan  4 Paket Umrah setiap 3 bulan sepanjang tahun.

Dan soal undian bulanan ini bukan hoax, lho. Saya beneran dibikin envy waktu nyambangin acara Undian Grand Prize ke-5 SOBATKU yang berlangsung di Pelataran Cihampelas Walk Mall, Bandung. Riuhnya acara sudah dimulai sejak pagi hari dengan berbagai atraksi hiburan. Dance Competition, band performance serta hiburan dari Marion Jola, salah satu finalis Indonesian Idol. Aksi panggung mereka bikin pengunjung acara tumpah ruah di arena acara.

Selain dihadiri oleh Perwakilan Dinas Sosial Provinsi Jabar (Asep Sulaeman dan M. Syahroni), Perwakilan Dinas Sosial Kota Bandung  (Yayah Rohayati), Perwakilan Notaris & PPAT (Bapak M.S. Imam Santoso dan Perwakilan Dinas Koperasi Kota Bandung (Ibu Erna dan Bpk. Dadang) hadir juga para stake holder di acara ini, yaitu; Ketua KSP Sahabat Mitra Sejati (Ceppy Yana Mulyana), Ketua Pengawas KSP Sahabat Mitra Sejati (Dodong Cahyono)  Perwakilan KSP Sahabat Mitra Sejati (Venika Aprilia Sembiring dan  Firman Aditia Saputra) serta CFO Bank Sahabat Sampoerna (Henky Suryaputra)


dokumen: Sobatku

dokumen: Sobatku
Dalam acara undian ini, selain mewawancarai langsung pemenang yang hadir di lokasai, dilakukan juga wawancara teleconference dengan pemenang hadiah utama senilai 100 juta rupiah. Seruan dan gumaman kagum bercampur envy terdengar saat Melianda Riana Ariandy, sebagai pemenang bercerita. Dengan saldo tabungan 1 juta lebih dan jumlah poin 40 ribuan, beliau keluar jadi pemenang utamanya, lho. So, siapa aja berkesempatan menang. 

Sementara itu salah satu pemenang undian umrah, adalah Thomas Rudy yang juga hadir saat undian berlangsung. Duh, duh, saya juga pengen nih pergi umrah kayak Pak Thomas. Gimana dengan teman-teman? Pengen dapet hadiah undian 100 juta? paket umrah atau mau dua-duanya? Hahahaa.... kalem, masih ada kesempatan, kok. 
dokumen: Sobatku

Kalau gitu, mari kita nabung. Jangan dihitung, tau-tau dapat untung *mode nyanyi on*
dokumen: Sobatku


Share: