Thursday 30 July 2015

Warna-Warni Kemenangan: Serunya Mudik Lebaran

"Jadi ga, sih, lebaran nanti  kita baju lebarannya seragam?" tanya kedua adik saya,  Hasnah dan Pipit.  Dibanding saya,  adik saya yang lainnya Dian atau  Nanan dan  kedua orangtua saya,  mereka berdua ini paling  semangat  untuk seragaman  di hari raya lebaran nanti.

To be honest, selama ini  kami enggak pernah samaan  mengenakan baju seragam di  hari raya. Cuek, banget,  ya? hehehe....  Jangan nilai  kami segitunya, dong. Saya masih mau cerita dulu. So, please stay  around.  Boleh deh melipir  dulu cari makanan atau camilan sambil ngobrol cantik di blog saya ini.

Gimana,  udah siap dengan  kastengel,  kopi  atau  biskuit  lebaran paling happening alias rengginangnya?  Oke, kita cerita lagi, ya.
 
Foto keluarga minus satu keponakan, adik dan kakak saya   
Adik saya  sampai  bela-belain googling cari contoh baju yang kira-kira  menarik. Mengingat  warna kulit  kami sekeluarga ga sama. Ada  yang item manis (kayak saya nih *uhuk jangan protes*)  , kuning langsat kayak mama atau putih kayak ke-2 adik-adik saya), harus dipastikan milih baju  yang  warnanya netral.  Masuk ke mana-mana.

Pilihan paling aman ya warna putih, ya. Apalagi momen hari raya.  Pas banget, kembali fitri, kembali ke hati  yang bersih.

Masalahnya  baju warna putih  ini rada ribet. Bayangin deh, pas momen lebaran itu  biasanya  banyak makanan  yang kalau nodanya kena  ke baju bikin hati mencelos, sangat.  Noda rendang, opor  yang berkolaborasi dengan    rempah-rempah  yang kebanyakan pake cabe dan kunyit dan santan itu sangat  lengket dan akrab di serat kain.  Duuuh,  karena  ini  warna  putih  tidak jadi  pilihan.

 Lalu gimana baju lebarannya?
Akhirnya tidak jadi (lagi)  kita seragaman.
Sementara adik-adik saya memilih gamis untuk baju di hari raya, saya malah pake kemeja  kotak-kotak dan celana panjang.  Yang penting pake baju terbaik, kan?  Dan lagi   meski ga mesti  beli baju lebaran, saya lebih suka pake baju  yang  bisa dipakai  di lain waktu alias  kasual.  Iya, kadar cuek saya emang lumayan gede.

Tapi ga mengurangi  arti  kemenangan  di hari fitri buat kami sekeluarga, kok. Setelah salat  ied dan bersalam-salaman  dengan tetangga,  kami masih sempat-sempatnya foto bareng.... di halaman.  Eh iya, coba perhatikan warna cat  rumah saya ternyata  senada dengan kemeja yang saya pakai, ya? hehhehe...  Coklat.. Soft, adem, dan lembut selembut hati saya  *aish*.

Ngomongin soal   menyambut lebaran, tidak sedikit yang menyiapkan dengan bebenah rumah. Selain menghias  rumah dengan aneka  bunga  yang warna-warni dan harum, tidak sedikit  juga yang mendandani rumahnya dengan  penampilan baru. Apalagi  kalau rumahnya ditunjuk sebagai tuan rumah open house. Duuuh, seru  kali ya jadi tuan rumah  open house. Meski sibuk  nyiapin ini itu,memastikan rumah selalu rapi  dan bersih,  makanan tetap cukup tersedia juga  rumah yang cantik dan memesona.  Rasanya  enggak kekinian kalau  ketemuan (apalagi keluarga besar yang jarang  nemu waktu pas ketemu bareng semua) ga ada acara foto-foto.

Saya dan kelusrga sendiri  baru mudik ke Ciawi Tasik  pada hari lebaran  ke-4. perginya rada macet. Tapi enggak terlalu parah. Berangkat  jam 8.30  pagi dan sampai ke  rumah kakek  saya sekitar jam 13.30an.    

Yang enggak nahan itu pas pulangnya. Mungkin karena waktu liburnya beda-beda, ya. Ada yang ikut cuti bersama pemerintah ada  juga  yang masih menikmati liburan  panjang, membuat  jalanan macet terus. Dari rumah kakek saya  yang dekat ke pinggir jalan bisa terpantau arus kendaraan dari dua arah berlawanan macet  tiada  henti. Mungkin memang  masih dalam perjalanan mudik, ada yang sudah buru-buru  balik lagi atau lagi pelesiran? Entah, saya sendiri  males  buat  pergi-pergian dengan kendaraan selama berada di Ciawi. Lebih memilih diam di rumah kakek atau mengunjungi rumah  Uwa di kampung sebelah, sambil  jalan kaki menyusuri rel kereta api yang di kiri kanannya masih banyak pematang sawah. Bikin sejuk dan adem mata, deh.

Hanya satu hari satu malam saja saya  dan keluarga   liburan lebaran di Ciawi. Ah iya, saya tau, seru dan garing liburan cuma semalam.  Tapi.... pas pulangnya kami melalui keseruan lho. Tau sendiri deh, Gentong dan Nagrek adalah salah dua dari beberapa titik macet  yang menyebalkan saat arus mudik atau balik.  

Jadi, pas kembali ke Bandung kami disarankan mengambil jalur alternatif. Entahllah kalau telinga saya salah  menangkap.  Gembrong atau Jamblong. Kakak  saya yang mengemudikan kendaraan  mengambil rute  yang disarankan oleh penduduk yang membantu mengatur  arus lalu lintas.  Pokoknya ancerannnya  itu engak jauh dari  Pasar Ciawi.   

Entah gimana ceritanya,  jalur ini tiak terdeteksi di Google Map atau aplikasi penunjuk jalan semacam Waze.  Mirp rute  off road yang  masih terjal, cocok juga buat syuting flm-film perjuangan.  Di depan dan di belakang mobil yang kami tumpangi banyak kendaraan (mobil dan motor)  yang mengambil rute yang sama.  Ada yang  mulus melalui  jalanan  ini  da juga yang mogok karena tidak kuat menempuh medan. Sesekali saya mencium bau terbakar. Sepertinya  beberapa  mobil kehabisan accu atau  kopling sampai harus menepi.

Meski rutenya mirip off road dan terkesan seperti hutan kawasan ini lumayan rame.  Banyak penduduk di halaman rumah menyaksikan lalu kendaraan. Di beberapa turuan dan tanjakan  malah bayak yang membantu mendorong mobil agar tidak 
Lepas dari jalur offroad ini, akhirnya kami muncul di  Lembong (otomatis Gentong terlewati) tidak jauh dari kantor Polsek. pas banget dapat  giliran buka sampai-sampai rasanya mobil yang kami tumpangi meluncur seperti mau terbang.    Wow,  ini rute balik  Lebaran paling seru yang pernah saya  alami, lho!  

Punya cerita  seru pas silaturahmi lebaran  kemarin?  Yuk share  ceritanya di blog  dan ikuti blog competitionnya yang disponsori ole Dulux.  Ceritakan deh keseruan lebaran kemarin  yang paling berkesan. Misalnya saja  rempongnya bagi-bagi THR  (atau masih ada yang ngasih THR? bagi saya, ya ^_^), kompakan dengan seragam lebaran sekeluarga,  hectic tapi asiknya mudik lebaran atau nih   bikin makanan khas lebaran? Ceritakan di blog atau  bisa juga  ikut lomba fotonya yang bisa diikuti  dengan membaca ketentuanya di www.warnawarnikemenangan.com.   Baca baik-baik syarat dan ketentuannya biar enggak kena diskualifikasi.

O, ya  biasanya  setelah lebaran ini   selalu bersambung dengan kendurian. Iya, entah gimana ceritanya, abis lebaran  itu kita suka nerima  undangan pernikahan, ya. Bulan  baik dan  hari baik  memang selalu jadi pertimbangan  untuk melangsungkan acara  pernikahan dan bulan Syawal  memang bulan favorit  untuk mengadakan kenduria  yang insya Allah cukup  sekali seumur hidup.  

Kalau punya rencana menjadikan rumah sendiri sebagai tempat  pernikahan atau  nih belum ada rencana  buat nikah tapi bosan sama warna lama cat rumah,  banyak dinding yang catnya sudah terkelupas,  kenapa tidak  membeli cat Dulux saja  buat  warna baru rumahnya?  Mumpung lagi ada promo dari Dulux nih. Setiap pembelian cat  senilai  Rp.1.000.000  bakal dapat diskon. asik, kan?

Jangan lupa buat  kepoin akun-akun berikut  sebelum nulis  dan ikutan lombanya.

Share:

Tuesday 28 July 2015

Yang Suka Diremehin Padahal Butuh

Bendanya kecil,  terkesan sepele. tapi sering banget  hilang.  Nah, giliran hilang bikin kita kelimpungan  nyari.  Baru deh kerasa,  penting  banget barang-barang ini.  Suka ngerasa ga,  kalau barang-barang  ini sering kita remeh temehkan eh terus ilang pas  dibutuhin? 

Jarum Pentul
Dulu waktu awal-awal pake jilbab,  saya sering pake peniti.  Tapi suka sebel karena serat kain jadi rusak dan terurai. Akhirnya saya  mutusin belajar pake  jarum pentul. You know lah. kalau jarum pentul ini aksesoris  wajib buat para muslimah  yang berjilbab.  Hip  hip  horeeee.. saya udah biasa, Malah berasa  aneh kalau pake penitik. ya itu tadi, suka  bikin serat  kain rusak.
Nah, jarum pentul  ini juga suka ngilang.  Kadang setelah sampe rumah dan lepas jilbab atau pashmina, saya  bakal  nyimpen (begitu) aja.  Giliran mau pake, tiba-tiba  ilang.Entah kesapu  atau dipake adik. Pernah juga lupa ga dilepas dan masuk wadah cucian.  Nah, kalau  lagi  nyuci, suka aja  nemu  jarum pentul yang tercecer hehehe.
ga bisa  jadi gantungan  mobil  jadiin aja  bantalan jarum pentul  :D

Share:

Monday 27 July 2015

Tipe-tipe Senior Panitia Ospek

Kalo  kemarin  saya cerita  tentang pengalaman waktu jadi  peserta dan panitia  MOS dan Ospek, saya  pengen cerita lagi tentang Ospek,  khususnya  Ospek buat Maba (mahasiswa baru) atau dulu  dikenal cama-cami (calon mahasiswa –calon mahasiswi). 
Saya pengin bahas  tipe-tipe  para kakak panitianya, nih.  Jadi ga semua  panitia  ospek itu  kejam-kejam,  kok.  Ada yang baik hati kayak  saya, lho  *plis  jangan protes*  Mungkin yang terjadi  ada yang sama atau berubah. Beda dengan yang sekarang.  Karena  ini berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya,  yang mana udah lewat belasan tahu  lalu. Hehehe...  
Biar ga lama-lama langsung aja kita bahas di sini, ya.
credit: examiner.com
Panitia Yang Baik Hati
Biasanya  mereka  ini tipe panitia  yang  ngangenin.  Setelah  pusing dan  sakit telinga  diomelin tatib, para  panitia  yang dikangenin kehadirannya  adalah  panitia dari seksi acara  yang akan mendinginkan suasana, kasih games, ngajak nyanyi sambil bawa gitar,  atau ngajak bercanda. Selain dari seksi  acara,  seksi  kesehatan alias  P3K  juga dirindukan para peserta  yang udah lemes dan pengen buru-buru melipir  dari  TKP. 

Panitia  Yang  Cuek
Sebenarnya  panitia seperti ini  bukan ga peduli dan abai dengan adik-adiknya. Bisa aja  mereka  sibuk karena tugasnya sebagai bendahara. Mastiin jangan sampai uang acara  tekor,   para  seksi acara ga protes  karena keperluan  bagiannya ga terpenuhi.  Biasanya diam di sekretariat  ngitung uang yang tersisa, nagihin bon dari  yang udah minta uang buat dilaporin  ke LPJ, bolak balik ke rental(dulu jaman saya belum ada atau kebeli laptop)  atau nguplekin laptop  sekarang mah ya  bikin surat ini itu, dan bolak balik ke fakultas. Selain ngurusin acara  kadang  riweuh juga sama urusin soal pribadi kayak  ngurusin  nilai-nilai kuliah. Jaman saya sih,  pas acara ospek  waktunya deketan dengan semester  pendek dan registrasi ulang kuliah. Kebayang kan lieur dobelnya?   Kalau santai, baru deh main-main ke TKP  liatin  suasana ospek  jurusan, fakultas atau  universitas.

Selain bendahara,  yang dibikin  riweuh juga seksi  konsumsi  ini.  Dengan budget  pas-pasan, harus muter otak biar  gizi panitia terpenuhi  meski dengan menu  murah meriah. Lumayan lah sekadar  snack  atau makan siang buat panitia.   Yang diistimewain  biasanya  snack  buat dosen  atau alumni yang kasih materi.  Seksi konsumsi bakal menggusur seksi transportasi  buat ambil pesanan makanan. Berani ngeyel? Jangan harap seksi transportasi  dikasih jatah makanan. 

Panitia  Yang Care
Nah selain seksi absensi  ngecekin  adik-adik  baru yang jadi tanggung jawabnya,  panita  yang peduli banget sama keberadaan adiknya adalah  dari tim P3K.  Jangan sampai deh  ada  yang sakit  lalu  tiba-tiba terjadi apa-apa.

Makanya, selain berurusan  sama tim acara, tatib  juga sama tim sekretariat  buat  ngecekin siapa aja  yang punya riwayat medis  yang harus diperhatikan.  Mau adik barunya ganteng ga ganteng, cantik ga cantik,  item, putih, kurus, ndut semuanya harus diurusin. Saya sempet misuhin  temen saya yang waktu itu bilang motivasinya jadi tim P3K  biar bisa lama-lama deket mahasiswa baru yang cakep.

“Awas, ya kalau sampai ada yang ga cantik,  lu  ga mau ngurusin dia!”  Biar kecil gini, saya bisa ngancem.  Hehehe... iya sama teman sendiri  ini. Sama senior? Belom tentu, paling ngedumel dalam hati.

Panitia Jual Pesona
Ga salah lagi, deh. Yang kayak gini  niatnya  ngeceng.  Entah emang  iseng aja atau niat banget   karena  bosen jadi jomblo.   Yang parah kalau punya niat  'buka cabang'. Saya suka  melelet sebel kalau alarm  crocodile land detected nyala. 

Ga sedikit  kan yang kejadian cinta  lokasi? Ada yang cuma sebentar, ada yang awet  dan sampai nikah,  atau  awet tapi ga jadi  nikah.  Jodoh emang rahasia, ya.  Suspectnya bisa dari mana aja.  Ada  yang dari seksi acara, P3K, tatib atau  seksi  absensi. Dan biasanya seksi  absensi atau sekretariat  ini pemegang kunci karena  mereka  nyimpen semua data anak-anak. Kos atau rumahnya di mana dan berapa  nomer  HPnya. Paling sering mereka dimodusin demi melancarkan niat  pedekate alias pendekatan.    

Tukang Marah-marah
No doubt!  Ini bagiannya  tatib, ya. Kayak yang udah dibilang  di postingan  sebelumnya. Ada yang ngambek-ngambeknya proporsioanal dan seperlunya. No wonder,  mereka terlihat berwibawa di mata anak-anak mahasiswa baru. Ada juga  yang ngehe, rese dan jadi musuh abadi.  Mungkin karena terlalu sadis  ngasih hukuman atau sengaja nyari-nyari kesalahan.  Eh ada juga  lho  tatib yang  ngincer  salah satu  peserta ospek.  Jadi  selalu si itu aja  yang jadi targetnya. Bukan dalam rangka  screening milih calon ketua  angkatan atau peserta  terbaik. Yang kayak gini mah niat aja  jadiin jatah  acaranya tatib  biar bisa deket lama-lama dengan kecengannya. Aish,  yang manfatin situasi. 
kalo  ini waktu saya jadi peserta  Ospek. Lokasinya di gunung Puntang. hayo tau  ga saya yang mana?  Credit: Teh Yovie
Pernah jadi panitia  ospek  juga?  Berapa kali dan pernah pegang posisi apa? Mudah-mudahan dulu waktu jadi panitia ospek  ga sampai  ngalamin jadi  public enemy  dan disebelin juniornya karena kelewat  galak, cari perhatian, atau bau badan karena kelamaan di kampus dan lupa mandi hehehe.

Tiba-tiba  jadi kangen, pengen kumpul lagi sama teman-teman  kuliah dulu.

Share:

Sunday 26 July 2015

Kenang-kenangan Jadi Peserta dan Panitia Ospek

Rata-rata  besok  sudah masuk  tahun ajaran baru,  ya?  Eits, tenang  jangan    bully saya dulu  dan bilang ga kekinian.  Beberapa sekolah  ada  yang  baru mulai  masuk  lagi bulan Agustus nanti.  Sedap  banget,  ya?  

Ngomongin soal tahun ajaran  baru  saya jadi  inget waktu SMP - SMA  dulu  ikut masa  orientasi  sekolah.  Pernah jadi peserta dan panitia (waktu SMP). Jadi kayaknya seru  juga  kalau  ikutan sharing  pengalaman   ikutan orientasi  jaman  saya  masih unyu  dulu  *kemudian  tiarap sebelum  dicubit berjamaah*
sumber: okaloosa.k12.fl.us/longwood/
Waktu masuk  SMP, hari pertama masuk  yang saya inget  adalah pengukuran seragam dulu.   Dibanding teman-teman  yang lain, harusnya saya  dapat diskon  uang pangkal sekolah. Soalnya kain  yang diperlukan buat seragam yang dipakai ka ga sebanyak teman-teman yang lain. Mengingat body saya  ga masuk standar tinggi badan umumnya anak-anak SMP waktu itu. Kenapa coba mesti bayar sama rata sama  rasa? Ga adil  ini  hehehe.....  

Besok-besoknya  ya gitu deh, pengenalan  sekolah dan dikenalin beberapa  ekskul di sekolah. Waktu itu masih ada  3 ekskul umum. Pramuka,  PMR dan Paskibra dan  ekskul  Basket. Saya  milih  ikutan Pramuka  meski cuma sebentar. Paskibra? Saya  harus  rajin-rajin minum sayur  egrang  kayaknya kalau mau  ikutan. Ga tau  juga sih  waktu itu apa  saya  layak masuk Paskibra  *curcol lagi*. Pernah diajakin ikutan ekskul Basket, tapi terlambat, diajakin pas  udah Kelas 3.

Kembali ke cerita  masa orientasi. Kurang lebih  sama  deh  saya dikasih tugas  yang terbilang aneh sama  senior.  Waktu itu saya sempet nangis  dan  bikin seisi rumah heboh dan panik karena  bingung  dikasih tugas  aneh.  Selain harus  ikat rambut  dua kanan kiri dengan pita  merah  putih, ada aja yang namanya tugas harian  yang terkadang aneh (padahal sayang kurang kreatif mikir). Misalnya  Kursi Goyang  Kertas  dan Bakiak Reebox.   Cetek  padahal, ya.   Tapi saya keukeuh nyari-nyari  bakiak merk gituan  ke pasar  dan sukses diketawain.  

Lalu saya juga inget  pernah  ada tugas  Bawa Pisang 1 Sisir.  Dalam bahasa  sunda, pisang 1 sisir  itu sama dengan pisang  satu tandan.  Kebayang dong,  kami selama waktu orientasi harus  pake tas dari  kantong  terigu  (eh tapi boleh dimodifikasi, ada yang dikasih tali serut  dan bisa disandang. Kan ga asik  ya  kalau di  iket terus dipanggul di bahu  gitu. Berat dan menghancurkan gengsi wkwkwkwk....) harus  bawa pisang 1 tandan ke sekolah? Ternyata maksud senior  kami 1 pisang dan 1 sisir.  Nah karena waktu  itu saya tumben  mikir, beneran deh bawa 1 pisang dan 1 sisir  ke sekolah. Horeeee....     *lalu  terdengar  suara bunyi masin jackpot*

Nah, pas kelas  3 SMP saya  jadi panitianya.  Saya dan teman-teman  berbagi tugas jadi semacam kakak pendamping. Dan percayalah, tim kami waktu  itu  adalah panitia  yang manis. Enggak ada yang suka  melotot sambil manyun dan nunjuk-nunjuk  kayak di sinetron.  Kasih tugas  pun yang enteng sebenarnya. Misalnya Chiki 2 Taro  1.  Kalau yang mikir  dia bakal bawa  1 chiki aja,  karena  satu ditaro di rumah. Errrr, ternyata ada  juga  yang  salah paham. Akhirnya  kami para panitia jadi  panen  snack (Chiki atau Taro), karena dikasih adik-adik kami yang kebanyakan bawa  snack kemasan  yang waktu itu  happening dan lumayan  mihil  waktu itu.  Duh maafkan kami kalau ini tergolong  pemalakan.  

Pernah juga ada jamnya kita  sok-sok  an jadi selebritis, menyuruh  adik-adik baru  buat berburu tanda  tangan. Tapi... tetep  fun, kok.  Ga pake  intimidasi, teror  atau  marah-marah  gitu. Malah yang ada nyuruh jail.  Misalnya  teman saya  nyuruh yang minta tanda tangan buat  nyubitin  lutut salah satu dari panitia  yang kurus.  Walhasil,  sambil  melayani fans dadakan,  teman saya  ini  harus  bertransformasi  jadi mahluk nomaden alias  berpindah-pindah  kalau ga mau sakit dicubitin. Kurus, gitu,  apanya yang bisa dicubit, coba?

Waktu SMA  saya cuma ngalamin jadi peserta aja,  ga jadi panitia. Ini yang rada  horor. Karena beda  banget  waktu SMP dulu. Ada kakak-kakak tatib  yang  jam-jam tertentu  masuk ke kelas. Kami harus nunduk kepala, duduk manis di meja dan nutup  kuping. Terus  ngapain para tatib itu pake teriak-teriak segala? Siapa yang oon coba?  Soal tugas  saya dan teman-teman rada mikir dan tugas yang dikasih PR yang lebih memaksa  kreativitas.  Salah satunya disuruh bikin pembatas  buku dari karakter kartun.  Gampang? Sayangnya  saya  harus ngibarin bendera  putih  kalau harus  bikin karya seni. Sumpah saya  ga  bisa!

Masuk  jaman kuliah, saya pernah jadi peserta dan panitia. Dan  meski ada teman-teman saya  yang  jadi seksi tatib, saya dapat posisi  yang aman. Sie  sekretariat buat mendata  adik-adik baru. Cape emang karena  harus stand  by pas registrasi belum bikin rekap data dan bikin =laporan  kegiatan Ospek (di kampus saya disebutnya Taaruf, alias masa pengenalan)  ke Fakultas. But I enjoy it.  

Dan percayalah,  mereka  yang pernah jadi tatib  itu  biasanya (ga semua)  jadi public enemy, terutama tatib perempuan.  Biasanya kalau ada mantan tatib (ish kesannya kayak pernah jadian) lewat suka diiringi dengan tatatapn il-feel, sebel  atau cuek.  Anehnya  kalau tatib  laki-laki, mereka  masih punya fans, lho. Saya pernah ngefans  sama tatib laki-laki  pas  ospek  Universitas dan jurusan wkwkwkwk... Baper?  Ga lah. Sisa-sisa  ke-ababilan  mungkin, ya.  Coba, jadi tatib paling  2-3  hari, tapi  disebelin  dalam rentang waktu  yang lama.   Pengalaman saya waktu  itu, kalau tatib perempuan lebih tega menghukum, lebih nyeremin dengan  tatapan nyalang atau lengkingannya.  Mungkin  itu  yang   bikin  para mantan tatib lebih banyak musuhnya. Apa karena terlalu emosi, ya?

So, kalau  ada yang lagi baca  tulisan ini dan massih kuliah terus  mau jadi panitia  ospek,  percayalah,  kalau niatnya  cuma  gaya-gayaan,  jual pesona, jangan jadi  seksi  marah-marah semacam tatib itu. Selain Sie acara,  kalau mau punya fans mah enaknya jadi tim kesehatan  alias P3K.  Kadang kalau cape dan males dengan  teriakan  senior  yang ga jelas,  P3K  adalah pelarian terakhir. Meski harus  ngaku  'bau tanah' panggilan yang terasa  hina  karena  tidak sanggup dibully atau dengerin lengkingan tatib.  Dan mereka  ini  para tim kesehatan adalah hero bagi para  peserta ospek.  Biar cape, mereka dengan senang hati melayani para pasien  dengan mijitin, ngasih obat,  kadang makanan atau sedikit curhat :).  Pas pagi  saat para peserta cape disuruh lari pagi  mereka akan mengikuti  dari belakang dan nawarin tumpangan  bagi yang ga kuat  buat kembali ke kampus hehehe. 

Saya bersyukur  kalau  dikasih tugas  pas  ospek waktu itu  pas menjelang pulang. Meski terasa  banyak,  jauh lebih mending dibanding kampus lain. Ada lho yang dikasih tugas  individu dan kelompok diumuminnya malem-malem (banyak  pula, A to Z) dan subuhnya harus sudah ada di  kampus. Ga boleh  bawa kendaraan atau diantar.   Kebayang  ga sih capenya  waktu itu?     
Share:

Wednesday 22 July 2015

7 Fenomena Umum Setelah Lebaran

Ga kerasan, ya, lebaran  udah lewat hampir  seminggu.  Suasana  di bulan puasa kemarin  bikin baper  alias terbawa perasaan, (uhuk).  Kangen sama  kegiatan  ramadan seperti  salat tarawih, terkantuk-kantuk  nyiapin sahur,  buka puasa  bersama  keluarga  atau teman dan  momen-momen yang ga  bakalan kita temukan di bulan biasanya. Biasanya di bulan syawal,  beberapa hal ini dialami kebanyak  oleh kita. Iya, enggak semuanya, sih. Tapi 1 atau dua pasti ngalamin (maksa).  Hayooo, ngaku,  ngalamin  yang mana aja?
 
gambarnya dari shutterstock
1. Dompet Bersih Kembali
Iyes, ini  ga diragukan lagi. Seneng sih dapat THR dari bos  atau tempat kerjaan.  Tapi  yang udah dewasa  punya kewajiban  plus-plus mengestafetkan  THRnya buat  yang lain. Setelah membayar zakat fitrah, list  yang harus buru dipenuhi dari anggaran THR tidak jauh-jauh dari  tiket  mudik,   oleh-oleh  buat  saudara di kampung halaman, ngasih THR  PRT (kalau punya) dan kasih angpau  buat ponakan. Abis gitu biasanya  abis lebaran juga diisi sama acara liburan bareng  teman atau keluarga. Walhasil  dompet juga  bisa kayak  hati, suci bersih kembali.  Mudah-mudahan di ATM  ga ikutan  minta maaf karena  ga bisa ditarik, ya. Duh, ga asik ah gajian bulan depan kena potong karena udah kas-bon lagi.
Share:

Sunday 19 July 2015

Review Film Surga Yang Tak Dirindukan

“Ih, kamu  nangis.”
“Kamu juga!”

Itu tudingan sesama  penonton remaja  yang masih terpaku duduk  di kursi bioskop setelah  nonton film Surga Yang Tak Dirindukan  sore tadi. Saya nyengir  waktu denger mereka  saling menuding sementara jari tangan lainnya  sibuk menyeka  sisa  air mata  yang  masih tersisa  di pipi mereka.  Yang bilang gitu  bukan anak gadis, tapi remaja laki-laki. Sekitar  usia SMA-an.  Nah, ternyata, ya. 
credit: MD Picture
Judul Film : Surga Yang Tak Dirindukan
Para Pemeran:  Fedi Nuril,  Laudya Cynthia Bella,  Vitta Mariana, Zaskia Adya Mecca, Raline Shah, Sandrina Michele, Kemal Pahlevi,  Tanta Ginting, Hj. RAY Sitoeresmi, Landung Simatupang
Sutradara : Kuntz Agus
Produksi : MD Picture
Durasi : 124 Menit

Film  yang dibintangi oleh Fedi Nuril dan Laudya Cynthia Bella  ini diangkat dari novel dengan judul yang sama yang rilis  tahu 2015. Sebenarnya  novel ini bukan novel yang  baru, semacam repackage dari novel  yang berjudul  Istana Kedua yang terbit tahun 2007.

Film ini menceritakan  Pras  (Fedi Nuril) mahasiswa tingkat akhir  yang  jatuh cinta  pada  pandangan pertama  saat bertemu  dengan  Arini  (Laudya Cynthia  Bella). Saat  itu Arini sedang mendongeng untuk anak-anak dengan boneka tangannya.  Saat itu keduanya bertemu secara tidak sengaja karena  Pras datang untuk  mengantar  seorang anak yang mengalami kecelakaan kecil ke tempat  Arini.


Mestinya,  acara ngantar  Pras selesai sampai di situ. Tapi kecantikan Arini  yang punya  sahabat Lia (Vita Mariana) dan Sita (Zaskia Adya Mecca)  membuat Pras terpesona, yang sukses  membuat sahabatnya  Hartono (Tanta Ginting) misuh-misuh karena harus buru-buru pergi demi menyeelsaikan tugas akhir kuliahnya. Semantara  Amran yang diperankan  oleh Komika Kemal Pahlevi malah mengipasi Pras buat menikahi  Arini.

Gayung bersambut.  Arini  juga menyukai  Pras. Enggak pake lama,  keduanya  segera menikah.
Kalau Arini  punya prinsip  “Siapa sih yang bisa menjamin seseorang lebih baik kalau bukan kita yang percaya?”,  maka Pras  punya prinsip lain. Masa kecilnya yang pahit ditinggal ibunya  yang meninggal di depan mata membuat Pras  tidak terobsesi  menjadi orang terkenal.  Pras hanya ingin dunia di sekitarnya  menjadi  lebih baik dari dunianya dulu.

Ucapan atau  prinsip Pras  ini mendapat ujian dari  Allah. Hmmm, saya  jadi mikir  ini semacam  contoh  kasus hati-hati dengan ucapan kita. Enggak salah emang, ya. Cuma pernah kepikiran ga sih Allah seakan-akan menguji kita untuk membuktikan ucapan kita sendiri?

Dalam sebuah perjalanan menuju tempat proyeknya, Pras  yang sudah dianugerahi puteri  yang cantik,  Nadia  yang diperankan  oleh  Sandrina Michelle ini, menemukan  mobil  yang dikemudikan  Meirose  nyaris terperosok ke jurang.  Sifat welas asih dan ga tegaan  membuat Pras  bukan saja menolong  Meirose dan menungguinya di rumah sakit. Dokter  yang menangani operasi Meirose  memberitahukan kalau wanita cantik nan malang yang mengemudikan mobil dengan busana  pengantin itu sedang hamil  7 bulan dan harus segera menjalani operasi cesar.  Tidak ada yang bisa bertindak sebagai penanggung jawab operasi  yang harus dilaksanakan membuat Pras bertahan lebih lama. 

Setelah Meirose  siuman dari operasi cesar masalah  mulai muncul  dan jadi  awal  konflik.  Meirose ternyata  depresi berat. Ditinggal  mati ibunya,  ayahnya yang pergi saat ia berulang tahun ke-12 dan pria  yang membohongi  Meirose  membuat Mei memutuskan untuk bunuh diri.  Hanya satu hal yang bisa menyelematkan  Meirose dari aksi nekatnya. Ucapan  Pras yang bersedia  menikahi  Meirose  demi  Akbar Muhammad,  dan demi keinginan Pras  yang ingin membuat dunia sekitarnya lebih baik. Demi harapan tidak ada lagi anak yatim  yang malang  seperti dirinya dulu ditinggalkan orang tua.

Pras menikah  diam-diam  dengan memanggil Hartono dan  Amran sebagai saksi sementara  Arini polos saja  menganggap  Pras sedang  dinas untuk urusan proyeknya. Rahasia Pras  terkuak saat  si mbo menemukan  bon  apotek  untuk biaya imunisasi dan obat  untuk  dalam saku  celana Pras yang  dicuci. Belum lagi ternyata  Arini  mengetahui kalau ayahnya menikah lagi selama 15 tahun sebelum kepergiannya.

Akting Para  Pemain
Ingat  aktingnya Bella di film Assalamualaikum  Beijing , kan?. Di film sebelumnya  Bella berperan  sebagai Sekar yang tergila-gila dengan cinta  sejati  yang drama queen  banget.  Di film  ini Bella memerankan  sebagai gadis yang lembut, kadang tidak bisa menahan emosi sekaligus tidak tegaan  meski  pada Meirose  yang dianggap sebagai perebut  surga yang dibangunnya bersama Pras.

Fedi Nuril? Selain masih ganteng, nyaris  ga berubah dibanding waktu main filmAyat-ayat Cinta, penghayatan  Fedi Nuril sebagai Pras lebih kuat dan  lebih mature. Fansnya Fedi Nuril bisa klepek-klepek kalau lihat aktingnya di sini.  Meski begitu, saya yakin ga akan ada (kalau ada juga kayaknya dikiiiit banget)  fansnya  Fedi yang mau merasakan  posisinya  Arini seperti di film ini. Tapi ini cuma akting, kan?

Peran Zaskya Mecca  bisa dibilang biasa aja. Bukan jelek,  tapi tidak terlalu  menonjol dan banyak wara-wiri di sini.  Tapi  tetep  cantik  dengan balutan busana muslimahnya  yang sumpah bikin  saya  naksir berat. Pengen deh punya  salah satu model bajunya. Ada  ukuran S atau SS  buat saya, ga? Hehehe.

Yang menarik perhatian saya malan Kemal Pahlevi  yang memerankan  Amran, sahabatnya Pras. Jauh banget deh dari kesan gokil dan imejnya sebagai seorang komika. Kemal bisa menghilangkan  kesan  nakal dan gokilnya, berubah jadi seorang sahabat  yang  kalem , cerdas dan bisa menengahi  konflik antara  Pras dan Arini atau  Hartono  yang sering sebal dan kesal pada Pras.

Raline Shah gimana, Fi? Nah artis cantik yang pernah main di film 5 cm  ini  juga  cukup oke memerankan Meirose  yang jadi istri  kedua.  Dari seorang yang mengalami depresi berat lalu berubah  jadi  seorang wanita yang lembut, solehah,  jago masak, pintar  meraih hati dan sabar  dilabrakain  Arini. Jauh banget dari kesan seorang penggoda dan perebut suami orang.     Selain bodi  jangkungnya yang bikin  mencelos, wajah cantiknya  juga bikin envy.  Menurut saya lebih cantik waktu pake jilbab, deh.

Selain beberapa quote yang sudah saya  bocorin di atas,  film ini – sama seperti film Assalamualaikum Beijing- juga sarat dengan qoutation yang keren dan sarat makna.  Misalnya saja ucapan Meiroe  waktu mendesak Pras untuk berterus terang pada Arini
"Sesuatu yang ditutupi akan terlihat buruk meski itu baik"

Atau waktu Pras  bilang sama Meirose seperti  ini:
“Selama ada Allah di hatimu kamu tidak akan pernah menderita, makanya iqra”

Dan ini  yang dibilang ibunya  Arini waktu curhat
“Ibu tidak ingin kamu tumbuh dalam kebencian pada bapak”
atau
“Orang yang diberkahi akan tenang karena hatinya terang
Lainnya
Melly Goeslaw  emang jagonya bikin lagu-lagu  yang  pas buat soundtrack dari film-film religi terutama yang bertema tentang cinta.  Untuk film ini, Melly Goeslaw  dipercaya lagi menggarap lagu  berjudul sama dengan filmnya, "Surga Yang Tak Dirindukan"  yang dinyanyikan  oleh  Kris Dayanti. Ada  juga Tya Subiakto sebagai penata musik yang mendukung suasana penonton semakin terharu biru menyaksikan setiap scene demi scene dalam film ini.    Abaikan  munculnya produk sponsor  atau penyebutannya  yang muncul di film ini, ya. Seperti beberapa  film Indonesia lainnya,  film  ini juga jadi  ajang  'ngiklan' beberapa produk seperti hand body dan obat penurun panas anak.

Siapkan tissue yang  banyak karena sejak awal kita bakal membutuhkannnya sampai ending.  Jauh lebih banyak menguras air mata dibanding filmnya Bella  sebelumnya  (Assalamualaikum  Beijing) menurut saya.


Share:

Thursday 16 July 2015

Repost Cerpen Dari Proyek Kumcer: Belahan Jiwa

Kangen,  udah lama ga bikin cerpen.  Tapi pikiran  lagi buntu  (alesan hahaha). Lalu tba-tiba inget sama salah satu cerpenku  yang ikutan proyek  kumcer  Project Tentang Kita:  Yang Bisa Terjadi  Ketika Jarak Memisahkan .(rilis tahun 2013)  Semua cerpen yang ditulis  di sini  terinspirasi dari lagu-lagunya KLa Project. Anak  90's mana sih yang  ga kenal lagu-lagu romantisnya KLa (kyaaaa lalu sembunyiin KTP).  
Kenapa tiba-tiba pengen  share  cerpen ini?  Telat sih, ya.  tapi latar cerpen ini kejadian  pas bulan Puasa,  momen  buka puasa. Hehehe, super telat! Harusnya  dishare pas awal-awal puasa. 
Nah, kalau ini cerpen kontribusinya saya.  

Belahan Jiwa
Aku masih asik memainkan hp. Hanya ada tanda ceklis yang muncul di layar, entah jaringan siapa yang ngaco.
PING.
Dua menit.
Tidak ada jawaban.
Share:

Tuesday 14 July 2015

Kepengin Sehat: Resolusi Setelah Lebaran Tahun Ini

Kebiasaan  saya kalau pagi-pagi sudah  duduk manis depan  laptop. Cek email,  ngeblog  atau cari bahan  buat nulis  lagi  sambil ditemani radio. Pagi itu,  (saya lupa  hari ke berapa  di  bulan puasa) duet penyiar  radio nan  gokil  yang sering  saya dengerin  sedang  bermain teka-teki.
pinjem  gambar  punya  resepkecilku.com
+ :  Kolak apa  yang  yang ga ada  saingannya?
- : Kolak juara?
+ : bukan
- : Apa dong?
+ : Kolaklah segalanya. 
Share:

Monday 13 July 2015

Review Film Comic 8: Casino Kings Part 1

Baru saja di awal film, saya  dan teman-teman blogger  Bandung yang mendapat undangan khusus Gala Premier film Comic  8: The Casino Kings ini sudah dibuat tertawa. Karena tayang jam 18.45, kami berbuka puasa seadanya  dan tidak sempat  mengikuti Meet and Greet dari dekat. Para aktor pendukung yang ikut nonton sudah dikerubuti  para ABG  yang juga menyaksikan  film ini  bareng-bareng hari Sabtu tanggal 11 Juli kemarin.
Meet and Greet  Comic Eight Casino King  Part 1
Sedikit penasaran  juga  karena tidak bisa mengikuti   behind the scene  yang dibocorkan pada sesi durasi meet and greet  sore itu.  Ya sudahlah, enggak apa-apa,  lagian  risih juga  ikutan histeris  dengan para ABG  yang rata-rata ngefans sama Ernest  yang  juga ikut nonton bareng hari itu. Yang tuaan dikit ngalah aja  hahaha.  But anyway, ini dia sedikit cerita (iya sedikit aja)  dari film Comic  8: Casino Kings Part 1. 

Share:

Sunday 12 July 2015

Vitamin C Kauffman High Dose Bikin Kulit Cerah

Gaya hidup sehat  memang sedang tren kembalii. Dengan memperbaiki  pola  makan dan  kebiasaan hidup  yang sehat dipercaya  bisa bikin  kita jadi  sehat luar dan  dalam. Makanya asupan  makanan yang cukup dengan  vitamin, mineral dan  gizi yang seimbang akan membuat kondisi tubuh  sehat.

Salah satu  sumber vitamin  yang dibutuhkan oleh tubuh adalah vitamin C.  Asupan vitamin C yang  cukup, akan membantu  mengurangi  risiko  terkena  serangan  jantung, mengurangi  risiko  hipertensi,  mengatasi  kanker dan  beberapa  penyakit degeneratif lainnya.

 Vitamin C Kauffman  High Dose 
Selain itu  tercukupinya kebutuhan vitamin C  juga  bisa membuat kulit jadi  lebih cerah  berseri. Rahasianya ada pada asam askorbat  yang  membentuk kulit mendapat protein yang cukup, tetap kencang dan elastis,  dan kerennya bikin kulit jadi cerah karena bisa meratakan warna pigmen dalam tubuh.

FYI,  beratus-ratus tahun sejak dulu  vitamin C  dipercaya  sebagai  salah satu untuk  mengatasi  anti aging  agar kulit terlihat cerah. Sebenarnya  bukan  cuma orang Indonesia  saja  yang ingin kulitnya  tampak cerah alami.   

Enggak percaya?Wanita-wanita di Tibet  pada jaman dinasti Tang  yang  kulitnya udah  bawaan sononya  terlihat  kuning langsat aja  bela-belain merawat  kulitnya dengan menggunakan bahan alami agar terlihat awet  muda. 

Dulu sih teknologi  perawatan tubuh dan kulit  tidak secanggih sekarang.  Caranya sederhana dan tradisional, cukup dengan mengoleskan  ke kulit  biji tanaman sea buckthorn  pada kulit wajah atau tangan.  Cara simpel ini juga masih bisa kita lakukan, dengan mengoleskan jeruk  nipis atau lemon di wajah sebagai salah satu pemutih alami.

Cuma cara  ini  agak ribet, ya. Selain hasilnya  lebih lama,  juga bikin perih di kulit.  Tambah repot kalau kita  punya kulit  yang sensitif. 

Makanya, sekarang ini  banyak  salon-salon yang menyediakan layanan untik vitamin C  untuk perawatan kulit.  Namanya  juga salon, beda layanan  ya, beda  harga. Ada yang  murah ada  juga yang mihil  Makin puyeng kalau kita sibuk dan males  ngantri.  O, ya jangan lupa juga kalau kita butuh  jaminan  keamanannya.  Ya jangan sampai  jadi  salah asuhan  eh salah pilih  produk, dong. 

Lalu produk apa  yang aman untuk perawatan di rumah?
Nah, ada  Vitamin C Kauffman  High Dose  sebagai  pilihannya.  Bahan alami  yang terdapat  di dalamnya  tidak menyebabkan  gagal ginjal karena kelebihan vitamin C  secara alami akan dibuang oleh tubuh melalui proses pembuangan alami  alias  buang air kecil.

Meskipun dosisnya tinggi  (5000 mg), Vitamin C Kauffman High Dose ini  menggunakan bahan alami untuk merangsang  produksi collagen dalam tubuh. Khasiatnya   bukan saja mencerahkan  kulit  tubuh secara merata  dan  sulit dijangkau (misalnya lipatan  paha,  siku,  lutut dan bokong),  atau mengatasi masalah kulit seperti  flek-flek  hitam, beka jerawat yang susah hilang, stretchmark  dan selulit yang bandel  atau  penampakan kulit yang kusam. Digunakan dengan cara infus atau suntik sebanyak 4 kali dalam sebulan , juga membantu meningkatkan imunitas tubuh dan membuat  jantung lebih sehat, tidak mudah  terkena flu.

Vitamin C Kauffman  High Dose  Bikin Kulit Cerah
 Vitamin C Kauffman  High Dose 
Jadi selain pola makan dan gaya hidup  yang sehat seperti tidur teratur  da menghindari  rokok  atau paparan asapnya sebagai  perokok pasif, kalau ingin  mendapatkan kulit  sehat cerah berseri, Vitamin C Kauffman High Dose  bisa jadi solusi aman dan alami  buat   yang pengen terlihat  kinclong.

Yang perlu diingat,  tingkat kecerahan yang didapatkan setiap orang emang  beda.  Tapi hasilnya  bisa membuat  kita jadi terlihat lebih cerah berseri dan cling. Aish siapa sih yang enggak mau  punya kulit sehat, cerah dan  berseri?

referensi tulisan pendukung: :
http://health.kompas.com/read/2013/04/27/10583364/Vitamin.C..Mencerahkan.Sampai.Cegah.Keriput
Share:

Saturday 11 July 2015

Ramadhan Fashion Expo 2015 Bukan Cuma Soal Fashion

Hah, 50%? Sadis  bener  tuh yang nawar  diskon.  
Itu yang terpikir  oleh saya waktu  membaca sebuah berita beberapa  negara tujuan ekspor tekstil Indonesia  meminta  potongan harga  karena  lesunya ekonomi dunia  beberapa  tahun yang lalu.  Indsutri  tekstil  yang  banyak  berhubungan dengan pasar  dunia ini memang  paling rentan  terpengaruh  naik turunnya nilai tukar  rupiah dengan mata uang dolar.  Giliran terjun bebas,  ya   ngenes  kayak  ditawar  sampe segitunya. Pas permintaan  tekstil  meningkat  juga bikin para  pengusaha tekstil seneng   banget karena   bisa meraih  banyak   keuntungan, meski di sisi lain kita lagi sedih  juga karena nilai tukar  rupiah yang  lagi ga bagus.
 
Nih busana muslim  sekarang  syari dan tetap  keren, kan?
Padahal  tren busana  muslim  di  Indonesia  ini  bisa  jadi penyelamat  para pengusaha tekstil ketika pasar dunia  lagi lesu.   Dibanding  rancangan fashion dunia  yang  bahannya irit  (ya iyalah,  bajunya  rata-rata minimalis), busana muslim  ini  memerlukan  lebih banyak  bahan pakaian  untuk minimal satu potong/stel pakaian.  Entah itu tunik, abaya  atau rok.  Belum lagi  jilbabnya.  Sayangnya  masih banyak pengusaha tekstil  yang lebih  suka menjual produknya  ke luar  negeri daripada membidik  pasar di dalam  negeri.  Padahal  para pengusaha   tekstil dari  Turki, Jepang dan Cina  lagi  gencar-gencarnya  lho membidik pasar  di  Indonesia.
Share: