Thursday 29 October 2015

Yang Tersisa Dari Keriaan Blogger Camp 2015

Euforia  hari  bloggernya sudah lewat.  Iya,  tapi  auranya  masih sedikit  terasa sampai  hari  ini. Setidaknya  pas saya scroll ke bawah  di dashboard  membaca  beberapa  postingan teman  saya yang menulis tentang hari blogger nasional.  Tungguin saya buat  blogwalk,  ya:)

Saya sendiri  pernah  nulis  tentang  hari  blogger  kemarin  di postingan  sebelumnya. Jadi gampang lah ya  buat  dikepoin.  Meskipun waktu  nulis  postingan  ini  sebenarnya lagi  ga enak  badan.  Entah  deh, kenapa  perut  saya terasa  sakit. Masuk angin,kah?  Mengingat  terakhir  camping  itu  pas  jaman kuliah, tahun 2.000.  Ehm,..  15  tahun  yang lalu.  Time flies so  fast, ya. Tapi  ga enak juga sih kalau leyeh-leyeh  aja,  mah.  Makanya sambil  tiduran setengah  selonjoran gini   ngambil  laptop  dan nulis di blog. 
sok candid  ceritanya  :)
Waktu camping  kemarin di Hulu Cai,  beberapa  hal  yang disiapin buat acara  ga meleset. Aman,  ga ada  yang ketinggalan. Kecuali  kupluk  atau  sarung  tangan. Emang  ga punya  hahaha...  Tapi untuk keperluan  pribadi  seperti baju  ganti,  peralatan pribadi  untuk mandi, kosmetik (yang ini mah wajib dibawa)  dan  sandal biar ga ribet bolak-balik  ke toilet semuanya  ada.  Tumben juga,  ga  bikin cek list tapi  semuanya aman, hehehe. Eh tapi jangan dicontoh, ya.

Nah semua  keperluansaya ini  dijejalin ke dalam tas  ransel.  Perlu  dua ternyata  karena  meski cuma 2 hari  satu  malam  kudu bawa  laptop berikut charger. Lumayan  makan tempat soalnya.

Nah, salah satu yang  ga saya lewatin buat dibawa pas  camping  kemarin adalah  lemon. Iya,  buta memulai hari  saya selalu   minum lemon  peras  dulu.  Wajib  bin kudu.  Saya  ga akan makan apa-apa  dulu  sebelum  air perasan lemon  hangat  ini sudah saya  minum.  Udah 4 bulan  lho  saya menjalani kebiasaan  ini.  Alhamdulillah,  ga ada  tuh  keluhan  maag  karena  rasa  lemon  yang  terlalu asam.
minum  'lemper' dulu  sebelum sarapan
Kenapa  sih harus  minum  lemon peras? Salah satunya nih, membantu mendetoskifikasi  organ tubuh kita dari  sisa racun makanan  yang  kita  makan setiap hari.  Tau  sama tau  lah pola maka  yang serba cepat  dan isntan sekarang tuh kan rentan  dengan kandungan lemak, kolesterol  dan ancaman lain  buat kesehatan.   Sedikit  pengakuan nih,  beberapa waktu terakhir  lagi  cheating dari  kaidah  food combining  :D

Eits  tapi  makan buah dan sayuran  mah diusahain, lah. Cuma itu, kadang sebelum  jam  makan siang saya udah makan makanan  berat  atau ngemil.  Itu lho  cheating ala-ala  saya.  Iya, tau  kok, harusnya saya  konsisten  dengan pola  makan  yang sehat.  Mungkin  rasa  ga nyaman di perut  ini  juga alarm   biar lebih  hati-hati lagi dengan pola makan.
nunggu  sarapan sambil ngobrol 
Makanya, saya  juga tetap  berusaha  disiplin  makan dengan pantangan.  Saat  camping  kemarin, saya abaikan tuh  mangkuk  sambel  yang menggoda buat dicocolin.   Katanya  sih  ga enak  kalau makan  ga ada yang pedas-pedas. Iya dulu saya  juga  gitu.  Tapi sekarang bisa woles,  kok.  Meski memang  nasi goreng  menu sarapan kemarin  rada  hangat.  
menu sarapan pagi
Selesai  sarapan dan nunggu  acara berikutnya, saya dan teman-teman peserta  berchit-chat  ria  sambil  merhatiin Cici  Tanti  yang sedang  menggambar. Wuih, suka  amaze dan envy  sama yang punya skill  seperti ini. Tanpa  sketsa,  tangannya terampil  mengoreskan  kuas  dan tinta  hitam  di atas  kertas  sambil  sesekali  masih bisa  bercanda.  Andai saya bisa  gape  alias jago  ngegambar  ^_^.
cakep  kan gambarnya?
Selesai  sarapan,  acara  dilanjutkan kembali dengan workshop  membahas  tentang ngeblog. Selain membahas blog  yang kredibel  juga dibahas  tentang konten  blog  berbasis  data  dan dilanjutkan dengan  kompetisi  live  blog dan  pengumuman  para pemenang  lomba.   
nyempetin  welfie  di acara  workshop  :D
Kebalikannya dengan  waktu keberangkatn dari Jakarta  ke Hulu  Cai,  kali  ini  pas  pulang dari  Hulu Cai menuju  Jakarta  susana bus agak sepi.  Beberapa chit chat kecil masih terdengar,  Sementara  saya  memilih  untuk merem-merem  ayam  (makanya masi bisa kedengaran  tuh  yang ngobrol).  Iya, cape,tapi  asik dan seru.  Mudah-mudahan perayaan  hari  blogger di tahun berikutnya saya masih  bisa ikutan dan lebih rame  pastinya.
Gonna  miss ths  moment


Share:

Wednesday 28 October 2015

Review Film Bait Surau

Hidayah itu datang dengan cara yang unik. Kita tidak pernah tahu kapan seseorang yang tampaknya tidak mungkin menjadi pribadi yang berubah drastis. Dari bad guy menjadi good guy alias saleh. Seperti yang dikisahkan di film berikut yang diangka dari novel dengan judul yang sama.


Judul Film : Bait Surau
Genre : Religi
Sutradara: H  Kuswara Sastra Permana
Produser : Aulia Anita
Pemain : Rio Dewanto, Ihsan Tarore, Cok Simbara, Astri Nurdin, Nadia Vella, Tahta Perlawanan, Taufan Purbo  Rachel

Share:

Tuesday 27 October 2015

Serunya Bloggercamp 2015 di Hulu Cai Bogor

Ada  apa di  tanggal  27  Oktober  2015?  Ada  yang  ulang tahun?  Iya, mungkin ada  yang  lagi ultah  di  hari ini.  Selamat  ya, kapan makan-makan?  Hahaha...  Ga, ding.  Bukan itu.

Coba deh  inget-inget  beberapa hari  terakhir  ini  hashtag  #bloggercampid  sempat ngehits di  beberapa  timeline sosmed,  khususnya twitter  dan  instagram serta facebook.

Masih  ga mudeng?

Gini  ceritanya...
Bloggercamp  adalah ajang kumpul  blogger se-Indonesia untuk  merayakan hari blogger  nasional yang jatuh  hari  ini,  27 Oktober  2015.

Oh, I see....
Pantes  ya,  hari  ini rame-rame pada  kasih greeting  di akun soial  medianya  kasih  ucapan selamat.  Iyes, selamat  Hari Blogger  Nasional!   *smile emoticon senyum paling imut*

Briefing  dulu di Harris  Hotel
Tahun 2015  ini, perayaan  hari blogger  Nasional  diselenggarakan di 4  kota.   Jakarta  (Hulu Cai, Bogor), Purwokerto (Wisma Putih  Katenger, Baturraden), Surabaya (Taman Dayu),  dan Makassar  (PPLH, Puntondo, Takalar). Saya sendiri  bersama  4 blogger  Bandung   lainnya  (Nchie,   Evi, Eva dan Ratri) mengikuti  acara  Bloggercamp yang berlokasi di Hulu Cai, Bogor  dengan jumlah peserta  kurang lebih sebanyak  100 orang.  Wuih, seru, dong!   Bisa  jadi  ajang  kopi darat  dengan teman-teman  blogger  yang suka  ber-blogwalking ria  atau  sahut-sahutan  di sosial  media, membangun networking dan pastinya  nambah  ilmu.   Keren  dong.

Apalagi  ada sponsor yang keren juga, urunan meramaikan acara  ini. Ada Indosat  yang sedang punya  program Indosat  Love,  Harris  Hotel  yang mengajak  para  Blogger keliling   kamar dan kepoin fasilitas  yang ada di sana,  Blue Bird  dengan busnya yang mengantar ke lokasi acara,  dan Uteesme untuk kaos  yang dipakai para  blogger.
Untuk tahun   ini,  Blogger camp  mengusung tema:  
"Membangun Kredibilitas  Blog".   
Tema ini  sih yang bikin saya  kepo  dan bela-belain  ikutan.  Siapa juga coba,  yang  ga pengen  nge-boots-in blognya?  Apalagi ada  para suhu  blogger  yang  urunan meramaikan acara  ini. Untuk event di  Hulu Cai, panitia  mengundang  Ndorokakung,  Iman Brotoseno  (Blogger, Film  Director  & Phoographer), Nirwan Dewanto (Indonesian Poet  & Cultural  Critic), dan Muhammad  Imran (Outstanding Data Analyst).  Nah,  lho  kepo  pake banget   kan apa aja  yang dishare  beliau di acara  ini?  Tenang,  bakal  saya bocorin di postingan  ini. Gatis!

Sebelumnya,  di  malam hari  ada  acara  api unggun sambil ngobrol santai dengan para  blogger dan mendatangkan penyanyi  Tito, sharing dari Blue Bird dan Uteesme serta  Adrian Zachary  dari  Net   Media  yang membahas Citizen Jorunalism.  
Yang menarik sharing dari  Adrian semalam, nih.  Suka lihat  dong sharing berita yang suka tayang di Net TV  yang dikirim oleh penonton?  Ternyata  buat  berbagi  berita  yang ingin ditayangkan  di Net TV  ga ribet.  Ga harus jago editing juga. Dengan materi  yang direkam dengan kamera HP dan sudut  pandang menarik  pun kalau  layak, bakal tayang  di tv.  udah gitu ada fee  yang  bakal didapatkan. Ehm... sedap, ya? Cukup kok, dengan menyampaikan materi  rekaman berita  dan narasi  berita  yang ditulis/diketik. Iya, ga usah  cape-cape editing  buat  ngisi suaranya.  Serahin aja sama  tim Net  TVnya itu mah.
suasana  api unggun  Bloggercamp  di Hulu Cai

Eh tahu  ga?  Saking menariknya  kanal  citizen journalism  dari Net TV  ini, sampai-sampai ada orang Brazil  yang bergabung di  sini  dan  suka  mengirim  beritanya.  Nah, orang  Brazil  aja bela-belain  ikutan,  kita yang di sini jangan kalah, dong. Materinya pun ga usah  nunggu sesuatu yang fenomenal  dan memicu  adrenalin  kayak  liputan  musibah awan  panas  di Sinabung itu. Sebagai contoh,  ada tempat  wisata  yang menarik atau kuliner   yang unik  juga  bisa dikirim ke sini.  

Pagi  harinya, setelah  sarapan acara dilanjutkan dengan  workshop  yang menghadirkan para  pakar  yang sudah saya sebutkan tadi.  Sebelumnya sudah saya cuitin  di timeline  twitter  saya @efi_thea. Boleh follow  juga, ya. Nanti saya follow  balik  hehehe...  modus  amet, ya? Biarin.

Menurut  Nirwan Dewanto,  yang  namanya nulis  itu sama  saja dengan  ngomong. Jadi kalau  masih merasa susah  buat  nulis,  ya anggap saja gitu,  lagi sariawan dan  memindahkan media  tulisan   buat  menampaikan ide kita  (ini mah kata saya).  Susah?  ya latihan, dong.  Ibarat pepatah  bilang,  ala bisa karena  biasa.   Sama  kayak  dulu kita  masih  belajar  jalan waktu  balita, masih patah-patah  dan suka jatuh. Gitu juga dengan nulis.  Asiknya  latihan  nulis  bisa di blog,  lho.  Bisa langsung publish dan banyak yang baca.  Beda kalau ngirim ke penerbit,  lama  juga  nunggu  approval. Belum  lagi nunggu  harus revisian  yang bisa  bikin baper dan bersaing  dengan  penulis lain yang jam terbangnya udah tinggi.

FYI, penulis  travelling  semacam  Trinity  atau Agustinus Wibowo  itu  juga  memulai tulisannya dari  blog  juga, lho.  Sekarang  kita mengenal  mereka  sebagai  penulis travelling  yang ngehits.  Iya, awalnya dari  ngeblog. Itu  baru contoh  sebagian kecil.  Masih ada  contoh  lainnya  yang bisa  melejit lewat  tulisan  di blognya. Raditya  Dika,  misalnya.

Kalau  bisa  sih, kita  fokus  juga sama tulisan yang lebih spesifik, lebih niche  kerennya. Coba deh  ubekin tulisan  blog kita,  ada  ga  yang merasa  itu tulisannya feel kita banget?   Bisa tuh dijadiin  spesialisasi  tulisannya  kita. Tentang kuliner misalnya. Atau tentang hobi membuat handycraft? Ayo, optimasiin.  FYI,  37% dari  pembaca blog  biasanya datang dari pembaca  yang punya minat yang sama. Nah kalau  blog kita dibuat  kece  dengan tampilannya,   lalu  tulisannya  asik  juga,  bisa bikin  mereka  ini  jadi pembaca setia blog kita. Mereka bakal datang lagi dan lagi.

Tapi  kan,... masih  ada  63%  lagi  pembaca  blog  lainnya, ya? Ga papa  sih  kalau mau nulis yang campur-campur, itu  mah pilihan.  Ga ada  yang ngelarang, kok.  

Balik lagi  soal reputasi menulis  alias  membangun  blog  yang kredibel,   ada  beberapa  hal yang harus  diperhatikan.  Detailnya  saya  tulis  terpisah aja di postingan lainnya, ya. Selain konsisten  menulis  alias  terus update, usahakan  juga  menjaga kualitas tulisan. Usahakan  untuk menimalkan typo,  tata  bahasa  dan plot  yang runut,  biar  mudah dimengerti pembaca. Perkuat  juga tulisan  kita agar  bisa meyakinkan pembaca.  Bukan soal  benar  atau salah, sih.  Misalnya aja  nulis review  makanan.  Selain gambar  yang cakep  dari angel  yang tepat,  cara kita  menceritakan  enaknya makanan yang dicicipin  itu  juga bisa  memengaruhi pembaca untuk  mendatangi tulisan kita.

Membangun  kredibilitas  blog juga  bisa didukung oleh  akun sosmed  kita, Twitter misalnya. Bangun branding kita di  twitter dengan menulis  bio  yang sesuai dengan  minat kita.  Passion  atau minat  yang sama  akan memancing followers  datang  dan  bisa  kita  manfaatkan untuk membangun interaksi  dengan  para tweeps  dengan memanfaatkan  hestek  yang sedang trending. Apa yang terajdi di dunia  nyata,  secara real time  bisa  viral  dan sampai  ke orang  lain di belahan dunia  lain  lewat  cuitan kita. Apalagi  orang Indonesia  itu terkenal dengan netizen  yang bawel  di twitter land.   Manfaatin, tuh.

Last  but  not least, untuk  mendukung tulisan kita di  blog  juga  bisa didukung  dengan  data  yang  kita tampilkan di blog. Ada banyak tools  gratisan  yang disediakan  oleh Google  untuk pendukung data kita.  Kekeringan ide? Ada  google  trends  yang bisa kita ulik untuk mencari tahu, sebenarnya  materi atau tulisan apa sih yang lagi banyak dicari.   Bisa  mendatangkan viewer  lebih  banyak,  lho. 

Ya  udah segitu dulu  aja bocoran dari saya soal materi  hari  ini. Besok-besok,  saya lanjutkan ceritanya. Colek aja saya  di akun twitter  (eaaaaa,  modus  lagi  ini)  buat  kepoin  materi apa  lagi yang saya dapatkan di Blogger Camp  ini.  In the  mean time, saya  udah  lapar. Sudah waktunya makan siang di sini  dan hampir  deadline  buat submit tulisan ini. :)

See  you.

Share:

Sunday 25 October 2015

Ketemu Lagi Sisir Kojo

Punya  barang  yang  suka  timbul hilang  lalu  ketemu  trus  hilang eh dia  balik  lagi, ga?  Saya punya beberapa  barang  yang suka  kayak  gitu.  Salah satunya adalah  benda  yang satu  ini.  Seingat saya  mulai punya  sejak saya SMA.  Duuh,  kalau  orang mah  lagi lucu-lucunya,  lagi centil dan suka tepe-tepe  alias tebar pesona gitu (sayanya sih enggak, kalem gini :D). Jiahahaha....  ga penting banget,  ya? Iya kali, kalau orang. Tapi untungnya  cuma sebuah  sisir. :D

sSisir  kojo  saya,  nih. Abaikan penampakan kotornya.  belum dibersihin  :D

Bisa  dibilang  kalau sisir  ini semacam  kojo.  Andalan banget  buat saya. Enakeun soalnya  buat nyisirin rambut dan  kalau  nyisir  ga bikin  rambut  ketarik banyak. Duh, suka parno  ya  kalau rambut tiba-tiba rontok  banyak.  Pernah tuh,  rambut  saya rontok  banyak  padahal  nyisirnya pake si abu-abu  ini.  Ternyata  setelah  saya  ingat-ingat  penyebabnya shampoo  yang saya pake. Iya, sih  bikin rambut  lebih lembut  tapi kalau ceritanya  pake rontok  banyak gini saya  jadi parno.  Lebih  baik berpaling ke shampoo lain  deh.  Soal perawatan rambut  kan masih bisa pake  produk lain semacam serum  atau  lotion leave on gitu, kan?
Share:

Friday 23 October 2015

Koneksi Internet: Modem Vs Tethering

Tanya  dong, kalau  online dari  laptop atau  komputer  suka pake  apa sih buat  koneksi internetnya? Dulu  waktu  masih ada sambungan fixed  line  di rumah, buat innternetan  saya ngakses internetnya pake jaringan  yang teintegrasi  dengan sambungan  telepon  rumahan itu. Bayarnya patungan sama  adik-adik  saya. Karena  kuotanya  unlimited,  ga masalah mau  online  berapa  lama,  berapa lappy atau komputer dan sekian mega  buat  ngunduh.   Ada tapinya, sih. Kalau dikasih cuaca  jelek biasanya suka  KO dan  pas  hujan gede  ga berani  juga buat nyalain. Takut kenapa-kenapa. Hiiiy, sereeem.

Sampai  satu hari....

Orang  tua saya memutuskan  untuk  memutuskan  hubungan kasih dengan sambungan fixed  line  di rumah. Alasannya, karena  boros. Lagian senua yang ada di rumah masing-masing  punya HP.  Konsekuensinya  saya yang membutuhkan  sambungan internet  jadi  beli  modem  biar  bisa tetep keep in touch alias online terus. Budget patungan  abodemen  internet  jadi dipindahin buat  beli  kuota  bulanan.  Lalu  sampai satu hari  modem saya patah  sodara-sodara.... hiks... Padahal belum sebulan.   Beli  lagi? Semacam kombinasi antara sakit  hati, males  dan sayang  harus  ngeluarin  uang lagi  *mode  ngirit  on*
properti  sendiri
Tapi  kan... saya tetep perlu  akses  internet.  Terus  gimana, dong?

Kan ada tethering.

Saya memanfaatkan akses  internet  dari  sambungan wireless  HP  itu.  Lumayan  membantu, selamat deh uang saya,  karena  ga harus  beli lagi hihi...    Cuma nih,  masalahnya HP saya suka jadi hareeng alias  over heat. Kepanasan  bahasa  Indonesianya mah.  Belum lagi kalau  lupa  ga diisi ulang  batrenya,  tiba-tiba sambungannya  terputus.  Masih  bagus  kalau cuma lagi browsing aja. Coba kalau  pas tekan post  di blog?  Dan  mepet  deadline  lomba misalnya.  Gimana kalau tiba-tiba  ilang  gitu  dan ga ada  cadangannya?  Kan pengen nangis  kejer  kalau  harus  mulai lagi dari nol.  Biarin deh,   SPBU  aja  yang  mulai dari nol. Saya mah sakit  hati kalau ngalamin gitu (dan pernah lho).  Makanya  buat mengantisipasi  saya suka  ngetik dulu di word.  Biar kalau kenapa-kenapa,  masih ada back  upnya.

Sebenarnya  saya  disarankan teman  buat  ngonsep postingan  blog di  notepad. Katanya  biar  ga dianggap  copas  pas inspeksi  laman.  Katanya  siiih  kalau  ngetik dari word trus  copas di  badan postingan  masih dianggap  copas sama  Om Google.  Entah, lah. Saya ga ngerti dan ga kepikiran soal gitu. Tulisa  blog saya  ori,  bukan KW.  Suer, deh. Aslinya  ga kepikiran  bakal dituding copas  kalau iya  gitu.  Eh, eh..  disclaimer nih, kalau  di tulisan blog saya  ada rujukan pun suka saya cantumin dan saya rewrite lagi dengan bahasa sendiri (ya iyalah). Selain itu,  saya  ini penganut  tampilan ngetik rata kiri kanan alias justify.   Makanya lebih  nyaman  ngetik  di word. 

Sebenarnya  bisa sih  ngetik  di notepad lalu tetep di seting rata  kiri  kanan  di badan  blogpost. Cuma kalau  udah kebiasaan, suka reflek gitu. Balik lagi ke word  buat  ngonsep.   Nah tulisan  yang ini sih saya  ketik langsung  di  blogpost, tapi tetep sesekali  saya  copasin ke word. Buat jaga-jaga, just  in case saya  something  happen,  lalu  tulisan saya  hilang, kan nyesek.   Sekalian survey ah, sama  yang suka  merhatiin postingan blog saya.  Enakan liat  yang  mana, sih? Langsung nulis  di  blogspost  gini  atau saya  ketik dulu  di word  lalu copas  di sini?


Ngomongin soal  koneksi internetan, belakangan saya  akhirnya  balik lagi  internetan  pake  modem. Asiknya  nih, yang saya pake sekarang  modem  yang  support jaringan 4G LTE.  Kebetulan tempat tinggal saya termasuk  yang coveragenya kenceng.  Pas  buka youtube  pun ga ada lagi buffering yang bikin baper.  Padahal  kalau di peta  bisa dibilang Bandung  pinggiran  karena berbatasan dengan Cimahi  hehehe.  Cihuynya,  HP saya  ga lagi  ngalamin hareeng  alias  kepanasan, karena  saya  geber buat tetheringan *elus-elusin  HP*.  Meskipun  jaringanya  CDMA,  ga ada  masalah buat  kebut-kebutan di dunia  maya.  

Jadi,  gimana modem apa tethering? Wifi atau akses lainnya? Terserah sih,  feel free  aja, gimana enaknya.  :)
Share:

Thursday 22 October 2015

Please Meet My Orange Smoothies

Kalau  berteman dengan  saya di akun  sosial  media instagram  a,ka. IG pasti  suka merhatiin  saya suka posting  foto-foto  aneka  smoothies  ala-ala  saya. Belum tau? Ah, masa?  Ya udah atuh  follow @efi_thea  ya.  Hahaha... kode keras  buat  nambah  followers ini  mah. Ya biarin, atuh. Usaha dikit boleh,  dong :D  Dijamin  ga akan nyepam  di  IG saya mah .

Jadi  gini,  ya. Saya tuh  mulai ngurangin hasrat ngemil.  Kadang  ga ketahan  tapi  mostly  sih udah bisa direm.  Red alert  utamanya  kalau inget  betapa gemesnya  kalau jerawi  alias  jerawat  numpang  narsis  di muka saya. Satu atau dua hari sih woles. Lah,  ini, sampai berminggu-minggu eh berbulan-bulan malah.  Kalau  suka baca postingan  saya yang lainnya (lagi-lagi  kode  biar stay tune di sini baca postingan saya  yag lainnya) kalau itu salah satunya disebabkan  karena  pencernaan  saya yang  kacau.

Makanya,  buat membantu  benahin pencernaan, saya  mengalihkan  camilan sama buah-buahan.  Ya, sih  belanja buah lumayan  mihil.  Abis  gimana lagi? Kalau sakit lebih mahal  (note,  mihil dan mahal  itu adik dan kakak :D). Ya udahlah, ga usah  ngoyo. Dikasih ujian buat  dicari solusinya, kan.  Insya Allah rejekinya mah  ada aja, meski cuma beli  buah di lapak pasar hehehe.
Camilan buah-buahan yang murah dan meriah. Gambarnya pinjem  punya bbc.co.uk
Salah satu  buah  yang suka saya  konsumsi itu pepaya, apalagi  pepaya jenis California, wih sedap, ya. Kecil-kecil manis dan segar.   Enak banget, deh. Apalagi  kalau  lagi ngalamin masa-masa macet melakukan ritual setiap  pagi  alias  BAB, buah ini adalah  pilihan sejuta  umat.  Ya, ga? Daripada  minum pencahar  yang  ujungnya suka mules  ga udah-udah  atau  malah  jadi over dosis  bolak balik ke toilet.  Nyiksa  dan bikin  malu-maluin  aja.

Ngomongin soal  bolak balik ke toilet, pernah tuh saya  suka bolak balik ke toilet gara-gara  mules  ga jelas.  Padahal saya baru pindah  kerja  alias karyawati  baru.  Jadilah  saya  bagaikan mahluk aneh karena sering bolak-balik ke toilet diiringi tatapan aneh teman-teman baru.  Duh,  biasa aja kaliiii. Kayak ga pernah liat orang mules  aja -_-

Soal rasa  pepaya,  sama aja kayak buah lainnya. Pernah ga sih ngalamin dapat  buah-buahan yang rasanyanya hambar, nanggung lalu kita protes,  ini rasanya 'apaan sih ?' 

Dulu suka saya cuekin dan  ga mau nerusin  makan lagi. Dulu, sih.  Tapi sekarang  saya punya triknya. Ya itu tadi,  dibikin smoothies.  Kemaren ini saya tuh  kan beli pepaya, dan rasanya  geje alias  ga jelas alias  hambar. Dibuang rasanya sayang.  Lalu saya inget  punya sisa  nanas  dan yogurt.  Oke, lalu tiba-tiba tercetus ide  bikin smoothies baru.  ini dia:
Orange Smoothies  ala-ala Ef
Smoothies Orange ala-ala Efi

Bahan-bahanya  gampang, kok. Cuma ini aja:
  • 100 gr  pepaya
  • 100  gr nanas
  • 1/2 lemon
  • 50 gr plain yogurt
  • 100 cc air 
  • 1 sendok teh cinamon alias kayu  manis bubuk (opsional, boleh diskip).

Caranya?
Gampang pake banget. Cemplungin aja semua  ke dalam blender, blend them till smooth.  Jadi, deh.

As always,  saya ga pernah masukin gula  ke dalam smoothies.  Rasa manisnya tetep dapet, alami dari fruktosa  yang terkandung dari buah-buahan  ini.  Percaya deh, lebih sehat. Lama-lama  juga bakalan terbiasa  denga manis alaminya  juice  atau smoothies  tanpa gula. Kurang manis?  Ya udah, sambil  ngaca aja minumnya  :D

Sebenernya saya  pengen bikin eksperimen lagi biar rasanya lebih kece. Tapi  beneran, smoothies  yang ini ga  gagal. Ciyus, deh. Cuma pengen dibuat lebih perfekta alis sempurna. Nanti deh saya sharing lagi resep penyempurnaanya.  Tapinya nih, ngomongin soal smoothies, mulai bulan depan tunggu  kejutan dari saya. Keywordnya adalah all about  smoothies. Apa, kapan dan gimana-gimananya tungguin aja, ya. Makanya selain rajin blogwalk ke sini,  jangan lupa follow  akun IG @efi_thea,  biar  tau  update  paling anyar (deuuuh siapa saya? :P)









Share:

Monday 19 October 2015

Bajigur, Minuman Tradisional Yang Mulai Langka

Ini  bukan  susu  cokelat, cappucino,  coffee  lattee  atau  minuman apalah  yang biasa  dipesan di  coffee shop,  resto/gerai cepat saji  atau  tempat  hang out  lainnya.  Tapi ini adalah bajigur,  minuman khas  dari  priangan  yang  terbuat dari  air santan,  direbus dengan  gula  aren  dan  dicemplungin irisan tipis  kolang-kaling. 
http://www.catatan-efi.com/2015/10/bajigur-minuman-tradisional-yang-mulai-langka.html
dokumen pribadi

Kalau  di  coffee  shop  kita bisa  pesan komposisi  yang customize, dengan toping ini  itu  yang lucu-lucu, beda  dengan bajigur. Ya udah, takaran manisnya sami mawon,  karena  si mamang  yang  menjajakannya  sudah  menyiapkannya dalam panci besar, tinggal  ngambil  dengan  alat semacam centong gitu dan  dituangkan ke dalam gelas. 
 
Dulu waktu  saya masih  bocah,  cukup  mudah menjumpai  penjual  minuman ini.  Biasanya  muncul sore-sore  saat  langit  berpelangi.  Eh,  siapanya  Jaka  Tarub?  Hahaha...  enggak,  bukan siapa-siapanya  Jaka  Tarub.   Ini  mah kelebayan sayanya aja yang suka nyelonong  numpang   eksis :D. 

By the way  bajigur  ini  paling enak dinikmati sore  hari  setelah  hujan reda  dan meninggalkan aroma tanah  yang menguar, ditemani  dengan penganan lain semacam kelepon, getuk, pisang singkong, ubi atau kacang  rebus.  Duh,  so  klasik  banget,  ya.   

Kadang  penjual  bajigur  ini  juga  menjajakan  minuman lain  dalam panci  berbeda di gerobaknya yang sama,  ada  bandrek. Minuman hangat  yang  terbuat dari jahe, gula merah, dan bahan lainnya seperti   cengkeh, kayu manis  dan disajikan  dengan  irisan   kelapa parut yang halus.

Dulu waktu kuliah  dan ada acara camping malam keakraban (biasanya sebulan setelah ospek gitu lah), kalau mampir ke warung  di sekitar  lokasi camping,  minuman ini  yang biasa saya pesan.  Soalnya  saya ini mudah masuk angin dan minuman hangat semacam   bandrek  ini  lumayan cukup  membantu memberi rasa  nyaman di perut.  Semakin  gelap  merayapi  malam,  udara  udah makin dingin dan biasanya  jaket  yang dipake  udah kurang  efeknya. Pas teman-teman saya  milih  kopi  buat ngusir  kantuk, saya malah milih pesen  bandrek.  


Oke, kembali ke Bajigur  dan bandrek  yang mulai  langka.  Sebenarnya  kalau mau sih bisa bikin  yang instan. kalau  jalan ke lorong-lorong  khusus  minuman kemasan sachet di  supermarket,  ada banyak  minuman seperti  ini.  Tinggal tuangkan ke gelas dan seduh  dengan air panas. Cuma, rasanya  beda, lebih  enak  kalau  buat sendiri.  Mudah-mudahan aja  minuman seperti  ini masih tetap  eksis  dan  siapa tau  aja  bisa naik kasta.  Ya, kali aja ada kafe  atau resto  yang bisa  bikin  sajian baru dengan toping  es krim, whipped  cream dan dandanan cantik lainnya  atau  tampilan rasa  yang udah dikemas  modern  tapi taste  khasnya  masih tetep  kerasa. 


Share:

Saturday 17 October 2015

Kapok Minum Kopi Affogato

Ok, deh  mumpung  wiken,  kali ini saya mau curcol. Eh, emang kalau bukan wiken  ga boleh  curcol, gitu?  Boleh aja kali.  Ya  pengen aja hehehhe...  (ih random nan geje, ya). Jadi  gini, ceritanya. Saya  tuh  bukan kopi  addict sebenarnya.  Ga tiap  hari  juga  harus  ngopi  dan bisa sakau kalau ga ada kopi.  Malah kalau  bisa  saya tuh jangan minum kopi kalau lewat  jam 3.  Kadang-kadang pernah sih minum di atas  jam 3 sore. Biasanya  kalau diajak ngopi  bareng sama temen. Kalau sendirian  sih  males, enakan  juga ngopi di rumah sambil ngudap kacang-kacangan,  dan pastinya  lebih  murah  hehehehe....  Biasanya kalau diajak  ngopi  pun pilihannya  yang kopinya soft, ga terlalu  strong.  

Meminjam istilah teh Ifa - teman FB saya  yang belum pernah ketemuan (curcol deh) - yang akhirnya sering saya pake,  saya tuh  peminum kopi  banci. Ya semacam  kopi cappucino,  atau white coffee  gitu, deh.   Ga suka   sama rasa  kopi yang pahit.   Ga pas di lidah  saya. Lagian  minum kopi model-model cappucino aja pernah sukses  bikin saya melek sampai  menjelang dini  hari, berhasil membuat saya pengen nangis  kejer.  Aduh, gimana ini, kapan bisa tidur?  Huhuhu, rasain deh, salah sendiri  *lho?*
Satu hari,  saya  cobain nekat minum affogato.  Padahal udah tau tastenya  pahit, pake banget. Tapi  penasaran dan mengabaikan pesan  kalau  kopi  ini kadar  acidnya tinggi, which  is  bisa  memicu perut kembung. Dasar  ga mikir panjang. Sok gaya, sok strong!

 Sambil  nunggu waktu janjian sama teh Irma yang mau jemput  balik ke Bandung, saya mencoba untuk memesan affogato di sebuah kafe ga jauh dari lokasi acara   yang sudah saya hadiri  hari  itu.  Harganya? Ya standar untuk coffee shop. Lumayan,lah  :) Tapi... kalau dipikir bukan karena kemudian ga  sanggup  buat menghabiskannya,  yang bikin saya  nyesel. Kembungnya itu lho, ga kira-kira, sampai  dua hari!   Duh rasanya  ga enak banget  perut jadi  begah penuh sama gas.
  
Meskipun  dicemplungin  es krim vanilla, tetep  aja konsentrasi espressonya  itu  yang  lebih kuat  dan bikin saya setengah hati menghabiskannya  muahahaha....  Duh Mubazir jadinya. Udah deh  lain kali  mah kalo  ngopi yang  standar aja. Ga lagi -lagi minum  yang pait.

Oke  kembali  ke rasa  yang pernah ada  eh  bukan, rasa kopi, saya lebih suka  rasa kopi cappucino. Kopinya lebih dominan, creamy gitu. Sementara kopi latte terasanya agak nanggung sih buat saya, rada samar karena emang komposisinya  untuk  kopi latte lebih dominan susunya.  

By the  way,  beberapa hari yang lalu, sebelum insiden  sok jagoan ini dialami, saya juga jatuh cinta  sama rasa  hazel coffee.  Mungkin  baristanya  jago  meracik komposisinya yang pas, harga  yang muriah dan  tempatnya  yang instagramable  hehehe. Jadi  pengen deh  punya  meja makan  yang  tekstur  dan warna  kayunya  kayak  gini.  Bikin hasil  foto  jadi cakepan  :)   

Tapi sesuka-sukanya sama kopi (halah, ngaku-ngaku, ini  :D), saya tetap  membatasi konsumsinya. Selain bisa  bikin  deg-degan  yang bukan karena  H2C, berisiko  menyebabkan osteoporosis, juga ga bagus juga  buat  keseimbangan cairan dalam  tubuh  karena  kopi tuh  kan sifatnya  menyerap cairan  tubuh  lebih  banyak,  akibatnya kulit jadi cenderung kering.  Udah mah saya suka lupa minum yang  banyak.  Nyadar diri  deh, faktor umur  bikin saya lebih alert   dan sedikit bawel  soal  kesehatan. Kalau  saya sendiri  ga care sama sendiri, siapa lagi coba? Yang saya ga ngerti  efek samping dari  kopi adalah  membuat  kita jadi  moody pas PMS. Iya, gitu? Perasaan ga ngaruh, deh. Serius.  



Share:

Wednesday 14 October 2015

Nonton Youtube Lebih Irit Dengan Versi Offline

Hayooo  siapa pembaca  blog saya  yang suka  nonton youtube?  Asik  ya,  sekarang ada fitur  offline.  Kurang lebih semacam layanan download  yang disediakan youtube.  So, legal, dong.  Cukup  sekali unduh dan kita  bisa mutar  berkali-kali sampai  bosen, lebih  hemat  kuota. Sayangnya  layanan  ini  ga bisa diaplikasikan untuk semua   video  yang ada di youtube. Cuma  beberapa video  saja  yang  bisa klik  offline bahkan  lagu-lagu  yang cover  version  pun diproteksi,  cuma bisa ditonton online. Eh tapi  ada lho beberapa akun  yang mengunggah  videonya, merelakan videonya bisa dilabeli offline, Bryan Adam untuk  videonya  Here  I am, misalnya.


Fitur  youtube  ini cukup  membantu membunuh bosan pas  kita  lagi sendirian di perjalanan.  Kayak  kemarin  nih waktu saya pergi ke Jakarta. Penumpang satu deretan pada  tidur pules, padahal  masih  pagi.  Mungkin mereka lelah habis  begadang.  Sementara  ngajak  ngobrol sopir  yang seatnya di depan,  sayanya  juga males  :D

Share:

Tuesday 13 October 2015

Hiburan Resepsi: Check Sound Itu Perlu, Lho

Nah  ya, setelah  siang tadi   mendadak  saya  menampilkan  sisi lain saya  yang  ternyata  bisa  bocor sama Mak Tanti  ber-dubmash ria,  mungkin  (yaaa  mungkiiin, sih) postingan saya  berikut  ini  juga bisa  bikin  teman-teman lain  yang suka  mantengin  akun sosmed  dan FB saya  membulatkan mulut, lalu  ber oh ria.   Ternyata  Efi itu....

Emang kenapa  lagi?
Gara-garanya  sih semalam dicolek  Mak  Yasinta  buat  meramaikan  Give Awaynya.  Temanya  rada  menantang.  Tentang  Penikahan.  Nah, kasih deh mark  bold, italic dan underline.  Eh,  awas  keselek.  Jarang-jarang  kan saya  ngomong ginian?  Oke,  terserah deh mau dibilang  curhat  atau  apalah  itu.  Tapi  saya cuma mau meramaikan give away dan sesekali  bikin pengakuan  *lalu  keluar backsound lagunya Josh  Groban,  My Confession*

Pernah dong,  ditanya:
 "Kapan nikah?"
http://www.catatan-efi.com/2015/10/hiburan-resepsi-check-sound-itu-perlu-lho.html
properti foto  punya  Porto Resto
Share:

Sunday 11 October 2015

Cara Asik dan Praktis Menikmati Susu Kental Frisian Flag

Waktu  masih bocah  dulu,  saya tuh paling susah disuruh minum  susu.  Iming-iming biar badan  tinggi  pun sayaa abaikan.  Ah sudah lah, bukan  waktunya  untuk  menyesali  masa lalu  :)  Eh tapi  nih,   biar  ga suka  minum susu,   saya  mah ga nolak kalau dikassih susu kental.   Ibu saya maunya diseduh dengan  air  hangat,  tapi  saya  lebih suka  nyolekin  dari  lubang  kaleng dengan jari telunjuk.*yaiks, jorok, ya*  

Ya sudah,  kalau ga boleh dicolekin  (colek-coleknya sembunyi-sembunyi), susu kentalnya dijadiin toping  untuk roti tawar. Cuma diolesi susu kental apalagi susu  cokelat  pun sudah cukup,  atau kalau  jajan  es  puter  yang mangkal depan sekolah  atau lewat komplek,  kayaknya  ga boleh lewat deh toping  susu kentalnya. Pengennya dibanyakin gitu, tapi  nanti dipelototin mamang tukang esnya  :D
http://www.catatan-efi.com/2015/10/cara-asik-dan-praktis-menikmati-susu-frisian-flag.html
Susu Cokelat  Frisian  Flag  &  Donat, enak buat  ngemil sore
Ngomong soal susu  kental dalam kemasan  kaleng,  paling bikin males  tuh  pas  mau ngebukanya.  Duluuu banget  harus  ambil  pisau  buat membukanya, lalu dibantu dengan pukulan palu  atau  batu ulekan biar  mempermudah proses  melubangi. Duh,  terkesan horor  ga, sih? Gimana coba kalau pisaunya licin terus  melukai tangan atau  jatuh  kena ke kaki? Kadang  saya juga suka pake  paku  buat melubanginya. Ups, tapinya opsi  ini  jarang dipakai.  Takutnya ada karat yang  mengontaminasi  susunya. Lah,  jadi racun atuh, ya? 


 Jadi gimana,  dong?
Thanks  to Frisian Flag  yang punya  inovasi baru. Susu  kental favorit  saya  sejak  kecil  yang rasa  manisnya pas dan paling juara itu, punya inovasi kaleng  yang lebih  mudah dibuka.  Ga pake ribet. Cara membukanya seperti  membuka kaleng  soft drink atau minuman lainnya yang ada cincinnya.  Praktis, jadi lebih mudah dibuka.  Pas  deh dengan taglinenya.
"Klik, Tarik, Tuang"
kemasan  Frisian Flag  yang praktis


Kalau dulu  saya  suka memakai susu kental Frisian Flag buat toping roti, es krim atau nambah manis es kelapa, sekarang  juga bisa pakai  buat  smoothies  buah-buahan  biar teksturnya  lebih creamy. Pas banget,  sekarang saya lagi seneng  menikmati buah degan diolah jadi smothies. Enak dan sehat  pastinya.  Eh, caranya  bikinnya  gampang, lho.  Kayak Smoothies  pelangi ala-ala saya :)  Kemarin ini  saya bikin smoothies  pelangi dengan menggunakan bahan  buah mangga, strawberry  dan alpukat.  
Bahan-bahan  untuk smoothies pelangi


Seperti  ini  bahan  yang diperlukan:
  • 150  gram  strawberry  (boleh ditambah  sesuai  selera)
  • 1 buah mangga
  • 1 buah alpukat
  • 12  lembar Daun mint  (opsional)
  • Kayu  manis serbuk (opsional)
  • 120 gram Susu kental  Frisian Flag Full  Cream
  • Susu  Kental Cokelat  Frisian Flag  secukupnya
  • Ice  cube  (boleh skip)
  • Air  3 x 100 cc 



Cara Membuat:
Blender  mangga,  alpukat  dan strawberry  secara  terpisah.   Masukan  masing-masing  40 gram  susu full  cream Frisian flag, 100  cc air, dan ice cub dan buah yang akan diblender.  Untuk daun mint  tidak semua buah dikasih daun mint, saya  kasih  untuk  strawberry saja.  

Tuangkan  ke dalam gelas  satu persatu-satu.  Hias  dengan  daun mint , susu kental  cokelat  Frisian Flag   atau taburan  serbuk kayu manis  kalau suka rasa rempah.

Taraaaa,smoothiesnya  udah jadi


PS:  
Untuk  mangga dan  alpukat  teksturnya lebih  creamy dibanding  strawberry.  Agar tidak   jatuh saat  disusun  di gelas,  harusnya  strawberry dituangkan terakhir. Trus Kenapa  punya saya ada di tengah? Hehehe...  ini mah sayanya aja  yang kelupaan.  

Nah soal rasa, jangan ditanya, deh.  perlahan-lahan sewaktu diseruput  yang duluan terasa  adalah  alpukatnya, lalu strawberry yang berbaur  dengan rasa  mentol  dan   segarnya  mangga yang  manis.  Makanya, lebih enak dinikmati pake sedotan,  jangan langsung  glek  gitu,  ya.

Saya  ga pake gula karena rasa  dari susu kental  sudah cukup manis. Kalau dirasa  masih kurang, bisa tambahkan lagi susu  kentalnya, atau madu atau  boleh sambil  ngaca  atau boleh  minum  bareng saya, deh. Saya temenin  *apaan sih*

Kunjungi  Cafenya
Selain mencoba sendiri di rumah, saya dan teman-teman Blogger  KEB juga diundang  untuk  mengunjungi Cafenya Frisian Flag di FX Sudirman, Jakarta.  Acara  perjalanan pagi yang sempat diwarnai drama dan saling tunggu di gerbang tol -  karena  lupa memperhitungkan  kemacetan jalan -  tidak membuat  kami  berenam dari Bandung kehilangan mood  untuk ikut seru-seruan.
keseruan acara di FF Cafe, FX Sudirman
Ada MC Kocak,  Mbak Tyas  yang  membuat  mata susah ngantuk dengan  candaannya dan   suka menggoda barista dan Pak Ray dari Frisian Flag serta Wulan Guritno  yang cantik pake banget. Seneng deh bisa  selfi bareng mereka. Uhuy.
Wefie dulu
Selain mencoba  pengalaman  membuka  kaleng  di hall of fame, berselfie dan wefie ria  dan ikutan kompetisi  membuat Frisian  Flag  Chocomint Mojito (sebenarnya cuma  Mak Orin sama Mak Yuri  aja sih yang ikut challenge  ini), semua undangan yang hadir  mencicipi  milshake  yang dibuatkan langsung oleh para barista plus donat manis sebagai  pairingnya. 
 
Meninggalkan jejak  di Wall of Fame
Dari menu yang ditawarkan, saya memilih Frisian  Flag  Chocomint Mojito  karena  suka sensasi rasa  daun mint  yang diblend dengan susu cokelatnya.
 
Frisian  Flag Chocomint Mojito


Nah, sekarang  mah  kalau  mau pake  susu kental  Frisian kemasan kaleng mudah  banget, ya. Tinggal klik, tarik dan tuang.  O, ya biar  ga beleber  pas dituangkan,  cincinnya jangan ditarik semuanya, ya. Biarkan aja tetap di tempatnya.  atur lubang yang terbuka sesuai kebutuhan.  Kalau mau  disimpan di luar  kulkas,  rendam  di mangkuk pake air, agar tidak dikerubutin semut.  Buang air rendamannya  secara teratur  biar ga smelly.
Foto diambil dari grup WA  KEB

Jangan  lupa juga untuk kepoin dan follow  informasi seru dan menarik dari  Frisian Flag melalui akun sosial medianya.

FB : http://www.facebook.com/frisianflagindo
twitter : @susu_bendera
IG : @frisian.flag
Share:

Thursday 8 October 2015

Distraktor Yang Mengganggu Dead Line

Kalau  memerhatikan  timeline  di sosial media,  ada  banyak  yang lagi kejar  setoran  lomba nulis  di blog. Setiap  bulan emang selaluuu  aja  ada  yang namanya lomba  blog. Biasanya  suka  posting di awal biar  tenang,  draftnya diendapkan  dulu  sambil  nunggu  ide  baru masuk  lalu postingannya  ditouch  up  atau emang  idenya  baru  dateng  di last  minutes? 

Saya  pernah posting di awal-awal  (meski  ga awal-awal banget), atau jelang deadline. Pernah  postingnya mepet  banget  menjelang  last  minutes *dadah-dadah sama deadliner  garis keras*.  Beuh,  rasanya  itu  kayak   naek  halilintar  alias roller coaster.  Mules  ga jelas. Semacam    nervous  ketemu tokoh femes idola kita yang bisa bikin speecheless,  atau mendadak  punya perasaan  pengen ke toilet padahal  ga pengen pup.  Pokoknya drama, deh.
gambarnya  punya lifehacker.com
Makanya jangan  mepet deadline (ngomong sama kaca).Jangan  latah  sama Cinderella  yang terengah-engah  di  tengah malam kejar  deadline  (maaf ya Ciiin, dijadiin contoh ga bagus :D ).  Enaknya sih, jam 21 udah beres. Jadi sebelum bobo cantik atau bobo ganteng dan tarik selimut,  bisa  baca-baca  lagi.  
Share: