Monday 27 May 2019

Silaturahmi Lancar Dengan IM3 Ooredoo

Ga bawa dompet, kita masih bisa tarik tunai tanpa kartu di atm atau pinjem temen buat sekadar ongkos atau buat makan.  Gimana ceritanya kalau HP ketinggalan, ga ada sinyal atau kuota habis?  Ini yang bikin sedih. 
silaturahmi lancar dengan im3 ooredoo

Pernah lho satu waktu, aku ketinggalan hp setelah angkot yang aku tumpangi  udah jalan 10 menit.  Ya jadinya balik dulu ke rumah cuma buat ambil hp yang ketinggalan. Agak sedikit kesiangan emang, tapi  gapapa lah, daripada ga ada hp seharian. Bukan cuma bikin mati gaya, karena buat pekerja digital sepertiku, sinyal kuat dan kuota yang mencukupi itu kebutuhan pokok.

Sudah sekitar 3 tahun ini jadi pengguna nomor IM3. Sebenarnya kalau ditarik jauh ke belakang udah lama banget. Sejak kuliah sudah pake nomor IM3  yang waktu itu masih mengusung nama Mentari dengan nomor awal 0815. Terus kartunya angus,  dan dapat kartu perdana dengan nomor yang cantik, awalan 0856 sekian sekian... eh angus lagi. Dasar, yaaaa.
silaturahmi lancar dengan sinyal kuat im3 ooredoo

Semakin ke sini karena kebutuhan akses internetku makin tinggi aja, akhirnya aku cari tau operator seluler mana yang menyediakan paket internetan dengan harga terjangkau tapi ngasih fasilitas banyak dan sinyalnya yang kuat di mana aja aku berada. Cek sana sini, akhirnya aku kayak balikan sama mantan.  Ya pake lagi nomor IM3 dengan 12 digit.  Sedih rasanya kalau inget nomor lama yang 11 digit itu. Ya salah sendiri sih, ya.

Sudah beberapa lama ini aku jadi menggunakan paket internet 30 GB dari IM3 hanya dengan membayar 75 ribu saja untuk sebulan. Ini murah banget buatku. Lebih dari cukup dan kalau ada kuota bersisa bakal dialihkan ke bulan berikutnya ke fitur roll over maksimal sampai 100 GB! Wih, royal amat ya nih baiknya IM3?. 
kuota roll over im3 ooredoo

Sering banget dalam setiap bulan itu kuotanya tersisa. Terus diakumulasikan ke bulan berikutnya.. Gitu terus.  Aku jadi ga worry atau itungan kalau ada temen yang numpang tethering. Bahkan sambil bercanda sama temen yang nanya pasword wi-fi di sebuah resto/hotel. Dengan santai aku bilang kalau aku tuh pake kuota sendiri, ga pake akses wi-fi hahaha....


Ngomong-ngomong soal kebutuhan paket internet, akhir pekan kemarin IM3 Oreedoo menggelar sebuah acara yang seru di Plaza PUSDAI,  Jalan Diponegoro Bandung.  

Acara yang berjudul Ngabuburit Kuat ini diramaikan dengan aneka kegiatan seperti lomba hadroh (semacam festival  rebana) yang diikuti oleh siswa/siswi SMP se-Bandung Raya, aneka games dan doorpruze dan tak ketinggalan ada juga tausiyah dan talkshow yang menghadirkan Natasha Rizky, artis yang juga punya channel youtube sebagai medianya untuk berekspresi dan berinteraksi dengan  para fansnya di dunia maya. 

foto punya Dedew

Tanpa aku sangka di acara ini aku beruntung dapat hadiah berupa tv 32 inch. Masya Allah, berkah ramadan ini. Terimakasih banyak IM3.  Kali ini kalau mau nonton tv ga usah nunggu giliran atau tvnya lagi nganggur.


Back to the topik lagi ya.
Natasha yang pernah jadi duta IM3 saat masih remaja dulu juga cerita kalau ia sangat terbantu sekali dengan sinyal kuatnya IM3. Semua urusan pekerjaan dan aktivitas sosmednya jadi mudah dan lancar. Ah tosss dulu dong, Nat :). 

Ga heran juga kalau sampai tahun 2018 ini tercatat sudah ada 58 juta pengguna Indosat Ooreedo. Diperkuat dengan 17.050 4G BTS di 376 kota dan mencakup 80% populasi. Kalau belum yakin sepenuhnya,  nih ceritanya Natasha mestinya bikin kalian yakin lho kalau pake nomor IM3 itu bukan pilihan yang salah.
foto punya Dedew
Lebaran tahun ini aku ga tahu apakah akan tetap stay di Bandung atau silaturahmi mengunjungi  beberapa keluarga Mama yang tinggal di Ciawi Tasik.  Melewati rute Nagreg yang kadang padat merayap ga bikin aku dan adik-adikku jadi bete. Hayu ajalah, kapan lagi bisa kumpul bareng sodara.  Ya pantat pegel dikit wajar sih, ya. Sesekali menikmati kemacetan luar biasa gitu.  Ya, kan? 

Dengan kuota yang melimpah dan sinyal yang kuat  (warung-warung penjual pulsa dan kartu perdana di sekitaran Ciawi  lebih banyak yang menjual kartu IM3 ini lho), aku bisa membuang kebosanan dengan nonton youtube,  ngecek jalur alternatif atapi cek GPS/Waze berkat sinyal kuat IM3 ini.  Seringnya adik-adikku juga numpang tethering buat youtube-an. Kami jadi anteng dan ga ngomel-ngomel karena lama ketahan saat kebagian jalur ditutup, ngasih kesempatan jalan dulu buat arah sebaliknya. 

Jangan khawatir kalau kalian punya hobi begadang nonton streamingan ini itu, mantengin akun-akun youtube buat ngabuburit atau download/upload file yang berat-berat.  Kuota 30 GB ga cukup? Pake aja paket  50GB seharga 150 ribu plus bonus bebas nelpon 60 menit ke semua operator tanpa batasan waktu. Siang atau malam silakan, pake aja tuh bonus nelponan, sampe panas kuping  hahaha.  Eh tpi bair ga merusak kesehatan bisa pake video call via WA atau Skype misalnya. 

Ga keburu buat mudik karena keabisan tiket atau urusan kerjaan yang ga bisa ditinggal, ga masalah lah. Karena seperti yang aku bilang tadi. Sinyal kencang dan  kuota melimpah dari IM3 Ooredoo bakal mendukung semua kebutuhan kalian.  Bukan cuma saat  lebaran ini saja tapi kini dan seterusnya.  
paket internetan im3 ooredoo

Untuk informasi lebih banyak tentang fasilitas atau fitur lainnya dari IM3 Ooredoo bisa dicek di http://im3ooredoo.com/newfreedom.  Yuk pake kartunya sekarang juga. 
Share:

Wednesday 22 May 2019

Infal, ART Online dari GO-LIFE

Untuk jasa bersih-bersih rumah dan printilan lainnya seperti mencuci baju, piring, ngepel dan nyetrika, aku sangat terbantu dengan kedatangan Si Euceu yang datang 3 kali seminggu untuk bersih-bersih Kerjanya rapi, dan orangnya jujur. Aku dan Mama jadi seneng dong. Sampai kemudian senengnya jadi rada berkurang #ehgimana?

Ceritanya gini, tetangga juga ternyata membutuhkan tenaga beliau. Ya sih, ikut seneng karena rejekinya Si Eceu jadi nambah, kan. Kran rejekinya nambah banyak. Tapi mau ga mau kami jadi kena imbasnya.

Udah hampir sebulan ini Euceu cuma datang dua kali dalam seminggu. Satu hari lainnya terpakai untuk kerja di tetangga lainnya. Belum lagi jeda waktu kerja di rumah kami lumayan selisih jauh. Yang asalnya datang setiap senin, rabu dan jumat sekarang jadi selasa sama jumat aja. Dari selasa ke jumatnya itu lho, mayan banget jauhnya.

Apalagi di bulan puasa seperti sekarang. Bukannya kegiatan jadi berkurang, tambah sibuk yang ada. Belum lagi waktu istirahat jadi berkurang banyak. Cape lah. Jangan sampai lebaran nanti jadi tumbang, jatuh sakit. Iya, kan?



Aku tuh sebenarnya udah tau ada layanan GO-CLEAN buat bantu bersih-bersih dan pekerjaan rumah lainnya. Lalu di bulan Ramadan ini ternyata ada layanan baru berupa GO-LIFE yang di dalamnya ada fitur Paket Infal. Hmmm... wajib nyoba deh. 

Hari itu aku memesan Paket Infal dan terhubung dengan mitra yang namanya Teh Yani. Nama lengkapnya sih Rezkiyani. Setelah sebelumnya mengatur waktu kedatangan (hari/tanggal dan jam). Seneng lah ini karena waktu yang kita atur fleksibel, dengan ketersediaan ada jam berapa kita di rumah. Trus atur deh tuh janjinya dengan mitranya.
   

Untuk bersih-bersih rumahnya aku minta tolong untuk dibersihkan wc (ada 3 wc), bersihin dapur dan kamar tidur. Tadinya mau minta tolong nyetrikain dan bersihin jendela rumah gitu. Tapi waktunya ga akan cukup dengan durasi 4 jam yang aku minta sih hahaha.... Next time aja deh. lagian kasian juga nanti kalau dia jadi gempor, kan?

Layanan yang bisa kita mintain tolong dilakukan lengkapnya adalah sebagai berikut: nyapu, ngepel, ngelap-ngelap, gantiin sprei,  nyikat kamar mandi, nyuci piring, beresin dapur dan nyetrika.

Oke by the way ini penampakan dapur, wc dan kamar  tidur yang mau dibereskan.  Sungguh sebuah aib sebenernya untuk ngasih liat ini  hihihi.....








Untuk tools alias peralatan dan perlangkapan bersih-bersihnya mereka bawa sendiri lho. No wonder kalau tasnya ini udah gede banget,  kayak carier buat naik gunung sekian hari. Aku sempat nanya da ga itu beratnya 5 kg? Katanya sih lebih dan ya ampun emang banyak banget.  Huhuhu..... juara banget sih. Mana kayak cairan pembersih yang mereka bawa gitu kan bobotnya  lumayan berat.

Ngomong-ngomong soal Teh Yani, ini orangnya rame dan lucu kalau diajak ngobrol.  Kalau denger caranya ngomong kayaknya dia tuh punya batre alkaline di punggungnya yang bikin dia on terus. Padahal pernah lho dalam sehari dia dapat pesanan 3 tempat dengan jarak yang lumayan berjauhan. Sehat selalu ya, Teh Yani.

Dan setelah  kurang lebih empat jam beres-beres dan bebersih, ini hasilnya. Seneng deh liatnya, walau sebenarnya ada part yang kurang bersih kayak tembok bak mandi yang kurang kinclong. ya faktor durasi sih. Kalau lantai wc emang basically warnanya bukan putih bersih, tapi broken white dan  bertekstur kasar biar ga bikin terpeleset.  Tapi kalau dibandingkan dengan foto sebelumnya, keliatan bedanya.




Eh tau ga sih,  wangi dari pembersih WC yang dipake itu staynya lama lho. Dari hari kamis lalu waktu dia dateng, lalu pas aku ngetik ini (hari sabtu)  masih tercium aroma wanginya.  Ditambah lagi Tettehnya ngaih bonus nyapuin ruang tamu tanpa aku minta.  "Gapapa," katanya waktu aku bilang ga usah. Karena di awalnya aku kan ga minta ruang tamu buat dibersihin juga. 

Mama juga sempet nanya-nanya gimana itu caranya bersih-bersih tembok dapur buat menghilangkan noda membandel dalam waktu cepat.  Aku rada malu sih ini, karena bisa aja ini semacam rahasia para cleaner kan, ya?   Untungnya Tetehnya ga pelit berbagi tips. Aku nyengir aja nyimaknya hahaha.... 

Baiklah kalau lebaran nanti riweuh, tipsnya bisa aku apply. Ya kalau keburu. Kalau enggak, tinggal panggil lagi aja nanti. Secara kalau lebaran Euceu yang biasa datang bersih-bersih bakal libur  juga. Lumayan tuh kan kerjaan rumah kek gimana jadinya nanti?

By the way, dari tadi aku cerita terus soal pengalaman bersih-bersih tapi ga kasih tau caranya, ya? Kalem, aku mau ceritakan juga di sini kok.

Jadi gini caranya. Unduh dulu aplikasi GO-LIFE dari playstore atau Apple Store. Kalau sudah punya aplikasi GOJEK, tinggal masukin no HP aja buat registrasinya. Nanti bakal terima kode OTP deh buat aktivasinya. Simpel banget!
By the way lagi, untuk Paket Ramadan GO-CLEAN ini ada dua pilihan. Selain paket Infal yang aku coba ada juga paket Bukber. Untuk paket Bukber ini kurang lebih sama cuma bedanya lebih ke nyiapin buat buka puasa bersama yang diadakan di rumah sampai acara selesai.

Oya untuk jasa cleaner itu opsional, kita bisa milih apakah yang datang itu perempuan atau laki-laki. Sesuaikan saja dengan kondisi dan kebutuhannya masing-masing. Kalau misal ga tega mau nyuuh kerjaan yang berat-berat, kan bisa minta tenaga yang laki-laki.

 

Nah balik lagi ke aplikasinya, di sana kita tentukan mau datang jam berapa sih mereka para pahlawan kebersihan ini. Dari pagi sampai malam bisa lho kita pesan. Kalau mau dapat diskon bisa tuh pake kode referralku. Diskonnya 50%, lumayan banget!

Harga layanannya masih worth it alias terjangkau kok. Mulai 20 ribu per jamnya (harga bisa berbeda di antara satu kota dengan kota lainnya). Makin lama mereka kerja tentunya bakal makin gede dong, ya. Sementara untuk paket Infal, durasi kerjanya minimal 4 jam. Cukup lah ya buat beres-beres rumah mah.


Lebaran nanti pas setrikaan numpuk atau kalau silaturahmi keluarga meninggalkan tumpukan piring kotor ga bakal lagi ada ceritanya bete atau cape duluan liatnya sebelum dikerjain. Jangan kayak orang susah, langsung aja cobain layanan GO-CLEAN. 


Share:

Monday 20 May 2019

Travel ke Malaysia Langsung dari Bandung

Aku tuh suka envy kalau lihat postingan temen-temen yang ceritain jalan-jalannya ke luar negeri. Kepikiran aja kayak gini,  kapan aku bisa kayak mereka?

Mimpi aja sih gampang. Tapi ternyata niat ga akan terwujud kalau ga dibarengin usaha. Ya kan?

Sampai akhirnya niatnya dikuatin juga dengan nabung.  Ya gimana mau jalan-jalan, kalau ga dimulai pake nabung? Yakali aku tuh punya temen Dora Emon atau Aladin yang dengan satu jentikan jari semua keinginan bisa kesampaian.

Then,  mimpiku buat jalan-jalan dimulai dari Kuala Lumpur. Finally, I could make it, kesampaian! 

Waktu itu Tian ngajakin aku dan teman-teman lainnya (Dydie dan Nessa) buat jalan-jalan ke sana dengan rencana pergi di awal bulan Mare tahun 2019.

Selain mulai dengan nabung aku juga menguatkan niat itu dengan membuat paspor.  Pasti lah harus ada pasopor. Karena kita masuk ke sana ga kayak lewatin terminal bus antar kota kayak di sini hahaha... Dengan segala gedebak gedebuk dramanya, akhirnya satu batu loncatan terlewati juga.

Baca juga ceritaku membuat paspor di: Mengurus Permohonan Paspor

bandara husen sastranegara
Nunggu burung besi ini ngantar ke Malaysia
Dengan segala macam persiapan, akhirnya kami pergi juga, langsung dari Bandung. Yeah!

Senengnya pas tau ada rute keberangkata n langsung dari Bandung ke Kuala Lumpur. Jadinya ga harus ngibrit dulu ke Jakarta. 

Walaupun dari  segi ongkos, naik pesawat dari Jakarta jauh lebih murah. Tapi dengan pertimbangan waktu (karena kalau naik dari bandara Soeta harus pegi malam dari Bandung)  juga ongkos lainnya pake bus atau travel dari Bandung. Ya beti lah ongkosnya alias beda tipis. 

Buatku yang ga suka ribet atau butuh waktu rada selow tanpa terintimadasi waktu terburu-buru, pilihan cus langsung dari Bandung itu udah pas. Dasar malas aja ini mah :)

Untuk keberangkatan, tadinya aku berencana pake angkot aja atau minta diantar kakak naik motor dari rumah. Tapi angkot ga langsung berhenti di depan pintu masuk. Harus jalan kaki lagi sekitar 500 meteran.  Lumayan rempong karena harus bawa ransel yang  montok berisi perbekalan selama 4 hari 3 malam selama di sana. 

Syukurnya pas pergi itu, Dydie nawarin nebeng mobilnya dia karena diantar sama suaminya langsung ke Bandara. Lumayan banget menghemat tenaga.

By the way, selama ke Malaysia itu kami main ke beberapa tempat. Let's Say Twin Tower Petronas berikut air mancurnya di KLCC yang masih satu kawasan, lalu main ke Batu Caves, Little India, China Town di Petaling, Musem Nasional di Dataran Merdeka dan pastinya hunting skin care di beberapa toko di sana (karena di Malaysia lebih murah), juga nyobain beberapa kulinernya.   

twin tower petronas
Twin Tower Petronas
Puas? Ga! Karena waktu yang terbatas, jadinya ga semua itenerary ga semua sempat disambangi seperti kulineran ke Alor  yang ga sempat atau transit di China Town yang cuma bentaran aja.

Untuk estimasi waktu baiknya diperhitungkan dengan matang. Misal waktu maen ke Suria KLCC yang tempatnya satu kawasan dengan  Menara Kembar Petronas. 


Untuk latar yang cerah enaknya foto-foto di menara kembar ini sore hari. Matahari lagi ga nyengat dan pencahayaannya yang pas. Tapi kalau mau sekalian mau nunggu air mauncur dilatari lampu yang nyala, ya kudu datang malam. 
air mancur suria klcc
Air Mancur di Suria KLCC
Yang seneng dengan sejarah, wajibun bin kudu mampir ke Museum Nasional di Dataran Merdeka. Aku seneng banget karena jadi nambah tau dikit sejarah saudara serumpun kita, Malaysia yang sama-sama Melayu.

Mungkin karena pernah jadi kolonialnya Inggris, selama di sana aku banyak nemuin arsitek gedung bergaya British. Klasik dan anggun. 

museum nasional dataran merdeka
Museum Nasional Dataran Merdeka
museum nasional dataran merdeka
Museum Nasional Dataran Merdeka
Ngomong-ngomong soal melayu aku tuh ga mudeng ngobrol dengan mereka, walau ada sedikit bahasa melayu tapi ya beda aja, sih. Termasuk kalau udah keluar kosakata bahasa Inggris. Aksennya beda. Kultur mereka yang dilatari orang-orang India (banyak banget liat wajah-wajah mereka di sini)  dan orang-orang Cina bikin bahasa mereka jadi sangat kaya dengan percampurannya.  Tambahan lagi aku emang ga khatam nonton serial Upin Ipin :).
wisata ke batu caves malaysia


Untuk jurus paling aman kuasailah bahasa Inggris, meski cuma dasar. Dengan sedikit bantuan bahasa tarzan alias bahasa isyarat, lebih gampang buat nanya-nanya rute atau harga.  Uniknya, lihat wajah asli orang Malaysia yang Melayu banget tuh ga mudah, lho. Populasi mereka ga sebanyak pendatang/penduduk berdarah campuran. Tapi yang jelas Ncik-ncik Malaysia itu cantik-cantik lho.

Selama pelesiran di sana, aku sempat ketemu dengan temannta Tian. Namanya, Su, asli Malaysia.  Orangnya  baik dan ramah. Tapi lagi-lagi soal bahasa jadi kendala. Padahal sebisa mungkin aku udah pake bahasa Indonesia yang familiar juga buat orang Malaysia. Tapi ternyata ga semudah dugaanku.  Lagi-lagi gara-gara ga akrab sama si duo plontos Upin Ipin itu.
apartemen regalia
Foto Bareng Su di depan apartemen Regalia, faovirtnya  para Traveller :)
Akhirnya dengan sedikit bahasa Inggris yang simpel bisa juga ngobrol walau patah-patah. Wah, ini aku harus mengasah lagi bahasa Inggris. Bahasa persatuan internasional biar nanti ga linglung kalau mau nanya-nanya. Untungnya selama di sana kami ga terlalu kelabakan. Antara aku dan teman-teman lainnya saling cover soal nanya-nanya ini.  Itu untungnya travelin rame-rame.
jalan-jalan ke malaysia
mudik ke tanah air dengan muka dan dompet yang udah lecek :D

Perjalanan 4 hari 3 malam ge berasa. Akhirnya kami harus kembali ke tanah air. Berat rasanya. Tapi lebih berat buat dompet, karena amunisi uang saku udah sampai di level paling mengharukan.  Ga tega kalau harus menguras tabungan :).

Baiklah tahun depan semoga bisa kembali ke sini dengan lebih banyak tempat lainnya yang dikunjungi.

Ngomong-ngomong soal transport, seperti yang kubilang di atas. Kalau ada akses yang mudah dari rumah langsung ke atau dari bandara bakal lebih menyenangkan. Apalagi kalau pas balik ke rumah. Udah dijamin tuh yang namanya badan pegel-pegel dengan semua baawaan pakaian kotor plus oleh-oleh bikin bahu jadi nambah pegel berlipat-lipat.

Kalian yang tinggal di Bandung ga usah khawatir lagi lho soal fasilitas antar jemput dari dan ke bandara. Karena saat ini sudah ada Golden Bird yang siap setia mengantar jemput kapan pun kita butuhkan. Armada mereka siap 24 jam melayani. Dengan moto ANDAL (Aman,Nyaman, MuDAh dan personaLized), Golden Bird sudah mendapatkan pengakuan berupa award Superior Service Award dari  PT Persero Angkasa Pura II, bandara Soekarno Hatta. 

Selain di Bandung, Golden Bird juga hadir di kota lainnya yaitu Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Bali, Solo, Semarang, Yogyakarta, Lombok, Medan, serta Manado.

Kendaraan untuk antar jemput pun bisa kita pilih. Mau yang standar? Ada Toyota Avanza dan Toyota Innova. Kalau mau yang berkelas, bisa pilih Toyota Camry atau Toyota Alphard. Pastinya dibarengi oleh layanan driver yang profesional juga.
jemputan pribadi golden bird di bandara

So, gimana? Punya rencana liburan ke luar kota atau luar negeri dengan akses melalui bandara? Ya udahyuk coba golden bird bandung sekarang juga. 

By the way cerita lainnya selama aku jalan-jalan di Malaysia menyusul segera setelah tulisan ini, ya.
Share:

Tuesday 14 May 2019

Make up Flawless Sehari-hari itu Mudah

Udah fitrahnya perempuan pengen banget keliatan cantik. Siapa saja, termasuk aku.  Makanya, waktu diajakin ikut ngabuburit di kelas beauty flawless sehari-sehari yang diadakan Big Pro Event pekan kemarin,  aku ikutan tuh. Apalagi bentar lagi lebaran, kan? Ya sekalian ngabuburit dan investasi waktu aja demi bisa dandan lebih maksimal.

belajar makeup flawless harian

Acaranya ini diadakan hari sabtu kemarin,  tepatnya tanggal 11 Mei 2019  bertempat di lantai 2 gedung Shafira jalan Sulanjana. Kurang lebih ada 18 peserta yang ikutan acara ini dengan seting meja yang berpencar. Masing-masing satu meja diisi oleh 4 orang. Feelingku langsung bilang kalau acara ini bakal berjalan santai dan no ribet-ribet.  Ga tau kenapa,  langsung aja kepikiran gitu.
belajar makeup flawless harian

Meski awalnya sempet deg-degan, agak sedap-sedap ngeri gimana gitu. Takut gagal atau ga bisa.  Tapinya lagi.... dalam hati udah bertekad  sebisa mungkin do it by my self, alias ngerjain sendiri. Jangan sampai dikit-dikit minta tolong fasilitator segala. Sayang kan udah invest waktu terus kalau hasilnya sia-sia.

Sebelum cerita lebih banyak,  aku mau cerita dikit dulu soal acara ini. Diselenggarakan oleh Big Pro Event,  beauty kelas yang bertajuk Ramadhan Flawless Beauty Charity ini mendaulat Zoya Cosmetics, Calysta Skin Care, Daster Bahenol dan Percetakan Big Stamp sebagai sponsor dan pendukung acara.

Keuntungan dari acara ini akan disumbangkan untuk Panti Asuhan Entrepreneur di Cililin, Kabupaten Bandung. Selain aku, ada juga dua Blogger Bandung  lainnya yang ikutan juga, Nchie Hanie dan Demia Kamil.
belajar makeup flawless harian
foto: Nchie Hanie
Sebagai narasumber, ada Teh Dewi Okta, Make Up Artist yang udah punya jam terbang. Untuk mendukung kelancaran acara, ada beberapa murid beliau juga hadir di acara ini yang ikut membantu peserta yang bingung atau kesulitan mengaplikasikan make up yang akan digunakan hari ini.

By the way, ini wajahku sesaat setelah setor muka alias registrasi.


Masih ada polesan bedak, lipen dan sedikit make up lainnya. Masih amatiran, kan? Masih kurang aja gitu. Kurang apa?  Ya kurang cantik  hahaha... Let's see gimana bedanya nanti, ya.

Anyway ngomong-ngomong soal keinginan untuk dandan buatku itu bukan buat jual pesona atau cari perhatian.  Dandan ya buat bikin diri merasa nyaman yang nantinya akan meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Selain itu dandan malah bisa jadi ibadah kok. Semua amalan tergantung sama niatnya, kan? Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan.Buat yang udah nikah ya ibadah nyenengin suami karena udah menyegarkan pandangan.

Gimana kalau belum nikah?
Ya itu tadi bikin nyaman diri dan ga bikin orang ngomongin karena muka terlihat kucel. Setidaknya membantu orang biar menjaga lisan hihihi...  Atau ya belajar dandan, memantaskan diri. Gitu aja buatku.  Mau lajang atau udah nikah, buatku soal  dandan balik lagi ke niatnya itu tadi. Setuju?

Untuk tools make up hari itu sebenernya ga banyak. Bisa dibilang minimalis. Malah bikin seneng karena ga bikin pusing yang amatiran kayak aku buat praktik dan menghafalkan step-stepnya buat latihan di rumah. Beberapa make up malah digunakan lebih dari satu kali untuk dandan.  Selain ga ribet juga lebih irit budget. 

Palet makeup,  bandana dan apron udah disediakan semuanya oleh panitia. Aku cuma bawa beberapa brush dari rumah sebagai 'alat tempur'. Sialnya aku ga ada beauty blender.  Yaudah lah gapapa. Karena seperti dibilang Teh Dewi hari itu, dengan kekuatan jari-jari tangan juga sudah cukup untuk aplikasi make up. 
belajar makeup flawless harian
fotonya pinjem punya Demia
Step pertama  yang dilakukan sebelum dandan adalah dengan membersihkan wajah dengan make up remover. Selesai membersihkan make up, wajahku beneran bare face. Berasa jelek banget (hus ga boleh gitu).  Ya ampun pas ngaca itu rasanya kucel sekali.  Rasanya pengen ngumpet aja.

Daaaan.... uji nyali sesungguhnya pun dimulai.  Kenapa? Karena jangan sampai merasa fail alias gagal teus balikan lagi bersihin muka. Bukannya malah nanti bikin jadi better alias mendingan. Yang ada malah bisa bikin berantakan karena keburu panik duluan. Pengalaman sendiri waktu coba di rumah sih ini. Ada yang pernah ngalamin juga?

Pengaplikasian BB Cream

Langkah berikutnya setelah membersihkan muka dengan make up remover, adalah mengaplikasikan BB cream secara merata di seluruh muka. Di sela-sela ngasih arahannya, Teh Dewi ngasih tau buat ga ragu mengaplikasikan BB cream atau foundie agak tebelan gitu. Ga akan jadi keliatan kayak topeng, kok.  Hmmm well noted.  
belajar makeup flawless harian
sumber: grup WA BC Dewi Okta
Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengaplikasikan BB cream ini adalah sebagai berikut:
  • Saat diaplikasikan lakukan dengan cara ditap-tap, jangan di geser. Ga masalah mau dari jedat duluan atau pipi misalnya.  Yang penting merata dan mengikuti arah rambut halus yang ada di muka. 
  • Kelopak mata dan area under eye alias kelopak bawah mata juga jangan luput untuk dikasih bb cream.
  • Seluruh bagian wajah wajib bin kudu untuk dicover dengan bb cream termasuk cuping hidung. Kalau ga pake jilbab,  terusin juga aplikasi bb cream sampai ke leher. Jangan sampai warna muka dan leher jadi ga kompak alias belang.
  • Penggunaan bb cream ga selalu harus pake spon atau beauty blender. Jari-jari tangan kita juga bisa jadi tool yang ampuh lho.
  • Untuk kulit berminyak bisa menggunakan bloting powder agar make up ga cepet luntur. Hayooo siapa yang merasa sayang cuci muka takut make up jadi berantakan karena kena keringat atau cuci muka? Feelingku banyak sih yang merasa gini *ih ga boleh suuzhan lho*
Oya bb cream yang aku pakai hari itu adalah jenis translucent. Ps banget hasilnya sama tone mukaku. Apakah ini pertanda bulan depan bakal mengadopsi bb cream tanslucentnya Zoya, ya?

Cara Pengaplikasian Bedak

Sebenarnya disarankan untuk menggunakan bedak tabur untuk mengunci make up.  Tapi hari itu kami cuma memanfaatkan bedak padat yang ada di palet.  Sekilas warnanya agak mirip. Bingung juga sih mau pake yang mana. Nah, dapat ilmu baru lagi hari itu. Kami diajarkan untuk memakai dua-duanya aja.

Aku sendiri  pake bedak yang lebih gelap duluan baru kemudian ditimpa dengan bedak yang lebih terang. Untuk pengaplikasian bedak ini, aku prefer pake  kuas ketimbang spon, Rasanya lebih rata aja tanpa bikin mblog-mblogan kalau kata orang sunda alias tebal ga merata kayak topeng. Ga banget, kan? Step yang ini dengan aman terlewati.  Oya kalau mau pake spon gunakan juga dengan cara ditap jangan digeser jangan sampai menggeser posisi bb cream atau foundie yang sebenernya belum kering betul  lho.

Aplikasi Shading

Buatku bagian ini ga terlalu susah. Seriusan. Tinggal tersenyum lalu olesin deh tuh serbuk sharing untuk blush on ke pipi. Kalau mau terlihat lebih alami, timpa lagi dengan bedak dan sharing warna nude.

Oya selain shading di pipi, aku juga belajar membuat shading di area hidung. Mulai dari sudut dalam mata, shading yang nude itu tadi dibaurkan. Lalu untuk batang hidung sampai cuping pake shading yang cokelat dasar. Perlahan-lahan makin bawah makin samar dan diratakan di area cuping hidung.

Ga usah terlalu tebal karena cuma untuk membuat kesan batang hidung jadi lebih mancung.  

Cara Pake Eye Shadow

Oke, di antara sekian step dandan, printilan area mata itu paling mengintimidasiku.  Karena kalau gagal, you know lah kayak gimana konsekuensinya.  Warna eye shadow yang ga pas, eyeliner atau maskara yang beleber bakan bikin mess up your day.   Kalau mau aman, gunakan warna eye shadow yang natural sebagai dasarnya, aku pake yang warna cokelat. Meski ada glitternya tapi hasil akhirnya ga jadi bling-bling gimana gitu.

Setelah itu aku aplikasikan warna yang lebih gelap. Dan nekatnya aku pake warna hitam. Huaaa..... ini bikin deg-degan karena bikin jadi mata pandaku makin kentara. Tapi aku pantang mundur dengan menghapusnya. Aku bubuhkan di sisi luar mata dan aku baurkan lagi dengan warna cokelat tadi biar ga terlihat jelas batas dua sisi warna tadi. Fiuh, Amaaan! Not bad lah buat pemula sepertiku.
belajar makeup flawless harian
sumber: grup WA BC Dewi Okta


Aplikasi Eyeliner

Suka takut ga sih kalau aplikai eyeliner bakal bleber dan dandanan sekitar mata bikin fail? Ini setep berikutnya yang mana level horornya naik beberapa strip.  Iya lebay emang tapi ya itu tadi kalau fail bikin akutuh jadi ngeri.  Untuk step ini aku lakukan perlahan. Dengan pensil eyeliner yang diulir, aku melukis garis mata dari sisi dalam ke luar.
belajar makeup flawless harian
sumber: WA BC Dewi Okta
Ada satu lagi trik yang aku dapatkan di sini. Sebelum ini beberapa kali nyari di youtube gimana membuat wing atau ekor eyeliner. Hasilnya selalu zonk lah karena ekornya ketebelan. Jadinya malah kayak sapuan yang bleber.

Terus gimana caranya?

Jadi sambil mengarik garis eyeliner dari dalam ke luar, ujung mata luarnya itu sedikit ditarik ke atas dan ditahan dengan spon.  Fungsi utamanya adalah agar menyamarkan kerutan atau garis-garis yang semakin kentara seiring semakin bertambahnya umur (hiks....). And you know what? I did it!

Wohooo.... uji nyali make up seputar mata berakhir sudah.  Meski masih ada step berikutnya berupa aplikasi maskara dan melukis alis.  Soal ini aku ga terlalu khawatir amat walau melukis alis masih peer juga.

Untuk aplikasi maskara, cara yang bisa kita lakukan dalah dengan mengaplikainya secara digeser baik sisi atas maupun bulu mata yang bawah.  eyeliner jua bisa digunakan lagi pada bagian dalam kelopak mata lho. Aku coba mengoleskan eyeliner warna putih untuk kesan mata yang segar.  Lumayan perih sih pas ngolesin ini hahaha


Tentang Melukis Alis

Seorang temenku pernah bilang kalau alis yang rapi udah cukup bikin orang pangling. Peer banget emang buatku nih melukis alis mata yang rapi.  Kalau sisi kanan dan kiri ga sama ya wajar aja. Kerena mereka bukan saudara kembar. Katanya adik kakak. Tapi buatku lebih pantas dibilang tetanggaan sih hahaha. Sebel aku tuh karena  belum bisa memberikan kasih sayang yang sama untuk alis kanan dan kiri.  Yang sisi kanan lumayan rapi. Untuk sisi kiri aku minta tolong teteh asisten Teh Dewi untuk merapikannya.  

Prinsip dasar soal alis adalah dengan membuat bingkai dari bawah dulu baru melukis garis atasnya.  Di bagian melukis alis ini aku jadi naksir berat sama eyebrownya coloringnya Zoya. Polesanna bikin alis terlihat dramatis tapi tetap alami.  Baik, belanja bulan depan aku masukin ini ke list shopping hahaha....
ga sempet moto jadi fotonya ngambil dari webnya Zoya

Menciptakan Kontur Wajah

Kata Teteh asisten Teh Dewi  yang membantu  memandu kelas make up hari itu, mukaku ga bulat tapi tirus. Jadi narik konturnya ke cuping hidung aja, bukan ke sudut mulut. Ah masa sih, Teh? Soalnya kalau aku ngaca muka nih tampak bulat hahaha.... Ya udah aku nurut aja. Untuk membuat kontur menciptakan efek pipi lebih tirus yang dipaket adalah shading dasar yang juga digunakan buat mata. Iya yang warnanya cokelat itu. WIiih multi fungsi ya? Sekaligus lebih irit juga :).  

Asiknya menggunakan shading nan multifungsi ini bukan cuma irit tapi mudah juga dibaurkan, jadinya samar ga meninggalkan jejak yang kentara tapi keliatan hasilnya.

Last Touch

Untuk sentuhan terakhir alias lipstik tadinya aku mau pilih warna aman, alia warna bibir. tapi rasanya kok sayang kalau tampak biasa aja. Kurang cetar gitu kalau pinjem kamusnya Syahrini. So aku pilih palet lipstik warna merah yang posisinya ada di paling atas, paling tengah.

Hasilnya ga gonjreng tapi bikin wajah jadi seger. Lumayan menyamarkan muka lelah yang kurang tidur hehehe.

O, ya ngomong-ngomong soal aplikasi area mata biar mata ga keliatan ngantuk Teh Dewi ngasih aku tips begini.
belajar makeup flawless harian

Pilihlah concealer yang warnaya satu tingkat lebih cerah dari warna area mata.  Pastinya aplikasi bb cream atau foundie juga jangan kelewat. Nah biar lebih seger, jangan lupa gunakan bedak tabur warna putih.  Wuuuuih, kebetulan banget. Ini sih bisa memanfaatkan bedak tabur warna putih yang lagi jobless alias nganggur.

Jadi inilah penampilanku setelah kelas make up hari itu. 90 aku sendiri yang ngerjain. Kecuali merapikan alis sisi kiri dan kontur hidung.
belajar makeup flawless harian

 Ya kalau mau hasilnya secetar polesan tangan Dewi kayak gini aku harus banyak belajar.  Banyakin properti juga iya hahaha.... Cakep, ya hasilnya?
belajar makeup flawless harian

By the way, salah satu penyakit sebagian perempuan rasanya sayang banget kalau udah dandan cantik terus kena keringat atau wudhu jadi luntur.

Well kalau soal keringat kan udah ada bloating powder buat menyiasati, biar make up lebih lama. Yekan?  Setelah buka puasa aku ambil wudhu buat solat.  Ya masa ga wudhu sih? Karena udah batal. Nanti solatnya ga sah, dong?

Gues, what? Ini tampilan make upku setelah wudhu. Ga pake touch up bedak lagi pun masih ada jejaknya. Lumayan jelas.
Ah love deh pokoknya.
belajar makeup flawless harian

Makasih banyak ilmunya untuk Teh Dewi, Zoya Cosmetics dan Teh Eka yang udah menginformasikan acara ini.  Semoga berkah, ya.

Buat teman-teman yang mau tau lebih banyak soal tips kecantikan dan info lainnya, bisa lho follow ig Teh Dewi Okta di akun ignya @dewiokta_makeup. Kalian bisa rikeus untuk make up wedding atau mungkin ikutan kelas kecantikannya seperti yang udah aku ikuti.
Share: