Saturday 23 February 2019

Lebih Banyak Lagi Makan Buah-buahan

Salah satu hal yang berat untuk dijalani dan perlu komitmen kuat itu adalah balikan! Nih ya, aku ulang pake capslock, BALIKAN!

Eh tapi ini bukan sembarangan balikan. Bukan sama mantan. No! Apalagi kalau dia bikin sedih *curhat, bu?*

Trus apa dong?
Balikan sama kebiasaan sehat dong!

Jadi kan ya, beberapa waktu lalu, sekitar tahun 2016 tuh aku pernah jalani FC.  Alias Food Combining.  Ritual pagi berupa sarapan buah dan minum perasan jeruk nipis sebenernya bukan hal yang berat. Walau sekarang on off sih hahaha. Nah pantangan untuk ga makan selain buah (setauku  sih ya kalau minum smoothie sayur masih oke) itu yang berat. You know lah, godaan ngemil selalu saja melambai bagakan nyiur di pantai yang melenakan *halah*

By the way, baca juga soal kebiasaanku yang mulai nyemoothies lagi ya

Rules lainnya dari diet FC itu yang berat dan susah untuk ga dilanggar adalah untuk tidak mempertemukan karbo dan protein hewan dalam satu piring. Padahal buat sundanesse dan juga mungkin yang nese lainnya (maksudnya selain orang sunda gitu) kan sebagian besar nasi udah jadi makanan pokok. Belum makan kalau nasi belum ada yang masuk. Walau udah makan gorengan, mie, dan kue-kue yang mana itu sebenernya mengandung karbo. 

Aku sendiri ga sampai  3 kali sehari makan nasi, sih. Selain udah kebiaaan dari dulu, tambahan riwayat medis Apa yang punya penyakit diabetes. Secara genetik ini kan memperbesar risiko terkena penyakit yang sama. Makanya, aku berusaha mengurangi konsumsi karbo dan makanan yang manis-manis. Karena penyakit gula dan implikasi lainnya itu mengerikan. 


Balik lagi soal balikan, rasanya emang beraaat buat nge-FC lagi. Tapi ya kalau adaptasi kebiasaannya sih bisa. Semisal minum perasaan jeruk nipis atau banyakin makan buah.  Selain itu aku juga lumayan sering mengonsumsi air kelapa lagi. Ya terutama buat ingredientsnya smoothie itu tadi.


Kalau ngomongin soal buah-buahan, Mangga itu favorit aku. The best lah. Sayangnya buah ini ga selalu hadir setiap saat. Kalau pun ada juga buah mangga yang ada di tukang rujak, buah favoritnya para bumil dengan rasa kecutnya bisa bikin ekspresi kita kayakorang genit. Saking asemnya tuh hahaha...

Ya sudahlah, ga ada mangga pun masih ada buah yang lainnya yang bisa saya konsumsi.  Misalnya nih manggis alias mangosteen. Ratu buah yang suka ngasih kabar baik ini juga buah lain yang jadi kesukaanku. Buahnya aja sih, ga sampai kulitnya. Walaupun katanya bagus sebagai anti kanker.  Sekarang ini ketersediaannya lagi melimpah. Efeknya jadi murah dan bikin seneng aja. Kalau beli di pasar tradisional, bisa dapet tuh 9.000 per kg.   Sekali makan aku bisa ngabisin 5-6 biji ukuran sedeng.  Ada kayaknya setengah kilo tuh hahaha... paling seneng dapet yang ga ada bijinya, jadi ga berasa rugi (lho?).


Buah lain yang jadi kesukaanku tuh adalah jeruk peras.  Dia ini ibarat seseorang yang terjebak dalam friendzone. Selalu ada setiap saat, tanpa syarat tanpa modus tanpa pretensi apapun, tapi kehadirannya suka diabaikan *sungguh analogi yang lebai*. Ga kenal musim, dia selalu ada. Udah gitu murah pula. Selain jadi bahan tambahan untuk bikin smoothie, jeruk peras ini bisa kita minum langsung. Pake air hangat atau es. Dicampur air biasa atau diperas tanpa tambahan lain. Dan ya ampun rasa asamnya ini bisa ngalahin asamnya campuran jeruk nipis  atau  lemon peras, lho. Seriusan.  Untuk satu gelas kecil seperti ini, diperlukan sekitar 5 jeruk ukuran sedeng.


Nah, masih ada buah lain yang jadi favoritku. Stroberi. Buah imut yang warna merahnya menggoda ini dulu gampang banget didapatkan di pasar. Lalu kapan hari sempat hiatus. Susah banget nemuin di pasar tradisional. Adanya cuma di supermarket dengan banderol harga yang selisihnya jauuuh banget.  Sedih akutuh. Kalau kebeletnya udah ga nahan, ya udah kepaksa beli.  Ya mahal sih, tapi kalau dipikir-pikir buat jajan junkfood dan sejenisnya aja kan lumayan banget ya budgetnya. Jadi ya udahlah jangan dianggap biaya, tapi investasi buat kesehatan.  Mengingat usia yang udah ga unyu lagi, jelang 40 nih! Meski secara fisik agak tersamarkan (jangan protes, ya!) tapi alarm tubuh udah mulai rewel.


Anyway masih ada nanas madu dan kiwi yang aku sukai.  Ini enak juga  lho kalau dijadiin bahan buat bikin smoothies atau infus water.  Smoothie buah yang dicampur plain yogurt bisa jadi alternatif ngemil buat menghentikan nafsu makan biar berhenti ngemil. Yakin? Yakinin aja, mengingat uang yang udah dikeluarkan buat beli buah-buahan kan uah lumayan. Selain bikin bengkak alokasi jajan, ya sayang aja kalau udah invest makanan sehat direcoki micin-micinan.  Belum bisa dilepas sepenuhnya emang soal konsumsi makanan gurih buatku.  Apalagi lidahku cenderung suka makanan yang asin. Tapi setidaknya, asupan buah dan sayur komposisinya jadi lebih nambah.  

Kalau bukan kita sendiri yang sayang sama tubuh, siapa lagi coba? Yekan?  Yang masih jadi PR gede buatku itu adalah move out laias olahraga. Niat mau rajinin Yoga belum kesampaian nih huhuhu



Share:

Sunday 17 February 2019

Acer Swift 7 Super Tipis 9,8 MM dan Promo Cash Back di Tahun 2019

Kalau ga kepaksa banget, aku lebih suka menyelesaikan pekerjaan via gadget alias HP saja. Kalau lihat pengalaman yang udah-udah ini paling enak cuma buat cek email, notif sosmed dan balas chat di WA. Sisanya seperti cek form, file  lampiran di email termasuk kirim laporan atau update blog lebih enak pake laptop. Pake gadget sih bisa,  asal  ga banyak atau panjang yang harus diketik. 

Kalau ngerjainnya dari HP selain pegel, bikin pusing, mata dan berpotensi terkena carpal tunnel syndrome. Sederhananya ini semacam sindrom pada tangan yang salah satu penyebabnya kebanyakan beraktivitas menggunakan gadget gitu lah. Ga mau kan kalau tangannya jadi kenapa-kenapa? Cukup sudah mata yang terganggu akibat pancaran radiasinya.
seri terbaru laptop acer 2019

Makanya, kalau memang bakal berlama-lama di luar atau harus ke luar kota dan ada deadline yang harus segera tuntas, mau ga mau aku selalu memasukan laptop ke dalam ceklis item yang harus di bawa. Masalah menjaga kesehatan jari tetap terjaga cukup teratasi. Tapi masalah lainnya yang datang menguntit itu pegal-pegal di punggung. Akibat dari bawaan di ransel yang bertambah berat karena sudah menjejalkan laptop ke dalamnya. 

Dengan masuknya laptop, secara signifikan menambah beban bawaan plus memakan ruang juga di dalam ransel. Sampai kemudian aku berharap keajaiban akan datangnya pendatang baru berupa hadirnya laptop yang dimensi dan ukurannya bersahabat dengan bawaan dan tidak membebani punggung ini.

Then, my wish is come true. Sudah terjawab walau belum saatnya untuk memiliki hihihi *apaan coba?*

Jadi nih, aku tuh baru aja kenalan dengan keluarga barunya laptop Acer berupa Acer seri Swift 7. Bayangin aja, tebalnya cuma 9,8 mm. Satu centi pun ga nyampe dan bisa dipakai selama 9 jam lebih . Wiiiih, gimana ga charming, coba?

Secara resmi laptop yang satu ini belum diluncurkan ke pasar, belum tau sih kapan resminya diperkenalkan. Tapi barengan temen-temen blogger dan media di Bandung pada hari jumat 15 Februari 2019 kemarin, aku tuh termasuk yang beruntung untuk melihat langsung dari dekat dan menyentuh (segitunya) langsung. It is! Beneran tipis dan ringan. Desainnya pun elegan. Fix lah, aku jatuh cinta jadinya.
acer swift 7 2019

acer swift 7 tahun 2019

Bertempat di Kapulaga Indonesian Bistro, Jalan Dayang Sumbi No. 3 Bandung, hadir juga perwakilan dari Acer yaitu Abdurahman Nursalam selaku Channel Account Manager, Sales Division Acer Indonesia, lalu ada juga Galuh Neftita - Head of Marketing Acer Indonesia serta Erbie Winarto - Branch Manager Acer Indonesia untuk Jawa Barat dan Jawa Tengah. 

Acara gathering di Bandung kemarin merupakan rangkaian tour Acer ke beberapa kota besar di Indonesia untuk memperkenalkan Program Terimakasih Pelanggan juga memperkenalkan seri terbaru Acer selain Swift 7 yang tadi aku ceritakan di atas. Ada anggota baru juga untuk seri Predator, Switch dan Spin yang akan segera dirilis untuk memenuhi kebutuhan para pengguna Acer.
laptop acer terbaru di tahun 2019

laptop acer terbaru di tahun 2019

Untuk Program Terimakasih Pelanggan, Acer akan memberikan reward dan benefit sebagai berikut:
  • Kejutan promo berupa cashback sampai Rp 10 juta untuk pembelian Predator Triton 700
  • Promo khusus untuk perangkat gaming berhadiah gaming gears hingga monitor gaming Predator atau Acer Windows Mixed Reality, dengan masa garansi yang lebih panjang sampai tiga tahun
  • Untuk setiap pembelian notebook seri thin & light tipe prosesor tertentu melalui program Terima Kasih Pelanggan selama periode 1 Januari sampai 31 Maret 2019, pembeli akan mendapatkan bonus berupa software Microsoft Office 365 secara cuma-cuma.
laptop acer terbaru di tahun 2019

Pemberian promo yang diberikan Acer ini adalah bentuk apresiasi Acer untuk para usernya di Indonesia yang sudah mendukung selama 20 tahun kiprah Acer di Indonesia dalam industri PC. Beberapa penghargaan yang sudah didapatkan antara lain adalah:
  • Indonesia Customer Satisfaction Award (ICSA) selama 10 tahun 
  • Top Brand Award selama 12 tahun berturut-turut atas pilihan konsumen
  • Pnghargaan untuk layanan pelanggan melalui social media yaitu The Most Socially Devoted Brand Worldwide on Facebook dari Socialbakers, serta Social Media Award 2018
Acer menempatkan pembeli sebagai sahabat. Sama-sama tau lah kalau yang namanya chemistry diantara sahabat itu tulus, tanpa syarat atau tekanan. Ya, kan? Melayani raja biasanya lahir dari kewajiban. Nah, kalau memberikan yang terbaik bagi sahabat itu adalah sesuatu yang tulus, datang dari hati. Bukan cuma sebagai pembeli, Acer merasa kalau para penggunanya juga adalah mitra yang akan memberikan masukan agar Acer terus meningkatkan kualitas dan pelayanannya. Aw, so sweet, ya?
laptop acer terbaru di tahun 2019

Saat mengenalkan produk-produk teranyar yang dirilisnya, penampilan apik dan ciamik dari Acer Swift 7 ini paling banyak menyita perhatian kami waktu itu. Rasanya seperti melihat kucing ras yang lucu dan menawan sehingga menggoda untuk segera mengadopsinya. Sayangnya, kami belum tau berapa kisaran harga yang akan disematkan saat diluncurkan secara resmi nanti. 
acer swift 7


Kalau teman-teman dalam waktu dekat ini punya rencana untuk mengganti laptopnya dengan yang baru, mending ditahan dulu untuk berburu. Sayang banget soalnya kalau ga kesampaian memiliki laptop keren dan stylish seperti ini. Kalau dikasih pun aku ga akan nolak, Terlanjur kepincut soalnya hihihi
laptop acer terbaru tahun 2019

Sementara itu untuk mendapatkan benefit berupa garansi selama 3 tahun lamanya diberikan untuk pelanggan yang bertransaksi membeli produk Acer untuk produk consumers dan gaming series selama periode terbatas. Garansi yang akan diberikan ini untuk pemeliharaan secara berkala (service). Dengan banyaknya service center yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, sayang banget kan kalau penawaran ini dilewatkan, kan?

laptop acer terbaru tahun 2019

Jadi yang masih nabung, tabahkan hatinya untuk tidak ngelaba belanja yanag lain. Yang uanganya sudah siap tahan dulu jangan belanja laptop sampai produk  anyar dari Acer ini resmi dirilis, ya.  Sabar, ga lama lagi, kok.


Acer Indonesia
Blog                    : www.acerID.com  
Facebook           : www.facebook.com/acerindonesia
Twitter                : @acerID
YouTube            : www.youtube.com/acerindonesia
Instagram          : acerID
Community        : www.iamspacer.com
Contact Center  : 1500155
Press Room      : www.acerid.com/press-room
Share:

Friday 15 February 2019

Staycation di Hotel Best Western The Hive Cawang Bareng Makmins KEB

"Kamu sibuk banget sih, Kak. Ke sana kemari gitu ga cape?"

Aku nyengir waktu Dydie nanya gitu. Masa sih? Biasa aja, ah. Nih aku kasih tau, kadang kalau upload foto entah itu di IG ga selalu dilakukan on the spot. Kadang acaranya kapan, uploadnya ya ga harus semua dihabiskan hari itu. Lagian ya aku tuh ga rajin amat update di IG hahaha. Yang jelas sih kalau soal ngatur waktu misal besok mau ke sana, lusa ada acara di situ, minggu depan mau ngapain mau ke mana dengan siapa (eh kayak lagu ga sih?) aku tuh suka kasih tanda di kalender meja. Selain biar ga lupa, ya biar ga bentrokan jadwal. Ecieee bentrok. 

Eh tapi beneran. Kayak beberapa waktu lalu nih. Seperti yang udah-udah, agenda awal tahun Makmins KEB itu kumpul bareng. Bukan sekedar kumpul gitu aja sih. Karena ada agenda evaluasi dan proyeksi rencana kerja yang akan digarap. Seperti acara tahun 2019 ini, nih.
staycation di hotel best western the hive cawang

Dengan tambahan squad dari KEB Chapter Solo, tim Makmins yang kumpul jadi ada 9 orang (tiga perwakilan dari Makmin Solo). Jauh-jauh jari saya nandain di kalender kalau tanggal 2-3 Februari 2019 adalah slotnya buat kumpul Makmin di Hotel Best Western The Hive, Cawang, Jakarta.

Mengusung tagar #Makelar alias Makmin Kerja dan Belajar, raker ala-ala kami bagaikan tagline acara reality show yang pernah ngehits di tahun 90an akhir. Sersan. Serius tapi Santai *yaaa maap kalau nyerempet 90an lagi hahahaha...*

Berangkat pagi banget pake kereta dari Bandung, aku sampai di Gambir sekitar jam setengah sembilan. Mampir dulu ke mini market di sana, lalu pesan ojek online dan tiba di hotel jam setengah sepuluhan. Sebenernya jarak dari Gambir ke hotel ga jauh amat, hanya 10 menitan dari Bandara Halim atau Stasiun Kota. Cuma waktu itu lagi ada kerumunan massa di sekitaran Monas, jadinya drivernya ngambil rute sedikit lebih jauh. 
staycation di hotel best western the hive cawang

Check in memang dijadwalkan siang harinya, tapi pagi itu kami sudah memulai agenda pertemuan dimulai dengan belajar bareng SEO yang dipandu oleh Febriyan Lukito di ruang meeting Melifera yang bertempat di lantai 3.

Ngomong-ngomong hotel BWP The Hive ini adalah hotel bintang 4+ atau 5 yang berada dibawah manajemen hotel chain terbesar dunia, Best Western International. Seneng banget dapat ruang meeting yang keren gini, serasa punya ruang kantor sendiri. Selama belajar SEO atau evaluasi dan membahas program kerja terasa nyaman ditambah Wifinya yang kenceng. Karena udah bawaannya multitasking, sambil rapat sambil buka notif ini itu tetep jalan dong hahaha.  By the way makasih banyak lho buat sharing ilmunya, Mas Riyan. Wiken kami jadi makin fun dan produktif  :)
staycation di hotel best western the hive cawang

Eh eh... tau ga sih, selain akses ke toilet yang gampang dari ruang meeting ini, musolanya juga deketan, lho.  Jadi ga berasa diburu-buru pas jeda solat. Dan ya ampun liat tampilan toiletnya ini sungguh menggoda buat selfie-selfie-an depan cermin. Tapi takut dikira orang aneh sama orang lain, aku skip aja sesi ini hihihi
staycation di hotel best western the hive cawang

Budget yang harus disiapkan untuk meeting di sini cukup bersahabat lho. Mulai dari 330.000,- nett/person/day kita sudah dapat fasilitas berupa coffee break beserta lunch atau dinner. Kalau perlu ruangan yang lebih luas dari Melifera masih ada ruangan seperti Dorsata, Cerana, Florea, Laboirosa,Trigona dan Imago Dinning Room.

Agenda belajar dan rapat kami selesai sore hari menjelang maghrib. Kami  naik ke kamar masing-masing untuk  beristirahat. Aku menempati kamar Superior Twin di lantai 10, kamar 1005 bareng Mak Ety. Sebuah kebetulan kalau secara fonetik Efi dan Ety kami ditempatkan sekamar.

staycation di hotel best western the hive cawang

Begitu membuka pintu ada sepasang angsa unyu-unyu menyambut kami di kamar. Sekilas aku sempat merasa geli karena kayak kamar manten yang lagi hanimun. Nah si Angsa lucu ini bikin aku ga tega untuk mengurainya. Biar ga berantakan, dengan sengat hati-hati aku geser ke meja. Besok siangnya pas mau check out, Angsa yang diuyelin dari bahan handuk ini baru terurai. Huhuhu... sedih aku tuh.

staycation di hotel best western the hive cawang

staycation di hotel best western the hive cawang

O, iya sambil nunggu giliran menggunakan kamar mandi, aku menghampiri mini bar yang ada di kamar. Segelas teh hangat jadi pilihan pas buat cooling down. Liat mini bar gini, kayaknya asik juga kalau punya di kamar. Iya, aku orangnya gampang kepincut gini.
staycation di hotel best western the hive cawang

Maunya malam itu leyeh-leyeh sampai besok paginya. Tapi panggilan alam berupa perut yang lapar minta diisi jadi mengurungkan niat tiduran. Biar ga dikomplainin Makmin lainnya aku segera mandi setelah mak Ety selesai. Amenitiesnya lengkap dan ga usah worry kalau ada alat empur mandi yang lupa atau ketinggalan di rumah. Bahkan shower cap atau hair dryer pun tersedia dengan lengkap. 
staycation di hotel best western the hive cawang

staycation di hotel best western the hive cawang

staycation di hotel best western the hive cawang


staycation di hotel best western the hive cawang

By the way, karena menggunakan hijab, aku paling ga bisa membiarkan rambut yang masih basah langsung dihijabin gitu. Takut jadi lepek dan bau, kan. Nah hair dryer di sini jadi penolongku agar tetap nyaman berhijab saat makan malam di luar.

Jam 10 malam kami kembali ke hotel. Selesai melakukan ritual malam kayak cuci muka dan gosok gigi, aku tidur pulas dan bangun pagi saat subuh menjelang. Bangun pagi, ga di rumah ga di mana, notif di hand phone jadi hal yang pertama di buka. Selepas salat subuh dan tiduran sebentar, aku buka chat di grup dan Icoel udah ngajak untuk renang dan sarapan di Heather Resto yang letaknya di lantai 5. 
staycation di hotel best western the hive cawang
fotonya punya Icoel
Lihat air kolamnya sungguh menggoda untuk nyemplung, tapi hari itu aku ga ikut bergabung bareng Icoel atau Mira untuk ikutan renang. Ga bisa renang soalnya. Meski gapapa juga sih kalau cuma rendaman aja, mah. Alasan yang paling gampang sih karena males bawa baju basah pas balik ke Bandung nanti. Ya udah nonton Icoel jadi putri duyung aja hahaha... Abis ini aku jadi mikir, keknya perlu belajar renang. Biar kapan-kapan kalau nginep lagi bisa renang  dan ga parno just in case nemu kolam yang dalamnya menyaingi tinggi tubuhku yang cuma 145 cm ini *curhat bu?*

Balik ke sarapan aja yuk, dari pada curhat ga jelas. 
Jadi ya, sarapan favorit tiap aku nginep di hotel itu ga jauh-jauh dari salad sayur. Kalau bikin di rumah banyak printilan yang harus disiapkan dan suka nyisa. Sayang banget, kan? Makanya suka exciting kalau pas lagi momen staycation seperti ini. Seenggaknya aku memulai pagi dengan kebiasaan sehat, makan buah dan sayur. Meski setelahnya omelet, sosis dan es krim begitu menggoda dan terlalu sayang untuk diskip. Muahahaha... 
staycation di hotel best western the hive cawang

staycation di hotel best western the hive cawang

staycation di hotel best western the hive cawang

Yaudah lah, dietnya ditunda meski pipiku udah bulat kayak ngemut bakpau. "Mak, kalau kamu ngemut bakpau, aku ngemut melon, gitu?" Aku ngikik pas Mak Anna komplain. Tapi kalau liat poseku di depan resto gini, sepertinya belum perlu diet. *eh gimana jadinya?*
staycation di hotel best western the hive cawang

Hari makin siang, perut sudah terasa kenyang. Tapi kok kami belum rela untuk packing dan bersiap check out. Makanya,  setelah sarapan, kami pindah nongkrong ke area lobi yang masih terletak di lantai 5. Venuenya instagramable. Cocok lah buat nambahin koleksi foto di sosial media heuheuheu. Ya mumpung lagi di sini, kan? Manfaatin aja, koleksi sebanyak mungkin momen yang bisa diabadikan.
staycation di hotel best western the hive cawang
fotonya diambil pake kamera handphonenya Mak Ety. Makpon ga da karena lagi bilas nih

Ngomong-ngomong soal nginep, kalian juga bisa memanfaatkan promo yang lagi berlangsung. Mumpung masih ada kesempatan nih. 

Promonya kayak gimana sih, Fi?

staycation di hotel best western the hive cawang

Jadi nih ada cara yang gampang buat booking kamar di Hotel Best Western Premier The Hive.  Cuma via aplikasi Whatsapp aja dan dapatkan juga free upgrade. Good news banget kan buat yang memori hpnya kepenuhan atau sinyalnya lemah buka website dan cuma support buat buka WA aja.Wuih, makanya buruan booking dan rasakan sensasi staycation yang nyaman dan menyenangkan seperti kami di sini.

Selain nginep atau meeting, fasilitas dan layanan lainnya  yang bisa kita dapatkan di Hotel Best Western Premier The Hive ini antara lain adalah Spa dan Message, Fitness Centre, Laundry service, birthday event, wedding event (indoor dan oudoor) atau intimate party, lho. Jadi yuk ah ke  Best Western Premier The Hive lagi, 

Best Western Premier The Hive  
Jalan DI. Panjaitan Kav. 3-4, Jakarta Timur, DKI Jakarta 13340
Reservasi : (021) 29821888
Whatsapp : 0811-8138-808
Website : www.bwpremierthehive.com
Facebook : BWPREMIERTheHive
Instagram : @bwpthehive
Twitter : @bwpthehive
Youtube : youtube.com/c/bwpthehive
Blog : https://infothehive.blogspot.com







Share:

Wednesday 13 February 2019

Lebih Jelas Melihat dengan Kacamata

Dulu waktu masih SD dan SMP aku suka meledek teman yang pake kacamata dengan sebutan si mata empat.  Dulu lho, yaaa. Jaman masih cupu, jahiliah dan kepolosan lainnya. ga ngerti kalau itu ga baik meledek orang, meski alasannya karena temen yang berkacamata itu punya kebiasaan ga bagus semisal  nonton tv atau baca terlalu dekat.

Padahal dulu juga akutuh punya kebiasaan jelek kayak gitu huhuhu....

Dari SD sampai kuliah ga ada masalah dengan 'laporan pandangan mata' bahkan kalau duduk di belakang pun. Waktu kuliah, masih bisa nyatet rumus-rumus statistik meski duduk di deretan agak belakang. Nah pas akir-akhir kuliah, sebenarnya  mulai deh berasa terganggu, dan sempet pake kacamata. Cuma karena berasa masih kecil aja, ga konsisten dipake. Padahal waktu itu beli kacamatanya mahal huhuhu. Ga pede sih, sama tampilan mata baru yang kayak dikasih toples gitu hihihi. Serasa punya dosa deh, karena waktu itu keukeuh beli, dipakenya ga bener. *sigh* Pas udah kerja sempet pake kacamata lagi dan (bandelnya) malah dilepas lagi.  

Sejak keseharian kerjaan membuat semakin intens melototin laptop dan gadget, sebenernya  keluhan pandangan mata yang mulai ngeblur alias ga jelas lebih sering terasa. Cuma ga terlalu dianggap. Palingan kalau merasa jadi Hayati alias lelah ya udah, istirahat, tidur.  
sumber: https://www.my-spexx.de
Semakin nyadar pandangan mata makin bermasalah itu pas nonton di bioskop.  Males nonton di row A alias bangku paling atas karena bakal siwer baca text di layar, apalagi kalau udah ada adegan chat di gadget huhuhu samar nian. Makanya, sebisa mungkin ngambil duduk di row D, E atau F biar bisa baca sub title.   Tapi belakangan duduk di sana pun jadi semakin ngeblur. Sedih aku tuh.  

Akhirnya setelah diomelin Dydie, dingetin Mak Winda (waktu itu pernah nyetatus curhat geje di WA) mau deh periksaan mata dan memutuskan nyari dan bikin kacamata di optik seputaran jalan ABC. Sejak dulu emang kawasan ini terkenal sebagai sentra elektronik dan kacamata dengan harga miring. 

"Kak, nyari di Samijaya aja. Di sana murah-murah, dan bagus-bagus," kata Dydie.

Oke, Noted. Hari Senin kemarin langsung tuh meluncur ke TKP, tepatnya di jalan ABC 26, setelah sebelumnya ngurusin pensiunan Apa di BJB jalan Naripan. Lumayan deket lokasinya.
sumbernya https://www.allaboutvision.com
Sampe di toko Samijaya, ga langsung pilih lensa atau frame karena harus periksa mata dulu. Nah, untuk periksa matanya ini, karena di Samijaya ga tersedia, aku diarahkan untuk periksa di toko sebelahnya. Biayanya cuma 50 ribu saja, tuh. Murah, kan?  Waktu diperiksa, petugas yang stand bye langsung nodong gini:

+  : Kamu pasti kebanyakan liatin layar laptop dan hp, ya?
-   : Iya, abis gimana, ini udah kerjaan
+  : Sebelumnya pernah pake kacamata?
-   : Iya, pernah, tapi udah lama sih, terus dilepas
+  : Berapa minusnya?
-   : Satu
.....
+  : Ya Udah periksa dulu

Beberapa menit kemudian ....

+ : Nih nambahnya gede, deh.
-  : *pasang muka lempeng*
+ : Eh kamu usia berapa?'
-  : 39
+ : Hah? Masa? Boong ah! Ga keliatan
-  : Beneran kok, 39. Mau liat ktp?
+ : *senyum hambar*

Waktu diperiksa ga pake lama, kok. Ga sampe 10 menit. Setelah pake alat yang kayak ngintip gitu, pemeriksaan selanjutnya ngetes fokus mata (mata lho, bukan hati atau pikiran). Aku disuruh nyebutin  abjad yang ada di layar kecil yang terpasang di dinding. Makin bawah hurufnya makin kecil dan makin ngeblur. Padahal jaraknya ga sampai 5 meter pun. Jadi kalau ketemu aku di jalan dan  cuek sok ga kenal, bukan karena somse alias sombong sekali. Itu karena emang kalian terliha ngeblur hahaha.... *apa sih*
gambarnya  punya https://www.lifealth.com
Trus petugas yang ngetes mata saya masangin beberapa lensa di kacamata  yang sedang saya coba, hmmm semacam kacamata trial gitu deh.

+ : Pelan-pelan aja, ya. Kamu rasain. Liat ke depan sana. Pusing, ga?

Kali ini pandangan mata di arahkan ke depan, ke area toko yang lebih panjang jarak pandangnya.  Eh Masya Allah! Setelah sekian tahun rasanya baru kali kemarin dunia terlihat begitu jelas. Rangkaian huruf yang terlihat samar begitu jelas dan nyata *halah*. Padahal jaraknya lumayan jauh. Ga usah micing-micingin mata segala kayak dulu. Bahkan susah payah micingin mata pun tetep masih ga jelas kayak kalau pesen paket makanan di pujasera atau restoran cepat saji pun. Kalau ga nanya, sambil ngantri aku suka sengaja moto biar kebaca. IYA, segitu parahnya minus mataku itu.

Setelah beberapa saat menyesuaikan diri dengan kacamata terus aku bilang gini:
- : Yang ini udah pas, enak. Ga pusing. Jadi berapa minusnya?
+ : 3 sama 2,5

Gede banget ya? -_-

- : Ada silindrisnya ga sih?
+ : Ga ada
- : Alhamdulillah

Setelah tes mata selesai, aku dikasih secarik kertas yang berisi keterangan berapa ukuran lensa yang harus dibuat.  Lembaran kertas itu yang aku kasih ke toko Samijaya buat  bikin kacamata. Anyway,  kalau mau bikin kacamata di toko yang sama yang sedian fasilitas tes mata itu pun gapapa. Kalau kemudian aku memutuskan untuk bikin kacamata di Samijaya ya karena dari awal emang udah komit (cieee komit) mau buat di sana.

Toko Samijaya ini bukan cuma menyediakan kacamata (lensa dan framenya) saja. Tapi juga ada etalase yang memajang berbagai merk jam tangan. Konon katanya harga jam di sini juga terbilang jauh lebih murah daripada di mall-mall. Don't worry soal keasliannya. Sama saja kok, bukan KW. Cuma tetep aja namanya juga barang branded, ya. Perlu lebih banyak merogoh lembaran duetnya Bapak Proklamator kita untuk membayarnya.
Ga sempet motoin, jadi pinjem fotonya fimela.com aja yaaa :)
Ada beberapa jenis frame yang tersedia yaitu stainless, titanium dan plastik. Setelah banding-bandingin bahan, Aku menjatuhkan pilihan ke frame yang bahannya plastik. Lebih nyaman dan ringan. Ada  harga ada rupa, sih ya. Jadi Ga heran kalau yang bahannya plastik ini lebih mahal.

Aa yang melayani waktu itu baek banget.  Nurut aja waktu aku minta pilihan bahan, warna, model. Bawain tumpukan dus kacamata dengan berbagi model, sampai  melayani pertanyaan soal harga dari berbagai merk. Tadinya pengen frame Levi's. Tapi  huhuhu harganya ga masuk ke budget. Ya udah berdamai dengan kenyataan, turunin kriteria dan beli yang lebih terjangkau.

Akhirnya milih Crocs yang harganya 900an (setelah diskon). Ditambah dengan lensa jadi 1.290.000.  Nah di awal tadi kan udah bayar 50 ribu buat tes mata, chargenya jadi 1.240.000. Iseng aku nawar, "A, bulatin ya, jadi 1,2?"

Si Aa yang sangat helpfull milihan model dan warna bingkainya ketawa dan mengiyakan. Tau gitu, kenapa ga  minta dibulatin jadi 1 juta aja, ya? *kemudian dikepruk*

Proses bikin kacamatanya ternyata sebentar, cuma sejam aja. Sambil nunggu aku ngebakso dan salat dulu.  Balik ke toko cuma nunggu 5 menitan gitu deh. Dan aku pun resmi jadi si mata empat alias berkacamata.

Kalau mata kalian masih normal, bisa melihat huruf-huruf kecil di plang yang terpampang di jalanan, bersyukurlah. Itu adalah nikmat Tuhan yang ga bisa didustakan.  Meski harus 'ngudekin' tabungan, Alhamdulillah nikmatnya indera penglihatan bisa aku dapatkan lagi. Selama bertahun-tahun tulisan-tulisan yang wara-wiri di kanan kiri jalan jadi terlihat jelas dari jarak  jauh. Amazing.
 Kurang lebih perbandingannya kayak gini, walau mataku ga seblur ilustrasi di sebelah kiri, sih.
sumber: https://thinkaboutyoureyes.com

Kalau mau tau kayak gimana rasanya, bayangin aja kalian sedang utak atik lensa kamera. Yang tadinya ngeblur, terus dapet yang fokusnya pas, segitiga  exposurenya mantul. Bahkan lebih indah dan memesona dari matanya kamera mahal.  Huhuhu... segitu terharunya aku.  Apalagi kalau ada saudara kita yang baru dapat donor mata, ya? Lebih dramatis kayaknya.

Duh, kemana aja ini? Kenapa ga dari dulu periksa mata, ya? Lupa beneran kapan terakhir kali bisa lihat sejernih ini.


Share: