Tuesday 29 May 2018

Berbagi Bersama Anak-anak Yatim & Dhuafa di Bulan Ramadan

Sudah masuk malam ke-14 di bulan puasa. Ga kerasa, ya. Time flies. Mungkin sudah ada di antara teman-teman yang sibuk mempersiapkan liburan lebaran nanti. Tiket mudik lah, oleh-oleh buat saudara di kampung halaman, atau printilan lain jelang lebaran yang sangat familiar sekali. Kue-kue dan baju baru.

Saya jadi inget kenangan sekitar 12 tahun yang lalu. Sudah lama banget. Kejadiannya persis di bulan puasa. Waktu itu sekitar jam 20an. Emperan toko material Pola Pembangunan yang bersisian dengan toko-toko lainnya memang selalu ramai dengan para pedagang yang menggelar lapak atau gerobaknya di  di malam hari. Waktu itu belum ada ojek online. Ke mana-man saya masih ngandelin angkot. HP mun masih jadul, banget! Masih pake HP monokrom yang deringnya polifonik. 

Ceritanya, pulang kerja saya ga langsung pulang, tapi buka puasa dulu di luar bareng teman. Di sekitaran pertokoan Pola Pembangunan ini pandanngan saya tertuju pada seorang kakek yang menggelar jualannya ala kadarnya. Ada satu karung dan tumpukan buah kersen yang dijajakannya. Sementara sepelemparan batu dari tempatnya berjualan seoerang anak laki-laki duduk memeluk lutut. Mungkin sambil menahan kantuk, tapi juga sambil menahan lapar. Entahlah. Saya beli ala kadarnya dan si kakek ini malah ngasih tambahan dengan sedikit maksa.

"Teu nanaon (ga apa-apa) neng," katanya.

Duh. Saya spechless dibuatnya. Dapat untung berapa sih dari jualannya yang ga seberapa itu. Lalu bocah kecil yang duduk tidak jauh darinay itu, ke mana orangtuanya? Apa masih ada? Atau sudah tiada makanya dia mengekor si kakek berjualan sampai malam hari gitu, ya?  Saya ga sempet nanya siapa nama bocah itu. Sebut aja Si Ujang. Mungkin sekarang sudah jadi seorang anak remaja berusia 15-18 tahun Mungkin  juga si kakek sudah meninggal, karena waktu itu saya lihat udah lumayan sepuh. Entahlah. 

berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben
Inget pesan Rasul, sayangi anak-anak yatim
Anak-anak yang kurang beruntung seperti Si Ujang ini ada banyak di sekitar kita. Tapi kadang terabaikan. Kita kadang ga mudeng dengan keberadaaan mereka. Sampai kemudian saat berbuka puasa beberapa hari yang lalu saya bertemu kembali dengan 100an anak-anak yatim yang berbuka puasa di HokBen Jalan Surya Sumantri, Bandung. 
berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben
Antri naik ke atas 
Mulai dari anak usia 3 tahunan sampai usia belasan larut dalam kegembiraan  permainan yang diselenggarakan menjelang buka bersama. Ada yang telihat kenes ceria, ada juga yang anteng sendiri. Saat saya kembali ke rumah masih ada orangtua di rumah yang menunggui saya di rumah. Sementara mereka, pulang ramai-ramai ke panti asuhan tidak ada (lagi) ayah ibu yang menyambut kedatangan mereka, Mungkin juga ada yang tidak pernah tahu seperti apa rupa wajah ayah ibunya. Chacha, gadis paling menarik perhatian selama buka bersama kemarin misalnya. Bocah manis yang menggemaskan ini katanya sejak bayi sudah tinggal di panti asuhan. 
berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben
Chacha ngegemesin banget, ya
Chacha dan teman-temannya ini adalah sebagian dari 3300an anak-anak yatim piatu yang beruntung mengikuti acara program buka bersama sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) yang rutin diselenggarakan oleh cabang-cabang HokBen di pulau Jawa dan Bali. Mengusung tagline "HokBen Berbagi dengan Sesama", sebenarnya tidak saja menyasar anak-anak dari panti asuhan. Selain 38 panti asuhan yang diundang, ada juga anak-anak dari kaum dhuafa yang tinggal  di sekitar gerai HokBen yang mendapat kesempatan yang sama.

berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben
Games dulu

berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben
Ngajinya merdu lho

berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben

berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben

Anyway, saya seneng lho pas tau kalau ternyata program ini sudah berjalan sejak tahun 2001.  Program CSR ini sebenarnya bukan hanya fokus dalam kegiatan berbagi seperti ini. Soal Pendidikan juga jadi perhatian,  karena dengan pendidikan yang lebih baik bisa mengubah kehidupan seseorang jadi lebih baik dari sebelumnya. Yaaa, saya jadi keingetan lagi sama Si Ujang, nih -_-.
berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben
Senyum malu-malu salah satu anak panti asuhan
Setiap anak-anak yang hadir dalam acara buka bersama hari itu dan juga di acara lainnya juga mencicipi menu Bento Ramadan mendapat santunan berupa bingkisan dan sembako untuk panti asuhan tempat mereka tinggal. Semoga selalu ada yang menyayangi anak-anak yatim seperti mereka, ya. Bukan saja di bulan Ramadan seperti ini. Tapi juga setelahnya, seterusnya sampai Ramadan kembali hadir di tengah-tengah kita.

Menu Spesial Hokben di Bulan Ramadan

Untuk bulan ramdan kali ini, HokBen menawarkan enam pilhan paket. Ada Bento Ramdan 1 & 2 serta Bento Ramadann ABCD plus bonus tajil gratis untuk setiap pembelian. Dengan harga antara Rp. 43.000,- sampai Rp. 55.000,- (sudah termasuk pajak) rasanay worth it banget untuk mengenyangkan perut yang lapar setelah seharian berpuasa.

Bagaimana kalau buka pusanya rame-rame bareng teman atau keluarga? Ah,  gimana kalau coba paket  Omiyage untuk berempat atau berenam saja? Untuk promo yang satu ini juga kita akan mendapt bonus berupa  teh botol sosro ukuran 250 ml sesuai paket yang kita pesan. Untuk Omiyage berempat, bonus teh sosro yang akan diberikan sebanyak 4 pcs. Begitu juga kalau memesan Omiyage berenam, teh sosro yang didapatkan ya sebanyak  6 pcs. Cincai, lah. Ga usah minta temennya atau kehausan karena harus share minumannya.

By the way, seperti ini pilihan menu HokBen yang bisa kita pesan:

Bento Ramadan 1 & 2

Bento Ramadan 1:

(Nasi, Salad, Chicken Teriyaki, 2 pcs Egg Chicken Roll) + Tehbotol Sosro 250 ml  dan tajil.
menu hokben bento ramadan 1
Menu HokBen Bento Ramadan 1

Bento Ramadan 2:

(Nasi, Salad, Chicken Teriyaki, 2 pcs Shrimp Roll)  + Tehbotol Sosro 250 ml  dan tajil
menu hokben bento ramadan 2
Menu HokBen Bento Ramadan 1

Bento Ramadan ABCD

Bento Ramadan A & C 

Menu ini  ternyata menu andalan dan jadi favoritnya pengunjung di HokBen, lho. Terdiri dari  Menu utama (Beef Yakiniku/Beef Teriyaki), Menu Goreng  (Tori Ball dan Shrimp Roll), Salad dan Tehbotol Sosro plus tajil. 
menu hokben bento ramadan a
Menu HokBen Bento Ramadan A
menu hokben bento ramadan c
Menu HokBen Bento Ramadan C

Bento B & D

Sementara itu untuk Bento Ramadan B & D terdiri dari Nasi, Taburan Rumput Lalut, Menu Utama (Chicken Steak/Chicken Katsu Tare) dab Tehbotol Sosro juga plus tajil.
menu hokben bento ramadan b
Menu HokBen Bento Ramadan B
menu hokben bento ramadan d
Menu HokBen Bento ramadan D
Saya sudah mencicipi menu HokBen ini dan beneran kenyang, murah pula, lho. Kalau mau berbagi dengan anak-anak yatim atau kaum dhuafa, menu-menu dari Hokben ini bis jadi pilihan. Praktis dan enak pastinya.
berbagi bersama anak-anak yatim dan dhuafa di hokben

Share:

Saturday 26 May 2018

Okoh Restaurant, Resto Japanese Legendaris di Bandung

Ada banyak makanan khas Jepang yang bisa kita temui.Ramen, kue mochi sampai sushi gampang banget kita temui. Dari yang paling murah sampai yang mahal.Lengkap deh dengan aneka pilihannya ini itu.
okoh, japanese restaurant di bandung

Ngomongin soal sushi, nasi kepal yang di dalamnya ada potongan ikan, sayur dan dibungkus rumput laut ini sempat membuat saya sedap-sedap ngeri. Ya abis gimana, ikan mentah gitu, lho. Emang enak? Ga anyir? Ternyata, sushi itu enak, pake banget. Ga heran deh kalau sushi ternyata jadi japanese food yang paling populer.
menu japanese food di okoh restaurant

Salah satu tempat di mana kita bisa mencicipi sushi dan makanan Jepang lainnya adalah Hotel Horison bandung yang beralamat di Jalan Pelajar Pejuang 45 No 121, Bandung. Dulu nih, tahun 1992 di hotel ini pernah ada resto Japanese Food bernama Okoh. Resto ini cukup legendaris, bahkan sempat dikunjungi oleh mantan presiden RI, Gusdur dan wakil presiden Jusuf Kalla. Hmmm... legend banget, ya.

Setelah sempat vakum, bulan puasa kali ini, tepatnya pada tanggal 23 Mei 2018, jadi momen comebacknya Okoh untuk hadir kembali. Menuntaskan kerinduan (uhuk) para penggemar makanan negerinya Oshin ini yang sudah jadi legenda selama 26 tahun lalu. Setelah lebih dari 12 jam menahan lapar dan haus, menikmati menu istimewa seperti Japanese Food di Restaurant Okoh bisa jadi pilihan, lho.



okoh, japanese restaurant di bandung

Seting ruangan di Okoh Japanese Restaurant yang menempati salah satu sudut di kawasan Hotel Horison Ultima Bandung ini pun didesain dengan nuansa yang Jepang banget. Di sini ada Teppanyaki Room, Sushi Bar table, Tatami Room dan Main Room plus dekorasi ala Jepang yang khas banget. Waktu saya perhatikan, gambar geisha cantik selalu terpasang di setiap ruangnya. Eh ya, ternyata saya baru tau lho, kalau Okoh ini artinya adalah cantik. Pantesan aja ga ada foto/lukisan Samurai atau Shogun, atau Kaisar misalnya yang terpasang di ruangan. Suasana Japanese yang hangat dan classy banget, serasa membawa kita dengan mesin waktu, puluhan tahun silam. 

Dalam satu obrolan, Helmi Junaidi, GM-nya Hotel Horison Ultima Bandung menejlaskan alasa dibalik pembukaan kembalinya resto ini. Menurutnya OKOH Japanese Restaurant punya kualitas dinning tapi bisa terjangkau harganya. Baik tua atau muda, semuanya bisa menikmati ragam menu yang disediakan di sini.
okoh, japanese restaurant di bandung

Ngomongin soal menu, OKOH Japanese Restaurant ini mempuyai menu unggulan berupa Teppanyaki, dengan pilihan daging berupa tenderloin, prawn, salmon squid dan pilihan-pilihan lainnya. Masih ada menu lainnya yaitu Bento, dengan paduan salmon shioyaki, ebi tempura Torikarage, teriyaki dan masih banyak lagi dan tentu saja sushi yang saya bilang di atas tadi.
okoh, japanese restaurant di bandung

menu japanese food di okoh

menu bento di okoh restaurant

Soal harga tadi saya bilang ratenya murah, kan? Nih, aneka menu di sini berkisar mulai dari harga Rp 20.000 Rp 180.000. Asiknya lagi, saat re-opening ini, untuk pengunjung akan mendapat diskon sebesar 15%, plus diskon tambahan sampai 50% untuk nasabah mandiri. Asik, nih. Hematnya ga ketulungan, nih. 

Bukan itu saja, lho, Masih ada kejutan yang diberikan untuk para pengujung. Untuk liburan nanti, bisa banget staycation di Executive Suite Room Hotel Horison Ultima Bandung cuma dengan posting foto ke instagram saat menikmati hidangan di sini. Jangan lupa untuk nge-tag akun IG @okohbandung, ya. 

Makan enak, tidur pun nyenyak. Kalau gini mah, saya juga mau dong. 

Share:

Friday 25 May 2018

BJB Digi, Untuk Kemudahan Semua Transaksi Perbankan

Belasan tahun silam, saat adaptasi digital belum menyentuh layanan perbankan rasanya untuk urusan tabungan segitu ribetnya. Cabang-cabang bank belum banyak saya temui. Bahkan untuk membuka rekening saja saya harus ijin dulu sama atasan karena kantor saya bekerja  dan bank tempat saya membuka rekening lumayan berjarak. Urusan ngambil uang sih gampang, ada atm walau yaaa gitu deh. Belum banyak atm dan kalau mau transfer rasanya rugi dua kali. Rugi kena biaya potong kalau transaksi antar bank dan harus ngongkos, belum lagi kalau harus nunggu. Ah ribet, bikin bete aja. 

Lain ceritanya kalau kepala kantor cabang saya yang memang tiap hari (kecuali sabtu) datang agak siang karena harus ngurusin transaksi di bank. Jadi saat jam kerja mulai, kami masih selow belum rada serius levelnya. Masih rada leha-leha, sempet-sempetnya sarapan atau telponan hahaha.... Karyawan macam apa, sih? Jangan ditiru, ya.


Itu sih dulu. Sekarang udah beda banget. Males ngesot ke luar buat nyari atm pun, tinggal nyamber HP, buka aplikasi sambil ngemil, maka semua urusan yang berhubungan dengan transaksi perbankan dengan segala printilannya bisa dilakukan sambil multitasking atau leyeh-leyeh sekalipun. 

bjb digi untuk transaksi perbankan yang mudah

Bjb alias bank jabar banten (dulu namanya BPD Jabar) adalah salah satu bank daerah yang punya reputasi ciamik. Karenanya sebagai agen perubahan nasional, bjb selalu berusaha untuk berinovasi mengikuti tren kebutuhan pasar. Anyway, inovasi teknologi digital dengan nama bjb Digi untuk layanannya pun dihadirkan bukan hanya  untuk mengikuti tren alias biar gak ketinggalan  zaman tapi juga sudah jadi komitmennya bjb dalam memberikan layanannya. 

Mulai dari bangun tidur, sampai merem lagi, bahkan saat kita sudah lelap terbang ke dream land, layanan  bjb digi stand  by terus. Dua puluh empat jam sehari, tujuh hari dalam seminggu yang ditunjang dengan keamanan transaksi yang terjamin. No worry, deh.

Mau gadgetnya berbasis android, blackberry atau bahkan iOS sekalipun hayu-hayu aja. Cincai, semuanya bakal bisa merasakan manfaat dari h layanan bjb digi, asalkan kuota masih aman dan tidak terdistraksi gangguan sinyal. Ah, hari gini, yang namanya kuota udah jadi kayak kebutuhan pokok aja kan, ya?

Terus apa saja sih layanan yang bisa kita peroleh dari bjb digi?
Ada ini nih, bjb Net, bjb SMS, bjb Info dan bjb Call. Mulai dari transfer, cek saldo/mutasi, ngisi pulsa, sampai bayar tagihan ini itu bisa kita bayar dalam satu layanan saja. Gampil kata urang sunda, mah.
bjb digi untuk transaksi perbankan yang mudah


Eh tapi kadang ada kalanya kita masih butuh keberadaan atm, semisal mau narik uang. Ya, kan? Jangan khawatir, bjb Digi aware banget soal kebutuhan ini, Makanya pas kita lagi jalan dan kebingunan di mana lokasi atm terdekat, tinggal cek aja  fiturnya. Dari bjb digi ini kita bisa cari tau dengan satu jentikan tangan. Oh, atmnya bjb paling deket  ternyata jaraknya cuma 300 meteran dari posisi kita misalnya. Bukan itu saja, kalau lagi di luar kota, ga usah cape-cape menghafalkan alamat. Lokasi kantor cabang pun bisa kita dapatkan dengan fitur  berbasis peta. Soal navigasi bisa kita manfaatkan layanan GPS dan semacamnya, kan? 

Sementara itu kalau masih bingung mau buka rekening di bjb lewat  aplikasi ini kita bisa cari tau ada apa saja  dan fitur-fitur terkai sampai detil. Dan kalau masih butuh informasi lainnya, ternyata aplikasi bjb digi bisa kita gunakan untuk terhubung ke bjb Call di nomor 14049, lho. Wuiiih, komplit banget, ya?


Tapi nih, bank bjb juga paham masih ada yang belum memiliki gadget berbasis android, blackberry, iOS atau kalau udah canggih ternyata kita lagi ada di lokasi yang sinyalnya lup lep. Padahal lagi butuh pake banget buat buru-buru menyelesaikan transaksi. Hmmm.... ga usah galau melow, ah. Karena masih ada  fitur bjb SMS yang bisa kita manfaatkan. Ini cocok juga untuk orangtua atau mereka yang masih emmm... gaptek. Ga usah emosi jiawa lagi ngasih tau saudara atau siapa saja yang susah ngertinya menggunakan gawai alias gagdet. Hayoo, pernah ngalamin ga, sampe kzl karena ga mudeng-mudeng wae? Dengan fitur ini nasabah bisa memanfaatkan layanan perbankan dengan cepat dan ga ribet pastinya. 
bjb digi untuk transaksi perbankan yang mudah

Layanan SMS  ini diberikan lewat  sistem bernama UMB alias Unstructured Supplementary Service Data (USSD) Menu Browser atau disingkat UMB.Berbeda dengan aplikasi bjb Digi, untuk layanan UMB ini ga membutuhkan  password dan tahapanlainnya. cocok buat yang suka lupa password.  Kita hanya tinggal ngetik*141*373#  dan taraaaa.... nantinya di  layar  berikutnya kita tinggal milih aja mau memanfaatkan layanan apa. Jangan khawatir, walau tidak menggunakan password, layanan ini juga tetep aman. Sistem UMB ini adalah pengembangan dari layanan bjb SMS sebelumnya. Bedanya dengan memanfaatkan UMB, kita ga harus ,melakukan registrasi dulu, lho.

Nah, gimana sudah kepincut buka rekening di bjb dan memanfaatkan aplikasi bjb Diginya?  Ini aja kok, syaratnya:

  • Nomor rekening tabungan atau giro perorangan rupiah
  • Kartu ATM 
  • Smartphone dengan nomor operator yang sudah terdaftar

Untuk registrasinya bisa kita lakukan di  ATM bank bjb lalu lanjutkan dengan mengunduh aplikasinya sebelum kita benamkan di HP sesuai dengan sistem operasinya (android, iOS atau blackberry). Setelah kita menyatakan setuju dengan ketentuannya, kode aktivasi akan dikirm ke nomor HP yang sudah kita daftarkan sebelumnya. Selesai sudah proses registrasi dan aplikasi bjb digi sudah siap digunakan setiap saat.


Gimana, udah ga galau lagi kan mau buka rekening di bjb? Iyes, karena sudah ada bjb digi, jadi ga ribet lagi deh dengan segala mcam printilan transaksi perbankan. Yekan?
Share:

Monday 21 May 2018

Keseruan Graduation Day Rudy Hadisuwarno School

Yang namanya momen kelulusan pasti selalu jadi momen yang ditunggu. Kalau sudah lewat jadi memorable. Susah dilupakan. Tapi yang lebih penting dari itu, momen kelulusan adalah jadi momen titik balik, bilang sama dunia, This is Me!  Yeeeh, emangnya cuma ada di Greatest Showman aja yang bisa bilang gitu?
Dulu pas SMA coret-coret baju sering dijadikan perayaan saat kelulusan. Pas lulus kuliah, momen lempar topi toga ke udara jadi saat yang ditunggu. Tapi yang dilakukan oleh siswa sekolah Rudy Hadisuwarno ini beda, lho.
graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Graduation Day Rudy Hadisuwarno 
Hari sabtu, tanggal 19 Mei 2018 yang lalu, acara kelulusan mereka dirayakan di Bali dalam gelaran acara yang seru dan menghibur.



Padahal nih, acara Graduation Day Rudy Hadisuwarno School ini masih ada nuanasa ujiannya. Lho, kok bisa? Iya, karena graduation day adalah hari di mana para siswa  uji tampil setelah sebelumnya mereka mengikuti ujian teori. Karena namanya juga ujian,  effortnya juga maksimal, jadilah gelaran hari itu  layaknya sebuah event yang biasa berlangsung. Profesional, ya.


graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Udah kayak wedding expo, kan?
Baca juga Bisnis Lisensi Salon Rudy Hadisuwarno

Anyway, para siswa Rudy Hadisuwarno School ini  terbagi dalam dua program yaitu Diploma Tata rambut dan Diploma Tata Rias Wajah.

So, catet, ya. Belajar di Rudy Hadisuwarno School ga melulu uyel-uyelin rambut biar terlihat sehat, terawat dan juga stylsh. Yang mau belajar tata rias wajah, Rudy Hadisuwarno School ini adalah pilihan yang ga usah diragukan lagi. Ga usah khawatir soal investasi, karena durasi belajar di sini ga sampai setahun. Tepatnya, lama belajarnya  hanya butuh 9 bulan saja. 
graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Senyum ceria sebagian siswa Rudy Hadisuwarno School
FYI,  program diplomanya ini sudah  terbukti dan berpengalaman. berdiri sejak   tahun 1972,   Rudy Hadisuwarno School (RH School) sudah diakui sebagai program terbaik untuk edukasi penataan rambut dan make up di Indonesia. Sampai saat ini saja sudah ada ribuan Hairdresser Professional yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Lalu kenapa harus ada Graduation Day segala, sih? Ini lho jawabannya.

Sebagai sarana evaluasi para murid setelah menyelesaikan pendidikan selama 9 bulan.

Kalau bisa optimal, ngapain juga ya menghabiskan waktu lama-lama. Ini juga cocok bagi mereka yang punya waktu terbatas tapi pengen banget untuk segera mengaplikasikan alias praktik. Inget dong sama quote ini, talk less, do more. Atau ini, yang lebih cadas. Action speaks louder hihihi. Nampol, kan?
graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Sebagian siswa penata rambut

Memberikan pengalaman kepada para siswa dan siswi untuk membuat kreasi eksklusif untuk panggung serta pengalaman untuk peragaan tata rambut dipanggung.

Konsep ujian ini  keren, lho. Beda dari sistem ujian konvensional. Ya sih, sama-sama deg-degannya, mah. Tapi kemasannya itu lho kayak yang saya bilang tadi. Profesional. Ya anggap aja kayak lagi ikutan kontes pencarian bakat. Seru, kan?
graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Kira-kira lagi pada ngapain, ya?
graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Kostum  para model ini dibuat oleh Inggi kendran


graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Salah satu siswa dengan boneka dummy riasnya

graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Tuh kan, udah mirip kayak acara kontes bakat

Untuk menggali kemampuan berkreasi para murid sebagai bekal bagi mereka ketika memasuki dunia kerja

Itu tadi, lho. Karena dikemas secara entertaining mau ga mau bakal memaksa para siswanya menggali semaksimal mungkin ide-ide kreatif yang dimiliki. Sayang dong kalau dibuat secara asal-asalan. Walau durasi belajar ga sampai setahun, sayang aja sih investasi waktunya ga optimal.

graduation day rudy hadisuwarno school  2018


graduation day rudy hadisuwarno school  2018

graduation day rudy hadisuwarno school  2018

graduation day rudy hadisuwarno school  2018

By the way di luar siswa dan manajemen Rudy Hadisuwarno School, ada pihak lain yang terlibat memeriahkan sekaligus menyukseskan acara ini.  Ada Bali TV yang meliput acara yang berlangsung di Mall Level 21 ini. Sementara itu untuk gaun-gaun yang dikenakan para peraga, didukung oleh White Gawn, lalu untuk kostumnya ada Inggi Kendran, dan catheringnya dibuat oleh Kukusan.
graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Wawancara dengan Bali TV
graduation day rudy hadisuwarno school  2018
White Gawn, yang support wardrobe acara ini


Just in case, kalau ada teman, saudara atau kalian sendiri yang tertarik untuk bergabung dengan Rudy Hadisuwarno School jangan sampai terlewatkan informasinya, ya. Karena enrollment alias pendaftaran akan  segera dibuka. 
graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Jangan sampai ketinggalan infonya
Pastinya udah siap untuk segera bergabung dan jadi penata rambut atau make up yang handal. Ya, ga?


graduation day rudy hadisuwarno school  2018
Come and join with Rudy Hadisuwarno School

Share: