Friday 30 March 2018

Tentang Pengemudi dan Layanan Moda Transport Online

Hai hai.... tanya dong.

Ada yang belum pernah naik taksi atau ojek online sama sekali? 
sumber foto: http://cerita.picmix.it/

Kayaknya ga ada deh. Minimal sekaliii aja pasti pernah. Entah itu jalan sendiri (maksudnya ga sama temen) atau dua-duanya. Ya jadi penumpang ojek online atau taksi online. Saya sih seringnya pake ojek online kalau pas lagi butuh cepet. Bahkan  kalau lagi selow alias santai pun kadang saya masih pake mereka. Alasannya macem-macem. Karena males macet-macetan atau ngetem, faktor keamanan kalau pulang udah malem dan sebagainya.

Beberapa waktu yang lalu saya dan 3 orang temen blogger dari Bandung (Nchie, Mak Edelyn dan Teh Ida) ngebolang bareng ke Jakarta. Dari Bandungnya pake kereta dan finish di Stasiun Gambir. Dari Gambir ke tujuan berikutnya kami memutuskan untuk naik Grab bareng-bareng. Lebih murah karena urunan berempat dan ga panas juga, kan. Duh, ya ampun hari itu Jakarta rasanya hot banget. Gerah!  Orderan pertama via aplikasi di hp saya ternyata ditolak sama drivernya. Alesannya ga boleh berempat. Gitu katanya pas driver nanya saya sama siapa aja.

Hah? Kok ga boleh? kan bisa 1 di depan nemenin driver yang sedang bekerja dan 3 uyel-uyelan di belakang. Ya, kan? Body size kami standar, malah dua diantaranya mungil. Jadi sebenernya ga ada masalah. Tapi ya udahlah, males berantem dan ngomelin driver. Saya cancel pesanannya dan pesan lagi pake aplikasi grabnya Nchie hihihi. Kenapa ganti yang order? Ya gapapa, yang penting sampe, kan.

Kebetulan pas waktu itu lagi ada demo  driver ojek online online. Saya baru tau kalau Uber diakuisisi oleh Grab. Detail  yang jadi penyebab mereka unjuk rasa  ga akan saya ceritakan di sini. Silakan googling aja, ya. Saya jadi kepancing (ikan kali ah) buat cerita attitude pengemudi Uber yang 90%  positif di mata saya dan driver lainnya plus aneka  printilannya. Yang dari Grab dan Go-Jek juga mostly baik-baik aja, sih. Cuma kalau ada yang rese yaudahlah. Nobody, perfect *tsaaah* Kan, tinggal kita tambahkan di  catatan waktu kasih rating kinerja mereka di aplikasinya. 

So, seperti ini penilaiaan saya soal mereka.

Tarif

Saya punya semua aplikasi di hp. Bikin sempit memori, sih.  Wkwkwk... Tapi sangat membantu  dalam hal membandingkan harga.  Grab punya keunggulan di kode promo yang mana kalau kita masukin di pesanan lumayan membantu. Tapi pake saldo Grab Pay atau bayar tunai, tarif yang dibebankan sama aja.  Belakangan Grab udah ga bisa top up alias isi ulang saldo seperti yang biasa saya lakukan di mini market. Lumayan bikin rempong kalau lagi ga bawa uang pas. Jadinya, saya kerap minta drivernya mampir ke warung kecil dulu buat ngerecehin uang. Niat ngehemat pake kode promo jadi rada samar karena nambah alokasi buat jajan dadakan hahaha.... Saya seringnya pake buat beli air mineral buat ini. 

Sedangkan Gojek lebih enak kalau bayar pake Go Pay. Walau kok makin sini makin dikit aja selisihnya antara tarif gopay vs tunai. Tapi, kadang suka ada promo gitu yang dalam jarak tertentu malah kita jadi gratis pas pesen. Cuma suka kasian aja sama pengemudinya kalau ternyata kita jadi beneran cashless. Ga motong saldo pun. Kalian suka kasih lebihan ga sih, kalau pas dapet promo Gojek kayak gini?
sumber: http://wradio.com.mx
Gimana dengan Uber?
Uber ga ada fitur top saldo. Kecuali kalau kita dikasih bonus saldo. Mayan banget kan ngirit ongkos hahaha.  Kode-kodean promo juga ga ada. Cuma kalau pas lagi ada diskon, tarif yang dibebankan otomatis berkurang.  Saya jarang mudeng kalau ada promo diskon gini, kecuali pas iseng banding-bandingin.

Nah, Uber ini paling mahal kalau pas lagi hujan atau macet, karena sistemnya kayak argo  Jadi pas pesen di awal tarifnya  let's say kena 25 ribu, pas nyampe bisa jadi 30 ribu misalnya kalau terjebak macet. Grab di jam-jam tertentu suka berubah sedangkan Gojek relatif stabil. Tapi suka ga tega ya kalau ternyata lama di jalan karena macet terus bayarnya tetep. Saran saya, kasih lebihan sama drivernya, ya. Tapi fitur aplikasinya Uber itu keren. Selain ngasih rate, kita bisa baca testimoni dari penumpang lain dan para pengemudi juga bisa kasih rate sama penumpangnya. Adil, kan?

Navigasi

Navigasi Uber paling juara deh buat saya. Dibanding kompetitornya Uber ini yang paling duluan ksaih info waktu kedatangan driver dan  kapan kita sampai. Belakangan  Grab dan Gojek juga sudah menginformasikan berapa lama lagi driver/pengemudi yang mau pick up kita atau ngurus pesanan lainnya. 
sumber: lifehacker

Layanan

Kalau ditanya soal layanan, saya lebih suka Uber. Beberapa kali pake uber motor, kalau pas hujan, pengemudinya bakal menepi terus nawarin untuk pake jas hujan. Tadinya saya pikir ini SOP dari sananya gitu. Setiap pengemudi wajib sedia jas hujan. Iseng deh, saya nanya sama salah satu dari mereka. Ternyata ga ada kewajiban saklek seperti itu. Harus ada jas. Tapi mungkin dari sistem rating mereka menerjemahkannya seperti itu. Sedia jas sebelum hujan. Jas, ya. Bukan payung wkwkwk...  
sumber: http://mediaonlinecenter.com

Untuk driver Grab dan Gojek sepanjang pengalaman saya sih, ada aja yang ga sedia jas. Kalau ujannya gede,  ya udah pasrah minggir dulu, nyari tempat teduh. Kalau buru-buru atau mau balik ke rumah, saya suka nekat nyuruh nembus hujan aja. Yang konyol itu saya pernah mesen ojol trus drivernya cuma pake jas hujan yang dia pake sendiri. Ga ada basa-basinya kalau dia ga ada jas hujan lainnya, atau lupa?  Pengen noyor deh tapi mukanya polos amat hahaha... Pernah juga ada yang nawarin ngumpet di balim ponco yang dia pake. Nyebelin juga karena punggung saya jadi basah, berhubung ponco yang dipake daya 'coverage'nya kan jadi kecil. Sementara drivernya kering dengan mulus dong pas kami sampai di tujuan.  -_-.   

Terus saya juga pernah dapet  pengemudi yang minta maaf karena saya basah kehujanan sementara dia cuma pake jaket biasa juga.  Saya minta dia jalan terus karena buru-buru. Beberapa kali dia nanya mastiin kalau saya baik-baik aja *beuh emang cuma Ratu yang bisa baik-baik aja?* 

O iya hampir lupa, Dulu masih ada yang suka nawarin pake masker. Sekarang udah jarang. Entahlah kenapa.  Kalau pas ditawarin saya terima aja. Buat apa? Buat gaya dong. Eh enggak ding,  menghargai penawarannya aja. Siapa tau kan dia modal sendiri, udah ga disubsidi lagi dari kantor.


Obrolan

Kadang saya suka nanya duluan, atau dia nanya duluan. Kadang juga diem-dieman. Bisa karena drivernya pendiem atau sayanya cape/males ngobrol hahahaha....  Eh tapi saya masih inget beberapa obrolan sama driver. Misalnya nih, Ada yang pinter SEO dan asik diajak ngobrol, ada yang fotografer wedding,  ada yang pernah kuliah S2 di Jerman dan balik ke tanah air karena pengen ngurus ortunya yang udah sepuh. 
foto: trivia.id
Pernah dapet pengemudi mantan bankir yang ga mau lagi nerima gaji dari uang riba (begitu alasannya), curhat soal  penumpang atau pekerjaan, cerita anak/keluarga,  sok akrab ngobrol pake aku kamu, pernah ada yang ngasih saya cemilan keripik karena dikasih banyak sama penumpang sebelumnya, daaaan.... yang paling epik itu beberapa ada yang modusin saya buahahaha..... Saya cuekin, ah. 

Mobil/Motor yang dipakai

Umumnya motor atau mobil yang dipakai standar sih. Tapi beberapa ada yang datang pake motor yang ga biasa. Motor gede semcam  Ninja, Tiger, motor trail gitu atau motor model Yamaha Vario yang joknya lebar bikin penumpang yang duduk di belakangnya makin ngangkang.

 Alhamdulillah, pas dapet pengemudi yang motornya gede ini sopan-sopan.  Mereka jalaninnya dengan kecepatan normal. Kan ada tuh motor tertentu yang katanya lebih enak dijalankan dengan kecepatan di atas rata-rata. Saya makin kencengin doa kalau udah dibonceng adik yang motornya model-model gini. Ga bisa jalan dengan kecepatan biasa katanya. What The..... Antara panik dan sebel saya ngomel-ngomel selama di jalan.  
sumber: http://wradio.com.mx
Balik lagi ke Ojek online kalau pas dapet motor gede, emang effort saya jadi lebih ekstra buat naik. Sebagian udah terbiasa dan tau triknya tapi kadang masih fail hahaha.... Sepatu wedges saya pernah lepas,  di lain waktu saya pernah minta motornya merapat ke samping trotoar, jadi saya dapet pijakan yang lebih tinggi buat naik. Nah yang epik itu ada pengemudi yang nawarin saya pegang pundaknya. Biar gampang naik katanya. 

Hah? Enak di situ, dong. 

Ya mungkin niatnya baik, ga ada maksud apa-apa tapi bisa saya akalin tuh. Dan sampai sekarang sama siapapun drivernya saya ga pernah pegang pundak atau pinggang. Lepas tangan aja, palingan saya pegangan ke behel motor atau pinggiran jok. No way, deh kalau harus pegangangan meski pengemudinya ganteng dan wangi *eh gimana?*

Attitude

Pernah dapet driver yang misuh-misuh ga jelas, ugal-ugalan, atau mukanya bete pas jalanin motor atau mobilnya? Di lain hari saya pernah dapet pengemudi yang baru jalan 5 menit terus saya diturunin dan disuruh cancel perjalanan. Alesannya dia lupa mau jemput anaknya. Sebel udah jelas. Karena perjalanan udah dimulai diaplikasi, saya jadi ga bisa cancel perjalanan. Konsekuensinya saldo saya tetep kepotong. Sementara dia (via chat) memelas, takut kena suspend. Kesel, kan?  Ya udah saya ikhlasin aja deh saldo kepotong. Ratenya ga saya kasih jeblok. Kasian euy. Cuma di chat saya omelin dulu. Next, kalau mau jemput anak jangan ambil orderan. Tapi mungkin yaaa, istri atau siapalah yang tadinya mau jemput anaknya mendadak ga bisa. Ya, siapa tau, kan?
sumber foto: RRI
Kelakuan nyebelin driver juga ketika tau saya pake promo minta dicancel. Padahal dari beberapa obrolan dengan pengemudi,  nilai yang mereka terima tetep. Ga dikurangin. Misalnya gini. Kalau tarif normal nya 20 ribu terus saya pake promo jadi 15 ribu, tarif yang tercatat di akun mereka tetep 20 ribu. Jadi komisi yang mereka terima sebenarnya tetep sama, mau pake promo atau enggak.  

Kalau dibanding-bandingin sih, ga ada yang unggul mutlak  salah satu atas yang lain. Palingan soal tarif yang paling kerasa dan layanan personal dari pengemudi.  Untuk pesan makan atau antar barang saya masih memilih Gojek. Soal lainnya semisal kebetulan dapat mobil/motor yang wangi, terus pegemudinya bersih, cakep dan rapi ya itu mah bonus hahahaha. Kalau Soal pelayanan, saya yakin deh tiap manajemen udah punya standarnya.

Tips

Nah buat yang jarang pesen Ojol atau mungkin sebelumnya ga kepikiran  untuk beberapa hal, saya kasih tips berikut:
  • Pastikan punya uang pas kalau di menu pesanan kita milih pembayaran tunai
  • Pastikan kalau pesen, jarak dia nunggu kita ga kelamaan. Misal baru siap pergi jam 9 pagi jangan pesen jam 8.30. Kelamaan nunggu walau dalam waktu tertentu bisa jadi kita yang  harus nunggu lama. Bisa jadi karena macet atau emang sistemnya menghubungkan kita dengan driver yang lokasinya cukup jauh. Kalau emang beneran perlu cepet, ngomong baik-baik sama mitra pengemudi alasannya. Walau belum tentu sih bakal dapet lagi yang lebih cepet. Kecuali kalau sedang di tempat umum yang mana kumpulan drivernya mudah ditemui. Misalnya kalau di Grab ada fitur Grab Now. Tinggal samperin aja drivernya dan pesanan langsung diproses.
  • Kasih detail alamat atau pick up poin yang jelas biar ga lama nyarinya.  
  • Jadilah penumpang yang peka. Kadang suka ada driver yang nawarin buat top up saldo. Mungkin kita baru aja isi saldo tapi di sisi lain mereka perlu cash money karen belum waktunya cash out alias narik uangnya dari atm
  • Siap selalu parfum, karena  bisa aja kebagian ojol yang helmnya smelly. Atau bisa juga nanya dia bawa penutup kepala, ga? Biasanya suka ada, sih sepaket sama masker. Lumayan kan, biar bau dari helmnya ga langsung kena ke rambut atau hijab kita.
  • Kalau pas cuaca hujan/mendung, ga ada salahnya siapkan jaket. Siapa tau kita kebagian driver yang ga bawa jas hujan
  • Kasih tip? Kenapa tidak? kalau ternyata dia melayani kita dengan sangat baik. Misalnya mau disuruh nunggu, atau mampir dulu sebentar karena harus ke atm atau ke toko


Share:

10 comments:

  1. aku belum pernah sama sekali hihi

    ReplyDelete
  2. Sy pernah dpt driver cenayang mb hahhahh..merinding disko :))

    ReplyDelete
  3. Kuduna aya helm nu bisa dilipet nya wkwkwk biar bekel helm sendiri jadi selalu haruuum, haha.

    ReplyDelete
  4. Paling sebel kalau dapet yg attitudenya ngg banget ya mba. Di aini juga samaaa euy

    ReplyDelete
  5. I love ojol kalo pas ke jekardah, selalu jadi teman mesra hahhaaa..
    Suka banyaj cerita pake ojol teh, bahkan ada yg kursus seo, adsense selama perjalanan, karena drivernya pemain seo wakkaka, duh semangat mencari pundi2 $$ sampe sampingan ojol

    ReplyDelete
  6. aku sering banget pake jasa mereka, bener2 membantu banget kaalau lagi mager naik motor atau lagi buru2

    ReplyDelete
  7. Ojek online andalanku, butuh kemana mana selalu ada

    ReplyDelete
  8. Aku pake ojek online kalo lagi kepepet butuh cepet sama kalo lagi mager haha, pengalaman buruk sih sama uber lebih banyak, mereka suka mainin aplikasi yang disitu rutenya dibikin muter2 jadinya argonya beda sama yang diaplikasi sebelumnya.
    Parah sih kejadian 2x dan si uber setelah dikomplen langsung refund saldo.

    Yang pernah ngamuk2 sama modus mah di gojek 😂

    ReplyDelete
  9. Uber skrg dah gabung grab ya teh... Ada akuh ke pelem :)..dua mungil tp empatannya xixixia langsing2 yak xixixi

    ReplyDelete
  10. Uber skrg dah gabung grab ya teh... Ada akuh ke pelem :)..dua mungil tp empatannya langsing2 yak xixixi

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.