Friday 29 December 2017

Big Stamp Jagonya Kartu Nama dan Stempel

Hidup di jaman milenia seperti saat ini seakan-akan semua yang serba digital menggeser peran hal-hal lainnya yang masih bersifat hmmm... apa, yaa. Tradisional, eh klasik.  Let's say  laptop  yang menggantikan mesin tik, transfer bank lebih simpel dari wesel, dan ini  nih  gadget di tangan kita alias henpon (((henpon))). Dari bocah piyik sampai eyang uti,  semuanya (ga sampai 100% sih) udah familiar sama benda ini. 

Punya henpon seakan dunia ada di ujung jari.  Dari yang cuma WA-an yang karakternya bisa berpanjang-panjang, video call atau foto-foto digital  yang dulunya kita harus sabar nunggu hasilnya setelah cuci cetak klise alias negatif fotonya.  Kalau beruntung karena ga terbakar,  kita akan menikmati momen-momen yang sudah diabadikan. Sialnya kalau ga terbakar,  kadang masih bisa kecewa karena fotonya ngeblur,  ada yang matanya merem sementara yang lain bilang keren karena ekspresi dan posenya keren. Ngehe banget ya, kalau udah gini. Mau take ulang? Ya masa harus balik lagi ke spot  foto-foto tadi, sementara   perlu modal juga buat ngibrit  lagi ke sana?  Hahaha...

Nah,  lucky us. Ada hand phone yang bisa kita andalkan buat moto.  Hasilnya, real time.  Kalau gagal atau ga muasin ya gampang. Tinggal foto ulang. Cekrek.  Kalau keren langsung unggah ke medsos (dasar narsis). 

Tapi nih ya, kadang yang namanya serba digital  ga bisa menggantikan nilai rasa  dari versi jadulnya.  Semisal kartu lebaran yang dulu banget jadi presentasi kita saat menyapa teman yang jauh dan ga bisa ketemu langsung.  Coba deh, inget-inget. Sentuhan personalnya beda dibanding ucapan biasa lewat WA. Udah gitu banyak yang cuma maen copas dari broadcast yang walau lucu tapi yaaa... beda aja rasanya.  Ya, ga, sih?

Nah, ngomongin soal sentuhan personal,  ada juga lho  yang masih relevan dengan keseharian kita. And we still need it. Kartu nama.  Mengapa masih diperlukan?   Nih saya kasih beberapa alasannya selain soal touch of personal itu tadi.

Kartu Nama ga Butuh Kuota

Hahaha... iya, kan? Kapan aja kita butuh kontaknya ya tinggal liat aja kartu nama. Seandainya pas kuota habis, atau kita terjebak  (dih terjebak...) blank spot  ya ga ngaruh.  Beda misalnya kita perlu stalking (ecieeee, stalking) tapi  sinyalnya megap-megap.  Amsyooong :)

Real time

Ya, sih, yang dengan akses lewat internet itu semuanya serba cepat sampai.  Mie instan aja bisa kalah. Tapi, kalau pas ketemu face to face,  ngasih kartu nama lebih real time. Ga usah mengunduh dulu walau selisih waktunya ga jauh beda.  

Branding dan Media Promosi Murah

Duh mulai berat nih bahasanya.  Tapi kita bikin sederhana aja. Lewat kartu nama kita bisa promosi lho. 
"Nih gue punya bisnis katering.  Nanti kalau ada syukuran atau pesta, pesen ke gue aja.


Gue punya jasa laundry. Males nyuci? Sini,  ke gue aja.


Pusing nerjemahin jurnal? Gue bisa bantu loe, lho.


bla..bla... bla... "
Memang ga selalu hari itu jadi deal-dealan bisnisnya. Ini sih, semacam investasi juga branding terutama dengan orang yang baru kita kenal. Siapa tau kan, berjodoh (((jodoh))) untuk jadi rekanan dalam jangka panjang? Asiiiik.

Kartu nama juga bisa disisipkan oleh olshoper yang ngirim barang jualannya ke pembeli. Jadi, seperti reminder. Kalau puas, beli lagi ya, Sis, Bro. Ga puas? Bilang kita juga,kasih tau kenapa. Tuh ada nomor yang bisa dihubungi buat komplain.

Gimana buat para pegiat sosmed? Biasanya kalau baru kenal suka saling nanya tuh kan. Kayak gini. IG kamu apa? emailnya?  FB? Twitter.  Beuh, ini nanya apa interogasi? Banyak amat? nah, sodorin aja deh kartu nama.  Ga usah repot-repot juga ngasih tau ejaan  id sosmed kita apa. Kali aja pas kebetulan rada susah ngasih taunya karena ada huruf yang dobel, f, p atau v atau karakter lainnya semisal under score atau dash. 

Oke,  kalau gitu mari kita bikin kartu nama.  Di mana dong?

Ke Big Stamp aja.  Lokasinya ada di jalan Karapitan nomor 115 B, Bandung.  Prosesnya cepet, kok.  Cuma nunggu 2 hari saja, selesai.  Modelnya bisa custom sesuai selera kita, atau  kalau males mikir bisa nyontek dari katalog yang sudah ada.  

Waktu datang ke sana, saya belum kepikiran desainnya kayak gimana. Tiba-tiba saja Mas Ide-nya saya (ahai)  seperti tersedot ke lorong blank spot.  Lebay! Bilang aja clueless :D  Ya udah saya buka -buka deh tuh contoh kartu nama yang sudah ada sana. Sampai akhirnya saya milih model yang simpel dan sederhana.   And this is it...

Sengaja saya pilih warna black and white,  karena ya itu tadi biar simple aja. Tapi kalau mau yang tampilannya colorfull sih bisa kok.  Tinggal bilang saja mau kayak gimana. Sebelum dicetak dan dilaminasi,  nantinya kita akan dikasih lihat dulu desainnya.

Saya sendiri disodorin 3 desain buat alternatif pilihan dan akhirnya milih model yang ini. Untuk satu box kartu nama (isi 100 pcs)  cuma perlu membayar 80 ribu aja, ini udah termasuk  jasa print dan laminasi.



Selain  membuat kartu nama,di Big Stamp juga bisa pesan bikin stempel,  kartu undangan, faktur, undangan sampai bikin menu makanan yang cantik dan instagramable buat kalian pegiat kuliner yang buka kafe. Big Stamp juga melayani konsultasi desain dan rancangan produk penunjang baik yang sifatnya operasional maupun promosi.  Personal atau perusahaan? Hayu aja. Dengan senang hati akan dilayani oleh staf-stafnya Big Stamp yang ramah dan profesional.


Selain kartu nama tadi, saya juga stempel. Proses pembuatanya lebih cepet. Satu jam saja. Stempel saya butuhkan kalau sewaktu-waktu buat invoice kerjaan. Selain tanda tangan, ada stempel yang juga tertera di sini. Kesannya lebih profesional meski cuma sebagai seorang freelance.  

Sekilas Tentang Big Stamp


By the way,  Big Stamp ini kliennya bukan cuma ada di Bandung lho.  Tapi tersebar di seluruh Indonesia. Dulunya di tahun 2005 Big Stamp dirintis dari usaha kecil dengan nama Dunia Stempel (beralamat di jalan Sadakeling) hingga berkembang jadi bisnis percetakan yang besar seperti sekarang dengan branding baru, Big Stamp.

Dan siapa bilang sihmau punya usaha sukses dan besar datang sekonyong-konyong? Tiba-tiba aja investor yang bilang gini: " Nih gue kasih modal, bla bla bla... Kalau orang lain memulainya dari nol, Big Stamp eh Dunia Stempel memulainya dari minus.  Lewat deh tag linenya SPBU Pertamina juga :). 

Sebelum menempati alamat baru di Jalan Karapitan, Dunia Stempel  masih menyewa tempat di Jalan Sadakeling. Modalnya? Cuma desktop PC cicilan. Iya, nyicil plus  mesin pinjaman.  Sebelumnya usaha Dunia Stempel ini dikelola oleh Teh Eka Riani.  Buat kalian yang udah familiar dengan brand Kaos Gurita udah familiar,dong.  Yep, Teh Eka ini ownernya.  Nah, setelah beberapa bulan usaha Dunia Stempel berjalan,  bergabung deh Kang Adrian a.k.a suaminya beliau,lalu bergantilah nama Dunia Stempel jadi  Big Stamp.

Setelah 5 tahun Big stamp migrasi ala-ala  bedol desa, justru tempat ini dulunya adalah basenya kompetitor.  Rencana Allah siapa sih yang bisa menduga, ya?  Bukan hanya mendapat tempat usaha baru, Dunia Stempel juga mengakuisisi properti di dalamnya, termasuk  mesin cetak. Namun perjalanan bisnisnya masih penuh perjuangan,  cuma sebentar saja kepemilikan berganti tangan, mesin-mesinnya harus dijual lagi untuk keperluan operasional.  

But then again,  ga ada usaha yang sia-sia.  Setelah menempati gedung baru sejak 7 tahun silam,  Big Stempel akhirnya bisa memiliki perangkat  mesin pendukung  secara perlahan dan bisa bersaing dengan sekian banyak usaha percetakan yang bertebaran di Bandung. Bisa bayangin ga kalau ternyata mesin cetak ini pada mahal-mahal? Mulai dari range 100 jutaan  sampai 5 miliar per mesinnya.

Nah, Big Stamp akhirnya memilih fokus di bisnis stempel untuk  bisnis utamanya, didukung dengan beberapa mesin untuk produksi yang bisa mencapai kuantitas ribuan stempel. Mulai dari stempel  kilat alias bisa ditunggu  (ada  belasan warna pilihan lho), Lalu juga ada  derivasi inovatif lainnya berupa stempel gantungan kunci, stempel ballpoint, stempel tanggal, stempel nomor, stempel lunas, stempel crystal, stempel kayu, stempel lak, stempel embossed, stempel segel, hingga stempel trodat dengan gagang, karet, tinta, dan mesin laser engraving yang diimpor dari Austria. Wiih keren, ya!

Terus gimana dengan produk cetakan? Kalem, ada, kok. Big Stamp tetap melayani untuk  kebutuhan  kartu nama, id-card, kop surat, brosur, stiker, seperti plang notaris, plang toko, plang perumahan, huruf timbul stainless steel, logo perusahaan, seragam, hang tag, label, kemasan, goodie bag, seminar kit, desain untuk branding hingga neon box. 

Nah, balik lagi dengan pengaruh dunia digital, bisa juga lho kita pesan secara online. Untuk contoh desain bisa dilihat  di www.bigstamp.co.id. Kalau sudah cocok,  pesen deh via  whatsapp saja ke +62 878-2307-2005. Silakan tanya sebawel-bawelnya buat ngorder. Bakal dilayani, tapi jangan curhat geje. Ga nyambung. Ke Mamah Dedeh atau psikolog aja itu mah, ya.  O,ya untuk pengiriman file yang didesain sendiri kirim aja ke email bigstampindonesia@gmail.com 

Kalau mau silaturahmi ke kantornya, datang aja  ke  Jalan Karapitan No. 115 B. Bandung, no telp. 022-7333978.  Untuk hari senin sampai Jumat, Big  Stamp buka dari jam 8 sampai maghrib, sementara untuk hari Sabtu buka pada  jam 08.00-16.00 dan hari Minggu dari jam 09.00-17.00.

Katanya nih dalam waktu dekat Big Stamp akan launching produk baru yang pertama di Indonesia. Penasaran, kan? Sama saya juga.  Jadi mending ikutin terus update  infonya ya.
Nah, saya sudah punya kartu nama dan stempel dari Big Stamp. Sekarang giliran kalian untuk bikin juga, dong. Abis itu yuk, kita tukeran kartu namanya. 


Share:

Tuesday 26 December 2017

Talk Show Know Your Sex and Self

Sewaktu mendapat konfirmasi untuk mengikuti acara talk show ini rasanya campur-campur.  Topik yang sensitif tapi bikin penasaran membuat saya geli.  Sudah kebayang seperti apa suasananya nanti. Ngomongin yang namanya sex - di mana kerap identik dengan hal yang risi - selalu membuat penasaran dan tabu bersisian seperti mata uang.   Yaaa, tapi kan daripada  penasaran,  ya udah mending dituntaskan aja.  Lagi pula saya pengen tau  dengan sosok Drupadi yang akan jadi salah satu objek dalam acara ini. Saya taunya dikit aja.
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-know-your-sex-and-self.htm

Dihadiri sekitar 25an audiens,  cuma Nanda saja penyintas Lupus yang saya tahu. Peserta lainnya datang dari berbagai kalangan dan latar belakang sama sekali tidak saya kenal.    Acara  Know Your Se(x)lf  yang berlangsung di Lokasi Coffee & Space, jalan Dago ini dibuka oleh Ayu, salah satu sahabat blogger saya. Untuk memecahkan kekakuan alias ice breaking, peserta dibagi dalam 5 kelompok.  Lalu, masing-masing kelompok diberi 3 lembar kertas stensil ukuran A3 dan spidol.  Kertas-kertas A3  yang disambung ini kemudian jadi alas untuk melukis siluet seperti sketsa korban yang dilakukan oleh para polisi itu lho. Space kertas yang terbatas akhirnya 'memilih' saya jadi jodohnya.  Soalnya tubuh teman saya pada panjang, ga akan muat kalau harus nempel di kertasnya hahaha... So, catet ya. Ini  salah satu lagi berkah punya tubuh kecil.  
credit: IG @iidmdh
Setelah sketsa siluet tubuh selesai dibuat, kemudian masing-masing dari kami yang sudah dibekali 5 lembar kertas post it menulis bagian tubuh mana yang paling disukai untuk disentuh atau tidak suka disentuh beserta alasannya. Semisal saya menyukai rambut,  saya bakal nempelin post it dengan alasannya itu pada bagian kepala begitu seterusnya.  By the way, dari sekian anggota tubuh yang saya suka, salah satunya ya rambut.  Berhubung rambut saya sudah di-smoothing jadi suka megangin rambut sendiri hihihi... Sebel soalnya dengan rambut yang gimbal  dan ngembang setiap bangun tidur. Bagian lain? Saya ga suka pinggang dicoek-colek, selain geli, ya annoying. Begitu juga dengan telapak tangan. Well, meski biasa berjabat tangan dengan orang yang saya kenal, kadang saya merasa karakter seseorang itu terasa saat berjabat tangan.  Ga usah lama-lama,  sebentar pun saya kadang merasa biasa atau kadang buru-buru pengin narik tangan kalau  merasa enggak nyaman. Lain orang bisa lain part mana dari tubuh yang suka atau tidak suka disentuh. Latar atau pengalaman bisa memengaruhi soal rasa ini.

Oke. Kita lanjut lagi,  ya.
Setelah sekian menit berdiskusi dalam masing-masing kelompok kemudian masing-masing perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.  Bagian wajah seperti rambut, mata, telinga, sampai bibir jadi bagian yang paling banyak disukai. Sementara ada bagian tubuh lain yang komposisi suka dan tidak sukanya cukup berimbang dengan berbagai alasan yang beragam.  Bahkan ada yang tidak suka dengan bagian dadanya sendiri karena merasa minder.  Ada yang punya perasaan yang sama? 

Tiba-tiba saja saya inget perjalanan beberapa tahun lalu saat main ke Jogja.  Ketika itu saat saya dan beberapa teman blogger Bandung sedang nunggu jemputan mobil menuju hostel.  Seorang pengamen waria menghampiri dengan centil dan menyanyikan sebuah lagu.  Gesturenya kocak,  bikin saya ngikik. Tapi reaksi temen saya malah beda. Gini katanya, "Fiii, sumpah gue minder sama dia."  Iya, itu karena dadanya sangat-sangat seksi serupa Pamela Anderson.  Secara fisik, kami memang kalah seksi, mulus  dan bahenol dari dia.

Balik lagi ke sesi ice breaking, sesi sharing benar-benar memecahkan rasa kagok di antara kami. Bahkan ketika membahas organ intim sampai orgasme (uhuk) pun membuat peserta tertawa bersama-sama. 

Lepas sesi sharing acara pun dilanjut oleh pentas wayang kulit bersama Sujiwo Tejo.Nah di sini saya jadi banyak tahu tentang Drupadi yang ternyata melakukan poliandri bersama para Pandawa. Drupadi  yang cantiknya ampun-ampunan pernah mengalami pemerkosaan oleh 100 kurawa yang salah satunya berjenis kelamin perempuan. Nah, lho.  Duh saya ga bisa bayangin soal ini, mah.  Namun di sisi lain, Drupadi - yang membuat saya berpikir wanita cantik pada masanya, ternyata  punya libido tinggi. Ia pun pernah dibuat gemas dengan tingkah Arjuna yang tidak peduli dengan keindahan tubuhnya.  Arjuna  yang dalam pentas wayangnya Sujiwo Tejo itu diceritakan masuk ke kamar Drupadi hanya untuk mengambil senjata untuk menolong seseorang yang terancam nyawanya,. Tubuh molek Drupadi malah diabaikan. Ini membuat Drupadi penasaran dan kemudian mempunyai pandangan lain soal  sex appeal. It just not about physical attraction. Ada pesona lain yang bikin Arjuna lebih memesona karena kebaikan ksatrianya.
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-know-your-sex-and-self.htm

Nah, topik ini yang kemudian meluas dalam diskusi selanjutnya bersama beberapa nara sumber lainnya yang juga hadir di hari itu. Selain Ayu Morie dan Sujiwo Tejo tadi,  masih ada Firliana Purwanti (Writter The O Project), Elizabeth Dewi (Jaringan Mitra Perempuan & dosen FISIP UNPAR), Keni K Soeriaatmadja (Director of  Sasikirana Koreolab & Dance Camp and Director Porgram of Nuart Sculpture Park), Puti Ceniza Saphira  (Founder Pustakalana Children's Library and Mamarantau.com) serta Ayesha Avanti (Co-Founder of  Cerita Perempuan.ID).
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-know-your-sex-and-self.htm

Beberapa rangkuman poin penting dari talk show tempo  hari secara garis besar.   Kalau saya break down satu per satu bakalan panjaaang soalnya.  Sepakat, ya?

Kenyamanan, Affection dan Concern

Ngomongin relasi laki-laki dan perempuan  dalam hal  sex ga selalu berarti sentuhan-sentuhan yang identik dalam hubungan suami istri.  Ada kalanya masing-masing pihak harus berani ngomong  apa saja yang membuat nyaman dan tidak nyaman.  Makanya di sesi pembuka acara tadi sempat digelar games soal part mana dari tubuh kita yang suka atau tidak suka disentuh. Mestinya kalau sudah ada kenyamanan, ya ga bakalan lagi adanya kekerasan apapun dalam rumah tangga (cmiiw). Yang namanya konflik atau masalah dalam rumah tangga adalah sesuatu hal yang manusiawi.  Tapi kalau sampai ada kekerasan (dalam bentuk apa pun),  buat saya itu adalah sebuah  horor.

Tadi saya bahas ada yang merasa ga nyaman dengan kekurangan fisiknya kan, ya? Sampai tahap tertentu kenyamanan juga berarti kita sudah bisa menerima kekurangan fisik dalam hal apapun. Saat berinteraksi atau beraktualisasi dengan orang banyak sampai berani mengungkapkannya pada calon suami/istri.
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-know-your-sex-and-self.htm

Sex Education

Nah,  ini nih never ending topic yang selalu hot dari dulu. Jaman saya remaja dulu akses  informasi masih terbatas.  Beruntunglah ada kurikulum Bimbingan &  Penyuluhan waktu SMA dulu.  Selain soal hubungan anak-ortu,  guru-guru BPnya juga tidak segan membahas perkawanan,   relationship dengan teman lawan jenis, sampai soal kenakalan remaja.  Celetukan pertanyaan-pertanyaan yang sensitif  soal menstruasi sampai mimpi basah sering muncul saat pelajaran yang muatannya cuma 1 jam pelajaran dalam satu minggu.  Kami masih segan buat nanya sama ortu, untunglah ada guru yang selow membahas soal ini. Bisa dibayangkan kan jadi ajang haha hihi. Ditambah lagi saya masih ingat jamnya BP saat itu menyusul setelah mata pelajaran Kimia yang gurunya terkenal killer.

Di jaman sekarang, saat   akses infomasi yang segini masif dan mudah diakses bikin mudah mencari saluran lain untuk menuntaskan kepenasaran.  Ya kali kalau udah dewasa atau paham. Gimana kalau anak-anak di bawah umur  yang kena? Yang mengerikan kalau  yang penasaran terus mendapat nara sumber informasi yang salah dan menyesatkan. Terus giimana kalau sampai dimanfaatkan jadi objek?

Saat membahas soal Sex education ini juga dibahas pengenalan organ seksual pada anak-anak perempuan atau laki-laki. Penyebutan organ yang mengumpamakan pada benda lain tidak disarankan. Selain membingungkan malah bisa membuat anak jadi berpikir macam-macam ketika melihat objek benda yang jadi analogi. Rumit sih ya. Saya sendiri belum menikah dan punya anak. So belum bisa berbagi pengalalaman soal ini. Eh tapi, kalau mau belajar soal parenting ya soal sex education ini juga ga bisa enggak ga boleh diskip.

Tentang Keperawanan

Sebentar. Saya mau narik nafas dulu. Ehm...
Saya lahir dan besar dari keluarga yang memegang teguh soal ini.  So no doubt ya apa opini saya soal ini. Namun di sisi lain ada orang yang terpaksa kehilangan keperawanannya di luar keinginannya. Musibah kecelakaan sampai menjadi korban pemerkosaan bisa membuat seorang perempuan merasa dirinya ada di titik terendah. Sementara itu dalam sebuah berita diceritakan ada satu sekte yang memegang teguh dan mengharuskan anak-anak perempuannya menjaga kuat mahkotanya ini sampai menikah.

Masalahnya kemudian ditemukan fakta anak-anak gadis ini memang menjaga keperawananannya namun mereka melakukan pelampiasan hasrat seksualnya dengan melakukan hubugan lewat anus. Huaaaa ngeri saya.

Dialog kemudian mencair kembali ketika salah satu narasumber bercerita pengalaman temannya yang baru saja menikah begitu heboh dan lebaynya bertanya soal ini.  Tawa kami kembali pecah karena mitos keperawanan masih banyak yang mengira akan menyebabkan perdarahan yang begitu banyak. "Ga segitunya kaliiiii...." imbuh Mbak Elizabeth.

Resiko AIDS

Kalau sudah membahas tentang sex,  biasanya ga lepas juga dari yang namanya resiko AIDS. Tanpa bermaksud membenarkan praktik prostitusi,  yang paling menyedihkan dari kelompok penderita HIV atau AIDS ini adalah mereka yang terpaksa kena getahnya. Para pekerja seks sudah paham dan ngelotok di luar kepala soal risiko dan segala macamnya dari a sampai z.  Yang  di luar lingkaran ini ? Mereka tidak tahu dan tidak kepikiran bagaimana menghadapinya karena merasa tidak ada masalah. Mereka merasa suami/istrinya lurus-lurus aja. Setia. Eh ternyata malah  terpapar virus HIV atau AIDS bisa karena pasangannnya pengguna jarum suntik  atau 'cheating' dan berbagi akibatnya ke  rumah. Padahal kita semua tahu dampak dan resiko dari penangan AIDS ini bukan perkara mudah seperti sakit pilek.

Pernah baca novelnya Sinta Yudisia yang berjudul Existere tentang dunia prostitusi di kawasan Doli Surabaya? Baca deh. Apa yang ditulis di novel itu beneran terjadi.

Kalau sudah ada yang terkena, keterbukaan dari salah satu pasangan yang yang sudah terpapar juga jadi poin penting. Jika pasangan lainnya (calon suami/isitri)  sudah siap dan menerima kondisi yang ada,  maka selanjutnya ada langkah-langkah lain yang harus ditempuh untuk mengantisipasi ke depannya.

Diskusi panjang yang seru itu pun berakhir pada jam sore hari jam 17.00 dengan  pementasan aksi teatrikal tentang hubungan laki-laki dan wanita yang rumit. Sujiwo Tejo kembali terlibat dengan memainkan saksofon dan membacakan narasi,  membantu saya dan audiens lainnya memahami maksud cerita yang ingin disampaikan.
credit: IG @iidmdh

Share:

Monday 25 December 2017

Madinah Cake, Oleh-oleh Bandung yang Ngangenin

Saat akhir tahun seperti ini tiba-tiba saja saya jadi inget lagu  lawasnya  Tasya. Libur tlah tiba.... libur tlah tibaaa.   Sebagai orang Bandung yang identik dengan destinasi wisata terutama  kulinerannya, saya cuma bisa pasrah saja mendapati ruas-ruas jalanan Bandung yang terasa menyempit. Saat weekend biasa saja sudah lumayan macet,  apalagi kalau libur akhir tahun seperti ini? 

Tapi yaaa,  kita lihat sisi positifnya. Secara ekonomis, liburan di Bandung berarti peluang meningkatkan pendapatan.  Ga mesti punya modal kuat buat membuka gerai usaha,  kok.  Jadi guide,  pengisi acara atau driver ojek online misalnya.  Berkali-kali ngobrol sama drivernya, saat liburan begini pendapatan yang  menyusup masuk ke dompet bertambah secara siginifikan. 

Lalu nih, kalau ngomongin soal kulineran di Bandung,  emang ga ada habisnya. Seperti store baru Madinah Cake, kue artis milik Angel Lelga yang beralamat di jalan Banda  no 21 misalnya. Lokasinya berada di tengah kota yang mana termasuk dalam zona yang sering macet,  ga bikin saya surut, menyerah untuk  mengikuti soft openingnya.  Diwarnai sedikit drama gedebak gedebuk menuju lokasi saya masih tidak kehabisan kuota semangat. Ya anggap aja intermezzo buat ice breaking ya.

Balik lagi ke Madinah Cake, yuk.  
Pemberian nama Madinah  ini terinspirasi dari ibu kota Arab Saudi yang selalu dirindunkan oleh umat muslim yang ingin beribadah haji atau umrah.  Karenanya, Madinah Cake berharap  bakal jadi salah satu oleh-oleh Bandung yang selalu dirndukan siapa saja. Baik oleh orang Bandungnya sendiri maupun oleh turis yang datang berkunjung ke Bandung. Engga susah kok menemukan storenya.


Tau kan, gedung POS di perempatan jalan Riau (RE Martadinata)? Nah, dari ruas situ belok saja ke jalan Banda. Kalau dari BIP berarti tinggal belok ke kiri. Storenya Madinah Cake berada di sampingnya Hijab Story atau berhadapan dengan studionya Jonas Photo yang memang sudah dikenal banyak orang.  Gampil lah nyarinya.  


Madinah Cake yang baru saja melaksanakan soft opening pada tanggal 23 Desember 2017 kemarin  memiliki 5 jenis varian rasa  yang  diperkenalkan, yaitu Mango Cheese, Lemon Cheese, Blueberry Cheese, Chocolate Cheese, dan Banana Cheese.  Dengan rasa cheese yang khas di setiap kuenya,  masing-masing rasa dari kue ini paling dominan   kita dapatkan dari cake crumbnya. Tekstur bolunya yang lembut dan ringan bukan tidak mungkin membuat kita abai dengan rencana diet. Ya udah dietnya besok aja lagi :).   Selain itu, Madinah Cake terbuat dari bahan yang berkualitas premium, yang menghasilkan : Lapisan Swiss Sponge, Flavor Filling Baked Cheese Cake, Premium Butter Bream dan Cake Crumb (semacam serbuk yang melapisi semua sisi kue) yang cantik.






Madinah Cake dengan warna-warnanya yang colorful ini resminya dibanderol dengan harga Rp.65.000 per pcs. Namun dalam rangka perkenalan,  khusus selama  soft opening yang berlangsung tanggal 23 Desember kemarin sampai 31 Desember 2017 nanti, kita hanya perlu membayar Rp32.5000 saja untuk setiap pcsnya.  Murah, kan? Lebih asiknya nih,  pada jam-jam tertentu berlaku promo cantik di mana kita bisa mendapatkan 1 box kue ini secara gratis. Mumpung masih ada waktu, nih. Catat ya jam-jam khususnya.
  • 09.00-10.00
  • 13.00-14.00
  • 16.00-17.00
  • 19.00-20.00
Ke depannya bukan ga mungkin Madinah Cake akan menambah variasi rasa lainnya selain ke-5 rasa yang sudah ada.

Saran saya, agar lebih nikmat mencicipi Madinah Cake, kuenya dimasukin dulu ke kulkas lalu sajikan untuk temen ngemil ditemani teh. Dijamin deh, makin asik.


Share:

Sunday 24 December 2017

Talk show Bareng HIJUP dan Resik V Seputar Keluarga Harmonis.

Tadinya saya pikir kalau perempuan yang lagi menstruasi ini ga boleh cebok pembasuh khusus untuk organ intimnya. Cuma mikir aja tapi ga coba kepo dan cari tau kenapa. Diiiih males amat, ya? Ya saya mikirnya karena khawatir kecampur antara darah mens dengan formula pembasuh itu terus gimana-gimana, kena infeksi. Walau sebenernya ga nyaman juga. Karena saat siklus bulanan datang,  aroma daerah intim jadi smelly.

Tapi syukurlah saya merasa tercerahkan (kok, kayak iklan skin care, ya?) waktu mengikuti #HIJUPbloggersmeetup bareng HIJUP dan Resik pada tanggal 18 Desember lalu di Bandung. Bertempat di  Morning Glory Roof Top Mitra Hotel, acara ini menghadirkan influencer dan juga selebgram, Rimma Bawazier sebagai bintang tamu dan Mbak Yuna dari Kino sebagai produsen produk Resik V Godokan Sirih.serta Laras Tahira yang memandu acara. Saya mendapat banyak wawasan baru seputar pengalaman dan tips #mengatasikeputihan.
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-bareng-hijup-dan-resik-seputar-keluarga-harmonis.html

Dan kalian tau ga sih, kalau ternyata 70-75% wanita mengalami #keputihan? Dalam kondisi tertentu sebenarnya ini adalah kondisi yang wajar. Sesuatu hal yang wajar dan biasa dialami oleh kaum perempuan. Hal ini merupakan reaksi tubuh kita untuk memberikan perlindungan pada vagina dari iritasi dan infeksi. Bahkan seorang ibu hamil pun bisa saja mengalaminya. Baru tau, kan?
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-bareng-hijup-dan-resik-seputar-keluarga-harmonis.html

Saat kita mengalami keputihan, tubuh kita akan mengeluarkan lendir dari vagina (diproduksi oleh kelenjar yang terdapat dalam vagina atau serviks atau leher rahim). Lendir ini nantinya akan turut serta membawa sel mati dan bakteri sehingga daerah vagina tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Namun ada kalanya lho keputihan terjadi dalam kondisi tidak normal yang berindikasi adanya masalah kesehatan dengan organ reproduksi kita.Duh merinding deh bayanginnya. 
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-bareng-hijup-dan-resik-seputar-keluarga-harmonis.html

Makanya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Frase yang klasik tapi masih berlaku dalam hal apa pun termasuk soal yang satu ini. Kalau jaman dulu orangtua kita harus berepot-repot ria menyiapkan godokan sirih untuk membasuh vagina. Ya kudu metik dulu (atau beli ke pasar) terus menggodoknya sebelum digunakan untuk cebok. Bergeser dikit sedikit lebih modern, dulu saya pernah mengantar teman ke salon buat perawatan ratus spa. Ya kali, kalau  punya duit dan waktu banyak bisa kapan pun sesuka hati kan treatment di salonbuat perawatan ginian? (((giinian))).
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-bareng-hijup-dan-resik-seputar-keluarga-harmonis.html

But then, di jaman milenial yang serba praktis, ga perlu lagi deh ribet ngurusin ritual khas perempuan begini. Kalau ada yang simple kenapa mesti ribet? Makanya saya seneng banget pas tau ada perawatan praktis berupa Resik V Godokan Sirih.
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-bareng-hijup-dan-resik-seputar-keluarga-harmonis.html
Rimma Bawazier saat sharing pengalamannnya dalam menjaga keharmonisan rumah tangga
Seperti yang disampaikan oleh bintang tamu hari itu Rima Bawazier, Resik V Godokan Sirih ini bukan saja memberi kenyamanan dan rasa aman dari ancaman infeksi bakteri pada area feminim, tapi membantu menjaga keharmonisan rumah tangga. Cantik muka dan merawat tubuh jangan sampai lupa memperhatikan yang satu ini juga. If you know what i mean. 

Terus kenapa Resik V Godokan Sirih ini direkomendasikan? Karena ternyata #Manfaatdaunsirih yang terkandung di dalamnya merupakan antiseptik alami yang diperkaya juga oleh bahan lainnya yaitu ekstrak rumput Fatimah. Resik V Godokan Sirih berkhasiat untuk:
  • Membersihkan dan memelihara kesehatan area kewanitaan
  • Membantu mencegah dan mengatasi keputihan, gatal-gatal dan bau tidak sedap
  • Teruji secara mikrobiologi membantu mengurangi jamur Candida Albicans penyebab keputihan
Formulanya yang aman dan alami membuat produk ini aman digunakan setiap hari (selama dalam jumlah dan frekuensi normal). It's oke alias aman juga digunakan oleh anak-anak yang sudah mengalami menstruasi dan itu tadi kayak yang saya bilang saat lagi mens pun silakan aja dipakai. Yang tadinya resah karena aroma smelly selama mens lebih keras tercium tapi ga berani pake sembarang pembasuh sekarang ga perlu worry lagi. Ah ya, satu lagi yang ga boleh lupa. Resik V Godokan Sirih ini juga sudah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Makin ningkat tingkat kenyamanan dan ketenangan kita, ya. Apalagi harganya juga terjangkau pula,kurang lebih di kisaran Rp.22.000.Murah, ya. 

Sesi pertama Acara #HIJUPevent pun selesai. Selepas break makan siang, acara dilanjutkan dengan sesi belajar brush and hand lettering. Sensasi sedap-sedap ngeri buat saya yang tangannya kaku dan payah soal skill kaligrafi ini. Tapi saya sungguh kepo dan pengin tau. Ya udah Bismillah aja hahaha... Urusan hasil akhir belajar hand lettering saya hari itu gimana entar. 
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-bareng-hijup-dan-resik-seputar-keluarga-harmonis.html
Properti hand lettering.
Dipandu oleh dua instruktur dari Komunitas Bandung Menulis hari itu, semua peserta #HIJUPmeetupBandung belajar tekniknya dari basic banget. Intinya sih gini, saat menggoreskan kuas ke bawah,harus tebal, naik ke atas ya tipis. Kedengarannya simpel aja. Giliran praktiknya sapuan kuas saya acak adut alias ga jelas. Enggak banget liatnya, bikin pengen ketawa juga. Well, selalu ada yang pertama kali untuk hal baru,kan?. Practice make perfect. Tapi ada juga yang cepet beradaptasi dan sret.... sret... goresan kuasnya tercipta dengan kecenya. Bikin saya envy liatnya. 

Setelah trial beberapa pola huruf, kemudian kami ditantang buat kaligrafi ala-ala kami dengan kreasi masing-masing. Sementara quote yang digunakan untuk membuat kaligrafi hand lettering sudah ditentukan. Dengan menggunakan kuas cat air kami ditantang untuk membuat kreasi dengan pilihan berikut:
Feminity is My Strength

Embrace Our Feminity

Look Good, Do Good, Feel Good
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-bareng-hijup-dan-resik-seputar-keluarga-harmonis.html
 Lucu ya, font-nya
Saya pun milih qoute yang paling pendek dalam rangka berpacu dalam melodi mengejar waktu. Hasilnya bikin saya ngikik sendiri karena ternyata praktek membuktikan, kerjaan manual gini bukan hanya perlu latihan yang banyak tapi juga FOKUS. Jadilah quote versi saya itu lain sendiri, alias nyeleneh. Yang harusnya Embrace Our Feminity kenapa bunyinya jadi Embrace Our Strength? Oke, abaikan tampilannya yang masih harus belajar banyak dan latihan ini. Tapi saya syeneeeeng banget karena bisa nambah ilmu banyak bersama teman-teman dalam acara yang dipersembahkan oleh HIJUP dan Resik V.
http://www.catatan-efi.com/2017/12/talk-show-bareng-hijup-dan-resik-seputar-keluarga-harmonis.html
Ini hasil karaya saya yang ga fokus
By the way, bonus akhir tahunya sudah cair belum? Sini sini, jangan dulu log out dari sini. Soalnya saya mau kasih voucher diskon untuk belanja di HIJUP. senilai Rp. 50.000. Mayan kan, bisa dialihkan buat beli keperluan lain.Lipstik, misalnya.  

Setiap pembelanjaan minimal Rp. 250.000 (di luar ongkos kirim) cantumkan kode voucher HIJUPBMUBANDUNG, dalam form pembelanjaan kalian di hijup.com, ya. Kalem, masa berlakunya masih panjang, kok. Tepatnya sampai tanggal 28 February 2018 nanti. Just in case masih galau dan bingung mau borong yang mana, masih ada waktu untuk mempertimbangkannya. Tapi jangan lama-lama juga sih, karena khawatir stoknya keburu abis.
Share:

Thursday 21 December 2017

Miss Tourism dan Mrs Culture World 2017 Dari Bandung

Waktu dikasih tau kalau Miss Tourism dan Mrs Culture World 2017 memiliki postur yang super duper jangkung (di kisaran 180 cm-an) saya cuma tersenyum. Udah kebayang gimana mungilnya nanti, saya bakal kelihatan tampak seperti liliput. Ditambah lagi waktu itu saya cuma pake flat shoes.  Kebayang dong kalau duo Miss dan Mrs ini pake high heels?  Yes, makin jomplang aja tinggi badan saya dengan mereka. But the show must go on, kan?  Lagian saya datang ke sana bukan mau banding-bandingin tinggi badan.

Ya amaze, ya bangga, lah. Perempuan-perempuan Bandung yang katanya gareulis juga ternyata pada smart. So Proud. 

Adalah Riana Puspita Dewi, S,Par  yang terpilih sebagai Miss Tourism dan Marsya Safira, S.H Mkn  yang terpilih sebagai Mrs Culture World dan Mrs Charity Ambassador dalam ajang kontes  yang berlangsung di Filipina beberapa waktu lalu.  Riana sendiri bukan hanya menyabet gelar sebagai Miss Tourism tapi juga meraih gelar Miss Model dimana  pakaian tradisional  Riau dipilihnya sebagai kostum yang dikenakan. Selain itu Riana yang sejak kecil menyukai olahraga renang, juga masuk dalam Top Six National Costume.


Bersama teman-teman blogger Bandung, saya menghadiri acara konferensi pers kedua Miss dan Mrs ini di aulaRS Melinda 2, jalan Pasirkaliki, Bandung.

Wait, kenapa mesti nunggu di RS Melinda 2?  Yes, karena untuk menyiapkan presentasi saat kontes tempo hari itu, keduanya mengambil lokasi syuting di RS Melinda 2 ini.  Menariknya,  RS Melinda 2 juga ternyata ikut mengampanyekan program Kementerian Pariwisata di mana Medical Tourism menjadi salah satu objek  pemerintah dalam menggalakan wisata Indonesia. ngomong-ngomong,  kenapa Riana dan Syafira bisa mengungguli peserta lainnya, karena salah satu di antaranya adalah gagasan tentang medical tourism ini yang jadi pembeda dengan peserta lainnya. Dan isu ini lho yang membuat tim juri meberikan poin khusus.

Jika sebelum ini rumah sakit di Singapura menjadi sumber rujukan untuk berobat  bagi pasien dengan kondisi penyakit yang kompleks dan memerlukan penanganan serius serta teknologi kedokteran yang canggih, maka RS Melinda 2 ini bisa jadi solusinya. Tentunya ini akan menimbulkan efek domino yang positif bagi sektor perekonomian di kota Bandung. Bisnis kuliner dan wisata serta  sektor lainnya akan mengalami petumbuhan karena semakin bertambahnya kunjungan wisata dari keluarga pasien.

Untuk mendukung suksesnya Medical Tourism di kota Bandung, manajemen RS Melinda 2 pun sudah banyak melakukan pembenahan. Bukan saja dari peningkatan fasilitas kesehatan yang ada, sarana dan dekorasi rumahs akit yang artistik seperti hotel, tapi juga pelayanan yang baik seperti hospitality berupa dukungan moral dan semangat untuk sembuh bagi para pasien yang sedang berobat. Keren, ya. Karena kita sama-sama tahu kalau hati yang gembira dan semangat juga merupakan faktor penunjang yang sangat penting untuk mendukung kesembuhan.

Balik lagi nih ke acara kontes tadi yang diikuti oleh Riana dan  Marsya,  ajang ini adalah kali pertama yang diadakan di dunia, di mana peserta  yang mengikuti berasal dari 47  negara-negara di dunia.  Ajang Miss Tourism dan dan Mrs Culture world yang diinisasi oleh Ameika dan diorganize oleh Vietnam dan Taiwan nantinya jadi akan agenda rutin setiap tahun yang bisa diikuti oleh semua wanita di dunia yang bukan saja fokus pada promosi wisata tapi juga konsen akan isu kemanusiaan.

O, ya. Satu lagi.  Jika ajang-ajang serupa pagean contest ini membidik peserta wanitanya yang masih single, di kontes  ini peserta yang sudah memiliki anak juga bisa mengikuti.  Gimana,, tertarik? Kalau gitu silaka bersiap-siap untuk daftar tahun depan, ya.
Share:

Wednesday 20 December 2017

Curhat Netizen Bandung Pada MPR

Selasa sore, selepas ashar di tanggal 11 Desember 2017 jadi hari yang spesial buat netizen Bandung. Sekitar 60 orang blogger dan perwakilan hadir berkumpul di  hotel Aston Tropicana Cihampelas. Kenapa saya bilang spesial? Ini karena kali kedua buat netizen Bandung mengikuti acara bincang bersama MPR setelah sebelumnya dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Yang membuat semakin spesial event kemarin juga karena Zulkifli Hassan, ketua  MPR juga ikut hadir.

Jadilah setelah dibuka dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya, aneka curhatan langsung mengalir dari audiens dalam acara Gathering Netizen MPR dan BloggerBDG. Mulai dari gas 3 kilogram yang mendadak hilang dari peredaran, persoalan kena tilang polisi, pola perkawanan yang kompleks di Indonesia, sampai mood menulis yang hilang karena pengenaan pajak yang dirasa tidak adil dan mematikan gairah menulis.   Diskusi santai sore itu akhirnya mengerucut menemukan kesimpulan. Apa yang jadi masalah dan sumber keluhan yang mengemuka sesungguhnya bukan hanya urusan pemerintah. Tapi juga jadi PR bersama bagi kita semua sebagai rakyat.

Sampah yang menumpuk dan banjir yang menderas setiap musim hujan datang memang menyebalkan dan menguras stok kesabaran. Tapi kan, nggak akan tiba-tiba surut dan selesai dengan curhat begitu saja. Terus kita sebagai rakyat apakah kita sudah membantu mencari solusinya? Semisal membuang sampah pada tempatnya, memilih, memilah dan mengolah sampah sampai membayar retribusinya?

Saya jadi inget quote familiar yang pernah saya dengar saat menyimak tausiyahnya Aa Gym. Mengatasi masalah itu diselesaikan dengan 3M. Mulai dari diri sendiri, Mulai dari hal terkecil  dan Mulai dari Sekarang. Ibaratnya kita ini adalah  lidi-lidi yang terserak, jika semuanya terikat dalam satu sinergi dan punya komitmen yang sama, solusi untuk masalah akan lebih mudah didapatkan

Di hari itu juga, Pak Zul dengan gaya santai dan to the pointnya mengambil contoh negara-negara di kawasan Skandinavia sana. Selain Finlandia yang terkenal dengan sistem pendidikannya yang layak jadi panutan, ternyata masih ada hal lain yang bisa teladani. Seriusan, saya kurang update (alias kurang baca).

Mereka tidak punya bareskrim dan komisi pemberantasan korupsi (KPK),  salah satu lini dalam kepolisiannya yang mengurus dan menginvestigasi tindak kriminal. Tapi catatan aduan kasus kejahatannya sangat kecil. Padahal di Indonesia sini dengan adanya Bareskrim, aneka laporan kejahatan selalu saja ada. Bukan dalam hitungan bulan atau minggu tapi harian. Ada apa atuh ya, dengan Indonesia ini?

Gimana dengan korupsi? As we all know, ini pun ga kalah eksis. Mulai dari korupsi kerah biru alias korupsi kecil-kecilan yang dilakukan pegawai kecil, sampai korupsi kerah putih atau mega korupsi yang dilakukan pejabat negara yang sampai saat ini masih jadi agenda maraton lembaga peradilan di negeri ini. 

Sepertinya (dan memang iya sih), ada yang salah dengan mindset yang selama ini membenam dalam benak dan kepala kita. Padahal kalau ditarik ke belakang orde reformasi di Indonesia sudah melangkah lama, hampir 20 tahun berlangsung. Tapi ternyata masih ada lubang yang tersisa, ada robekan yang harus disambung untuk menyatukan kembali Indonesia.

Reformasi di Indoesia yang ditandai dengan kebebasan menyampaikan pikiran dan pendapat serta berkumpul di mana di zaman sebelumnya menjadi sesuatu yang mewah ternyata belum sepenuhnya berhasil menyatukan hati dan pikiran bangsa ini. Masih saja berulang war-waran di media sosial soal suka tidak suka pada figur pemimpin, bullying atau hoax yang herannya masih saja ada yang menyebarkannya. Padahal sudah ada undang-undang ITE yang mengatur etika media sosial. E ya ampun, masih banyak yang abai.  Duh, gemes saya jadinya.

Itu di dunia virtual alias dunia media sosial. Di dunia nyata pun ga kalah ramenya. Tau dong ya, kasus persekusi yang dialami oleh Ustadz Somad di Bali tempo hari.  Terlepas dari latar belakang yang mengawali kasus ini, ga berarti kita bisa main hakim sendiri atau bahkan bersikap tidak adil memukul rata dari respon yang muncul. Maksud saya gini. Enggak semua orang-orang Bali sana bersikap setuju dengan tindakan persekusi terhadap Ustadz Somad ini. analogi sederhananya,  tidak semua orang Sunda menyukai lalapan, atau semua orang Jawa suka makanan yang manis misalnya. Tapi yang sudah-sudah,orang jadi gampang menggeneralisasi. Kalau si A begini ya si B yang latarnya sama dengan si A juga bakal gitu.

Padahal tetangga sebelah sudah selow alias santai dengan perbedaan yang ada. Hal mana semboyan berbeda tapi satu seperti yang kita baca dalam lambang Garuda Indonesia belum sepenuhnya kita jalankan. Yang di Jepang sudah semakin menyempurnakan teknologi antisipasi gempa,  orang-orang Korea sudah memengaruhi dunia dengan tren pop atau sinemanya bahkan Vietnam yang sempat ancur-ancuran dengan perang saudara di tahun 1980an pun sudah berkompromi dan mulai melesat.

Masih mau melangkah maju, kan? Iya, dong. Mau lah. Masa mau disalip terus. Mau tau apa kuncinya? Cuma tiga aja, kok. Ini nih.

  • Mengokohkan diri dengan asal muasal.
Jangan lupa asal kita siapa dan dari mana.
  • Mengerti negeri.  
Lupa, bingung atau samar? Inget pesan Bung Karno, Jas Merah. Jangan pernah melupakan sejarah. Yuuk ah baca lagi dan perbanyak referensi.
  • Punya ilmu. 
Iyes, karena yang namanya hidup itu kan melangkah maju, bukan mundur. Nah biar bisa terus melesat, perbanyak ilmu dan skill. Biar ga jalan di tempat. 

Tinggal satu aja, niatnya jangan cuma jadi wacana, tapi aksi nyata, alias action. Karena tujuan berbangsa dan bernegara itu keadilan bagi semua. Ya kan? 


Share:

Saturday 16 December 2017

Gathering Lagi Dengan Altissia dan BnB

Sosok Patrick Loge, sosok tinggi menjulang dengan wajah ramah khasnya menyapa audiens yang hadir di Vermont Cafe. Beberapa hari yang lalu saya kembali menghadiri gathering rutin Bussinrss Networking Bandung, acara rutinnya Altissia, lembaga bahasa asing milik bule asal Belgia itu. Waktu menghadiri acara ini, rasanya teringatkan keinginan saya untuk memperbaiki skill bahasa Inggris masih aja belum kesampaian. Padahal ini  sudah akhir tahun.  Halo? Gimana resolusinya? :)

Well, semoga skor  TOEFL saya yang terakhir kali di tahun 2000an  yang ada di angka 400an (ini pun versi trialnya  :D) itu ga nurun, ya.   Booster yang terbaik untuk memelihara minat dan niat itu memang mengharuskan kita berada dalam lingkaran  yang satu frekuensi.  Makanya waktu gathering lagi bersama Altissia di Vermont Cafe saya seneng banget.


Altissia bukan saja media pembelajaran 7 bahasa asing dunia  (Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Belanda, Portugis dan Italia) tapi  juga menjalin koneksi dengan lembaga pendidikan lainnya yang ada di Indonesia, terutama di Bandung.   Dalam acara tempo hari pun IFI (Institut Francais d'Indonesia) turut hadir dalam acara ini. Sounds familiar?  Iyes,  IFI ini dulunya lembaga kebudayaan Perancis yang terkenal dengan nama  Centre Culturel Francais alias CCFnya itu, lho. Dan pergantian nama dari CCF ini banyak yang belum ngeh, termasuk saya. Padahal peralihan nama dari CCF ke IFI ini sudah lama, sejak 2012.

Itu juga yang diungkapkan oleh Direktur IFI Bandung, Melanie Martini dalam presentasinya malam itu. Hayooo, sudah ngeh belum? Masih banyak juga yang belum aware brandingnya IFI ini. Sisi lain yang menarik dari kolaborasi kedua lembaga ini. Sama-sama menyelenggarakan kursus bahasa tapi berkolaborasi dalam acara yang sama.
Emang ga takut bakal kehilangan potensi pasar gitu, ya? Platform yang diusung kedua lembaga ini memang beda. Moral story yang saya ambil adalah kalau bisa bersinergi, kenapa tidak? Ya, kan? Ini sesuai dengan spirit yang diusung oleh agenda BnB itu tadi, memperluas jejaring dan saling memperkenalkan bisnis dengan sesama rekanan yang ada di dalamnya.

Dalam sesi lain juga Dr. Ir. Agus Purnomo, M.T selaku direktur Politeknik Pos Indonesia dan perwakilan dari Universitas Nurtanio, juga mempresentasikan program pembelajaran yang ada di lembaganya.

Ke depannya dalam gathering berikut yang sudah jadi agenda rutin dari Altissia dan BnB akan hadir juga lembaga lain yang akan diajak berkolaborasi untuk mempeluas jaringannya. Penasaran? Sama, saya juga. Yuk sama-sama kita tunggu.



Share: