Thursday 30 April 2015

Cara Masak Cepat dan Irit


Ini kali ke berapa ya saya  cerita kalau saya ini penganut quick cook  garis  keras? Hahaha.... Dibujuk ikut kelas  masak dengan chef  seganteng  Chef Arnold  pun saya bakal nolak. Belagu? Enggak,  bukan karena itu. Beneran.
masakan Indonesia emang kaya rempah
Saya ga jago masak dan ga betah berlama-lama masak. itu aja, sih. Daripada malu.  Ngomong soal enak ga enak  Katanya yang bikin enak masakan  itu bukan cuma campuran rempah-rempahnya yang banyak.  Gesekan dari batu cobekan itu rahasianya dan tentu saja,  bumbu cinta.  Bukan gombal, coba deh dengan komposisi bahan yang sama,  hasil ulekan  dari 2 orang yang  berbeda, rasanya  beda juga. Mitos apa fakta, ya?
Share:

Tuesday 28 April 2015

AC: Butuh Ga Butuh, Yang Penting Adem


Saya  pernah bercanda dengan atasan saya dulu waktu masih kerja di sebuah perusahaan  distributor spare part motor. “Kayaknya, jualan AC di Bandung ga kan laku, Nci,” kata saya waktu itu.

Iya, waktu itu Bandung lagi dingin-dinginya. Dan saya merasa jadi mahluk paling merana,  yang bernasib malang – karena  meja kerja tepat di bawah ac.  Jadi dalih kuat buat saya naikin suhu AC  di  ruangan jadi atas 20an. Biasanya? 17!  Suhu sedingin ini sukses  membuat saya selalu ngambil jatah cuti setiap bulan sehari buat tiduran di rumah aja, pasalnya saya sering tumbang dihajar flu. Benar-benar cara yang tidak asik  menghabiskan cuti -_-.
credeit: abcnews.com
Kalau biasanya saya dan teman-teman harus hompimpa  mengatur  suhu di ruangan,  pas saya terlihat kuyu dengan mata merah dan bersin-bersin, akhirnya 2 teman yang seruangan berbaik hati mengalah untuk mematikan AC. Duh, terharu, deh. Itu pengertiannya tema-teman saya. Lain ceritanya dengan bos.Ceritanya, kepala cabang yang suka bolak balik kem ruangan kami buat numpang ngetik (duh pak, ada komputer di ruangannya kenapa doyan  nongkrong di mari, sih?). Boro-boro ngeh saya  lagi payah, doi mah tetep aja ngomel, ga ngerti  anak buahnya  kerepotan dihajar flu. Iya, doi mah gitu(by the way quote ini belum happening sih waktu itu ^_^).

“Ih, panas banget sih, di sini,” celetuknya.

*Ya elah, pak. Lirik sini dong, lihatlah saya yang  merana ini udah ngabisin tissue berapa bayak nih*

Saya cuek pura-pura ga denger. Dua orang teman saya yang seruangan,Lina dan Wida anteng dengan berkas dan faktur. Ya, Pak Bos sukses dikacangin, hihihi...

Saya juga  ga betah lama-lama muter-muter di  mall, karena ga tahan dinginnya AC.  Indikasinya  gampang, saya merasa pusing dan mata terasa perih dan berair. Kabar baik buat para pahlawan  yang bersemayam di dalam dompet saya, mereka tidak perlu hijrah pindah rumah.

Itu kalau di ruangan. Lain ceritanya kalau di perjalanan. Entah itu bus kota atau bus antar kota dalam propinsi alias AKDP.  Saya lebih suka milih bus ber-AC.  Kalau di sini suhunya  masih aman buat saya, dan pastinya saya  nyaman tidak terganggu  asap rokok. 

Waktu setingan Bus kota masih   tempat duduk berbaris  2 di kanan 2 di kiri  atau 3 di kanan 2 di kiri, ibu saya lebih milih bus jadul ekonomi tanpa ac. Dan saya  merelakan diri ngalah  kalau pas pergi bareng. Iya, ibu saya ga tahan AC meski sebenarnya ga tahan asap rokok juga.  Dibanding model sekarang, saya lebih suka bus model dulu, yang ada ac pastinya. Entah dialihfungsikan untuk apa, masih banyak kok bus-bus model macam itu yang masih bagus.  Yang saya tahu bus  seperti ini sering dicarter  buat rombongan pergi (itu kata kondektur yang pernah saya tanya). Akhirnya, bus yang serin wara-wiri itu ya model trans bus yang sekarang mobile. Sayangnya bus macam gini lebih banyak  jatah festival dibanding tribun (emang konser?).

Begitu juga kalau pergi ke luar kota, ibu saya menolak keras-keras  kehadiran AC. Rasanya  kayak bandeng  yang dipanggang untuk jarak perjalanan Bandung – Tasik. Kalau sudah nyerah, saya dan adik-adik akan melambaikan tanga ke kamera, eh bukan.... kami akan membuka jendela dan membiarkan angin cepoi-cepoi  menyelusup masuk. Lumayan, adem.

Pernah juga ngalamin pengalaman yang lumayan kurang nyaman soal mobil minus AC. Ceritanya waktu itu saya diminta menemani ibu saya  ikut rombongan pengajiannya  jalan-jalan ke Indramayu sambil mengunjungi pesantren penghafal quran. Rata-rata sudah berumur atau setidaknya leih senior dari pada  saya. Hihihi... bangga gitu ya berasa jadi paling muda?

Masalahnya,  jarak Bandung – Indramayu itu jauh. Selepas  Sumedang, hawa panas  langsung menyergap. Dan Ibu pemilik mobil (duh saya lupa namanya) yang waktu itu membawa anak bungsunya yang masih usia SD meminta maaf kalau selama perjalanan  AC di mobil tidak bisa menyala. Bukan soal rusak, tapi anaknya  yang ga tahan dan alergi dengan AC.

Pasrah. Iya da apa atuh aku mah? Hanya penumpang saja. Ga bisa komplain.  Jadilah seharian itu,  rasnya seperti bersauna ria. Mulai jalan, selama di Indramayu yang suhunya terbilang hot buat saya dan selama di perjalanan menuju pulang. Ya untuk pulangnya sih rada mendingan, ga terlalu panas karena sudah malam.

Semacam kecerobohan, waktu itu  saya tidak mempertimbangkan  kemungkinan ini. Saya lupa ga bawa kipas atau kipas angin mini portable yang pake  pake batre itu, lho.  Duh enggak-enggak lagi. Kalau jadi nebengers  saya harus mempersiapkan kemungkinan seperti ini.
                                                                                                                      


Share:

Monday 27 April 2015

Serunya Asian African Carnival 2015


Seminggu kemarin jadi pekan  yang paling mengesankan buat saya selama bulan April. Setelah  dibuat rempong dengan ngurusin  grup relawan KAA dan mendadak ditembak jadi  Tumenggung (dalam strutkur relawan KAA, posisi tertinggi  adalah Prabu  yang membawahi 6 patih. Lalu setiap patih dbantu oleh  7 senopati dan setiap senopati punya pasukan  6 tumenggung. Nah, untuk tumenggung sendiri punya pasukan 5 punggawa.  Berasa  jadi  jaman kerajaan gitu, deh hehehe.

Selain jadi relawan KAA  dengan segala ceritanya  yang mengharu biru, saya  punya kesempatasan mentas  di konser Harmoni Angklung for The World dan di akhir pekan saya dan 4 orang teman Kompasianers Bandung diinbox admin Kompasiana buat ngeliput acara dua hari terakhir. 

lautan massa depan alun-alun
Setelah memikirkan dengan matang dan seksama (aih, resmi banget ya), saya memutuskan untuk mengambil tawaran ngeliput   acara KAA bareng teman-teman Kompasiana FYI, saking banyaknya  relawan yang ingin berpartisipasi, dalam hari yang sama tidak semua relawan bisa ditampung (kecuali hari terakhir).Sama-sama berbagi keriaanlah, satu jatah relawan  jadi milik teman relawan yang lain, sementara saya masih  bisa mengikuti keriaan acara KAA ini dengan cara yang lain. Cincai, kan? Hehehehe....
Share:

Saturday 25 April 2015

Tradisi Menjelang dan Selama Ramadan


Sudah  masuk bulan Rajab  dalam kalender islam.  Itu artinya  enggak lama lagi kita akan  memasuki  bulan Ramadan, kurang dari  60 hari  lagi.  Dibilang masih lama sih, enggak  juga. Padahal rasanya baru kemarin ya, kita memasuki pergantian tahun.  Lagi pula  atmosfir khas  Ramadan sudah mulai terasa  juga. Ada yang merasakan hal yang sama?

Ngomong-ngomong soal bulan Ramadhan,  saya jadi keingetan masa kecil saya dulu, mulai dari  sebelum, selama ramadhan dan menjelang  ramadan pergi berganti dengan bulan Syawal.  Ada  tradisi  dulu yang masih berlangsung sampai sekarang, tapi juga ada  yang mulai hilang.

pinjem gambarnya dari  kaskus
Dulu,  saya inget  kalau dengan saudara atau tetangga suka saling berkirim  nasi dan masakan  yang dikemas dalam rantang  yang disusun  3-4  tingkat.  Biasanya  sih rantang alumunium. Ada yang putih  polos,  corak hijau kayak loreng gitu atau warna  silver dengan motif bunga.  Rantang paling bawah  biasanya berisi  nasi, lalu   tingkatan berikutnya berisi  daging/gepuk, naik lagi satu lapisan di atasnya sayuran, bisa sop atau lodeh,.Naik satu tingkat di dalam rantang  berisi  sambal goreng kentang atau oseng bihun lengkap dengan kecapnya dan yang terkahir biasanya  ada aneka olahan daging.  Bisa ayam serundeng atau gepuk.  Lupakan rasa kenyang atau diet, hahahaha... meski hanya sedikit, rasanya nikmat lho, dimakan bersama-sama. Saciwit sewang kalau  urang sunda  bilang (setiap orang dapat bagian sedikit).
Share:

Thursday 23 April 2015

Oleh-oleh Dari Konser Angklung for The World

“Emang kamu bisa maen  angklung?”
Dengan mantap... saya  menggeleng.
“Terus nanti gimana  maennya?” kejar mama saya.
What will be will be....  itu saja  yang  ada di pikiran saya. Yang penting jadi salah satu  cerita, mengukir sejarah rekor dunia. Ish, lebay, apa nekat?  Hehehe...
Lah, beberapa hari sebelumnya, saat  memberi sambutan apel  relawan KAA  juga dibahas  kok,  kalau bakal ada konser  angklung  spektakuler sebagai bagian dari kemerian Asian African Carnival, meski tanpa latihan.   Jadi saya nekat  ikut-ikutan? Kalem,  ternyata  ga seceroboh itu, kok.  Tim dari Saung Angklung Udjo  sudah mempersiapkannya. 
antrian menuju Stadion Siliwangi
Kamis  pagi, jam 6 lewat 5 menit saya pergi  numpang motor  yang dikemudikan adik saya  yang  sepertinya  terobsesi  Valentino Rossi, ngebut!  Untungnya saya ga perlu berlama-lama sport jantung  karena turun di jalan Pajajaran untuk lanjut naik angkot jurusa Ciroyom-Antapani.  Jam 7 kurang sedikit  saya  sudah  sampai di TKP (padahal waktu  turun di jalan Pajajaran, saya sempat cari ATM dulu sebelum lanjut  naik angkot).
Share:

Monday 20 April 2015

Cara Cerdas Bikin Rekening Gemuk


Kalau punya  akun instagram,  coba deh cek artis  atau selebritis  yang  kita ikutin.  Setiap  mereka  unggah  berita  terbaru, sedang apa dan di mana.. dia.... dia... (eh kok malah nyanyi siiiih?)  ga pake lama,  langsung diserbu  yang komen.  Risiko  ya, kalau jadi selebritis.  Dikepoin para fans dan sampai-sampai  bisa  jadi  jalan rejeki buat orang lain.
nih akun Bella juga diramein olshoper
Kok  bisa?

Iya, bisa  dong.  Coba saja, baca lagi dengan teliti dan seksama (ini kenapa  kayak  baca  naskah undang-undang atau dokumen resmi negara, ya?),  biasanya  yang  rame komen itu  adalah para olshoper, alias para pemilik  toko online. Bisa bener tapi bisa salah  juga.  Kayak  Didi Kempot  yang coba-coba lempar  manggis, eh ternyata dapat mangga, coba pasang iklan gratis  kali aja ada  yang belanja (eh cieee  bisa juga  saya bikin kalimat berima #hus #lebay).
Share:

Wednesday 15 April 2015

Infused Water, Minuman Cantik Yang Bikin Sehat


Beberapa waktu lalu, sekitar akhir 2013an lah, seingat saya yang namnya  infused water mulai ngehits dan jadi trend buat alternatif  cara makan  yang sehat.  Setelah mencoba, ternyata caranya gampang dan saya share  di  blog ini  juga. Hasilnya? Lumayan, tulisan saya di sana termasuk postingan  yang ngehits  juga .
Seger, kan? credit: theyuumylife.com
Soal cara  membuat, buah apa saja yang bisa dipakai dan khasiatnya  udah  pasti banyak yang tahu. Gampang, kok.  Tinggal kitikin Om Google dengan jari,  pasti dia bakal ampun-ampunan nyerah lalu  kasih tahu jawaban apa saja  yang kita kepoin.  Bisa juga sih ubekin postingan saya tentang cara asik membuat minuman sehat (sekalian promosi hehehe).

Berbeda dengan jus,  infused water ini  ga dibuat luruh dengan air  dan menggumpal.  Buah-buahan yang dipakai (semisal stroberi,  apel,  lemon) cuma dipotong dengan ukuran tertentu  dan dicemplunginke dalam air, dengan tambahan daun mint dan kayu manis  bakal terasa enak dengan rasa alami dari setiap buah. Inget, ya jangan pake gula. Jadinya bukan infused water, tapi  manisan -_-.
Share:

Tuesday 14 April 2015

Diskon Spesial Tiket AirAsia di iPrice


Hari itu harusnya  saya dan adik menumpang pesawat dari Denpasar menuju Bandung pada pukul 18,  kembali  ke rumah setelah menghabiskan liburan 3 hari. Tapi ternyata jadwal pesawat  ke Bandung  yang tercantum di tiket dan boarding pass beda.  Mundur (sekitar 2 jam), bukan maju.  Gimana jadinya Kalau  jadwal terbang dimajukan dan saya  datang terlambat?  Untungnya saya  udah tau duluan karena  udah nyetak  boarding  pass, jauh hari sebelumnya.  Itu salah satu manfaat  membuat to do list ,  biar enggak ada yang kelewat.
berkah jadwal terbang delay, bisa lihat sunset  yang cantik
Saya  bikin daftar  apa saja yang harus dilakukan dan  disiapkan untuk  keperluan liburan mulai dari cetak tiket, booking hotel,  dan aneka perintilan lainnya yang harus dibawa. Nyaris sempurna, kecuali  saya lupa  ga bawa sikat gigi hihi....  Ga papa sih, masih bisa beli di mini market itu mah. Meskipun pilihannya terbatas, bukan sikat gigi dengan merk yang biasa  saya pake waktu itu. Eh, ini  kenapa ngomongin  sikat gigi, sih?
Share:

Saturday 11 April 2015

Asiknya Gaya Ngerap Jessica Bennet Di X Factor

Jujur  aja ini sudah lama banget  saya suka pusing kalau  denger lagu   yang rada nge-rap,  hiphop  dan sejenisnya. Entah kenapa,  pokoknya pusing aja. Faktor  U alias usia, kali, ya. Padahal waktu SMA  dulu  saya sempat suka tuh sama lagu-lagu rap. Kalau seusiaan saya (hayooo nagcung!), pasti familiar  sama Iwa K cs  yang sempat  booming dengan lagunya Batman Kasarung, Bebas,  Nombok Dong, atau rapper  wanita,  Denada Tambunan  yang ngehits dengan lagunya Ku Jelang Hari. Atau nih, album kompilasi  Pesta Rap. Pasti inget deh sama salah satu lagunya  yang  album itu, Cewek Matre  dan sering jadi tag line  buat para cowok yang sebel karena merasa  diporotin. Lah, kok jadi  bahas itu, ya?

Nah, malam tadi, setelah beres  ngetik, saya niatnya mau tidur. Tapi, abis cuci  muka dan gosok gigi, kok  rasanya jadi seger lagi, ya? Coba  lirik jam, ternyata  baru jam 23.15. Lalu saya inget  ada  acara X Factor  yang masih jalan di babak audisi semacam  workshop gitu (cmiiw).    

sumber: youtube.com
Ada satu  sesi yang menampilkan  beberapa peserta  berkebangsaan asing atau berdarah campuran yang ternyata  ikutan  audisi penyanyi berbakat ini. Dan salah satunya  yang menarik minat saya adalah Jessica Bennet, gadis  blasteran Amrik  ini  punya daya tarik tersendiri. Awalnya sih pas  nyanyiin Pretty Hurtsnya Beyonce, tombol feel  saya  belum 'ketowel'  (aish).  Lalu, tantangan  Ahmad Dani buat menyanyikan lagu lain bikin X Factornya  Jessica  lebih hidup. Bukan cuma penonton  di studio yang menikmati  gaya  nge-groovenya   yang asik, saya juga.   
Share:

Wednesday 8 April 2015

DeHaPe Food Court, Pujasera Konsep Unik

Sudah lama  saya tidak menyambangi kawasan Dalem Kaum. Lupa kapan terakhir kali ke sini, jauh hari sebelum si jago merah melalap  gedung Kings yang membuatnya hitam  legam, retihan apinya  scara perlahan dan pasti  ikut melumat kenangan saya sewaktu  masih SMA atau kuliah. Biasanya  saya main ke sini  berburu  pakaian  gress, murah dan modis, pas buat ukuran kantong  mahasiswa.  

Rasanya baru kemarin juga saya lihat kawasan ini dandan cantik dari akun twitter Pemkot dan walikota Bandung, tapi... ya itu tadi,  keburu  terbakar. Sampai kemudian, weekend  kemarin saya dan teman-teman blogger dapet  undangan buat food test di Dapur Hitam Putih yang populer dengan nama DeHaPe,  Kesempatan asik buat icip-icip jajanan di sini  sambil  mengenang masa muda dulu hihihi *apaan sih?*

DeHaPe Food Court ini lokasinya terletak di gedung MD Plaza. Kalau bingung carinya, lihat deh pas keluar dari pintu samping Masjid Agung, tempatnya berada di  arah jam 2. Nah, masuk deh ke situ, lalu jalan terus sampai  ke lantai 3 untuk sampai ke  food court DeHape. 

agenda seru di DeHaPe Food Court
Share:

Monday 6 April 2015

Mengumpulkan Kenangan Manis Yang Bernilai

Jadi nih, ceritanya saya  dapet  undangan  makan-makan gratis  di sebuah food court di kawasan Dalem Kaum akhir pekan kemarin.  Tiba-tiba jadi  keingetan,  kalau  di Cikapundung,  ga jauh dari  situ  dan   lapak-lapak penjual  novel dan majalah bekas.  

Saya jadi keingetan kalau udah lama  pengen nyari majalah remaja Anita Cemerlang yang udah berstatus 'mendiang'. Ihiks,  kenapa  sih mesti sayonara, ya? Padahal konten majalahnya keren-keren, terutama isi cerpennya yang pada asik.   Masih inget tuh, dulu waktu SMA  saya suka sembunyi-sembunyi beli majalah  ini.  Ortu saya  yang rada strike  takut saya terkena virus  'merah jambu'. Apaan, tuh? Cinta-cintaan..? Ga boleh!  Hahaha.... lho  kok curcol,  sih?
35 ribu untuk 6 koleksi ini. Cincai, kan?
Share:

Wednesday 1 April 2015

Menara Eiffel, Saint Germain dan Perayaan Saint Bastille Days

Sesaat setelah  menggosok-gosokan tangannya, Saint Germain menyentakkan tangannya ke udara. Aroma daun  yang kentara menguar, lalu disusul  munculnya kupu-kupu kecil berwarna merah dan putih dari tato di tubuhnya, seolah terkelupas dari kulit lelaki itu. Semakin lama, jumlahnya semakin banyak. Kupu-kupu itu terbang berputar mengitari menara mulai dari  penyangga, penopang   paku, baut  dan semua detil menara itu, lalu mencptakan pendar cahaya berwarna pelangi  yang  cantik. Menara  kokoh  itu  terlihat bermandikan cahaya. 
credit: nyhabitat.com
"Ignis," gumam Saint Germain.
Pemandangan memesona itu diiringi oleh desis, letupan dan gemeretak  seperti bunyi petasan yang tersulut. Sesekali, dari menara  itu terpancar cahaya berwarna putih  dan lengkungan es sejuk yang menetes  kebiruan  tercurah dari penopangnya.  Saint Germain tersenyum lalu menggumam lagi, “Inilah aku, le Comte de Saint Germain. Aku Penguasa Api!”
Share: