Tuesday 27 May 2014

Kalau Udah Besar (While We're Grow Up)

Iseng memperhatikan statistik pengunjung blog saya, ternyata  pengunjung dari luar negeri di blog saya lumayan banyak. Entah memang blogger Indonesia yang tinggal di luar negeri atau kesasar. Kalau yang nyasarnya bule, kira-kira mereka ngerti ga, sih, sama ocehan saya? Jangan-jangan nanti mereka ngedumel, bilang "what does she talking about?" . 

Daily report stats


Weekly report stats
Dulu pernah kenal seorang blogger dari Filipina, kalau ga salah namanya Louis. seorang IRT. Postingnya simple tapi keren. Sayangnya, waktu itu saya masih gaptek dan ga nyimpenya di list blog yang saya ikutin. Jadinya kehilanggan jejak dia. 

Pernah sih  kali ninggalin komen di blognya seorang pakar virtual marketing. Ga ngomong banyak di sana, secara english saya pas-pasan, dah gitu jarang dipake. Makin nguap aja tuh. Jadinya kepikiran gimana ya, kalau kira-kira dalam seminggu saya buat post dengan versi bilingual. Jadinya tuh bule ga bakalan cengo baca postingan saya, hihihi... sok, belagu banget. Ah, biarin deh. Cuma pengen buktiin kalau para bule itu dateng buat silaturahmi. Kali aja diajak jalan-jalan gretongan di sana. Tapi nanti saya diculik, ga? Ga sama persis sih, cuma anggap saja alih bahasa gitu.
Share:

Monday 26 May 2014

Liburan Ke Inggris: Ngubekin Liverpool dan London

Ngomongin Inggris, yang langsung terbayang oleh saya adalah liganya yang sudah jadi industri olahraga yang besar di Eropa, bahkan dunia. Rate yang semakin tinggi kalau stasiun TV lokal pengin ngerelay jadi salah satu bukti liga Inggris alias Barclays Premier League jadi primadona tayangan sepakbola. Sedih juga,  saya jadi ga bisa nonton secara full pertandingan tim kesayangan saya.

Di  sebelah timur sungai Merseyside, terdapat home base klub sepakbola favorit saya, Liverpool. Klub yang dijuluki si Merah ini sempurna mencuri perhatian dan kecintaan saya. Mulai ngefans sama si Merah setelah menyaksikan pertandingan mereka pada putaran final UEFA Cup di tahun 2002 saat berhadapan dengan klub asal Jerman, Bayern Leverkusen. Meski waktu itu akhirnya mereka harus kalah 2-4,  tetep cinta dan ngefans  sampe sekarang. Untuk tahun ini harus puas di posisi ke dua dan memperpanjang lagi puasa gelar liganya, tapi sudah kadung cinta, mau gimana lagi? Ahay, lebay ya.

Kalau minggu kemarin ini Real Madrid mencatatkan La Decimanya untuk gelar Champions, maka Liverpool jadi pemegang rekor terbanyak trofi Champions ini, yakni sebanyak 5 kali dan belum terlampaui oleh klub-klub lokal di Inggris. Iya sih, baru setengahnya El Real.  Ga papa, mudah-mudahan musim ini bisa dapet trebel. Liga, Champions plus FA, hehehe.... Kangen liat Gerrard sang kapten mengangkat trofi.
Share:

Friday 23 May 2014

The Liebster Award: Dariku Untukmu.

Sore tadi di tengah hujan yang deras-derasnya, atap yang bocor bocor *bukan iklan* dan centilnya keponakan saya yang loncat-loncat di kursi, saya dapat notif di FB dan dimention Tyan Lusthiana di grup KEB. *Sebenarnya pengenalan situasi tadi ga ada relevansinya sama yang mau ceritain. Hehehe*

Ceritanya saya dapet PR berantai dan nantinya saya bakal ngasih PR yang sama juga buat 11 teman yang lain.  Udah lama ga dapet PR seperti ini di blog. Seru, nih,

The Liebster Award
The Liebster Award

Event kali ini judulnya The Liebster Award: Dariku Untukmu. Bukan hadiah tapi insya Allah deh, bakal ada rejeki lain lewat link ini, hehehe. Begini aturan mainnya.
  1. Post-kan award ini ke blogmu. Iya, blogmu #terdodit
  2. Sampaikan terimakasihmu sama teman blogger yang sudah mengenalkan award ini dengan membuat back link ke blognya.
  3. Share 11 hal tentangmu
  4. Jawab 11 pertanyaan yang diberikkan
  5. Pilih 11 teman blogger dan berikan 11 pertanyaan lain yang kamu kepengin tahu. *Nah, tanya pin atm, password, nomor sandi rahasia dan privasi lainnya ga boleh, ya*
 Sekali lagi many many thanks, hatur nuhun nu kasuhun buat  Tyan Lusthyana yang sudah ajak saya buat ikutan award ini.. Berikut ini 11hal tentang sya. *eng ing eng...*
  1. Saya anak kedua dari 6 bersaudara. Kebayang ya, betapa semaraknya isi rumah saya, ditambah dua ponakan yang masih batita *biarin ga ditanya juga*
  2.  I'am single (and happy). Hihihi secara yang lain pada bilang udah punya suami dan anak. Jangan sampe saya dikira istri atau ibu yang songong ga mau ngenalin keluarga.
  3. Saya penggemar sepakbola dan ngefans sama klub Liverpool, Persib dan tentu saja timnas Indonesia.
  4. Saya asli sunda, dan selalu dikira  bukan sebagai orang sunda.  Ada yang yang  bilang saya kayak orang Sumatera, orang Arab juga. Halah-halah... Sumpah, saya mah asli sunda.
  5. Saya tuh kalau ngomong suka kecepetan dan ga nyadar hehehe. Jadi suka dikira judes, padahal aslinya bawel.
  6. Saya punya postur mungil, bahkan anak kelas 6 SD aja bisa lebih bongsor dari saya. Rada minder sih, tapi keuntungannya jadi tampak lebih mudaan hohoho
  7. Saya penggemar easy listening musik, terutama tahun 90an. Biarin deh dibilang oldies, karena emang di tahun segitu saya tumbuh remaja.
  8. Saya orangnya suka nervous. Bisa dari gesture atau dari cara bicara. Makanya sempet keder pas diajakin jadi model dadakan. Eh tapi bisa melaluinya dengan mulus.
  9. Mimpi terbesar saya? pergi umrah dan haji sebelum usia 40. Bisa, ga? Ah, apa sih yang enggak mungkin buat Allah. Aamiin ^_^
  10. Saya geli sama cacing. Hiiiyyyyy
  11. Yang terakhir, sebenarnya saya itu orangnya ekspresif. Kalau lagi bete keliatan bete, dan kalau lagi seneng kentara banget dari ekspresinya. Jadinya saya paling ga bisa sandiwara. Ga lulus tuh kalau casting film atau sinetron (siapa juga yang mau nawarin).

Sekarang saya mau jawab 11 pertanyaaan yang sudah dikasih. Ini jawabannya.
  1.  Kenapa ngeblog?  Karena suka. It's my kinda ectasy (segitunya). Gara-gara Kambing Jantannya Raditya Dika, tuh. 
  2. Apa makanan favorit? Lumpiah basah, tahu gejrot, batagor dan buntil! Betapa maruknya, ya
  3. Kenapa suka ngeblog? Saya banyak dapat hal, salah satunya teman dumay yang nyata.
  4. Gambarkan tentang dirimu dalam 3 kata! bawel, cuek, mungil.
  5. Siapakah orang yang paling kamu cintai di dunia? Saya belajar mencintai Rasulullah saw. Sadar deh, masih jauh dari kriteria seorang pecinta, tapiiii saya pengen deket beliau di surga nanti. Aamiin.
  6. Bisakah tidak menulis dalam jangka sebulan? Kayaknya enggak. 
  7. Jika menemukan orang yang sedih dan curhat padamu, apa yang kamu lakukan? Jadi pendengar setia.
  8. Bagaimana jika kamu dihadiahi barang yang sama sekali tidak kamu sukai? Tetep bilang thank's.
  9. Apa warna favorit? Merah, dong!
  10. Jika suatu hari diijinkan pergi ke luar, negara ana yang akan kamu kunjungi dan mengapa? Saya pengen ke Jepang. Pengen nyaksiin festival Hanami dari deket dan ikut keriaan orang-orang Jepang pas bunga Sakura lagi mekar-mekarnya. Wiiih, romantis, deh. Pengen melancong juga ke Spanyol, Turki, Belanda dan negerinya bola, Inggris.
  11. Jika berdoa, nama siapa yang pertama kamu doakan? Ortu. 
Saya juga pengen nanya ah sama 11 teman saya yang lainnya. Ini orang-orangnya.
  1. Putu Ayu Winayasari
  2. Ummi Bindya
  3. Diah Woro Susanti
  4. Nurul Wachdiah
  5. Isti Thoriqi
  6. Mia Fauzia
  7. Istiana Sutanti
  8. Melly Feyadin
  9. Lies Wahyoeni
  10. Moocen Susan
  11. Noorma Fitriana
Lalu ini yang yang pengen saya tanyain. Gampang, kok.
  1.  Apa yang bisa jadi booster buat ngeblog?
  2. Hewan apa yang menurutmu lucu dan yang bikin parno?
  3. Lagi suka acara tv apa dan kenapa?
  4. Paling jago soal apa, sih?
  5. Apa yang bisa bikin ilfil dari orang yang baru dikenal?
  6. Artis atau aktor atau bisa jadi tokoh lainnya yang sedang digandrungi.
  7. Siapa nama guru yang paling dikenang dan punya kenangan apa?
  8. Kalau tidur, lebih suka lampu nyala atau mati?
  9. Obsesi apa yang belum kesampaian?
  10. Lagu apa yang enggak banget tapi suka terngiang-ngiang?
  11. Apa yang dibilang orang tentang kamu?
 Fiuh, akhirnya beres. Silahkan diestafetkan, ya. Mudah-mudahan ga memberatkan ^_~
Share:

Thursday 22 May 2014

Kejutan di Malam Jumat: Mustofa Dari Cikampek

Jangan parno dulu ah, ini ga ada hubungannya sama kismis alias kisah misteri. Lagian, saya ini orangnya ga suka sama film horor dan sejenisnya yang bisa maksa saya terkena insom. Ga banget, deh. Habis salat Isya, saya denger deru suara motor. Saya kira kakak yang baru pulang. Tapi bunyinya beda. Eh, eh yang dateng mas-mas kurir. Emang pernah pesan apa, ya? Udah lama ga belanja online dan lagi sepi hadiah dari lomba-lombaan hehehe. Eh tapi tadi siang sempat terbersih kalau kangen juga dikirimin paket. Yang jelas bukan paket bom. 

Ngomong-ngomong soal situasi dan jam kerja, salut deh, sama para kurir paket. Dulu saya pernah dapet kiriman paket abis maghrib waktu order buku dari Darwis Tere Liye. Sisanya saya dapet siang terus. Yang sehat selalu, ya, mas, pak. Kedatangan kalian dinanti banyak orang, nih. Ga ada kalian, ga rame, deh *iklaaaaan deh*
Kentang Mustofa
paket mustofa dari cikampek
Lanjut soal paket. Pas dilihat, saya terpana. Ternyata dapet paket dari sahabat kuliah saya, dulu. Namanya Cahya dan suka saya panggil Ucha  atau Cha. Ini mah kejutan pisan, lah. Isinya dua toples plastik Kentang Mustofa.Horeeee, pas lagi lapar. Yummy yummy....!

By the way, sedikit hal tentang saya dan Cha, Kami punya kesamaan postur mungil dan kalau nginep ga repot pinjem baju tidur hehehe. Cahya ini jago banget masak. Enak bingit lah.  

Lepas kuliah, kami punya kesibukan masing-masing. Karena saya tinggal sama ortu di Bandung, ya saya ga kemana-mana. Di sini aja. Sementara Cahya sekarang tinggal di Cikampek, balik ke rumah orang tuanya. Sebenernya Bandung-Cikampek ga terlalu jauh, tapi susah juga ngatur waktu. Jadinya paling banter cuma teleponan atau inbox-inboxkan diFB.. Sekedar nyapa, atau ngalor ngidul mengenang aneka kehebohan dan remeh temeh lainnya waktu kuliah atau kadang curcol, hihihi. Ladies's stuff banget!
Kentang Mustofa
Beneran, dapetnya dua toples. Buat lauk nasi sama buat dicemil, gitu, ya? :D
Karena Cahya ini jago masak, adiknya yang pramugara di sebuah maskapai penerbangan sering dibuatkan bekal. Hiks, envy deh, bisa jalan-jalan ke luar negeri dan bisa pergi umrah ke Mekah sana.  Yang tadinya cuma sang adik yang menikmati bekal buatan kakaknya, teman-temnannya Gery, adiknya Cahya ini akhirnya jadi ikutan mesen, minta dibuatin bekal. Ya bayar dong, ga gratis. So, kentang kriuk nan yummy ini sudah melanglang buana ke penjuru bumi. Sebelum nyicip malam ini, saya pernah nyaranin buat dijadiin bisnis, Saya yakin karena Cha ini emang jago masaknya. Eh ternyata bener. 


So, Cahya, semoga kentang Mustofanya laris manis tanjung kimpul, ya.
Share:

Monday 19 May 2014

Prompt #50: Mereka Saling Berteriak


Aku bersama Nadia. Sementara ayah dan ibu berada tak jauh dari kami. Tetapi kami tak melihat keduanya. Kami hanya mendengar suara-suara mereka saling berteriak. Lalu suara itu menghilang. Tak terdengar lagi.
 
credit
Hanya suara jangkrik yang hadir, meningkahi senyapnya malam. Aku berjingkat, mendekati pintu dan membukanya perlahan. Penasaran ingin tahu apa yang membuat ayah dan ibu berhenti bertengkar. Beberapa saat sebelum  suara mereka menghilang, aku mendengar suara benda kaca yang pecah.  Mungkin gelas, mungkin piring, ah entahlah. Biasanya esok pagi, lengkingan suara ayah akan memanggilku untuk menyapu serpihan beling yang terserak.
Share:

Thursday 15 May 2014

Lebih Bijak Ngeshare Link di Medsos

Beberapa hari terakhir ini sering melihat share yang wara-wiri di Time Line facebook saya. Ada yang sekadar lucu-lucuan, berbagi pesan yang baik dan ini niih, bikin kening berkerut. Lha kok gini? Kok gitu? 

sumbernya dari http://www.grassrootsinternetstrategy.com.au/

Misalnya nih sharing seorang remaja yang misuh-misuh di kereta gara-gara tempat duduk. Ah sudahlah, yang ini enggak usah diperpanjang lagi, ya. Lalu sharing tentang penyebutan Insya Allah vs Inshaa Allah. Ini sih saya cuma mesem-mesem aja bacanya. Sebenernya ini soal transliterasi aja menurut saya. Udah jelas kok dalam panduan Al Quran terbitan Depag. Cukup itu aja deh. Kan enggak sembarang orang bisa duduk di depag untuk membuat panduan ini. Silahkan buka mashaf Qurannya, ya :)

Lalu selain heboh-heboh penulisan transliterasi ini, muncul share lain.  Kasus pelecehan terhadap mahasiswa baru yang ternyata linknya hoax, perang status antar para pendukung partai - yang ini saya acuhkan bikin eneg soalnya -, boradcast di BBM soal tutup buku amalan, sejumlah ayat yang kalau enggak dishare bakal celaka dan sederet hoax lainnya. 

Soal BC ini saya pernah dibuat sewot. Saya lupa lagi detil isinya, cuma ancemannya  terasa rese, neyebelin! Pasalnya,   kalau enggak dishare saya bakal didatengin pocong yang minta dibukain tali atau mendadak tidur bareng saya. Hiiiy, BC yang menyebalkan. Saya enggak percaya beginian meskipun saya paling ogah nonton film horor. Lucunya lagi pas dapet BC ini saya baru saja pulang dari rumah sakit pasca operasi yang meninggalkan bekas sayatan sejengkal. Lumayan nyeri, membuat saya harus pelan-pelan bangun dari tidur. 

sumber gambar dari http://www.hoax-slayer.com/

Kejadiannya tanggal 1 Nopember 2012,  sekitar bada isya, saya mendapatkan bc itu. Seperti biasa,  saya abaikan. Kebetulan waktu itu belum shalat, dan lagi asyik membaca buku. Hanya  berselang beberapa menit setelah mendapat BC itu, tiba-tiba saja ranjang saya bergetar kencang. Belum ngeh kalau waktu itu terjadi gempa dengan skala 5,8 Richter.  Saking kagetnya, rasa nyeri di perut saya abaikan dan buru-buru ngacir ke kamar mandi buat mengambil wudhu dan salat Isya. Enggak lama setelah  saya shalat, baru deh saya tau kalau ternyata terjadi gempa. Duh, sumpah deh, itu yang pertama bikin hoax nyebelin banget, lelucon enggak lucu!


Jujur aja, saya pernah juga tersengat latah ikutan ngeshare. Seingat saya terakir kali share-share itu pas lagi heboh-hebohnya kudeta di Mesir. Beberapa link saya sadari ada yang hoax, dan kalau pun bener juga kayaknya ga etis buat disebar. Enggak semua orang bisa nahan lihat gambar bernuansa sadis. Masih inget juga share gambar pembantaian Rohingya, bantai pesawat yang jatuh di gunung Salak dan pelecahan ospek di Malang? Wew, ternyata semua gambarnya hoax, ya.

So, mari bijaklah ngeshare link apapun yang terlihat wara-wiri. Ada yang memang sarat hikmah dan bagus buat dishare, sekadar lucu-lucuan pun sih oke, selama tidak nyerempet SARA atau menyinggung pihak tertentu. Dan....jangan lupakan juga validitasnya kalau berkaitan dengan berita. Kalau sekiranya berpotensi jadi bahan ribut, ya skip aja deh. Setuju?
Share:

Wednesday 14 May 2014

Past & Corius: Terjebak Masa Lalu 20 tahun Silam

Pernah nonton film Back to The Future yang dibintangi  Michael J Fox? hihihi... Sepertinya yang ngacung nih malu-malu panther, secara film ini populernya di tahun pertengahan tahun 90an. Itu juga saya nontonnya di Indosiar, bukan cinema cineten bapak satar buleneng *apaan sih*  Paling enggak tahun segituan yang udah nonton udah SMP deh. Aslinya kalau tayang di cinema eh bioskop (masih satu family, kan?) malah rilis tahun 1985. Woooo, tahun segitu saya baru masuk SD. Nah, itung sendiri kapan saya lahir. Hadiahnya silahkan ambil di warung terdekat *makin ngawur!*

Film yang dibintangi Fox (sok akrab bener) menceritakan Marty, seorang remaja yang dicap cupu, pecundang dan suka dibully temennya (lupa siapa namanya). Ia dibantu seorang profesor yang dipanggil Doc. Seorang profesor nyentrik, dengan potongan rambut kayak abis diacak-acak Gundala ini menggunakan sebuah mobil dengan kap terbuka, mundur 30 tahun ke belakang buat merubah masa lalu bapaknya Marty yang juga suka dibully sama supervisornya.

Cerita selanjutnya, silahkan googling atau hunting videonya (mudah-mudahan ada yan berbaik hati ngerubah fomatnya jadi MPEG, MP4 dan semacamnya. Tahun 1985an kan formatnya masih kaset VHS nan tebel kayak bata  gitu, ya?).
Share:

Monday 12 May 2014

Paket Umrah Plus Aqso, Wisata Rohani Bersama Cheria Travel



Hari gini, siapa sih yang ga pengin pergi haji? Menikmati sensasi ibadah penuh kekhusyuan, membuktikan tanda kecintaan sekaligus menggenapkan rukun islsam sambil mengumandangkan Labbaik Allahumma Labbaik. Ya Allah, kami datang memenuhi panggilanMu. Duh, merinding, ya?

Ya sih, memang kuota haji yang terbatas atau kendala budget bisa menjadi salah satu hal yang jadi pikiran banyak orang. Tapi nih, dengan membangun mindset, Insya Allah bisa, yes, I will. Harapan yang satu ini Insya Allah dimudahkan jalannya oleh Allah. Apa sih, yang enggak mungkin buat Allah? Ya, Enggak? 

Sumber: Cheria-Travel

Share:

Wednesday 7 May 2014

Mamak Kitchen: Satu Spot Dengan Tiga Cita Rasa Kuliner Jiran

Ngomongin Bandung biasanya enggak jauh-jauh dari 3F. Food, Fashion and Fun(s). Food dengan kulinernya, Fashion dengan aneka FO atau distro dan Fun dengan berbagai keriaan, mulai dari tempat-tempat wisata dan aneka acara yang jadi pengundang semut. Bukan cuma semut lokal saja, tapi juga semut interlokal asing.  Misalnya nih, jalan Riau alias R.E Martadinata yang strategis dan dekat ke mana-mana. Ada mall, hotel, dan distro yang bertebaran di titik ini. Salah satunya adalah bangunan antik yang kental dengan romansa Eropa, a.k.a  Heritage. Kenal dong sama gedung yang juga cagar budaya ini? 


Share:

Tuesday 6 May 2014

Launching Family Entertraining Muhammad Teladanku


Ku rindu padamu ya Rasul
Ku rindu ada di dekatmu
Ingin ku jumpa sekejap saja
Walau hanya dalam mimpi

Bait di atas ini adalah penggalan dari potongan nasyid Rinduku yang dibawakan oleh Kang Harry BPM yang berduet dengan kang Cahya dalam acara launcing Family Entertraining Muhammad Teladanku (FEMT) di  gedung Landmark Braga. Acara talkshow yang berbarengan dengan gelaran Islamic Book Fair. Talkshow  ini berhasil menyedot animo pengunjung arena, meskipun dalam run down acara hari Minggu, 4 Mei 2014 kemarin dimulai paling awal, sekitar jam 09.00 pagi. 

Talkshow yang asyik dan hangat. Koleksi Pribadi
Share:

Saturday 3 May 2014

Thursday 1 May 2014

Resensi Buku: Sang Patriot


Ada yang pernah nonton film Merah Putih yang dibintangi Lukman Sardi? Film trilogi yang mengambil seting pada masa kemerdekaan itu saya tonton seri pertamanya tahun 2009 di bioskop. Jarang-jarang saya mau ke bioskop, baik itu nonton film barat maupun film Indonesia. Bukan apa-apa sih, soalnya males ngantri saat antriannya masih mengular. Kalau pun sampai bela-belain mau nonton sebuah film, setidaknya di mata saya film itu adalah film yang keren dan menarik. Benar saja, bersama adik  yang waktu itu  masih di bangku SD, saya tidak menyesal menonton film ini.  

Dalam beberapa hal, kelemahan dari sisi sebuah film adalah tidak bisa seutuhnya mengangkat semua detil layaknya dalam sebuah buku. Belum lagi, eksotisme dari membaca adalah sudut pandang yang timbul setelah membaca dari setiap orang belum tentu sama. So, kalau ada film yang diadaptasi dari sebuah buku akan lebih afdol kalau dibaca dulu bukunya. Spoil memang, kita keburu tahu endingnya seperti apa,, tapi visualisasi yang kita bayangkan dengan penafsiran sutradara tidak selalu sama, lho.

Buku yang akan saya resensi ini memang belum diadaptasi ke layar lebar, namun menyimak kisah nyata dari seorang  Mayor Mochamad Sroedji, sepertinya akan menjadi sebuah fim yang asyik dan layak diapresiasi. Sudah lama juga, ya, kita tidak menyaksikan film beraroma heroik  perjuangan pahlawan-pahlawan Indonesia yang wara wiri di bioskop?



Judul Buku                   : Sang Patriot
Penulis                         : Irma Devita
Tebal                           : 266 halaman + xii
Penerbit                      : Inti Dinamika Publisher
Cetakan Pertama        : Februari, 2014         
ISBN                             : 978-602-14969-0-9

Share: