Saturday 15 November 2008

Hot mix?

Mestinya bulan yang ujungnya ber-beran udah masuk musim penghujan. Tapi nyatanya (ini juga kata BMG:-P) curah hujan sekarang ini belum bisa dikategorikan sebagai musim penghujan. Belum masuk musimnya aja kita udah dibuat kerepotan sama banjir yang datang setelah atau malah barengan hujan.
Glek?! Jangan salahkan alam, salah manusia juga, ya kita!
Menjelang bulan ramadhan kemaren suhu di Bandung dan kota-kota laennya di Indonesia naudzubillah panasnya ampun deh. Kalo ga salah sekitar 33-35 derajat celcius! Katanya juga saat itu karena posisi bumi - di belahan Indonesia kita yang tercinta - lagi deket-deketnya dengan matahari. Ada yang inget ga pelajaran fisika/geografi apa tuh istilahnya? Au ah, gelap hehe..
Well, even lagi deket-deketnya gitu setidaknya ekses begitu bisa direduksi. Ada banyak faktor yang bikin bumi kita makin hot kayak sambal balado, amboi...
For example ruang hijau terbuka yang makin sempit, polusi udara, efek rumah kaca, freon, resapan air hujan yang makin berkurang...
Ah, ini dia salah satunya! Coba perhatiin jalanan di perumahan atau komplek-komplek di kota besar. Masih ada ga yang jalanannya masih konvensional alias tanah nan sederhana? Kayaknya cuma di pinggiran kota aja ya kita bisa nemu. Nyaris ga ada kayaknya kalo kita perhatikan . Memang becek sih setelah hujan turun. Kesan kotor, jijik, bau dan sebagainya langsung menyerbu menusuk hidung kalo kita jalan di perumahan dengan jalanan seperti ini. Tapi sebenernya kalo pengelolaan sampahnya udah profesional ga bakal kok.
Lalu, di hot mix? Beton? Wah, cuma diversifikasi masalah yang bikin Bandung tambah panas aja. Coba bayangin, gara-gara dihotmix pohon-pohon rindang depan rumah kita harus ditebang habis sampai ke akar tanpa sisa. Air hujan yang terbuang begitu aja. Belum lagi kalau jalanannya rusak. Itung deh berapa yang harus keluar buat membeli aspal, kerikil, pasar dan sebagainya... Cape deh.
Trus? Ga mesti pake hotmix! Ada alternatif laen yang bisa kita tempuh dengan cost lebih murah dan ramah lingkungan, paving block!
Selaen ga ribet, ga kotor/becek juga air hujan bisa masuk meresap ke dalam tanah. Selain itu pohon-pohon rindang yang berjajar manis di kanan kiri perumahan kita juga ga bakal jadi tumbal cuma karena kita pengen jalan yang mulus.
Hmm kangen ga sih Bandung yang sejuk, Bandung yang dingin berkabut di pagi hari, aroma tanah selepas hujan dan kenyamanan lainnya?
So, let's save the earth. Mencintai lingkungan juga salah satu bentuk ibadah kita pada sang khalik, Allah SWT. Ya ga?
Share:

Wednesday 22 October 2008

Bingung

Nengok ke atas, samping kanan kiri, ngebolak balik yang kira-kira rada 'nyungsep' trus bungkuk liat kolong-kolong tetep aja belum ketmu, still clueless. Sebenernya ada dimana ya? Jadi bingung... Padahal lagi perlu banget. Hmmm
Share:

Saturday 11 October 2008

Galings are arise

Akhirnya bisa juga nonton laskar pelangi hari kamis kemaren aku bareng adik n temen-temen. Kita mutusin buat nonton di 21 yang baru di BTC, katanya murah cuma sepuluh ribu aja di hari biasa heu3 kenapa ga?
Rencananya kita mau nonton yang paling awal alias jam 12.15. Glek... Ga nyangka antusiasnya ruar biasssaa! Jam 11 kurang 15 calon penonton yang mayoritas ortu dengan mahluk-mahluk ciliknya udah berdiri menuhin tangga depan cineplek. Waduh, dapet ga ya? Males banget kalo harus nunggu jam 14.30.
Sekitar jam 11.15 akhirnya loketnya buka juga, dan dalam 15 menit tiketnya udah abis, laris manis tanjung kimpul kaya kacang goreng! Weleh2... Aniway, kita sendiri dapet kursi paling depan lantaran yang di belakang udah terisi, full house! Yasud, daripada nunggu ampe sore terima aja kenyataan harus nonton dengan kepala agak menengadah, resiko he3.
O, ya karena ga boleh bawa makanan dan minuman dari luar, kita stil nekat bawa dari luar n ngumpetin di tas. Lumayan banget lah margin harganya. Hehehe
So, filmnya beneran bagus. Emang kendalanya filmnya ga bisa mengadaptasi semua detil cerita di buku, tapi Mira Les cs gape banget mengangkat bagian-bagian penting tanpa membuat penonton bingung en kehilangan esensinya. Seru, lucu, menggemaskan, mengharukan. So, you should watch if you haven't.
Jadi biar ga penasaran dateng aja ya.
O,ya baru ngeh setelah temenku nanya ada sesuatu yang menarik di film itu. Galing! Heeh. Film itu ternyata dominan dengan mereka yang galing. Ikal kecil, Ikal dewasa, Andrea Hirata si penulis buku, Mathias Muchus bokapnya ikal, sutradaranya Miles n Riri, Nidji yang nyanyi ostnya, Roma Irama pujaan si Ikal en tokoh-tokoh laen di film itu banyak yang berambut galing alias ikal. Galings are arise! Ga bermaksud mendiskreditkan mereka yang galing ko coz i am part of them too..*lol*
Satu lagi esensi yang kita dapet dari film ini, kreatifitas yang mendidik ternyata bisa dikreasikan tanpa harus mengeksploitasi hal-hal yang tabu dan sara. Apalagi diantara film-film nasional yang lagi tayang cuma film ini yang entertaining dan edukatif sekaligus booming!
Share:

Wednesday 8 October 2008

Second Eid

Lebaran hari pertama kemaren belum semua kerabat disambangi. Hari kedua kita mutusin buat ngunjungin keluarga besannya ortu di bilangan Buah Batu.
Oalah, suasana Lebaran di Bandung yang identik dengan jalan yang lengang hilang sudah begitu ngeliat iring-iringan kendaraan yang padat di jalan tol... Mestinya kalau udah begini ga mesti bayar ya? Namanya juga jalan tol, bebas hambatan. Ya ga?
O, ya hari itu kita ngalamin sedikit insiden. Sebelum pergi, mobil yang kita tumpangin ga sengaja nyenggol pick up yang lagi parkir di belakang kita. It's not a big deal anyway, tapi yang punya ntu pick up minta ganti rugi yang 'kemahalan.' Cuma bumper aja yang kena dikiit aja, tapi beliau minta ganti rugi kegedean. Padahal ada pihak ketiga yang ngebantu nengahin kita berikut estimasi charge yang mungkin timbul. Sebel, gondok, grumpy dan rombongan keluarga emosi jiwa 'ujug-ujug' muncul 'bleg' ngusik hati... Berat emang ngasih ganti ruginya, tapi udah lah no need to argue. Mending juga urusannya kelar di dunia ketimbang dituntut di akherat ya?
Dengan sedikit kesel yang masih tersisa, akhirnya kita bisa pergi juga. Setelah nyetel asmaul husna, emosi yang tadi nyaris nyampe ubun-ubun perlahan mulai reda. Nyess... Adem tenan.
Satu pelajaran yang kita dapet hari itu: emosi tinggi ga bakal menyelesaikan masalah.
Share:

First Eid

30 september sore hari.
Lepas adzan maghrib, gema takbir mulai berkumandang... Indahnya, gema suaranya mengangkasa menembus awan. Rasa kangen pada Ramadhan dan keharuan di malam takbir, perasaan yang mungkin hanya muncul setahun sekali... I miss eid night a lot:-).
Jam 10 malem aku belum ngantuk, film kun faayakun di tv jadi tontonan pas. Hwaaa, temanya sederhana tapi beneran bagus. Heran ya, kenapa apresiasi masyarakat kita payah banget? Apa karena ga menjual cinta? Ga nge pop? Padahal pesan yang disampaikan filmnya juga nunjukin betapa cinta dari yang maha besar ternyata selalu hadir menyapa?
Ah, sudahlah next time aja ngebahasnya ya.
Subuh hari, setelah shalat subuh aku dan keluarga siap-siap menuju masjid buat shalat ied. Akhirnya dapet tempat juga, tepat dihalaman masjid deket pilar. Belum lama aku dan adikku duduk, mata kita langsung tertuju pada kotak kencleng dengan bentuk yang rada 'aneh'. Bentuknya setengah tabung ditutup kain warna ijo. Sekilas sih biasa aja, tapi tulisan berbahasa arab di atas kainnya itu yang bikin bulu kuduk 'melek'. Inna lillahi wainnailaihi rojiuun... Lah, kok kotak amal tampak horor ya?lebih mirip miniatur keranda...
By the way khutbah ied pagi itu bagus lho. Yang masih nempel diingatin, adalah 3 hal yang bisa membuat orang jadi mulia.
1. Memberi pada orang yang tidak pernah memberi.
2. Menyambungkan tali silaturahmi pada orang yang memutuskan.
3. Memaafkan orang yang pernah membuat kita teraniaya.
Sound simple but not easy huh?
Share:

Tuesday 30 September 2008

Hujan

Biasanya menjelang ramadhan berlalu (hiks) rinai hujan selalu datang menyapa. Aroma bau tanahnya yang khas bikin kangen. Tapi udah berapa hari ini yang terasa malah panasnya terik matahari. Kalaupun hujan, cuma sebentar saja.
Tadinya aku pikir Ramadhan kali ini bakal berakhir dengan cuaca yang gerah. Ga ekstrim sih, tapi lumayan panas juga. Dari runing teks di tv ternyata (katanya) badai di Filipina punya kontribusi naiknya suhu di Indonesia.
Lah, kena kiriman hawanya aja udah panas kayak gini, apalagi hari akhirat nanti ya? Padahal saat itu nanti jarak matahari cuma sejengkal di atas kepala. Hiiy...serem. Cuma amal-amal terbaik kita yang bakal jadi penyejuk di akherat nanti. Amin ya Allah.
Nyaris aja hari ini berlalu dengan sedikit keputusasaan. Meski secara periodik mestinya udah hujan. Tapi ternyata hujan yang turun cuma sebentar ditambah lagi air sumur yang mulai surut.. Sampai Asar menjelang air belum juga keluar, ketebak ga ekses minimnya?hehehe aku belum mandi, setelah akhirnya kita beli air sampai 2 roda. Wah, nyess.. Seger tenan bisa mandi.
Nah, menjelang maghrib, Allah menunjukkan kebesarannya. Subhanallah, Alhamdulillah, Allahu Akbar! Akhirnya hujan turun juga. Hilang deh panas gerahnya, plus permukaan air sumur kembali naik dan kran bisa mengalirkan lagi airnya, Alhamdulillah. Thank you Allah..
Share:

Saturday 27 September 2008

Thursday 25 September 2008

THR = Gaji ke - 13

Dari Milis Iqra:

Thr jadi kata yang akrab bahkan mungkin paling ditunggu bagi setiap karyawan. Tapi pernah terpikir ga kalau ternyata THR itu adalah gaji ke 13, so emang udah jadi hak para karyawan.
Sebagai ilustrasi, anggap saji gaji kita dalam satu bulan adalah 5 juta (amin:-)). Jadi setiap minggunya gaji yang kita dapat sebesar 1,25 juta (5 juta dibagi 4= 1,25 juta). Dalam setahun ada 52 minggu. Kalikan 1,25 juta dengan 52 minggu. Hasilnya 65 juta. Gaji 1 bulan sebesar 5 juta X 12 bulan = 60 juta. Nah ada selisih 5 juta, inilah gaji ke 13 alias THR kita. Coba hitung berapa gaji dan thr teman-teman. Sama ga?
Share:

Sunday 21 September 2008

Kerinduan dan Harapan

Tragedi zakat Pasuruan beberapa waktu lalu kembali mengusikku. Aku jadi tersenyum kecut membaca sebuah sentilan, "betul, orang miskin jadi berkurang, contoh paling gampang ya itu, tragedi Pasuruan kemaren. Paling ga, 21 orang miskin di sana udah berkurang."
Ironis, sentimen atau apa pun itu rasanya bikin miris aja. Sama halnya saat bulan Ramadhan kali ini. Rasanya ada banyak orang yang terang-terangan show off menunjukan ketidak puasaannya. Entah karena alasan apa, termasuk ketika aku menyaksikan beberapa orang abang tukang becak yang aku lihat juga cuek aja menghisap rokok padahal adzan maghrib belum berkumandang.
Rasa iba sepertinya menguap, satu sudut hatiku mengeluh, "udah susah cari uang, dibakar eh ga puasa pula." Lantas satu sisi lain menyambung. "Barang kali ilmunya belum nyampe, mungkin mereka justru lebih banyak berpuasa saat kebanyakan kita asik menikmati makanan di hari biasa. Atau mungkin kalau berpuasa mereka ga punya tenaga untuk mengayuh becak."
Miris ya rasanya. Saat kita merasa sedih harapan dan asa kita tersendat ternyata masih banyak orang yang jauh lebih malang dari kita. Seperti juga sore tadi menjelang isya seorang kakek tua menggelar karung beras untuk alas jualannya, buah kuni, mirip kersen tapi lebih kecil dan masam rasanya. Sekilas seperti jualan ala kadarnya, rasanya seperti bocah kecil yang sedang bermain pasar-pasaran. Beberapa jam berlalu saat aku pulang melewatinya, kakek penjual kersen tadi masih asik berkutat di tengah jualannya. Tidak jauh darinya ternyata dia ditemani seorang bocah kecil, mungkin cucunya. Kasihan sekali. Sesekali kelopak matanya mengerjap, menahan kantuk. Sementara si kakek tadi tampak bersemangat saat aku menghampirinya, ada sedikit gurat ceria di wajahnya. Sambil menunggunya mencari kantung plastik aku sempat memperhatikan,sepertinya tidak banyak yang membeli jualannya. Gundukan buah kuni yang masih banyak, bahkan ketika ia menukarkan uang pada seorang penjual rokok seolah menunjukkan ia tidak punya banyak uang untuk membayar uang kembalian. "Udah jarang yang jual buah ini neng. Rasanya segar lho,"seloroh kakek tua itu seperti berpromosi. Duh, kasihan sekali.
Sejenak aku melamun dalam sisa langkahku menuju rumah. Bocah kecil itu. Ya, disaat malam seperti ini mungkin anak-anak seusianya tengah menderas quran, beritikaf, sudah tertidur lelap, atau menonton tv, atau barangkali baru saja pulang usai belanja lebaran. Ramadhan tidak kurang dari sepertiga di penghujungnya. Mungkin bagi bocah sepertinya tidak terpikirkan keceriaan di masa usianya. Entahlah, apakah cukup penjualan malam itu untuk makan sahur besok atau sekedar menghangatkan tubuhnya ditengah dekapan malam yang dingin.
Sedih sekali. Rasanya semua keinginan-keinginanku tidak ada artinya saat masih banyak yang jauh lebih malang dariku.
Dan kerinduanku terbit kembali. Aku merindukan seorang pemimpin yang adil, pemimpin yang menyayangi rakyatnya seperti khalifah Umar bin Abdul Azis ketika ia memimpin. Begitu takut akan beban amanahnya, betapa sulitnya seorang muzaki pada masanya mencari mereka yang layak mendapat zakat dan sedekah. Bahkan betapa rindunya aku pada seorang pemimpin besar Rasulullah SAW yang rela tidur beralas pelepah daun kurma. Baginda begitu bersahajanya, bahkan seorang pengemis yahudi yang buta yang selalu menyerapahinya pun tetap ia suapi dengan lembutnya tanpa dendam...
Semoga saja di negeri ini belum kehilangan khalifah Umar bin Abdul Azis lainnya, hartawan yang dermawan seperti sahabat-sahabat Rasul lainnya. Semoga bukan hanya Bangladesh yang mempunyai manusia seperti Muhammad Yunus.
Ya Allah, jangan biarkan kemiskinan dan kepapaan menjauhkan kami dariMu. Ya Allah, jangan biarkan kami jadi hamba yang kufur akan nikmatMu. Ampuni kami jika kami tersalah, jangan hukum kami dengan azabMu karena kelalaian kami. Sayangilah kami ya Rabb. Jauhkan negeri kami dari kehancuran. Lindungi kami dari mereka yang ingin menyeret dan menggelincirkan kami...
Share:

Monday 8 September 2008

Unpaid Owe

Sabtu kemaren aku pergi nengok Eni - teman kerjaku di dealer, sebelum aku pindah bekerja di sekolah - yang baru saja melahirkan. Wow, bukan cuma sekedar nengok aja tapi juga sekalian ketemu dengan teman-teman yang lain. Isn't it nice huh?
Well, Naila, kalo ga salah nama bocah mungil yang baru menatap dunia itu. Nai lahir setelah Eni melalui sebuah perjuangan berat. Karena suatu hal, Eni harus menjalani operasi cesar.
Disinilah nyawa seorang ibu dipertaruhkan. Tidak hanya dibebani kandungan selama sembilan bulan saja, tapi juga setelah melalui operasi cesar Eni harus merasakan sakitnya proses penjahitan perutnya tanpa bius sebelumnya.
Beberapa diantara kami mendengar cerita Eni dengan mimik muka meringis.
"Kok ga dibius Ni? Ga sakit emang?"
"Heeh sakit. Saking hebatnya tanganku memukul dokter yang menjahit perutku,"tukasnya sambil menjelaskan kenapa ia ga mendapat bius lokal. Bukan cuma itu saja, Eni juga tidak leluasa bergerak mulai dari ga nyaman berjongkok, sempat terjatuh pingsan pasca operasi hingga tidak bisa mandi selama beberapa waktu ke depan karena terhalang luka operasinya. Syukur Alhamdulillah Eni punya keluarga yang selalu siap membantunya.
Subhanallah, disitu lah mulianya Seorang Ibu hingga Rasulullah SAW mengatakan seorang ibu mendapat posisi teristimewa, tiga kali lipat dari Ayah. Keleluasan memilih pintu surga, dan previllage lainnya. Adakah yang bisa membayar pengorbanan seorang ibu meski semua kulit tubuh kita terkelupas, atau seluruh jagat dipersembahkan?
Share:

Thursday 4 September 2008

Menjaga Hati

Hari ini hari ke empat shaum, hari pertama masuk sekolah lagi setelah libur 3 hari. Nanggung banget, kenapa ga bablasin aja jadi seminggu ya?heu3 dasar males, ga produktif!
Hari ini banyak banget guru-guru yang minta tolong aku buat ngetikin RPP. Setelah sebelumnya ada beberapa pekerjaan yang masih gantung, plus beberapa intermezzo tadi, jadilah komposisi unik buat ngaduk hati jadi suntuk, sebel, kesel dan sebagainya.
Disela-sela suasana hati yang ga jelas itu, aku berusaha nahan emosi, tapi ga urung juga mulut manyun nan dowerku muncul lagi. Huah, jelek bener dah! Untungnya masih ada layar monitor. Setidaknya tampak kusut siang tadi tercover layar.
Yaa, cacat deh amalan shaumku hari ini. Astagfirullah... Payah bener aku ya?
PR gede ni buatku menjaga hati biar ga gampang suntuk. Doain yaa
Share:

Sunday 31 August 2008

Again

Dealing with this thing, it's feel like easy come easy go.
It's been a several time i am dealing with. What can i do?
Now, i think it's annoying me again for hundred time, making me feel so deep
Gotta be tough..

I know, there's never wrong with His plan
I can see it in ahead

Meski yang kini aku rasakan
ku tahu semua darimu ya Allah
hidup matiku adalah kuasamu
sembah sujudku ya Allah.
Share:

Saturday 30 August 2008

Tuesday 26 August 2008

Blessing month

Counting days into ramadhan. It is only five days ahead before fasting.
Being fasting doesn't mean loose any energy. Even we should more energetic. Allah SWT has guaranted every single good thing will be reward up to 700 times more than any other months! (please correct me if i'am wrong)
wow, that's cool!
I have mark on my calender, some good event need to be attended. Hopefully it just the begining, a just the triger, not only this one.
I need to prepare my self in a good condition, a very well condition.
So get spirit!
Guys, thanks for your supports.
Anyway have a great fasting month. Happy ramadhan.
Share:

Monday 25 August 2008

Powerless

Feel so tired. Whatta hectic days it is. I have some undone working from school, 3 project - actually i offer the two of them - from friend need to be finish. Anyway all of them is gonna close to the line.
Poor me, i'am not in the good mood anyway. Sigh ...
Any suggestions?
Share:

Saturday 23 August 2008

Teaching or giving? (part two)

Setelah modal diberikan, mulailah si ibu ini menjalankan usahanya. Sang teman ini kerap mengunjungi si ibu untuk mengetahui perkembangan.
Subhanallah, janji Allah tidak pernah salah. Manusia bisa merubah nasib asal dia mau berusaha.
Usaha gado-gado si ibu ini berkembang pesat. Yang terpenting lagi, dia sudah tidak mengemis lagi.
Ya, that's call teaching. Memberi kail sambil mengajari bagaimana menggunakannya.
Kira-kira pemerintah kepikiran ga? Menyeret gelandang, pengemis dan mengirimnya pulan. Mengusir pkl di pinggiran jalan tanpa memberi solusi yang lebih baik.
Ok, ada yang mendapat pelatihan dan diajari keterampilan. Tapi begitu saja menurutku ga cukup. Fasilitas, modal dan segala kemudahan lainnya, hey that's important!
Infrastruktur kota dan desa yang jomplang, distribusi pendapatan yang ga merata, akses untuk mendapatkan hak warga negara yang sulit.
Hmmm... Keadilan ekonomi, kedaulatan ekonomi. Kita sebagai tuan rumah, do we feel like at home now? When?
Share:

Teaching or giving? (part one)

Pengamen jalanan, sudah pasti pernah menemuinya kan? They sing a long no matter how good or bad they do, some people would give some money. Kadang di beberapa perempatan tertentu kita sudah hafal siapa saja mereka. Ya, kalau nyanyinya bagus udah jadi nilai plus, they can gain much more. Kalau pas-pasan atau fals bin sumbang masih ada juga yang menaruh iba. Yang parah pengamen yang tiga perempat maksa-maksa seperti di sekitaran pasar baru bandung. Huah, gayanya memang nyebelin. Physically penampilan mereka lebih mirip anak-anak berandalan. Kalau dapat uang ga ada masalah. The problem is when no one care. Mereka nyaris malak penumpang sampai masuk ke dalam angkot dan menadahkan tangan, even sampai ke penumpang yang duduknya paling mojok.
O, that's worst! Aku pernah mengalaminya. Kadang kalau ketemu mereka i think i better gave them some, males banget kalau lihat mereka uring-uringan, keluar serapah, ngeludah etc.
And.. at the time, aku gak punya uang kecil. Pas banget buat ongkos, sialnya lagi aku penumpangnya lagi lowong dan ga ada yang ngasih. Try to think in positive way, mungkin mereka juga ngalamin hal yang sama.
Tapi tetap saja orang ga sama kan? So, gitu juga dengan pengamen. They were mad. Bahasa planetnya keluar plus serapah-serapahnya cukup bikin merah kuping. "Sialan, kalian penumpang payah, pelit. Ga bisa apa kasih uang dikit buat kami makan?" kurang lebih seperti itu mereka ngomel sambil meludah.
Silly. Aku jadi pengen tertawa. Ga punya uang buat makan ya?penyless for food?lha, apa itu di tangan?there's some money in his hand. Aku ngelihat ada banyak lembaran uang ribuan, ada lembaran sepuluh ribu. Buat apa ya?
Ah, never mind, sorry aku ga ngasih kali ini batinku. Meski nyebelin, ga ada gunanya ngeladenin orang-orang nekat kaya mereka. I think it's a big home work buat aparat, bukan cuma asal seret asal gelandang, tapi juga approach yang sesuai buat mereka.
Meanwhile di beberapa perempatan lain ada fenomena sama dengan latar belakang berbeda. Di perempatan soekarno hatta - pasir koja, banyak sekali gerombolan gelandangan bocah di sana. Kasihan betul kondisi mereka. Usianya sekitaran usia SD. Ada yang ngamen asbun, asal jreng, asal tepok. Nawarin jasa ngelap dengan kemoceng atau malah lap yang sebenernya malah bikin kotor. Yang lebih ekstrim lagi ngemis, minta uang langsung! Sementara bocah-bocah kecil ini mengusik pengguna jalan, ga jauh di sudut jalan ada induk semangnya yang memperhatikan mereka. How poor. Bisa bayangin apa yang bakal terjadi kalau bocah-bocah ini ga bisa memuaskan induk semangnya? Mungkin hardikan, mungkin pukulan, tendangan, ga ada makanan dan sebagainya.
Yeah, what can i do? Setidaknya aku cuma bisa ngasih mereka sedikit receh even though it won't solve the problem.
Pernah terpikir ga kenapa induk semangnya seperti luput dari pengamatan? Seem that they weren't exist.
Lain waktu aku pernah ngasih pengamen sedikit receh. Kebetulan sekali penumpang yang tersisa tinggal aku. Ga lama setelah lampu hijau menyala dan angkot yang aku tumpangi kembali melaju sang sopir menegurku.
"Kebiasaan neng. Mereka tuh pemalesan. Mending jangan dikasih aja, ga mendidik,"selorohnya.
Aku diem aja. Mendidik? Dengan cara apa aku mendidik? Apa kalau aku atau siapapun ga ngasih mereka bakal mikir, "o ya. Aku ga dikasih nih, aku lagi dididik penumpang buat ga ngamen lagi."
Begitu ya? Trus apa kita udah kasih solusi? I bet they wouldn't think so. Sepertinya mereka ga bakal begitu aja berhenti mengamen. Mereka sudah kebal dengan drama kejar-kejaran satpol PP.
Aku pikir kita ga bisa begitu aja memukul rata, mengeneralisir semua kasus punya latar belakang sama. Pernah juga sih aku menemukan pengamen yang badannya bau lem. Jalannya sempoyongan, badannya kurus kering, bajunya kumal. Mengenaskan! Sori, untuk pengamen seperti dia aku keberatan sekali memberinya uang, jangan-jangan malah dipake ngelem.
Fiuh, mudah-mudahan aja aku ga salah. Toh untuk pengamen lainnya aku masih mau ngasih sedikit receh. Sekali lagi, aku ga bisa berbuat banyak, setidaknya mendingan kita ngasih uang buat mereka makan, daripada nekat.
Jadi teringat salah satu tulisannya Bayu Gawtama. Kalau ga salah bukunya berjudul Berhenti Sejenak.. Correct me if i'am wrong.
Kurang lebih dalam salah satu bagiannya Mas Bayu menceritakan kegemasan seorang laki-laki melihat temennya cuek, ga pernah mau ngasih pengemis yang ditemui di jalan. Sebegitu pelitnya kah?
Ternyata tidak, hingga satu waktu sang teman yang dikira pelit ini mengajak si laki-laki tadi menemui seorang ibu penjual gado-gado. Singkat cerita si ibu penjual gado-gado ini dulunya seorang pengemis. Satu waktu si ibu ini bertemu dengan si teman tadi yg dikira pelit. Dia menawarkan dua opsi pada si ibu. Mau dikasih receh, atau diberi sejumlah uang dengan syarat harus dijadikan modal usaha. Si ibu pengemis ini memilih opsi kedua. Akhirnya si ibu pengemis ini menggulirkan uang pemberian tadi untuk modal berjualan gado-gado.
Share:

A price for daddy's time

Andre is a little boy. He always waiting for his daddy in the evening after working day. One day, after his daddy's home he ask his dad.
"Dad, how much did you paid for a month?"
"It's about two million and five hundred thousand rupiahs," his dad replied.
"so, how much did you got for a day?"
Confusely his daddy answered, "it's one hundred thousand my dear. What's the matter?"
Yet Andre didn't answered, instead asking for more. "Then you were paid fifty thousand rupiahs for a half day?"
"Yup. Why?" his daddy become annoyed.
Then Andre asking his dad again. "Dad, would you add my money? Just five thousand rupiahs. I only have forty five thousand rupiahs. I want to buy you just for a half day to go fishing with you".
Share:

Thursday 21 August 2008

Messages from a friend

Aku memanggilnya 'Neng. Kami berkenalan dalam sebuah acara mabit di DT di akhir bulan Januari lalu. Ga seperti perkenalan lainnya, meski baru mengenal kami langsung "nyambung". Selain aku dan 'Neng masih ada dua orang lainnya, -Nia, seorang ibu muda dan Wiwi -yang juga saling akrab, jadilah kami berempat seperti sahabat lama yang bereunian.
Tentu saja bagi Allah tidak ada yang kebetulan, apa yang kita alami sudah ada dalam skenario.Nya ya? Begitu juga dengan 'Neng.
Aku ga tau, rencana apa yang sedang disusunNya. 'Neng cukup rajin mengirim pesan tausiyahnya. Sederhana tapi mengena.
Ya, mengena. Ada beberapa pesan yang dikirimnya pas betul dengan apa yang aku alami atau aku pikirin even aku ga curhat! Hmm sekali lagi ga ada kebetulan bagi Allah. Berikut ini 2 dari isi smsnya yang dia kirim. By the way ga usah lebai juga ya karena bukan sms gombal lintas gender:-). So, aku pikir ga ada salahnya juga disharing disini. Mudah-mudahan bisa bermanfaat juga buat teman-teman.
#1:
Saudaraku, jika kamu diberikan peran oleh ALLAH dengan kesenangan, banyak nikmat dan kemudahan dalam hidup maka lakukan dan lakonilah peran tersebut sebaik-baiknya dengan cara memperbanyak bersyukur dan beribadah kepada Allah, banyak membantu orang-orang yang susah, tidak pamer dan menyombongkan diri, tidak egois dan serakah serta tidak lupa diri dan memperturutkan nafsu.

#2:
Orang ridha itu akan menerima lapang dada, tidak bersedih dan kecewa apapun takdir Allah kepadanya walaupun hal itu tidak mengenakan baginya karena dia yakin bahwa setiap takdirnya walaupun tidak mengenakkan pasti banyak hikmah dan kebaikan di baliknya, karena Allah maha baik dan penyayang, tak pernah zalim kepada hamba-hambaNya.

Alhamdulillah, terima kasih ya rabb Engkau telah memberikan lagi satu sahabat terbaik yang Engkau pilihkan untukku. Satukan kami di jalanMu, Eratkan ukhuwah ini dan kumpulkanlah kami di surgaMu kelak.. Amin ya Allah.
Share:

Wednesday 30 July 2008

Ayat-ayat cinta

Sebenernya termasuk basi ngebahas yang ini. Tapi basi yang satu ini bukan basa-basi yang biasa (lha?), hehehe kaya iklan aja, tapi yang jelas ga da bakteri atau jamur. Kan tinggal pake ... naon seh, iklan mulu yak?
Lanjut ke topik ah, fenomena ayat-ayat cinta kayaknya masih membekas ya? Buktinya di rcti ada sinetron munajah cinta yang menurutku inspired by the movie. Ga ngikutin jalan ceritanya sih tapi sempet liat awal-awal ceritanya. Lah, inimah ateuh inspired (ato nyontek?) dari ayat-ayat cinta. Ga mirip banget emang, tapi karakter tokohnya kelihatan. Misalnya karakter Atar yang shaleh, lembut dan disukai banyak wanita. Lalu ada Khadija yang cantik, pintar, punya materi lumayan de el el. Dengan sedikit modifikasi disana-sini plus alur cerita bertele-tele jadilah MC sinetron khas Indonesia yang putarannya gak puguh juntrungan bikin lieur penontonnya.
Terlepas dari kualitas film AAC yang terlalu 'ngepop' dan dampak ikutan lainnya macem sinetron MC, budaya masyarakat Indonesia yang latahan, ada yang menarik dari fenomena ini. Karakter Fahri, Aisha, Maria atau siapapun itu adalah sosok ideal yang dirindukan. Rasanya seperti kejatuhan duren (ngehindar dulu dikit karena tetep aja sakit plus benjut-benjut hehehe) dapat pasangan sholeh/shalehah kaya mereka. Lah siapa yang nolak? Ya ga? Kalo mimpi punya suami ganteng kayak nabi Yusuf A.S atau tajir kaya nabi Sulaeman A.S atau selembut nabi Muhammad SAW ketinggian tuh, yang ada cape kalee :-).
Tapi kadang kita suka lupa ya. Kita lebih banyak mimpi bin ngarep dapat pasangan kayak mereka tapi usaha kita ga maksimal. Kita terlalu berharap dapat sesuatu yang bagus tapi kita sendiri ga berusaha memperbaiki diri.
Jadi inget omongan seorang teman. "Boleh aja sih kita mimpi dapet suami kaya Ali, tapi coba pikir dulu, renungin. Apa kita udah kaya Siti Fatimah hingga layak dapetin dia?"
Glek.. Jadi malu... Emang saya udah seperti apa ya sampe ngarep gitu tapi ga berusaha memperbaiki diri. Kalo soal fisik emang dari sononya gitu, ga usah protes, sia-sia. Dosa malah. Tapi kalo faktor laen kaya sikap, tingkah laku, kebiasaan, pola pikir de el el bisa dong kita rubah atau kita perbaiki.
Hmmm...
Share:

Sunday 27 July 2008

Doa (Al Baqarah :286)

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdo'a): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."
Share:

A Thousand Splendid Suns

Mariam, seorang gadis Afghanistan, -harami yang tidak diharapkan kehadirannya- lahir dari seorang ibu, wanita afghanistan biasa-biasa, Nana dan ayahnya, seorang pengusaha terpandang di kotanya, Jalil. Kehadiran Mariam sebagai seorang harami yang lahir diluar perkawinan membuat ia dan ibunya Nana hidup terasing di Gul Daman, sebuah desa di utara Herat.
Jalil sang ayah kerap mengunjungi Mariam untuk bermain bersama, momen yang selalu dinantikan setiap minggunya. Perhatian dan kasih sayang yang didapatkan Mariam dari Jalil sungguh berbeda dengan apa yang ia dapat dari Nana yang berwatak keras, pesimis dan kaku.
Rasa penasaran yang begitu tinggi membuat Mariam nekat meninggalkan Nana untuk menjumpai Jalil di Herat.
Tiba di rumah Jalil Mariam malah diacuhkan keluarga Jalil alih-alih seorang supir mengantarnya pulang secara paksa. Kepergian Mariam ke Herat ternyata membuat hidup Mariam berubah drastris -suatu keputusan yang disesalinya seumur hidup - bermula dari kematian Nana yang tewas menggantung diri hingga dipaksa menikah dengan seorang duda separuh baya bernama Rasheed.
Mulailah kehidupan getir Maryam pasca pernikahannya. Sikap Rasheed yang keras, perlakuan dan ucapan yang kasar sudah menjadi keseharian bagi Mariam - membuat Mariam tampak lebih tua dari usianya.
Sementara itu ayah Maryam, Jalil di penghujungnya usianya berusaha menemui Maryam seolah ingin menebus dosanya karena telah mencampakan Maryam. Kesedihan yang Maryam rasakan di masa lalu juga dirasakan Jalil yang juga gagal menemui Maryam.
Tidak jauh dari rumah Rasheed dan Maryam, Laila seorang gadis belia yang cantik tengah menikmati masa mudanya bersama sang kekasihnya, Tarik. Kehadiran Laila yang beranjak dewasa tidak luput dari perhatian Rasheed hingga... perang saudara di Afghanistan mencapai klimaksnya menjadi rantai penghubung kehidupan Maryam dan Laila. Peristiwa pemboman yang menewaskan ayah Laila, desa tempat tinggal mereka yang porak poranda membuat penduduknya tercerai berai termasuk Laila dan kekasihnya Tariq.
Laila yang terluka parah kemudian dirawat oleh Rasheed dan Maryam hingga sembuh. Malapetaka bagi Maryam, Rasheed 'memaksa' Maryam untuk memberikan restunya menikahi Laila dengan dalih menghindari fitnah karena menampung seorang gadis yang bukan muhrim bagi Rasheed.
Kegetiran hidup yang bertubi-tubi membuat Maryam memiliki kesabaran laksana karang menanggapi keinginan Rasheed bahkan ia menganggap Laila seperti anaknya sendiri. Kehadiran Laila yang cantik tidak juga membuat Rasheed berubah. Sikapnya semakin menjadi-jadi setelah Rasheed mengetahui anak yang dilahirkan Laila ternyata buah cintanya dengan Tariq -yang masih hidup dan kerap mengunjungi Laila secara sembunyi-sembunyi -ditambah lagi Maryam dan Laila yang pernah berupaya untuk melarikan diri. Hingga pada suatu waktu
keberingasan Rasheed semakin tidak terkendali membuat Maryam terpaksa menghabisi Rasheed demi membela diri.
Apapun dalih Maryam saat itu tidak membuatTaliban yang tengah berkuasa memberi keringanan hukuman bagi Maryam. Pengadilan Maryam tidak dihadiri juri, pemeriksaan bukti-bukti bahkan kehadiran saksi yang ditolak Maryam.
Perjalanan hidup Maryam yang penuh dengan kegetiran berakhir tragis di tangan seorang algojo.
Ujung perjalanan hidup Maryam dan Laila laksana dua sisi mata uang. Tidak seperti Maryam, Laila kemudian kembali bersatu dengan Tariq dan mendapatkan pekerjaan sebagai seorang Guru di Kabul
Sepeninggal Maryam, Laila bersama Tariq pergi ke Herat, mengunjungi kampung Halaman Maryam. Dari Hamza, putra dari Mullah Faizullah guru Maryam semasa kecil Laila menerima kotak berisi Surat dari Jalil yang tidak pernah dibuka Maryam.
Dalam suratnya, Jalil mengungkapkan kerinduannya saat menghabiskan waktu bersama Maryam, penyesalannya yang mendalam karena telah menyia-nyiakan Maryam. Penyesalannya karena telah mengacuhkan Maryam kecil diujung pintu rumah dan tidak mengajaknya masuk.
Jalil menutup surat dengan harap Maryam akan datang menghampirinya, sebuah impian yang tidak terwujud.
Share:

Saturday 26 July 2008

Think, we are lucky. Thanks to Him then

Coba pikir saat kita merasa makanan kita tidak enak, masih banyak orang-orang diluar sana yang kelaparan, mereka yang 'terpaksa' untuk berpuasa karena memang tidak punya apa-apa untuk dimakan.
Coba pikirkan saat kita merasa jeleknya baju yang kita pakai, saat kita merasa bosan karena baju kita sudah ketinggalan jaman, ada banyak orang yang pakaiannya kumal, compang-camping karena memang tidak punya baju lagi.
Coba pikir saat kita merasa pahit harus menelan obat, ada banyak orang-orang di luar sana meregang nyawa karena tidak bisa menebus obat. Ada banyak orang yang sehat tapi lantas meninggal mendadak.
Coba pikir saat pekerjaan kita menumpuk tidak habis-habisnya, ada antrian yang panjang menanti pekerjaan.
Coba pikirkan saat uang di tangan kita 'sepertinya' tidak cukup ada banyak telapak tangan menengadah mengharap kita mau berbagi barang sedikit saja.
Coba pikirkan saat kita merasa kasur tempat kita tidur terasa tipis dan membuat kita tidak nyaman, di luar sana di tengah dinginnya malam ada banyak orang yang tidur beratap langit berselimut debu.
Coba lihat saat kita harus berdesak-desak dalam angkutan kota, berjejal dalam bis kota, di tepi jalan sana ada banyak orang yang harus menyeret langkahnya di bawah terik matahari, menyeka peluh di antara lampu perempatan jalan berharap orang lain bahkan mungkin kita mau membeli jualannya.
Saat kita sebal dan jengah dengan omelan ayah ibu kita, ada banyak orang-orang yang kesepian karena tidak punya keluarga lagi. Saat kita merasa kesal karena rumah kita yang gaduh dengan suara tangis dan jerit anak-anak kecil ada banyak orang yang mengiba memandang iri karena tidak bisa mempunyai anak.
Coba pikirkan saat kita marah karena telinga kita pekak ada banyak orang-orang yang hidupnya terasa sepi karena tak bisa mendengar.
Saat kita bisa berteriak marah, protes, kesal, masih ada mereka yang tergugu karena tak bisa bicara. Saat kita melihat seseorang berjalan tersaruk, saat tongkat ditangannya meraba mencari arah, ternyata kita bisa melihat warna dunia, kita bebas melangkah pasti.
Coba pikir saat kita merasa lelah dengan segalanya, masih banyak orang yang tak berdaya dengan keterbatasannya. Betapa nikmatnya tidur saat kita merasa sulitnya memejamkan mata. Betapa berartinya setiap tarikan napas saat udara terasa menghimpit menyesakan. Betapa berartinya mulut berucap saat kita kehilangan suara. Betapa nikmatnya lidah mengecap saat semuanya terasa pahit.
Coba renungkan...
Kita baru merasa sehat begitu berarti saat sakit mendera.
Kita merasa berartinya seorang sahabat sahabat saat jarak memisahkan. Kita baru menghargai sesuatu saat kita tak memilikinya lagi. Betapa berharganya hidup saat kita tidak bisa menikmatinya.
Terlalu banyak nikmat Allah yang kita lupakan. Masihkah kita memungkirinya?
Share:

Cinta

dari email seorang teman...mungkin dapat dijadikan bahan renungan..
(nasehat-menasehatilah dalam kebaikan & kesabaran)
-----------------------
Kadang saya iri melihat orang-orang di sekeliling saya, disayangi oleh
"seseorang". Apalagi di bulan Februari. Di mana-mana nuansanya Valentine.
Saya memang penganut "tiada pacaran sebelum akad", tapi sebagai manusia
kadang timbul juga perasaan ingin diperhatikan secara istimewa.

Saya tidak pernah tahu rasanya candle light dinner. Pun tidak pernah
menerima bunga mawar merah. Tidak ada yang menawarkan jaketnya saat saya
menggigil kedinginan. Atau berpegangan tangan sambil melihat hujan meteor.
(Deuh, Meteor Garden banget! He..he...)

Yah, mungkin saya bisa merasakan sekilas hal-hal itu kalau saya sudah
menikah. Mungkin. Mudah-mudahan. Tapi sampai saatnya tiba, bagaimana caranya
supaya tidak kotor hati?

Lalu saya pun tersadar, tiga kata cinta yang saya rindukan itu sudah sering
saya dengar. Orang tua saya selalu mengucapkannya. Memanggil saya dengan
"sayang" betapapun saya telah menyusahkan dan sering menyakiti mereka.
Mungkin mereka bahkan memanggil saya seperti itu sejak saya belum
dilahirkan. Padahal belum tentu saya jadi anak yang bisa melapangkan mereka
ke surga... Belum tentu bisa jadi kebanggaan.. . Jangan-jangan hanya jadi
beban...

Tatapan cinta itu juga sering saya terima. Dari ibu yang bergadang menjaga
saya yang tengah demam... Dari ayah yang dulu berhenti merokok agar bisa
membeli makanan untuk saya... Dari teman yang beriring-iring menjenguk saya
ketika dirawat di rumah sakit... Dari adik yang memeluk saya ketika
bersedih. Dari sepupu yang berbagi makanan padahal ia juga lapar. Dari orang
tua teman yang bersedia mengantarkan saya pulang larut malam. Betapa
seringnya kita tidak menyadari...

Tidak hanya dari makhluk hidup. Kasih dari ciptaan Allah lainnya juga
melimpah. Matahari yang menyinari dengan hangat. Udara dengan tekanan yang
pas. Sampai cinta dari hal yang mungkin selama ini tidak terpikirkan. Saya
pernah membaca tentang planet Jupiter. Sebagai planet terbesar di tata surya
kita, Jupiter yang gravitasinya amat tinggi, seakan menarik bumi agar tidak
tersedot ke arah matahari. Benda-benda langit yang akan menghantam bumi,
juga ditarik oleh Jupiter. Kita dijaga! (Maaf buat anak astronomi kalau
salah, tapi setahu saya sih kira-kira begitulah)

Di atas segalanya, tentu saja ada cinta Allah yang amat melimpah. Duh...
Begitu banyaknya berbuat dosa, Allah masih berbaik hati membiarkan saya
hidup... Masih membiarkan saya bersujud walau banyak tidak khusyunya.
Padahal kalau Ia mau, mungkin saya pantas-pantas saja langsung dilemparkan
ke neraka Jahannam... Coba, mana ada sih kebutuhan saya yang tidak Allah
penuhi. Makanan selalu ada. Saya disekolahkan sampai tingkat tinggi. Anggota
tubuh yang sempurna. Diberi kesehatan. Diberi kehidupan. Apalagi yang
kurang? Tapi tetap saja, berbuat maksiat, dosa... Malu...

Tentu ada ujian dan kerikil di sepanjang kehidupan ini. Tapi bukankah itu
bagian dari kasih-Nya juga? Bagaimana kita bisa merasakan kenikmatan jika
tidak pernah tahu rasanya kepedihan? Buat saudaraku yang diuji Allah dengan
cobaan, yakinlah bahwa itu cara Allah mencintai kita. Pasti ada hikmahnya.
Pasti!

Jadi, selama ini ternyata saya bukan kekurangan cinta. Saya saja yang tidak
pernah menyadarinya. Bahkan saya tenggelam dalam lautan cinta yang begitu
murni.

Sekarang pertanyaannya, apa yang telah kita lakukan untuk membalasnya? Kalau
saya, (malu nih..) sepertinya masih sering menyakiti orang lain. Sadar
ataupun tidak sadar. Kalaupun tidak sampai menyakiti, rasanya masih sering
tidak peduli dengan orang. Apalagi pada Allah... Begitu besarnya cinta Allah
pada saya dan saya masih sering menyalahgunakannya. Mata tidak digunakan
semestinya.. . Lisan kejam dan menyayat-nyayat. .. Waktu yang terbuang
sia-sia...

Kalau sudah seperti ini, rasanya iri saya pada semua hal-hal yang berbau
"pacaran pra nikah" hilang sudah. Minimal, berkurang drastislah. Siapa
bilang saya tidak dicintai? Memang tidak ada yang mengantar-antar saya ke
mana-mana, tapi Allah mengawal saya di setiap langkah. Tidak ada candle
light dinner, tapi ada sebuah keluarga hangat yang menemani saya tiap makan
malam. Tidak ada surat cinta, tapi bukankah Allah selalu memastikan
kebutuhan saya terpenuhi? Bukankah itu juga cinta?

Entah cinta yang "resmi" itu akan datang di dunia atau tidak. Tapi ingin
rasanya membalas semua cinta yang Allah ridhoi.
Share:

Arti Sahabat

Dapat posting bagus dari milisnyapembacaanadia, semog bermanfaat ya!:)

Best Friend Forever
Arti Seorang Sahabat
Kenapa
disaat terjatuh kita ingin seseorang memeluk kita atau sekedar menemani kita?
Mengapa juga ketika disakiti kita inginkan seseorang untuk tempat kita
mengadu?
Mungkin kita akan menjadi sakit kembali ketika melihat atau mendengar
seseorang yang kebetulan mirip dan dekat dengan orang yang pernah melukai
kita.
Adakalanya dengan ketakutan dan kebingungan kita memutuskan tidak akan pernah
percaya dan mencintai siapapun lagi Kitapun merasakan senang jika ada
seseorang yang selalu disisi kita saat sedih maupun saat senang.
Seseorang yang selalu membantu kita tanpa mengharap apapun selain senyuman
kita Yang mengerti, yang memahami dan menerima kita apa adanya.
Beberapa dari kita menyebutnya sahabat perjalanan hidup…
Sebagian lebih sederhana mengatakan teman seperjuangan…
Bagi yang romantis menyatakan kekasih hati…
Teruntuk yang telah menikah mengakui bahwa Tuhan menciptakannya agar kita
tidak merasa kesepian…
Sejauh mana beda dari semua itu?
Kenapa bersahabat?
Benarkah hidup terlalu keras untuk dijalani seorang diri?
Atau karena kita ingin menumpahkan rasa sayang dan cinta yang ada dalam hati?
Mungkinkah karena kita memiliki sesuatu yang sejalan hingga kita menyamakan
orang lain dengan apa yang kita rasakan?
Sungguh! Betapa sulit mencari sahabat diwaktu kita tengah kesusahan
Dan benarlah betapa mudah mengajak seseorang untuk bergabung dalam
kegembiraan kita
Memang....kita semua begitu tidak menyukai penderitaan, meski kita tahu
tidaklah mungkin bisa lepas darinya…
Meski kita semua tahu hidup hanyalah ritme bergantian antara kesedihan dan
kesenangan…
Walau kita sadar kebahagiaan hanya milik orang-orang yang pernah menderita
dahulu
Dan tiap orang pastilah punya arti sendiri dalam memaknai penderitaan dan
kebahagiaan
Siapa yang kau anggap sahabat?
Apakah seseorang yang tiada pernah menyakitimu?
Mungkinkah seseorang yang tidak akan pernah meninggalkanmu?
Betulkah seseorang yang kamu memutuskan untuk mempercayainya?
Atau seseorang yang tidak pernah mengatakan kebaikannya padamu?
Seumpama kita bisa mendengar hati orang lain dan memang benar mau mendengar?
Tak pernah ada yang mempunyai cita-cita untuk jadi orang jahat dan hidup
tidak berbahagia…
Seandainya kita bisa melihat dan memang benar mau melihat?
Ketika seseorang tengah tertidur pulas Kita akan bisa untuk lebih berfikir
beberapa kali sebelum berani sekedar berprangsangka keji apalagi untuk
menyakitinya..
Tetapi kenapa itu terkadang terpaksa harus?
Disaat kita tiba-tiba merasa peduli dengan seseorang, kita seolah bisa
merasakan apa yang sedang menjadi bebannya dan kita ingin meringankannya…
Namun terkadang kita sangat acuh kepada seseorang yang benar-benar
membutuhkan kita
Apa yang kita cari?
Untuk siapa dan untuk apa kita di ciptakan didunia ini?
Apa beda kita dengan orang lain?
Sedalam kelemahan kita harusnya kita lebih sering berkata “maaf” dibanding
“aku” jika kita memang manganggapnya sahabat…
Setinggi keinginan kita harusnya kita lebih berbahagia berkata “aku tidak mau
merepotkanmu” dibanding “mengertilah diriku” jika kita telah mengerti bahwa
dia sahabat kita…
Membayangkan kita berbahagia sendiri sedang sahabat-sahabat kita kesusahan
haruskah kita makan dan tidur dengan tenang?
Mungkin lebih baik semua sahabat telah berbahagia dan kita turut berbahagia
meski itu harus berbohong demi perasaan itu…
Karena surga masih terlalu luas untuk semua ini, kenapa tidak berbagi?
Bertahanlah, karena sahabatmu adalah semua yang pernah hadir dalam hatimu…
Berterimakasihlah, sahabatmu adalah semua yang telah membentukmu hingga kamu
menjadi
seperti sekarang ini…
Bersiaplah, karena kamu akan masih kehilangan banyak sahabat untuk menemukan
sahabat-sahabat baru sepanjang perjalannan hidupmu
Share:

Tommorow

The sun'll come out tomorrow
Bet your bottom dollar that tomorrow
There'll be sun
Just thinkin' about
Tomorrow
Clears away the cobwebs
And the sorrow
Till there's none

When I'm stuck with a day that's gray and lonely
I just stick out my chin and grin and say...oh

The sun'll come out tomorrow
So ya gotta hang on till tomorrow
Come what may

Tomorrow
Tomorrow
I love ya
Tomorrow
You're always a day a-way


Tomorrow
Tomorrow
I love ya
Tomorrow
You're always a day a-way

Tomorrow
Tomorrow
Just hinkin' about
The sun comin' out
(Repeat)
Share:

Saturday 19 July 2008

Makan Sambil Berdiri

Hari ini baru saja pulang dari undangan pernikahan. Seperti kebanyakan resepsi lainnya, undangan tadi juga menyajikan banyak stand alias standing party. Hhh...
Begitu selesai ngambil nasi aku langsung mencari kursi yang jumlahnya 'terbatas sekali'. Beberapa undangan menikmati santapannya sambil berdiri padahal banyak sekali yang memakai kerudung.
Well, tanpa bermaksud menjudge mereka yang makan sambil berdiri, mending husnuzhan aja kalo mereka memang ga tau soal larangan makan dan minum sambil berdiri atau malah mungkin terpaksa karena kursi yang terbatas? (Menjelang tengah hari aku melihat ada beberapa orang datang membawa sejumlah kursi buat undangan, syukur deh:-)).
Jadi kepikiran, kalau aku merit nanti, cieee... ga mau pake standing party gitu deh. Lah, orang datang ke undangan nikahan kan buat ngasih doa buat mempelai. Ya ga? Trus gimana bisa datangin berkah sementara yang doainnya aja makan minumnya sambil berdiri yang jelas-jelas dilarang? Bukannya pelit itung-itungan, kalo dipikir-pikir dari sekian undangan yg datang kalo lebih banyak yang berdiri kira-kira berapa orang ya yang doanya nyampe karna makan sambil duduk?
Itu dari aspek doa, kadang suka ngeri juga kalo liat undangan di standing party gitu suka membabi buta - padahal babi aja ga buta - makannya kayak yang kesurupan. Abis dari satu menu ambil menu laen, coba kalo makan di resto udah kena charge berapa?dasar aji mumpung kali ya, padahal kalo di rumah belum tentu kuat makan banyak gitu, bisa-bisa meletus perutnya hehehe emang balon? Yang jelas makan berlebih mah ga baik, numpuk lemak, nimbun kalori dan bisa ngundang penyakit. Hii.. Syerem ya?
Padahal medically makan dan minum berdiri juga ga baek. Ketika kita berdiri, otot dan syaraf kita dalam keadaan tegang karna harus menopang tubuh kita dengan baik. Jangankan makan, minum sambil berdiri aja nyampe ke dasar ususnya seperti dibanting!! Padahal makanan dan minum yang nyampe usus perlu dicerna perlahan, ga pake cepat.
Selain itu. 95% luka usus ditemukan pada daerah yang banyak mengalami benturan makanan dan minuman. Makan dan minum sambil berdiri juga bisa bikin usus melar, merusak saraf halus disekitar usus yang bisa mengakibatkan kematian!

Laen ceritanya kalo kita makan atau minum sambil duduk. Karna syaraf dan otot kita lebih rileks kerja usus juga lebih tenang, ga grasak grusuk dan pastinya ga cepet 'turun mesin'. Anyway sebagian besar penyakit timbul karena pola makan yang ga bener kan?
Hmm kalau aku merit nanti pokok'e kudu nyediain kursi yang banyak. Kalo pun masih ada yang keukeuh sumeukeuh dot com masih berdiri padahal ada banyak kursi kosong tersedia yaa itu urusan dia.. Malu dong kalo disediain kursi ga mau duduk. Yang jelas Kita udah berusaha memfasilitasi tamu buat duduk to? Ini namanya ngatasin masalah dengan solusi. Hehehe..
Share:

Sunday 13 July 2008

Ac - Flu

Penyakit yang satu ini ga bisa dibilang ecek-ecek meski juga -setidaknya aku sendiri - belum pernah denger ada orang dirawat di RS gara-gara kena flu. Hhh...
Pergantian musim, cuaca ekstrim, kondisi fisik yg ga fit -btw bosku dulu di tempat kerjaan yang lain doyan banget nyebut istilah yang satu ini - aku nyaris tepar dihajar flu! Ga sampai WO, KO, atau TKO, tapi sudah cukup membuat aku jadi seorang pemalas menghabiskan waktu 2-3 hari ini lebih banyak tidur. Hayyah, parah banget.
Bersin-bersin yang kenceng, hidung yg kadang meler kadang mampet, mata yg terasa perih bikin aku tersiksa. Dasar bandel, aku menolak disuruh pergi ke puskesmas. Secara nyaris seisi rumah juga kena flu, mendingan juga minum obat flu sisa Mama. Waduh, biar pada imut tapi teuteup aja jumlahnya yang segambreng - ga ding, cuma lima biji bikin males.
Tapi syukur sekarang udah jauh baikan setelah berhianat dari obatnya Mama pindah hati ke obat laen. Ga usah disebut namanya kalee ntar jadi iklan xixixi... Yang jelas bukan obat aneh-aneh ko, bisa dibeli di apotik terdekat dan ga mahal juga.. Lho?
Jadi inget, dulu waktu masih kerja di dealer aku langganan flu. Posisi mejaku beneran ga strategis. Sudut dinding dibelakangku ga pas 180 derajat - iseng banget deh yang buat kantornya- otomatis ac nan gelebug yang dipasang diruangan condong nyorot ke arahku.
Hasilnya bisa ditebak, aku jadi lebih sleepy dari garfield, bawaanya ngantuk dan dinginnya itu minta ampun. Kebayang ga rasanya seperti apa kalau suhu yang distel 17 celcius. Yeh, kaya kulkas aja.. Suka berantem ma temen karena mereka merasa gerah (hah??!). Aku suruh mereka nyobain duduk bentar aja dimejaku, biar tau gimana rasanya. Iya juga dingin tapi tetep aja masih ga bisa sepakat soal suhu. Akhirnya sepakat juga suhu yg diset dipatok di angka 20. Buatku tetep aja dingin, pernah iseng nyetel jadi 23 tapi kepala cabang malah manyun sedikit ngomel begitu tau suhunya 23.
"Ga ada gunanya. Matiin aja skalian kalau kamu stel 23."
Hihihi bagus dong pa, matiin aja. Koor 3 orang anak-anak finance yang seruangan langsung nyambit eh nyambut.
Iya sih, kalau dimatiin kerasa panasnya. Pernah juga iseng naikin suhu ja 23 trus bawa remote acnya ke ruang laen, aku ganti jadi 20! Tandukku yang muncul waktu itu berapa centi ya?hihihi yang ada mereka yg seruangan ato masuk ruanganku jelas ngerasa aneh.
"Aneh, p'rasaan panas ya?padahal di remote suhunya 20"
Ya iya lah, masa iya dong?kaya bocah di iklannya rinso aku cuma senyum-senyum jail ga jelasin kenapa.
Ada saat-saat yang aku suka. Contohnya pas filternya kotor, atau ketika salah seorang lupa dimana nyimpen remotenya - not me -. Pinjem remote dr ruangan laen ga bgitu membantu, meski merknya sama ternyata ga bisa matching. Horee!!:-P atau ketika bos dari Jakarta dateng ke Bandung. Dengan kampanye penghematan segala aspeknya dia pernah bilang, "kalo ga panas, ac.nya matiin aja.". Bisa ditebak kan siapa yang paling girang?
Tapi... pernah juga sih temen-temen berbaik hati ngerelain hangatnya suhu ruangan ketika aku terjangkit penyakit kambuhan alias flu. Nyaris ampir tiap bulan aku kena flu, kadang aku suka bolos 1-2 hari gara-gara penyakit yang satu ini, langganan banget deh.
Pasca signing out dari tempat kerjaku itu aku jarang kena flu meski kadang-kadang bisa kena juga sih. Aneh juga, kalo pergi-pergian dengan bis kota entah itu dalam kota atau interlokal alias keluar aku lebih suka pilih yang ada ac.nya. Meski rada sembriwing tapi ga seekstrim yang aku rasain di kantor dulu. Kenapa ya?
Balik lagi soal flu tadi, penyakit yang satu ini ga bisa dianggap temeh -soulmatenya remeh- apalagi kalo masternya udah muncul, asma, tbc, flu tulang, duh mengerikan. So, sehat itu mahal banget dan kadang kita baru nyadar pentingnya sehat justru ketika kita sakit. Sejuta penyesalan bin tobat sambel muter-muter di jedat, lha giliran udah sembuh adios permios wae. Suka lupa kalo baru aja kemarin kita baru sembuh, lupa kalo pentingnya jaga makanan, lupa juga pentingnya bersyukur dan berterimakasih sama Allah SWT yang setia 24 jam merawat kita. Manusia emang gitu ya? Giliran susah jadi shaleh bin alim giliran seneng lupa diri. Duh, masya Allah...
Share:

Thursday 10 July 2008

Like the Desert Miss the Rain

Ugh... Udah berapa hari ini suhu Bandung anomali banget. Pagi hari, brrr... tiris pisan euy. Subuh hari begitu ngambil air wudhu rasanya kayak kena es aja, like or not, to be or not to be (lho?).
Sementara udara siang malah sebaliknya, panas pisan. Seperti kemarin yang aku alamin. Secara liburan sekolah belum berakhir aku berencana buat menghabiskan waktu seharian di rumah aja. Baru aja aku selesai membongkar kamar barengan adikku Hasnah, tiba-tiba hpku 'bernyanyi'. Di ujung sana seorang guru di tempat aku bekerja menelpon. "Neng, ke sekolah yaa. Ada yang harus dikerjain".
Halah, sedikit bete bercampur malas (sigh...) akhirnya aku segera ganti kostum dan menyeret langkah menuju skolah (psst... ternyata pekerjaan yang diberikan waktu itu sebenernya ga mendesak. Oh please deh).
Keluar dari halaman rumah, blasss.. panasnya sengatan matahari langsung menyambutku. Padahal waktu itu baru aja jam 10an tapi rasanya kayak udah jam 12 siang aja lagi ngaspal jalan..
Jadi teringat prolognya ayat-ayat cinta yang nyeritain pas Fahri keluar kost-an buat talaqi. Weleh weleh ampun deh panasnya. Bedanya Bandung bukan gurun pasir, setidaknya debu-debu intan (emang cygnusnya saint seiya ya?:-P) ga ngerecokin suasana siang itu dan yang jelas aku juga ga pake kaca mata item. Dadadam dadadam pa dadang pa dadang hehehe ngaco ah.
Dari artikel yang aku baca di koran PR beberapa hari lalu, ternyata cuaca ekstrim yang lagi terjadi emang wajar di musim kemarau seperti sekarang ini. Karena ga ada awan di musim kemarau, pada saat pagi hari radiasi gelombang panas dari bumi langsung lepas ke angkasa, ga ada yang nahan. Ya gitu deh, paginya terasa dingin dan siangnya terasa panas. Sementara itu di siang hari suhu jadi panas karena pemanasan dan radiasi matahari tidak bisa lepas ke angkasa. Hal itu diakibatkan banyaknya bangunan tinggi, berkurangnya pohon-pohon dan polusi (let's make the green!!!).
Lirik lagu jadulnya everything but the girl sepertinya pas buat ngegambarin situasi ini. "... And I miss you. Like the deserts miss the rain..." (selanjutnya ga hapal n kayaknya ga perlu dilanjutin ampe abis ya?). Aku dan siapapun warga Bandung tercinta ini harus bersabar menanti datangnya musim hujan yang diperkirakan bakal datang di akhir oktober atau awal nopember nanti.
Hati-hati juga dengan wabah penyakit, air yang mungkin bakal seret, kebakaran.. Puih...
Share:

Tuesday 17 June 2008

Nikmat dari Allah

Siang tadi aku, mama, kakak dan adik (wah udah kaya kijang aja nih) membenahi rumah. Mulai dari kamar Ayah -menyusun kembali buku-buku di lemari setelah ada sedikit perubahan posisi - debu-debu yang lumayan banyak membuat aku bersin melulu sejak siang tadi.
Paru-parunya ga bagus, komentar Mama dan Dian.
Ya, polusi kota, jarang olahraga, minum air yang kurang plus 'terpaksa' terpapar asap rokok yang ga aku harapkan.
Aku teringat kejadian beberapa hari lalu ketika dalam perjalanan bis menjumpai seorang 'penceramah'. Beda dengan mereka yang menjajakan koran, alat tulis, makanan dan para pengamen yang mencoba mengais rejekinya, dia menyapa penumpang bis kota dengan ceramah sederhananya yang mengena.
Ditengah lamunanku, aku mencoba mengikuti uraiannya. Syukurilah nikmat yang kita dapat katanya. Karena masih banyak orang yang ga seberuntung kita. Kita masih bisa berbicara atau asyik hanyut dalam lamunan dengan nikmat ketika tubuh kita sehat. Lain ceritanya ketika sakit gigi menyerang, melamun saja rasanya tidak nyaman.
Coba lah lihat ke bawah, di pinggiran jalan, masih banyak yang harus berjuang menjalani hidup. Bayangkan ketika kita asyik terlelap tidur, ada banyak orang yang harus cukup tidur beralaskan koran, beratap langit,berselimut debu. Lihat lah ke bawah, masih banyak nikmat yang kita dapat tapi tidak didapat orang lain ujarnya.
Ah, ceramah yang sederhana tapi membuat aku jadi merenung. Sering sekali aku sibuk mikirin keinginan-keinginan yang belum kesampaian tapi malah melupakan nikmatNya. Termasuk nikmatnya sehat. Aku cuek aja ketika merasakan
tidak ada masalah dengan hidung. Bersin-bersin hari ini yang cukup menyiksa membuat aku sadar betapa berharganya nikmat sehat yang Allah berikan. Itu baru hidung, lalu bagaimana dengan nikmatnya mata,alis,hidung,lidah,detak jantung 24 jam,telinga,paru-paru,pencernaan,tangan,kaki,Orang tua yang menyayangi, ilmu/pengetahuan yang aku dapat, akses informasi yang mudah,penghasilan yang aku rasa masih saja kurang sementara orang lain masih banyak yang tidak seberuntung aku.
Ya, soal nikmat kita mestinya melihat ke bawah, membuat kita bersyukur pada Allah pelindung kita terbaik, bukannya mengeluh meratapi hal yang tidak/belum kita dapatkan. NikmatMU manakah yang aku dustakan?
Ampuni aku ya Allah. Hasbunallah wani'man wakiil ni'man maula wani'man nasyir.
Share:

Motivasi dan Inspirasi

Sekitar bulan maret akhir lalu, aku dan kedua adikku mengunjungi islamic fair yang digelar di landmark braga. Diantara sekian stand yang ada, kami menyempatkan mampir di sebuah stand buku. Seorang ibu setengah baya ditemani dua orang anaknya yang masih bocah tengah asyik melayani pengunjung yang bertanya-tanya harga buku dan produk lain yang dipajangnya. Sebuah buku berjudul Catatan Harian disetiap Sujudku ternyata menarik minat adikku.
"Teh, subsidi ya?uangnya kurang," kata Hasnah.
Beberapa saat saya melihat isi buku tersebut, isinya kumpulan kisah sejati, tentang hikmah hidup yang didapat para penulis kontributornya. Menarik sekali, karena aku juga menyukainya. "Ya, tentu saja boleh,"jawabku.
Apa yang terjadinya selanjutnya agak menggelikan juga, karena ternyata aku lebih dulu menamatkannya, selain waktu yang lebih luang, ini juga salah satu indikasi kalau buku sarat hikmah tersebut sudah membuat saya kepincut.
Penasaran? Beli dan baca bukunya deh:-) ga pa pa kan ya mba Asma bukunya dipromosiin he3.
Selain kesengsem juga untuk membeli buku Asma Nadia lainnya, aku tertarik bergabung di milisnya.
Syukur deh fasilitas gprs di hp.ku sangat membantu, ga usah repot-repot menyambangi warnet, saya segera login ke email dan bergabung.
Subhanallah, pilihanku ga salah. Sebelumnya aku pernah bergabung dengan beberapa milis- aku jarang membuka dan berinteraksi, inbox yang luber- ga adanya sense of belonging malah membuat aku malas nerusin dan mengganti alamat email. Lain dengan milisnya pembaca mba Asma: posting-posting yang menarik, interaksi diantara member yang hangat membuat aku kerasan. Rasanya seperti keluarga, meski belum pernah bertemu. Salam sapa yang hangat, support dan motivasi yang aku dapat membuat aku jatuh cinta.
Thanx banget buat teman-teman di milis, it's so inspiring.
Share:

Sunday 15 June 2008

Kritik

Sabtu pagi kemarin aku menyalakan teve, ada acara wisata kuliner di trans tv. Sudah biasa sih tapi begitu melihat teks di tv aku langsung mengenali lokasi kuliner yang disambangi Bondan 'mak nyus nan markotop' itu. DAHAPATI, jalan cipaganti Bandung. Ah, tentu saja aku tau, bukan karna aku suka jajan keliling resto tapi lokasi di teve itu adalah rumah seorang teman waktu sma dulu.
Ga tau juga apa Icha temanku pemilik rumah itu masih tinggal disana atau tidak. Belum lama berselang, handphoneku tiba-tiba berbunyi. Pasti dari Rini -temanku yang sekarang tinggal di palu- dan ternyata bener. "Fi, liat tv ga?rumah Icha masuk teve ya?inget ga waktu kelas satu dulu kita pernah makan-makan disana bareng wali kelas?"
Ya, pita memori di otakku lalu berputar dan berhenti saat empat belas tahun berlalu, kurang lebih. Waktu itu wali kelasku berusaha mencairkan kekakuan, slag dan suasana ketidaknyamanan kelas yang ga mengenakan. Sambil makan-makan, beliau berinisiatif untuk menungkapkan uneg-uneg. Caranya dengan menuliskan kritik kepada teman, siapa saja yang kami maksud tanpa harus mencantumkan nama.
Dan... Mulailah pengadilan itu. Tidak ada yang menyangka kalau hujan kritikan pedas, sinis bakal mengalir deras. Ada beberapa orang diantara kami yang panen kritikan, ada yang biasa saja, bahkan ga mendapat kritikan sama sekali seperti aku - setelah beberapa waktu berlalu aku merasa bersalah karena kritik yang aku tujukan pada seorang teman sebenarnya lebih subjektif.
Waktu itu ada beberapa wajah yang tertunduk malu, sementara yang lainnya sibuk menerka-nerka siapa pengirim kritik sekaligus berharap cemas seperti apa kritik yang bakal mereka dapat.

Singkat cerita acara 'riungan' yang digagas wali kelas hari itu sepertinya tidak mendatangkan hasil positif. Mungkin maksudnya baik- sebutlah Wali kelasku namanya pak Hadi- mejembatani pengkritik dan yang dikritik tanpa merasa sungkan. Tapi menurutku waktu itu tidak adil buat mereka yang dikritik tanpa ada kesempatan untuk membela diri atau meluruskan masalah.
Lidah memang tajam ya, meski kritik disampaikan secara tertulis. Karakter ewuh pakewuh yang malah disimpan dalam hati, kasak kusuk di belakang juga tidak menyelesaikan masalah. Masalahnya ga mudah untuk menyampaikan uneg-uneg langsung kepada seseorang dengan cara yang halus. Kalaupun bukan masalah berat mendingan lupakan saja, ga usah diambil pusing (bukan berarti kita jadi orang yang masa bodoan juga). Satu waktu mungkin kita sebel sama seseorang tapi siapa tau lain waktu justru dia malah yang menyelamatkan kita. Bukankah antara benci dan suka bedanya tipis? Ah, kekurangan kita pun masih banyak, segunung! Ini juga salah satu kelemahanku termasuk keberanian untuk menyampaikan koreksi karna takut tersinggung. Di sisi lain masih banyak kejelekan-kejelekan kita yang tidak diketahui orang lain.
Astagfirullah...
Share:

Thursday 5 June 2008

1 milyar batang???

Akhir mei kemarin tepatnya tanggal 31 mei diperingati sebagai hari anti tembako. Duh, ngenes deh. Di Indonesia kayaknya ga ada apa-apanya.
Satu hal yang bikin saya sebel, tepat tanggal 31 kemarin yang juga jatuh pas akhir pekan malah ada gelaran panggung hiburan. Yang bikin keki sebener benernya keki karena sponsornya itu produk rokok. Argh!! Kok kayak yang ngeledek ya?dari spanduk yang terbentak tepat di depan gapura menuju rumah saya tema yang diusung dalam rangka kebangkitan nasional plus ultah perumahan tempat saya tinggal.
Ultah?sumpeh loo? P'rasaan dulu-dulu ga ada perhelatan dalam rangka memperingati ultah komplek.
Jadi?buat saya sih ini mah pembodohan.
Dalam jeda waktu yang berdekatan sebuah liputan di harian Pikiran Rakyat mengungkap kalau ternyata dalam sehari ada 5 milyar batang rokok yang dibakar setiap harinya di Indonesia.
Please note saudara-saudara! Pake cetak tebal,miring,garis bawah dengan huruf yang semuanya KAPITAL, 5 MILYAR BATANG!!(sori ga bisa dicetak tebal,miring dan underline karena posting dari hp:-D). Anggap aja satu batang rokok rata-rata harganya 400
perak, dalam sehari saja berarti ada 2 trilyun yang dibakar! 2 Trilyun perak. Kalau dalam sebulan paling tidak ada 60 trilyun perak yang dibakar. (berapa persennya BLT ya?lebih dari lumayan). Itu cuma buat rokok aja, belum lagi resiko yang harus keluar akibat rokok.
Jadi, masih mau berdalih rokok ada manfaatnya selain cuma ngasih ilusi buat yang ngisap?masih mau berdalih cukai rokok punya kontribusi besar buat negara tapi biasa subsidi kesehatan yang harus keluar buat penyakit akibat rokok lebih besar?
Gimana juga opportunity cost yang muncul akibat rokok dan penderitaan orang-orang yang terpapar asap rokok?(i am one of them!).
Ga ada untungnya deh ngerokok. Kalau aja seluruh rakyat Indonesia ga ngerokok, dana yang keluar bisa dialihkan buat pos lain yang lebih penting termasuk buat mereka karyawan pabrik rokok kalau gulung tikar. Bakalan lebih banyak lagi tenaga kerja yang produktif karena tubuhnya sehat bebas dari rokok.
Jadi katakan TIDAK BUAT ROKOK!
Share:

Saturday 31 May 2008