Top Social

Bring world into Words

You've Got Mail

Jumat, 14 Oktober 2016
You've Got Mail - Gara-gara penyiar radio yang lagi saya dengerin muterin lagu klasiknya Carole King, yang judulnya Anyone At All, saya jadi pengen nulis postingan ini. Tau dong, film yang pernah dibintangi Tom Hanks dan Meg Ryan ini? Iya, You've Got Mail.  Dibilang jadul banget sih enggak. Tapi yaaa lumayan bisa dibilang rada klasik, dan kayaknya bakal banyak yang muter lagidan lagi film ini meski udah belasan tahun hiatus dari layar bioskop. *Kalau ada yang punya CD/DVDnya lebih dari satu, saya minta dong *greening* 
sumber gambar: https://theromanticvineyard.com
Film ini keluar tahun 1998 pas lagi booming-boomingnya era internet. Tahun segitu rasanya ga ikut kekinian kalau ga punya email.  Hayooo, kalau ditracking ke belakang, udah punya berapa email sejak pertama kali buat? Saya lupa sudah punya berapa dan mostly udah ga aktif. Sebagianinget alamatnya, sebagian lupa. Passwordnya? Jangan ditanya, udah pada nguap  juga.

Alamat email pertama saya dulu termasuk yang alay dan mengandung muatan narsis. fitrie1lucu@yahoo.com. Jiah.... alay dan teramat lebay *plis, jangan muntah, ya*. Dengan alamat email ini pula saya memasang akun Yahoo Messenger, fasilitas chating selain mIRC yang pernah ngehits jaman dulu. Sisanya pernah punya akun di hotmail, astaga.com dan yahoo dengan id yang berbeda. Entahlah apa kabar riwayat mereka kini.

Balik lagi ke film You've got mail. Dari sekian soundtrack yang ada,  paling suka sama lagunya Carole King, Anyone At All. Padahal ada Dreamnya Cranberries, Signed, Sealed, Delivered I'm Yoursnya Stevie Wonder, dan Over the Rainbow yang entah berapa kali direcycle oleh beberapa penyanyi yang berbeda. Tapi buat saya OST yang juara dari film ini ya lagunya Carole King. Liriknya pas banget dengan film dan ada bagian yang saya suka. Bakal masuk playlist bulan ini dong pastinya. 
Words can hurt you if you let them
People tell them and forget them
Words can promise
Words can lie
but your words make me feel i can fly...

Ngomongin soal bahasa tulisan rasanya suka beda sama bahasa lisan ini saya alamin pas jaman suka chating dulu. Waktu itu saya pernah punya temen chat cowok asal Kanada berdarah Pakistan. Kaka, namanya (bukan Kaka pemain bola asal Brazil itu). Dia sih ngakunya gitu, entah ya aslinya :D.  Bisa aja dia ngaku-ngaku atau emang bilang apa adanya. But I do enjoyed chat with him. Cakep? Lumayan ^_^

Dari beberapa kali chat sama dia,  baik-baik saja.  Kalaupun ada masalah, ya soal bahasa aja. Mengingat kosa kata bahasa Inggris saya yang pas-pasan. Untungnya dia ga rewel sama  grammar bahasa Inggris saya yang acak-acakan.  

Sampai satu waktu dia nanya gini: "Have you ever Ma**ng  l*ve ?

*what?*
*doenk*
*gubrak*

Kenapa dia nanya beginian? Budaya tempat dia berada  yang pergaulannya free gitu jelas beda sama saya. Dasar waktu itu sayanya yang juga polos dan kurang smooth meresponnya. Dengan cueknya bilang, "Enggak, lah." Trus bilang itu ga seharusnya dilakukan. Dosa.

Nah, kata dosa itu yang bikin dia tersinggung. Faktanya emang gitu, tapi keterimanya kan beda buat dia.  Ga tau deh reaksi mukanya  kalau bisa saya lihat. Tahun 1998 gitu seinget saya udah ada fasilitas video chat dari room chatnya MSN kalau ga salah, asal masing-masing punya kamera video yang terhubung ke internet. Waktu itu saya sukanya nongkrong di warnet sekitaran kampus, rumah atau warnet yang ada di perpustakaan kampus.

Afterall, setelah itu dia beneran menghilang. Ga pernah nyapa saya lagi, Totally gone with the wind (ini sih judul film yang lain). Udah ga ada lagi email-emailan, pun sapaannya di Hot Messenger. Hiks... Padahal buat saya dia salah satu temen chat yang paling mengesankan, best ever lah :)

Nah mari melipir lagi ke film You've Got Mail ini. Kalau merhatiin adegan ini, kan ada beberapa scene yang memperlihatkan Joe Fox dan Kathleen  Kelly lagi chat via email. Ternyata chat mereka itu masih bisa kita lihat, lho. Jadi masih ada. Nih lihat aja di sini.  Lucu, ya?

Katanya sih sebelum main film ini, Meg Ryan belum pernah punya komputer. Duh Mbak cantik ini kalah dong sama saya. Tapi kan komputernya Meg Ryan jaman dulu lebih keren dari yang ada di rumah saya *LOL*.

Waktu SMA tahun 1994 saya (eh bapak saya sih) udah punya komputer. Yang Layarnya ndut, dan Windowsnya masih sistem DOS. Lalu perlahan naik jadi Windows 3.1. Itu pun masih nyimpen data di disket yang tipis kayak roll film negatif.  Sempat bermutasi (kayak alien aja) jadi disket yang lebih kecil dan padat sebelum akhirnya orang ramai-ramai move on pake flashdisk.

Kalau kepoin di Youtube ada beberapa video best scene dari film ini. Dan ini yang palling saya suka kayak waktu mereka lagi di Coffee Shop dan ngebahas novel klasik Pride and Prejudice. Abis berantem gitu, Kathleennya touch up lagi bedaknya,  dan si Joenya ngintip dari balik punggungnya Kathleen ini. Kocak. Udah pindah duduk bukannya udahan berantem, mereka  melanjutkan debatnya. Hahaha... You must watch it guys!

Dan abis kepoin lagi best scenes lainnya saya jadi pengen ngopi Moccacino. Eh udah sore tapi, besok aja kali, ya. Kayaknya saya kudu hunting film lengkapnya biar saya tonton lagi dan lagi.

Kalau dulu Joe sama Kath bales-balesan pesan via email, sekarang cara gitu so oldies dan lama banget. Malesin deh nunggu respon yang lambreta.  Email sekarang ini fungsinya  lebih ke buat urusan kerjaan terutama kalau udah ada printilan file yang disisipkan. Kalau mau chat cepet mah udah ada fitur chat kayak WA atau Tele. Mau chat face to face? Saya lebih suka Skype, meski sementara ini saya copot dulu dari aplikasi HP. Google Hang out banyak delaynya, euy. Sementara itu buat Snapchat saya belum tergoda buat punya akun di sana. Soal selera aja, sih.

Ada yang punya pengalaman serupa atau mirip-mirip? Cerita dong.






24 komentar on "You've Got Mail"
  1. Huaaa. Saya malah belom pernah lihat film ini. Padahal Tom Hanks adalah aktor paling favorit sayah. Kayaknya sih karena genre romcomnya dulu saya ga nonton. Huehehehe. Apa sayanya yang masih kekecilan ya? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih kecil? Masa sih, Mas? Yakin? hehehe jangan lupa hunting cd/dvdnya, ya. Sekalian aja kalau beli, ambil dua. Yang satu laginya buat saya *mode malak on*

      Hapus
  2. Aku sempet Teh, tahun 2010 kmrn masih kirim2an kabar by email. Scara kita LDR, dgn maksud kalo lewat email tuh nanti bisa diliat suatu waktu misal tar tar nikah n getting old bareng.

    Tapi nyatanya, jodoh tk dinyana hahaha. Ganti cowok...beda juga gaya pacarannya, eaaa curhaaat niyeee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi gapapa curhat juga, Ning. Asik sebenarnya ya LDRan gitu trus komunikasinya by email. Kalau di WA terus penuh atau di wipe kan bisa ilang. :) #melankolisdetected.

      Hapus
  3. Aku sempet lihat film ini, tapi karena aku lihat The Lake house duluan, jadi film ini rasanya gimana gitu, enggak nendang lah, hehehe.
    Btw, soal email pertama ya, masih aku pakai lho sampai sekarang dan namanya memang alay wkwkwk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi kadang film lain yang jadi pembanding bisa ngaruh ke selera, ya. Eh seriusan email lamanya masih dipake? Hebat euy.

      Hapus
  4. Ya ampun teh kalo inget Mirc ngakak. Saksi ke-alay-anku :))
    Belum nonton filmnya, ntr cari ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hah, Nesa ngalamin jaman mIRC? Seriusan? Yuk cari filmnya.

      Hapus
  5. searching ah filmya. bagus kayaknya

    BalasHapus
  6. Pertama kali saya ditawari nonton ini, pikir saya 'oh, ini filmnya buat tante2 ama om' maklum masih remaja yang suka cowok ganteng dan cewek2 centil pemainnya. Pas nonton, ya ampun suka banget. Ditonton langsung dua kali.
    Kalau pertanyaan serupa ttg ML sering sih mba pas chat, tp nggak ngajak atau melibatkan ke obrolan lanjut, emang budaya mereka gitu dan mereka mau tahu aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tuh kan keren emang filmnya. Iya emang ya soal ML gitu mereka punya pandangan yang kayak kutub, beda jauh. Aku nyesel bales chatnya dia kayak yang emosi, bikin dia jadi pundung.

      Hapus
  7. Udah lama aku nonton film ini. hehehe Aku suka filmnya, aktornya selera aku banget lah. wkwkwkwk

    Sama dong teh aku nama email pertama bikin zia_only@yahoodotcom dan sekarang masih mengandung alay pake tahun lahir slnya ini email ke2 dan ga pernah ganti lagi dari zaman kuliah awal. hahaha Pas SMA udah ngalamin masa mirc dan jayanya ym. hahahaha

    Wahhh pertanyaan ml ga langsung straight tapi mnyerempet2, dibawa selow karna tau beda budaya, tapi seru ya teh chat2 nambah temen yg pasti ngabisin waktu. :D hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tom Hanks emang tipe cowok charming taun segitu Zia hehe. Ngobrol di chat emang bikin waktu kerasa bentar. Kadang nemu temen yang asik kadang ada juga yang ajaib.

      Hapus
  8. film ngehit pada jamannya, sampai potongan meg ryan jadi trend...trus si sayah pernah juga dipotong model rambut shagi pendek gitu :)) *ketahuan umurnya*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lihat cewek jaman sekarang terus potongan rambutnya kayak Meg Ryan di film itu kayaknya masih cucok deh, Rin. :)

      Hapus
  9. Belum pernah nonton film ini, tapi penasaran juga

    BalasHapus
  10. filmnya seru juga ya? jadi penasaran pengen nntn lengkapnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari filmnya mas, terus tonton ya.

      Hapus
  11. Filmnya mengingatkan pada masa-masa jadul. Ngangenin. :D

    BalasHapus
  12. Kalau dilihat dari alur ceritanya okeh juga ini mah mbak boleh lah saya coba nanti untuk refrensi kalau lagi bosan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menarik kok, mas. Asik, selamat mencari.

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.