Wednesday 28 July 2021

3 Cara Agar Tetap Produktif di Rumah Selama PPKM

Setiap malam, setelah menutup laptop menyelesaikan pekerjaan,  saya masih suka buka timeline twitter buat lihat update-an. Bukan buat nyetatus tapi lihat cuitan lucu-lucu yang rame di trending topic. Hiburan banget soalnya. Bagus juga buat imun booster. Ya, kan?



Salah satunya ketika para netizen menimpali akronim PPKM jadi kepanjangan yang kreatif. Salah satu yang bikin saya ga bisa berhenti ketawa adalah ini

"Pek Perpanjang Kumaha Maneh"

Kurang lebih artinya terserah deh mau diperpanjang  lagi, gimana kamu.

Saya percaya deh kalau aktivitas online (selain skrol-skrolan di sosmed) ini udah udahjadi kebutuhan pokok buat semuanya. Yang PJJ-an lah, Yang webinarlah, yang ngonten dan sebagainya. Ya, kan? Untuk yang satu ini kuota yang memadai dan kenceng adalah numeru uno. Nomer satu. Wajib. Nah, untuk urusan ini ada  paket internetan yang gokil dari Smartfren: Gokil Max> udah tau belum apa saja benefit dan fiturnya? Coba deh download dulu, karena lagi ada campaign serunya nih. Modal download aja bisa dapet Redmi 8 A Pro, Mifi dan kuota internet 30 GB. Gokil, ya?


Jangan lupa baca ketentuannya di sini agar peluang menangnya tetep gede. Sayang banget kan kalau ada yang kelewat padahl kontennya udah bagus dan maksimal.


Balik lagi soal PPKM saat ini. 

Ada yang sebel, ada yang sedih ada yang menanggapinya dengan positif thinking. Ya mau gimana lagi, situasi sekarang membuat kita memilih lebih banyak di rumah saja. Bersyukurlah yang masih bisa WFH-an. Kadang saya suka kepikiran gimana dengan mereka yang harus nyari nafkah ke luar rumah. Semacam pedagang, sopir dan pekerja di sektor esensial yang ga bisa ditinggal. Perawat dan karyawan pabrik misalnya.

Semoga pada sehat semuanya, ya. Biar rantai penularan C-19 ga mengular. 

Lain waktu, pas saya keluar sore ketemu tetangga yang rada lama ga bersua.  lalu terjadilah obrolan ini

+ : Ke mana aja, teh? Udah lama ga keliatan?

Padahal saya suka lewat depan rumahnya kalau mau ke pasar, warung dan sebagainya. Tetehnya ga keliatan. Emang ga jodoh aja buat ketemu. Terus saya jawab gini

- : Iya, Teh. Kan lagi PPKM

+ : ....

- :Pelan-pelan Kamu Menghilang

Kami ketawa ngakak. Sebenernya bukan menghilang literally gitu. Karena jadwal keluarnya aja ga  barengan. Sibuk masing-masing. Ditambah lagi saya emang jadi lebih banyak online. Aktivitas offlinenya nyaris ga ada kecuali urusan personal aja.

Balik lagi nih sama aktivitas selama di rumah. Ga kerasa ya, pandemi ini udah 1,5 tahun kita lalui. Berlama-lama di rumah sebenernya bikin saya betah. Males ke luar kalau ga perlu. Malah kalau bangun pagi masih selimutan, buka email buka notif WA dan lainnya sebelum memulai to do list harian.

Ga produktif dong?

Kata siapa? 24/7 malah makin berasa. Guys, pada ngerasain hal yang sama ga? Tosss dulu dong.  Biasanya jam kantor rumahan ala saya tuh setelah jam 9 pagi ke sana.  pagi-paginya saya ngerjain dulu kerjaan rumah seperti nge-dj alias cuci piring, nyuci baju, beberes kamar, ngasih makan kucing dan printilan lainnya.

Ada kalanya tiba-tiba  deadline kerjaan udah berderet kaya iring-iringan semut di dinding yang berbaris rapi. Nunggu eksekusi.  Oh, No. Jangan sampai bikin keteteran.  Makanya beberapa hal ini saya lakukan selama di rumah. Kerjaan beres, me time pun masih bisa. 

1. Positif Thinking dan Menjaga Kesehatan

Apa kabar? Teteh, Akang sehat?

Sehat selalu, ya

Sapaan kayak gitu mungkin dulu terasa klise. Tapi sekarang sapaan itu bisa bikin hati adem, nyesss. Dalam keadaan seperti ini mendoakan teman, saudara atau rekanan yang ngobrol sama kita bukan ritual formal saja. Tapi udah jadi doa. Dan seneng banget kalau udah didoain gini. Karena sehat adalah sesuatu yang berharga sekali saat ini. Alih-alih kepo  nanyain urusan pribadi atau misal ditanya kok gini kok gitu. percayalah didoakan seperti ini adalah kata-kata yang indah.

Inget, hati yang bahagia bisa membuat imun kita tetap terjaga.

Ah ya jangan lupa untuk selalu pakai masker obel dan menjaga kebersihan tangan kita terutama kalau harus keluar. Saban pergi ke atm yang itungannya sebentar (kadang dua bentar, tiga bentar kalau lagi banyak yang ngambil uang juga alias ngantri) bikin saya merasa butuh banget keberadaan hand santizer. Abis ngambil uang atau setor tunai, bersihin dulu tangahn pake HS sebelum cuci dengan sabun dan air  yang mengalir di rumah.


Untuk menjaga kesehatan saya selalu ngusahain minum air yang cukup. Kadang males tapi alarm tubuh suka ngingetin saya kalu butuh. Kulit kering, gampang ngantuk dan ga fokus adalah tanda otak butuh oksigen hihihi....


2. Mengatur Waktu dan Membuat Skala Prioritas

Tadi saya udah bilang kalau selama PPKM ini intesitas kesibukan di rumah terutama di depan laptop atau gadget jadi nambah.  Biar ga berantakan, saya suka bikin to do list apa yang mau dikerjakan besok. S elesai satu pekerjaan saya centangin tuh mana yang udah. Mana yang masih menggantung. Beberapa  to do list  juga saya tandain yang perlu diprioritasin. 

(foto to do list)

Jangan sampai pas mau boci, alias bobo ciang istirahatin mata dan otak tiba-tiba ada chat masuk nanyain progres. Seketika mood  bobo cantik jadi ambyar hahaha... Apalagi kalau malamnya kurang tidur. ya, kan? 


3. Me Time

Refreshing selama pandemi gini masih bisa kita lakukan walau ga bisa ke mana-mana.  Di rumah aja bisa dibikin tetep asik. Misalnya saja nonton film atau serial di aplikasi,  baca novel, atau jajan makanan favorit lewat kurir  di sela-sela aktivitas.  

Ga usah tiap hari sih ya karena bisa bikin boncos. Di sisi lain Me time macam jajan gitu juga bisa ngasih faedah sama pejuang maisah alias mencari ladang rezeki baik yang jualan maupun drivernya yang nganterin. Dengan begitu, kita bisa membantu mengurangi beban yangdirasakan oleh orang lain selama PPKM ini.

Me time buat saya bukan buat buang-buang waku tapi buat rehat. Setelah itu otak kita kembali segar dan siap menyelesaikan PR atau berkarya kembali. Me time juga bentuk self love agar selama pandemi ini mood kita tetap terjaga.


Share:

Thursday 8 July 2021

Pengalaman Staycation Sendirian di Hotel Crowne Plaza Bandung

Me time. 
Cuma dua kata aja. Sederhana kedengarannya,  tapi mewah. Mewah karena ga setiap waktu atau setiap orang bisa mendapatkannya. Mungkin ada yang udah lama dan kangen dengan kata ini. Gimana dengan kalian, guys?
 
Beberapa waktu ini sebelum pandemi, solo travelling jadi pilihan favorit untuk me time. Menghabiskan waktu, ngecharge soul biar semangat lagi sebelum kembali dengan aktivitas sehari-hari. 


Ngomong-ngomong soal aktivitas kerjaan, berasa ga sih di masa sekarang kita malah jadi ekstra sibuk?

Kayak gini nih. Yang kerja kantoran, walau jadi selang-seling WFO (work from office) dan WFH (work from home) gantian tapi waktu kita jadi lebih padet. Dulu yang namanya jam kerja itu ya udah hari kerja aja. Senin sampai jumat. Jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Atau kalau harus masuk sabtu, ya setengah hari aja. Paling lama sampai jam 1 siang.

Sekarang gimana?
Berasa kayak jam atau kalender ga? 24/7. Dua puluh empat jam, seminggu penuh. Baru aja nyalain aplikasi nonton, udah dichat ditanyain progres kerjaan. Baru bangun pagi, dan mau sarapan eh tiba-tiba disuruh kirim laporan. Lagi di rumah, pas ngantuk-ngantuknya dan pengen bobo siang (((bobo siang))) tiba-tiba harus meeting online.

Ya ga salah sih ya meeting online, hari kerja jam kerja kan. hahaha... Tapi di saat seperti ini, rumah berasa jadi kantor kedua. Siapa coba yang ga kangen me time, bebas dari recokan kerjaan?



Eh tapi jangan mengeluh.

Apalagi hati yang riang dan pikiran yang happy adalah booster imun. Alhamdulillah kita masih punya kesibukan. Ga sedikit yang bingung nyari kerjaan.

Melipir ke hotel nginep bareng teman atau keluarga adalah hal yang biasa di masa sebelum pandemi. Sayang ya, lagi pandemi gini. Ga berani ah ke luar kota.
 
Gimana kalau  staycation sendirian? Berani ga?

Itu yang saya lakukan beberapa waktu lalu. Nginep di Crowne Plaza Bandung. Muahahaha uji nyali dong?

Nggak juga. Sama aja sih kayak di rumah udah biasa tidur sendiri. Malah di rumah dah biasa tidur matiin lampu.  Hemat listrik dan ngecharge hormon melatonin hehehe

Warmlu Welcome

Sebenernya ini bukan kali pertama nginep sendirian di hotel. Yang pertama waktu ke Cirebon, menghadiri nikahan adiknya temen di Kota Udang itu. Lalu yang terakhir kalinya adalah yang di sini.  

Ga takut?
Enggak, malah tidurnya pules banget. Waktu itu rencana mau bangun tengah malam buat nonton pertandingan Euro malah blas, batal karena tidurnya lelaaap banget hahaha.


Saya check in ke hotel mewah di Bandung ini pada hari kamis, tanggal 9 Juni 2021 jam 2 siang.   Pas dateng, saya tinggal ngambil kunci kamar aja karena udah booking duluan. Oh iya sebelumnya di pintu masuk, setiap tamu wajib cek suhu dan mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang tersedia. Begitu masuk ke lobi menuju area front office, tersedia dispenser hand sanitizer yang posisinya bersisian dengan tepian meja front office. 

Jaminan standard CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, dan Environment) yang dikeluarkan oleh Kemenparekraf dan IHG® Clean promise ini bikin kita sebagai tamu merasa aman dan nyaman. o ya hand sanitizer ini gampang di temukan di setiap sudut sudut hotel.

Urusan jaminan hotel yang bersih di saat pandemi ini memang jadi pertimbangan utama saat kita memutuskan untuk menginap atau staycation.


Kamar saya ada di lantai 9, jendelanya langsung menhadap ke jalan dan kalau malam hari bisa lihat city light Bandung di pusat kota.By the way,  ada kejadian lucu pas menuju kamar saya ini. Di awal  kedatangan, mata saya memindai ((tsaaah) panah penunjuk kamar yang ada di lorong.  Yang pertama inisih  aman.

Berikutnya pas sore hari, perut saya keroncongan, konser dia. Minta diisi. Saya pesen Go Food. Waktu udah sampai babang gojeknya, Saua ngambil sendiri pesanan saya ke depan lobby. 

Tau, ga? Pas balik ke kamar saya linglung, nyasar ke lorong lainnya. Masih di lantai yang sama padahal. Padahalnya lagi ada panah penunjuk menuju kamar yang udah tersedia. Gini deh, kalau siwer.  



Space kamarnya ini enakeun. Luas. Kalau bawa keluarga apalagi bocah bisa maen salto dan kop roll di sini.  Eh tapi jangan  ding :) Spacenya luas banget sih. Bahkan kalau mau salat berjamaah ga usah geser-geser barang atau gantian. Bisa deh bikin 2-3 row kayaknya.   Di hotel ini tersedia kamar yang smoking dan non smoking. Saya milih pilih kamar yang non smoking dong.

Tips:
Kalau mau solat di kamar hotel, coba tengok sudut-sudut kamar atau eternit alias langit-langit. Nah ada arahnya di situ yang tersedia.   Tips ini berguna buat orang yang buta arah mata angin kayak saya. Mau cek di HP kan ga semua orang instal aplikasi arah angin gitu, ya?  



Ada yang menarik pas dateng ke kamar. Begitu buka pintu, tatapan mata saya langsung tertuju ke meja kecil di sudut kamar.  Ada welcome fruit yang sudah tersaji. Di dalamnya berisi pisang, apel dan jeruk,yang diwrap di piring. Pas bener saya belum makan  dan di hari itu belum makan buah-buahan.

Ga lama kemudian ada panggilan masuk ke telpon yang ada di kamar. Eh ada apaan? 

Ternyata ini adalah konfirmasi dari tim hotel untuk memastikan saya baik-baik saja  eh  udah nyaman dan fasilitas lengkap.  So sweet ya. Perhatian banget  hehehe

Sebelum  dapat telpon hari itu, saya menemukan kartu ini di terletak di atas kasur. Abis ngecek sudut-sdut kamar semuanya aman, persis kayak dijanjiin di kartunya. kamar saya udah bersih dan nyaman. Clean means clean.


Sambil selonjoran sore hari dan  menatap jalanan kota Bandung dari kaca jendela kamar saya ngemilin buahnya. Mobil-mobil yang jalan di bawah sana tampak kecil, kayak mainan.  


Fasilitas di Dalam Kamar 
Mewah. Berasa jadi selebritis aja nginep di hotel bintang 5 di Bandung yang satu ini. Ada pilihan mandi pake shower atau bathub untuk kamar mandinya. Nah bathubnya ini dibatasi dengan jendela. Jadi keliatan banget suasana di kamar dari kamar mandi ini. Kesannya lucu tapi mewah.



Tapi jangan khawatir, ya. Ada tirai yang bisa dikerek naik turun buat menutupi kamar. Ritual me time mandi sambil main-main busa tetep aman, kok. Kalau betah rendaman misal bawa sabun mandi aroma terapi bisa tuh sambil bawa buku buat baca-baca.



Lah nanti keriputan dong kalau keasikan berendam? Hahaha....  Untuk amenitiesnya lengkap banget.  Kabar bagus kalau kita lupa ga bawa perlengkapan mandi dari rumah. Atau kayak saya yang males berat-beratin ransel/koper pas travel. Suka ngandelin fasilitas kamar hotel ini. Lihat kemasannya juga lucu banget.  


Selain welcome fruit tadi, setiap kamar di Crowne Plaza ini kasih fasilitas berikut untuk semua tamunya:

  • AC
  • Mini Bar
  • Televisi
  • Wifi berkecepatan tinggi
  • seperangkat setrikaan lengkap dengan mejanya
  • brankas
  • sepasang sendal kamar
  • sepasang kimono 
  • hair dryer

Semua fasilitas kamarnya bisa saya nikmatin, kecuali kimononya. Bukan apa-apa, ukuran badan saya yang imut ini  jadi full cover kalau s aya pake. Gini deh kalau punya kaki kurang panjang hahaha

Selain itu,  hotel ini sudah  difable friendly dan free parkir untuk tamu.  Staycation lama di sini ga usah khawatir mikiin tagihan parkir yang bisa membengkak. Asik, kan? Tinggal tunjukin deh bukti menginap kita dan minta dicap. Jadi pas keluar masuk hotel (let's say perlu ke luar sebentar) kita ga akan dikenai biaya parkir.


Gagal Begadang

Semalaman nginep saya ga kemana-mana kecuali buat lihat fasilitas kolam renang di Mountain View dan turun ke lobi  buat ngambil pesanan makanan dari layanan antar.  Waktu saya dateng ke sini udah sore banget dan hampir magrib. Sebentar lagi areanya mau tutup.  Saya bilang sama mbak yang tugas jaga cuma mau lihat-lihat dan foto sebentar.

Beberapa waktu lalu saya pernah juga maen ke Mountain View ini. Selain berenang di waktu pagi atau sore, di sini suka digelar event Sunday Brunch juga, lho. 


Kalau pandemi kelar, dan kalian lagi di Bandung mesti coba maen ke sini lho, ya.   Sementara untuk foto-foto waktu paling asik ya pagi atau sore. Terserah kalian tim sunset atau sunris, venue dengan latar belakang Bandung dan gedung-gedung yang mau nyakarin langit ini bikin pemandangan indah.


Di Mountain View ini ada dua kolam yang tersedia. Satu untuk yang dewasa, dan satu lagi yang mungil buat yang punya bocil.  Bisa betah tuh maen air di sana. Saya aja yang cuman mampir rasanya pengen lama-lama kalau ga inget waktu.  Ya udah balik lagi ke kamar buat salat magrib dan lanjut istirahat.



Selebihnya asik aja menikmati waktu nunggu ngantuk. Internetannya kenceng, cocok buat yang mau nonton film di aplikasi tapi gangguan buffering.  


Malam itu rencananya mau nonton salah satu partai Euro yang tayang malam ini. Dini hari sih tepatnya. Tapi saya bablas, batal nonton. Kamarnya betahin, nyaman.  Yaudah gapapa, nonton high lightnya aja nanti dari hp hahaha



Sarapan Di  The Mozaic Ala Social Distancing

Sekitar jam pagi saya turun ke resto The Mozaic yang letaknya di lantai 1, satu area sama loby. 


Siang bener sarapannya?

Anu.... itu karena abis solat subuh saya malah tarik selimut lagi hahaha 
Ya, kan nginep sendirian. Ga da temen ngobrol (kaciaaan deh). Mau cuci piring atau beres-beres, eh iya kan lagi nginep di hotel :) Makanya balik lagi leyeh-leyehan di kamar.

Jam 7an saya baru mandi dan beres-beres. Makanya jam segitu baru turun. Waktu saya dateng suasana restonya ga rame. Selain karena saya emang dateng agak telat, ya ditambah lagi udah berlaku pembatasan jumlah pengunjung. 

Di satu sisi saya merasa aman karena lebih leluasa buat menjaga jarak. Sementara di sisi lain saya merasa kehilangan suasana ramai di jam-jam sarapan di hotel. Antri makanan di stand-stand tertentu jadi yang saya kangenin. 

Semua menu di sini bebas kita pilih. Yang mana aja, selama perut kita muat. Tapi jangan kalap juga, apalagi sampai nyisa. Duh saya suka sedih kalau lihat makanan nyisa. 

Tip dari saya kalau sarapan di hotel, coba keliling dulu lihat-lihat menu yang tersaji. Pilih deh menu yang kita udah kangen dan lama ga nyicipin. Yang masih baru-baru kita makan beberapa hari sebelumnya diskip aja.  Lalu jangan lupa juga ngambil secukupnya. Jangan sampai ini pengen, itu mau. Pas lihat di meja sendiri malah bingung mau ngabisin.


Berbeda dari biasanya, kalau dulu kita bisa ngambil sendiri menu di resto, kali ini kita bakal diambilin sama petugas yang jagain standnya. Misal mau ambil jus, bilang deh mau jus jeruk, jus jambu atau mau kopi. Petugas yang stand by bakal dengan senang hati melayani kita.

Biasanya stand yang rame dan antriannya agak panjang adalah stand omelet,  Ga tau kenapa juga waktu itu saya skip ngambil salad, menu sarapan wajib kalau nginep di hotel. Langsung aja saya pesen sosis dan omelet plus beberapa menu lain. Dan emang ga heran kalau omelet yang dibuatin itu enaaaak. Apalagi di hotel. Bikin sendiri di rumah rasanya kok beda, ya? Hihihi

Jadi gimana berani ga nginep lagi sendirian di hotel?
Insya Allah, aman kok. Pengalaman saya ga ada apa-apa. Jangan lupa buat yang muslim buat salat dulu atau berdoa sebelum tidur.  Biasanya ketakutan waktu sendiri itu muncul karena kita sendiri yang menciptakan. Nyenggol dikit barang ada yang jatuh jadi kaget sendiri. Nutup pintu agak keras, kaget. Padahal kitanya pake tenaga dalam, bukan tenaga luar hahaha

Kejadian juga pas lagi nginep kedengaran suara "BRAK!" agak keras. Eh apaan? Masa sore-sore udah 'rame'?  

Ternyata pas buka pintu, ada tamu yang nutup pintu agak keras. Jadi yang kaget sebenarnya bukan yang nutup tapi tetangga sebelahnya yang kaget. Hahaha....  Tuh kan, gapapa, kok

Enak lho nginep sendirian. Mau mandi lama-lama di kamar mandi ga da yang gedor-hedor nunggu antrian. Tapi ga enaknya pas nyetrika itu, agak drama. Saya juga agak repot pas mau negakin rangka meja setrikannya. Akhirnya saya akalin tuh mejanya saya letakan dulu di lantai, terus pengaitnya saya pasang dulu di tempatnya yang pas. baru bisa tegak dengan sempurna. Sebelumnya  gagal lagi gagal lagi. Bisa diketawain kalian kalau bareng di sana.

Baju, hijab atau pakaian lainnya yang kusut bisa rapi lagi, Mau makan pagi di hotel, tetep pede. Pulang juga tetep tampil stand out, tetep rapi.



Hotel Crowne Plaza Bandung (*****)
Jalan Lembong No. 19, Braga, Kecamatan Sumur Bandung - 
Bandung 40111
Telp: 30002500
Instagram: @crowneplazabandung



Share: