3 Cara Agar Tetap Produktif di Rumah Selama PPKM

Setiap malam, setelah menutup laptop menyelesaikan pekerjaan,  saya masih suka buka timeline twitter buat lihat update-an. Bukan buat nyetatus tapi lihat cuitan lucu-lucu yang rame di trending topic. Hiburan banget soalnya. Bagus juga buat imun booster. Ya, kan?



Salah satunya ketika para netizen menimpali akronim PPKM jadi kepanjangan yang kreatif. Salah satu yang bikin saya ga bisa berhenti ketawa adalah ini

"Pek Perpanjang Kumaha Maneh"

Kurang lebih artinya terserah deh mau diperpanjang  lagi, gimana kamu.

Saya percaya deh kalau aktivitas online (selain skrol-skrolan di sosmed) ini udah udahjadi kebutuhan pokok buat semuanya. Yang PJJ-an lah, Yang webinarlah, yang ngonten dan sebagainya. Ya, kan? Untuk yang satu ini kuota yang memadai dan kenceng adalah numeru uno. Nomer satu. Wajib. Nah, untuk urusan ini ada  paket internetan yang gokil dari Smartfren: Gokil Max> udah tau belum apa saja benefit dan fiturnya? Coba deh download dulu, karena lagi ada campaign serunya nih. Modal download aja bisa dapet Redmi 8 A Pro, Mifi dan kuota internet 30 GB. Gokil, ya?


Jangan lupa baca ketentuannya di sini agar peluang menangnya tetep gede. Sayang banget kan kalau ada yang kelewat padahl kontennya udah bagus dan maksimal.


Balik lagi soal PPKM saat ini. 

Ada yang sebel, ada yang sedih ada yang menanggapinya dengan positif thinking. Ya mau gimana lagi, situasi sekarang membuat kita memilih lebih banyak di rumah saja. Bersyukurlah yang masih bisa WFH-an. Kadang saya suka kepikiran gimana dengan mereka yang harus nyari nafkah ke luar rumah. Semacam pedagang, sopir dan pekerja di sektor esensial yang ga bisa ditinggal. Perawat dan karyawan pabrik misalnya.

Semoga pada sehat semuanya, ya. Biar rantai penularan C-19 ga mengular. 

Lain waktu, pas saya keluar sore ketemu tetangga yang rada lama ga bersua.  lalu terjadilah obrolan ini

+ : Ke mana aja, teh? Udah lama ga keliatan?

Padahal saya suka lewat depan rumahnya kalau mau ke pasar, warung dan sebagainya. Tetehnya ga keliatan. Emang ga jodoh aja buat ketemu. Terus saya jawab gini

- : Iya, Teh. Kan lagi PPKM

+ : ....

- :Pelan-pelan Kamu Menghilang

Kami ketawa ngakak. Sebenernya bukan menghilang literally gitu. Karena jadwal keluarnya aja ga  barengan. Sibuk masing-masing. Ditambah lagi saya emang jadi lebih banyak online. Aktivitas offlinenya nyaris ga ada kecuali urusan personal aja.

Balik lagi nih sama aktivitas selama di rumah. Ga kerasa ya, pandemi ini udah 1,5 tahun kita lalui. Berlama-lama di rumah sebenernya bikin saya betah. Males ke luar kalau ga perlu. Malah kalau bangun pagi masih selimutan, buka email buka notif WA dan lainnya sebelum memulai to do list harian.

Ga produktif dong?

Kata siapa? 24/7 malah makin berasa. Guys, pada ngerasain hal yang sama ga? Tosss dulu dong.  Biasanya jam kantor rumahan ala saya tuh setelah jam 9 pagi ke sana.  pagi-paginya saya ngerjain dulu kerjaan rumah seperti nge-dj alias cuci piring, nyuci baju, beberes kamar, ngasih makan kucing dan printilan lainnya.

Ada kalanya tiba-tiba  deadline kerjaan udah berderet kaya iring-iringan semut di dinding yang berbaris rapi. Nunggu eksekusi.  Oh, No. Jangan sampai bikin keteteran.  Makanya beberapa hal ini saya lakukan selama di rumah. Kerjaan beres, me time pun masih bisa. 

1. Positif Thinking dan Menjaga Kesehatan

Apa kabar? Teteh, Akang sehat?

Sehat selalu, ya

Sapaan kayak gitu mungkin dulu terasa klise. Tapi sekarang sapaan itu bisa bikin hati adem, nyesss. Dalam keadaan seperti ini mendoakan teman, saudara atau rekanan yang ngobrol sama kita bukan ritual formal saja. Tapi udah jadi doa. Dan seneng banget kalau udah didoain gini. Karena sehat adalah sesuatu yang berharga sekali saat ini. Alih-alih kepo  nanyain urusan pribadi atau misal ditanya kok gini kok gitu. percayalah didoakan seperti ini adalah kata-kata yang indah.

Inget, hati yang bahagia bisa membuat imun kita tetap terjaga.

Ah ya jangan lupa untuk selalu pakai masker obel dan menjaga kebersihan tangan kita terutama kalau harus keluar. Saban pergi ke atm yang itungannya sebentar (kadang dua bentar, tiga bentar kalau lagi banyak yang ngambil uang juga alias ngantri) bikin saya merasa butuh banget keberadaan hand santizer. Abis ngambil uang atau setor tunai, bersihin dulu tangahn pake HS sebelum cuci dengan sabun dan air  yang mengalir di rumah.


Untuk menjaga kesehatan saya selalu ngusahain minum air yang cukup. Kadang males tapi alarm tubuh suka ngingetin saya kalu butuh. Kulit kering, gampang ngantuk dan ga fokus adalah tanda otak butuh oksigen hihihi....


2. Mengatur Waktu dan Membuat Skala Prioritas

Tadi saya udah bilang kalau selama PPKM ini intesitas kesibukan di rumah terutama di depan laptop atau gadget jadi nambah.  Biar ga berantakan, saya suka bikin to do list apa yang mau dikerjakan besok. S elesai satu pekerjaan saya centangin tuh mana yang udah. Mana yang masih menggantung. Beberapa  to do list  juga saya tandain yang perlu diprioritasin. 

(foto to do list)

Jangan sampai pas mau boci, alias bobo ciang istirahatin mata dan otak tiba-tiba ada chat masuk nanyain progres. Seketika mood  bobo cantik jadi ambyar hahaha... Apalagi kalau malamnya kurang tidur. ya, kan? 


3. Me Time

Refreshing selama pandemi gini masih bisa kita lakukan walau ga bisa ke mana-mana.  Di rumah aja bisa dibikin tetep asik. Misalnya saja nonton film atau serial di aplikasi,  baca novel, atau jajan makanan favorit lewat kurir  di sela-sela aktivitas.  

Ga usah tiap hari sih ya karena bisa bikin boncos. Di sisi lain Me time macam jajan gitu juga bisa ngasih faedah sama pejuang maisah alias mencari ladang rezeki baik yang jualan maupun drivernya yang nganterin. Dengan begitu, kita bisa membantu mengurangi beban yangdirasakan oleh orang lain selama PPKM ini.

Me time buat saya bukan buat buang-buang waku tapi buat rehat. Setelah itu otak kita kembali segar dan siap menyelesaikan PR atau berkarya kembali. Me time juga bentuk self love agar selama pandemi ini mood kita tetap terjaga.


0 Comments

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.