Monday 20 April 2020

Pengalaman Mengurus Pasien ke IGD di Masa Pandemi Covid 19

Kurang lebih sudah 4 minggu ya kita coba bertahan untuk tinggal di rumah sejak pandemi Covid 19 ini meluas di dunia.  Ga bisa dipungkiri kalau di waktu tertentu ada situasi yang membuat kita harus keluar rumah.

Ngeri, males tapi kepaksa. 

Ada yang harus pergi bekerja karena kantornya menyediakan jasa layanan publik atau pemasok kebutuhan pokok, harus berdagang atau barang sebentar harus keluar rumah untuk pergi ke dokter.

Saya sempat mengalaminya sekitar 3 minggu lalu. Tiba-tiba saja Apa (bapak) minta dibawa ke IGD.  Duh gimana ini?

sumber gambarnya dari https://www.tsnn.com/

Saya sempat membujuk Apa buat tetep tinggal di rumah saja, dengan situasi sekarang yang mengerikan. Masih inget sebelum ini sempat dibawa ke rumah sakit dan masuk IGD harus nunggu sampai jam 3 pagi (dateng sekitar jam setengah sepuluh malam). Waktu itu dokter jaganya bilang kamarnya udah penuh. Dan dokter lain yang akan memeriksa belum tau dateng jam berapa.

"Emang jam berapa?"


"Ya mungkin jam 8 pagi" jawabnya santai.  Kalau mau nunggu silakan, tapi kalau mau dirujuk ke rumah sakit lain juga boleh."


Jujur saja, saya sebel dengan jawaban dokternya seperti itu. Bukannya ada jadwal dokter tiap hari siapa yang berjaga, ya? Setelah diskusi sama adik dan Mama yang nunggu di rumah akhirnya kami memutuskan untuk minta pindah rumah sakit saja.

Dan tau ga? Pindah rumah sakit ternyata ga semudah itu. Harus kami sendiri yang nyari. Maka tengah malam gitu saya kelayapan di ruang google mencari nomor kontak rumah sakit terdekat.  Setelah tersambung pun ga semudah itu dapat info kesediaan kamar. Suster atau petugas yang jaga di IGD rumah sakit lain yang saya telepon cuma mau ngomong sama nakes (tenaga kesehatan)  yang menangani Apa.


Pertama kali masih mau. Lama-lama dokternya  kayak yang bete tiap tersambung saya nyodorin HP buat bantu menjelaskan sama nakes di seberang sana.  Lama-lama list RS yang tersedia habis. Saya ga punya pilihan lagi buat bertahan atau nunggu. Beberapa pasien yang nunggu kamar tidak sedikit kondisinya lebih miris dari Apa. Waktu itu saya coba membujuk gimana kalau pulang lagi aja? Besoknya kita cari rs atau dokter saja buat konsultasi.


Ya udah akhirnya mau. Waktu bilang sama perawat di sana saya sempet diwanti-wanti. Kalau ada apa-apa mereka lepas tanggung jawab. Dengan sebel saya jawab, iya gapapa.  Toh bertahan sampai pagi pun ga ada tindakan lanjutan. Mending di rumah saja. Lalu saya dikasih berkas buat ditandatangani, sebagai pernyataan tidak akan menuntut kalau terjadi sesuatu sama Apa. Duh, deg-degan sih sebenarnya tapi mau gimana lagi? Setelah dibawa pulang ke rumah, Apa bisa tidur dan pergi ke dokter praktek sore harinya. 

Itu kejadiannya sebelum terjadi pandemi Covid 19 ini.

Lalu red alert itu berbunyi nyaring lagi dua minggu lalu seperti yang saya bilang di atas. Tangan dan kaki kirinya ga bisa digerakkan. Adik saya yang bungsu udah panik dan memaksa saya bawa ke rumah sakit ( dan situasi paling mungkin di bawa ke rumah sakit yang sama itu tadi). Takutnya stroke karena Apa ga bia gerakin tangan dan kaki.  Sementara saya masih parno dengan situasi wabah ini ditambah pengalaman dokter yang menangani waktu itu.


Ya udah dengan pikiran kalut dan ga bisa mikir tenang, saya dan adik saya yang cowok pergi ke rumah sakit itu lagi buat bawa Apa ke IGD. Di tengah jalan saya berdoa ga ketemu dokter yang judes itu. Kalau pun iya ketemu lagi, pasrah aja.


Singkat cerita, sampai di rumah sakit. Malam itu kami semua pake masker buat perlindungan.  Apa sempet ngeluh kalau maskernya bikin sesak. Saya bujuk buat tetep dipake karena situasinya mengharuskan seperti itu.

Begitu kami datang, satpam di IGD langsung sigap menyambut dan menyiapkan brangkar dorong untuk Apa. Perawat yang stand by dengan sigap melakukan prosedur penanganan pasien sambil mengajukan pertanyaan sama saya. Seperti apa keluhannya? Punya riwayat penyakit apa dan sedang minum obat apa?


Selang beberapa lama, sambil nunggu dokter jaga yang akan memeriksa dan tindakan lanjutan, saya ngurusin administrasinya.  Untuk tahap awal saya mendaftarkan Apa dengan menyerahkan KTP dan fotokopi Askes (waktu itu lagi buru-buru jadi ambil sekenanya). Sialnya pas diinput nomor Askesnya ga kedeteksi.


"Ini nomer lama ya, Teh? Minta nomer Askes yang baru, ya."



Duh ada-ada aja karena saking paniknya asal samber dokumen. Trus saya nanya bisa ga kalau difotoin dari HP? Alhamdulillah bisa. Lalu saya minta tolong adik di rumah buat fotoin dan kirim ke pesan WA.  Setelah nunggu beberapa waktu akhirnya foto nomor Askes terbaru terkirim dan proses administrasi bisa diselesaikan.



Serangkaian pemeriksaan dilakukan lagi. Kali ini saya ke kasir ngurus bukti pembayaran.  Letaknya ada di bagian paling depan ruang IGD.  Kursi-kursi yang ada di sana sudah ditandai X secara berselang-seling.  Saya duduk di kursi yang ga ditandain. Ga lama kemudian ada dua pengunjung duduk di kursi di sebelah saya. Salah satunya duduk di kursi yang sudah ditandai X.   


"Mbak, maaf ga boleh duduk di sini. Udah ditandain."
Saya berani negur saking ngerinya dengan efek sebaran virus Covid 19 ini. Walaupun terlihat sehat, tapi prosedur keselamatan harus ditaati, kan?  Mbaknya mungkin ga ngeh dan berdiri. Gemes saya lihat dia dan keluarga lainnya berdiri berkerumun. Padahal yang lagi nunggu antrian di loket bukan saya dan mereka aja. 

Pas saya berdiri ngantri pembayaran,  kesebelan saya berikutnya adalah jarak antrian yang cenderung dekat.  Masih banyak selow. Hadoooh pengen lelepin tanduk ditahan-tahan. Mana saya belum solat maghrib.  Untungnya proses pembayaran di kasir ga begitu lama.  Balik ke ruang IGD saya nyerahin dokumen pembayaran dan bilang sama adik mau solat Maghrib dulu.

Keluar dari IGD saya nyari musola yang lokasinya ada di gedung lain. Satpam di depan pintu gerbang (sistem pintu masuknya berlapis) mengecek suhu tubuh saya. 35 derajat apa 36 derajat celcius gitu. Lupa :).  Saya diizinkan masuk untuk solat. 

Malam itu suasana rumah sakit sepiiii banget. Saya celingak celinguk nyari orang yang bisa saya tanyain soal arah ke musola. Panduan arah dari satpam tadi kurang jelas. Akhirnya saya nemu penunggu pasien yang lagi berdiri di halaman gedung lain. 

"Ke sana," kata mereka sambil nyebutin arah. "Kok ga solat di IGD aja?"  mereka nanya.

"Ga bisa pak, ga ada musola di sana"

"Padahal mah, solat aja di deket pasien," timpal mereka.

Males menjelaskan spacenya ga memungkinkan, saya ngeloyor pergi  dan berhasil menemukan musola. Duh kayak uji nyali aja. Sepiiii. Biasanya jam-jam solat apalagi waktu maghrib, biasanya musola di tempat umum termasuk rumah sakit cukup rame. Tapi situasi malam itu beda.  Waktu solat malam itu saya pake mukena yang dibawa dari rumah, jadi tetep aman, ya.  Lantai kayu masjidnya malam itu juga sudah ga beralaskan lagi sajadah, menciptakan suasana dingin semakin intens. 

"Tenang... tenang... Ga ada apa-apa, kok" Saya ngasih sugesti sama diri sendiri. Saya berusaha masa bodoh kalau tiba-tiba malam itu ada yang nimbrung solat.  Untungnya ga ada penampakan apa-apa. 

Saya sendirian dari pertama wudu sampai selesai solat. Sedih deh liat musola sepi.  Hiks, sampai kapan kayak gini?


ilustrasinya dari https://aboutislam.net/

Abis solat sya buru-buru balik ke IGD dan nungguin Apa. Giliran adik saya yang izin keluar sambil cari makanan.  Lumayan lapar juga dan saya menyerahkan sama adik buat beliin makanan apa aja. Yang penting bisa buat ganjel perut.

Waktu balik adik saya bawa air mineral, snack, roti dan sate + nasi.  Lihat situasi di IGD, kok gimana gitu kalau saya makan di situ. Saya jalan dulu ke luar dan makan di bangku-bangku yang biasanya digunakan pengunjung buat nunggu. Sama kayak di musola atau bagian lainnya rumah sakit. Sepi. Saya cuek aja makan dan mencuci tangan (pake hand sanitzer yang dibawa) di tempat yang sama.

Balik ke ruang IGD saya sama adik nemenin lagi Apa sambil sesekali tenaga kesehatan memeriksa kesehatan Apa.  Alhamdulillah dokter yang waktu itu bikin saya males ga berjaga. Kali ini yang menangani lebih enakeun melayani. 

Dokternya baik dan santai lalu menjelaskan diagnosa sementara. Faktor usia emang dominan banget (Apa udah berusia 74 tahun) Sebelum ini Apa emang punya riwayat  penyakit darah tinggi dan gula darah. Baru tahun-tahun ini saja kondisinya mengkhawatirkan. Kesehatannya gampang ngedrop.

Saya lihat situasi pasien IGD lainnya ada yang harus pake ventilator, dipasangi mesin pembaca detak jantung dan di bilik lain saya lihat ada seorang pasien wanita yang tengah hamil besar. Entah apa keluhannya, sepanjang malam itu dia mengerang terus. Duh saya paling ga tahan ada di situasi ini. Pengen buru-buru balik. Di tengah-tengah kecemasan malam itu saya diingetin lagi satu hal : 

"Nikmat  Sehat itu Mahal"

Jam 2 pagi akhirnya Apa dapat kamar.  Saya ikut ke ruang rawat untuk memastikan posisi ruangan di mana. Adik saya jaga di sana buat nemenin, sementara saya harus pulang karena yang jagain pasien cuma boleh seorang aja.

Jadi jam 2 pulang ke rumah?
Iya. Bismillah saya cek aplikasi ojek online masih dapat driver. Sekitar setengah 3 saya sampe ke rumah tapi ga bisa langsung tidur. Saya mandi dulu baru bisa merem. Byuuuh dingin. Kalau ga lagi pandemi mungkin saya langsung gosok gigi dan tidur aja.  Bangun subuh buat solat sebentar dan kolaps lagi sampai jam 10 pagi huahahaha.... Abis ngantuk berat.

Trus gimana kabarnya Apa?
Alhamdulillah ternyata bukan stroke tapi gejala parkinson. Jadi waktu itu ga bisa gerakin tangan dan kaki ya karena masalah parkinsonnya. Bukan karena stroke.  


Pas 7 hari Apa udah boleh pulang dan saya pesen taksi online buat jemput Apa. Berkali-kali saya nelpon mama buat mastiin apakah semuanya udah oke.  Mama bilang iya.   Waktu itu saya pergi dari rumah sama adik pake motor. Pas pulangnya adik balik pake motor, dan saya ikut mobil. 

Sampai di rumah sakit (halaman depan) saya saya nanyain situasi sama Mama biar bisa pesan taksi online.  Mama lupa kalau ada dokumen pasien yang harus diselesaikan, jadinya bilang oke-oke aja. Sementara taksi online yang saya pesan udah dateng dan nunggu lebih dari 10 menit. Saya panik dong, karena khawatir auto cancel. Drivernya juga gitu, udah gelisah. Sialnya hari itu sinyalnya ga bersahabat jadi susah buat nyambung ke Mama yang masih di dalam rumah sakit.  

Kok ga masuk aja?

Saya ga punya surat izin masuk sebagai pengantar pasien. Aturan rumah sakit waktu itu satu surat izin masuk cuma berlaku buat satu orang. Makanya beberapa hari sebelumnya Mama dan adik saya bergantian pake surat pengantar itu. Tiap mau jaga, ga bisa langsung masuk. Harus nunggu dulu di post satpam buat gantian shift. Dulu nunggu pasien sakit ga seketat ini. Hiks.... Apa boleh buat.

Akhirnya Mama dateng di last minute, sementara tadi sebelum Mama datang, saya dan taksol udah masuk lewat basement. Di sana ada perawat yang nemenin Apa buat nunggu dijemput. Sambil nunggu Mama beresin administrasi itu kami cuma bisa nunggu di mobil. Adik saya yang tadi pergi bareng juga sama, ga bisa masuk. 

Selesai semua urusan akhirnya kami bisa pulang ke rumah. Sampai rumah seperti biasa saya mandi dulu. Padahal waktu itu hujan sore-sore (kayak judul lagu ga, sih?). Jangan ditanya dinginnya kayak gimana.  

Untuk kontrol rutin berikutnya dokter yang menangani Apa tidak menyarankan untuk datang ke rumah sakit. Apalagi riwayat Apa yang punya sakit diabetes dan hipertensi.  Ngeri, kan? Walaupun rumah sakit yang kami datangi hari itu bukan rumah sakit rujukan penanganan penyakit yang disebabkan virus Covid 19, tetep aja kami ga mau cari masalah. Akhirnya untuk kontrol berkala (sebulan sekali) kami datang ke rumah dokter dengan jadwal yang sudah ditentukan. 

Jadi ga bisa klaim BPJS/Askes emang. Tapi gapapa deh, everything is ok. Semoga wabah ini lekas berlalu.  Situasi di rumah sakit yang saya lihat waktu itu  (datang ke IGD) sempet bikin saya merasa ga nyaman dan ga bisa mikir dengan tenang.  Semoga teman-teman ga ada situasi yang memaksa harus mengalah pergi ke rumah sakit, ya. 
Share:

25 comments:

  1. Sebisa mungkin menghindari rumah sakit ya kecuali urgen kaya gini. ternyata sekaang gak bisa main jenguk orang juga di rumah sakit ya supaya memnimalkan paparan virus yang ada. alhamdulillah atuh kalau bisa datang kontrol ke rumah dokternya gak perlu ke rumah sakit ya. Sehat selalu untuk kita semua

    ReplyDelete
  2. duh bacanya ikut deg2an karena ngebayangin lagi tegang di rumah sakit. moga sehat selalu buat apa-nya ya mak juga sehat sehat buat kita semua sampai wabah ini berakhir aamiin

    ReplyDelete
  3. yaa Allaaah... aku juga deg degan baca .. kalau tau mushola sesepi itu, bisa bisa parno berat

    ini dari awal sampe akhir sport jantung ya Efi

    ReplyDelete
  4. Tetap semangat dan Doa....
    Semoga COVID ini segera diangkat ke Langit

    ReplyDelete
  5. Teteh samaan ama aku kudu anter bumer ke IGd karena sempat jatuh dan tangannya patah...duh deg2an pisan, liat orang batuk bawaannya curiga... Mana sama suka sebel liat yg santuy aja ga pake masker dan masih deket2an

    ReplyDelete
  6. Aku ikut deg-degan ih Efi baca ceritamu saat antar Apa ke rumah sakit. Apalagi pake ada dokter yang jutek banget. Gemeeesss gitu, kok ya ga helpful ya ada orang yang bingung gitu.
    Semoga aja Apa makin membaik kondisinya ya.

    ReplyDelete
  7. Jujur ini saya terbawa emosi bacanya mbak hehehe. Ternyata emang dimana-mana yah pelayanan masih kurang optimal, apalagi di rumah sakit. Kadang panjang prosesnya. Tapi alhamdulillah masih diberi keselamatan. Aamiin aamiin semoga pandemi cepat berlalu juga

    ReplyDelete
  8. Saya pernah mengalami kegemesan saat ke IGD. Saat itu sudah lewat jam 12 siang, jadinya saya langsung ke IGD, terus di suruh daftar ke layanan yang klinik. Sesampai di pendaftaran ke klinik, di suruh ke loket IGD, katanya sudah lewat jam 12 siang. Di situ saya merasa gemesssss. Dan sejak pandemi covid ini, sebisa mungkin jaga jarak ke rumah sakit, kecuali urgent tingkat dewa.

    ReplyDelete
  9. Mbak ikutan deg2an tapi alhamdulillah bukan stroke ya?
    Kebayang seremnya suasana RS pada masa sekarang, aku nih nyesel krn sblm pandemi nelat bawa anak2 ke dokter gigi, skrng blm bisa ke sana jd kudu dijaga bener supaya anak gak ngeluhin gigi hiks #malahnupangcurcol

    ReplyDelete
  10. Persis sama banget apa yg diceritakan Zaskia beberapa wkt lalu. Ke RS riweuhnya udah kayak apaan tau trus gak dilayanin sebagaimana mestinya. Trus ke RS juga katanya deg2an kayak mau ke medan perang. Ya pokoke gitulah. .. AKu bacanya jadi ikutan kesel.

    ReplyDelete
  11. Teteh, aku bacana aya sedih, mangkel baca part dokter judesna tapi iya teh pas sakitku kambuh juga suami ga izinin aku ke tempat prakter dokter langganan jadinya pake obat resep apoteker kenalan wkwkk...saking parnonya semoga Apa sehat2 ternyata bukan stroke ya teh..btw eta teteh typo bawa mukena mereun yah bukan bawa musola dari rumah berat teh ahhaha

    ReplyDelete
  12. Ya Allah mbk, bacanya ikut deg degan. Kebayang banget bingungnya harus cari rumah sakit lain. Alhamdulillah berbuah hasil ya, Apa dirawat. Semoga Apa sehat selalu..

    ReplyDelete
  13. Prosedur ke IGD memang agak rumit ya Teh..bikin mengkel apalagi kalau dibiarkan gitu aja tanpa tindak lanjut sambil nunggu ruangan kosong.
    Semoga Apa nya lekas kembali membaik keadaannya dan sekeluarga dianugerahi nikmat kesehatan

    ReplyDelete
  14. Cepet sehat bapak ya mak efi. Semoga parkinsonnya ilang dan pulih kembali. 74 tahun sehattttt

    ReplyDelete
  15. Aku aja yang haris kontrol terus ke RS jadi agak segaaan saat pandemik seperti sekarang nih mba. Soalnya bukan apa - apa, kita ngga tau penyebaran virusnya separah apa yaaa

    ReplyDelete
  16. Masha Allah perjuangan demi kesembuhan bapak ya mbak. Smg beliau segera pulih, tetap sehat dan bahagia...

    ReplyDelete
  17. horor banget ya mak kalo ke RS di tengah pandemi. Huhu. Sedih juga karena ga bisa jagain pasien bareng-bareng. Pasien jg gabisa dijenguk kan.. Huhuhuhu. Sehat sehat terus buat Apa ya Teh Efi.. Aamiin

    ReplyDelete
  18. Sekarang tuh jadinya parno kalau mau ke RS teh, saya aja beberapa hari lalu kurang enak badan ga mau ke RS ah takutnya malah tambah sakit, haha. Jadi istirahat aja di rumah makan yang banyak dan minum multivitamin. Mudah2an Apa nya sehat selalu yaaa teh Efi.

    ReplyDelete
  19. Ya Allah teh,, semoga bapaknya segera pulih ga kebayang aku diposisimu, mau ga mau ya kan karus ke IGD, semoga semuanya cepat berakhir ya,,

    ReplyDelete
  20. Ya Allah, Mbak. Perjuanganmu sungguh mengharukan. Aku ga bisa membayangkan bagaimana kalau berada di posisimu. Berhadapan dengan penyakit serius saat pandemi begini tantangannya lebih berat ya, MBak. Aku bisa merasakannya, karena saat ibuku sakit parah dulu kami semua kalang kabut, padahal dalam suasana normal. Apalagi dalam keadaan wabah, ga tau deh harus berbuat apa. Semoga bapak segera pulih, Mbak. Aamiin.

    ReplyDelete
  21. Duh, bisa bayangin kayak apa capeknya dirimu Mak. Semoga Allah ganti dengan pahala berlipat dan kesehatan bagimu dan keluarga ya Mak. Hidup makin berkah dunia akhirat.

    ReplyDelete
  22. Ya Allah Mbak Efi aku bacanya kok ikut deg degan ya. Bayangin pertama kali nunggu di IGD sampai jam tiga pagi trus pas ada Covid mengharuskan ke IGD . Deg degan pasti ya . Tapi keadaan ayah darurat sih. Semoga ayah sehat-sehat terus yaa...

    ReplyDelete
  23. Kebayang Mba gimana situasinya. Aku oaling "takut" klo ada di IGD. Terlalu banyak orang dengan keluhannya masing-masing yang membuat aku ketakutan. Krn pernah pas aku di IGD, ada pasien yang lagi bener2 kritis. Duuhhh aku merinding

    ReplyDelete
  24. Jadi inget telepon ibu sy 2 minggu lalu nenek minta k rs krn kakinya sakit tp diminta d tahan krn kemungkinan hanya asam urat , ngeri bawanya k rs dgn situasi sekarang. Alhamdulillah teh Efi aman - aman aja ya

    ReplyDelete
  25. Semoga di sehatkan lagi ayahnya teh efi, aamiin

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.