Make up Flawless Sehari-hari itu Mudah

by - May 14, 2019

Udah fitrahnya perempuan pengen banget keliatan cantik. Siapa saja, termasuk aku.  Makanya, waktu diajakin ikut ngabuburit di kelas beauty flawless sehari-sehari yang diadakan Big Pro Event pekan kemarin,  aku ikutan tuh. Apalagi bentar lagi lebaran, kan? Ya sekalian ngabuburit dan investasi waktu aja demi bisa dandan lebih maksimal.

belajar makeup flawless harian

Acaranya ini diadakan hari sabtu kemarin,  tepatnya tanggal 11 Mei 2019  bertempat di lantai 2 gedung Shafira jalan Sulanjana. Kurang lebih ada 18 peserta yang ikutan acara ini dengan seting meja yang berpencar. Masing-masing satu meja diisi oleh 4 orang. Feelingku langsung bilang kalau acara ini bakal berjalan santai dan no ribet-ribet.  Ga tau kenapa,  langsung aja kepikiran gitu.
belajar makeup flawless harian

Meski awalnya sempet deg-degan, agak sedap-sedap ngeri gimana gitu. Takut gagal atau ga bisa.  Tapinya lagi.... dalam hati udah bertekad  sebisa mungkin do it by my self, alias ngerjain sendiri. Jangan sampai dikit-dikit minta tolong fasilitator segala. Sayang kan udah invest waktu terus kalau hasilnya sia-sia.

Sebelum cerita lebih banyak,  aku mau cerita dikit dulu soal acara ini. Diselenggarakan oleh Big Pro Event,  beauty kelas yang bertajuk Ramadhan Flawless Beauty Charity ini mendaulat Zoya Cosmetics, Calysta Skin Care, Daster Bahenol dan Percetakan Big Stamp sebagai sponsor dan pendukung acara.

Keuntungan dari acara ini akan disumbangkan untuk Panti Asuhan Entrepreneur di Cililin, Kabupaten Bandung. Selain aku, ada juga dua Blogger Bandung  lainnya yang ikutan juga, Nchie Hanie dan Demia Kamil.
belajar makeup flawless harian
foto: Nchie Hanie
Sebagai narasumber, ada Teh Dewi Okta, Make Up Artist yang udah punya jam terbang. Untuk mendukung kelancaran acara, ada beberapa murid beliau juga hadir di acara ini yang ikut membantu peserta yang bingung atau kesulitan mengaplikasikan make up yang akan digunakan hari ini.

By the way, ini wajahku sesaat setelah setor muka alias registrasi.


Masih ada polesan bedak, lipen dan sedikit make up lainnya. Masih amatiran, kan? Masih kurang aja gitu. Kurang apa?  Ya kurang cantik  hahaha... Let's see gimana bedanya nanti, ya.

Anyway ngomong-ngomong soal keinginan untuk dandan buatku itu bukan buat jual pesona atau cari perhatian.  Dandan ya buat bikin diri merasa nyaman yang nantinya akan meningkatkan rasa kepercayaan diri.

Selain itu dandan malah bisa jadi ibadah kok. Semua amalan tergantung sama niatnya, kan? Allah itu Maha Indah dan menyukai keindahan.Buat yang udah nikah ya ibadah nyenengin suami karena udah menyegarkan pandangan.

Gimana kalau belum nikah?
Ya itu tadi bikin nyaman diri dan ga bikin orang ngomongin karena muka terlihat kucel. Setidaknya membantu orang biar menjaga lisan hihihi...  Atau ya belajar dandan, memantaskan diri. Gitu aja buatku.  Mau lajang atau udah nikah, buatku soal  dandan balik lagi ke niatnya itu tadi. Setuju?

Untuk tools make up hari itu sebenernya ga banyak. Bisa dibilang minimalis. Malah bikin seneng karena ga bikin pusing yang amatiran kayak aku buat praktik dan menghafalkan step-stepnya buat latihan di rumah. Beberapa make up malah digunakan lebih dari satu kali untuk dandan.  Selain ga ribet juga lebih irit budget. 

Palet makeup,  bandana dan apron udah disediakan semuanya oleh panitia. Aku cuma bawa beberapa brush dari rumah sebagai 'alat tempur'. Sialnya aku ga ada beauty blender.  Yaudah lah gapapa. Karena seperti dibilang Teh Dewi hari itu, dengan kekuatan jari-jari tangan juga sudah cukup untuk aplikasi make up. 
belajar makeup flawless harian
fotonya pinjem punya Demia
Step pertama  yang dilakukan sebelum dandan adalah dengan membersihkan wajah dengan make up remover. Selesai membersihkan make up, wajahku beneran bare face. Berasa jelek banget (hus ga boleh gitu).  Ya ampun pas ngaca itu rasanya kucel sekali.  Rasanya pengen ngumpet aja.

Daaaan.... uji nyali sesungguhnya pun dimulai.  Kenapa? Karena jangan sampai merasa fail alias gagal teus balikan lagi bersihin muka. Bukannya malah nanti bikin jadi better alias mendingan. Yang ada malah bisa bikin berantakan karena keburu panik duluan. Pengalaman sendiri waktu coba di rumah sih ini. Ada yang pernah ngalamin juga?

Pengaplikasian BB Cream

Langkah berikutnya setelah membersihkan muka dengan make up remover, adalah mengaplikasikan BB cream secara merata di seluruh muka. Di sela-sela ngasih arahannya, Teh Dewi ngasih tau buat ga ragu mengaplikasikan BB cream atau foundie agak tebelan gitu. Ga akan jadi keliatan kayak topeng, kok.  Hmmm well noted.  
belajar makeup flawless harian
sumber: grup WA BC Dewi Okta
Beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengaplikasikan BB cream ini adalah sebagai berikut:
  • Saat diaplikasikan lakukan dengan cara ditap-tap, jangan di geser. Ga masalah mau dari jedat duluan atau pipi misalnya.  Yang penting merata dan mengikuti arah rambut halus yang ada di muka. 
  • Kelopak mata dan area under eye alias kelopak bawah mata juga jangan luput untuk dikasih bb cream.
  • Seluruh bagian wajah wajib bin kudu untuk dicover dengan bb cream termasuk cuping hidung. Kalau ga pake jilbab,  terusin juga aplikasi bb cream sampai ke leher. Jangan sampai warna muka dan leher jadi ga kompak alias belang.
  • Penggunaan bb cream ga selalu harus pake spon atau beauty blender. Jari-jari tangan kita juga bisa jadi tool yang ampuh lho.
  • Untuk kulit berminyak bisa menggunakan bloting powder agar make up ga cepet luntur. Hayooo siapa yang merasa sayang cuci muka takut make up jadi berantakan karena kena keringat atau cuci muka? Feelingku banyak sih yang merasa gini *ih ga boleh suuzhan lho*
Oya bb cream yang aku pakai hari itu adalah jenis translucent. Ps banget hasilnya sama tone mukaku. Apakah ini pertanda bulan depan bakal mengadopsi bb cream tanslucentnya Zoya, ya?

Cara Pengaplikasian Bedak

Sebenarnya disarankan untuk menggunakan bedak tabur untuk mengunci make up.  Tapi hari itu kami cuma memanfaatkan bedak padat yang ada di palet.  Sekilas warnanya agak mirip. Bingung juga sih mau pake yang mana. Nah, dapat ilmu baru lagi hari itu. Kami diajarkan untuk memakai dua-duanya aja.

Aku sendiri  pake bedak yang lebih gelap duluan baru kemudian ditimpa dengan bedak yang lebih terang. Untuk pengaplikasian bedak ini, aku prefer pake  kuas ketimbang spon, Rasanya lebih rata aja tanpa bikin mblog-mblogan kalau kata orang sunda alias tebal ga merata kayak topeng. Ga banget, kan? Step yang ini dengan aman terlewati.  Oya kalau mau pake spon gunakan juga dengan cara ditap jangan digeser jangan sampai menggeser posisi bb cream atau foundie yang sebenernya belum kering betul  lho.

Aplikasi Shading

Buatku bagian ini ga terlalu susah. Seriusan. Tinggal tersenyum lalu olesin deh tuh serbuk sharing untuk blush on ke pipi. Kalau mau terlihat lebih alami, timpa lagi dengan bedak dan sharing warna nude.

Oya selain shading di pipi, aku juga belajar membuat shading di area hidung. Mulai dari sudut dalam mata, shading yang nude itu tadi dibaurkan. Lalu untuk batang hidung sampai cuping pake shading yang cokelat dasar. Perlahan-lahan makin bawah makin samar dan diratakan di area cuping hidung.

Ga usah terlalu tebal karena cuma untuk membuat kesan batang hidung jadi lebih mancung.  

Cara Pake Eye Shadow

Oke, di antara sekian step dandan, printilan area mata itu paling mengintimidasiku.  Karena kalau gagal, you know lah kayak gimana konsekuensinya.  Warna eye shadow yang ga pas, eyeliner atau maskara yang beleber bakan bikin mess up your day.   Kalau mau aman, gunakan warna eye shadow yang natural sebagai dasarnya, aku pake yang warna cokelat. Meski ada glitternya tapi hasil akhirnya ga jadi bling-bling gimana gitu.

Setelah itu aku aplikasikan warna yang lebih gelap. Dan nekatnya aku pake warna hitam. Huaaa..... ini bikin deg-degan karena bikin jadi mata pandaku makin kentara. Tapi aku pantang mundur dengan menghapusnya. Aku bubuhkan di sisi luar mata dan aku baurkan lagi dengan warna cokelat tadi biar ga terlihat jelas batas dua sisi warna tadi. Fiuh, Amaaan! Not bad lah buat pemula sepertiku.
belajar makeup flawless harian
sumber: grup WA BC Dewi Okta


Aplikasi Eyeliner

Suka takut ga sih kalau aplikai eyeliner bakal bleber dan dandanan sekitar mata bikin fail? Ini setep berikutnya yang mana level horornya naik beberapa strip.  Iya lebay emang tapi ya itu tadi kalau fail bikin akutuh jadi ngeri.  Untuk step ini aku lakukan perlahan. Dengan pensil eyeliner yang diulir, aku melukis garis mata dari sisi dalam ke luar.
belajar makeup flawless harian
sumber: WA BC Dewi Okta
Ada satu lagi trik yang aku dapatkan di sini. Sebelum ini beberapa kali nyari di youtube gimana membuat wing atau ekor eyeliner. Hasilnya selalu zonk lah karena ekornya ketebelan. Jadinya malah kayak sapuan yang bleber.

Terus gimana caranya?

Jadi sambil mengarik garis eyeliner dari dalam ke luar, ujung mata luarnya itu sedikit ditarik ke atas dan ditahan dengan spon.  Fungsi utamanya adalah agar menyamarkan kerutan atau garis-garis yang semakin kentara seiring semakin bertambahnya umur (hiks....). And you know what? I did it!

Wohooo.... uji nyali make up seputar mata berakhir sudah.  Meski masih ada step berikutnya berupa aplikasi maskara dan melukis alis.  Soal ini aku ga terlalu khawatir amat walau melukis alis masih peer juga.

Untuk aplikasi maskara, cara yang bisa kita lakukan dalah dengan mengaplikainya secara digeser baik sisi atas maupun bulu mata yang bawah.  eyeliner jua bisa digunakan lagi pada bagian dalam kelopak mata lho. Aku coba mengoleskan eyeliner warna putih untuk kesan mata yang segar.  Lumayan perih sih pas ngolesin ini hahaha


Tentang Melukis Alis

Seorang temenku pernah bilang kalau alis yang rapi udah cukup bikin orang pangling. Peer banget emang buatku nih melukis alis mata yang rapi.  Kalau sisi kanan dan kiri ga sama ya wajar aja. Kerena mereka bukan saudara kembar. Katanya adik kakak. Tapi buatku lebih pantas dibilang tetanggaan sih hahaha. Sebel aku tuh karena  belum bisa memberikan kasih sayang yang sama untuk alis kanan dan kiri.  Yang sisi kanan lumayan rapi. Untuk sisi kiri aku minta tolong teteh asisten Teh Dewi untuk merapikannya.  

Prinsip dasar soal alis adalah dengan membuat bingkai dari bawah dulu baru melukis garis atasnya.  Di bagian melukis alis ini aku jadi naksir berat sama eyebrownya coloringnya Zoya. Polesanna bikin alis terlihat dramatis tapi tetap alami.  Baik, belanja bulan depan aku masukin ini ke list shopping hahaha....
ga sempet moto jadi fotonya ngambil dari webnya Zoya

Menciptakan Kontur Wajah

Kata Teteh asisten Teh Dewi  yang membantu  memandu kelas make up hari itu, mukaku ga bulat tapi tirus. Jadi narik konturnya ke cuping hidung aja, bukan ke sudut mulut. Ah masa sih, Teh? Soalnya kalau aku ngaca muka nih tampak bulat hahaha.... Ya udah aku nurut aja. Untuk membuat kontur menciptakan efek pipi lebih tirus yang dipaket adalah shading dasar yang juga digunakan buat mata. Iya yang warnanya cokelat itu. WIiih multi fungsi ya? Sekaligus lebih irit juga :).  

Asiknya menggunakan shading nan multifungsi ini bukan cuma irit tapi mudah juga dibaurkan, jadinya samar ga meninggalkan jejak yang kentara tapi keliatan hasilnya.

Last Touch

Untuk sentuhan terakhir alias lipstik tadinya aku mau pilih warna aman, alia warna bibir. tapi rasanya kok sayang kalau tampak biasa aja. Kurang cetar gitu kalau pinjem kamusnya Syahrini. So aku pilih palet lipstik warna merah yang posisinya ada di paling atas, paling tengah.

Hasilnya ga gonjreng tapi bikin wajah jadi seger. Lumayan menyamarkan muka lelah yang kurang tidur hehehe.

O, ya ngomong-ngomong soal aplikasi area mata biar mata ga keliatan ngantuk Teh Dewi ngasih aku tips begini.
belajar makeup flawless harian

Pilihlah concealer yang warnaya satu tingkat lebih cerah dari warna area mata.  Pastinya aplikasi bb cream atau foundie juga jangan kelewat. Nah biar lebih seger, jangan lupa gunakan bedak tabur warna putih.  Wuuuuih, kebetulan banget. Ini sih bisa memanfaatkan bedak tabur warna putih yang lagi jobless alias nganggur.

Jadi inilah penampilanku setelah kelas make up hari itu. 90 aku sendiri yang ngerjain. Kecuali merapikan alis sisi kiri dan kontur hidung.
belajar makeup flawless harian

 Ya kalau mau hasilnya secetar polesan tangan Dewi kayak gini aku harus banyak belajar.  Banyakin properti juga iya hahaha.... Cakep, ya hasilnya?
belajar makeup flawless harian

By the way, salah satu penyakit sebagian perempuan rasanya sayang banget kalau udah dandan cantik terus kena keringat atau wudhu jadi luntur.

Well kalau soal keringat kan udah ada bloating powder buat menyiasati, biar make up lebih lama. Yekan?  Setelah buka puasa aku ambil wudhu buat solat.  Ya masa ga wudhu sih? Karena udah batal. Nanti solatnya ga sah, dong?

Gues, what? Ini tampilan make upku setelah wudhu. Ga pake touch up bedak lagi pun masih ada jejaknya. Lumayan jelas.
Ah love deh pokoknya.
belajar makeup flawless harian

Makasih banyak ilmunya untuk Teh Dewi, Zoya Cosmetics dan Teh Eka yang udah menginformasikan acara ini.  Semoga berkah, ya.

Buat teman-teman yang mau tau lebih banyak soal tips kecantikan dan info lainnya, bisa lho follow ig Teh Dewi Okta di akun ignya @dewiokta_makeup. Kalian bisa rikeus untuk make up wedding atau mungkin ikutan kelas kecantikannya seperti yang udah aku ikuti.

You May Also Like

24 komentar

  1. cateeet.. teeeh kece badai ih itu makeupnya, jadi seger pisan kayak lihat goyobod jam 12 siang pas puasa.
    alis aku nih yang saudara kembar tidak idenetik, susah nyamainnya.

    ReplyDelete
  2. Uhuuuy, makin cantik paripurna deh Teh Efi :D
    Yang jelas, kita emang kudu terus meng-upgrade ilmu yak,
    termasuk dalam hal make-up dan skincare supaya kulit makin sehat dan glowing
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. nahiya kak.. dandan buat pantes2an aja. makanya dandan kita sewajarnya dan seperlunya ya. hehehe.. sama nih perlu banyak belajar mulai dasar bangett

    ReplyDelete
  4. haha, aku nih tef efo, termasuknya yang geje soal dandan. dulu cuek banget tapi sekaranf dikit2 blajar biar ga kucel saat diliat misua hahaha

    ReplyDelete
  5. Palet makeupnya bikin mupeng tingkat tinggi deh. Selamat ya, udah makin pinter aja berdandan.

    ReplyDelete
  6. Mantul teh.. aku juga cocok nih sama zoya cosmetics.. awet nyaman aman.. 😍

    ReplyDelete
  7. Aku setuju sih, make up itu gak selalu tujuannya pamer ke lawan jenis. Kalo aku sih lebih kepada rasa syukur aku dan bikin tingkat kepercayaan diri kita meningkat level dewa kan kalo liat diri kita cantik depan kaca? :)

    ReplyDelete
  8. bisaaan euy dandannya jadi tambah kinclong :*
    aku ga bisa pake eyeliner. ikutin tipsnya ahh.. hatur nuhun geulis

    ReplyDelete
  9. ekor eyelinernya oke lho. udah lulus uji nyali make up. hihihi...
    seru yaa make up class bareng Zoya.

    ReplyDelete
  10. Teh Efi geulis euy... Enak bangey ini ada belajar makeup gitu ya teh, aku mah palinh lemah sama alis. Makanya gak pernah ngalis atau eyeliner.

    ReplyDelete
  11. Asiikk dapat referensi lgi nih bagi sy yg males banget make up kalau ribet. It palette Zoya ready di jual kah mba? Tempatnya terlihat lbh simpel di bawa ke mana2

    ReplyDelete
  12. Hidungnya kliatan mancung bangeet, mbaaa. Aku suka senang make up simpel tapi cetaaar :)

    ReplyDelete
  13. Wihhhh beneran Efi jadi beda. Terlihat segar dan nambah cantiknyaaa. Maksudnya jadi terlihat keecantikan yang selama ini disembunyikan Efi, hahahaa

    ReplyDelete
  14. Cantik sekali hasil akhirnya tuh Fi, keren juga nih usahanya untuk dandan sendiri, dibantuinnya dikit doang kan. Aku nih sampe sekarang belum berhasil pake eyeliner. Suliiittt....

    ReplyDelete
  15. Wah wah, boleh-boleh nih tipsnya dipraktekkan. Aku gak bisa make up. Btw, Efi geuliiis

    ReplyDelete
  16. Makeup yang flawless biasanya didukung dengan skincare yang kenceng juga ya mak

    ReplyDelete
  17. Jadi pengen belajar tutorial make up begini. Langsung praktik di tempat jadi benar salah bisa dibetulkan langsung.

    ReplyDelete
  18. Yang Paling gk bisa tuh aku pakai eyeliner teh,, mataku Kan agak sipit terus minus pula peer bngt ini tapi kalau pakein orang bisaan

    ReplyDelete
  19. Manglingin banget, tetehcuu~
    Beneran niih...aku abis ini deket-deket Demia yaa...biar ketularan pinter dandan yang natural look begini.

    ReplyDelete
  20. Wah...Efi belajar make up, jadi tambah cantik, deh!
    Kapan-kapan ajarin ya hihihi

    ReplyDelete
  21. Makin cantik dan terlihat segar.
    Baru tahu kalau pakai bb cream itu di tap tap, selama ini saya oles aja. Makasih sharingnya, dapat banyak pengetahuan baru soal dandan

    ReplyDelete
  22. Mba efi fambah cantik pas bermake up gibi. Hasilnya oke banget

    ReplyDelete
  23. Keren banget hasilnya mbak. Flawless.. Btw makasih bgt lho udah sharing ilmu. Maklum aku newbie di dunia makeup

    ReplyDelete
  24. Jadi tambah cakep setelah make up pake Zoya. Aku termasuk yang amatir banget soal make up. Baca dari sini step by step make up nggak terlalu rumit. Jadi pengen coba sendiri nih. Terima kasih ulasannya.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.