Tips Dandan Agar Make Up Tahan Lama

Desember 07, 2018

"Aku suka liat Teteh sekarang, lho," gitu kata seorang teman waktu kami chat. Yang dimaksud oleh temen saya itu pas merhatiin saya jadi lebih dandan. Sebelumnya paling cetek palingan saya bedakan dan lipenan.  Udah gitu aja. 

Belakangan saya jadi sedikit centil setelah bisa melukis alis.  Masih cemen, sih.  Tapi saban gores-goresin pensil alis saya suka nanya sama adik.  Kalau udah de oke, ya udah cussss.  

Jangan bandingin saya sama para biyuti bloher, para beauty ambbasador atau sejenisnya. Jauh banget soalnya. 15 menitan itu buat saya udah cukup untuk step aplikasiin toner sampai sentuhan akhir, lipstik.  Ini meliput aplikasi skin care (toner sampai tabir surya,  foundie atau concealer, terus bedak,  blush on, kadang eye shadow,   alis dan terakhir lipstik. 

Wiiih,  centil ya saya? Hahaha....

Eh tapi untuk foundie itu ga saya pake tiap hari. Sesekali aja. Palingan concealer sih yang sekarang ga boleh absen. Selain buat nyamarin dark spot atau flek, juga buat nyamarin mata panda.  Huhuhu...  PR banget soal mata panda ini soalnya saya jadi keliatan lelah. 

Nah,  sebelum apply make up dan aneka printilnnya, hal yang paling penting harus diperhatikan adalah skincare. Ya perawatan dari dalam berupa asupan makanan atau vitamin  serta aplikasi luar berupa skin care.
Kalau skin carenya udah oke,  make up yang kita pake pun bakal lebih mantul alias mantul.  Ga usah harus menor. Saya lebih suka konsep yang natural tapi seger alias flawless. 

Makanya,  beberapa hal ini adalah langkah-langkah dandan yang harus diperhatikan sebelum kita bermake-up ria.

Baca juga

Make-up-andalan

Moisturizer

Pemakaian make up yang pas akan membuat kulit kita siap banget untuk menerima timpaan (((timpaan)))  make up.  Jangan sampai make up yang kita pake malah jadi kayak topeng atau ibarat hubungan dengan gebetan yang cuek bebek. Pelembab ya pelembab,  amke up ya make up tapi ga bisa jalan bareng *analogi macam apa ini*

Bukan hanya kulit yang kering,  bahkan kulit berminyak pun tetap butuh pelembab,  lho. Makanya cek juga tuh jenis pelembab yang akan kita pakai.  Apakah untuk kulit berminyak,  kering,  atau sensitif misalnya. 

Kalau alergi sama kandungan tertentu juga jangan lupa untuk cek komposisinya.  Buat sebagian orang tertentu,  ada yang kulitnya cepat bereaksi setelah memakai Skin care yang mengandung paraben atau alkohol misalnya. 

Melewatkan pemakaian moisturizer alias pelembab selain membuat kulit cepat rusak juga membuat make up cepat luntur untuk kulit berminyak atau cracking alias pecah kalau punya kulit yang kondisinya kering. 


Face Primer

Ada kalanya saya butuh pemakaian foundie untuk menghadiri acara resmi atau rada mewah.  Biar irit, saya lebih suka dandan sendiri aja.  Budgetnya saya investasikan ke ngoleksiin pelengkap make up.

Nah,  sebelum pake make up berupa foundie,  aplikasi face primer akan membuat tampilan wajah jadi lebih optimal.  Apalagi kalau punya masalah pori-pori yang kecentilan pengen numpang eksis, face primer ini akan membantu kita menutup jalur narsis si pori-pori yang pengen eksis,  lho. 

Selain menutup pori-pori jadi lebih samar,  peggunaan face primer ini akan membuat make up jadi kayak kenangan, alias awet,ga bikin muka jadi hinyai alias berminyak. Kabar bagus lainnya face primer juga menghindari kontak langsung kulit dengan make up.  Membantu memininalisasi reaksi berupa iritasi atau alergi.

Setting Spray

Banyak yang merasa kalau udah pake face primer terus foundie bedak dan printilan make up lainnya,  maka ritual dandan sudah selesai.  Nyatanya masih ada step terakhir yang penting dan membuat tampilan make up kita jadi maksimal,yaitu setting spray.

Nah,  setting spray ini berguna banget buat mengunci make up jaih lebih tahan lama tanpa harus repot-repot touch up lagi meskipun aktifitas kita lagi sibuk-sibuknya.  No worry deh muka jadi aneh karena make up luntur. 

Hasil tampilan make up yang didapatkan dengan setting spray ini hasilnya bisa berbeda.  Tergantung jenis yang kita pakai.  
Kalau setting spray yang dipakai jenisnya adalah dewy,  maka hasil make up kita jadi kelihatan natural,  basah dan segar. Pas banget buat yang punya muka dengan jenis kulit kering.

Kalau punya kulit muka yang jenisnya berminyak 6 dan kombinasi,  maka setting spray yang cocok adalah jenis matte.  Bikin tampilan make up terlihat padat dan ter-set dengan sempurna. 

Untuk tips dandan cantik lainnya, teman-teman juga bisa membacanya di sini
Inspirasi Make Up Natural

Jangan lupa setiap malam sebelum tidur untuk membersihkan muka. Mulai dari micellar water,  face wash dan cleansing milk biar mukanya bersih maksimal dari sisa make up . Ga mau juga kan muka rusak karena lupa ritual rutin yang satu ini?  Karena wajah ga ada yang jualan di klinik atau olshop hehehe




You Might Also Like

2 komentar

  1. Keliatan lebih seger emang teh kalau make up an, saya mah tara pake foundie biasanya diganti pake cushion atau bb cream aja

    BalasHapus
  2. kadang suka mikir, kenapa ya perempuan kalo make up lama?
    hihihi
    karena suka jenuh nunggu istri pake makeup
    mana tau ada tips make up instan, biar aku forward ke istri
    :D

    BalasHapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.