Qareer Carnival 2018, Bursa Kerja Keren di Bandung

by - March 15, 2018

Beberapa  tahun yang lalu, errr...., koreksi. Belasan tahun yang lalu tepatnya. Setelah lulus kuliah, saya punya keasikan yang baru.  Setiap pagi, terutama di hari sabtu dan minggu,  saya akan membuka lebar-lebar koran di lantai, lalu asik duduk menekuri satu-stu persatu kolom lowongan kerja. Saking asiknya malah bisa sampao tengkurap nongkrongin iklan lowongan kerjanya nya hahaha... Satu Alat tulis di tangan kanan, plus kertas jadi teman setia  buat mencatat lowongan yang pas atau cocok. Kalau mood lagi bagus, buru-buru ngetik surat lamaran, ngeprint dan kirim ke kantor pos.  

Ada deh, setiap ngirim surat lamaran kerja di akhir pekan itu 3-4 yang saya titipkan di kantor pos. Itu belum dihitung hari biasa.  Jadi bisa dibilang, pos pengeluaran saya setiap minggu itu selalu ada buat pos buat beli amplop coklat, perangko, lem, dan hvs.  Belum lagi budget ongkos wawancara atau nyerahin surat lamaran  on the spot saat ada event job fair.  

Tapi itu dulu, ya. Hari gini, rasanya boros banget kalau masih kirim lamaran kerja dengan menggunakan amplop atau map, plus pake perangko pula. Lama nunggu jawabannya, dan belum tentu juga surat kita dibaca. Kadang, bisa jadi surat lamaran kita segera berakhir di mesin penghancur kertas setelah lewat skrining dari front office. Hanya karena kebanyakan pelamar yang masuk. atau emang kepedan ngirim lamaran. Padahal perusahaan yang kita tuju lagi ga butuh karyawan atau staf baru. Nyesek, ya. Seperti menanti jawaban dari gebetan, tapi gebetannya cuek bebek. 

Lho kok malah jadi bahas gebetan? Mari kembali ke jalan yang benar. SOoal lamar melamar kerjaan, pastinya.

Jangan patah arang dulu, ah. Pasar tenaga kerja masih tetap ramai, kok. Asal kita tahu celahnya,. Misalnya dalam waktu dekat ini akan ada gelaran Qareer Carnival di Bandung. Sebelumnya acara serupa sudah sukses dilaksanakan di Surabaya dan Jakarta pada tahun 2017 kemarin. Nah, kali ini di tahun 2018, dengan mengusung Semangat memberikan pengalaman yang berbeda dalam pencarian kerja, penyelenggara Qareer Carnival 2018 bekerjasama menggelar kegiatan ini di Bandung. Bersama para partner terbaik, tema yang diusung adalah Meet Up, Match and Show Off your Skill.

Penasaran, kan?
Penyelenggara acara Qareer Carnival, yaitu Qareer Harapan Asia menggandeng  Universitas Padjajaran (UNPAD) sebagai partner  venue  acara  Qareer Carnival 2018. Bertempat di  Graha Sanusi Hardjadinata, UNPAD Dipatiukur Bandung, acara yang akan berlangsung pada tanggal 22-23 Maret 2018 bukan saja menyediakan banyak booth perusahaan yang membuka lowongan kerja, tapi juga ada beberapa rangkaian acara menarik, diantaranya:
  • Management Trainee test
  • Talkshow 
  • Workshop bersama pembicara-pembicara expert dan 
  • Diskusi langsung dengan perusahaan-perusahaan peserta Qareer Carnival 2018
By the way, tadi saya bilang kan, kalau di masa saya  masih ngelamar sana sini cari kerjaan, ribet banget? Ga efisien, karena borosin kertas, ongkos dan waktu. Di jaman serba digital seperti sekarang, Career Carnival mempunyai sistem yang praktis, low cost karena paperless dan tepat sasaran pastinya. Kenapa? Karena di sini pelamar  hanya  perlu mendaftarkan diri, kemudian mengunggah CV via website. Setelah itu  pelamar akan mendapatkan kode OTP  yang akan digunakan untuk apply CVnya masing-masing  di booth perusahaan yang ditujunya. 

Alur melamar pada acara  Qareer Carnival yang praktis  ini berhasil menyedot  14.000 orang  yang menghadiri gelarannya di Jakarta dan Surabaya di tahun kemarin. Gimana dengan Bandung? Ga jauh beda, diharapkan Qareer Carnival 2018 bisa menyedot animo pelamar terutama  fresh graduates dan entry-level employees sebanyak 5.000 pengunjung. Hmmm.... lumayan prospektif, dong.

Kenapa Qareer Harapan Asia menggelar acara ini? Ternyata ya, ini adalah salah satu upaya  Qareer Harapan Asia merealisasikan komitmennya untuk terus memajukan sumber daya manusia di Indonesia. You know, lah. MEA alias Masyarakat Ekonomi ASEAN sudah bergulir. Suasana  yang kompetitif  bukan saja terasa dalam dunia bisnis. Di lini pasar tenaga kerjanya juga ikut merasakan hawanya. Nah, dengan adanya acara ini, harapkan entah itu para job hunter alias  para pencari kerja dan perusahaan-perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja bisa menemukan jodohnya yang tepat dalam bursa ini. 

Jodoh? Iya, kalau ga cocok satus ama lain ga akan deal-deal-an buat jalan lebih lanjut dan serius, dong. Anggap saja semacam ajang pedekate alias pendekatan. Kan, ga mungkin begitu datang ke booth ujug-ujug apply. Pastnya kita bakal nanya-nanya dulu. A to Z. Sampai semua rasa penasaran menguap dan berganti keputusan, masukin lamaran atau skip. Ya, ga?


Nah selain bereksplorasi  dike berbagai booth perusahaan peserta acara, seperti yang saya bilang di atas tadi, selama berada di lokasi,  Career Carnival 2018  ini juga jadi wahana persiapan buat para pelamar yang inigin merintis  karirnya  sebagai Management Trainee.

Biar makin yakin, nih saya kasih tau  lagi lebih jelas. Ada 15 media partner yang terlibat dan meramaikan  Qareer Carnival Bandung 2018. Mereka berasal dari  koran, TV, radio dan media-media online. Career Carnival juga didukung  penuh oleh Lawble selaku sponsor plus nama-nama berikut yang udah ga asing lagi. Hayo, siapa yang ga mudeng sama MAP Active, Sosro, Erajaya, eFishery, Indofood Divisi Bogasari, atau Marcks Venus by Kimia Farma?

Mumpung masih ada waktu, siapkan semua data yang diperlukan dan pastikan kalian  juga sudah registrasi di website bit.ly/qareercarnival2018. Tenang aja, registrasi ini gratis, kok. Ga ada biaya yang dikenakan.

Yuk ah, cusss. Semoga berhasil dan ketemu jodoh jobnya yang klik, ya.














You May Also Like

2 komentar

  1. semoga banyak yg klik di karnaval bursa kerja ini ya mak. Hiks, jadi pengen kerja lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Kenapa pengen kerja lagi? Kangen sama temen-temen dan suasana dulu waktu masih kerja, ya?

      Delete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.