Saturday 30 September 2017

Family Day & Eksplorasi Hotel Grand Tjokro Bandung

Yang namanya me time sudah biasa. Walau kadang kita merasa ingin merengek pada diri sendiri kapaaan me time itu bisa diwujudkan. Nah, gimana kalau our time? Dengan keluarga sendiri? Kalau rame-rame sama keluarga yang lain, gimana? Ini baru seru. Jadinya kita bisa melihat lengkungan ceria yang terlukis bukan cuma di sudut bibir keluarga sendiri, tapi juga orang lain. Saling menularkan aura positif, kan asik.
sumber foto: IG Gand Tjokro Bandung
Efi lagi ngomong apaan, sih?
Ini loh, seminggu yang lalu saya bareng teman-teman blogger mendapat undangan dari Hotel Grand Tjokro Bandung untuk family gathering. Tadinya nih, saya mau 'nyulik' ponakan saya, Azka dan Icham buat ikut. Apalagi pas dikasih tau ada sesi renang di hotelnya. Azka itu udah kayak  ikan duyung yang merindukan air.  Lagi mandi aja susah disuruh 'hanjat'. Nah, kalau renang, apalagi.  Pas saya tawarin, dengan lempengnya bocah kenes itu bilang kalau dalam hari yang sama sudah ada acara sama ummi dan abinya pergi ke luar kota. Hmmm, well. Misi 'penculikan' gagal muahaha.... Ya sudahlah, saya jadinya pergi sendiri. Mau 'nyulik' anak tetangga, saya ga tega. #ehgimana?

Sabtu pagi itu,  saya bangun agak kesiangan, jadinya agak telat dikit, 15 menitan. Untunglah ada Tian yang mau nungguin saya di pintu masuk huehehe.  Acara pertama hari itu dimulai dengan sarapan bersamadi Tjokro Resto. Lokasinya ada di lantai 2. Dari pintu masuk, lihat ke kiri, ada tangga menuju ke sana.. Gampil banget aksesnya.  

tangga menuju resto
Buat saya sebagai seorang salad lover, tentunya menu salad ga boleh diskip.  Salad buah dan sayur dengan siraman thousand island adalah menu pertama saya pagi itu. Hmmm... yummy!

sarapan favorit saya (kalau nginep di hotel)
Karena banyaknya ragam menu sarapan yang ditawarkan, saya malah bingung smau nyicipin apalagi? Sementara kapasitas perut saya kan limited. Ga mungkin saya hajar semua. Lalu,  Tian menyarankan saya untuk mencicipi mash potato, sementara skotel makaroni pun menarik selera. Memulai pagi dengan senyum saja? Ga akan bikin paginya saya hari itu terasa full spirit hahaha...  Salad buah dan sayur rasanya masih nanggung. Lalu saya nambah makan pagi itu, dan sukses kenyang. Maafkan kalau platingnya ngarang. Kurang kece,  lupa mau difoto :D
Mash Potatonya gurih,enak banget
Selesai sarapan, kami diajak untuk memulai tur hotel hari itu.  Sebagai pembuka, kami diajak main ke roof top garden.  Sambil menggoda saya, Tian menyarankan lokasi roof top ini buat lokasi resepsi saya nanti. Hah, efi mau nikah? Asiiik.  Kapan?  Iya, mau atuh, tunggu aja showtimenya, ya hahaha...

Kalau diperhatikan situasinya, teman-teman yang cari lokasi resepsi nikahan di area terbuka kayak roof topnya hotel Grand Tjokro ini enaknya sorean, aja. Romantis. Sambil menatap sunset, terus menyesap lemon tea sampai kumandang adzan maghrib. Deuh... awas baper. Bangun, ah! Masih siang!  Acara tur hotel masih lanjut.  Ngelamunnya dilanjutkan kapan-kapan. 

Nah, seperti yang kita tau, kalau batrenya bocil itu kayak genset.  Powerbank doang mah lewat. Ga bisa nahan mereka diem lama-lama. Coel sana, coel situ. Sebentar ke sana,  loncat ke sini.  Jadilah teman-teman yang bawa bocil sibuk ngejar anak-anaknya. Ada yang cuek dan nurut diajak berfoto, ada yang perlu effort ekstra. Saya nyengir aja lihatnya. 

First Mission Accomplished.  Berikutnya adalah  eksplorarsi kamar hotel. Kehebohan to be cotinued. Kamar yang kami bedah hari itu qdalah kamar tipe Junior Suite yang punya fasilitas terkoneksi dengan kamar di sebelahnya. Ruangannya luas, kayak apartemen.  Selain toilet dan minibar,  yang memang terseda juga ada pantrynya. Cocok buat seseruan staycation dengan saudara rame- rame. 

sebelum dibuat messy sama para bocil
Dikasih ruangan yang luas, otomatis lah naluri explorer anak-anak tergoda untuk bangkit lagi.  Susah banget bisa moto ruangan kamar yang bebas dari distraksi bocah(s).  Eh tapi lihat mereka tertawa girang sambil loncat-loncat di kasur senang juga. Ga susah ternyata bikin mereka hepi, ya? Coba kalau mereka diem aja, anteng. Malah bikin  khawatir. Is that something wrong with them? Do they ill?  Do they unhappy? Syukurlah mereka girang banget hari itu.  Oke lah, lanjuuut! 
Nabilnya Ulu dan Akramnya Uwien lagi jadi model 
Ya udah, yang tua ngalah aja lah, ya :D
Sementara beberapa teman sibuk mengikuti  naluri eksplorasi anak-anaknya, saya nyempetin diri pepotoan lagi huehehe Nah pose saya  di lorong lantai 6 ini diambil sama Mamah Eemesh Uwien. Cakep, ya? Apa atau siapa? Dua-duanya, dong. Eh gimana? Ah udah. Lupakan, ga usah protes:D
Di lorong lantai 6

Oke, Misi kedua pun berjalan mulus. Berikutnya yanag ga kalah heboh adalah cooking demo, membuat Pizza. Lokasinya di Restoran Street Grill and Friends. Kalau teman-teman berpasangan dengan anak-anaknya untuk membuat pizza, hari itu saya yang menjomblo (puk puk puk) ditemani oleh seorang gadis kecil yang kebetulan lagi main di situ.  Heboh? Iya, dong. Still to be continued. Luar biasa nih anak-anak, batrenya  masih full charged hahaha. Sementara saya udah nyolokin hp ke powerbank.  Status batrenya sudah mengiba. 

Bounding time emak dan anak

Mau ih punya pantry kayak gini, bikin betah belajar masak. Yakiiin? :D
Setiap pasangan dewasa dan anak dibekali satu paket komplit bahan dasar berupa tepung terigu, air, beberapa bumbu dan toping. Ada yang sukses menguleni tepung sampai kalis untuk bahan dasar pizza, sebagian lainnya ada dibantu Chef Resto untuk menuntaskan adonan hari itu agar siap dipanggang.  
Bahan-bahan bikin Pizza
Setelah setengah jam didiamkan, begini ajdinya adonan tepung terigu. Tinggal dipipihkan saja baut ditaburi toping

Sebelum dipanggang,  pizza karya bocils ini dikasih label dulu sesuai nama masing-masing

Dhia-nya Uwien dengan pizza karyanya
Tadaaaa.... ini jadinya.


Sukses bikin terbit air liur, kan?
Pamerin  pizza karya masing-masing
Emejing. Seumuran mereka saya belum  bisa bikin pizza. Palingan cuma bisa goreng telur, atau bikin kue terigu yang cuma dikasih air sama gula hahaha. Cetek amat. Kira-kira di antara mereka ini siapa yang bakal jadi Chef  yang punya resep keren dan go international, ya?

Pizza buatan mereka ini enak. Lelehan kejunya berasa banget. Ada yang bisa bikin pizza bulat sempurna,  ada yang hasilnya rada penjol tapi unyu.  Tapi soal rasamah tetep aja,  enyaaak. Cumaan, berhubung saya masih kenyang, jadinya hanya sanggup menghabiskan dua potong saja. Segitu juga udah gede dan bikin saya abai saya diet. *Lah, masih mau ngecilin badan?*

Finally, the last mission. Let's go Swim.
Eh,   yang renang sih anak-anak aja. Para emak termasuk saya nungguin aja di tepian kolam.
Beninngnya air kolam yang menggoda
Swim Time!
Terdapat dua kolam yang ada di sini. Untuk kolam dewasa pun ga terlalu dalam, cuma 1,2 meter saja. Masih aman buat saya yang kurang tinggi dan ga bisa renang. Jangan takut kelelep  huehehe.  Anak-anak seneng banget renang di sini. Yang udah gape alias jago apa apalagi. Udah deh, the world is belong to them. Yang laen nonton aja! Byuuur.  Splash! 

Viewnya cakep, kan?

Masih di area yang sama,  nantinya juga akan dibuat animals dan fruits garden.  Untuk sementara, baru terdapat kandang kelinci di sini, lengkap dengan penghuinya.  Selain kucing, kelinci adalah mahluk berbulu yang menggemaskan buat saya.  Apalagi kalau bulu-bulunya fluffy.  Udah deh, uyelable dan elusable :). Kayak kelinci yang satu ini.  Bikin saya pengen gendong.  Ah,  sayang, dianya lagi agak jauh dari pinggiran kandang tempat saya berdiri.  Lagi ga mau diajak maen,  kayaknya.  *so you know, kamu, Fi*

Mahluk lucu yang bikin saya ga tega makan dagingnya

Adzan Dzuhur pun berkumandang, mengiringi usainya family day kami hari itu.  Terimakasih banyak untuk Hotel Grand Tjokro Bandung untuk hospitalitynya.


Tentang Hotel Grand Tjokro Bandung dan SAS Hospitality
Hotel Grand Tjokro  adalah salah satu hotel di bawah grup SAS Hospitality  yang mengusung nilai-nilai keramahan, budaya lokal dan spiritual Indonesia. Berdiri sejak awal 2017, SAS Hospitality mengelola   7 hotel yang tersebar di Klaten, Yogyakarta, Pekanbaru, Jakarta, Riau, Balikpapan dan tentunya Bandung.   Ke-7 hotel ini memiliki 4 brand yaitu: Grand Tjokro Premiere, Grand Tjokro, Tjokro Hotel dan Tjokro Style.

Untuk hotel Grand Tjokro Premiere Bandung, terdapat 364 kamar,  dengan beberapa tipe kamar, yaitu  Superior Room, Deluxe Room, Premiere Room, Family Suite, dan Tjokro Suite. Untuk reservasi hotel berbintang 4 yang beralamat di Jalan Cihampelas no 211-217 ini bisa menghubungi via WA: 08122222 0211  atau Line: @grandtjokrohotel.

Web Grand Tjokro Bandung: http://www.grandtjokrobandung.com/
Facebook: https://web.facebook.com/SASHospitality/?_rdc=1&_rdr
Instagram: @grandtjokrobandung



Share:

Friday 29 September 2017

Glamping Ala Kontainer di Eco Lodges HAU Citumang

Saya termasuk tipe orang yang percaya dengan kekuatan semesta mendukung, alias mestakung.  Misalnya gini, lagi kepikiran pengen ke main ke Bali, entah gimana tiba-tiba aja saya dapat hadiah lomba blog, yang hadiahnya jalan-jalan Ke Bali. Lain waktu, saya lagi inget sama temen lama, eh tiba-tiba dia menghubungi ngajak ketemuan.  Kalian  juga pasti pernah, deh,  ngalamin satu waktu terus mikir gini: Eh kemaren-kemaren, kan,  lagi pengen ini, pengen itu. Kok bisa ya, kesampaian?   Hayo, pernah, kan?

Nah, akhir Agustus kemarin tuh saya abis nonton film Jembatan Pensil. Dalam beberapa adegan, saya dibikin amaze dengan jernihnya air sungai yang kehijauan. Walau ga bisa renang, minimal kecuprakan (duh apa atuh, ya, padanan kataya dalam bahasa Indonesia?), maen-maen di situ. Di Bandung, kalau pun ada sungai yang beningnya kayak gitu kayaknya perlu usaha  luar biasa untuk mewujudkannya. Hiks... malah curhat.

Ga pake lama setelah nonton film itu tadi, saya diajakin Bang Aswi bareng teman-teman Blogger dari kota-kota lainnya  (Jakarta, Bogor, Yogya dan Surabaya) untuk main ke Citumang menikmati Glamping di sana. Pas lihat-lihat foto-fotonya di akun IG Citumang bikin saya terpesona. Ya Allah, indah banget. Terutama beningnya air di sana itu loh, yang bikin saya kepincut (((kepincut))).  Mauuuuu saya bilang.

Biasanya kan kalau glamping itu tidurnya di dalam tenda yang nyaman dan cozy ala-ala hotel,nah ini mah tidurnya di dalam kontainer, alias peti kemas. Unik, kan? Emang, ga berasa kayak ikan sarden gitu, Fi? Ga panas? Nyaman, ga?  

Wait... wait... sabar. Saya mau ceritain sekarang.
Glamping dengan konsep kontainer ini mungkin adalah hal yang pertama ada di Indonesia. Terinspirasi dari liburan ala-ala bule sana yang pergi ke mana saja sesuka hati dengan truk kontainer gitu. Tidur, makan dan semua aktivitasnya dilakukan di sana. Ide ini yang kemudian diadopsi oleh Pak Hendra, ownernya Eco Lodges HAU Citumang. 

Berlokasi di  Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Pangandaran, setelah menempuh perjalanan  4 jam dengan kereta api dari Bandung dan dilanjutkan dengan naik elf selama 2 jam dari stasiun Banjar, akhirnya kami sampai juga di lokasi. Setelah mengambil kuncil kamar dan makan malam, plus ritual malam (jangan mikir aneh-aneh, ini maksudnya cuci muka, gosok gigi dan sebagainya) barengan teman sekamar Tari "Raisa" dan Mbak Tanti saya segera  tidur, berisitirahat sambil ngecharga badan yang udah lelah. Zzzz....
satu kamar ada due bed, salah satunya bed big size. Bisa rikues satu ekstra bed juga kalau mau tidur berempat di sini

Pintu kamar mandinya  keren, ya?
Gimana kamar mandinya? Nyaman banget. Sepeti juga kamar-kamar mandi hotel lainnya, setiap kamar/kontainer dilengkapi dengan kamar mandi plus toiletnya. Mau mandi pake air panas atau dingin? Ready. Handuk, sabun mandi, shampoo, pasta gigi dan sikat gigi pun sudah disiapkan. Pokoknya nyaman dh, kamar mandinya apik tenan!
Add caption




Sebelum pergi saya sempat diingatkan kalau cuaca di HAU Citumang cukup ekstrim. kalau siang ya panas, kalau malam ya dingin. Soal cuaca siang yang panas ternyata buat saya cukup hangat, ga nyengat amat. Terus pas malamnya saya cukup merasa dingin, ditambah ada ac pula, sih.  Dinginnya malam juga sebenarnya buat saya ga terlalu menusuk tulang. Kabar bagus buat sayanyang waktu itu malas ga bawa baju hangat. Berat, ta saya udah full, ga ada space lagi hahaha. Dasar malas. Tapi mungkin sih ya, buat yang sehari-harinya tinggal di kota yang hawanya cukup hangat kayak Jakarta ya bisa terasa lebih dingin.  Saya bilang gini  dengan perbandingan cuaca keseharia Bandung, kota tempat tinggal saya.

Pagi-pagi setelah mandi, sebelum mengikuti acara Body Rafting (yang ini nanti saya cerita terpisah, ya), kami menikmati sarapan dulu. Tempat makannya pun dirancang dengan konsep ga kalah kerennya. Membangkitkan hasrat berfoto hahaha. Lokasi tempat makan ada di kontainer terpisah,bagian paling depan, berhadap-hadapan dengan ruang lobi.

Halaman luar lobi HAU Citumang

ruang dalam lobinya juga ga kalah kece

Selfie atau wefie di luar boleh jugaaaa

Ini kalau ga salah pake kameranya Dian, hihihi lupa :)   Sarapan? Hayu, tapi wefie dulu, yooo
Tadinya saya kira menu sarapan yang kami nikmati itu nasi kuning. Ternyata bukan.Ini adalah nasi goreng cikur  (kencur). Menu khas di sini. Komposisi bumbunya pas,  enak. Kalau lupa malu, kayaknya pengen deh, nambah lagi hahaha. Eh tapi perut terlalu kenyang nanti malah nyusahin saya pas game body rafting siangnya. Bega dan bikin saya jadi berat birit alias geboy muahahaha.... *usapin perut*
Sarapan khas ala HAU Citumang, rasanya juara!

wastafelnya unik banget, ada tuas di bawah yang bisa kita geser untuk menyalakan atau mematikan aliran air di keran

Ngomong-ngomong soal kamar-kamar di sini, kontainer yang terdapat di HAU Citumang terdiri dari 10 kamar. Rencananya, menurut Pak Hendra sang owner, ke depannya akan ditambah 15 lagi, jadi totalnya akan ada 25 kontainer di sini.


kontainernya warna-warni, full color dan eye catching
Kalau diperhatikan, jarak antara satu kontainer dengan kontainer lainnya tidak sama persis, ada yang berdekatan, atau lebih renggang. Pas kami tanyakan, ternyata memang sengaja disesuaikan dengan kondisi lingkungannya. Karena sejak awal mengusung konsep ecotourism, proses pemasangan setiap kontainer tidak sampai mengorbankan pohon-pohon yang sudah ada, meski risiko biaya yang dibutuhkan jadi membengkak.


Menggunakan jasa tim ahli yang didatangkan dari Jakarta, setiap bagian dari kontainer dipasang  dadakan (dih tahu bulat kali, ah) di lahan yang sudah disiapkan. Yang bikin saya takjub walau jarak satu kontainer dan kontainernya berbeda,  kalau luas di dalam kontainer mah sama aja. Kok bisa ya, pas gitu? Meskipun dinding-dindingnya terbuat dari bahan kontainer, tapi di dalamnya mah adem aja kalau pas siang. Enggak akan membuat kita serasa dipanggang kayak saya bilang tadi. Ditambah memang di sekitar lokasi banyak pohong-pohon. Fiuh, syukurlah ga ada pohon yang jadi tumbal untuk menyiapkan lahan glamping.

Ngomongin lagi kamar, Selain ada AC, disediakan juga tv kabel yang layarnya jernih, bebas dari recokan 'semut-semut." Lumayan jadi media hiburan alternatif, karena pas ke sana itu sinyal selular sungguh bisa bikin terharu, alias on off wkwkwk... Dasar  ya kebiasaan hidup dengan gadget.

Positifnya kami jadi bener-bener menikmati liburan di sini, ga terdistraksi ngoprekin  notifikasi chat atau medsos. Anggap aja lagi diet medsos :D. Tapi tenang aja,  ke depannya sih manajemen Eco Lodges Citumang akan melengkapi fasilitas wifi, karena tidak menutup kemungkinan akses komunikasi dengan dunia luar adalah hal yang urgen sekali, kan? Misalnya saja buat yang freelance di mana tektokan sama klien ga kenal hari atau waktu.  Nah, biar tetap terkoneksi, semoga realisasi wifi di sini segera terwujud. Kalau ga penting aat sih, ya mending puas-puasin bercengkrama dengan alam di sini.Kapan lagi, coba?


HAU Citumang yang ternyata kependekan dari How Are You Citumang ingin mengangkat kembali keramahtamahan orang-orang Indonesia. Kumaha, Damang? kayak sapaan gitu yang biasanya diungkapkan urang sunda kalau ketemu. Di sisi lain, HAU juga rada mirip dengan engucapan hawu alias perapian yang suka digunakan urang-urang sunda untuk menghangatkan tubuh. Hau juga bisa identik dengan ungkapan hauce dalam bahasa Cina yang kurang lebih bermakna enak.  Berlibur di  Citumang ini memang enakeun. ya kamarnya, ya masakannya, ya spot-spotnya juga. Bikin betah, dan ga mau pulang wkwkwk.... Ya kali kalau ga butuh duit mah, yang lama aja tinggal di sini. Ga usah kerja hahaha





Jangan khawatir, selama  staycation di sana kita jadi mati gaya dibuatnya.  Bosen leyeh-leyeh di kamar,  tersedia area bersantai yang ga kalah menariknya untuk dijadikan latar foto. Mau swafoto atau difotoin? Hayu wae lah.   Sementara ini cuma tamu yang nginap di HAU Citumang saja sih yang bisa puas-puasain berpose di sini. Tapi tenang, nantinya juga dibuka untuk umum, kok.


Gimana, sudah ngiler dan mulai kepikiran mau staycation di HAU Citumang?  Budgetnya ga terlalu boros, kok. Untuk menginap di sini, per kamar dikenai charge Rp. 750.000 saja di hari biasa, sedangkan di akhir pekan, biaya yang harus dibayar adalah Rp. 1.000.0000 per hari. Ini udah include sarapan juga, loh. Cincai, kan? Kalau mau nambah kasur alias extra bed juga, bisa.Untuk booking kamar bisa menghubungi  Ery  di nomor 0813-2012-0999,  atau bisa booking juga  Traveloka.



Share:

Tuesday 26 September 2017

Petak Umpet Minako, Teror Hantu Berbalut Konflik Masa Lalu

Kapan terakhir kali main petak umpet? Usia SD? Atau SMP? Dulu waktu masih bocah saya suka memainkan permainan ini dengan teman-teman sekomplek.  Mencari tempat ngumpet paling aman, kadang ngumpetnya di dalam rumah, biar ga ketemu hahaha... Licik, ih ini mah. Jangan ditiru. 

Tapi sesungguhnya sensasi menyenangkan dari bermain putek umpet itu lari balapan ke titik jaga. Walau udah ketauan tapi kalau bisa sampai duluan ke titik jaga dan teriak dua limaaaa.... ya, ga usah jaga, meski kita yang duluan ketauan.  Kalau dalam dolanan ala sunda, kami biasa menyebutnya Ucing 25. Ada juga permainan yang namanya Ucing Tekong. Aturannya sedikit beda, tapi intinya yang kebagian jaga itu kami sebut yang jadi ucing (kucingnya).  Entah kenapa dikasih nama gitu. Ya mungkin karena harus kucing-kucingan antara  yang ngumpet dan yang nyari.Pindah lokasi ngumpet pun sebenarnya boleh, asal ga ketauan.Kalau ketauan, ya ga bisa ngumpet terus. Harus keluar.

Nah, gimana kalau sekarang main petak umpetnya sama hantu? Horor, kan? Pake banget!  Seperti ceritanya di film Petak Umpet Minako. Didaptasi dari novel yang berjudul sama, sutradara film Billy Christian mengangkat salah satu kisah urban legend asal Jepang  (Hitori Kakurenbo) tentang permainan petak umpet yang riskan, karena melibatkan hantu di dalamnya.

Ceritanya, tokoh Vindha (Dimainkan oleh Regina Rengganis) yang dandanannya cukup aneh hadir ke acara reunian temant-teman SMAnya. Vindha yang dulunya pernah jadi objek penderita bullying temannya, menantang mereka untuk bermain petak umpet di gedung sekolahnya. Untuk menguarkan sensasi horor, semua teman-temannya menambahkan darah sendiri ke dalam tubuh boneka Minako yang dibawanya. Boneka Minako yang dicemplungkan  ke dalam kolam itu lah yang kemudian menciptakan teror demi teror. Satu persatu teman-teman Vindha yang berhasil ditemukan berubah menjadi semacam zombie dan mencari teman-teman lainnya yang masih hidup untuk menjadi 'penjaga'.

Ditengah-tengah ketakutan dan histeria yang masih hidup, Baron (Miller Khan) datang menyusul demi untuk menyelamatkan Gaby(Wendy Wilson) . Dengan kondisi sekolah yang seperti luas, ditambah creppynya suasana, bukan urusan mudah bagi Baron menarik Gaby dari lingkaran permainan maut itu. Apalagi, mereka yang sudah 'membagikan darah' terikuat perjanjian, harus ikut permainan sampai selesai. Sialnya, permainan ini bukan sekadar permainan biasa, karena di penghujung permainan hanya boleh ada satu pemenang saja yang keluar.  

Teman-teman Vindha menjadi paranoid, yang dulunya lengket bersahabat jadi saling curiga, bahkan untuk berbagi ruang untuk bersembunyipun tidak mau. Lewat alur cerita yang maju mundur, film Petak Umpet Minako membuka tabir masa lalu dari masing-masing mereka. Ada cinta lama yang tidak berbalas kembali hadir meminta asa juga dendam masa lalu yang belum tertuntaskan.  

Walau ide utama petak umpet ini berasal dari Vindha, sesungguhnya yang menjadi tokoh utama dari alur film berdurasi sekitar 87 menit ini adalah tokoh Baron.Saya sempet kesel juga sama Vindha yang punya ide gila mengadakan petak umpet horor itu.

Tadinya saya pikir Vindha  bakal jadi tokoh antagonis yang menebar horor untuk membalas bully-an teman-temannya dulu. Belakangan Vindha malah menyesali ide gilanya itu, walau dia sudah tau temannya di Jepang  juga sudah pernah jadi korban gara-gara permainan yang sama.  Moral storynya? Kadang orang -orang yang sudah nekat atau kehilangan kewarasannya macam tokoh Vindha itu baru 'menyesal setelah repot dengan ulahnya sendiri yang sudah diciptakan. Sialnya, bukan hanya merepotkan diri sendiri tapi juga bikin susah orang lain.  Entah apa motif utamanya Vindha. Kalau mau 'balas dendam'  mestinya dia tidak melewatkan cara untuk menjaga dirinya sendiri tetap aman.Ah Vindha, kamu tuh 'pikarunyaeun' (bikin iba) sekaligus nyebelin. Saya lebih suka sosok Vindha yang manis dan tersenyum lepas bebas tanpa beban seperti saat chating dengan sahabat Jepangnya. 

Baron yang semula tidak mengerti apa yang sedang terjadi, dalam sekejap saja jadi karakter utama yang berusaha memutus mata rantai teror di dalam gedung sekolah. Selain menyelamatkan Gaby yang dilanda stress berat, misi Baron bertambah dua, menyelamatkan teman-teman yang tersisa juga menghentikan teror Minako. Baron tidak peduli dengan aturan 'hanya ada satu pemenang'. Kalau bisa bukan hanya Gaby tapi juga teman-teman lainnya yang tersisa harus diselamatkannya. Makanya, dalam beberapa adegan Baron mau bersusah payah menuntun temannya (Destra) yang tidak bisa berjalan normal agar tetap selamat dari kejaran para penjaga dan Minako.

Misi Baron sendiri bukan perkara cetek. Saat sekumpulan orang-orang yang ketakutan jadi saling mencurigai satu sama lain - terutama Mami (Natasha Gott) yang tidak segan menumbalkan teman-temannya - Baron juga harus mencari senjata ampuh untuk menghabisi teror Minako. Boneka yang dilemparkan Vindha ke dalam kolam di sekolah itu sendiri sebenarnya tidak berkutik, hanya diam terapung di dalam kolam sana. Minako, setan cantik bermuka putih dengan pakaian kimono berwarna merah itu wara wiri di gedung sekolah mencari korban-korbannya itulah teror utamanya. Kalau di Indonesia, mungkin seperti permainan  jailangkung, ya.  

Diiringi suara derak kayu dari tubuhnya, hantu Minako sebenarnya hanya bisa menyeret tubuh atau melayang, tapi tidak bisa menembus ruang seperti umumnya gambaran hantu lainnya yang bisa menembus dimensi berbeda.  Di sisi lain, saya merasa hantu  Minako ini semacam jelmaan siluman siput. Percikan air garam yang digunakan Baron dan teman-temannya hanya bisa melumpuhkan sesaat, karena ternyata Minako masih terlalu perkasa untuk dihentikan begitu saja.

Maka demi menjaga kewarasannya, Baron harus mencari cara paling ampuh untuk menyudahi teror Minako sebelum jam 3 pagi menjelang, sebelum kekuatan Minako semakin dahsyat. Kebayang ga, kita berada di dalam gedung sekolah yang luas, gelap dan seperti sudah lama tidak terurus  terus dikejar-kejar hantu dan saling curiga dengan teman-teman? Tidak ada satu orang pun yang bisa kita percayai sepenuhnya. Bahkan rumah ibadah (dalam film ini divisualisasikan sebagai Gereja) pun tidak menjamin kita untuk merasa aman berada di dalamnya?  Tanpa menafikan makna sakral dari tempat-tempat ibadah, saya merasa diingatkan selama ini keberadaan gereja, atau masjid lebih banyak diposisikan sebagai simbol.  Ya pantas saja kalau ternyata berada di dalamnya tidak merasa 'secure' karena kita tidak punya ikatan batin yang kuat.

Walau mengadaptasi  horor dari  urban legend Jepang,  Petak Umpet Minako menghadirkan pengalaman baru menonton film horor dengan suasana yang masih Indonesia di dalamnya. Kalau biasanya kita menyaksikan  tokoh hantu berambut acak-acakan, muka jelek  dengan mata melotot plus lingkaran hitam di mata, selama menyaksikan Petak Umpet Minako besiap-siaplah dengan suasana derak langkah boneka  kayu  berpakaian kimono yang mendekat tanpa suara dari mulut, atau lolongan zombie yang  ga kalah creepynya juga. 

Anyway, mungkin pengalaman horor akan lebih terasa kalau membaca bukunya, imajinasi liar kita kadang-kadang tidak bisa dikendalikan saat membaca buku dibanding nonton filmnya.  Saya sudah lihat filmnya tapi belum sempat baca novelnya. Lihat filmnya saja sudah cukup bikin saya menjerit tertahan  beberapa kali karena kaget. Baca bukunya? Lain kali aja, deh :)



Share:

Friday 22 September 2017

Dibalik Pengabdi Setan (2017): Ibu Datang Lagi

Sampai saat ini, tren genre perfilman Indonesia masih cukup didominasi film-fiom bertema horor.  Salah satunya adalah Pengabdi Setan yang akan tayang serentak tanggal 28 September nanti.  Film ini adalah remake dari yang sudah pernah dibuat sebelumnya pada tahun 1980. Dengan judul yang sama, film ini masih diproduksi oleh Rapi Film, bekerjasama dengan CJ Entertainment,  dibawah besutan sutradara oleh Joko Anwar.

Sebagai informasi,  CJ Entertainment adalah salah satu raksasa industri dari Korea Selatan. Ini adalah kali ketiga CJ Entertainment bekerjasama dengan rumah produksi di Indonesia. Film Pengabdi Setan begitu istimewanya sampai-sampai CJ Entertainment  dengan senang hati terlibat sebagai bagian dari film versi baru sekarang. Dulu, film ini pernah jadi salah satu masterpiece film horor nasional. Malah, diakui sebagai film horor dari timur dan punya banyak penggemar di Asia. Film ini juga yang menginspirasi Joko Anwar untuk menjadi menekuni dunia sineas dan menjadi seorang sutradara. 

Seminggu sebelum diputar secara resmi di seluruh  bioskop di Indonesia, Joko Anwar memboyong beberapa cast dan timnya untuk melakukan konferensi pers bersama media di Mercure Hoel, Jalan Lengkong No 8, Bandung.

Mengambil lokasi syuting di Pangalengan, film ini memerlukan waktu syuting selama 18 hari dan sisanya  2 hari di jakarta. Walau terbilang sebentar, Pengabdi Setan membutuhkan waktu yang panjang untung menyeleksi calon aktor/aktris. Setidaknya untuk satu karakter saja diperlukan 40 orang sebelum terpilih.

Sedangkan untuk penentuan lokasi syuting pun Joko dan kru tidak sembarangan memilih lokasi, sampai akhirnya didapatkan sebuah rumah tua yang sudah lama ditinggal dan nyaris bobrok. Ternyata memiliki tata letak ruangan yang mirip sekali dengan skenario film.

Pengabdi Setan bercerita tentang kematian ibu (Ayu Laksmi) setelah menderita sakit selama 3 tahun. Bapak (Bront  Palarae) kemudian memutuskan untuk  bekerja ke luar kota, sementara anak-anaknya tetap tinggal di rumah.  Belakangan, anak-anaknya merasakan kehadiran ibunya kembali di dalam rumah. Namun,  Ibu datang lagi bukan untuk menengok tapi untuk menjemput!



Setelah bermain di Copy of Mind (2015) yang juga dibawah arahan Joko Anwar, sebenarnya,  film ini adalah film horor kedua yang dibintangi oleh Tara. Meski demikian, Tara sempat dibayangi rasa takut juga membintangi film ini. Dalam konpres semalam, Tara juga bercerita pengalaman 'spooky'nya ketika syuting. Salah satunya ketika syuting yang adegannya bisa kita lihat di trailer yang ada di youtube.

Pengalaman yang sama juga dialami oleh Dimas Aditya. Ini adalah pengalaman pertamanya main fim horor. Kalau diperhatikan, track record Dimas Aditya lebih dominan bermain untuk genre komedi. Tapi menurutnya, Joko Anwar memudahkan pemain untuk meleburkan diri dalam film dengan  memberikan arahan referensi yang luas. Apapun yang ditanyakan, Joko selalu punya jawabannya.


Kalau Tara sempat merasa sedap-sedap ngeri bermain di film ini, lain ceritaya dengan Nasar Annuz. Bocah yang sepanjang konpres kemarin selalu tertawa dan ceria bercerita kalau ia sangat senang sekali bisa bermain di film horor  besutannya Joko Anwar.

Walau bercerita tentang drama keluarga, film horor yang tetap mempertahankan nuansa 80an ini bukan film yang bisa membuat kita membawa anak-anak dibawah usia 17 tahun ikut menyaksikannya. Jadi tolong perhatikan lagi detil filmnya sebelum memutuskan untuk mengajak anak-anak nonton, ya.

Buat yang sudah cukup umur, silakan mengumpulkan stok nyali sebanyak-banyaknya untuk nonton nanti. Teror kengerian yang mengandalkan efek riasan organi ini akan menyusup ke lapisan kulit selama kita 105 menit menyaksikannya. Gimana, sudah siap merinding dihantui Ibu yang datang lagi untuk menjemput?


Share: