Saturday 30 April 2016

5 Nasehat Penting untuk Penyewa Apartemen Pertama Kali

Kalau belum punya budget cukup membeli rumah atau hanya akan tinggal beberapa waktu, biasanya pilihan paling mudah adalah mengontrak. Betul kan, ya? Yes, kecuali masih sekolah lalu numpang sama kakak sih masih bisa dimaklumi. Kalau sudah bisa seatle, ya enggak lah. Kalau masih lajang bisa ngekos karena tidak mempunyai banyak barang yang perlu space banyak.

Tapi mungkin juga sih  untuk pekerjaan atau profesi tertentu, tools penunjang pekerjaannya perlu ruang yang lebih luas. Selain bagi yang sudah menikah, mengontrak rumah adalah pilihan wajib.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/5-nasehat-penting-untuk-penyewa-apartemen-pertama-kali.html
5 Nasehat Penting Untuk Penyewa Apartemen Pertama Kali

Share:

Friday 29 April 2016

Klikmami.com: Investasi Reksa Dana Semakin Mudah

Tanggal berapa sekarang? 29 April, ya? Ah, ya sudah akhir bulan. Sindrom umum yang sering merecoki kebanyakan kita di akhir bulan seperti ini adalah dompet yang langsing alias minim. Hihihi, Ya sih, bentar lagi gajian (sebagian besar dari kita mendapat gaji atau honor) di awal bulan. Ngirit ini itu biar bisa survive sampai mendapat kucuran dana segar. Mudah-mudahan sih ga sampai gali lubang, tutup lubang alias awal bulan riweuh bayar utang ini itu. Nyesekin lho kalau pegang banyak cuma sebentar terus abis ke sana  kemari buat bayar utang.

Saya pernah bercanda dengan teman, ga sedikit lho yang gajinya 10 koma. Maksudnya tanggal 10 udah dying, alias koma itu tadi. 
http://www.catatan-efi.com/2016/04/klikmamicom-invetasi-reksa-dana-lebih-mudah-dalam-genggaman.html
sumber: fanpage manulife
Share:

Thursday 28 April 2016

Review Aplikasi My JNE: Asisten Kurir Digital

Review Aplikasi My JNE: Asisten Kurir DigitalSetiap mau mengirimkan paket ke luar kota, biasanya lampu bohlam di atas kepala saya langsung ngedip-ngedip, memendarkan cahaya kombinasi warna biru dan merah, bukan kuning seperti yang biasa kita lihat di film kartun. 

Eh, beneran, saya ga lebay. Soalnya kalau inget paket, yang langsung membenak itu ya JNE. Semacam kenangan lama yang sukar diabaikan begitu saja (haish).
sumber gambar: fanpage JNE

Share:

Tuesday 26 April 2016

4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Pontianak

4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Pontianak. Kalau mendengar nama kota ini yang terbayang di benak saya adalah kota titik 0, Zamrud Khatulistiwa yang dilewati garis hayal katulistiwa dalam peta dunia. disebut zamrud karena bila melintas dari atas kita seakan disajikan pemandangan hijau yang terhampar nan menyejukan mata. Well, meskipun kondisi sekarang mungkin jauh berbeda dibanding dulu, ya.

Namun, bukan berarti kebakaran hutam berhasil melalap habis pesona kota yang juga jadi ibukota propinsi kalimantan barat ini, lho. Pontianak juga punya sejumlah destinasi wisata yang wajib masuk wish list. Lagi pula akses transportasi dengan pesawat terbang membuat jarak, let say Bandung dan Pontianak ini hanya terbentang dalam hitungan beberapa jam saja dengan rate yang masih terjangkau isi dompet. Dengan menumpang pesawat Citilink, kita bisa booking tiket via online travel agent seperti traveloka [disclosure] kapan saja. Kabar bagus bagi yang tidak suka berlama-lama di perjalanan seperti mabuk laut, misalnya.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/4-hal-asik-yang-wajib-dilakukan-saat-liburan-ke-pontianak.html
Tugu Khatulistiwa
Oke, noted. What next? Pasti mau tanya itu, kan? Karena ga mungkin kita cuma bengong aja di airport atau luntang lantung ga jelas selama berada di Pontianak, hihihi. Kurang kerjaan banget itu mah. Hey,take it easy. Kalau masih bingung mau melalukan apa saja, saya kasih tips 4 Hal Asik yang Wajib Dilakukan Saat Liburan ke Pontianak
Share:

Monday 25 April 2016

Makan Malam Bloger Bandung Bareng JNE

Seminggu kemarin saya menyambangi kafe Beehive di jalan Dayang Sumbi, sekitar 100-200 meter sebelum Simpang Dago. Tetiba jadi mengingatkan saya kalau jalan ini cukup familiar buat saya waktu SMA, belasan tahun silam. Iya, bener, belasan tahun. Eh tapi saya masih kelihatan imut sama seperti waktu SMA duu, kan? Ya minimal secara postur gitu lah hahaha...
http://www.catatan-efi.com/2016/04/makan-malam-bloger-bandung-bareng-jne.html
Sofa yang instagramable :)
Tapi dulu waktu SMA kelas 3. saya ndut lho, makan dikit aja cepet jadi daging, apalagi banyak. Ga tau deh kenapa, dan ga punya niat yang kuat buat diet.
Share:

Sunday 24 April 2016

Tantangan Bersih Scotch Brite di Pasar Sederhana Bandung

Tantangan Bersih Scotch Brite. Minggu pagi yang sejuk, biasanya waktu yang pas buat jalan pagi ke luar. Sekedar joging buat yang suka olahraga, belanja ke pasar atau ini, nih tarik lagi selimut dan kruntelan sampai udara terasa lebih hangat. Huehehe... Tadinya saya mau memilih opsi terakhir, me time di akhir pekan dengan melanjutkan hibernasi karena masih ngantuk.

Tapi kemudian saya ingat kalau pagi tadi ada acara seru di Pasar Sederhana, destinasi terakhir kalau saya menumpang angkot jurusan Cijerah-Sederhana. Angkot yang sering saya tumpangi saat SMA dulu dari sekolah ke rumah atau dari sekolah ke sebuah studio radio di jalan Jurang, lurusan jalan Sederhana juga. Soalnya waktu SMA dulu, saya sering dapat kuis on air dari radio anak muda yang sekarang lokasinya udah pindah. Sampai-sampai Front Officenya waktu itu Mbak Widy udah hafal kalau saya datang, pasti mau ngambil hadiah. Halah, apa tampang saya tampak seperti ratu kuis? :D
http://www.catatan-efi.com/2016/04/antangan-bersih-scotch-brite-di-pasar-sederhana-bandung.html
Tantangan Bersih Scotch Brite Pasar Sederhana
Share:

Saturday 23 April 2016

8 Hal Menyebalkan Yang Sering Dialami

Jadi nih postingan saya kali ini adalah hasil kontemplasi (((kontemplasi))) di angkot. Angkotnya penuh sih, cuma ga bareng temen. Kenalan? Hehehe ga setiap saat kita bisa Sok Kenal Sok Dekat alias SKSD ngajak ngobrol orang lain. Adakalanya mereka di sekitar kita sibuk masing-masing entah dengan pikirannya, gadgetnya (ini yang sering kejadian). Tapi bisa juga lho, kita ujug-ujug suka nyambung aja ngomentarin sesuatu dengan orang lain di sebelah kita.

Misalnya liat pengamen bocah, penumpang yang sakit, nanya jalan,  ada insiden kecil atau besar, atau hal lainnya yang terjadi dan memancing kita berkomentar. Malah kadang suka kejadian sopir angkotnya memecah suasana dengan kelakar atau keluhannya. Pernah ngalamin, kan?
http://www.catatan-efi.com/2016/04/8-hal-menyebalkan-yang-sering-dialami.htm
Foto sendiri  :)
Share:

Friday 22 April 2016

3 Alasan ASUSPRO B8430U My Most Wanted Notebook

Sudah sebulan lebih ini saya dibikin gemes sama lappy saya. Kalau diinget-inget sih umur ekonomisnya emang sudah hampir menyentuh garis finish, alias the end, hehehe.  Lumayan sih,  udah 3 taunan menemani saya. 
http://www.catatan-efi.com/2016/04/3-alasan-asuspro-b8340u-my-most-wanted-Noted-Book.html
Netbook kece impian saya

Tapi...  Saya lagi butuh lappy buat membantu menyelesaikan pekerjaan. Sesekali masih bisa saya pake. Kadang 1-2 jam mau 'dikerjain', tapi kadang juga baru beberapa menit dia berisik, kayak radio atau tv yang ngeresek gitu,  muncul layar biru alias blue screen, atau ada garis-garis yang kalau saya reset ga bisa langsung dipake lagi.
Share:

Wednesday 20 April 2016

Sakit Kepala, Anemia dan Imunitas

Beberapa hari terakhir ini stamina saya lagi geje alias ga jelas.  Ada kalanya beberapa hari direcoki insomnia. Bahkan ketika Cinderalla mungkin harus mengendap masuk ke rumah, saya masih seger. Untungnya saya bukan ibu tiri atau satpam apalah yang bakal ngomelin dia.  Lagian  ga ada juga itu Cinderella di rumah saya.  Huehehe.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/sakit-kepala-anemia-dan-imunitas.html

Lalu kondisinya berbalik beberapa hari terakhir ini. Jam 9 malam saya mulai merasa lemes,pusing-pusing dan bawaannya pengen segera tidur.
Share:

Sunday 17 April 2016

Mencintai Sejarah dari Film Guru Bangsa Tjokroaminoto

Kalau ada yang bilang sejarah itu adalah mata pelajaran yang menyenangkan,  imho, mereka ini adalah spesies unik.  Iyes,  unik.  

Meski ga harus berkutat dengan rumus yang ngejelimet, mengingat kronologis sesuatu dengan detil bukanlah pekerjaan cetek. Eh tapi ada lho orang yang dianugerahi kemampuan mengingat hal-hal yang detil kayak begini.  
http://www.catatan-efi.com/2016/04/mencintai-sejarah-dari-film-guru-bangsa-tjokroaminoto.html

Share:

Friday 15 April 2016

Multitasking: Yes or No?

Beberapa hari terakhir ini saya lagi asik menekuri novel yang saya baca. Gini deh,  kalau udah asik baca,  sampai update blog jadi jarang. Rencana update blog satu posting setiap hari belum kesampaian.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/multitasking-yes-ot-no.html
Credit: whydontyouchange.com
Manajemen waktu sih masalahnya. *dadah-dadah sama Carolina Ratri* Iya emang kalau perempuan itu sudah dikenal sebagai mahluk yang suka multitasking.  Entah tuntutan situasi, terbiasa atau malah ga nyadar dia melakukan multitasking?
Share:

Monday 11 April 2016

Kurangi Plastik, Pakai Trolley Bag Yang Ramah Lingkungan

Pagi ini kamar saya kayak kapal pecah, Banyak barang-barang berserakan di mana aja, pakaia kotor yang belum dipisahkan, kertas yang sudah tidak terpakai dan beberapa lembar plastik keresek yang tercecer yang belum saya lipat. Kalau ada waktu suka saya lipat jadi segitiga biar lebih rapi. Entah sejak kapan ini tumpukan keresek ga ada abisnya.

 Belum bisa sepenuhnya sih lepas dari pemakaian kantong plastik, Tapi sebisa mungkin sya minimalin deh pemakaiannya. Kalau tas masih muat atau bisa disatuin di kantong belanjain lain ya ga usah pake. 

Jadi sebenarnya bukan soal rugi ga rugi 200 perak bayar keresek waktu belanja itu. Tumpukannya dirumah yang jarang kepake dan ga mungkin juga buat dicemil (halah) itu alasan lain saya support kampanye reduce plastic use. Memanfaatkan goodie bag untuk memasukan belanjaan bisa jadi salah satu solusinya. Lagian bisa membuat kita nampak lebih keren, lho. Hehehe... 

Kalau belanja di pasar tradisional bisa kita masukan langsung ke goodie bag yang sudah kita bawa dari rumah, lain ceritanya kalau belanja di supermarket. Kayak yang saya lakukan kemarin pas melipir ke sebuah supermarket deket rumah, biasalah belanja kebutuhan pribadi awal bulan.

Biasanya saya suka nanya mama saya, kali aja mau nitip beli apa gitu. Meskipun sebenarnya suka H2C, soalnya sekalinya belanja, suka banyak sekalian nyetok.
Bayangin aja, 1-2 kg telur, beberapa pouch minyak goreng, detergen untuk mencuci baju, pengharum pakaian, cairan pembersih lantai, sabun khusus utuk mencuci piring dan kebutuhan rumah tangga lainnnya. Sizenya gede-gede. Males banget kalau harus ngangkot. Kalau mau belanja gini, biasanya saya suka ngebajak kakak atau adik saya. Buat nganterin, lah hehehe. Kan enak, belanjaannya tinggal cantelin di motor sampai rumah. Ga berat harus ngejinjing setelah turun dari angkot dan jalan ke rumah.


Oke, balik lagi ke shopping tadi, ya. Belakangan ini saya rada kurang makan buah sama sayur. Kebanyakan cheating, makanya sekalian belanja, saya melipir ke lorong buah dan sayur. Satu ikat bayam, satu kemasan isi 3 pokcoy, lemon lokal, letuce, dan pepaya california yang sudah diiris saya masukan ke troli.

Dulu sih suka saya masukin begitu aja semua belanjaan. Jadi numpuk dan berantakan gitu. Waktu kemarin itu cara saya memasukan belanjaan ke kereta belanjaan ga seperti biasanya. Selain emang kemarin lagi rame pengunjung, sepertinya troil yang saya pake lain sendiri.

Ada 3 trolly bag yang sudah terkait untuk memuat belanjaan saya. Maka, untuk buah dan sayuran, saya masukin ke trolley bag berwarna biru. Keperluan lain seperti pembalut, tisue, sampo, sabun dan keperluan lainnya saya pisahkan di kantong warna kuning. Buat beberapa minuman plus cemilan saya pisahkan lagi di kantong berwarna hijau. Jadi begitu sampai ke kasir,troli saya paling rapi , dong.

Ada kejadian lucu waktu saya nyari sikat gigi. Seorang pengunjung yang kebetulan lewat dari arah berlawanan sempat berhenti dekat saya. Kirain emang mau nyari barang di lorong yang sama. Eh ternyata dia kepo, ngintipin ada apa di dalam trolley bag saya. Halo, pak. Ada ownernya nih, di sini. Biar saya kurang tinggi, masa ga keliatan, sih? :D

Karena sebenarnya list belanjaan saya ga terlalu banyak, 1 dari trolley bag yang tidak terpakai, saya lipat aja. Mungkin lain waktu kalau mama saya nyuruh belanja atau nitip banyak, ga ada kantong yang nganggur. Pertanyaan standar soal kantong plastik berbayar dari kasir yang 1-2 bulan terakhir, ga saya denger hari ini. Malahan saya duluan yang bilang, "Mbak, belanjaannya masukin ke goodie bag itu aja, ya."

Mbak kasirnya ngangguk ngerti lalu sibuk menghitung belanjaan saya. Kalau di lorong tadi ada pengunjung yang ngintip isi trolley bag atau beberapa pasang mata menatap saya (envy mungkin? :D) trolley bag ini bikin kehebohan lain di kasir. Ceritanya, kasir yang melayani saya sore itu mau tutup. Mungkin ganti shift atau apalah. 

Seorang mbak karyawati lainnya datang membantu. Setelah memasang rantai sebagai tanda kasirnya tutup dulu, dia membantu merapikan uang dari laci. Selesai itu, dengan cueknya dia membawa satu goodie bag saya yang masih tergeletak. Mbak kasir yang pake jilbab lagi sibuk memasukan belanjaan saya ke goodie bag. Kontan dong, saya bilang, "Errr... maaf mbak, itu goodie bag punya saya." Hihihi dikiranya properti punya supermarket atau apalah.

Soalnya kalau beli barang elektronik, buku atau beberapa keperluan lain emang ga dikasih langsung. Misalnya kalau saya beli gulungan kabel dari konter elektronik, saya dikasih kartu dengan nomer tertentu. Nantinya petugas yang berjaga di konter tadi bakal nganterin barang yang saya beli dengan menggunakan goodie bag. Mungkin warnanya senada dengan goodie bag properti milik supermarket.

Goodie bag yang saya pake kemaren memang beda dari yang biasanya saya pake. Kerena setiap kantong dilengkapi dengan besi pengait untuk dicantelkan di troli, kita bisa mengatur penyimpanan belanjaan kita.

Barang-barang yang fragile, kayak gelas keramik, pouch minyak yang mungkin bisa bolongable (istilah macam apa ini), telur yang takut pecah, bolu atau makanan yang takut rusak karena tertimpa belanjaan lain bakal tetap aman kalau kita pisahkan di troli. Asik, kan? Keren lagi.

Kalau mau punya trolley bag ini, coba deh kepoin praktisprint.com atau bisa juga pesan di tokopedia untuk membeli satu set trolley bag seharga Rp. 150.000 yang terdiri dari 4 kantong denga warna berbeda. Waktu saya dapetin kantong ini, warnanya adalah biru,merah, kuning dan hijau. Sewaktu-waktu, persediaan warna bisa berubah. Jadi bisa aja ada warna lain yang bakal available.

Ukuran kantong yang terbuat dari bahan spunbond ini memang ga sama. tinggi dan lebarnya yang beda-beda bisa kita sesuaikan untuk menyimpan barang. Yang sedikit bisa kita simpan di kantong berukuran 39 x 38 x 18 cm atau kalau bawaannya bejibun bisa disimpan di kantong berukuran 50 x 45 x 18 cm. Cantelan dari bahan alumunium yang ujungnya karet ini juga bisa dilepas. Ga akan ngagokin kalau setelah keluar dari supermarket tadi akan kita junjing.
Share:

Saturday 9 April 2016

Practice Makes Perfect, Belajar English Via Chat


Practice makes perfect. Atau kalau mengutip peribahasa, ala bisa karena biasa. Pernah dengar atau baca, kan? Yakin deh, ga mungkin kalau belum pernah. Kecuali kalau kamu itu alien dari Pluto. Eh udah bukan planet lagi sih, ya? 
http://www.catatan-efi.com/2016/04/practice-make-perfect-belajar-english-via-chat.html
Sudah kepikiran  manfaatin gadgetnya buat meningkatkan pengusaaan bahasa Inggris?

Efi mau bahas apaan, sih? 

Jadi gini, sebulan terakhir ini baru aja saya mengikuti kursus bahasa Inggris. Padahal dulu jaman kuliah pernah ngambil juga. Sayangnya ga pernah dipake, ditambah faktor usia (jurus ngeles ini mah), banyak deh yang lupa. Dari kosa kata sampai aturan grammar terutama tenses. 
Share:

Friday 8 April 2016

15 Rahasia Sehat dan Cantik Yang Harus Kamu Ketahui

Cantik atau menarik dan sehat itu tidak bisa dipisahkan.  Siapa coba yang tidak ingin cantik?  Sehat?  Iya juga.  Ngomongin soal sehat biasanya ga jauh-jauh dari gaya hidup dan pola makan.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/15-rahasia-sehat-dan-cantik-yang-harus-kamu-ketahui.html
Soal makanan, siapa sih yang tidak suka makan? Setiap orang memang punya selera yang berbeda. Dari kebiasaan ternyata bukan saja berpengaruh pada kesehatan atau bentuk tubuh (gemuk, langsing atau kurus) saja. Efek yang tanpa kita sadari adalah pengaruhnya terhadap wajah yang cantik dan awet muda.  Mau, dong! 

Share:

Wednesday 6 April 2016

Preparing Healthy & Happy Mom and Baby


Coba deh kasih satu kata kunci ibu hamil. Apa coba yang terbayang? Kalau saya sih perut yang mulai mancung, baju hamil yang lucu-lucu dan morning sickness! Ga semua ibu hamil memang mengalami yang satu ini, tapi umumnya banyak yang mengalami (cmiiw). Dan kalau sudah ngomongin mual-mual, masalah lain yang timbul dan dialami ibu hamil adalah masalah gizi. Ga bisa dong dengan alasan enggak enak makan terus pola makannya jadi bener. Ayolah, ada mahluk kecil di sana yang memerlukan asupan gizi. Ibu dan bayi harus sama-sama sehat. Iya, meski saya belum berpengalaman sebagai ibu hamil, ya hehehe. Udah jangan diperpanjang soal ini. 

Salah satu cara untuk memenuhi gizi bagi ibu hamil (dan tentu saja bayi dalam kandungan) adalah dengan mengonsumsi susu khusus untuk ibu hamil. Prenagen adalah brand susu formula yang familiar bagi ibu hamil dan recomended. 
Share:

Monday 4 April 2016

Hari Film Nasional: Apa Kabar Film Indie?


Seorang  gadis  tersenyum saat tetangga  kontrakan sebelahnya melihat tiga  garis  mendatar di tangannya. "Oh, ini. Mau nurunin kucing malah dicakar."
Gara-gara kucing?" tanya pemuda berambut kriwil dengan tato besar  yang mengintip dari balik kaos kutungnya.

"Jangan bilang siapa-siapa, ya," Delia, gadis  manja yang diperankan Tika Bravani itu tersenyum merajuk. "Ini rahasia kita berdua aja."
http://www.catatan-efi.com/2016/04/hari-film-nasional-apa-kabar-film-indie.html
sumber: kvltzine.com
"Kamu ga punya kucing, kan? Kamu ga pernah beli makanan kucing, kan?  Ga pernah ada suara kucing, ga pernah ada tanda-tanda kehidupan kucing di apartemen kamu," cecar Fred,  si kriwil yang diperankan Alfie Alfandy itu dalam scene lainnya. 

Share:

Sunday 3 April 2016

Caribou Coffee, Inspirasi Baru Menikmati Kopi

If life is so short
Why won't you let me love you
Before we run out of time If love is so strong
Why won't you take the chance
Before our time has gone

Ehm, kenal dengan lyric di atas? Iyes ini salah satu lirik lagu dari band asal Kanada, the Moffats. Band yang juga jadi favoritnya sahabat saya, Tian. Eh tapi kali ini, saya bukan mau membahas tentang band ini.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/Caribou-coffee-inspirasi-baru-menikmati-kopi.html
Barista Caribou Coffee yang ramah
Hidup itu memang singkat. Terlalu sayang kalau dibiarkan begitu saja. Alih-alih meratapi yang sudah berlalu, jalan di depan kita masih terbentang untuk dilalui. Seperti itu juga yang menginspirasi para pendiri Caribou Coffee, gerai kopi asal Minneapolis, Minesota, Amerika sana. Menjalani hidup yang dicintai membuat mereka mencoba melakukan sesuatu hal yang tidak biasa. Pendakian Gunung Sable di Alaska yang memanjakan mata dengan panorama indahnya menginspirasi mereka untuk mendirikan gerai kopi. Mereka memercayai kalau ingin unggul harus diraih dengan kerja keras.
Share:

Saturday 2 April 2016

Nonton Action Batman v Superman (Dawn of Justice)

"Nontoon yuk, Fi?" ajak Dydie ketika kami berempat (bareng Nchie dan Uwien) lagi asik makan siang setelah menghadiri sebuah acara. Saya coba inget-inget rencana keluar seminggu ke depan. Enggak ada, Ya udah, mumpung ada waktu.

Paling males tuh ya kalau nonton film sendiri. Ngajakin temen belum tentu waktunya klop dan kalau keukeuh sendiri? Berasa jadi kambing congek kalau nonton film yang ngehits dan kebetulan nyempil di antara penonton lain yang datang berpasangan atau kebagian row depan.  Ga asik pokoknya. Ih malah curhat.
http://www.catatan-efi.com/2016/04/nonton-action-batman-vs-superman-dwan-of-justice.html
Sambil  nunggu film tayang, sempetin wefie dulu. Credit: Dydie
Share:

Friday 1 April 2016

Ekspresif Berpose di Papyrus Photo Bandung

Entah kenapa ya, tiba-tiba aja saya kepikiran salah satu ucapan Kang Emil, caretakernya loveable city, Bandung. Banyak eman quotenya beliau yang dikutip. Dari soal jomblo yang selalu jadi trending topic sampai memantik semangat orang lain. Salah satunya nih, quotenya ini. Pekerjaan yang menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar. 

So lucky for them, Mereka yang berkarir atau mendapat uang dari hobinya. Mungkin ada juga yang terpaksa menjalaninya, meski tidak suka. Atau terpaksa mencintainya karena tidak ada pillihan lain. Ih, kenapa jadi kayak terkontaminasi Shakespeare gini, sih?? Hihihi.. *dipelototin Cinta sama Rangga ini* 
Permalink ? http://www.catatan-efi.com/2016/04/ekspresif-berpose-di-papyrus-photo-bandung.html

Share: