Wednesday 30 September 2015

Jatuh Cinta Sama Teh

Saya jatuh cinta sama teh.
Padahal, sejak kecil  saya sudah tahu teh.  Dulu  sih, tahunya cuma ada 2 teh. Teh manis  dan tah tawar  atau yang cenderung pahit. Lalu mulai tahu, ada teh hijau ketika lagi ngetren  minum teh  sebagai  penangkal  kanker. Ada teh pahit  yang saya tahu cuma  warnanya yang pekat dan teh melati dengan aroma  melatinya  yang khas.
Selain  itu  taunya teh  yang dioplos (halah)  dengan  sirup atau teh yang sebenarnya rasanya rasa teh gitu aja, tapi  lebih kentara  karena aromanya  yang  berbaur dengan komposisi.
pairing teh dengan cake
Padahal...  ada  banyak  hal yang menarik dan keren tentang teh.   Makanya setelah mengikuti  roadshow  kompetisi teh yang diselenggarakan oleh Dilmah, lalu mendapat tawaran  untuk  mengikuti  acara demo  teh, saya bilang iyes  tanpa harus  melirik Mas Anang :)
Share:

Tuesday 29 September 2015

Diet Juga Ada Aturannya

Masih  banyak  yang  salah kaprah soal  diet. Ga sedikit yang masih mengidentikan diet adalah cara  untuk  menurunkan  berat  badan atau nurunin berat badan. Salah?  Enggak  juga.  Enggak  ada ceritanya  mereka  yang  punya  berat  tubuh di atas  toleransi  adalah  mereka  yang kelebihan  gizi. Kalau  kelebihan  lemak  atau kolesterol, mungkin,ya. Mungkin, lho. Karena  yang  namanya  kelebihan  kolesterol  ga selalu  dialami  oleh yang tubuhnya  gemuk saja. Yang kurus  juga  bisa saja  mengalami kelebihan  kolesterol. Coba deh  ambil tes  kolesterol. Syukur-syukur  kalau  kolesterolnya normal.

banyak kolestrolnya  emang, tapi sesekali mah gapapa
Baru aja nih, semalam saya lihat  di tv  contoh kasus  kematian  yang diakibatkan diet  yang salah. Gila, konyol! Itu  yang pengen saya  bilang.  Beberapa  cerita  yang ditayangkan di tv bikin saya bengong.  Ada yang  diet  sinar  matahari,  maksudnya  bertahun-tahun  ga makan dan minum, hanya 'makan' sinar  matahari. What?  Itu mah bukan diet, tapi  sun-bathing, cocoknya kalau yang pengin punya kulit  tanning (baca: eksotis).  Malang  sekali, pelaku diet  ini  meninggal.  Iya lah,  ga ada  nutrisi  yang masuk ke tubuhnya. Ga lemes apa, ya bertahun-tahun ga makan atau minum gitu? 
Share:

Sembuhkan Flu Tidak Perlu Antibiotik

Pagi  ini  saya lagi selonjoran  ngetik dengan kondisi  badan yang ga terlalu fit.  Rasanya sedikit  pening  dan  hidung yang ga nyaman.  Tapi  menghabiskan  waktu tiduran juga  malas.   Jadi  saya perlu   booster, biar tetap bisa  kerja. Flunya belum sampai meler, sih.  Duh, jangan sampai, deh.  

Saya  pernah cerita  di beberapa  posting sebelumnya  kalau ternyata punya banyak  alergi.    Intinya,  dokter  mendiagnosa  kalau  dulu nih...  belasan tahun  silam saya  sering  minum obat  yang  mengandung antibiotik.  Dalam jangka pendek, dampaknya enggak kelihatan. Everything looks  fine.  
http://www.catatan-efi.com/2015/09/sembuhkan-flu-tidak-perlu-antibiotik.html
gambarnya punya boticadigital.es
Setelah belasan tahun  lewat,  efeknya  baru kelihatan sekarang. Alergi  makanan yang saya alami, pencernaan yang kacau  dan beberapa  hal lainnya  salah satunya  karena  kuman yang resisten  di dalam saluran  cerna.  Kalau pencernaan  kacau,  bukan cuma keluhan  fisik  yang tidak nyaman saja, seperti kembung atau sembelit  sebagai  indikator. Kondisi  kulit, terutama kulit  wajah juga bisa termasuk salah satu gejala  ada yang salah dengan pencernaan. Coba lihat deh mereka  yang makanya terjaga,  biasanya  kulitnya  juga terlihat  sehat.  

Lagi-lagi ini soal  antiaging.  Korban  iklan banget deh,   kalau  merasa masalah  kulit bisa diatasi dengan kosmetik saja. Kalau kondisi di dalam perutnya  ada yang salah,  ya  masalah kulitnya  ga akan beres-beres.  

Nah  balik lagi  soal  flu dan antibiotik, ya.
Flu  itu disebabkan oleh virus  dan menyerang  sel tubuh.  kalau  kita punya imunitas  yang baik,  dan banyak beristirahat flu  bisa sembuh dengan sendirinya. Sementara penggunaan  antiobiotik ditujukan untuk melawan  kuman  atau bakteri  yang jahat. Catet ya, ga semua bakteri jahat, lho.  Ada bakteri baik yang emang diperlukan tubuh  kita.  

Hasil  kepo  saya ke beberapa situs  menemukan kalau kebanyakan  resep yang diberikan menganjurkan penggunaan antibiotik. Mungkin memang  perlu  atau memang  masih  banyak dokter yang meresepkan  atibiotik.  Sementara itu, kebanyakan  dari kita  nih, merasa  sudah sembuh dan tidak menghabiskan  obat  sampai tuntas.

Masalahnya  kalau  konsumsi antibiotik  untuk tujuan  yang tidak jelas  atau salah sasaran bisa  bikin kuman  jadi kebal.  Padahal  penggunaan antibiotik  itu  ga boleh  asal-asalan, tidak tuntas  dan  harus dalam pengawasan  dokter.

Konsumsi  antibotik  tanpa  rebiotik  ulang selama 3 bulan  bisa  menyebabkan ketidakseimbangan flora dalam usus. Kalau pencernaannya  enggak sehat bisa menyebabkan  autoimun, di mana  sistem pertahanan  tubuhnya jadi  eror  alias menyerang tubuhnya sendiri.

Jadi..  jangan sembarangan minum  obat.  Beberapa  obat flu  ditujukan  untuk  mengatasi gejalanya  yang biasanya  bakalan reda  dalam  3 hari ke depan.  Nah kalau  sampai  seminggu belum sembuh  juga,  jangan sembarangan  berpaling ke lain hati eh lain obat.  Bisa  jadi keluhan  yang dirasakan  bukan dikarenakan flu tapi  karena  penyakit lain atau obat  yang kita  konsumsi  ga cocok.  Pengalaman saya  nih, kalau ngobrol sama beberapa  teman  saat mengonsumsi obat, hasilnya cocok-cocokan.  Saya cocok dengan obat flu merk A misalnya. Sementara teman saya  yang lain lebih cocok  dengan merk  Z.

Ada resep   bikin  minuman sehat  nih yang saya dapatkan dari  dokter  David,  ownernya DF Clinic  tempat saya  menjalani terapi  antiaging  sekaligus  adminnya grup FB Sembuh Lupus/Auto Imun, Selain  terbiasa  dengan  minum  lemon peras di pagi hari, boleh deh  coba resep  ini. 
  • 1 sendok teh of cinnamon/ kayu manis
  • 2 sendok makan of Apple Cider Vinegar
  • 1 sendok makan of Raw Honey/ madu asli
  • 1 buah of air perasan lemon / jeruk nipis
  • 1 100cc air hangat. 


Minum secara perlahan  (jangan sekaligus).  Bisa diminum ketika  perut  kosong atau  saat sesudah makan. Untuk mengatasi gangguan pencernaan,  minum ramuan ini sedikit-sedikit dalam keadaan hangat  pada saat makan sampai perut terasa nyaman hangat. Jangan minum minuman lain ketika sedang  makan. Sementara  kalau minum air putih, beri jarak  1 jam sebelum  atau 2 jam setelah makan.


Share:

Sunday 27 September 2015

Sedia Payung Sebelum Hujan

Beberapa  waktu ke belakang  ini intensitas saya   ‘ngelayap’ ke luar lagi cukup tinggi, entah keluar kota atau   ngubekin di sekitar  Bandung  untuk  beberapa  acara tertentu,  cuma main  saja,  pergi ngaji atau  ke dokter, silaturahmi,  atau kopi darat  dan   keperluan  lainnya  yang tidak direncanakan sebelumnya alias mendadak.  

Kalau santai dan tidak buru-buru  saya  enggak ada masalah  dengan  ngangkot. Risikonya  memang  ngurutin maunya  sopir angkot.  Sabar  nungguin kalau dia nge-time demi sebuah  obsesi: kejar setoran.  Atau,  memacu mobilnya  dengan sesuka  hati. Kadang merayap  kayak  siput  (enggak segitunya, sih  tapi emang lajunya slow banget) , atau rada  (kadang bukan rada lagi) ugal-ugalan.  Yaaa,  gitu deh nasib penumpang.

Alhamdulillah,  jarang sih dapet  angkot macem gitu. Kebanyakan ngeluhin penumpang  yang sedikit  atau bayarnya  kurang. Kalau lagi buru-buru  atau waktunya mepet,  saya yang ga suka nunggu lama atau ga enakan bikin orang lain nunggu lama, lebih milih mesan gojek. Lebih cepat sampai ke tujuan dengan waktu tempuh  kurang dari satu  jam.  Emang lagi kekinian  punya aplikasi gojek di hp buat memudahkan mobilitas. J
credit: chickensmoothie,com
Ada  keuntungannya  kalau  naik angkot, minimal selama di perjalanan  aman sentosa,  karena tidak terkena  hujan  di waktu-waktu sekarang yang memang sudah musimnya. Cuma kalau ga bawa payung  dan pas waktunya turun dari kendaraan,  dan  hujan masih deras,  ya tetep  aja bakalan  kuyup  kalau keukeuh  sumeukeuh  jalan terus. Kalau udah gini  mah pasrah aja, berteduh di halaman toko  nunggu  hujan reda.  Kalau  hujannya kecil  saya  suka  nekat  aja nembus  hujan, asal  tidak  ada  genangan air  yang tingginya  bisa sampai semata kaki.  

Kalau udah jadi banjir cileuncang   (semata kaki) saya  ogah nekat gitu.  Soalnya nih,  rumah saya  itu kan dekat  pasar. Kalau  hujan turun deras,  bukan cuma  air  yang meluap  saja dari selokan atau  parit  yang tumpah  ke jalanan. Ada kotoran kuda  - dari delman yang suka parkir di pinggir jalan - yang ikut larut dalam genangan air dan sampah  yang mengapung, nge-blend dengan  genangan air.  Hiiiy, jijay bajay. Arateul urang sunda bilang, alias  gatel deh  ngebayanginnya. Paling aman kalau   musim hujan gini  sih pake sepatu yang tertutup. Sepatu  boot misalnya. Kan sayang  kalau sepatu yang biasa  jadi rusak karena  terendam  banjir.

So,  ini  beberapa  hal yang harus  disiapkan  sebelum bepergian. Just  incase tiba-tiba hujan turun dengan deras. Jangan sampai  kit mendadak  kuyup karena  ga nyiapin apa-apa.

Payung lipat. 
Kalau  ga bawa payung  karena  lupa  atau ketinggalan  coba deh berbagi rejeki sama tukang ojek. Gapapa  kan merogoh  sedikit  receh  buat mereka? 

Make up  water proof. 
Buat saya yang cuma bedakan  atau pake lipstik  yang cepat  habis sih ga masalah  Nah, kalau suka pake  maskara atau shading  nih,  gawat  kalau kena  hujan trus  mukannya jadi cemong-cemong  ga jelas  gitu.  Konyol dan malu-maluin

Perlindungan Tubuh Ekstra
Sepatu tertutup dan bersol tebal.  Jangan sampai pake sepatu  yang mudah terembesi air  atau bahan yang mudah rusak karena  sering terkena air. Jangan lupa juga  baju pelapis seperti sweater  biar tidak kedinginan dan kalau  perlu penutup  kepala  seperti kupluk  biar  ga pusing pala  barbie  dibuatnya.

Minuman dan  Makanan Penghangat
Kehujanan di jalan  biasanya  bikin  anakonda  kecil yang ngekos di  perut  kita  menuntut ekstra, alias lebih lapar dari  biasanya.  Selain  bakso  atau mie rebus  yang sudah  terlalu  biasa,  kita bisa bikin sup  krim. Sayangnya  makanan  penghangat  yang  cepat  ktia butuhkan  mengandung banyak penyedap yang ga  baik buat kesehatan. Lebih enak  buata sendiri  yang  custom, bebas  MSG :)/ kalau minuman  hangat sih bisa bikin  susu atau  teh atau wedang  jahe.  Yang  seperti ini relatif aman dan sehat buat tubuh.  
Share:

Hati Seluas Samudera

Jangan bayangin  saya  bakal membahas  sinetron  lama  yang pernah dibintangi sama Anjasmara  sama Elma Theana  yang pernah ngehits itu, lho.  Bukaaaan... mentang-mentang saya suka bahas  yang  berbau oldies,  ya  :D
source: shutterstock.com
Saya  mau curhat lagi  soal  sepakbola, ah.   Satu kebetulan kalau dua tim kesayangan saya main di  weekend kemarin dengan selisih  waktu  yang tidak  terlalu jauh. Petang hari ada  Persib  yang bertemu dengan Pusamnia  Borneo FC.   Tensi pertandingan  yang berjalan panas, tempo permainan yang cepat  (duuuh syukur deh  ga ada  yang maen defensif )  dan  gempita  penonton  yang  mendukung  pertandingan. Mestinya  di atas  kertas,  beban Persib lebih ringan.Cukup  menang 1-0  saja, lalu melenggang ke semifinal Piala Presiden.   Teorinya begitu, tapi kenyataannya  malah Persib yang tertinggal di babak pertama.
 Harusnya  malam minggu  kemarin  nguplek  lebih lama di depan si hitam mungil netbook, partner setia  saya  buat  mengerjakan  beberapa  hal  yang harus diselesaikan.  Tapi  keriuhan  siaran  langsung pertandingan kemarin membuat  saya  gatal  untuk beranjak dan menonton  tv.  Rasanya  ga rela kalau  Persib tersingkir  :). Wajar dong, sebagai bobotoh punya perasaan  seperti  itu , hehehe...

Sama halnya juga  dengan para bobotoh  yang tersengat  oleh Psywar  oleh  komentar  pelatih Pusamania  yang memandang remeh Persib.  Tapi....  gara-gara  anggapannya itu  yang membuat  bobotoh  punya  energi ekstra  mendukung  Persib.  Ingat lho, penonton  adalah pemain ke-12. Apalagi Persib punya fanatisme  suporter  yang tinggi ditambah sejarah  romantismenya  (halah)  yang sukar dilupakan  oleh  fansnya.

Oke, saya  mulai lebai, dan kalau ini  dianggap  pendapat  subjektif  sebagai fans  saya  terima.Woles  aja :)

As we knows, akhirnya  pertandingan kemarin berakhir dengan  skor  2-1. Persib berhasil membalikkan keadaan dengan agregat gol 4-4  tapi  Persib  lebih  unggul di produktivitas  gol tandang.  Lebih banyak memasukan 2 gol  ketika  bertandang di Samarinda.  Yeay, selamat, ya.   

Itu tentang Persib.  
Sekarang mari berbicara tentang si Merah, Liverpool.
Sebel tapi sayang. Sayang tapi gemes.  Gimana ga sebel coba?  Liverpool  itu punya penyakit  inkonsisten.  Kadang main bagus  pekan ini  misalnya, eh deh matchday berikutnya melempen. Bahkan di atas kertas  yang harusnya  menang, malah kalah. Di kandang  pula  *sigh* Tapi saya  ga bisa berpaling  hati  ke klub lain. Saya  sayang sama Liverpool  mesi  sudah lamaaa  banget  puasa gelar Liga Inggris.  Huhuhu...  

Selain konsisten  yang naik turun,  masalah 'pembelian  pemain  yang tidak sesuai'  atau malah  menjual pemain yang seharusnya  jadi aset.  Contohnya Suarez. Terlepas  dari kontroversi  Suarez  yang  suka bikin  gara-gara,  doi  adalah contoh aset  berharga  buat klub.  Ya sudahlah, faktor  X  yang emang bikin dia  harus hengkang.

Lalu pelatih.
Hiks. Meski  saya  salut sama pelatih-pelatih Liverpool yang woles, ga doyan  main psywar  atau  kalem saat diserang  pelatih tetangga.  Sama seperti  Gerald Houllier  yang  sempat  bikin saya gemes  dan pengen banget  dia diganti (siapa saya sih? cuma fans aja. Bukan pemegang saham:D). Papa Benitez  yang  akhirnya masuk angin  (maksudnya prestasinya  yang angin-anginan),  Kenny Dalglish  yang  tetap  mendapat apresiasi  dari fans meski hasilnya  biasa  aja  atau pelatih sekarang, Brendan Rodgers.

Hasil pertandingan  kemarin  memang  si Merah meraih  3 poin. Tapi... jujur, saya pengen doi diganti  sama Jurgen Klopp, mantan pelatih Dortmund  yang lagi santer dihubung-hubungkan media. Meski ga tega  juga  lihat Rodgers  harus dipecat  (saya mah gitu, ga tegaan orangnya  :P).   

Tapi kayaknya  saya  harus  punya  hati yang  seluas  samudera.  Menunggu  manajemen si Merah mengambil  keputusan.  Apakah  Brendan Rodgers  akhirnya diganti, tetap bertahan atau diganti dengan pelatih lain yang ternyata diluar ekspektasi. Yang lebih baik,  ya syukur. Atau mungkin yang bikin berkomentar:  "eh, kok dia, sih?"

Ya... da apa atuh saya mah? Cuma penonton aja, ga  bisa  intervensi. Ikut senang kalau timnya  menang, sedih dan sebel sebenarnya  kalau tim jagoannya kalah  (tapi  ga mesti sampai segitu galaunya juga). 

Selalu ada kejutan transfer pemain, pergantian pelatih,  atau ownership saham dalam sepakbola. Sama halnya juga   dalam keseharian  kita. Selalu akan ada kejutan  yang  akan kita hadapi.  Kejutan yang menyenangkan ya syukur,  alhamdulillah. Kejutan  yang ga nyenengin? 

Ini mah emang perlu hati seluas samudera. Misuh-misuh  aja ga akan merubah kenyataan. Kudu usaha,  karena action speak louder.  Daaan  ngomongin soal usaha dan hasil, kita diajarkan untuk memaksimalkan usaha. Yaaa, kan?

Tapi.... ah saya rindu lihat Liverpool juara J
Share:

Saturday 26 September 2015

Jelajah Kuliner Lebih Mudah Dengan Aplikasi Mobile

Coba sebut  nama Bandung.  Yang teringat  biasanya  weekend  dan kulinernya.  Jangan ditanya deh, kalau  soal cari makan enak  di Bandung, ada  banyak  spot  makan  yang  enak dan sangat  enak  :). Yang murah meriah  sampai yang berkelas,  yang lokal  sampai  yang  interlokal eh maksudnya  menu  makan dengan selera  luar. West,  oriental, ala-ala arab atau  campuran?  Ada!  

Terus  pernah ga kepikiran, makan enak, dan  sehat di Bandung di mana, ya?  Kalau punya lidah  yang peka,  biasanya kita bisa merasakan makanan  ini pake penyedap dan itu enggak.  Nah, mencari resto  yang menyediakan menu makan tanpa  bumbu MSG  itu yang susah.  Tapi nih,  buat  yang  pengen  makan apik dan enak di Bandung ada, kok.  Porto Resto salah satunya.  Tadinya  saya cuma iseng nanya sama PR-nya, Mbak Stephani. Eh, ada. Alhamdulillah  J
PortoResto: World  Culinnary Adventure
"Mbak, bisa pesan menu custom, ga? Semisal  kita pesan  menu ini tapi jangan  pake  pemanis,  jangan pake  MSG  atau request lainnya,” gitu  pertanyaan saya.
Eh jawaban  yang disampaikan oleh Mba Stephani  bikin saya suprise, sekaligus senang.
Share:

Wednesday 23 September 2015

Afternoon Tea Peserta kompetisi Real High Tea Challenge Bandung

Kalau di lingkaran pertemanan  sosial medianya  punya  blogger  yang suka nulis atau ngereview  kuliner,  pasti merhatiin deh postingan blogger yang membahas  keseruan  event  kompetisi  Real  High Tea  Challenge  for Cafe  & Restaurant   yang diseleggarakan oleh Dilmah Sepetember  kemarin.  Jakarta sudah  mendapatkan   para juara  untuk kategori  Resto/kafe dan bloggernya  hari senin, 21 September  2015, Gilirannya  Bandung  yang  menggelar  pengumuman pemenangnya  sore tadi.
Sama seperti  ketika technical meeting, acara sore tadi juga diramaikan  oleh peserta dari resto/kafe, media  dan  blogger. Karena sebelumnya sudah  pernah ketemu  (meski cuma 2-3 kali di  offline) tapi  kehebohan dan sedikit  kegokilan di  dunia  sosmed  mencairkan suasana.  TST  aja  soal kegaduhan nan gokilnya, ya. Kalau dibahas, bisa-bisa saya jadi  makin mupeng cari  kostum ninja buat nyamar  *LOL*
http://www.catatan-efi.com/2015/09/afternoon-tea-peserta-kompetisi-real-high-tea-challenge-Bandung.html
Kolamnya terliht seger, ya :)
Puncak acaranya bertempat di Hotel Hilton  jalan Pasir Kaliki, tepatnya di Lantai  6, tepatnya di Fresco Restaurant. Resto di area  terbuka di pinggir  kolam renang, membuat acara  sore tadi terasa  seperti  aftenoon tea :). 
 
Dibuka oleh MC  Arie dan Dwi, sebelum diumumkan  para pemenangnya, ada  ulasan tentang peserta  (dari kafe/resto dan blogger) juga  obrolan santai  yang dipandu pembawa acara.  Tidak ketinggalan  dua judges  kompetisi  ini  juga  ikut  sharing  bagaimana  serunya menjadi juri  kompetisi  ini. Setiap peserta  punya  keunikan, dan plus minus  masing-masing, kan?  Dan tetap saja  harus ada satu pemenangnya  yang mengumpulkan angka  terbaik.

http://www.catatan-efi.com/2015/09/afternoon-tea-peserta-kompetisi-real-high-tea-challenge-Bandung.html
angap aja pairing  :)  Berry Sensationnya oke juga, lho.
Nah, tanpa basa-basi  lagi,  ini  dia  pemenang kompetisi  dari Real High Tea Challengenya Dilmah  dari kota  Bandung.

Kategori  Blogger:
Juara favoritnya ada dua, diraih oleh diraih oleh Dyah Prameswarie  (http://www.dyahprameswarie.com/)  dan (http://duniakulinerbandung.com/ Sedangkan  juara pertamnya disabet oleh Putra Agung  dengan blognya  beralamat di thefoodxporer.com.  Silahkan  stalking  ke  blognya para pemenang  untuk stalking.
http://www.catatan-efi.com/2015/09/afternoon-tea-peserta-kompetisi-real-high-tea-challenge-Bandung.html
Pemenang kategori  Blogger
Kategori Kafe
Ada Ozt Cafe  yang berlokasi di sekitar Kopo yang  punya  ide kreatif  menarik untuk menu cocktail dan mocktailnya  "Save Our Palnet"nya.  Saya  ga sempet  ikutan safari ke  Ozt Cafe karena  menjelang  maghrib izin pulang duluan.   Kalau ada yang versi non alcoholnya, pengen deh icip-icipin.

Juaranya?
Persis  seperti  yang saya jagokan  dan sepertinya  beberapa  blogger di Bandung juga  memfavoritkan resto  yang satu ini, Porto.  Nah,review saya  tentang porto  bisa  dibaca di  sini  :)
http://www.catatan-efi.com/2015/09/afternoon-tea-peserta-kompetisi-real-high-tea-challenge-Bandung.html
Tim Porto bersama Judges
Kabar bagusnya,  teman-teman  yang suka kulineran  di Bandung  bakal  bisa mencicipi  menu yang disajikan Porto untuk  kompetisi  ini.  Ga tau juga kapan  mulai ada, coba deh main-main aja  ke  Porto kalau  pas lagi Bandung, ya.
 
http://www.catatan-efi.com/2015/09/afternoon-tea-peserta-kompetisi-real-high-tea-challenge-Bandung.html
peserta lainnya
Keseruan  acara pengumuman  kompetisinya Dilmah  berakhir  sekitar jam  16.30 tadi dan saya sempat  berfoto bersama sang pemenangnya, Che Eric Cowell dan  PR  Porto, Mba Stephanie.  Selamat   buat  semua para pemenang!

O,ya terimakasih banyak buat Tim Dilmah dan group FB Indonesian Food Blogger yang sudah melibatkan kami dalam event seru ini. Saya jadi jatuh cinta dengan Teh, saya ingin menjadikan teh sebagai salah Satu keseharian saya. Setuju dengan yang dibilang Ms Clair dari Kirbs, teh itu menyehatkan.
http://www.catatan-efi.com/2015/09/afternoon-tea-peserta-kompetisi-real-high-tea-challenge-Bandung.html
bersama pemenangnya :)

Share:

Tuesday 22 September 2015

Tren Sehat Minum Teh Bareng Kirbs

Saya manggut-manggut  menyimak penuturan Ms Clair tentang teh  yang  bikin  amaze. Satu saja  kesan saya tentang beliau yang masih membekas sampai  tulisan ini dimuat.  Wawasannya tentang teh  mumpuni, banget!

Makanya, nggak  heran  juga kalau  Bu Erly  dari Dilmah yakin  banget kalau satu  hari  Kirbs, kedai teh mungil yang dikelolanya  (terletak di , Parijs  van Java, Bandung)  bakal jadin trend setter minum teh di Indonesia, khususnya  di Bandung.  Iya, kalau  kedai  kopi sih  banyak  bertebaran  di Bandung atau  Indonesia? Kedai  teh? masih langka!
http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
Gampang  kok nyari lokasinya  Kirbs di  PVJ
Meski mempunyai space yang mungil  dengan  langit-langitnya yang rendah, menghabiskan waktu untuk  breakfast tea  atau afternoon tea  bakal  jadi momen  yang asik dan romantis.  Uhuk.   Jangan ketawa dulu.  Ini  beneran, lho.

Kayak  yang dibilang Ms Clair tempo  hari  waktu saya  bareng Dydie  dan Euis menyambangi  kedai tehya  untuk kedua  kali.

"Romantis  ga, sih?  Mereka  datang ke sini  buat baca buku  masing-masing dan  minum teh pesanan mereka?"

"Mereka ga ngobrol?"

"Enggak, mereka  selalu  gitu  kalau datang ke sini,"  jawabnya  saat .menceritakan salah satu pelanggan setianya  yang rutin datang ke Kirbs.  Ih co cuit....  :D
http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
Nge-teh yuuk

Ms Clair  yang pembawaannya cuek tapi ramah dan smart  itu  juga bercerita  banyak tentang teh.  Saya jadi nambah tau tentang  white  tea, black tea,  teh oolong, berbagai jenis teh  dan  kenapa harus  membuat cold  brew  tea  yang akan disajikan bersama  buah-buahan  untuk  salah satu  menu andalan  yang diikutkannya dalam kompetisi Real High Tea Challenge for Cafe and Restaurant Indonesia   yang diadakan Dilmah.

Kirbs  mendapat giliran kedua  di hari pertama  waktu kompetisi ini digelar.  Ruang  yang kecil membuat  kami  para  blogger dan media  harus  bergiliran  untuk mengambil foto dari dekat  waktu  Ms Clair  mempresentasikan   sajiannya di depan judges, Bu Erly dan  Chef Nanda.
http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
Duo Judges 
Tema  yang diusung  Ms Clair  untuk  kompetisi  ini  adalah  Mad Hatter's  Tea Party  dengan dekorasi ruangan  bertema Alice in wonderland, lengkap dengan pajangan tea set  yang cantik-cantik  membuat  suasana  ngeteh terasa semakin kental.
http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
Temanya Alice in Wonderland

Ada banyak  menu yang dihidangkan  Kirbs waktu  acara  kompetisi  hari itu.  Sayang euy, kapasitas  perut  saya terbatas. Jadinya  cuma  mencicipi  sedikit (iya sedikit,  serius :D) Seperti  beberapa menu berikut  ini.

Homemade Scones  with Raspberyy  Jam and Clothed  Cream 
http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
Scones  with  raspberry  jam

Sebenarnya ada saus lainnya yang harus  difoto tapi  keburu habis dan dicocol rame-rame undangan yang datang.  Saus  yang tersisa  tinggal dikit dan kurang cakep buat difoto. Hehehe.  Saya sih,  prefer cocolin scones  dengan selai raspberrynya. Sconesnya  yang renyah berpadu lembut dengan  raspberry yang sedikit asam.

Alice Treat
Ada 'sate' buah yang sehat, kombinasudaru stroberi, anggur,pisang  dan  marshmallow. Kombinasi rasa  manis dan acid dari  sate buah  berbaur  dengan  saus  coklat  yang lumer di lidah. Slruuuup!   
http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
sate  buah  + saus cokelat ala Kirbs

Habuniku Chanpuru
 Nah,  namanya terdengar  Japanese  banget, ya.  Kalau yang ini  adalah  nasi, green tea, ayam dan jamur chitake. Waktu  ngobrol,  Ms Clair  juga bercerita  kalau  jamur ini  baik banget buat kesehatan. Jadi semacam doping alami, baik banget  buat kesehatan.  Kalau ke sini  lagi, saya pengen pesen menu ini, soalnya ga sempat mencicipi karena  harus melanjutkan  acara mengunjungi resto  berikutnya.

http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
Penasaran  sama yang ini


Macatearon (Almond Tea  & Earl Grey)

http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
Macatearonnya enak  banget


Green Smooties JasmineTea
 Kalau di menunya,  harusnya smooties yang satu  ini dipasangkan dengan  Habuniku Chanpuru. Taste Experiencenya  bakal lebih dapat, ya.  Tapiii saya suka  rasa  jasmine yang tertinggal  di lidah. Kalau  ga salah  ingat, smooties  ini  dibuat dari  chaism,  nenas, mangga dan pepermint tea-nya Dilmah - yang  terasa banget di lidah. FYI, tehnya ini diinfused dengan cara  cold brew. Alasannya ya itu tadi,biar  ga merusak serat  buah  yang digunakan.  Seger  banget,  jadi pengen bereksperimen nyoba  bikin sendiri.
http://www.catatan-efi.com/2015/09/tren-sehat-minum-teh-bareng-kirbs.html
Green Smooties  yang diinfuse dengan pepermint tea

Dan.... percayalah  minum teh itu baik buat  kesehatan.  Ms Clair juga sempat  bercerita  ketika  bersalaman dengan pemetik teh di China sana,  telapak tangannya  halus  banget.  Kebiasaan tangan mereka  bertahun-tahun mendapatkan  kebaikan  antioksidan  yang terasa  di  kulit.  Itu baru  megang  aja,  apa lagi kalau diminum.

Yuk, kita ngeteh!


Share:

Penyakit Lupa Yang Datang Tanpa Permisi

   Pelupa!
Itu  adalah  penyakit saya yang kadang-kadang kumat. Wajar sih, tapi ada kalanya ngeselin,  dudul  dan kadang suka pengen ketawa  kalau  mengingatnya.  Iya pas  ingetnya, sih.Giliran  pas kejadian  boro-boro pengen ketawa.  Bete dan kesel  sama diri sendiri. Pengen banget deh, noyor kembaran  yang ada di cermin.  

Kadang  nih ya, saya tuh  suka  ga pede  kalau udah beres  nyetrika. Beneran nih, udah dicabut  kabelnya? Baru aja balik  badan, saya  suka balik dan ngecek lagi. O, iya  beneran udah dicabut. Tapi,  kadang  cuek bebek  (bebek aja kalah cuek tuh sama saya) ninggalin  setrikaan sendirian  (LOL) dan ketauan Mama saya  belum dicabut. Fiuh.
 
http://www.catatan-efi.com/2015/09/penyakit-lupa-yang-datang-tanpa-permisi.html
gambarnya punya sherilgann.com
Kejadian deh, penyakit lupanya  kumat (lagi).  Ga nanggung, Dua kali dalam seminggu! Ceritanya,  saya mau ke Jakarta  akhir pekan kemarin. Sambil keluar  cari titipan batagor pesanan,  saya mampir  ke ATM.  Awalnya sempat urung  karena  listrik di area  parkiran dan ATM -  pusat perbelanjaan  yang agak gede deket rumah - tiba-tiba mati  terputus listriknya,  alias  mati lampu.   Sempet denger Beberapa  petugas  parkir sempat berteriak  mengingatkan  pengunjung  untuk hati-hati.  Katanya  kalau lagi gelap   gitu  suka ada  yang ngutilin helm.    

Saya memutuskan  untuk mampir ke swalayan - yang listriknya nyala -  sambil beli  keperluan pribadi. Pas  balik  ke parkiran, lampunya  udah nyala.  Meski  sempet  loading lama juga sih, ATMnya.  Setelah sabar menanti (duh kayak nama  bus PO ga, sih?)  Akhirnya saya dapet giliran  narik uang.  

Dasar  ya, entah kenapa penyakit lupanya kumat di sini. Setelah uang keluar, saya  cuek  lenggang kangkung dan meninggalkan kartu ATM saya.  Beberapa  menit kemudian  baru sadar. Kartu  ATMnya  ketinggalan!

Oke, daripada balik  lagi  ke tempat tadi dan  belum tentu ada  (kecil harapan masih ada, mengingat   tertinggal di tempat ramai gitu) saya cek ke nomor  layanan   nasabah.  Beneran deh, ternyata kata  petugas  yang lagi online, ada  percobaan  dua kali memasukan kartu ATM setelah saya  narik  ATM.

Moral storynya: Kejahatan  ada karena ada kesempatan.Quote Bang Napi yang super! Ituh! *ala-ala  om Mario Teguh*

Ya sudah, mau gimana lagi? Sisi baiknya, saldo saya masih aman sentosa. Ga ada yang ngutilin. Dan... untungnya  saya udah nyimpen uang  yang cukup di dompet untuk ongkos ke Jakarta PP.  Iyain aja deh buat diblokir dan bakal segera saya urus  hari Senin  berikutnya.

Selesai?
Harusnya!
Waktu datang ke bank terdekat saya dilayani  Mba Customer Service dan diarahkan ini itu  untuk mengaktifkan kembali pin  atm dan pin  internet  banking saya.  Perasaan saya ya... perasaan  saya  inget  dah masukin nomor  pin  yang sama. Cuma emang salah satu pin saya  ganti dikit nomernya. Dan sialnya saya  lupa pin mana yang diganti.  
Lalu....
Kejadian lagi deh  pas tadi siang narik di ATM. Saya ditolak  sama mesin. Bukan cinta tapi ditolak request  buat transfer. Huhuhu...  kezel kezel....  Masa saya dtolak mesin ATM?(lebay deh).

Sekarang,    ga bisa pending  ngurus  pin ATM. Harus buru-buru. Ga pake lama!  Pertama  karena  ada uang yang harus saya tarik segera  buat  menyampaikan amanah.  Kedua, bentar lagi long weekend. Saya perlu  cash money.  Masa bayar angkot atau  gojek pake  cash bon? Ga mungkin, kan? Oke, fix!  Saya balik lagi deh ke bank   buat  ngurusin (lagi :D).

Untungnya (gitu deh, ciri khas urang Sunda, masih bisa bilang untung saat-saat seperti  ini) Mba CS  yang ngelayanin,  kalem dan santai ngelayanin. Duh,  maafkan saya yang dudul dan  mendadak  amnesia  ini.  

Kalau sebelumnya saya diarahkan untuk ganti  kartu  ATM, kali ini harus  seting ulang PIN.  Intinya  nih,  saya dikasih kesempatan tiga kali lagi  (di luar  kegagalan sebelumnya)  buat coba  masukin pin. Cuma tiga kali. Kalau  kedudulan dan penyakit lupa saya  lewat  lagi tanpa permisi, wasalam deh.  Soalnya  harus nunggu seminggu  buat bisa pake ATMnya.

Huaaa. no!  
Oke. Bismillah.
Saya coba deh  kombinasi  lain  sandi  alias pin saya. Semoga  bener.
Dan tahukah apa  yang dibilang si mba CSnya?

"Nah itu bener, mba!"
Lho?
Hah?
Asiiik... eh tapi kok bisa ya?
Hahahaha...  harusnya ada backsound bunyi jackpot  kayak di film gitu, ya.

Akhirnya sambil  ketik ini ketik itu dan nulis  keterangan  buat laporan administrasinya  obrolan kami  jadi  OOT, ga  ada curhatan lagi kenapa saya bisa  sekonyol itu pagi tadi.Hahaha.. nyebelin dan pengen  ketawa juga  akhirnya.
http://www.catatan-efi.com/2015/09/penyakit-lupa-yang-datang-tanpa-permisi.html
gambarnya dmodif  dari  thinkentrepreuneurship.com
Ya sudahlah,  jangan sampai kejadian  lagi penyakit lupanya kumat. Kayaknya  saya harus  rajin bikin  reminder  semacam memo, atau stick  it atau apalah  apalah  yang bisa  ngingetin saya:) Faktor usia? Bisa  jadi, tapi kan  harus  ada usaha  biar ga lupa  :D  
Nah buat konklusi alias  kesimpulan cerita  ini punya qoute  Mario Teguh  yang jitu, ga? :D
Share:

Sunday 20 September 2015

Terkena Virus Lagu Jadul

Lagi pengen  bahas  lagu-lagu jadul  nih.  Hehehe...  udah  maklum lah ya  kalau  baca status  saya di somed   terutama FB  atau tulisan  saya  di blog  ini  sering  mengungkit  lagu-lagu  jadul, terutama  easy lisening yang sempat ngehits  tahun 80-90an. Tapi  saya ga setuir itu,  kok.  Serius.  Beberapa  lagu  jadul  yang saya suka  malah ngehits  waktu saya  masih bocah. 

Penyebabnya  emang  stasiun radio  saya  sering putar, mostly punya  playlist  lagu-lagu lama.  tapi  ga semua  lagu yang diputar  semuanya lagu klasik  macam  lau-lagunya Air Supply, Mr Big, Fire House,  Tiffany  atau rada  maju dikit  seperti NKTOB,  Tommy Page,  boyband  Boyzone aja, kok. Saya suka  lagu-lagunya  Micheal  Buble,Boys Avenue,  John Legend, Owl City  juga  yang lumayan suka diputer  di  lagu  ini.

Gara-gara  saya seneng dengerin lagu  jadul ini, jadi menulari adik saya  yang masih SMA.Iya, catet! SMA! Meski  tergila-gila  sama lagu-lagu K-Pop, Maroon 5   dan entah  penyanyi  sekarang  yang mendadak saya  lupa, mulut  adik saya reflek  mengikuti lirik  lagu yang lagi diputar. Saya menyebutnya  racun  lagu jadul, bahahaha.... #lelepintanduk 

Untuk ukuran anak SMA kelas  3,  adik saya termasuk spesies langka.Kadang bikin amaze teman-temannya.  Pipit,   adik saya yang kalem tapi suka selfie  dan kadang  jail ini  jadi ngefans  sama  lagu-lagu  Earth,Wind and Fire,  I'm not  Gonna Dance Againnya George Michael  atau lagu  jadul asli  lokal  yang dibawakan  oleh Niagara, Asmara.  Cukup ajaib,  kan?  Itu gara-gara  saya :D

Saking  sukanya sama  lagu-lagu  jadul  yang nancep di hatinya (halah,  lebay ga, sih?),  Pipit sampai bela-belain cari  lirik lagu dengan googling.  

"Teh,  ini  judulnya apa,  sih?"

Telinga  saya  yang familiar  saya  lagu  jadulnya Eath, wind and fire  reflek  menjawab.  "After  the love has  gone"
Ga perlu lama,  maka mulutnya  lancar  mengikuti  lirik  lagu  ini.

Oh, after the love has gone How could you lead me one
And not let me stay around?
Oh, after the love has gone
What used to be right is wrong Can love that's lost be found?

Atau  ini  nih, lagu  Asmara  yang  tadi saya  bilang. Pada tahu,ga? Enggak?  Kalah  jadul  dong sama adik saya, hehehehe....     Menurut saya, liriknya cukup  bersayap sih. Coba aja simak.

Asmara...
Yang menghangatkan
Bekunya raga dalam angan

Ya udah segitu aj ya,  saya kasih spoilnya, ya.     

Jadi  keingetan  kalau  jaman SMA  dulu,di pelajaran bahasa Indonesia kadang suka dapet challenge  dari  guru bahasa Indonesia. Aish, challenge :D 

Memparafrasekan  bait  puisi.
Pernah, dong? Iya, itu menerjemahkan  puisi  dalam bentuk prosa. Entah  bener  atau enggak, ada beberapa  puisi yang mudah (setidaknya bisa menurut  versi saya)  untuk dikerjakan, ada yang sampai terasa  butek dan bikin bingung. Maksudnya  apa, ya?  Hehehe...  kalau sudah gini  saya kerjain aja  sebisanya dulu sambil  berdoa, semoga intepretasi saya  bener.

Saya  jadi  kangen guru-guru  bahasa  Indonesia saya waktu sekolah dulu.  Best wishes, best regards for them.  Mereka  asik-asik  ngajarnya, meski  saya  belum bisa bikin novel  yang draftnya masih teronggok.  Halah,  ampun deh (lirik temen saya  yang nagih  mana draft novel  saya? Kapan beresnya? :D)

Ah,abaikan saja obrolan saya yang random  malam ini. Mendingan  balik lagi ngetik dan melanjutkan blogwalking.  Saat posting ini  hampir kelar, ada Brian Adam  yang suaranya serak-serak  basah mengisi relung kamar  saya dan malam yang mulai sepi.  

One thing I'm sure of 
is the way we make love
And one thing I depend on
is for us to stay strong.
With every word and every breath
I'm prayin'That's why I'm sayin'...
Please  forgive me....
..
  

Share: