Saturday 27 September 2014

Tong Éléh Kuméok Méméh Dipacok

Ada yang  menyaksikan petandingan persahabatan timnas U-19 vs Barcelona kemarin? Enggak, saya yang bakal bahas skor setengah lusinnya itu, kok.  Bertanding melawan  kesebelasan Barcelona B  plus pemain senior Luis Suarez (sumpah, saya kangen lihat dia maen bareng Anfield Gank) dan Thomas Vermaelen itu sudah  menjadi kebanggan tersendiri buat mereka yang main. Coba tanya mereka, deh.

Selain  fisik, secara skill, sudah jelas  kita  kalah kelas lah sama mereka. Tapi bukan berarti kita keder duluan, main nunduk-nunduk karena minder (emang cari koin?) atau  sebagai penonton  cuma  bengong aja,  ga kasih support. Enggak, dong.  Anggap saja ini sparing partner,  kapan lagi bisa menjajal permainan klub Eropa? Atau ini nih,  pas timnas PSSI U-23 ketemu Korea Utara di babak penyisihan Asian Games.  Enggak bikin anak-anak buah Aji Santoso ini  mundur dan ngasih kemenangan WO buat Korea Utara? No, way.  Pertandingan  jalan terus (meski  kalahnya bikin gemes).  Iya, sudah dicoba, kan?  Selanjutnya, lakukan evaluasi  apa yang seharusnya dilakukan untuk memperbaiki kekurangan. Salut deh sama penonton  yang terus bertahan  ngasih yel-yel semangat, meski sudah tidak mungkin ngejar ketinggalan dengan sisa waktu yang tinggal   beberapa menit lagi.
credit: irepolemarketing.com
Share:

Friday 26 September 2014

Kangen Sama Bandung Yang Dulu


“Zorg, dat als ik terug kom hier een stad is gebouwd (coba usahakan bila aku datang kembali,di tempat ini telah dibangun sebuah kota).” Ucapan Daendels yang populer dan sering saya dengar setiap mendengar Radio beberapa hari terakhir ini. Yup,  25 September 2014 adalah hari ulang tahun Bandung. 204 tahun yang lalu, Gubenur Jendral Herman Willems Daendels  mengeluarkan surat keputusan memerintahkan  pindahnya ibukota Krapyak ke pinggiran sungai Cikapundung.
 
cerdit: sebandung.com
Share:

Saturday 20 September 2014

Mak Irits #GueBangets: Ga Gampang Percaya Diskon

Sebenarnya nih,  mengikuti lomba blog Mak Irits yang lagi saya posting sekarang  sama aja dengan membuka sisi lain saya, yang.... ehm, ngiritssss. Ahay, lebay ya, S-nya  maruk sekali, banyak amet. Yes, biar ngirits, S-nya boleh dong dibanyakin, kan gratis  (ini apa hubungannya?).

Kayak yang sudah disinggung sama Mbak Rahma di blognya, keknya boong banget, bokis.  Ini quotenya Rico Ceper, yang pernah jadi Cover Boy majalah Aneka Yess (yang masih terlihat ceper sampai sekarang. Majalah Aneka Yess masih eksis, ga, sih?  Jarang beli majalah sih, soalnya. Hehehe... tuh kan, saya ternyata ngririts).

Ok, setelah memerhatikan dengan seksama sambil senyum malu-malu harimau, karena merasa kesindir sama beberapa cerita di komik Mak Irits, akhirnya dengan berbesar hati ada satu (sebenarnya ada beberapa, tapi satu aja cukup, ya)  cerita yang #GueBanget.

Biar Ngirits Nih Foto dari Komik Yang Beli Sendiri
Share:

Wednesday 17 September 2014

Map Your Future With UNSW, Surabaya 27 September 2014

Waktu  SD dulu,   ada satu buku pintar yang wajib dimiliki,  yang seumuran saya atau ga jauh-jauh deh (nyari temen yang udah beranjak matang alias tuir hehehe) pasti tau RPUL. Iyes, Rangkuman Pengetahuan Umum Lengkap. Mulai dari nama gunung tertinggi di tingkat lokal dan interlokal eh internasional,  nama-nama sungai dunia semacam Amazon, Gangga, lalu mata uang dan ini, nama negara berikut  lagu kebangsaan, ibu kota dan mata uangnnya.

Asiknya  waktu SD dulu, kita sering main cerdas-cermat, niru-niru acara TVRI gitu buat nguji wawasan eh sebenarnya  hafalan sih, seberapa jauh ngelotok ilmu yang bisa  nempel di otak hehehe. Jadi kepikiran, dulu kenapa ada istilah hafal di luar kepala sih? Kan otak adanya di dalam kepala, bulan di luar kayak tokoh yang ada di serial Star Trex itu (mulai deh ngaco).
sumber: www.spic.nsw.edu.au

Share:

Saturday 13 September 2014

Coret-coret di Buku dan SMS Ala 90an

Gara-gara baca postingannya seorang teman blogger, Myra Anastasia, saya jadi keingetan  kekonyolan waktu SMP dulu. Kirain cuma sayaaja yang doyan coret-coret ga jelas di buku hehehhe.

Jadi nih, biasanya kalau bosen, atau ngantuk saya suka coret-coret di halaman belakang buku. Makanya bisa dibilang deh buku-buku catatan saya jaman SMP dulu ga ada yang mulus, pasti banyak coretan dan cemong-cemong di halaman belakang. Isinya?  kotretan matematika (ih,  jorok ya, bukannya  di kertas bekas lain),  curhat ga penting, gambar ancur (dikit sih, ga jago soalnya) atau tulisan pendek1-2 kata.  Kadang kalau bolpen macet, saya coret-coretin di bagian belakang buku juga, maksa biar keluar lagi. Kadang berhasil, tapi kebanyakan gagal dan berakhir dengan  melipir ke warung si teteh di samping kelas,  beli isi bolpen sambil aji mumpung beli permen atau camilan hehehe. 
gambar punya urylaw.typepad.com
Share:

Thursday 11 September 2014

Kastengel, Kakaren Paling Favorit

Buat orang Sunda, biasanya kami menyebut kue-kue penganan atau olahan lainnya  yang dibuat  dalam rangka hari raya atau hajatan dengan sebutan 'kakaren'. Susah saya cari padanan kata yang pas dalam bahasa Indonesia. Jadi bisanya nih kalau kami  berkunjung ke rumah teman masih dalam suasana lebaran, sering nyebut  dengan kakaren. 

"Kakarennya, mana, yeuh?" 
Tamu yang sangat kelewat akrab, ya ^_^.  Pertanyaan yang sama juga dilontarkan sama teman atau kerabat yang baru selesain kendurian atau  selesai  acara hajatan/syukuran lainnya.Tapi seneng lho kalau kakarennya laris.

Bukan pas lagi hari raya aja. Misal keluarga kita menghelat kendurian, kue-kue has kampung macam  tape ketan item, rangginang (ini varian Khong Guan  palsu yang paling epik, sampe-sampe   tagline Bandung Juara dicatut dalam salah satu ocehany seoran tweeps), wajit, keripik singkong, ladu  dan  'makanan khas kampung lainnya'. 
nyulik dari ask.fm
Share:

Wednesday 10 September 2014

Racun #HitsFromThe80s90s, Dari Buku Bahasa Inggris ke Michael Bolton

Gara-gara baca newsfeed di beranda FB, saya jadi  tergelitik buat join grup yang lagi happening, yes grup #‎HitsFromThe80s90s, which else? Efek pertamanya adalah icon notif  FB saya jadi  genit, sedikit-sedikit kedip-kedip ditambah suara notif yang entah seperti apa saya harus menyebutnya. Berhubung  ponsel saya lagi eror, jadi gadget yang satu itu tidak terlalu mendistraksi saya. Makanya, biar fokus sama kerjaan, saya harus klik silang dulu jendela FB dari peramban  di laptop.  Kalau dibiarin, duuuh kapan beresnya kerjaan saya? Racun yang seru sebenernya hahaha. Begitu saya buka lagi, notif 1-2 posting yang sudah saya kasih komen sudah beranak pinak, malah mungkin cukup buat bikin generasi dinasti (halah, lebay).
 
Gambar ngambil dari postingan grup. 
Eh tapi ada bagusnya juga sih, saya jadi punya ide buat nulis postingan dan ide-ide liar mulai berseliweran di kepala saya. Ah, nanti mau cerita itu, cerita ini. Hahahaha...  jadi apa dong namanya? Blessing in disguised? Bukan, ini bukan disguised  tapi a little temptation. Iya godaan, soalnya kalau dijabanin terus kerjaan saya kapan beresnya, coba?
Share:

Monday 8 September 2014

Seru-seruannya Halal Bi Halal KEB Bandung 2014

Seminggu  ga ngisi blog itu rasanya gimana, ya. Merasa bersalah karena sudah menelantarkan.  Jiah, kesannya kayak apaan aja, ya? Sibuk emang? Ya gitu deh,  pengennya konsisten one day one post, lah ini udah seminggu dianggurin. Gimana coba? Makanya, mumpung lagi ada waktu dan masih seger, saya posting yang masih seger, anget dari ovennya. Pastinya bukan kue, karena saya bukan siapa-siapanya Chef Farrah, Chef Juna, Chef Marinka, Chef Arnold (iya, absen semuaaa) dan Chef -chefan lainnya. 

Ceritanya, kemarin ini saya dan teman-teman emak blogger Bandung (padahal saya belum jadi emak, hiks :D) meramaikan event kebersamaan yang juga digelar serentak di 5 klokasi lainnya (Jabodetabek, Semarang, Yogya, Surabaya dan Bali), yaitu Halal Bi Halal.  Lebaran sudah lewat, kakaren (penganan khas lebaran) udah banyak yang tandas, ga berarti acara Halal Bi Halal jadi garing. Tetap seru dan hangat!  Total Emak-emak Bandunyang datang ada 22 orang.  Ada beberapa nama yang  harus absen menjelang detik-detik akhir acara dimulai. Sayang sih tapi mau gimana lagi. Mudah-mudahan yang harus mendampingi anak/suami yang sakit, tugas ke luar kota atau  rela mengalah karena keluarga meminta waktu khusus dapat pahala buat kesabaran dan  mengalahnya ya. Miss you Maks, especially teh Ima yang udah lama ga ketemu dan batal hadir.
Share:

Tuesday 2 September 2014

The Nanny Becomes Me

Judul postingan kali ini enggak ada hubungannya dengan film lawas nan jaulnya Meryl Streep, aktris Hollywood yang cantik itu. Pengen aja kasih judul yang rada nyeleneh hehehe... 

"Azka, Abinya belum pulang nganterin Umi. Nanti sekolah TKnya dianter siapa?" tanya ibu saya.  

Bocah kenes yang ga segen protes  atau nyemprot Uwa atau Tantenya itu ga pernah  loading lama. Spontan dia menjawab, "Mang Onang, aja!" katanya sambil menyebut adik saya yang sebenarnya dipanggil Nanan, sedang siap-siap berangkat kerja.

Saya yang lagi asik ngetik menoleh sebentar. "Azka, mau ga, sama Upi dianternya?"
Share:

Monday 1 September 2014

Review Al-Qur'an Hijaz The Practice Full Konten

Pertama kali mendengar Syaamil Quran saya langsung mengindentikkannya dengan  terjemah Al-Qur'an per kata, yang sampulnya warna coklat itu. Jadi Quran favoritnya ibu saya yang memang senang menghafal Al-Qur'an dan terjemah per katanya. Lalu kemudian, muncul lagi beberapa produk Syaamil Qur'an. Salah satunya adalah Hijaz The Practice, seperti yang saya punya. Eh sedikit cerita, Hijaz The Practice ini saya dapatkan gratis setelah mendapat undian nomor pengunjung dalam sebuah acara renungan akhir tahun yang rutin digelar di Pusat Dakwah Islam (Pusdai)  Jawa Barat. Senangnya :)
koleksi pribadi

Seperti pendahulunya, Al-Qur'an Miracle The Reference, Qur'an Hijaz The Practice ini bukan hanya tampil dengan terjemah umum dan terjemah perkatanya saja. Ada banyak konten yang  hadir didalamnya yang akan menambah referensi yang bisa dieksplorasi. 
Share: