Top Social

Bring world into Words

4 Hal Penting Saat Menonton TV

Kamis, 19 Mei 2016
Hobi atau enggak hobi nonton tv, kebanyakan dari kita punya kebiasaan jelek, nonton tv dari dekat (jangan-jangan kamu aja, Fi). Ya kali,  harus punya tv segede gaban kayak home theatre baru deh duduk anteng, ga deket-deket layar. Kayak saya nih, meski udah lamaaaa banget ga jabanin sinetron tapi kalau udah ada tayangan di tv yang menarik suka gatel aja pengen merapat ke tv, jadi lebih deket. Hiks, kebiasaan jelek akibat kepo sih.

Suka diomelin sama ortu karena kebiasaan ini. Dari jaman tv model tabung yang cembung itu sampai sekarang layarnya model flat  yang canggih  kayak Spesifikasi TV LED Samsung [disclosure] yang sekarang juga bisa dibeli secara online kayak di Matahari Mall. Cuma rada mending sih kalau nonton dari tv model begini, jaraknya ga terlalu rapat hehehe. Dengan tampilan gambar yang terlihat lebih jernih dan colorfull membuat acara nonton tv jadi lebih nyaman. Duh, kenapa ga dari dulu ya teknologi canggih model gini udah eksis? 
http://www.catatan-efi.com/2016/05/4-hal-penting-saat-menonton-tv.html
berapa biasanya jarak terjauh nonton tv?
Ya sudahlah, daripada meratapi mata saya yang sebenarnya udah minus (iya beneran) dan suka siwer kalau lihat tulisan kecil dari jarak agak jauh, mendingan saya menyadarkan adik-adik (((adik))) yang masih unyu biar ga melakukan kesalahan yang sama. Eh tapi, tips ini juga berlaku buat teman-teman yang masih normal matanya, alias ga direcoki siwer dan tergantung kacamata. Trust me, anugerah kesehatan dari Tuhan itu baru berasa kalau udah sakit.

Menjaga Jarak Pandang yang Tepat

Menjaga jarak bukan cuma berlaku dengan kendaraan di depan kita saat di jalan raya atau dengan mantan. *uhuk*. Menjaga jarak dengan tv (termasuk layar laptop juga sih) yang ideal menurut asosiasi dokter mata Kanada (Canadian Association of Optometrists), adalah sejauh adalah 5 kali lebar TV. Misalnya nih, tv yang kita tonton itu berukuran 29 inch. Jadi jarak yang aman untuk menonton tv gak boleh kurang dari 145 inch atau setara dengan 3,6 meter. Gimana dengan jarak kendaraan di jalan raya atau dengan mantan itu tadi? (ih meni keukeuh), Ya relatif soal ini. You know it more well :D  *apaan sih*

Ting, ting… Jangan Lupa Ngedip

Masih ingat iklan pemilu tahun 98an dulu? Iya, itu Tante yang bilang inga… inga… ting! Eh ternyata kita juga jangan lupa ngedip saat nonton tv. Bukan latah sama si tante itu tapi ini akan sangat membantu kita agar kelembaban dan kebersihan bola mata terjaga. Ga usah lebay juga ngedipnya, kayak orang kelilipan atau Deasy Bebek yang tersipu dirayu Donald.  Ngedipnya secara normal aja alias alami. Jangan sampai mata kita jadi kering karena terus melototin Mas Ganteng atau Mbak Cantik yang wara-wiri di layar tv.

Perhatikan Posisi Tubuh

Hanya karena me time nonton tv, sebaiknya posisi tibuh juga ga ngasal. Ternyata tetep lho kita perlu memerhatikan posisi tubuh. Daripada leyeh-leyeh sambil berbaring ala-ala tiduran santai kayak di pantai, posisi tubuh yang tegak akan membuat kita leih leluasa saat menonton TV. Hayoo, nyadar ga? In fact, posisi tubuh yang ga tepat ternyata bisa membuat mata kita tergangu dan membuat mata jadi rusak.

Tau sendiri lah gimana mihilnya kalau harus udah operasi lasik. Usahakan untuk duduk dengan posisi mata yang tegak lurus dengan layar tv. Yuk, ah saya juga mau memperbaiki posisi tubuh kalau lagi nonton tv.

Perhatikan Cahaya Ruangan dan Mode Cahaya TV


Seperti juga ketika kita terlalu lama melototin HP atau laptop, menonton tv dengan bias sinar yanag terlalu tajam bisa membuat mata lelah. Tanya Hayati deh, dia pun akan lelah kalau terus-terusan gini hehehe. Kondisikan cahaya lampu dan mode layar tv agar kita tetap nyaman ditonton. Cek aja manual booknya kalau masih bingung buat ngesetnya. Biasanya kalau masih gress semuanya lengkap tersedia. Dan kalau sudah lama memiliki tv, jari-jari kita bakalan lancar ngutak-ngatik setingannya. Ga usah nyontek, kan?

Nah, mau nonton talkshow, konser, sinetron, pertandingan bola atau film apapun, sekarang kita bukan lebih aware lagi dengan apa yang ada di layar, tapi juga dengan kenyamanan mata. 
34 komentar on "4 Hal Penting Saat Menonton TV"
  1. jaga jarak pandang itu penting mba, kalau dulu waktu kecil ibuku sering bilang jangan dekat2 ntar matanya kabur :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Matanya padahal di situ-situ aja, ga lari kemana-mana mbak. Hehehe. Eh kabur yang ini beda artinya:D *ngeyel mulu ya hehehe*

      Hapus
  2. masih kurang satu lagi.
    yg pling penting Tonton acara yg bermutu, dan jgn nnton acara2 lawakan yg dipaksakan dan alay.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau lawakan yang maen fisik saya juga ga suka, mbak.

      Hapus
  3. Ya cahaya ruangan dan mode cahaya ngaruh banget, saya suka pusing kalau terlalu terang :D. Jadi suami suka settingin biar istrinya ga pusing hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, terlalu terang bikin pusing liatnya, enaknya setingan ala-ala bioskop, ya.

      Hapus
  4. Padahal kalau nonton tv itu emang paling enak ndlosor sambil meluk toples kripik, hihiii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha iya, mbak. Bener banget, dan kalau udah nyaman gini, geser dikit juga males, ya?

      Hapus
  5. Posisi ini nih yg sering saya abaikan. Kalau nonton pasti posisinya milih yv PW hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daaan tiap orang itu punya pw versi masing-masing ya, mbak :)

      Hapus
  6. Ka..ka..kalo..nonton drama korea 16 eps secara marathon dan tiada henti, enaknya dengan posisi tubuh yang kayak gimana kak :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah coba poisi kayang belum, Ry? Dijamin pegel hehehe. Jangan dicoba tapi, ya. :D

      Hapus
  7. Waktu kecil saya suka nonton tv dekat banget jarak pandangnya. Sekarang mata saya minus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan. Semoga minusnya ga tambah parah ya, mbak.

      Hapus
  8. Kadang kalau udah keasikan nonton tv jadi lupa posisi gimana, leyeh2 a la model bikini sering kayanya :D baru tau ternyata pengaruh juga ke mata... Wah berarti mesti dirubah dong nih kebiasaannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau udah keasikan emang suka ga inget memperbaiki posisi tubuh ya, mbak. Saya juga masih suka lupa kalau ga diomelin mama.

      Hapus
  9. ini anak2 nih kalo nonton TV maju lagi maju lagi, harus cerewet emaknya suruh mundur ><

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin Syahrini kalau diomelin kayak gini bakal nyaut manja, maju maju cantik ya, mbak :)

      Hapus
  10. hampir semuanya cuek, duh...pantesan deh rusak matanya huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak temannya kok, mbak *kok bangga*

      Hapus
  11. Di foto itu, yg lagi nonton tipi siapa itu ya? :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo tebak, siapa coba? Yang jelas bukan saya :)

      Hapus
  12. kayaknyaaaaaa TIPI ama MATA itu ada medan magnetnya de.. dulu waktu kecil udah ditarik mundur, maju lagi, ditarik mundur lagi maju lagi... akhirnya tipinya dimatiin *nangis*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya gitu, dek. Kutubnya harus dibuat sama biar saling menolak. Jangan cinta ajayang tolak-tolakan *apaan sih*

      Hapus
  13. Aku suka sambil tiduran teh, kayak di pantai terus tidur beneran hihi. Tapi dari kejauhan sih, dari jarak deket mah udah lama ditinggalin. Suka dimarahin ortu. Jadi yang bagus itu posisinya duduk tegak ya? Hmmm baiklah, coba diusahakan nontonnya sambil duduk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tiduran biasanya bikin aku cepet tidur gitu, Gilang. Jadinya bukan aku yang nonton tv, tapi tvnya yang nonton aku hehehe.

      Hapus
  14. aku suka nonton TV semaunya *digebuk Efi*

    BalasHapus
    Balasan
    1. AKu ga berani gebukin Cici Tanti. Kalah gede bodiku heuheuu... #melipirsantai

      Hapus
  15. Aku masih suka deket-deket nih nonton tv padahal ga boleh ya, tapi gimana teh aku kan bolor hehe.. Makasih teh share nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah lho, maki bolor ntar matanya hehehe. Aku juga masih suka deket-deket liat tv terutama kalau nonton bola. Penasaran soalnya hehehe.

      Hapus
  16. Betul banget tuh keemapt halnya, memang terkesan sepele tetapi sebenernya sangat-sangat penting banget buat kesehatan tubuh kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan soal ini suka kita abaikan karena reaksi tuuh ga selalu segera saat kita nonton tv terlalu dekat, ya.

      Hapus
  17. ngisi pulsa listrik juga penting banget. jangan sampe lagi asik nonton Uttaran tiba2 ada suara tiiit... tiiiit.. jangkrik elektronik yang nyebelin itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. lucu namanya, Jangkrik eletronik. Pakannya dia mihil banget, ya?

      Hapus

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.