Wednesday 22 May 2024

Step by Step Membuat Biolink di Canva

Pernah ga teman-teman pengen banget mencantumkan satu informasi sekaligus dalam entuk tautan tapi bingung gimana sih cara mengolahnya?

Kalau suka memperhatikan akun-akun sosial media, pasti ga asing lagi sama yang namanya Canva. Ya, kan?

Nah pada profil ig teman kita ga sedikit yang mencantumkan biolink yang kalau diklik, akan menampilkan halaman baru berupa tautan-tautan yang menuju link tertentu sesuai dengan kata kunci yang ditampilkan. 

Misalnya kalau kata kunci yang muncul adalah blog, maka ketika diklik akan mengarahkan kita pada blog, atau akun tiktok dan sebagainya.

Udah kebayang, kan?

 Ada banyak platform yang menyediakan biolink yang bisa kita gunakan. Mulai dari yang gratis sampai yang berbayar dengan berbagai fitur dan layanannya.  

Nah, gimana nih kalau kita bikin sendiri saja biolinknya? Gampang, dan ga pakai lama. kabar bagusnya, biolink uatan kita ini bakal original, unik dan ga pasaran. Ya karena kita sendiri yang bikin. Mau tau caranya?

Yuk, kita mulai sekarang.

Siapkan Slide/Canvas

Seperti biasa, kita uka Canva dulu dan pilih ukuran Yourstory.  Nanti kita akan diantarkan pada canvas/slide yang akan digunakan.  kalau lihat tampilan seperti ini, Canva memang menyediakan template yang bisa kita edit. Kita abaikan saja dulu bagia template ini, ya. Kita akan mengsi slide kosong dulu dengan latar yang akan kita tentukan.


Tentukan Konsep dan Warna 

Misalnya nih persona yang akan kita buat adalah seorang perempuan dewasa yang aktif di media sosial dan punya bisnis fashion store. Let's say namanya Alura Asterila. Mari kita panggil dia dengan nama kecil Ula.  

Hai Ula.... hihihihi

Ula lagi bingung gimana bikin biolink yang bakal dipakainya untuk branding dan promosiin bisnis toko fashionnya yang jualin produk-produk pakaian dan aksesoris buat perempuan. 

Nah, Ula ini fans berat warna ungu. Untuk itu dia memilih latar pada biolink yang akan dibuat dengan nuansa ungu. Untuk pemilihan latar kita pakai saja elemen yang sudah jadi. Misalnya begini.


Kalau sudah sreg, mari kita lanjut memilih elemen frame untuk membingkai foto profil dari Ula. Biar ga mainstream, saya pilih frame yang penjol-penjol (bukan pinjol, ya). Soalnya udah bosen sama frame bulat atau kotak hehehe

Untuk framenya saya salin jadi dua. Satunya untuk memeri efek bayangan pada frame Ula. Setelah menambahkan informasi yang kira-kira diperlukan (misalnya link blog, web, tiktok dan nomor kontak), seperti ini hasilnya.

Tentukan Informasi yang Akan Disajikan
Untuk informasi yang akan disajikan cukup ketik satu kali saja, nanti tinggal kita copy paste dan ubah dikit pada bagian teksnya. Kalau Semua informasi dan elemen tambahan lainnya yang dibutuhkan sudah cukup kita lanjut ke tahap berikutnya, ya.

Agar informasi pada box/kotak yang tersaji bisa diklik dan mengarahkan pada link tertentu, kita edit pada bagian teks. Pada kotak dialog yang ada magic write itu kan ada tanda titik tiga. Klik dulu di situ agar kita diantarakan pada instruksi selanjutnya untuk menyematkan link yang dituju. Lakukan hal yang sama untuk teks lainnya.

Khusus untuk informasi kontak, seperti ini cara menyematkan linknya (misalnya nomor WA). By the way ini nomor WA-nya saya buat asal aja, ya. 
Jadi ga akan nyambung ke nomor saya dan ga usah juga nyoba iseng ngontak nomor yang saya pakai sebagai contoh hahahaha.


Hampir selessai nih.   Kalau sudah oke dan siap untuk dishare kita akan buat desain di atas ini jadi sebuah biolink siap pakai. Gimana, deg-degan ga? 

Siap Dishare!
Kita klik tombol share di sudut kanan atas, nanti akan tampil seperti ini. Klik more.


Untuk bagin ini kita pilih saja opsi live web. 
Sebelum tampilan webnya tayang, kita bisa mengkustom nama tampilan webnya seperti ini. Tapi hati-hati ya jangan sampai typo. Soalnya susah untuk mengubah dengan nama kustomisasi lainnya. 

Teman-teman bisa coba cek di sini https://aluraasterila.my.canva.site/

Ini versi phone mobilenya:

Bakal hilang ga, linknya? Selama masih ada di akun Canva kita linknya bakal aman-aman saja. Saran saya untuk desain penting seperti ini, biar ga kesapu pas bersih-bersih kita simpan dalam folder terpisah dengan label PENTING, JANGAN DIHAPUS atau reminder lainnya yang mudah kita ingat.

Dengan biolink yang sudah dibuat seperti ini banyak banget benefit yang bisa kita dapatkan. Misalnya nih: 
  • Lebih efisien dalam membagikan informasi bisnis atau branding kit di sosial media dengan satu link saja
  • Media promosi bisnis yang sewaktu-waktu bisa kita edit pada bagian tertentu yang diperlukan
  • Sebagai media branding yang menarik dan profesional untuk membangun citra merek yang kuat dan kredibel
Sekarang giliran kamu buat mencoba versimu sendiri. Eh tapi kalau dirasa ribet dan males bikin sendiri, saya buka PO untuk kustom desain ini, ya. Feel free untuk kontak saya di efi.f62@gmail.com untuk diskusi

See you
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.