Wednesday 8 May 2024

5 Band Rock Ballad 80-90an Favorit Pada Masanya

Beberapa waktu yang lalu di lini masa sosmed saya tiba-tiba diramaikan oleh postingan lagu-lagunya FireHouse. There must be something. Begitu yang saya pikirin. Entah ada sesuatu dengan salah satu personilnya atau rencana tur konsernya.

Ga perlu waktu lama untuk tahu ternyata dibalik ramainya postingan lagu-lagu FireHouse yang tiba-tiba meramaikan lini masa adalah meninggalnya sang vokalis, CJ Snaire.

Time flies. 

Tiba-tiba aja saya teringat kenangan saya di tahun 94an. Pas SMA kelas 1 dan lagi doyan-doyannya dengerin radio, rikues lagu plus ini nih, jadi anak nongkrong di MTV. Hayo, siapa yang sama kayak saya?

Nah, waktu itu lagu-lagu FireHouse termasuk yang lagi hype terutama yang judulnya I Live Life for You.

Tahun segitu, band-band cowok emang identik dengan rambut-rambut gondrong atau panjangnya kayak perempuan sekaligus bikin minder karena kok ya, mereka rambutnya tampak sehat terawat dan shining shimering gitu? .

Misalnya Nuno Bettencourt yang senyumnya bikin para ciwik-ciwik ngehayal lagu dilamar dengan lagu More Than Worldnya itu.  Kalau kata Rose, "I am flying, Jack" 😅🤣 

FireHouse

Balik lagi sama FireHouse,  selain I Live My Life for You, beberapa lagu dari FireHouse yang juga sempat ngehits antara lain nih: Here for You (swear deh, di video ini CJ tampak cakep dan charming dengan rambut klimisnya yang diikat ke belakang), When I Look into your Eyes (ini cocok buat jadi lagu wajib cowok-cowok ngegombal pada masa itu), Love of Lifetime dan lagu-lagu lainnya.

CJ Snare punya bestie di band ini yang masing-masing piawai dengan alat musing pegangannya. Sebagai gitaris ada Bill Leverty, drummer Michael Foster, dan bassist Perry Richardson yang sudah nge-band bareng sejak jaman dulu. Kecuali Perry, yang keluar dari band ini pada tahun 2000.FireHouse  sempet bingung nyari bassist baru sampe akhirnya dapet Allen McKenzie di tahun 2004.

Selain musik pop, di tahun 90an lagu-lagu rock ballad lainnya jadi primadona pada tahun itu. Sebenernya ada banyak band 90an dengan genre musik ini. Tapi marilah kita fokus pada 4 band lainnya saja, ya. Kalau semuanya dibahas bisa jadi buku hehehe

Mr Big

Inget Mr Big saya ingetnya sama Erick Martin yang relatif awet muda dan si kalem drummernya mendiang Pat Torpey. Band ini pernah tur ke Indonesia di tahun 90an. Waktu pre tournya sempat jadi bahan liputan di majalah Hai dengan edisi khusus. Bahkan ada buklet khusus yang bahasin diskografinya mereka.

Saya sampai bela-belain beli majalahnya dan it's oke ga jajan hahaha. Jangan tanya di mana keberadaan majalah itu sekarang. Hiks, sayang banget, ya?

Beberapa lagu favorit dari mereka versi saya antara lain Wild Wild Word, Going Where the Wind Blow (duh ini  lagu dari band-band luar dengan versi akustikan  yang masuk list  saya suka). Selanjutnya masih ada  To be With You (ah ini sih emang lagu kojonya mereka, ya?) serta masih ada Just Take My Heart dan lagu-lagu lainnya. Gokil sih band ini.

Erick juga pernah punya  beberapa single  seperti I Love the Way You Love Me (OST Mad About You yang juga dinyanyiin kembali sama Boyzone) serta beberapa cover version dari lagu-lagu populer lainnya  seperti Hero-nya Mariah Carey, First Love dar Utada Hikaru, dan Eternal Flame dari The Bangles.

Awalnya personel band ini diisi oleh Eric Martin sebagai vokals lalu ada Billy Sheehan (bas), Paul Gilbert (gitar) dan Pat Torpey (drum).Pat Torpey meninggal dunia pada 2018 akibat komplikasi penyakit parkinson. Dalam beberapa tur mr Big di kemduian hari, Matt Starr yang juga fans berat Torpey menggantikan posisinya. Cuma belum diketahui statusnya Matt di sini apakah sebagai personil tambahan secara temporer atau sudah resmi sebagai personil tetap. 

Dibanding tim Mr Big lainnya, Matt adalah pemain yang paling mua, usianya baru 53 tahun. Baru? Iya, karena personil lainnya usianya udah sangat senior. Eric sudah berusia 63 tahun, Billy Sheehan 71 tahun dan Paul Gilbert yang usianya paling dekat dengan Matt, 58 tahun.

Btw kalau lihat fotonya Matt ini saya kok jadi nget sama karakter Dr Strange, ya? :)

Def Leppard

Inget band inipasti ngeklik sama hitsnya mereka yang sempat booming pada waktu itu. When Love and Hate Collide.

Dengan Joe Elliot sebagai vokalis, cowok-cowk asal Yorkshire Inggris ini digawingi personel lainnya yang membuat suguhan musik mereka jadi kolab yang apik. Rick Savage (bass), , Phil Collen (gitaris) dan Vivian Campbell (gitaris) dan Rick Allen (drum). 

Special note buat saya di sini adalah Rick Allen yang menabuh drum dengan satu tangan saja. Ia kehilangan satu tangannya setelah sebuah kecelakaan menimpanya pada tahun 1984. Tapi hal itu tidak membuatnya menyerah. Drum set yang dimainkannya dimodifikasi sedemikian rupa sehingga ia tetap bisa menabuh drum dengan performa terbaiknya. Keren, ya?

White Lion

Nah inget band ini emang jadi inget sama Ayu Azhari hahaha. Sang vokalis yaitu Mike Tramp menikah dengan Ayu Azhari pada tahun 2010.

Salah satu lagu White Lion yang jadi hits pada masanya "You're all I Need diremake dengan versi lokalitasnya Indonesia. Ga nyangka kolabnya jadi seindah ini :)


Selain Tramp, masih ada personil lainnya yang membuat lagu-lagu White Lion disukai para fansnya di dunia. Mereka adalah Vito Bratta (gitar) Nicki Capozzi (drum) dan Felix Robinson pada bassist. 

Selain You're all I nedd lagu lainnya dari white lion yang populer adalah When The Children Cry. Punya lagu favorit lainnya ga dari band ini?

Bon Jovi

Ngomongin musim rock 80-90an eang ga bisa lepas dari man band yang satu ini. Band rock legendaris Bon Jovi, dipimpin oleh Jon Bon Jovi (yang jago nyanyi dan main gitar), Richie Sambora (gitaris keren), Tico Torres (jagoan drum), David Bryan (maestro keyboard), dan Hugh McDonald (bassist handal). Nggak lupa, ada juga Alec John Such, yang dulu pernah jadi anggota band ini.

Buat anak 90an, siapa sih yang ga famliar dengan  "Livin' on a Prayer" dan "You Give Love a Bad Name"? Auto ikut nyanyi deh kalau deger launya diputer. 

Buat mood booster,  "It's My Life" dan "Wanted Dead or Alive" kayaknya lumayan jadi trigger  bikin kita loncat-loncat. Tapi tau diri aja ya kalau sekarang mah, jangan sampai encok-encoknya kumat atau pingganganya kayak keplintir hahaha.


Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.