Tuesday 16 April 2024

Edit Template Instagram Puzzle Feed Free dari Canva

Buat para pemilik bisnis, instagram jadi salah satu cara media promosi atau awareness untuk mengenalkan produk mereka. Salah satu hal yang sering kepikiran untuk membuat tampilan instagramnya adalah membuat feed yang estetis.

Tidak sedikit yang masih bingung bagaimana membuat desain feed yang mudah tapi tetap instagramable alias estetis.  

Hei, sudah tau belum sih, sebelum memutuskan untuk menghire jasa desain feed, kita bisa menggunakan template yang sudah tersedia di Canva? Jangan khawatir, desainnya tetap estetis, lho. Sini, saya kasih tau caranya. Mudah dan ga pake lama. 

Hal yang pertama kita lakukan tentu saja buka aplikasi Canva. Lewat web/pc atau aplikasi/Canva mobile  sama saja, kok.

Kalau dibuka lewat web nanti tampilan hasil pencarian akan terlihat seperti ini

Kalau mau cari desain feed puzzle yang lebih spesifik, buka button filter dan terus scroll ke bawah. Nantinya, kita bisa menentukan pencarian lebih spesifik misalnya apakah formatnya masih square atau portrait, atau dari stylenya mau bercorak estetik, abstrak,  clean, palyfull, calssic dan sebagainya. 

Selain itu masih ada filter lainnya yang bisa kita gunakan untuk tema tertentu. Seperti wedding, fashion, tipografi, beauty dan sebagainya. Pokoknya ada banyak dan bisa lebih spesifik untuk kebutuhan.

Asiknya dari template yang tersedia  bisa kita gunakan langsung dan sudah dipotong per feed oleh pembuat template. Jadi kita ga usah cape-cape memotong desain misal dari 3x3 jadi satuan pakai aplikasi khusus. Biar ga pusing, saya kasih contoh seperti ini:

Slide pertama jadi acuan yang bisa kita gunakan untuk susunan feed.  Selanjutnya kita tinggal mendesain sendiri dari fee paling ujung/terakhir. Jadi kalau sudah selesai mendesain, yang ada ilustrasi amplopnya itu jadi puzzle terakhir dari rangkaian puzzle.

So, untuk slide pertama yang digunakan untuk template ini adalah dimulai dari sini:

Untuk gambar /foto tinggal kita ganti dengan foto produk yang akan diunggah. Klik saja langsung tombol customize this template. Pilihan font bisa tetap mengikuti dari template yang sudah ada tapi saran saya mendingan diubah saja, sih. 

Kita bisa mendesain sekaligus dan baru diupload kemudian setelah semua slide sudah diedit/customize. Tapi bisa juga satu persatu kalau waktunya belum cukup.

Dari template yang sudah ada, desain simple kita siap segera tayang. Selain gambar dan font yang berbeda, modifikasi warna atau elemen, desain editan versi kita tetap punya ciri khas. 

So, ga ada lagi alasan untuk ga update ig bisnisnya karena bingung mikirin template yang pas dengan keinginan atau misalnya belum ada budget yang belum masuk. Selanjutnya tinggal mikirin aja ide/konsep postingan misal untuk seminggu ke depan. 

Kalau sudah dapat template yang klik di hati, boleh lho teman-teman cerita di komentar. 

Next, kita bahas apa lagi, ya?
Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.