Thursday 18 April 2024

7 Jurus Jitu Mengapresiasi dan Berterima Kasih Bukan Hanya Say Thanks, ya

Pernah dong kita merasa kagok buat mengatakan terima kasih. Bukannya jual mahal atau gengsi. Tapi lebih ke bagaimana caranya menunjukkan cara yang tepat dan berkesan. Karena beda orang beda sifat dan cara penerimaannya juga bisa beda. 

Don’t worry, honey bunny. You’re not alone.


Kali ini  saya mau share 7 cara yang bisa jadi contekan (((contekan))) untuk mengungkapkan rasa terimakasih kita.

1. Jangan Lupa Berikan Senyuman yang Tulus

Langkah pertama yang paling penting adalah sampaikan ucapan terima kasih dengan senyum yang tulus. Jangan terlihat terpaksa atau datar aja. Kesannya ga ikhlas gitu. Kalau ga geeran, sertai dengan kontak mata untuk menunjukkan kesungguhan hati, kalau kita beneran tulus dengan ucapan terima kasih kita itu.

2. Apresiasikan Secara Spesifik

Bukan cuma ucapan terima kasih saja, tapi sampaikan juga secara spesifik ucapan terima kasihnya itu untuk apa. Misalnya sudah mendapat tumpangan dari teman. Kita bisa menyampaikannya misal dengan begini:

"Terima kasih lho udah nganterin saya malam ini. Saya jadi pulang cepat dan sampai ke rumah sebelum hujan. Ga kebayang kalau ga ada kamu, mungkin saat ini saya masih di jalan dan kehujanan.”.

3. Tidak Usah Sungkan Untuk Memuji dengan Tulus

Puji mereka dengan tulus atas usaha, kerja keras, atau bakat mereka. Misalnya, "Wah, keren. Ternyata kamu agoan biki desain! Logo buatan kamu keren.”

4. Apresiasikan Juga dengan Tindakan

Ingat ungkapan ini, kan?

“Action Speak Louder”

Kadang-kadang, tindakan lebih bermakna daripada kata-kata. Tawarkan bantuan balasan, berikan mereka hadiah kecil, atau ajak mereka makan bersama sebagai bentuk apresiasi. Ga ahrus mahal, kok. Dan mereka juga akan merasa senang dengan apresiasi yang kita berikan.

Memang apa saja manfaat dengan memberikan apresiasi?

Well, memberi apresiasi buka saja memberikan kebaikan kepada orang lain tapi juga untuk diri kita sendiri. Saat melakukan kebaikan, otak kita akan melepaskan hormon dopamin dan serotonin, yang merupakan hormon yang terkait dengan kebahagiaan dan kepuasan. Dan ini bagus banget buat kesehatan mental kita. 

Selain itu dengan memberikan apresiasi akan membina hubungan yang lebih baik dengan orang lain dan menghadirkan lingkungan yang lebih positif dan suportif di mana saja kita berada.

Sementara bagi mereka yang menerima apresiasi, let’s say kita deh yang mendapatkannya. Sedikitnya akan memberikan rasa hangat di hati, menjadi mood booster dan meningkatkan rasa percaya diri dan self-esteem kita. 

Sebagai penerima apresiasi juga akan memicu pelepasan hormon dopamin dan serotonin, yang meningkatkan kebahagiaan dan kepuasan. Ini keren banget. Pemberi dan penerima sama-sama merasakan kebahagiaan.

Last but not least, dengan saling apresiasi juga akan menciptakan hubungan silaturahmi yang lebih baik. Sekarang kita jadi paham dengan makna ungkapan “indahnya berbagi.”

5. Kirimkan Pesan atau Kartu Ucapan

Kita juga bisa menyampaikan ucapan terima kasih dengan menuliskannya secara personal. Misalnya kita buat kartu ucapan khusus untuk orang yang bersangkutan.

Contohnya kasih buket bunga dan diselipin ucapan seperti ini. Gimana, simple tapi bisa yangkut ke hati, kan? Ouch, ga nahaaaan. 



6. Boleh Kok, Pake Bahasa Gaul

Kata siapa sih menyampaikan rasa terima kasih harus dengan bahasa yang kaku. Kalau lebih nyaman denga bahasa yang gaul atau kasual kenapa tidak? Tentu saja bisa kita sesuaikan dengan gaya komunikasi kita yang udah biasa. 

Kalau sama bestie sih pastinya lebih gampang, ya. Malah rasanya aneh dan apaan banget kalau kita menyampaikan ucapan terima kasih dengan narasi yang formal. Mungkin teman kita bakal nanya, “lo kesambet apaan?”

Intinya gunakan saja bahasa yang memang sudah jadi keseharian kita dengan orang yang bersangkutan. Kalau sama atasan ya sampaikan juga denga redaksi yang biasa kita pakai. Kalau terlalu bebas juga bisa-bisa nanti atasan juga bakal bingung dan berpikir kok nih orang dibaikin malah ngelunjak, sih?

7. Tunjukan Apresiasi di Depan Orang Lain

Why, not? Orang juga akan tahu mana yang tulus dan mana yang lebai. Memberikan apresiasi di depan orang lain bisa meningkatkan rasa percaya diri mereka dan memotivasi mereka untuk terus melakukan hal yang baik.

Yang terpenting. Dalam mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih adalah kita melakukannya dengan tulus dan penuh rasa syukur. Jika disampaikan secara teks, kita bisa menambahkan emoji atau GIF yang menyenangkan untuk membuat ungkapan terima kasih jadi berkesan.

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.