Tuesday 26 March 2024

Tutorial Bikin Kartu Lebaran Tema Cat Air Cuma Pake Canva

Ada yang  masih inget ga, dulu waktu smp-sma pas menjelang lebaran suka berburu kartu lebaran buat dikirim ke teman-teman? 

Tahun 90an akhir sampai awal tahun 2000an saya suka ngirim kartu lebaran ke beberapa teman yang saya anggap spesial. bahkan temen sekelas pun tetep saya kirimin wkwkwk... Ya ga semua sih. Bisa boncos soalnya :D

Yang paling awkward, saya pernah ngirim kartu lebaran sama teman chatingan  dan dia seneng banget dapat kiriman kartu lebaran, sampai nelpon dan say thanks.

Sambil baca ini mungkin ada yang bertanya-tanya. Dapat alamat dia dari mana?
Saya lupa tuh, pokoknya punya aja. Ajaibnya sama dia belum sempet ketemu dan hilang kontak  hahahaha. Udahan ah, curhatnya.

Mari kita balik bahas kartu lebaran.  Kalau diitung-itung biaya beli kartu sama ongkos kirim kan lumayan tuh. 

Zaman saya kuliah kirim kartu dan beli kartunya buat seorang aja minimal ada 10 ribu mah. Soalnya harga kartu lumayan juga, kan. Tergantung level lucunya juga. Bahkan sampai narasi  kata-kata mutiaranya juga bisa mempengaruhi banderol harga.😄

Kemudian ketika mulai bisa punya hand phone polifonik, posisi kartu lebaran jadi tergantikan dengan kiriman gambar-gambar dari HP ini. Atau copas kata-kata mutiara yang template banget itu: 

"Jika jemari tak sempat lagi menjabat...." 

Hmmm.... itu tangan apa pegawai esselon? 😆

Btw, waktu itu kan masih zamannya sms. Karakter terbatas dan tarifnya pun lumayan. kalau ngirim ucapan selamat lebaran pake sms yang terpisah, kadang kirimannya suka nyangkut di awan.  Sampai udah ketemu lagi sama temennya tuh sambungan udah kayak layangan putus, ga nyampe.  Ah sebel, deh.

Zaman sekarang memang lebih leluasa dengan karakter yang tidak terbatas dengan fasilitas WA. Cuma banyakan yang kirimnay itu terusan. Cuma dirasa-rasa kayaknya template banget gitu ga berasa nilai personalnya, ya. 

Makanya nih, saya mau ngajakin temen-temen buat bikin kartu lebaran. Bisa dibuat versi cetak atau dikirim digital tapi tentu saja dengan sentuhan yang lebih personal sesuai dengan kepribadian masing-masing.

So, ayo kita mulai.

Kita gunakan  Canva dan pilih ukuran media dengan tipe foldable card. Tinggal di search aja, nanti ketemu dan akan muncul dua pilihan. Mau landscape atau portrait. Seperti ini. 



Biar ga pusing milih elemen nantinya, kita putuskan dari awal temanya seperti apa.  Misalnya temanya watercolor. 

Pada slide pertama (juga yang akan jadi sampul depan kartu) kita tambahkan dulu elemen background. Kalau buka di aplikasinya bakal kelihatan ada garis tipis di tengah sebagai pembatas bidang.

Biar ga sepi amat, saya tambahkan elemen rumput di bagian bawah templatenya.  Untuk pilihan warna background tinggal sesuaikan saja dengan warna elemen yang akan kita gunakan,  biar ga tabrakan.  Elemen backgroud yang saya gunakan adalah hasil karyanya Raya Design. 

Selanjutnya kita tambahkan frame untuk membingkai gambar masjid. Dan ternyata frame di Canva juga ada lho yang bentuknya kayak masjid.  Masukin aja kata kunci mosque frame di kolom pencariannya. 

Agar penempatannya di kartu ga meninggalkan ruang kosong, saya milih yang bentuknya square. 

Setelah itu saya tambahkan elemen masjid ke dalam frame yang sudah ada serta beberapa elemen lain untuk mengisi ruang dalam desain. Semuanya pake kata watercolor, ya. Untuk awan dan matahari posisinya saya tempatkan di belakang frame.

Untuk teks pada bagian depan kartu, sebenernya opsional. Kita masih bisa menggunakan font yang sudah ada pada Canva. Tapi untuk kali ini saya menggunakan font arabic yang saya download dulu dari dafont.com, free. 

Setelah itu, saya upload ke Canva dan hasilnya seperti ini.


Untuk Sampul depan dan belakang sudah selesai. Mari kita lanjut mengdesain bagian dalam kartu Kita lanjutkan ke slide kedua, ya.

Untuk slide kedua tidak perlu terlalu rame tapi juga kurang asik kalau terlalu polos. Saya nambahin elemen lantern dan tingkat transparansinya saya turunkan sampai 10% agar nanti teks yang akan dimasukan tidak tabrakan atau saling numpuk.  

Untuk elemen 'taqqabal yaa kariim' saya ambil langsung dari elemen Canva juga. Tinggal masukan kata  "taqabbal" di kolom pencarian elemen. Nanti akan muncul beberapa versi yang bisa digunakan. 

Untuk teksnya tinggal sesuaikan dengan gaya bahasa masing-masing. Biar ga template amat, nantinya pas bagian teks dan sapaan untuk orang dituju tinggal diubah saja. Misalnya seperti ini:


Yeay. done!
 
Eits, jangan lupa bikin desain amplopnya kalau mau dikirim secara fisik, ya.  Ini cara bikin amplopnya gampang, dan ga pake lama.

Caranya, buka file baru dan buat ukuran bidang lebih  besar dari slide kartu lebaran tadi. Kartu lebaran ini kalau dillihat ukurannya adalah 10x7 in. Untuk slide amplope kita buat ukuran kustom yaitu 12x9 in. 

Setelah itu masukan elemen dengan kata kunci geometric envelope. Pola amplop yang saya gunakan adalah yang paling kanan ketiga. Posisinya dirotasi dulu jadi seperti di atas dan sesuakan warna dengan tone pada kartu.

Setelah itu upload foto bagian depan kartu dan atur posisinya jadi seperti ini.


Setelah itu tinggal gunting amplop sesuai pola dan masukan kartu ke dalamnya. Selesai. 

Kalau mau dikirim secara digital bakal lebih seru lagi karena bisa kita tambahkan animasi tampilannya.  Kartu lebaran digitalnya jadi lebih atraktif. Tentu saja ga usah pake kaartu tapi kalau punya ide kreatif menambahkan elemen amplop le dalam kartunya bakal keren.



Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.