Friday 8 March 2024

Edukasi Pencegahan Stunting Oleh PAFI Tebing Tinggi

Isu stunting saat ini jadi topik pembicaraan yang hangat. Sebenarnya bagaimana sih soal stunting ini?Yuk, kita kupas edukasi tentang stunting yang saya dapatkan dari Persatuan Farmasi Indonesia Tebing Tinggi.

Pengertian Stunting

Jadi begini.

Stunting adalah kondisi anak yang pertumbuhannya tidak bisa optimal untuk ukuran seusianya. Hal ini dikarenanakan asupan gizi dan nutrisi yang didapatkan oleh anak tidak terpenuhi mulai sejak dalam kandungan sampai usia anak mencapai 2 tahun.
gambar: tanoto foundation

Masih inget kan, soal periode emas selama 1000 hari pertama bagi anak? Ternyata gizi yang ideal pada anak sudah dibentuk sejak masih dalam kandungan. Masih banyak lho yang abai atau belum tau penting sekali periode ini untuk diperhatikan,

Hal yang akan terjadi pada anak bisa menjadi masalah yang serius. Baik secara fisik, mental bahkan juga dalam hal emosional. Duh, kok sedih, ya membayangkannya. Tapi ternyata selain itu anak-anak yang mengalami stunting juga punya risiko lainnya juga. Misalnya berisiko lebih tinggi terkena penyakit kronis turunnya performa mereka di sekolah, dan buruknya kondisi setelah dewasa nanti.

Memang sebuah PR besar untuk memberikan edukasi soal stunting ini. Namun dengan semakin banyaknya akses informasi untuk menyampaikan edukasi, diharapkan konsen atau perhatian masyarakat akan semakin meningkat.

Penyebab dan Dampak Stunting pada Anak

Stunting memang bisa terjadi karena faktor genetik namun hal lain seperti pola makan yang tidak sehat adalah kondisi yang bisa kita antisipasi. Tidak tercukupinya unsur gizi seperti protein, zat besi, dan vitamin A adalah salah tiga dari penyebab utama terjadinya stunting.
gambar: https://mypositiveparenting.org/


Dampak dari kondisi stunting ini sangatlah serius karena dapat berpengaruh pada pertumbuhan dan perkembangan fisik maupun kognitif anak. Anak yang mengalami stunting cenderung memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami gangguan kesehatan jangka panjang seperti penyakit kronis dan menurunnya daya tahan tubuh misalnya.

Selain itu, dampak psikologis juga bisa dirasakan oleh anak yang mengalami stunting. Kondisi fisik mereka yang berbeda menimbulkan rasa minder atau rendahnya rasa percaya diri mereka di antara teman-teman seusianya.

Stunting bukan saja urusan kurangnya porsi makan pada anak tapi juga asupan gizi yang mempunyai banyak dampak secara jangka panjang. Karenanya penting banget nih, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat secara luas untuk melakukan pencegahan serta penanganan stunting pada anak jika sudah terlanjur terjadi.

Peran PAFI Tebing Tinggi dalam Edukasi Stunting


PAFI Tebing Tinggi mempunyai peran yang sangat penting dalam menyampaikan edukasi stunting kepada khalayak masyarakat.

Berbagai kegiatan dan program diselenggarakan oleh PAFI sebagai komitmen untuk mendorong peningkatan kesadaran akan bahaya stunting dan upaya yang sungguh-sungguh untuk melakukan pencegahan.

gambar: antara news

Didukung oleh SDM yang berkualitas dan dukungan yang datang dari berbagai pihak, PAFI Tebing Tinggi berperan aktif memberikan edukasi akan pentingnya gizi seimbang bagi pertumbuhan anak-anak. Para pegiat edukasi ini memberikan arahan praktis untuk melakukan pencegahan stunting sejak anak masih dalam kandungan sampai menginjak usia balita.

Selain itu, PAFI juga berkolaborasi dengan instansi terkait seperti Dinas Kesehatan setempat, serta terjun langsung dalam penyuluhan kesehatan kepada masyarakat umum dalam memberikan edukasi mengenai dampak buruk stunting pada anak.

Peran PAFI tidak saja memberikan informasi dan tapi juga aksi nyata sebagai komitmen untuk menekan angka stunting di wilayah Tebing Tinggi.

Diharapkan dengan adanya program inovatif yang ditawarkan program-program inovatif yang ditawarkan oleh PAFI Tebing Tinggi, masyarakat semakin menyadari untuk melakukan pencegahan stunting.

Semoga dengan adanya program ini, tumbuh kembang anak di masa depan menjadi lebih dengan semakin turunnya hambatan kesehatan. Yuk, dukung langkah-langkah PAFI Tebing Tinggi melalui https://pafitebingtinggi.org/ agar masa depan anak-anak Indonesia yang sehat dan cerdas lebih cepat terwujud.
















Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.