Wednesday 21 February 2024

Bikin Teks Gradien Pake Canva

 Satu penyesalan saya setelah kenal Canva adalah kenapa enggak dari dulu sih ngulik Canva? Ternyata seru dan menyenangkan. Saya bisa betah uplekin Canva baik di HP atau laptop. Kadang saking asiknya, saya yang biasanya respon cepet chat di WA jadi agak slow res  hehehehe. Maafkan.

Postingan kali ini saya mau bahas lagi fitur Canva yang berhubungan dengan font lagi, yaitu fitur gradient di Canva. Sudah tau belum? 

Mari kita ulik sama-sama. Begini caranya

Buka aplikasi Canva (bisa di laptop atau pun hp). Setelah itu scroll ke bawah sampai ketemu menu Design Essentials atau boleh langsung ke sini https://www.canva.com/your-apps

Dari sini temen-temen klik fitur TypeGradients. Nah, klik itu, ya

Kalau mau langsung disematkan ke design yang sedang dibuat, klik icon yang atas atau klik use in new design jika ingin membuat di halaman yang baru. Silakan, sesuaikan dengan kebutuhan, ya. jika akan menggunakan di template baru. Jangan lupa untuk menentukan juga ukuran halaman yang akan dipakai.

Setelah ini, teman-teman akan diarahkan ke template kosong untuk mendesign. Tunggu sebentar sampai tampilan di layar seperti ini:


Pada kolom Main  text, isi dengan teks yang akan temen-temen pakai. Misalnya saya  mau bikin tulisan  Ramadhan Mubarak 1445 H.  Jika ingin membuat jadi 2 baris berarti menulisnya pada kolom tersebut seperti ini

Ramadhan Mubarak 

1445 H

Pada kolom font silakan pilih jenis yang akan dipakai, posisi teks (aligment) dan selanjutnya tentukan warna gradient yang akan dipakai.

Biasanya bagian milih jenis fonts ini rada makan waktu lama, karena banyak pilihan font yang tersedia. Terkecuali kalau sudah setia sama jenis font tertentu hehehe. Setelah fix pilihan font, klik backspace di atas kolom search fonts untuk kembali ke halaman pengaturan dan mengatur elemen lainnya.


Pada bagian ini kelihatan kalau jarak teksnya masih berantakan. Atur jarak teks ada bagian line height, untuk merapikan.


Setelah dirapikan sudah enak dilihat, nih. Oiya, untuk alignmentnya saya buat rata tengah saja


Untuk mengatur gradien warna, silakan geser bulatan warna pada kolom gradient.  Tentukan dulu warna dasar (pada kolom di bawah) lalu lanjutkan dengan menggeser-geser 3 bulatan di atasnya untuk mendapatkan kombinasi warna yang paling pas.



Ini hasil akhirnya


Tapi kok kayaknya sepi banget ya, kanvasnya? Nah boleh deh tembahin elemen lainnya. Misalnya jadi seperti ini



Kalau teman-teman berubah pikiran mau mengganti font gradient tadi atau tampilan lainnya, desain ini masih bisa diedit. klik font gradient tadi, lalu klik icon edit di pojok kiri canvas dan kembali ke pengaturan font gradient.



Yuk, coba praktekin.


 

Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.