Tuesday 19 March 2024

Cara Mudah Bayar Tagihan Etsy Pake VCC Bank Jago

 Awal tahun ini saya membuka shop di Etsy untuk menjual produk-produk digital saya. Jangkauan yang luas karena bisa membidik pasar internasional tanpa ribet packing adalah salah satu alasan saya untuk berbisnis bersama Etsy.

Berbeda dengan market place lainnya, kalau buka shop di Etsy ada tidak ada transaksi  bakal kena charge alias biaya listing. Sebenernya biaya listingnya murah, kok. Cuma 0,2 dolar aja per listing. Misal dalam satu listing kita punya stok 1.000 pcs ya tetep aja tagihan per listingnya segitu. Jadi sara saya kalau mau jual produk digital udah jangan nanggung isi stoknya hehehe.  Mungkin urusan shop di Etsy saya bahas lain waktu, ya.

Balik ke tagihan.

Nah, awal bulan ini saya dapat tagihan di Etsy. Selain muncul di dasahboard, bakal muncul juga tagihan yang dikirim via email. Jangan sampai denial kita ga bayar karena ga tau. Etsy asli tegas dan galak. Telat bayar tagihan bisa bikin toko kita di Etsy kena suspend. Males kan ngurusinnya. sayang banget juga.

So, seperti ini notifikasi tagihannya di Etsy


Oiya, meskipun sedikit overdue, tapi Etsy masih kasih toleransi tuh ga saklek langsung kasih punishment.  Btw ini jangan ditiru, ya. Langsung aja bayar tagihan sebelum jatuh tempo :)

Dan seperti yang saya bilang tadi, kalau biaya listing ini masih da tambahan biaya lainnya. Semacam biaya PPn gitu lah. Kalau buka di dashboard, kita bisa lihat breakdownnya seperti apa.  So, ga usah report-repot juga nanya adminnya buat tau detil tagihannya.

Ini contoh rinciannya

Baik, mari proses tagihannya. 

Pastikan untuk bisa membayar tagihan di Etsy kita punya rekening internasional. Ga usah harus apply CC kok. Kita bisa pake kartu debit yang udah berafiliasi sama Visa. Misalnya Tabungan Bank Jago yang akan saya gunakan untuk membayar tagihan.

Kalau saldo di tabungan yang sudah terkoneksi dengan data kita di Etsy, langsung aja klik submit payment. Tapi jika belum, isi dulu saldonya minimal sama dengan jumlah tagihan yang tercantum.


Pastikan dulu  saldo akun visa kita terisi. Saya langsung aja transfer ke rekening bank Jago yang terhubung dengan nomor visa saya itu. Saya lebihin dikit aja, jadi 42 ribu hehehe.

Nah setelah itu langsung tuh saya klik submit payment. 

Agak deg-degan dikit, sih. Takutnya tertolak atau ada biaya lain yang yang saya-nya miss, jadinya payment ga keterima.

Eh, ternyata lagsung approve. Enak sih, saya ga usah ngitung lagi kurs dolar karena tagihan yang muncul di layar emang sudah diitung dengan nilai kurs yang berlaku.  Ini buktinya payment saya berhasil.


Seneng banget! Saya terbantu sekali sama VCCnya Bank Jago. Saya  bisa ngurusin payment internasional tanpa harus banyak tetek bengek yang diurus. Tinggal ikutin aja langkah-langkah instruksinya. 

Teman-teman yang punya karya digital dan mau ekspansi target pasar, bisa nih coba jajalin marketplacenya Etsy. Lain waktu saya mau cerita deh gimana nano-nanonya pengalaman saya buka toko di Etsy.

Kok bilang nano-nano?
Karena ternyata printilannya banyak dan harus well prepare sebelum upload. Jadi harus bener-bener siap semuanya seperti foto (kurang lebih ahrus prepare 9 foto), link download, deskripsi produk dan item lainnya yang harus disiapkan.

Kapan tayangnya, tuh? 
Semoga ga pake lama, ya  :). Sementara itu boleh dong main-main ke toko saya. Siapa tau gitu ada produk yang naksir buat diadopsi :D

Ini link tokonya:


Share:

0 Comments:

Post a Comment

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.