Benefit JLC Untuk Para Pelaku Online Shop

"Neng, tadi dari JNE ada yang menghubungi, teteh. Kenapa alamatnya jadi beda, ya?"

Saya sedikit mules banget waktu sepupu saya nge-wa kayak gitu. Mana nilai belanjanya lumayan gede. Ceritanya panjang kalau didetailin tapi memang ada human eror pas saya masukin alamat di proses check out. 

Sadar kalau panik ga menyelesaikan masalah, saya berusaha tenang dan coba konfirm sama customer service soal alamat ini. Alhamdulillah, cepet diproses dan dibantu buat ditindaklanjuti dengan mengirimkan komplainan ini ke pihak JNE buat mengirimkan ke alamat yang benar.

Sebelumnya sepupu saya itu sempat request kalau bisa dikirimnya jam 5an, karena beliau masih ngantor sampai jam 4.  Saya ga bisa jawab pas dia nanya gitu, karena kan soal pengiriman barang itu tergantung sama rutenya kurir yang ngirim. Saya ga bisa janjiin.

Nah, karena kasus salah alamat itu, pengiriman barangnya beneran jadi terkirim sore. Pas tim customer service menghubungi saya, saya ditanyain kira-kira penerima ada di rumah jam berapa. 

Alhamdulillah sepupu saya paham dan tektokan saya sama tim resolution centre yang lancar).  Sempet harap-harap cemas pas dikasih tahu maksimal 7 hari barang bisa diterima. Ternyata itu cuama estimasi aja. Pada kenyataannya dari hari konfirmasi alamat itu cuma terjeda 2 hari t (termasuk hari libur),karena kurirnya ngirimin balik dulu paketnya ke centre terdekat untuk diproses. 

 Huhuhu terharu saya sama responsifnya tim resolution centre dari vendor.

Pengalaman itu saya alamin baru-baru aja di awal bulan ini. Ketepatan waktu pengiriman jadi salah satu andalan yang bikin pembeli produk-produk jualan saya pada puas. Pokoknya pada seneng karena estimasinya cepet. Malah ada yang pernah heran, hari ini pesan, besoknya udah sampai. Kok cepet sih? tanyanya. Saya ngikik. Mana temen yang nanya ini temasuk yang suka repeat order. Saya bales sama emoticon nyengir aja. 

Pasalnya temen saya ini malah minta barang diterima besok-besoknya lagi. Karena ada kegiatannya yang cukup padat. Untungnya pas temen saya lagi pergi, pas ibunya lagi berkunjung ke rumah. Sambil bercanda, saya bilang temen saya ini tipe buyer yang langka. Yang ga mau cepet-cepet barang diterima. Setelah itu kami ketawa ngakak. Ya secara visual lewat narasi chat, lah, ya. Huehehehe

Untuk para seller online shop, ketepatan pengiriman barang memang hal yang penting untuk membangun kepercayaan sama konsumennya. Apalagi kalau kasusnya kayak yang saya alami tadi itu. Nah, kurir ekspedisi yang membantu mengantarkan pengiriman barang beneran jadi representasi dari tagline-nya JNE "Connecting Happiness" itu.

Saat ini saya memang belum langsung mengirim barang ke counter JNE atau dijemput langsung kurirnya. Dengan sistem drosphip, saya menyerahkan pengurusan paket ini ke tim gudang. 

Dari pengalaman yang udah-udah, JNE adalah kurir yang mayoritas jadi pilihan pembeli saya untuk memproses. Kadang gini lho, saya bayar pagi hari, siangnya dikit udah diproses dan diangkut oleh kurir. Terharu saya sama kolabnya vendor dengan tim  JNE.

Makanya ga heran kalau usernya JNE itu pada loyal. Ditambah lagi dengan diluncurkannya JNE Loyalti Card alias JLC sejak tahun 2009 lalu. Hmmm.... udah berapa lama tuh? 13 tahun, ya? Ternyata makin mantap dan kokoh aja nih layanan JLCnya. Saat ini saja sudah tercatat ada 450.000 membernya, lho.


Satu waktu saya pernah dibuat iri karena para member JLC ini dapat reward dari poinnya buat nonton pertandingan Piala Dunia 2018 lalu.

Baca juga:

https://www.catatan-efi.com/2018/02/jalan-jalan-gratis-dengan-modal-resi-jne.html

 Huaaa envy saya. Pengen banget bisa ngumpulin poin kayak mereka. Waktu itu saya belum terjun sebagai pelaku online shoper. Terus ngebatin lah waktu itu. Gimana caranya bisa punya poin banyak kalau dateng ke counter JNE pun frekuensinya maih kalah sama puasa senin kamis? :D

Mungkin nih ya, saya bisa ngajuin jadi stockist sama vendor saya biar bisa ngurusin pengiriman sendiri terus bisa tuh ngumpulin poin-poinnya biar kalau nanti terkumpul bisa dapat benefit macam-macam. Kan enak. ada hadiah berupa gadget, perlengkapan rumah tangga, E-voucher, juga voucher ongkos kirim serta produk menarik lainnya.

Yang bikin berkah, dari poin yang terkumpul ini sebaga member JLC bisa melakukan donasi dari poin-poin yang sudah terkumpul, lho. Love banget.

Seperti yang dibilang sama Eri Palgunadi, selaku VP of Marketing JNE:

“Bahwa dalam meningkatkan pelayanan dan inovasi tujuan kami adalah untuk memberikan pengalaman terbaik untuk pelanggan. Inovasi ini adalah salah satu wujud pengembangan teknologi yang berorientasi pada excellence service, agar kualitas pelayanan semakin maksimal dan memberikan kemudahan kepada pelanggan dalam menggunakan layanan JNE. 

Bismillah, tahun ini bisa kesampaian, biar bisa in line alias selaras sama toko market place yang kembali saya rintis, nih. Dengan jadi stockist saya bisa lebih mudah mengukur ketersediaan barang yang tersimpan sendiri. Ga khawaatir kalah cepet sama reseller lain misalnya yang duluan order sama vendor pas stock lagi menipis dan belum ditambahkan lagi dari gudang pabrikan. Hueee..... curhat ini mah.

O, ya, ini akun market place saya. Silakan diintip, ya. 

https://www.shopee.co.id/kakaefishopofficial

Eh jangan diintip aja, tapi juga di-co alias check out, Don't worry, ada fitur gratis ongkirnya yang bisa dimanfaatkan juga, lho.

Buat temen-temen yang udah lama jadi pelaku online shop, buruan gabung jadi member JLC dan download aplikasinya via playstore, ya. Silakan cek di website https://jlc.jne.co.id/atau bisa nelpon langsung ke call center 021 – 2927 8888 serta email ke cs.jlc@jne.co.id

Lewat aplikasi ini kita bisa ngecek secara real time untuk cek tarif kiriman, atau ngecek posisi JNE Nearby (JNE terdekat di sekitar kita berada) pas kita lagi pergi bahkan selain itu kita bisa melakukan transaksi pembelian pulsa/data, token listrik sampai ngisi dompet digital dan pembayaran lainnya, lho. 

Gimana, asik, kan?


24 Comments

  1. Kalau dengan cerita suamiku yang kerjaannya ngurus marketplace di kantornya, banyak banget customer yang baru pesan tadi pagi, siangan sudah nanya "Kapan dikirim?". Jadi kecepatan pengiriman memang sepenting itu, Teh, bagi pembeli. Kalau paket cepat diterima, tingkat kepercayaan pembeli pun makin tinggi. Makanya bagus banget nih komitmennya JNE untuk pengiriman yang super cepat. Semoga jualannya lancar ya, Teh Efi. Biar makin banyak dapat poinnya di JLC.

    ReplyDelete
  2. Asik banget benefitnya, bagi pelaku bisnis online disarankan buat join JLC. Ah, paling seneng tuh kalo pengiriman barang yg kita pesen cepet datangnya kurang dari waktu yang diestimasiin yaa.
    JNE emang selalu inovasi ya, melalui aplikasi my JNE dengan fitur2nya yang menguntungkan

    ReplyDelete
  3. seneng banget bisa jadi bagian JLC karena bisa ngumpulin poin dan banyak sekali keuntungannya

    ReplyDelete
  4. Emang JNE mah udah terpercaya kalo urusan kirim kiriman paket yaaah.

    Pelanggan JNE juga wajib jadi member JLC dan install aplikasi My JNE yah karena banyak pisan keuntungannya, bisa memudahkan banget lah pokoknya mah

    ReplyDelete
  5. Duh syukur gercep gitu ya akhirnya ga sampai 7 hari nunggu, sampe deh barangnya. Seneng memang pakai JNE ini layanannya tepercaya, bikin saya enggan beralih ke ekspedisi lainnya. Tergiur juga saya sama benefit member JLC, hadiah gadget, perlengkapan rumah tangga, E-voucher, juga voucher ongkos kirim serta produk menarik lainnya sungguh menggoda

    ReplyDelete
  6. Banyak banget yah keuntungan jadi member JLC. Apalagi berkesempatan ikutan JLC lucky draw dengan banyak hadiah menarik. Emang deh JNE top banget inovasinya yang semakin bikin connecting happiness.

    ReplyDelete
  7. Proses pickup barang dari JNE lumayan cepat ya. Nah bagi pengusaha online ini penting banget. Gak seperti yang disebelah, proses pickup semau dia aja. Kadang sudah jam 9 malam baru kurirnya datang. Nah kalau barang di rumah sih gak masalah, tapi kalau di ruko yang dibatasi jam kerjanya? Kan ribet. Semoga deh kerja baik dari JNE ditiru oleh semua perusahaan kurir ya

    ReplyDelete
  8. Waah JNE semakin inovatif aja, sekarang hadir dengan fitur terbaru di aplikasi, bakal semakin memudahkan member untuk melakukan transaksi online ya teh. Makin banyak keuntungan makin setia deh para member.

    Semoga sukses dengan bisnis online-nya ya teh.

    ReplyDelete
  9. enak banget ya bisa dapat perlengkapan rumah tangga, e-voucher, sampai gadget. Banyak benefitnya JLC ini. Pelaku usaha memang mendungan gabung aja jadi member, biar makin lancar pengirimannya

    ReplyDelete
  10. Eh eh kok bisa rewardnya nonton piala dunia. Huaaah saya juga envy dan mau banget Mbak. Duuh beruntung yang jadi member JLC bisa mendapatkan reward yang luar biasa.

    ReplyDelete
  11. Semoga laris manis usahanya ya mak...
    Banyak juga ya mak manfaat menjadi member JLC.
    Memiliki usaha jaman sekarang dimudahkan ya asal mau belajar rajin posting dan menambah banyak teman melalui komunitas komunitas

    ReplyDelete
  12. Jd.member JLC banyak banget untungnya ya mbak. Terdepan deh JNE kalo urusan inovasi pantesan aja pelanggannya jd ga mau kelaih hati ya

    ReplyDelete
  13. Untung pakainya JNE ya. Gercep buat bantu yang salah alamat. Aku belum ada pengalaman kaya gitu. Paling kurirnya sih nelponin tanya alamat detail. Nguntungin juga kalau ikut member JLC

    ReplyDelete
  14. Aku pernah ngalami tuh, salah pilih alamat penerima, huhuee... untungnya bisa dikoreksi dan disuruh nulis yang bener. Memang kalo belanja online pengennya langsung dipacking dan kirim ya, Teh. Makanya aku juga pilih jasa pengiriman JNE agar lekas sampai dan aman juga barangnya setiba di rumahku

    ReplyDelete
  15. Pernah jd OS juga dan kepikiran lho kalau barang gak sampai2 ke pelanggan. Ya kepikiran kecewanya pelanggan, kepikiran reputasi toko online, kepikiran kerugian dll.
    Emang kudu pakai jasa kurir terpercaya dan bisa delivery tepat waktu dna yang penting bisa dipantau dgn mudah ya. Apalagi kalau dah jd member macam JLC lbh gamoang dapat keuntungan lainnya jg.

    ReplyDelete
  16. Wah wahh banyakkk banget benefit yg didapatkan klo pakai JLC ini ya.

    Saluuttt bgt ama JNE. INOVASI yg terus memberikan manfaat utk pelanggan ini mah.

    ReplyDelete
  17. Aku pernah heran begini, teh.. Beli paketnya lumayan jauh, di Surabaya apa ya..
    Tapi langsung sampai di hari yang sama.
    Ternyata aku paketin di alamat Ibuku ((di Surabaya juga))

    Heleeeh~

    Kerja dua kali banget sih, kirim dari Surabaya, sekalian minta masakin kuker sama Ibuk.
    heheh.. Dan andalan Ibu kirimnya pakai JNE.
    Selain selalu sesuai janji, JNE juga aman banget anterin paketnya. Kalo Ibukku suka kirim paket sekardus gedeeeii pasti kardusnya masih utuh cantik sampai rumah.

    Hehehe.. Sangat bersyukur dan terbantu sekali adanya ekspedisi terbaik JNE dengan apps My JNE-nya.

    ReplyDelete
  18. Buat yg jualan online memang harus memperhatikan banget dalam memilih jasa pengiriman ya supaya lebih dipercaya pelanggannya. Aku juga sebisa mungkin pilih JNE :) Asyiknya lagi bisa mantau juga dari aplikasi MyJNE

    ReplyDelete
  19. buat aku yang jualan lumayan ini mak efi bisa ngtrack macem-macem pengiriman kadang kalau kita kirim dikit kurir juga pada mau ambil loh. terharuuu juga. my jne udah punya tapi belum maksimal padahal enak pakai jne buat kirim2 barang ikan rengginangku

    ReplyDelete
  20. Asyik yaa ada aplikasi MyJNE gini. Gak perlu lagi repot ngecek ada counter JNE di mana yang terdekat dari tempat kita berada. Ditambah lagi sejumlah fiturnya yang emang memanjakan pelanggan. Mantap deh pokoknya, salut sama inovasinya.

    ReplyDelete
  21. Jadi JLC Member memang menguntungkan ya, karena selain bisa ikut Lucky Draw, ada keuntungan lain yg berkaitan dengan setiap transaksi yg kita lakukan. Sekarang setelah terintegrasi dengan My JNE, tentunya makin nyaman menjadi JLC Member.

    ReplyDelete
  22. Nah, begini nyenengin konsumen maupun pelaku UMKM ya, benefitnya menggiurkan jadi semakin semangat ngumpulin point dong

    ReplyDelete
  23. alhamdulillah ya Teh, CS-nya JNE responsif jadi paket yang salah alamat tadi bisa segera dikirim ke alamat yang tepat. Percaya deh karena aku pernah mampir ke ruang kerja CS-nya.

    ReplyDelete
  24. Untuk para pebisnis online mah, wajib banget ya jadi member JLC. Udah gratis, dobel-dobel benefitnya. Apalagi sekarang, bisa dikendalikan dengan hanya menggunakan hape di aplikasi yang ringan. Jadinya kudu pisan punya. Memantau distribusi produk lebih praktis.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.