Monday 29 June 2020

Acara Nikahan Pasca Pandemi Covid-19

Beberapa hari yang lalu Kang Emil, Gubernur Jawa Barat mengumumkan Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB di Jabar berakhir (kecuali untuk wilayah Bogor, Depok dan Bekasi).  Berlanjut dengan adaptasi kebiasaan baru alias AKB, sejujurnya saya tuh udah betah diem di rumah. 

Cepat atau lambat semua aktivitas akan kembali berjalan dan  yang namanya waspada mah tetep aja kudu ada. Ga terkecuali dengan acara nikahan teman blogger, Mega Rachma yang kemarin saya hadiri. Baik. Ini undangan acara nikahan pertama pasca pandemi buat saya.
 
nikahan pasca pandemi covid 19

Saya dikasih tau untuk datang jam 10 pagi, tapi karena harus setor muka untuk kelas zoom yang saya ikuti, saya dateng 30 menit lebih awal biar bisa diem dulu di lobi sambil ngikutin kelasnya. Ternyata pas nyampe di acara (di Hotel Tebu, jalan Riau 62 - Bandung) pihak hotel ga nyiapin tempat untuk berkerumun termasuk lobi yang bisa ditongkrongi.

Petugas yang jaga di depan mengonfirmasi kedatangan saya yang mau menghadiri acara nikahan. Sebelum masuk, saya disuruh cuci tangan pake hand sanitizer dan dicek suhu tubuh. 

"36,4" kata petugasnya nunjukin angka digital yang muncul di thermo gunnya. Sesudah itu saya ngisi daftar tamu dengan mencantumkan alamat dan suhu tubuh yang tadi dikasih tau. Kemudian saya diarahkan untuk naik ke lantai 1. Di sana udah banyak tamu yang nunggu di ruang transisi. Kursinya dikasih jarak seperti  posisi kursi lagi ujian waktu kuliah dulu. 

Sebelum masuk ruang transisi ini saya disuruh buat cuci tangan lagi pake hand sanitizer.  Masuk akal sih karena pas jalan ke sini kan tangan kita secara ga sadar pegang tepian tangga gitu ya. 

Jam di hp saya udah nunjukkin jam 9.30. Sambil nunggu Nchie yang baru sampai parkiran saya nyalain aplikasi zoom itu tadi dan nunggu giliran masuk. Keluarga dari mempelai yang ada di sana juga banyak yang nunggu giliran masuk. Noted. Kekerabatan ga berpengaruh sama akses masuk. Maksud saya tetep aja keluarga juga harus patuh aturan. Good!

Salah seorang keluarga (kayaknya among tamu atau panitianya) mempelai datang menghampiri dan  menginformasikan kalau nanti boleh naik ke lantai 9 (lokasi acara)  secara bergilir buat 6 orang.  

acara nikahaan pasca pandemi covid 19

Yaaa udah saya sama Nchie ngopi dulu (udah disiapkan deket pintu masuk ruang transisi ini)  sambil nunggu giliran masuk.  Lucu juga nih biasanya kalau datang ke acara nikahan kan suka ada hingar bingar prosesi adat, suara mc yang mandu acara dan celotehan riuh tamu yang datang. Ini suasana acara nikahan yang paling selow yang saya ikuti. 

Sekitar jam 11 siang kami dipersilakan masuk. Social distancing tetap berlaku di lift dan lagi-lagi pas masuk ke ruang antara selain jaga jarak kami dicek lagi suhu tubuh dan cuci tangan dengan hand sanitizer.
acara nikahaan pasca pandemi covid 19

Sebenernya saya tuh paling seneng kalau dateng ke acara nikahan disediain kursi yang banyak buat duduk. Bukan makan sambil berdiri. Sebagai seorang muslim saya diajari untuk makan dengan posisi duduk  dan penelitian medis juga mendukung soal ini.

nikahan pasca pandemi covid 19

Ga ada perasmanan atau buffet.  Hidangan yang akan diambil ga self service alias ngambil sendiri. pramusaji yang lengkap dengan masker,  face shield dan  sarung tangan dengan senang hati akan menyajikan di piring sesuai rikues tamu. Bahkan untuk sendok dan garpu yang bisanya tinggal ngambil pun sudah dibungkus dengan plastik. Super higienis dan safety.   

Saya ditanyai sama pramusajinya menu ini mau ga? yang itu gimana? Nasinya bisa rikues, jangan dibanyakin. Kalau minta nambah sih jangan ya. Malu hehehe


acara nikahaan pasca pandemi covid 19

Di bagian paling depan, lurusan pintu masuk tadi, ada panggung kecil yang menyajikan band buat menghibur tamu. Dengan polosnya saya celingukan nyari Mega.

"Meganya lagi ganti kostum" kata keluarga yang tadi saya temui di ruang transisi.   

"Oh..."

"Eh tapi pengen ketemu Mega dulu ah," kata Nchie. 

Dasar sayanya lagi labil ikutan berhenti dulu. Ga enak kalau mulut lagi penuh terus ada ngobrol sama mempelai.
nikahan pasca pandemi covid 19

Ternyata oh ternyata pengantinnya ditempatkan di ruangan lain. Kirain bakal kayak intimate wedding ala bule gitu. Pengantinnya berbaur sama tamu. Wkwkwk..... Duh kami lupa ini kan social distancing wedding. Ya udah kami lanjutin aja makannya. 

Nah abis makan ini baru deh MCnya ngasih tau tamu yang udah selesai makan boleh ketemu pengantin sambil nunjuk ke arah lorong yang ada di belakangnya. 

"Jangan lupa, kalau sudah bertemu dengan pengantin, bapak  ibu silakan meninggalkan acara"

"Duh diusir kita, Nchie" kata saya. Kami ngakak. Lorong yang kami susuri menuju pelaminan ternyata instagramable.   Naluri saya langsung on dan ngingetin Nchie buat foto di sini.
acara nikahaan pasca pandemi covid 19

Kalau aja panggung kecil band deketan sama pelaminan harusnya lagu Beautiful in White-nya Shane Fillan dinynyiin. Nih Mega manglingi banget dan cantik  dengan dress pengantin putihnya itu.  Tanpa cipika cipiki, cuma kasih salam namaste dan minta izin foto.

"Boleh ya kami lepas dulu masker, bentaaar aja" kata Nchie.

Panitianya ngizinan dan membantu buat fotoin kami.

"Satu, dua, tiga ...yak! Ganti pose 1, 2, 3! Pose bebas..."  Ga enak mau liat dulu hasil jepretan karena dari arah berlawanan orang lain juga udah nunggu giliran.  Kami pasrah aja dengan hasil jepretan, ga enak rikues macem-macem.  Saya yang ngambil posisi di sebelahnya Lugan beneran social distancngnya ya? Wkwkwk... Agak ga enak kalau berdiri sebelahan pengantin cowok. Gimana gitu :D
nikahan pasca pandemi covid 19

Setelah memenuhi hasrat futu-futu kami segera keluar dari lokasi acara, bergegas turun menuju lobi. Sepanjang acara yang saya hadiri, baik pihak penyelenggara maupun manajemen hotel sudah menerapkan protokol kesehatan dengan displin. 

Di tempat makan saya sempet lihat tamu yang datang membawa anaknya yang ga pake masker. Mungikin nih tamu merasa anaknya bakal sesak kalau dipakein terus maskernya. Seorang petugas datang menghampiri tamu dan ngasih tau agar anaknya tetep pake masker (kecuali lagi makan lho ya).

Saya pikir manajemen hotel lain pun bakal menerapkan protokol yang sama baik kalau ada acara atau untuk tamu yang may stacation.  No worry kalau lupa bawa hand sanitizer misalnya karena ini udah disiapkan. 

Untuk souvenirnya (dikasih waktu di ruang transisi itu)  adalah sepasang masker dan hand saniter jadi kenang-kenangan buat tamu. Ini souvenirnya gemesin dan valuable.  Memang ga ada hingar bingar gitu seperti yang kita  temui di acara walimahan atau resepsi. Ga ada acara photo booth, tenan makanan lain dan sebagainya. Tapi tetep aja ga mengurangi kekhidmatan selama acara.

Adaptasi kebiasaan baru yang mengesankan buat saya. Kalau temen-temen mau menggelar resepsi nikahan kayak gini no worry deh. Khawatir di rumah ga terkontrol dengan massa di mana kita suka ga enakan buat tegas, konsep  kayak gini bisa dicontek nih. Ga ribet harus beres-beres sesudahnya juga, kan?

Barakallah ya,  Mega. wish you all the best. Semoga jadi keluarga yang sakinah, mawaddah warrohmah. Moga ketemu lagi di acara lain yang susananya segera kembali normal huehehe tetep yaaa 
Share:

25 comments:

  1. Waaahhh, BarokALLAH untuk Mega Rachmaaa, semoga SAMAWA yaaa
    Ternyata gini rasanya wedding party pas musim covid
    Semua serba 'new normal' ya Teh :D

    ReplyDelete
  2. Hahhaaa, 123..123..123.. cepet banget, feeling ga enak. Huh, si Aa tukang poto ganteng ngegemesin, motret banyak hasilnya pada bantet dan ga banget. Mau minta ulang ga nyaman soalnya buru-buru.

    Seruuu..pokonya menjadi kenangan terindah menghadiri pernikahan di new normal. Mega oh Megaaaa, HWD ya Sista geulis, samama ya..

    ReplyDelete
  3. aku sih masih takut mbak pergi ke acara nikahan apalagi di hotel kayak gini. hikz. unsafe gitu. tp baca2 ginian jd tahu ya klo skrg udh ada acara nikah di hotel

    ReplyDelete
  4. Wah bagus banget ni konsep walimahan di masa pandemi seperti ini, bisa jaga jarak dan gak bergerombol. Selamat Mega, semoga sakinah mawaddah warohmah ya pernikahannya

    ReplyDelete
  5. Wah, Teh Mega, Barakallah ya Teh. Eh, malah ngucapin di sini, wkwkwkwk. Sampai hari ini saya masih belum kebayang bagaimana nantinya kalau dapat undangan resepsi. Tapi dengan begini jadi ada bayangan sedikit. Memang kayaknya jadi agak rempong dan pastinya gak boleh bawa bocil kan.

    ReplyDelete
  6. Setuju. Secara perlahan, berbagai sektor mulai bergerak lagi. Tentu gak bisa juga kita melarang karena memang dibilehkan. Asalkan tidak melanggar peraturan. Keselamatan tentu menjadi hal utama bila beraktivitas di saat seperti ini.

    Selamat untuk pengantin baru. Semoga sakinah mawaddah warahmah. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Dan ini kayaknya jd protokoler acara nikahan y selama si virus covid 19 ada. Cek suhu pake masker dan undangan dibatasi. Gaya hidup baru

    ReplyDelete
  8. Happy wedding Mega semoga jadi keluarga Sakinah, Mawaddah dan Warohmah. Ini bagus nih protokolnya, dan untuk alat makannya pun tertutup seperti itu ya.

    ReplyDelete
  9. Waaahhhh udah musim kondangan ya teh Efi, pengalaman nih ya kondangan di musim pandemi, nggak bakal terlupa... Btw selamat untuk mbak Mega, samawa.

    ReplyDelete
  10. Wah acaranya lebih safety nih Teh jaga jarak dan makanannya ngga prasmanan jadi sendok hidangan ngga dipegang semua orang ya..aku kemarin nikahan orang kompleks masih agak umpel-umpelan pas ambil makan..

    ReplyDelete
  11. waah jadi cerita tersendiri nih buat pengantin dan undangannya, kisah wedding party di tengah pandemi
    kelihatannya protokol kesehatannya berjalan bagus nih

    ReplyDelete
  12. Samara ya mba Mega, wah jadi bisa membayangkan hadir di resepsi saat pandemi nih. Kasian juga ya kalau kita diundang tapi ga dateng.

    ReplyDelete
  13. Kalo biasa makan sambil duduk emang agak canggung ya Mak kalo suruh berdiri

    ReplyDelete
  14. very exciting, during the pandemic i had never gone to a wedding. there were some invitations but I decided not to come. Happy Wedding, barakallah

    ReplyDelete
  15. Konsep baru yang keren nih, tetap menjaga jarak dan mengikuti protokol kesehatan

    ReplyDelete
  16. Waah...Barakallahu fiikum, Mega dan pasangan.
    Semoga sakinnah mawaddah dan warahmah.

    Senangnya tetap bisa melaksanakan hari bahagia dan mengundang tamu istimewa untuk ikut berbagi kebahagiaan.

    ReplyDelete
  17. Lhoo, prasmanannya malah diambilin, yaa. Kebalik sama hari2 biasa yang di mana tamu ngambil makan sendiri. Tapi btw, unik bangett acara nikahannya. Malah berkesaan ya, Teeh.

    ReplyDelete
  18. Pengantin masa Covid-19 ya seperti itu ya, harus menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
    Di yogya belum mulai undangan pernikahan.

    ReplyDelete
  19. Wah menarik juga ya acara nikahan di masa pandemi. Lebih ketat dan harus menjalani protokol kesehatan dengan ketat

    ReplyDelete
  20. Beberapa hari sebelum pandemi di sahkan secara nasional, saya menhadiri acara nikahan dan sudah menerapkan protokol kesehatan ini. Mulai tamu masuk hingga keluar, nyaris no touching each other antar tamu.

    ReplyDelete
  21. Rekan kerjaku yang baru sampe galau teh nanya mulu ke aku gimana ya nikah sekarang masa ga dirayain wkwk eh ternyata baruntahu nih teh Mega baru nikah jd tahu kayak gini caranya hehhe ntar kasih tau ah

    ReplyDelete
  22. Aku juga kemarin sempat hadir di pernikahan yang hanya sedikit orang dan pakai protokol kesehatan yang ketat

    ReplyDelete
  23. salam dari Malaysia. semoga kita semua terselamat dari wabak covid 19. follow disini ya :)

    ReplyDelete
  24. Penting yang aku harapnkan adalah pernikahannya semga langgeng dunia akhirat mengingat pernikhannya dintengah pandeki banyak banget perjuangannya

    ReplyDelete
  25. Aku kemarin juga hadir diacara nikahan sohibku mbak. Dan tetap pakai protokol kesehatan. Ga boleh banyak undangan dan jaga jarak. Kalau resepsi juga seadanya

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.