Saturday 30 May 2020

Destinasi Main Ke Jogja Setelah Pandemi Covid 19 Usai

Kalau saja ga ada wabah Covid 19, harusnya April kemarin itu saya dan beberapa teman  udah main dan bercerita pengalaman jalan-jalan ke Jogja. Pepatah manusia hanya berencana tapi Tuhan punya kehendak lain ternyata saya alami juga.  Sempat berharap kalau wabah ini akan usai setelah Ramadan berlalu.

Tapi ternyata masih jauh dari bayangan.  Walau beberapa daerah memang ada yang sudah dinyatakan hijau dan bisa melonggarkan pembatasan sosial berskala besar. Tapi nanti dulu ah. Saya belum sepenuhnya merasa aman untuk ketemu orang banyak. Seandainya wabah ini usai, maka jalan-jalan ke Jogja bakal masuk top list yang mau saya wujudkan. Destinasi wisata yang selalu dikangenin. kayak liriknya lagu KLa Project. Saya pernah beberapa kali ke sini tapi pengen balik lagi dan lagi.

Pas banget ya lriknya yang satu ini:
"Izinkanlah aku untuk slalu pulang lagi

Bila hati mulai sepi tanpa terobati"
Beberapa tempat udah pernah saya kunjungi kayak Malioboro, ikonnya Jogja yang legend itu, pernah singgah juga keraton, belanja tipis ke  Pasar Beringharjo , dan beberapa tempat lainnya. Tapi masih banyak tempat yang belum saya kunjungi. Jadi pas jalan ke Jogja ini saya mau jabanin lokasi yang belum saya datengi tapi juga ada yang mau saya tengok lagi. Semacam melepas kangen gitu (halah).

Candi Prambanan dan Borobudur

Ini  bakal jadi itenerary wajib buat saya. Ga boleh dilewatin. Bukan saja panoramanya yang cantik buat mengejar sunset sekalian  menyusuri candi lain di sekitarnya. Misalnya nih,  ada Candi Boko, Candi Plaosan dan Candi Ijo yang  konon posisinya paling tinggi (357-395 mdpl) yang punya panorama ga kalah memesonanya. 

sumber gambar: tripadvisor

Biar puas, saya juga pengen nyaksiin Sendratari Ramayana petang harinya di tempat ini. Saya sempet lihat vlognya Kevin Hendrawan yang cerita dengan excitingnya soal pertunjukan ini. Fix deh, saya mau nonton.  Selain seting panggung dengan lightingnya  apik, kostumnya yang keren juga performa  para penarinya yang all out alias totalitas. 


Pose mereka selama nari itu luar biasa effortnya. Kalau ga bersungguh-sungguh ya mana kuat bertahan dengan satu dalam adegan tertentu. Bisa pegel nan gempor buat yang ga terbiasa atau ga serius berlatih. 

sumber: bumn.go.id

Sebenarnya sebelum ke Prambanan, baiknya ke Candi Borbodur dulu karena di Candi Prambanan kan bakal ngabisin waktu sampai malam. Kalau ngomongin Candi Borobudur, saya jadi malu. Ikon 7 keajaiban dunia yang ada di tanah air ini belum saya kunjungi. Duh ke mana aja ya? :D

Momen terbaik dateng ke sini adalah pagi hari saat matahari beranjak dari peradua, pagi-pagi banget. Akses masuk buat nyaksiin sunrise  selepas subuh (jam operiasonal dimulai jam 6 pagi) secara langsung hanya bisa via hotel Manohara dan harus bayar 350 ribu.  Memang mahal,  setara tiket balik kereta api. *ya udah balik aja ga usah liat sunrise :P* 
Foto: tirto.id
Kalau sayang budget, bisa diakalin liat dari Punthuk Setumbu. Cuma bisa liat dari jarak agak jauh. Dari yang saya baca-baca sekitar 4 km. Kalau mau foto-foto di sekitar stupa ya turun deh samperin candinya. Sayang aja sih, udah hampir deket gitu kan. Kayak udah deket sama gebetan tapi ga nyapa saking gugupnya *sungguh analogi lebay*   


Bonusnya kalau mampir ke Punthuk Setumbu bisa nyaksiin panorama Gereja Ayam. Itu loh  yan jadi spot scenenya film AADC 2. Tau kan? Nah sebelum tengah hari baru deh lanjut ke Prambanan, maen sampai malam. Begitu sih yang kepikiran saya saya. 

Tebing Brexit

Maen ke sini karena ya karena lokasinya deketan sama Candi Prambanan. Tebing Breksi baru dibuka sekitar 5 tahun lalu atau tepatnya bulan Mei tahun 2015. Tadinya lokasi ini adalah bekas penambangan yang ditelantarkan. Lalu kemudian dikelola jadi kawasan wisata yang jadi potensi wisata yang unik. Lihat deh penampakannya. Kayak sisa-sisa puing purba gitu. Ya, ga?
sumber: garasijogja.id

Keraton Jogja

Sebenarnya saya pernah menjejakan kaki di sini, tahun 2013 tepatnya. Waktu itu main ke sini sekalian maen sama temen-temen ke acara Blogger Nusantara di penghujung tahun, tepatnya bulan November.  

Saya bareng tiga teman lainnya dateng ke keraton cuma kayak transit gitu aja karena diburu waktu harus segera sampai ke stasiun. Jangan sampai ditinggalin kereta karena si ular besi ini ga kenal toleransi. Telat? Ya bye!


Ada satu spot yang menarik perhatian saya waktu mampir ke sini. Sebuah galeri lukisan yang ga terlalu luas. Seorang penjaganya cerita kalau 'mereka' yang ada di situ seneng saya dateng (waktu itu saya masuk sama  Anggi).

Saya bengong dong. Kan, cuma ada kami bertiga di situ. Saya, Anggi dan bapak penjaga ini. Trus mereka itu siapa?

Kemudian bapak penjaganya ngusapin telapak tangan dan nyuruh saya bergeser dan lihat ke foto yang ditunjuknya. Guys, you know what? Foto yang terpasang di dindingnya kayak hidup. Ada sepasang suami istri (lupa siapa, pokoknya foto dari salah satu keluarga keraton di masa lampau) matanya melirik gitu pas saya geser.  

Serrrrr... merinding juga sih hahaha. 
Kayak ada yang mengawasi gitu. Tapi karena penjaganya bilang gapapa dan malah mereka itu senang  dikunjungi, ya udah saya selow.  Keluar dari ruangan ini saya ketemu temen saya lainnya Ima dan Erry yang terpencar ke tempat lain. Waktu saya cerita soal ini, Ery ngomelin saya.  "Ih, loe ngapain ke situ?"

Ya mana tau? Saya cuma ikut aja kaki melangkah.  Kan saya ga bikin ulah apa-apa. Ga sompral kata urang Sunda mah alias jaga tingkah laku. Sayang euy, foto saya di ruangan ini hilang di HP Blackberry jadul saya. 

Ke Keraton lagi mau ngapain? Ya ngubekin sudut-sudut lainnya lah. Karena ya waktu itu kan saya maen ke sini waktunya terbatas. Sesederhana itu.

Masjid Kauman

Lokasinya deketan dengan keraton (ya emang karena masih satu kawasan). Mampir ke sini buat solat sambil ngadem. Waktu acara Blogger  Nusantara tahun 2013 (abis dari keraton juga) saya sama temen-temen mampir ke sini buat solat, bentar aja karena waktu keberangkatan kereta di stasiun Lempuyangan udah makin mepet. Jangan sampai ditinggalin kereta.

Foto: Wahyu Novian dan SIMAS Kemenag Republic Indonesia

Suasana masjidnya unik dan beda banget dengan kebanyakan masjid yang ada di Bandung atau masjid lainnya yang pernah saya kunjungi. Selain tiangnya yang banyak (total ada 36) juga suasananya yang ga bisa saya lukiskan. Hmmm gimana ya? Rada magis gitu. Usia masjid ini juga sudah tua tapi masih tetap kokoh. Masjid Kauman dibangun pada tahun 1773 saat Sri Sultan Hamengku Buwono I memerintah.


Gimana dengan kulinerannya? Ada  juga dong!


Tempo Gelato

Terakhir kali ke Jogja saya pernah mampir ke Gelato ini. Tempatnya cozy dan asik buat ngadem.  Lumayan rame dan harus rada sabar nunggu. Tapi ga lama amat juga sih.  Jogja yang panas jadi terasa lumer deh kalau udah nyicipi  Tempo Gelato ini.

foto: pribadi

Sate Klatak

Gara-gara Rangga sama Cinta reunian jadi deh abis nonton AADC 2 saya mupeng penge nyobain sate klatak. Kesampaian walau  venuenya beda.  Kalau Rangga sama Cinta ke Sate Klataknya Pak Bari, waktu maen ke Yoga bareng Dydie, Uwien dan Ika saya mampirnya ke Sate Klatak Pak Pong. 

foto pribadi
Lumayan rame juga dan banyak yang ngantri. Tapi tetep kok masih worth it buat ditunggu. Ga sampe salatri alias keburu ilang laparnya karena lama nunggu. Entah bakal mampir lagi ke Warung Sate Klataknya Pak Pong, ke Pak Bari atau yang lainnya. Sesempatnya aja. Yang pasti Sate Klatak ini termasuk yang saya kangenin buat dicicipin.

foto pribadi

Warung Kopi Klotok

Pengen ke sini karena saya 'teracuni' sama video pasangan youtuber yang bahas tempat ini.  Kalau lagi jalan-jalan paling enak emang nyamperin kuliner lokalnya. Murah iya. Tapi yang paling penting kapan lagi bisa menikmatinya? 

Balik ke Bandung kan ga ada franchisenya. Yang paling bikin ngiler itu goreng pisangnya lho. Walau lidah saya cenderung menyukai rasa makanan yang salty atau gurih tapi buat goreng pisang yang manis saya selalu ga bisa nolak.

sumber foto: Pontas.id
Makin kepincut buat datang ke sini ya pas diceritain suasananya yang sejuk di tepi sawah walau antriannya kayak permainan ular naga yang panjaaang sekali.  Ini pasti enak. Konon setiap orang dibatasi porsi pemesanan pisang gorengnya. Saking banyak yang minat, biar semuanya kebagian. Kalau abis harus nunggu rada lama lagi. 
Foto by Hipwee

Kulineran di Malioboro

Waktu jalan ke Jogja sama Dydie, Uwien dan Ika Malioboro ini ga kami lewatkan.  Bukan buat foto-foto tapi hunting pecelnya di sini. Dipikir-pikir nyesel juga. Kenapa sih ga sekalian foto-foto di sepanjang jalan Maliboronya, ya?  Suasananya difoto. Sayanya enggak nih hahaha...


foto pribadi

Makan pecel di Malioboro ini murah meriah. Ga sampe 15 ribu udah kenyang. Saya harus selektif milih menu biar ga lapar mata. Abis semuanya tampak enak. Padahal saya harus membagi kapasitas di perut dengan makanan lainnya hihi. Jadi bijak-bijak ya nyicip makanannya,
foto pribadi
Duh banyak banget sih maunya saya, ya?  Pasti harus siapin budget yang cukup. Jangan sampai menguras tabungan dan bikin saya tekor.  Untuk perjalanan, saya dan teman-teman udah memutuskan pake kereta api ekonomi aja.  Meski kelas ekonomi udah nyaman.   

Yang harus dipikirkan selain transportasi (dari dan ke Jogja juga selama di sana) adalah penginapannya.

Buat saya, hotel di Jogja untuk nginep ga usah yang mahal-mahal. Toh cuma numpang tidur dan kayak nitip barang gitu kan. Bukan mau staycation. Cukup yang nyaman buat istirahat malam saat tidur. Soal harga mesti yang bersahabat. 


Untungnya saya nemu solusinya lewat aplikasi Red Doorz lho.   Pas saya cek pilihan hotel yang dekat dengan tujuan wisata nemu rekomendasi hotel murah di Jogja dengan  harga yang bersahabat. Saya bisa milih penginapan dengan kapasitas yang sesuai.  Bahkan kita bisa dapat penawaran kamar penginapan mulai dari rate  99 ribu rupiah saja per malam!


Teman-teman juga bisa lho menentukan sendiri penginapan yang sesui dengan kebutuhan.  Sendirian atau mau urunan dengan teman-teman dan opsi layanan lainnya.  

Walau harga yang ditawarkan relatif murah, garansi yang diberikan tetap mengutamakan kenyamanan kita selama menginap. Layanan Wi-Fi, hiburan tv satelit , ketersediaan air mineral di penginapan juga fasilitas lainnya seperti sprei, kamar mandi yang bersih dan perlengkapan mandi berupa  sikat siat gigi, pasta gigi, sisir, shampo, sabun dan tas mandi. Lumayan meringankan ruang di tas atau ransel yang kita bawa atau kelupaan karena ketinggalan ga usah worry lah ya.

Kalau teman-teman mau jalan ke mana sih setelah wabah ini usai?

Share:

Thursday 21 May 2020

Review dan Give Away Sneaker Runner

Sepatu itu kayak lipstik.  Ga cukup kalau cuma punya satu aja. Betul, ga? Meski akhirnya yang paling sering dipakai ya itu-itu lagi. Tapi tetep aja butuh cadangan.  Alasannya udah kayak pulau. Ada seribu (hahaha lebai).  Coba kita list

* Mix and match sama warna baju
* Menyesuaikan dengan occasional alias situasi dan kondisi
* Sebagai pemain cadangan. Jaga-jaga kalau kotor atau basah karena hujan
* Suka tergoda sama model baru
* bla bla bla...

Silakan lanjutkan sendiri ya.

Di antara sekian banyak jenis sepatu, ya sneaker ga boleh lewat. Asiknya sneaker ini bukan timeless aja alias ga lekang oleh waktu *tsah.... puitis sekali* tapi juga unisex. Bisa dipakai laki-laki atau perempuan. Ga diskriminasi umur. Yang tua sama yang muda tetep cocok memakainya.

Dulu waktu saya masih SMP-SMA sepatu model sneaker ini adalah referensi wajib buat dipakai di sekolah. Waktu itu ga boleh warna lain, kudu item. Ketauan aja sama guru piket yang mangkal jaga di pos pintu masuk langsung diomelin. Disuruh squad jump dan suruh ganti baru sama yang item. Huhuhu beda warna bikin boncos dompet. Warna lain jadi nganggur cuma bisa dipake ngemall atau jalan-jalan (kalau lagi punya duit itu juga hahaha).

Saat ini buat sepatu sneaker biasanya saya main aman. Selalu pilih yang putih. Yang item saya skip. Kenapa? Karena saya takut ketuker sama anak-anak sekolah *hahahaha nih anak-anak SMP sama SMA langsung pada protes ga terima sama saya yang ngaku sok imut*
sneaker runner bandung

Sampai kemudian saya kenalan sama sepatu sneaker bermerk Runner. Duh hasrat saya buat mengadopsi sepatu begitu membuncah. Lihat model dan warna-warnanya aja bikin saya pengen borong semua. Tapi saya kan bukan sejenis mahluk berkaki seribu hihihi. 

sneaker runner bandung

Akhirnya saya putuskan buat mengadopsi warna abu-abu dan biru. Alasannya simpel aja. Pilih yang warna abu ya karena belum punya warna ini. Lalu yang biru ini dipikir-pikir matching ke mana aja. Apalagi saya tuh paling sering pake blue jeans.  Klop. 

Sementara itu saya sebenernya masih terbayang-bayang sama Si Kuning Runner. Biar temen saya gampang nyariin saya kalau terbenam di kerumunan masa. Kesannya kayak gonjreng tapi cute. Ga norak.  Jadi pengen ngadopsi lagi. Saking lucunya.
sneaker runner bandung
Sebagian contoh sepatu sneaker Runner

By the way merk Runner selucu ini ternyata kayak MTV Ampuh aja. 100% lokal, lho. Dari Bandung. Dan meski buatan dalam negeri, soal mutu berani diadu sama merk luar.  Selain warna dan desainnya yang menarik, Runner ini nyaman dan enak dipakai. Pilihan nomernya juga banyak. 34-44.  

Yang punya masalah telapak kakinya gede dan harus thawaf keliling mall atau udekin olshop buat dapetin ukuran sepatu yang pas, kali ini ga usah ke mana-mana. Cuuus aja maen ke IGnya https://www.instagram.com/tokosepatujaya.id/. 
Cek ukuran dan warna yang tersedia di  @katalogjaya.id atau https://www.jayamall.id/home. Pilih tuh  model-modelnya yang paling disukai. Jangan salahin saya jadi galau buat menentukan pilihan  lho, ya.

Biasanya untuk ukuran sepatu saya selalu pake nomor 37.  Trus, waktu mau check out beresin orderan saya dikasih tau sama Miminnya untuk downsize satu nomer.  Karena yang udah-udah,  pemakaian sepatunya jadi lebih nyaman kalau turun satu nomer itu.

Karena masih penasaran, saya pesen tuh 2 nomer. Buat yang warnanya abu saya rikues nomer 36. Dan yang biru nomernya 37. 


sneaker runner bandung

Waktu sepatunya dateng, saya segera nyobain. Ternyata emang nomer 36 ini lebih presisi dengan kaki saya. Pas, malah ini udah pake kaos kaki, lho. Ga berasa sesak. Lentur dan empuk, bikin nyaman aja buat melangkah. Ga ada sensasi jari kelingking kaki kayak kejepit atau jempol kaki yang protes ga bisa maju. Tumit kaki saya juga baik-baik aja. Ga lecet.  


sneaker runner bandung



sneaker runner bandung




Sementara itu buat nomor 37 emang jadinya agak longgar, tapi ga kebangetan longgarnya. Karena ini modelnya sepatu tali, masih bisa lah dipake buat jalan-jalan. Lain ceritanya kalau dipake buat lari. Mungkin bisa terbang dan mendarat di kepala orang lain yang ada di depan kita hahaha...  Ini cuma khayalan saya yang suka hiperbolis.

sneaker runner bandung

Ini foto-fotonya di lapang belakang rumah, lho. Abis ujan dan lagi sepi. Saya ga ngelayap ke mana-mana, kok. Berhubung lagi PSBB gini. Ya ditahan dulu hasrat jalan-jalannya. Walau kangen beraktivitas di luar dan ketemu temen-temen atau kerjaan yang harus ketemu orang banyak. Kalau situasi udah aman, saya pastiin sneaker Runner ini bakal sering saya pake. Makanya saya bilang tadi. Butuh pemain cadangan untuk alasan-alasan tertentu.


Nah, kali ini selain ngereview sepatunya, saya juga mau bagi-bagi nih 6 pasang sepatu Runner buat temen-temen.  Iya GIVE AWAY. Berikut ongkirnya ditanggung. Temen-temen tinggal terima, siap pake.

sneaker runner bandung


Tapi ada syaratnya lho. Seperti ini.

Jawab dulu pertanyaan berikut ya:

1. Punya cerita berkesan dengan sepatu sneaker?
2. Kenapa harus terpilih buat mendapatkan sepatu ini?

Jawaban bebas dan bikin semenarik mungkin biar terpilih. Buat temen-temen blogger silakan isi keterangan profile di komentar dengan memilih opsi Google atau Name/URL.  Gimana kalau ga punya blog? Isi  profilenya pake google. JANGAN PAKE ANONYMOUS, ya. Ini auto gugur, ga akan masuk nominasi yang terpilih mendapatkan hadiah. Silakan follow akun IGnya @tokosepatujaya.id daaaan... JANGAN LUPA, Cantumkan juga akun media sosial instagramnya di komentar.  

Gampang, kan?

Give away ini akan berlangsung sampai tanggal 28 Mei 2020. Selain di blog, give away ini saya gelar juga di akun ig saya @efi_thea. Tapi tenang jumlah hadiah sepatu ga dibagi 2. Jadi buat di akun ig saya bagiin 6 pasang sepatu dan 6 pasang lagi di blog ini. Totalnya ada 12 sepatu yang bakal saya bagikan. For Free! Para pemenang yang terpilih bakal saya infokan di akun ig saya https://www.instagram.com/efi_thea/

Kalau sudah ikutan menjawab di akun ig, boleh banget ikutan menjawab di  blogpost saya ini atau sebaliknya.

Cuuus cerita di kolom komentar, ya.  Semoga beruntung


Share:

Wednesday 20 May 2020

Ga Mau Lagi Sakit Gigi

Masih inget lirik lagu ini?


Dari pada sakit hati

Lebih baik sakit gigi ini biar tak mengapa...

Untung ya, ini cuma kiasan.  Pada kenyatannya sakit gigi itu sungguh ga enak.  Terakhir kali saya ngalamin sakit gigi itu sekitar tahun 2006 akhir. Duh ampun deh, beneran ga nahan. Senut-senut yang intens tiap hari bikin saya ga bisa fokus mikir dan kerja. Ga enak makan. Tidur juga ga nyaman. 


review  pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Sejak saat itu saya kapok sakit gigi. Trauma tepatnya.  Anjuran untuk rutin kontrol ke dokter gigi enam bulan jadi lebih saya perhatikan. Kalau ga perlu tindakan apa-apa ya alhamdulillah. Slot budget yang saya siapin buat biaya berobat kan bisa dialihin buat yang lain. Hehehe 

Beberapa waktu lalu saya mengunjungi dokter gigi buat kontrol rutin. Dokternya bilang gusi saya mengalami peradangan. Sehari sebelum pergi itu waktu lagi gosok gigi, saya merasa aneh. Kok berdarah ya?


Padahal ga lagi sariawan. Gosok giginya juga biasa aja. ga ada drama kejedug sikat gigi misalnya atau benturan lainnya yang menimbulkan perdarahan.  

Duuuh ngeri dan parno sebenernya mau ke luar.   Tapi saya ga mau miara parno lama-lama. Kucing aja yang dipiara. Mereka lucu. Kalau sakit gigi kan nyiksa! Buru-buru lah saya chat  ke bagian pendaftaran klinik gigi buat booking.  Kebetulan juga waktu itu udah jadwalnya buat cek ke dokter gigi.

Selesai memeriksa, dokter giginya bilang kalau  gusi saya mengalami radang.  Saya pun diingetin lagi buat benerin gosok gigi dengan arah yang bener. Untuk rahang  bawah, gosok giginya  arahnya ke atas. Dan sebaliknya kalau untuk gusi atas arahnya ke bawah.  Hoooo kenapa saya bisa ngaco gitu ya gosok giginya? Sebelum-belumnya ga deh.

Selain ngingetin lagi buat gosok gigi dengan cara yang bener, dokter menganjurkan saya pake sikat gigi yang kepalanya kecil. Untuk sikat gigi dewasa emang agak susah nemu yang ukuran kepalanya kecil. Makanya saya  suka nyari sikat gigi di rak perawatan gigi anak. Hahaha....  Beneran enak lho, lebih nyaman. Lebih menjangkau bagian belakang gigi dan rasanya lebih bersih. 
review  pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Gosok gigi secara teratur itu udah ritual wajib setiap pagi dan malam sebelum tidur.  Gosok gigi pagi-pagi lebih mudah terkontrol.  Biasanya abis sarapan atau langsung abis mandi kalau ga keburu sarapan. Nah yang jadwal malam ini suka ada yang kecolongan. Tiba-tiba aja ketiduran. Padahal sebelumnya abis ngemil. Saya pernah tuh ketiduran dan bangun tengah malam, eh belum gosok gigi. 
review  pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Makanya, kalau udah jam 9 malem buru-buru jalanin ritual malam berupa cuci muka dan gosok gigi. Biar lebih tenang.  Kalau udah gigi bisa tidur  nyenyak kalau udah beres gosok gigi. Biasanya malam hari jadi waktu enak buat snacking. Niat diet juga suka reschedule alias tunda aja besok hahaha... 


review  pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Saya sendiri paling enak buat baca-baca buku atau buka sosmed malam hari sambil ngemil. Apalagi di suasana bulan Ramadan seperti sekarang ini. Siang hari kan ga mungkin beraktivitas sambil ngemil. Kalaupun lagi dapat menstruasi suka ga enak aja sama orang rumah  yang lagi puasa.   

Kebayang ga kalau lupa gosok gigi terus bablas sampai subuh? Itu tumpukan sisa makanan pada nyelip di gigi sampai besok pagi. Hiy serem deh.


Dari hasil penelitian sebagian besar sakit gigi dikarenakan gigi berlubang. 88% dialami oleh orang dewasa dan 92% oleh anak-anak. Selain telat atau malas gosok gigi, sakit gigi juga bisa disebabkan karena konsumsi makanan yang manis atau asam, penggunaan obat tertentu yang kandungan gulanya tinggi atau ini nih. Ga pake pasta gigi yang mengandung fluoride. Jangan sampai nunggu giginya berlubang, senut-senut baru ke dokter gigi. 

Kalau buat gosok gigi saya seneng nih sama pasta gigi Sasha. Tau ga? Sasha ini unik, lho.  Terbuat dari siwak yang mengandung resin dan fluoride alami, klorida dan kalsium.  
review  pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Manfaat siwak diantaranya untuk menjaga  kekuatan akar gigi, mencegah karies dan gigi berlubang dan menguatkan enamel alias permukaan gigi secara menyeluruh.  Saya tuh suka deh sama sensasi segar yang dirasakan setiap menggosok gigi dengan Sasha ini.


review  pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

Dulu waktu kecil saya pernah dikasih siwak yang beneran siwak itu. Belum diapa-apain jadi pasta gigi.  Saya kesulitan buat pakenya. Ini gimana ya biar bisa menjangkau ujung gigi? Duh kok susah, ya? Hihi... Untungnya perkembangan zaman modern udah mengemas siwak jadi lebih mudah digunakan. 


Selain 4 bahan aktif tadi, Sasha juga tidak menggunakan  bahan yang bersumber dari hewan, tidak mengandung alkohol dan ini nih yang bikin yakin dan tenang. Sudah mengantongi sertifikat halal, lho.

Jadi bikin tenang dan bisa fokus beribadah dengan menjaga kesehatan. Masih inget quote ini, kan? 
Kebersihan sebagian dari Iman


Kebersihan gigi udah pasti termasuk di dalamnya. Dengan menggunakan Sasha sebagai pasta gigi membantu mencegah  masalah gigi berlubang dan bisa digunakan oleh setiap anggota keluarga muslim.   

Apalagi di saat pembatasan sosial berskala besar seperti sekarang, kunjungan ke dokter gigi jadi ga seleluasa dulu.  Parno keluar karena takut terpapar virus Covid membuat kita harus ekstra memperhatikan kesehatan. Termasuk menjaga kesehatan gigi pastinya.  Tetap beraktivitas di rumah tidak terganggu karena giginya ya sehat-sehat aja.


review  pasta gigi sasha pencegah gigi berlubang

So, jangan mau sakit gigi. Yuk beralih menggunakan Sasha. Soal harga Pasta Gigi Berlubang Sasha ini sangat terjangkau. Cuma Rp. 4.500,- buat tube kecil (ukuran 65 gram) dan Rp. 10.500,00 untuk harga pasta gigi tube ukuran besar (150 gr). 

Yuk, jaga kesehatan giginya biar ga sakit.
Share:

Sunday 3 May 2020

Sehat dengan Infused Water Kurma

Beberapa waktu yang lalu, sepupu saya ngasih link video dari Dewi Hughes di grup WA keluarga. Saya klik linknya dan amaze banget lihat penampilan Dewi Hughes. Presenter tv yang  imejnya ramah dan ga pelit ketawa ini makin memesona aja. Iya kita tau beliau berhasil menurunkan berat badannya dan menunjukkan hasil signifikan.  

Di usianya yang hampir 50 tahun (49 tahun) ini Dewi bukan cuma langsing saja, tapi tetep segar bugar dan awet muda.  Yakin deh ini mah goalnya kita semua untuk tetap sehat, langsing dan seger kayak Dewi gini. Hayooo mana yang suaranya ga setuju?

Trus mungkin aja sih ada yang bilang gini:

"Dewi kan duitnya banyak, ga masalah mau jalanin program hidup sehat gitu."

Well, iya itu sih tergantung mindset. Ga harus beli suplemen kesehatan yang mehong atau nyewa trainer fitness pribadi misalnya.  Kayak di video kemarin yang saya lihat itu,  Dewi cerita ketemu kenalannya seorang profesor yang usianya udah 80 tahun tapi tetap sehat dan bugar.  Ini makin amazing aja.  Dan temennya Dewi ini ceritain rahasianya: 

Minum infused water kurma


Ngomong-ngomong soal kurma, bukan cuma pas lagi puasa gini aja Mama saya selalu sedia kurma di rumah. Sejak suka ngikutin channel youtubenya Zaidul Akbar, Mama totally mengubah gaya hidupnya. Yang dulu suk nyetok cemilan sekarang udah minim (bikin saya sedih deh :D), malah jarang banget.

Ga makan lagi gorengan, masak ga pake micin, ngurangin konsumsi gula putih, suka bikin lemon peras campur madu, ngejus kurma, ngeblender kunyit, beli minyak zaitun dan vco dan life style sehat lainnya. Huaaa kalah saya.

Karena stok kurma di rumah bakal selalu suport, saya mau deh rajin bikin jus kurma.Cara dan modalnya gampang, kok. Cuma kurma dan air panas aja.  Untuk kurmanya disarankan dalam jumlah ganjil. 3,5, 7 dan seterusnya. Tapi ya udahlah ngambil kurmanya yang 3 aja udah cukup kok.  


Kurmanya dipotong dulu, sisihkan bijinya. Terus masukan ke dalam air hangat tadi. Tunggu beberapa saat. Jadi deh kurmanya bisa dinikmati.  Lucu juga pas awal-awal kurmanya diseduh air, ada gelembung-gelembung kecil yang naik ke permukaan. Sayang, kamera saya ga sempet menangkap momennya.  


Makin bagus kualitas kurmanyanya makin enak karamel yang dihasilkan. Manisnya alami, ga usah dikasih gula lagi, lho. Kalau di rumah yang  ada cuma kurma kiloan ya gapapa juga. Bedanya dari rasa aja. Ada harga ada rasa. Kalau mau pake kurma yang high quality kayak Kurma Ajwa, boleh deh colekin saya. Nanti saya sediain. Beli lho, bukan minta.

Terus saya obrolin ini sama Mama. Eh saya kalah cepet. Mama malah udah duluan suka bebikinan kayak gini. Tuh kaaan, lagi-lagi saya kalah update sama Mama. 

"Tau, ga? Gara-gara minum infused water kurma, karang gigi yang nempel di gigi mama pada lepas"

Waktu itu saya lagi kurang fokus. Pas mama bilang karnag gigi, "karang"nya ga kedengeran. Hah? Kok ngeri sih bikin gigi lepas.

"Bukan! Karang gigi"

Buahaha... Mungkin saya lagi butuh kilikan kuping biar ga salah paham. Nah itu testimoni dari mama saya yang ngerasain benefit dari infused water kurma ini.

Kalau airnya habis dan kurmanya masih nyisa, bisa diseduh lagi sama air. Kalau mau dibiarin jangan lewat dari 6 jam karena nanti kurmanya akan berfermentasi dan berubah jadi arak. Jangan diminum ya, nanti malah jadi mabuk. Mabuk kepayang gapapa, mabuk kurma jangan. Oiya kurmanya ga usah dibuang. Sayang. Saya mah tetep dimakan aja. Sekalinya  nyeduh itu minum airnya sampai habis terus kurmanya juga dikunyah.

Yang udah langsing ga usat takut dengan rajin konsumsi kurma bakal bikin berat badannya makin menyusut. Benefit lainnya dari minum kurma antara lain bikin stamina prima, ga gampang sakit dan ini nih.... awet muda. Jadi, ayo minum infused water kurma.


Share:

Friday 1 May 2020

Belanja Ke Supermatket di Masa PSBB

Pagi tadi Mama nyuruh saya ke ATM buat ngambilin uang pensiunannya sambil sekalian belanja keperluan rutin di supermarket dekat rumah.  Sebenernya saya males buat keluar. Apalagi pas tanggal baru gini.  Walaupun lagi masanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), udah kebayang bakal rame di supermarket. Tapi ya situasinya emang urgent.  Makanya biar ga boros air (halah) saya cuma gosok gigi sama cuci muka aja. Mandinya nanti abis balik dari luar. Ga usah mandi dua kali hahaha

Bener aja, pas dateng ke B***a pengunjungnya udah rame, banget. Satpam yang jaga di depan pintu masuk udah siap dengan tools tempurnya: termo gun. Tadi itu saya jalan sama adik (ga kena cegat polisi dan kalau iya juga ga masalah, karena alamatnya samaan) aman aja, boleh masuk. Saya sama adik berpisah, fokus dengan list belanjaan masing-masing. "Tar janjian di depan aja, aku ga ada kuota" kata adik.
ilustrasinya dari https://www.which.co.uk/

Di beberapa lorong terutama yang sifatnya kebutuhan harian seperti bumbu, makanan dan toiletris lumayan crowded. Jangan harap bisa dapet space yang jaraknya sesuai rules. Fiuh sudahlah. Bismillah. Selain pake masker saya juga pake kacamata buat melindungi mata.  Di sebuah lorong saya sempet lihat seorang ibu muda bareng anaknya yang masih batita.  Selewatan saya denger ibu muda ini nawarin anaknya buat menyingkap sedikit maskernya. "Eungap (sesak) ga?" 

Hadeuh daripada saya bertanduk, buru-buru deh jalan ke lorong lain. Di lorong berikutnya ada seorang ibu yang sambil jalan nyari sesuatu, santai jalan sambil netein anaknya.  Gemes dan geli. Yang dewasa pada pake masker, anak-anak malah dilonggarin.

Karena kebetulan supermarket ini lumayan besar, sekalian aja saya jalan ke lorong peralatan rumah tangga. Lumayan sih, di sini kerumunan massanya ga sepadat di bagian lain. Saya nemu mangkuk kecil cap ayam kayak tukang bakso itu, sumpit  yang lucu, cobekan kayu (minus ulekan ga tau kenapa)  buat nambah properti foto dan hanggar yang tinggal ditempel pake double tape gitu. Pas kebetulan butuh ini, sementara saya males getok-getokin paku pake palu. Repot, dan rentan cedera kalau salah mukul wkwkwk.....

Keluar dari lorong yang lokasinya di ujung saya ngelewatin rak minuman di lemari pendingin terus disapa SPGnya. "Ayo Bunda, ada promo yogurtnya. Buy one get one"

Rada kesel sebenernya saya disapa Bunda meski usia emang udah lebih dari cukup disapa gitu. Tapi sinyal naluri perempuan saya  yang suka denial sama usia lagi kenceng-kencengnya. Mungkin faktor siklus bulanan,  hahaha. Untungnya bisa saya rem. Kebetulan, saya pecinta yogurt juga sih.  Ya udah, sekalian sambil jalan keluar nambah stok cemilan juga, kan. Saya ambil satu aja (tentunya berikut bonus juga dong).  Abaikan deh sapaan bundanya. Mungkin semuanya dia sapa gitu *ngibur diri*

Di bagian makanan saya ketemu lagi SPG. Dari O**o. Kalau SPG  yang ini teknik marketingnya lebih ngena. Siapa coba yang ga seneng disapa Kakak? Rasanya jadi ga butuh krim antiaging. 

"Kak, ada promo  nih. Buy 2 get one"

Bagaikan adegan di film kartun, saya yang lagi jalan ngerem terus jalan mundur *lebay*

"Boleh campur, ga?"

Iya varian biskuit yang suka dijilat terus dicelupin ke susu, dijadiin toping puding dan hidangan lainnya (ini pasti udah pada tau sih, terus kenapa saya sok-sokan dibintangin gitu merknya :D) semuanya saya suka.

"Ga bisa, Kaka," sahutnya. Masih ramah juga.

"Yaudah ada apa aja?"

Terus saya ditawarin yang double stuff, yang selainya dobel itu. Pluk. Masuk keranjang.

"Makasih ya, Kakak.  Nanti mesin di kasirnya udah otomatis kok ngitung bayarnya cuma dua," imbuhnya.

Saya angguk aja. Kesannya sepele, tapi SPG kayak gini lho yang bikin seneng. Selain manggil "kakak" ya informasinya itu juga. Ga usah tanya udah inisiatif kasih tau duluan.

Sebelum menuju kasir, saya inget ada beberapa toiletris saya yang harus dibeli. Meski malesin lihat banyak orang di lorong kebutuhan yang satu ini saya jabanin aja dan buru-buru menyingkir. Sampai ke kasir, antriannya lumayan panjang.  
ilustrasinya dari https://laist.com/

Jam operasional supermarket jauh lebih lama  tapi tetep aja siang tadi itu yang belanja rame aja. Ya mungkin kalau udah lewat salat Ashar banyak yang lebih fokus  masak buat persiapan buka puasa.

Waktu lagi ngantri, staf yang kebetulan posisinya lagi deket saya nawarin saya buat bayar di kasir fashion yang lokasinya di sebelah supermarket (cuma terhalang dinding kaca). "Biar ga ngantri," katanya sambil mempersilakan 5 orang pengantri (termasuk saya) buat geser ke lokasi kasir yang dimaksud.

Waktu ngantri tadi, ada pasangan suami istri yang ngantri.  Istrinya yang bawa jinjingan, paksunya ga bawa apa-apa. Pas masuk ke sebelah, saya balapan jalan sama sese-bapak itu dan kalah cepet. Sebel saya dibuatnya. Begitu sampai di antrian, yang antri itu adalah istrinya. Dia kelur terus bilang "aku nunggu di luar aja".  Duh nih orang nagajk gelut alias berantem wkwkwkk.... Untung saya lagi jinak. Silakan deh. 

Di bagian fashion ini pengunjungnya ga sebanyak yang belanja di supermarket. Kalau ada yang mau belanja juga ditanya dulu mau beli apa. Mungkin antisipasi manajemen toko, ya. Karena walaupun pake masker misalnya, kan ga tau juga tangan pengunjung yang belanja beneran bersih atau enggak. Colek ini, pegang itu, coba yang sana, timang-timang di sini eh belanjanya mah kagak :D.  Hayooo ada yang suka gini, ga?
ilustrasinya dari  https://inreallife.my/
Saat ngitung belanjaan saya, kasirnya sempet salah nginput. Saya perhatiin dia langsung koreksi. Yang bikin saya apresiasi teteh kasirnya ini dia  ngasih tau mana yang dikoreksi, terus kalau ada yang lagi promo diskon yang mana aja.  "Yang ini tadi saya salah input, tapi udah dikoreksi di sini. Terus kan ada diskon, nah ini juga udah dibenerin. "

Saya angguk-angguk. Sebenernya ga akan nanya, tapi sekali lagi saya apresiasi banget, lho.  Oya setiap bagian kasir di sini dikasih tirai buat membatasi pembeli dan kasir. Padahal kasirnya udah pake shield pelindung wajah itu, lho. Mereka juga tetep pake masker.   Begitu juga dengan keresek belanjaan. Walau uah dipisah mereka mengemasnya dengan apik. Pake distaplesin segala.  Jadi keliatan rapi. Sukaaa deh.

Saran dari saya nih. Kalau emang harus belanja ke supermarket, siapkan juga uang tunai secukupnya. Jangan terlalu tawakal sama debit card. Soalnya gini, tadi waktu nyodorin debit card BCA ternyata EDCnya lagi ganggunan. Kebayang ga kalau udah cape-cape belanja ini itu ga jadi bayar karena ga bawa uang tunai dan debit cardnya ga bisa dipake? Ya emang ada ATM di area parkiran, tapi pengalaman saya perputaran uang di ATM ini lagi tinggi-tingginya. Cepet abis. 

Lagi masa PSBB gini emang kita harus membatasi mobilitas. Seperlunya aja kalau keluar, tapi beberapa sektor harus tetep menjalankan operasionalnya agar kebutuhan masyarakat umum terpenuhi.

Hari ini saya belajar tiga hal. Pertama, menyenangkan orang lewat sikap yang ramah dan profesional. Yang kedua, kalau orang lain ga bisa jaga jarak, kita aja yang fleksibel mengatur jarak. Ketiga, keep woles. Jangan gampang bete kalau lihat situasi yang bikin kesel.   Sampai ke rumah saya segera mandi dan ganti pakaian dengan  baju lain yang bersih. 

Perasaan (((perasaan))) belanjanya bentar aja, taunya sampai rumah udah mau dzuhur. Ini rekor mandi saya yang telat selama masa pandemi gini. Biasanya sebelum jam 9 pagi udah beres mandi hihihi. Eh tanya, dong. Selama ini kalau mandinya telat , sampai jam berapa? Plis jangan bilang mepet sampe jelang buka puasa, lho *tutup idung*.


PS: Walau  bawa HP, situasinya ga mendukung buat moto jadi pake foto laen yang ilustrasinya kurang lebih sama
Share: