Begini Cara Menggunakan Minyak Zaitun Agar Hasilnya Optimal

Mau manfaat minyak zaitun untuk wajah lebih optimal? Yuk, simak cara penggunaan minyak zaitun yang tepat di sini! Jangan lupa belanja via ShopBack ya! 


Beberapa waktu lalu, waktu masih rajin berbekam saya suka ditawarin buat pake minyak zaitunnya. Bisa diminum langsung atau diolesin ke tubuh juga muka. Katanya bagus buat melembabkan kulit. 

Udah cukup lama saya melupakan minyak yang namanya jadi salah satu surat dalam Al Quran. Iya, tau dong ya kalau minyak zaitun itu berasal dari buah tin. Kalau sampai disebut dalam Al Quran, mesti ada sesuatu yang amazing dari minyak zaitun ini. 

Minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain sebagai produk herbal, beberapa produk kecantikan juga memanfaatkan minyak ini sebagai salah satu komposisinya. Lalu untuk olahan di dapur juga bagus, lho. Bisa sebagai bahan bakar lampu tradisional, dan pengganti minyak goreng nabati. Tuh kan, amazing! 

Apa Saja Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah? 

Jadi nih. minyak zaitun mempunyai kandungan vitamin A, D, E, dan K. Kalau disingkat jadi ADEK. Lucu, ya huehehe 

Si Adek ini terutama untuk vitamin A dan C berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah. Sedangkan vitamin E-nya adalah antioksidan. Si E ini punya job desk untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultra violet, terus melindungi dari gempuran radikal bebas, memberikan kelembaban alami, membuat kulit cerah serta menghaluskan kulit wajah. Pemuja skin care bakal takjub dan menjadikannya asupan nutrisi kulit dari dalam akan membuat kulit jadi shining, shimmering dan splendid. Glowing alami hahaha. 


Terus-terus nih, masih ada vitamin K. Si K ini berfungsi untuk menjaga keelastisan kulit wajah dan menyamarkan noda hitam atau bekas luka. Kalau bahasa gampangnya bikin kulit kenyal-kenyal gitu. Duh keren banget ya manfaatnya? Makanya no wonder kalau dengan khasiatnya ini membuat minyak zaitun jadi salah satu bahan alami perawatan wajah. 

Mari kita breakdown lagi apa aja manfaat minyak zaitun yaitu: 

  •  Menangkal radikal bebas
  • Meremajakan sel kulit
  •  Mengecilkan pori-pori wajah
  •  Menyembuhkan jerawat
  •  Mencegah peradangan
  •  Membersihkan kulit dari sisa makeup
  •  Mencerahkan kulit wajah
  •  Mengencangkan kulit wajah
  •  Mengatasi mata panda
  •  Membuat wajah tampak lebih muda

Itu manfaatnya bagi kulit. Gimana dengan kesehatan tubuh? Ini dia: 

  • Melancarkan aliran darah
  • Mencegah dan mengurangi risiko penyakit jantung
  • Mencegah dan mengurangi risiko kanker
  • Mengontrol kolesterol
  • Mengontrol tekanan darah
  • Meredakan peradangan kulit
  • Melindungi dari depresi
  • Menebalkan tulang dan mencegah osteoporosis
  • Membantu mengobati Alzheimer


Bagaimana Cara Menggunakan Minyak Zaitun Agar Lebih Optimal?

Oke. Sebenarnya banyak yang udah tau khasiat dari minyak zaitun ini. Tapi masih banyak yang ga tau gimana cara menggunakannya. Soalnya kalau cara pakainya ga tepat, sayang banget, akan membuat penyerapan nutrisinya oleh tubuh kita jadi ga optimal. Dan tau ga sih, penggunaan minyak zaitun yang tidak sesuai dengan jenis kulit wajah dapat memicu masalah pada kulit? 



Hoh pantesan dulu saya merasa kok pake minyak zaitun ini ga garuh, ya? Ternyata ada yang salah. So begini cara menggunakannya yang baik dan benar. 

Kulit Kering

Saya banget nih, punya problem denga msalah kulit yang kering. Mentang-mentang kering ga ebrarti bisa pake banyak-banyak. Cukup satu atau dua tetes aja ternyata, guys. Kenapa segini aja? Ya biar minyak zaitun terserap sempurna ke dalam pori-pori kulit. Kan mana mau muka kita kelihatan glowing aneh alias hinyai ga jelas gitu. 

Baru tau juga ternyataagar hasilnya optimal. Pake tuh minyak zaitunnya barengan dengan pelembap wajah sehari-hari. Tapi kalau kalian emang ga pernah pake pelembab, ya udah langsung aja aplikasikan minyak zaitunnya cuma di area wajah yang benar-benar kering. 

Kulit Berminyak

Ini juga mitos yang masih berkembang. Buat kebanyakan orang, wajah berminyak tidak perlu pake minyak zaitun. Kan udah berminyak. Ngapain sih mesti dikasih minyak zaitun? Ada yang mikir gitu? 

Ternyata nih, minyak zaitun justeru bisa membantu mengontrol kadar minyak pada wajah serta mengempeskan jerawat yang meradang. 

Untuk mengaplikasikannya, bersihkan dulu wajah sebelum mengoleskan minyak zaitun. Lakukan sambil memjiat (wajah pastinya) dengan cara gerakan memutar menggunakan ujung jari. Lakukan ini malam hari sebelum tidur. dengan durasi (pijatan) sekitar tiga menit. Diamkan sampai pagi lalu pas bangun, bersihkan wajah dengan air hangat, suam-suam kuku. 

Kulit Berjerawat

Gimana cara penggunannya buat kulit berjerawat? Meski minyak zaitun memiliki banyak segudang manfaat untuk merawat kulit wajah, penggunakan minyak zaitun yang salah bisa memperparah jerawatv yang meradang. 

Nah, biar ga bikin parah, pastikan untuk membersihkan wajah dulu. Lalu aplikasikan minyak zaitun ke seluruh wajah tipis tipis saja. Lakukan sambil memberikan pijatan ringan selama kurang lebih dua menit supaya kandungan minyak zaitunnya bisa terserap dengan baik oleh kulit. 

Setelah itu jangan lupa untuk menutup wajah dengan handuk yang sudah direndam air hangat (lima menit). Cara perawatan ini akan efektif untuk membantu mengangkat sisa minyak zaitun dan tidak akan menyumbat pori-pori kulit.Jerawat pun akan mengecil sempurna. 


Kulit Sensitif dan Kulit Orang Tua

Manfaat minyak zaitun juga bisa dirasakan oleh mereka yang punya kulit sensitif dan orang tua, lho. 

Untuk yang memiliki kulit sensitive, disarankan melakukan tes alergi lebih dulu. Tesnya bisa dilakukan di rumah yaitu oleskan minyak zaitun di belakang telinga. Kalau kulit tidak merasa gatal atau perih, itu artinya aman. Kalian bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke seluruh wajah. 


Sedangkan untuk kulit pada orang lanjut usia, minyak zaitun bisa dioleskan ke seluruh wajah pada malam hari sebelum tidur. Cara ini membantu untuk menangkal radikal bebas serta mempertahankan keelastisan kulit. Untuk hasil lebih optimal, buatlah campuran minyak zaitun dengan sedikit perasan jeruk lemon. Hasilnya akan membantu menyamarkan garis halus atau keriput pada kulit. 


Selain manfaatnya bagi kulit, yuk cari tau berbagai manfaat lain minyak zaitun di situs ShopBack.

Kalau kalian mau  mencari minyak zaitun yang asli untuk perawatan wajah, saya sarankan untuk   belanja langsung via ShopBack aja, deh. Berkat ShopBack, kita bisa mendapatkan produk kecantikan dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa, bakal dapat potongan harga dan diskon menarik lainnya.

1 Comments

  1. Olive oil sudah lama digunakan untuk perawatan kulit, selain untuk bahan makanan.

    saya setuju ini mbak Efi, minyak zaitun justeru bisa membantu mengontrol kadar minyak pada wajah.

    keeep posting artikel bermanfaat mbak Efi.

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.