Inspirasi dari Kolaborasi Youtube Fan Fest 2019 Bandung 21-22 September

by - September 25, 2019

Malam ini aku ngecek beranda Youtubeku dan baru ngeh ternyata udah 150an youtuber yang ada dalam list subscribeku.  Termasuk salah satunya punya ponakan yang dia sendiri nge-add setela pura-pura pinjam HP. Duh ya itu bocah. 

Selain beberapa teman yang sudah buat channel,  beberapa seleb youtuber juga ada dalam list 'langganan'. Beberapa diantaranya Kokoh Kevin Hendrawan yang series bulan puasa 2 tahun lalunya bikin aku kepincut (ya kontennya, ya senyumnya yang cool itu hahaha), musisi cover version  Peter Hollens yang kostumnya selalu all out, The Crosby (bocah piyik yang lucuk suka coverin lagu-lagu populer sama bapake) dan belakangan nambah lagi youtuber dalam negeri yang lagi ngehits, Jurnal Risa, Kery Astina dan Yudist Ardhana.  

youtube fan fest 2019

Nah ngomong-ngomong soal ketiga nama terakhir ini,  mereka jadi salah tiga yang hadir dalam rangkaian acara Youtube Fan Fest  di Bandung kemarin. Dalam gelarannya yang memasuki tahun ke-5, tour di Indonesia dibuka dengan showcase di Bandung pada tanggal 21-22 September 2019 kemarin. Acara yang tempatnya berlangsung di Ballroom Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Subroto, Bandung ini berjalan dengan seru, pake banget.  Kebanyakan yang datang sih para dedek emesh  yang minat dan antusiasnya jadi seleb youtuber emang tinggi.  Meski udah ga pantes disebut dedek emesh aku ikutan menikmati keseruan acara ini lho.
youtube fan fest 2019

Sebelum acara Meet and Greet yang dibuka dengan kehadiran cast Jurnal Risa, barengan temen-temen lainnya aku mencoba challenge yang ada di sana.  Boothnya IM3 Ooredoo jadi pilihin pertamaku untuk berkolaborasi bareng Tian dan Egy untuk mencoba ASMR (Auotonomous Sensory Meridian Response) Challenge.  Kami kebagian membuat musik dengan peralatan make up yang level suaranya udah dibatasi. Harus pelaaan tapi tetep terdengar suaranya. Nah lho, kebayang, ga?Biliknya yang mungil  ga bisa muat banyak. Bertiga pun bikin kami umpel-umpelan dan ga bisa lama-lama taping mengingat waktu yang terbatas dan antrian yang lumayan puanjang kayak cokelat pasta itu :). 

Misi tertunaikan.  Kami berhasil menyelesaikan tantangan ASMR  tidak melebihi waktu yang ditentukan. Untuk itu kami dapet reward berupa merchandise IM3.  Yuhuuu


Bikin vlog emang ga enteng. Selain  kejelian konsep, secara teknis pun effortnya luar biasa.  Kapan hari aku pernah coba bikin video  yang durasinya kurang dari 5 menit  eh ada aja recokannya.  Entah itu tukang tahu yang lewat,  suara adik yang nyanyi dan noise-noise yang lainnya.  Jadi siapa bilang bikin vlog itu gampang? Nooo, ga semudah itu, Marimar!

Setelah mencoba tantangan ASMR di boothnya IM3 Ooredoo,  fokusku dan pengunjung lainnya teralihkan ke panggung utama.  Pas acara meet and greet di panggung ini semua aktifitas di booth dijeda dulu.  Jadi udah kebayang lah gimana massa yang menyerbu panggung hari itu.
youtube fan fest 2019

Dibuka dengan  gimmick yang bikin bulu kuduk pada 'bangun' ga menyurutkan massa untuk bergeser, ngasih space di belakangnya. Meski jeri-jerit takut  atau kaget mereka tetap bertahan di sana.  Sesi  tanya jawab yang di panggung yang dipandu MC pun ditutup dengan sesi foto bareng.  Guess what? Aku termasuk salah satu penonton yang beruntung buat foto bareng Jurnal Risa, lho.  Yeay, senengnya.
youtube fan fest 2019

Selesai acara Meet and Greet bareng Jurnal Risa acara masih berlanjut dengan performa lain  termasuk di antaranya kehadiran Andmesh,  alumni Rising Star yang lagu-lagunya sering wara-wiri di radio yang aku puter  juga hadir menyapa pengunjung.  Setelah  ngajak baper dengan nyanyi bareng, Andmesh juga dengan ramahnya melayani sesi foto bareng, sampai sampai aku perhatikan doi nih bantuin pegangin HP karena tinggi badan fansnya ga seimbang. Such a humble guy.

youtube fan fest 2019

Menjelang  acara penutup,  youtuber pesulap Yudist Ardana sempat berkolaborasi dulu di sesi  Collabonation Freedom to Collaborate dengan Yotuber Bandung Kery Astina. Di sela-sela sesi, Yudist yang tampang charmingnya sukses bikin penonton jerit-jerit histeris bilang kurang lebih kayak gini:

"Udah ga musim deh buat bersaing. Mendingan juga berkolaborasi untuk membuat karya."

Daaaan, emang bener sih ya. Hidup emang keras,  dan penuh dengan kompetisi. Tapi ga berarti bikin kita menutup diri untuk bersinergi, kerja bareng menghasilkan karya yang kreatif.  Apalagi bikin konten vlog itu emang effortnya  ga mudah, kayak aku bilang tadi. Makanya IM3 Ooredoo mengajak kaula muda (buahaha ini seruan lawas buat anak 90an sebenernya) untuk kreatif berkarya lewat campaignnya  #Collabonation #IM3OoredooYTFF  
youtube fan fest 2019

Meski acara hampir berakhir, performnya Yudist  bikin betah untuk bertahan sampai acara usai. Trik sulap  tebak kartu,  ngajak penonton untuk tebak-tebakan isi amplop, mecahin telur dan permainan tali  bikin aku terkesan.

Semisal waktu tebak-tebakan kartu,  Yudist secara random ngajak audiens  buat memprediksi nama kartu yang dipilih penonton.  Tebak-tebakan telur juga bikin penonton meringis.  Duh, gimana itu kalau sampe  beneran telurnya pecah dan neplok di muka audiens yang jadi relawan.
youtube fan fest 2019

Tapi yang paling bikin ketawa penonton pecah tuh saat Yudist ngasih tau (di sesi ini ngajakin penonton terpilih naik ke panggung)  buat mengencangkan simpul yang mengikat talinya. Tangannya Yudist sempat naik membetulkan hoodie  yang nutup tapi pas tersingkap beberapa detik kemudian lagi terkunci sama tali.  Ini gimana sih triknya? Kepo akutuh 😂
  
Keseruan Showcase YouTube Fan Fest 2019 ini  ga cuma sampai di Bandung aja, lho.  Setelah ini, kota-kota lainnya bakal menyusul.  Jadi nih, buat kalian yang tinggal di Jogja, jangan sampai lupa untuk hadir di acaranya pada tanggal 28-29 September 2019.  Lalu masih ada Surabaya yang bakal menghelat showcase pada tanggal 5-6 Oktober 2019 disusul oleh Makasar pada 16-17 November 2019 dan ditutup dengan acara puncak Live Show di Jakarta  yang akan jatuh pada tanggal 19 November 2019.

youtube fan fest 2019


Yuk ah, berkolaborasi. Mau? 

You May Also Like

16 komentar

  1. Mau kuy kita berkolaborasi biar menebarkan konten positif ya teh. Seru yah ikutan ASMR Challenge nya huhuhu bdoor jadinya kalau inget, bikin video tapi bisik2 wkwkw

    ReplyDelete
  2. Huah sayang euy ga jadi ikut hahhaa padahal ada cast Jurnal Risa ini favoritnya suamiku teh :D kalau aku sih salfok sama Andmesh ternyata ada juga ya meriahin acaranya

    ReplyDelete
  3. WAWWW, keren dan asyique buangeettt acaranya!
    Awal OKT ini juga mau ada YouTube FanFest d Sby
    pengin ikutan deh jadinya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. lah gara gara baca ini aku baru tau
    Peter Hollens yang kostumnya selalu all out, The Crosby yang kocak

    (thanks to YouTube dah beneran)

    kalo youtuber dalam negeri aku suka Panji Pragiwaksono, Nessie Judge kalo Jurnal Risa, nontonnya pas rame dan siang (iyah saiah secemen ituh)

    kalo ada YouTube fanfest aku nonton gak ya, malu pada usia 😁

    ReplyDelete
  5. Waaw, selamat ya, bisa jadi pemenang challenge-nya. Kebayang, umpel-umpelan bertiga dengan suara bisik-bisik hihihi
    Itu gimana ceritanya bisa foto bareng Jurnal Risa? Pasti seneng ya ...

    ReplyDelete
  6. Bikin konten video itu memang ribet. Saya subcriber chanel youtubenya malah baru hitungan jari. ***curhat. Ya videonya aja juga masih hitungan jari.


    Setuju banget sama Yudist, saat ini memang udah gak zaman buat bersaing, yang ada tuh harus berkolaborasi bikin karya.

    ReplyDelete
  7. Sekarang kalau mau berkembang lebih bagus kalo kolaborasi dengan blogger atau vlogger lain ya Mak, jadi lebih matang kontennya gitu kalau ada teman sharing :)

    ReplyDelete
  8. Aku punya channel youtube sudah lama, subs nya segitu doang. Jujur sih, aku belum PD mau ngevlog, masih mumet ngonsepnya. Secara kalau buat aku ngevlog itu enggak asal.. hehehe
    Paling malas edit videonya juga, aku kurang telaten...heheh

    ReplyDelete
  9. Seru ya acaranya, dan minggu depan bakal ada di Surabaya. Mesti mengosongkan jadwal ini, semoga bisa datang sama si Bocah, soalnya si Bocah juga udah mulai seneng bikin vlog

    ReplyDelete
  10. Bener banget nih, sekarang mah bukan saatnya bersaing tapi lebih baik berkolaborasi. Asik deh kalo ada tempat berkolaborasi seperti ini

    ReplyDelete
  11. Kalau dikasih tau nanti ga rahasia lagi dong triknya yudith

    Keren2 ya mereka. Apalah ku debu subs baru 100

    Bener mak ef, sekrg jamannya kolaborasi

    ReplyDelete
  12. Wah pantesan ada teman yang lagi di Jogja nih dia datang ke Youtube Fan Fest. Jadi nungguin acara yang di Jakarta juga, hihi. Ngomongin soal kolaborasi, kira-kira siapa yang mau collab sama saya, ya? :P

    ReplyDelete
  13. Mau banget sih Mba berkolaborasi
    Tapi apalah daya aku ngomong depan kamera suka belibet gini

    Betewe Ooredoo makin kece ya. Makin kenceng koneksinya juga saat internetan.

    ReplyDelete
  14. Wah aq cuma bsa liat keseruan Fan fest dr status tmn2 di sosmed, keren uy acaranya, milenial banget

    ReplyDelete
  15. Yang sesi sulap Yudist jadi inget a Raja ya, teh, hihihi :)
    Acaranya seru banget, semoga tahun depan kita bisa dateng lagi ke acara ini :)

    ReplyDelete
  16. Kolaborasi yang keren banget ini, indopunya semuanya dabest laah, yang nonton pasti pengen liat liat lagi ini, yg ga nonton berdoa aja taun depan diadain lagi

    ReplyDelete

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.