Oleh-oleh Khas Bandung Bolu Susu Lembang

March 15, 2019

Kamis kemarin pas jatuh long weekend, aku sudah bersiap-siap pergi Janjian sama Tian dan Dydie mau berburu Bolu Susu Lembang.  Saat libur rada panjang seperti kemarin tuh, Bandung selalu jadi langganan liburan dari turis lokal.


Selain destinasi wisata, kulinerannya selalu bikin kangen. Kalau saya jalan ke luar kota, ada aja temen yang nitip dibawain oleh-oleh khas Bandung. Yang asin? ada. Ya manis? Ada juga. Contohnya, ya Bolu Susu Lembang itu.

Kenapa Bolu Susu Lembang?
Dulu waktu aku masih kecil, Mama seneng banget bikin bolu bakar atu bolu kukus. Mama senengnya bolu yang teksturnya padat tapi lembut. Ga pernah nemu komposisi yang pas. Kalau bikin bolu bakar,  kadang kelewat bantat atau terlalu ringan.  Sambil bercanda, Mama bilang kalau bantat itu bikin cepat kenyang.  Dih, Mama -_-....  Ya kalau masih hangat terus masih meleleh sih suka. Kalau udah dingin, kan eneq.   Aku sendiri lebih suku bolu kukus buatan Mama yang dikasih minuman bersoda untuk memberi tekstur warna sekaligus ngembang. Nah kalau ini Mama pernah bilang, cepet habis, karena  tekstur bolunya yang berpori jadi cepet habis hahaha....

oleh-oleh khas bandung bolu susu lembang

Sekarang ini Mama udah jarang banget bikin kue atau bolu. Aku sih seneng aja. Alasannya? Gampil! Karena aku bukan tipe orang yang betah berlama-lama di dapur. Ya udahlah, kalau mau mah beli aja. Waktu yang dialokasikan bisa dipake buat ngerjain yang lain. Ya, kan? *Bilang aja males masak*

Kapan hari, aku diperkenalkan dengan salah satu oleh-oleh Bandung. Ya, ini. Bolu Susu Lembang.  Tadinya kupikir nih bolu B aja alias biasa-biasa. Ga banyak beda dengan merk bolu lainnya yang banyak dijual. Kebetulan waktu itu lagi ada promo. Yaudah beli deh satu box dan bawa ke rumah, terus dikasihin ke Mama.




"Fi, enak, euy boluna!" 

"Hah? Masa?" Aku penasaran pas Mama bilang gitu. Mama ini punya selera maka yang cukup oke. Kalau kata lidahnya enak, ya enak.  Ya udah, motong secukupnya dan ikut makan.

"Berapaan?" Mama nanya.
Aku sibuk ngunyah bolu yang rasanya ternyata emak pelem, lembut kata urang sunda mah.  "33 ribuan,"

"Ngenah, murah, ih. Meni karasa susuna (kerasa banget susunya)" kata Mama.  

"Ya iyalah, Mah.  Namanya juga bolu susu, ya kalau bolu teh, rasanya rasa Teh."

Mama was like -_-

Hahaha... Aku seneng banget kalau suka isengin Mama gitu. *anak macam apa coba?*

Nah, ingetan mama soal mana makanan yang enak itu cukup kuat, makanya pas tau aku mau jalan ke Stasiun Bandung itu Mama ga mikir banyak. "Nitip 8!"
Glek! Banyak sekali!!

"Mama aya kagegelan yeuh, meumpeung."  Maksudnya Mama tuh mau ngasih oleh-oleh. Yang mumpung waktunya pas aku mau hunting gitu. Kagegelan (cara penyebutannya berbeda dengan gegel yang artinya gigit) itu adalah ungkapan bagi orang sunda gimana spesialnya seseorang (uhuk) untuk memberi sesuatu tanpa janji dulu. Tiba-tiba aja datang atau ketemu terus ngasih gitu. Ga harus barang mahal.  Ya, pokoknya ada aja, kecil pun berarti, dan bisa diterima dengan baik.  Di daerah lain pun kebiasaan kayak gini pasti ada aja, kan ya? Cuma istilahnya aja yang beda.

bolu susu lembang

Baiklah. Aku pasrah saja hahaha. Lagian kalau ngeyel dikirim pake ojol khawatir pas dikirim ke rumah ga ada siapa-siapa. Rempong-rempong deh hahaha... Jadi waktu nonton itu, aku emang nitip sama petugas ticketing dan diterima kembali dengan aman tanpa kurang satu apapun.

Balik lagi ke Stasiun Bandung, kenapa sih harus nyari ke situ? Karena itu titik terdekat dari rumah dan lokasi berikutnya kami buat nongki-nongki.   Soal originalitas dan kualitasnya jangan ditanya lah. Dijamin! Soalnya booth yang lokasinya sebelahan sama deretan ATM di pintu selatan itu booth resmi, bukan booth reseller. Jadi selain murah dan asli ya harganya juga sama dengan harga resmi yang dijual di toko pusat.

oleh-oleh khas bandung bolu susu lembang
foto: Tian
Untuk pilihan rasa, Bolu Susu Lembang tersedia dalam 3 varian yaitu:
  • Original
  • Cokelat
  • Vanilla
Umur bolunya cukup panjang bisa tahan 4 hari kalau disimpan di suhu ruangan, dan  7 hari kalau kita simpan dalam kulkas. Bakal jadi temen enak buat temen ngeteh atau ngopi. Pagi atau sore.  Hmmm... diet? abaikan saja.

oleh-oleh khas bandung bolu susu lembang
foto: Tian
Jadi kalau pas mau jalan ke luar kota pake kereta atau balik dari Bandung ga sempet beli oleh-oleh, jangan khawatir. Mampir saja ke boothnya, ya. Teman-teman juga bisa mendapatkan Bolu Susu Lembang ini di Stasiun Bandung atau bisa juga di stasiun Kiara Condong.



You Might Also Like

0 komentar

Silakan tinggalkan jejak di sini, saya bakal kunjung balik lewat klik profil teman-teman. Mohon jangan nyepam dengan ninggalin link hidup. Komentar ngiklan, SARA dan tidak sopan bakal saya delete.